22 November 2019

F/A-18D, Su-30MKM Kekal Sehingga Tempoh RMK-13 (2030)

22 November 2019


F/A-18D and Sukhoi Su-30MKM (photo : Vincent Eng)

KUALA LUMPUR – Menteri Pertahanan, Mohamad Sabu menyatakan perkhidmatan jet pejuang F/A-18D Hornet dan Sukhoi Su-30MKM akan dikekalkan sehingga tempoh Rancangan Malaysia Ke-13

“TUDM akan terus mengekalkan pesawat pejuang F/A-18D Hornet dan Sukhoi Su-30MKM untuk tempoh RMK-12 dan RMK-13,” jelas Mohamad ketika sesi soal jawab di Dewan Rakyat.

RMK merupakan rancangan pembangunan kerajaan Malaysia untuk tempoh 5 tahun. Tempoh RMK-12 adalah pada tahun 2021-2025 manakala RMK-13 adalah pada 2026-2030.

Terdahulu, Mohamad menjelaskan perolehan pesawat rondaan maritim (MPA) dan pesawat tanpa pemandu aras altitud sederhana (MALE UAV) adalah keperluan yang diutamakan pada masa kini.

Beliau menambah, Kementerian Pertahanan Malaysia pada ketika ini memberi fokus kepada perolehan aset pertahanan bercirikan kawalan, rondaan sempadan dan rondaan sempadan maritim bagi menghalang pencerobohan asing.

“Keperluan terkini adalah perolehan MPA, Male UAV dan pesawat keupayaan tempur ringan serