29 November 2019

Latma Manyar Indopura Laksanakan Combat Search and Rescue

29 November 2019


Helikopter Super Puma TNI AU dan RSAF latihan CSAR bersama (photos : TNI AU)

TNI AU. Helikopter NAS-332 Super Puma milik TNI Angkatan Udara terbang bersamaan dengan dua helikopter milik Angkatan Udara Singapura bergerak meninggalkan shelter Charlie Baseops Lanud Roesmin Nurjadin menuju landasan pacu, Senin (25/11/2019).

Ketiga helikopter ini dikerahkan dalam misi Combat Search and Rescue (SAR). Tugasnya adalah mencari dan menyelamatkan seorang pilot tempur yang eject atau melompat menggunakan kursi pelontar pesawat tempur yang diawakinya karena tertembak musuh.  Pilot tersebut mendarat di salah satu lokasi yang ditakutkan merupakan daerah kekuasaan musuh.

Setelah dipastikan titik koordinatnya, pasukan pun dikerahkan ke sana untuk melakukan upaya penyelamatan. Tiga helikopter yang dikerahkan, punya peran masing-masing, ada yang sebagai tim pengamanan, tim penolong, dan tim escort (pengawal).

Untuk diketahui, misi ini dilakukan dalam rangka latihan bersama dengan sandi “Manyar Indopura” ke-XVII tahun 2019 yang melibatkan Angkatan Udara kedua negara.

Ketiga helikopter yang membawa tim dengan tugas berbeda ini, bergerak ke daerah operasi di daerah Siabu, Kabupaten Rohul, Provinsi Riau.



Proses evakuasi terhadap korban diperkirakan sekitar 10 menit. Sementara perjalanan pulang dan pergi, memakan waktu 1,5 jam. Sesuai estimasi waktu, tiga helikopter ini pun kembali ke Lanud Roesmin Nurjadin.

Setibanya di darat, tim medis yang telah bersiap menyambut korban untuk kemudian dibawa ke rumah sakit dr. Sukirman dan mendapat perawatan.

Komandan Skadron 6, Letkol Pnb Risdiyanto, ST, M.I.K., yang juga memimpin operasi dalam latihan bersama Manyar Indopura menjelaskan, misi Combat SAR adalah rangkaian evakuasi medis terhadap personel yang punya nilai strategis, atau penting dalam pertempuran.

“Jadi disimulasikan bahwa kita mendapat perintah untuk melaksanakan evakuasi terhadap personel tersebut. Sehingga kita masuk dengan combain profile yang sudah kita latih sendiri, Sehingga kita harus masuk (ke lokasi) dengan cepat dan tepat. Kemudian kita evakuasi personel itu dibawa kembali ke daerah aman. Lalu dilanjutkan dengan tindakan selanjutnya, membawa personel itu ke rumah sakit,” ungkapnya.

Letkol Risdiyanto menuturkan, latihan kali ini berjalan dengan cukup baik, step by step latihan ini sudah kita simulasikan atau briefing-kan dari awal. Sehingga per tahapan yang dilakukan hari ini semua jelas. Siapa, dan apa tugas serta tanggung jawabnya, Baik itu personel ground (darat), pasukan, tim kesehatan, teknisi, maupun awak penerbang, maupun cabin crew evakuasi.

Selain misi Combat SAR, beberapa jenis latihan lainnya juga dilakukan, Seperti SAR Tempur, Medical Evakuasi, Cargo Drop, dan lain-lain.

(TNI AU)

70 komentar:

  1. Malon tak punya heli cam ni...😁

    BalasHapus
  2. Sebenernya perbedaan NAS 332 dan Cougar Apa sih ya ? 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. SA330/NAS 330 Puma
      AS332/NAS 332 super puma awalnya varian yg di tujukkan untuk penggunaan sipil.
      AS532 cougar..pengembangan AS332 yg dikhususkan untuk militer.
      EC725 super cougar/ H225 caracal
      Pengembangan dari AS532 cougar.

      Hapus
  3. Waaaaaa....kalo soal latihan eject mengeject gini pastilah malon jadi mahagurunya 🙏🏻🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
  4. Pendak ono artikel ttg lanud rosmin nuryadin marakke ngengetke marang perawan melayu sing omahe simpang 3, sanding Univ Islam Riau.......anakmu wes piro nduk Dina 😢😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Curhat Cinta Terlarang atau Cinta Bertepuk Setengah Sikil mas ??? 🤪

      Hapus
    2. Xixixixi....isin aku yen ketemu areke meneh 🙈🙈🙈

      Hapus
    3. "Wes tau jeruuuuu...." yen neng lagune Kertonyono medot janji 😣😣😣

      Hapus
    4. @smilinghari212 Ternyata Kumendan kita punya cerita hidup yang lucu tapi tragis 🤣🤣🤣

      Hapus
    5. Swuuuiiiii..ttt😙😙😙😙
      Nduwe crito ugo😜😜😜

      Hapus
    6. Danlanud lagi curcol..😚😙😘

      😁

      Hapus
    7. Jenenge Dina Rohana, areke ayu-putih memper Shelomita tur podo le seneng nyanyi 🙄

      Leh ku nlateni wes sakuntoro ning milih nuruti kersane wong tuwo, dirabi karo menejer, sawijine perusahaan terkenal neng pangkalan kerinci 🙄

      Mugo-mugo dek Dina moco komenku iki....kui disik kalung sing tak wenehku durung lunas cicilane kok malah bablas tanpo menehi kabar 😭😭😭

      Hapus
    8. Disambi nonton Nella kharisma judule "Isine Mung Nyawang" ambek "Pamer Bojo" kayane lebih meresapi jalur kisah cintamu yg berliku itu mas...😁

      Hapus
    9. Durung lunass hadoh biyuuung 😭😭😩😩😩🤣

      Hapus
    10. Sorry lampirane keri mas.. nyuwun sapurane 🙏

      https://youtu.be/Pdb7Gaq-ZxI

      Hapus
    11. Dek, tulung kandakno bojomu....sopo ngerti gelem neruske cicilan kalunge 🤔

      Hapus
    12. @smilinghari212 Baru kali ini ada cerita Kumendan Skadud kalah saing sama Manager. 🤣🤣🤣

      Hapus
    13. Ra popo mas, sing penting nek wus tau ngrasakne duweke dhekne jeruuu..


      Ttd Deni Cak No..

      Hapus
  5. Seng penting trio ABC taon depan komplit coyy.. yuhuuu 🤟🤟😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apache, Blackhawk, Chinook

      Hapus
    2. Atau mungkin slogan "Asal Bapak Centang" 🤣

      Hapus
    3. Sayang banget AD ngambilnya blekok padahal uda ada bell ama caracal, ngapa ga heavy lift aja ya si chinook biar kayak AU

      Hapus
    4. lagian cuma 8 unit doang ah, , ,

      sayang banget padal kalau soal daya angkut masih setara NAS 332 hmmm....
      kaya kagak ikhlas gitu ae kalau beli barang fancy kalau cuma 8 unit doang.

      rencananya bakal akuisisi SPH 8x8 juga kok dan agaknya SPG AA juga akan di beli

      Hapus
  6. Sandi latihan "mencari Jauhari yg eject kat hanggar" 😂😂😂😂

    BalasHapus
  7. Skenario latihannya mirip filem barat yg dibioskop.. Vanessa angel has vallen

    BalasHapus
  8. Heli CSAR TNI bodynya dari baja atau ngk ya..?? soalnya misi CSAR di medan perang itu menurut ane salah satu misi paling berbahaya. Dia harus turun ditengah baku tembak antara kawan dan lawan untuk menjemput korban sesegera mungkin untuk diselamatkan.

    Pernah lihat video diyoutube.. saat ada pasukan Amerika yg tertembak dan harus dievakuasi sesegera mungkin di Afghanistan. Heli black hawk harus trun ditengah hujan peluru dari Taliban. hebatnya lagi si pilot harus mendarat disepetak tanah sawah/ladang yg ditumbuhi rerumputan setinggi 50cm sampai 1 meter milik warga Afghanistan, salah perhitungan sedikit heli terperosok dan gagal mendarat. sambil mengendap2 4 tentara membawa tandu menuju heli, 2 tentara didepan mengcover, dibelakang salah satunya tentara perekam.

    Terdengar jelas sekali dari rekaman salah satu tentara AS suara desingan peluru.. ciuuw ciuuww ciuuw ciiuuuw,, artinya peluru bersliweran didekatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo heli generasi caracal, chinook, blekok, merlin atau huey bodinya masih alumunium....tapi kalo heli generasi nh-90 kesini bodinya sdh pake matrial karbon komposit ☝️🏻

      Nah utk meningkatkan faktor proteksinya, bisa ditambahkan plat proteksi tambahan yg ditempel ke bagian-bagian ttt dari body helikopter 💪

      Kalo heli caracal yg terlihat mencolok adalah plat proteksi tambahan yg ditempelkan pd pintu pilot 😎

      Hapus
    2. Nnnnaaahh... akhirnya pakarnya pakar dirgantara nongol.. haha.. gini lhoo mas mau nanya..

      Bagusan mana heli 3 roda... 1 didepan, 2 disamping seperti produk Airbus/Eropa(Super puma, caracal, AW) atau heli 3 roda 1 dibelakang, 2 disamping seperti seperti produk AS(Black hawk, Apache).??

      Saya lihat diyoutube.. heli2 AS di Afghanistan mampu mendarat dengan cepat sambil ngebanting cukup keras. Dibanting heli Airbus yg dipakai TNI saat latgab, harus pelan2 sampai benar2 mendarat.

      Hapus
    3. kecepatan heli saat mendarat juga sangat berpengaruh saat melakukan misi CSAR menurut ane mase.. haha..

      Hapus
    4. Heli CSAR body gak pakai baja om bagas...kalau pakai baja alias nyungsep terbangnya keberatan..tapi biasanya untuk tugas rawan heli CSAR di lengkapi plat baja khususnya pada bagian bawah & samping kokpit.

      Hapus
    5. Masalah bagusan itu tergantung kebutuhan..untuk masalah letak roda itu lebih untuk kestabilan saat mendarat.

      biasanya banyak format heli tempur memakai roda depan 2 belakang 1...karena titik berat lebih condong bagian tengah ke depan sehingga perlu di topang 2 roda.

      Untuk heli penumpang biasanya titik beratnya lebih besar di tengah ke belakang makanya 2 roda topangan di belakang 1 di depan.

      Hapus
    6. Untuk mendarat touch & go lebih unggul dengan format roda 2 di depan...makanya pasukan2 elit US memakai blackhawk...selain waktu touch & go lebih singkat...tinggi heli dengan ground rendah sehingga memudahkan pasukan untuk keluar masuk.

      Hapus
    7. Nanya, kenapa USMC pilih AH-1Z?
      Kalo di LHD kan lebih aman heli ber-roda buat landing..🙍

      Hapus
    8. USMC pilih AH 1Z viper...
      Masalah aman...dua2nya aman baik beroda maupun tidak...yg tidak bikin aman adalah faktor gelombang tinggi & kekuatan angin ketika mendarat di kapal.
      Marinir pilih Viper karena memang heli tempur yg lulus & layak operasional di kapal viper melanjutkan si cobra...
      Kalau si apache kan baru2 aja main dari kapal...
      Tapi yg lebih utama baik dari sisi harga & sparepart yg comunal dengan heli bell huey & venom milik marinir
      Lebih memudahkan perawatan di dalam kapal ketika bertugas.

      Hapus
    9. Susah bandingin lebih baik mana, 2 roda pendarat didepan vs 1 nose wheels 🤗

      Karena dua-duanya punya perhitungan sendiri, sesuai design masing2 heli....bgmn desain roda mampu menyerap impact saat melakukan hard landing 😎

      Tapi yg pasti, desain heli lansiran lama spt: keluarga puma~caracal, nuri, lebih beresiko saat melakukan hard landing....krn posisi titik beratnya pada mesin yg berada jauh diatas (dibanding keluarga blackhawk) shg rawan terguling ☝️🏻

      Hapus
  9. Bar gajian, weekend.. lepas penat, truuss...curcol jaman nom noman..😊

    Mantafp 'ndan
    😁👍

    BalasHapus
  10. Si gempur waria kmna ya ...dah pada mati kali ye....saya tunggu in kok ngga nongol2

    BalasHapus
  11. Philipines 1 vs 0 Malonjing
    Sepak Bola Seagames
    KWAKKWAKKWAKWAK MINUM SUSU KURANGI KONGKEK DUBOOR

    SORI RADA SALAH ROOM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahahaha bukti generasi muda takde gunaaaaaaaaaa

      Hapus
  12. Heli ini bisa di sewakan di grade A gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malaysia Defence Review

      Tentera Udara DiRaja Malaysia (TUDM) bakal mendapatkan 8 buah helikopter pengangkut secara sewaan dari pihak swasta bagi mengantikan helikopter Sikorsky S-61A-4 Nuri yang "direhatkan" sejak Ogos lalu akibat kemalangan di Kem Gubir, Kedah.

      Manakala mendapatkan helikopter secara sewaan adalah "stop-gap" sementara mendapatkan helikopter baharu selain memastikan operasi pengangkutan udara TUDM terus berjalan seperti biasa.

      Kementerian Pertahanan Malaysia juga mengesahkan bakal mendapatkan helikopter baharu bagi mengantikan helikopter Nuri.

      TUDM juga mengesahkan beberapa Syarikat Tempatan sudah menyatakan minat menawarkan helikopter pengangkut secara sewaan kepada TUDM.

      Selain TUDM, Skuadron Udara Tentera Laut Diraja Malaysia dan Pasukan Udara Tentera Darat juga memerlulan helikopter pengangkut baharu untuk operasi pengangkutan udara serta logistik.

      Beberapa helikopter pengangkut sewaan dijangka menjadi pilihan TUDM antaranya Airbus Helicopter H225 dan Leonardo AW189.

      Sumber Marhalim Abas dan IHS Janes

      -MDR-

      Malaysia Defence Review Sewa menyewa dlm Tentera nie perkara biasa
      Contoh US sewa beberapa Jet Pejuang Latihan Swasta utk latihan aggresor
      Pesawat n Helikopter juga disewa utk tujuan risikan, recon dan menyeludup under CIA utk undercover

      Andy Mohamad For SEA, Malaysia umpama pelawak dan bahan lawak defense industri.. org GOv dulu dan skrg buat RMAF mcm org bodoh aje..

      Firdaus Azmi sedih..keperluan utk atm pon trpksa menyewa..alahaiii...si pinoy borong 16 black hawk n msih merancang membeli heli jnis yg lain..malaysia serba srbi kekurangan sama ada dri segi aset mahu pon pembangunan industri pertahanan tempatan,,

      Malaysia Defence Review Sebenar sewa menyewa dlm ATM dh lama buat, TLDM dgn TUDM pernah sewa heli sementara heli baru smpi ms 1990an

      Iskandar Uda Heli training dengan kapal terbang training untuk sebelum bawak charlie sewa jugak sampai skrang lah

      Iskandar Uda Scaneagle pun pernah sewa

      Izzulz Nazmi Sementara itu,filipina dah dapat dua helikopter penggempur cobra drpd jordan

      Jimmy Jim Malaysia kan negara maju.. kereta pun boleh terbang. Tak kan lah helicopter tak boleh buat sendiri.. kikikiki

      Azmi Ismail Patut dah lama guna cadangan ni. Attack heli kena beli heli utiliti buat sewaan jer jimat kos sbb heli utiliti kerap guna so lg untung sewaan mcm kenderaan spanco. Baru sedar walhal patut dah lama buat

      Ray Han Memalukan.. Atm pki brg sewa

      هر Krik krik krik

      Najib Wahat Sewa beli macam keretq grab?? Aduuh.. naya betul ni..



      ZM Hazwan main sewaan gini brape dh kroni mark up rate tu....2 thun lg pakai tentera upahan asing utk jaga msia, amcm bgus x....haha puiiii

      Syahir Afiq Itulah Malaysia

      Aim Lor Untung jerung dpt kontrak huhu

      Noar Noar Teruk sgt dh pertahanan kite nie punye management sampai tahap kne sewa..yarabbi

      Edmund Teh Meanwhile Indonesia baru beli UH-60 Black Hawk.

      Malaysia Defence Review Edmund Teh tu ckp mulut je, pengeluar xtau lg

      Iskandar Uda Adoii first time tgk defence news ka indonesia macam2 dia annouce f16 su35 tapi kebanyakan nya bukan sign lgpun

      Ahmad Faiz semua dorg nak beli... xpela bole hiburkan hati bile tgk segala mcm dorg nk beli

      Edmund Teh Malaysia Defence Review ok faham. Indonesia buat macam ni pun bukan sekali dah.

      Malaysia Defence Review Edmund Teh perkara nie Penganalisis Janes warga Indonesia yg sah kan
      Bnda nie sangkut sbb dana, Probowo pun sahkn mmg ade masalah dalaman dlm Kerajaan Indonesia, kertas kerja sangkut kt kementerian lain

      Hapus
    2. Haiqal Ramly Yg dpt tender sewa tu kroni ke😬

      Shin Chan kroni didahulukan😂😂😂

      Muhammad Izzul Aizat Ibnu Ashab nope. Sewa jadi low cost sebab maintenance tak yah tanggung . Cuma bukan milik kita .

      Din Tawil Hahaha maharaja lawak dari mat sabut...

      Ray Han Memalukan.. Atm pki brg sewa

      Iskandar Uda Dah lama dah buat korang jek yg baru sedar

      Ray Han Iskandar Uda kesian.. Bdk2 maintenance dah xde keje.. Swasta take over

      Iskandar Uda Ada baiknya jugak kerajaan order spare lambat banyak birokrasi sop mintak duit swasta buat kerja cergas

      Iskandar Uda Baik kita utamakan anggota tempur yg duduk dekat barisan hadapan dari banyak yg kena buat kerja dekat belakang tadbir

      Junior sbnarnyer sewa mmg high cost.. tapi kesan dari pada tu gov xpyah pikir bab maintenance dll.. kelebihan kerajaan akn dpt jimat kos syiling dan jimat masa n tenaga cuma.. ia takan jadi aset gov tu je yg rugi

      ZM Hazwan main sewaan gini brape dh kroni mark up rate tu....2 thun lg pakai tentera upahan asing utk jaga msia, amcm bgus x....haha puiiii

      Joejoe Binks Ok la tu sewa sementara penggantian nuri. Bukan hari ni order esok dapat. Dah kalau order, nuri pun dah nazak takka n nak teruskan operasi. Karang terhempas pun lagi kene kecam. Jadi nak macam mana? Order baru, nuri menten operasi then terhempas, or order baru, rehat nuri, sewa lain dulu.. bab kroni ke apa, jangan risau, facebook ada utk dedah cerita..haha.. apapun, moga anggota tentera kita sentiasa dalam keadaan selamat dalam tugasan.

      Hapus
    3. Sewa heli...cam sewa gamebot jaman SD dulu...wahahaha

      Hapus
  13. Bualan kosong.....mimpi basah.....

    Malaysia Defence Review Mohd Haidil Jasmin Malaysia punya khas utk interceptor, ada air refueling probe
    MiG29 Poland dh upgrade dgn Sistem Moden sejak 2001 dgn paparan digital

    Mohd Shukri So apa cerita fullcrum kita tu? Takkan amik mood sama cam skyhawk yg tersadai kat arizona

    Malaysia Defence Review Mohd Shukri MiG-29N keep in reserve sejak 2015 dan mungkin xkn terbang lg

    Aku Abe RIP Smokey Bandits ��

    Mike Dundee MiG-29 Poland adalah version lebih lama drpd MiG-29N. Asalnya digunakan oleh tentera udara Jerman sblm diserahkan kpd Poland.

    Abd Rahman su30mkm 18biji = 900m usd 1 biji=50m usd
    6.2b usd = 124 biji su30mkm 6-7squadron
    kalau time perarakan merdeka penuh langit lol

    Aim Lor Abd Rahman skli trbang bnyk2 silap2 bunyi alert negara jiran oooo

    Malaysia Defence Review Aim Lor 62 LCA tu pun dh goyang

    Malaysia Defence Review Brp tahun lepas PTU ade mention kaji F35 dgn Su57 tp lepas tu krik2

    Mohd Safiuddin Min..apa jadi skandal helikopter tu..cerita dia mcm x clear je..

    Malaysia Defence Review Mohd Safiuddin tu bukan skandal tp bongok
    Memula sembang nk saman la p mahkamah last2 u turn

    Mohamad Hassan Rozali Hahaa last2 bongok

    Mohd Rizuan Bin Misri Malaysia Defence Review ooo macam tu...kalau kita ada lesen buat part sendiri kompom xde masalah tu kan... Harap2 cik SU xkne macam tu.

    Malaysia Defence Review Mohd Rizuan Bin Misri India yg leh produce part2 tertentu pun lepas refit keluar kilang terhempas
    Pokoknya hantar balik Russia or tukar baharu amik MiG35 senang

    Mayu Saki Mig kita amacam? Simpan dlm stor sampai berkarat ka? Cam tu baik buang terus ja.

    Malaysia Defence Review Mayu Saki xberkarat pun TUDM simpan elok2 kt Kuantan

    Arnold Harap Malaysia Beli 36bijik gripen ganti mig..tambahan 8 bijik superhornet.. Cukup lah 4 skuadron, LCA takpayah la.. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan artikel dari Malaysian Defence, hanya perolehan 6x6 diteruskan manakala HMPV ditangguhkan.

      Perolehan 6x6 juga dijangkakan mengantikan Condor yang digunakan oleh TD di Sabah dan Sarawak serta yang digunakan Malbatt di Lubnan.

      Sejak 2016, beberapa kenderaan perisai 6x6 telah ditawarkan kepada TD antaranya FNSS-Deftech AV6, Hanwha Tigon 6x6, PT Pindad Anoa 6x6, FNSS Pars 6x6 Scout.

      Dilaporkan Hanwha Tigon 6x6 telah melakukan ujian penilaian di Port Dickson oleh TD pada 2016. Namun tiada perolehan dibuat.

      Dijangka 250 unit kenderaan perisai 6x6 akan dibeli dengan 50 daripadanya akan digunakan oleh Malbatt di Lubnan untuk tugasan tentera pengaman.

      -MDR-



      Lan Aziz Sy rasa lebih baik krajaan tambahkn aje fa 18 hornet dlm iventori tudm..beli aje fa 18 hornet 2nh hand dr kuwait yg bakal guna fa 18 super hornet nanti..dptla tampung beban psawat yg tudm gunapkai skrg ni utk kawal ruang udara kita.

      Mat Fiah Amik gempita versi 6x6 jela. Byk persamaan komponen dgn gempita versi 8x8. Mudahkan urusan logistik.

      Hadi Taftazani Mat Fiah betul... Kalau amik PARS pun ok beli terus blueprint

      Iskandar Uda Beli blueprint syg betul korang dkt blueprint tu tau tak kos pembelian blueprint tu lebih kurang sama dengan 40 bijik kenderaan yg sama

      Zulhakim Zulrushdi Kalau beli blueprint dh boleh buat 100bijik atau lebih

      Fahrulruzi Mohd Jusoh yang gambar bawah sekali Ngak usah di pandang

      Zack Lee ia bisa dijadikan taksi utk kabur dari medan perang mas ��

      Jefri Jamal bg aku sbg peminat.. better truskn kerjasama dgn fnss turki.. sbb surely nt byk benefits spt gempita.. lgpn turki dgn msia smakin rapat.. blh borg peralatan lain pula..
      jnji jgn negara mendonia.. sbb aku xyakin dgn anoa ����

      Afrizu Amin Mana2 pun ok asal jgn yg anoying tu.

      Nabil Wmc Aslkn jgn yg sbrang yg kuat mndonia tu,��

      John Kol Dok sembang2..rancang2..pastu tgk jiran indo dgn sg dah pakai..haha..

      Mohd Noor Kadir Saya minat Pindad buatan tetangga. Harap pemerintah akusisi saja Anoa 6x6. Suku cadang yang rendah dan boleh menyelam.

      Malaysia Defence Review Mohd Noor Kadir menyelam pun senget nasib baik xtenggelam

      Azly Zahari Hahahahaha..anoa design kelaut��

      Khairul Hisham Mohd Noor Kadir jangan pakcik nanti 7 keturunan kena hina oleh jiran sebelah.

      Mohammad Faisal Ismail Menyamar ke ni

      Firdaus Cohcek kamu minat... kamu jela yg beli sndri.. gomen tak suka pindad.. nti tak pasal2 aset atm kne claim dgn diaorg...�� ��

      Alif Wave Utara Mohd Noor Kadir malaysia lebih berminat pars dan deftech. Huhu

      Mat Fiah Dah ada buatan sendiri buat pe beli jiran punya. Jiran ada beli ke kita punya.

      Scar Flower min..review skit pindad harimau..cam best jer tank tu..kecik dan ringan..

      Malaysia Defence Review Scar Flower Medium Tank ke?
      Chassis tank tu asas dari APC Kaplan
      Tank tu ade masalah sbb body berat n enjin low spec
      Jd diorg buang armor utk tambah kelajuan, jd diorg guna modular armor pasang bila perlu

      Malaysia Defence Review Scar Flower varian 8x8 kebanyakan armor plated dkt body mmg sesuai utk role tank destroyer
      Mcm medium tank masalah dia asas troop carrier, tp byk pengeluar upgrade engine performance utk bolehkn medium tank bergerak pantas
      Masalah kt MT Harimau diorg nk develop low cost medium tank tumpu kuasa tembakan n lupakn psl enjin performance n body armour

      Zack Lee Tank Harimau ni ok je cuma design dan bentuk dia tak cantik.

      Scar Flower tu laaa...cam med tank klu pantas mmg cantik..ada baca banyak negara dah fokus ker med tank - mungkin pantas dan firepower..

      Baron de Amola Klu anoa tue xyahlahh.....nnt kene balun 2-0 susuah nk dpt alat ganti....

      Firdaus Azmi X berselera tgk anoa..drpd anoa baik modified sibmas yg sedia ada..

      Nazmi Naz Asalkan bukan buatan mendonia

      Jackco Jake Sisa buangan....

      Shah Rul Muhammad plzz jangan amek Anoa dari negara Mendonia tu

      Luqman Haqim Pars 6×6, pastu buat 10 varian

      Hapus

    2. Zulhakim Zulrushdi 2 jenis tu kalau boleh jangan amik Anoa..

      Nama Saya Zaime ada pulus ke ��

      Madie Fida Saya suka kalau kita fokus 1 varian utk jenis APC ni.. Mcm 8x8 shj.. jgn beli 6x6. Supaya senang nk maintain. Tp.. beli dgn kuantity yg banyak la.. sebab alasan senang nk maintain tu.. mcm Condor tu.. kita beli sampai 300+ unit ..kn..
      Kalau keperluan utk pelbagaikan varian utk kurangkn kos operasi.. guna yg betul2 boleh kurangkan kos operasi.. beli 4x4 terus.. mcm Lipan Bara..
      Kalau nk yg boleh d pasang senjata berat juga. Ambil terus 8x8.. tambah kuantiti.. biarlah sampai 1000 unit pn..

      Mohd Hanif Ismail Buat apa beli blue print Gempita dulu kalau last2 byk pakai pelbagai design lain? Anda rasa siapa yg untung?

      Trala Lala Lala kalau katakan krjaan beli jng la diorg ambk yg bermulakan dgn huruf "a"...hehehe

      Mohammad Zulkarnian Antara smua calon 6×6 anoa je stanag level 3 yg lain stanag level 4....batter ambil turki tau korea selatan ....

      Hapus
  14. Kitorang pun tak mau jual anoa n tank harimau ke negara miskin n sembang mendonia....ada wang tak buat beli....kitorang macam macam nak beli hampir semua sign apache datang, leopard datang, submarine datang, LPD datang, Fregat datang, etc

    Korang kate nak ini nak itu tapi tak nampak nampak heli kecil nan comel pun tak nampak, ingin hibah horny dari kuwait tak nampak, black hawk hibah dari brunei tak nampak kesian miskin sembang mendonia tak ade wang kirim barang hibah

    Malon citizen senang digondolin umngok n ph

    Kihkihkih

    BalasHapus
  15. THIS IS THE BEST WAY HOW TO MAKE INDONS AS A SHOTTING PRACTICE FOR SINGAPORE

    BalasHapus
  16. malon akan latihan tusuk dubur yang tepat dan benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEWA HELI PON TAK APE TAK USAH MALU YANG PENTING JAGUH

      Hapus
  17. Hallo Semuanya, mau menikmati Jackpot tanpa batas ??? Mau Bonus new membernya ???
    Mau Kejutan specialnya ????
    join now sekarang di edensukses,club karena hanya di sini kamu bisa nikmati yang namanya
    kepuasan bermain Poker Online.

    Permainan Game judi online yaitu POKER , DOMINO , CEME , CEME KELILING , CAPSA , SUPER10 , OMAHAEDEN POKER HADIR MEMUDAH UNTUK BISA MENANG DAN GAMPANG MENDAPAT KAN JP..
    Promo edensukses,club diantaranya :
    ~ Minimal Deposit 15.000
    ~ Welcom Bonus New Member Rp. 10,000,-
    ~ Bonus Rollingan full 0,5% untuk semua permainan
    ~ Bonus referral 10%
    ~ Bonus Special Kejutan Yang Bisa Kamu Dapat Dari Turnover kamu

    Dan Setiap Bulannya akan UpDate Bonus Menarik lainnya
    edensukses,clubBekerja sama dengan Bank :
    ~ BCA
    ~ BNI
    ~ BRI
    ~ MANDIRI
    Jadi Mau Tunggu Apa Lagi Join Sekarang Dan Dapatkan Semua Bonusnya Hanya Di edenpoker,bet
    Email This
    Share to Twitter
    Share to Facebook
    UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI ::

    📱 WA : +855 17640528
    📱 LINE : EDENPOKER
    🌐 Website :edensukses,club
    edensukses,online
    edensukses,site

    ANDA MENANG KAMI SENANG BOSKU !!

    BalasHapus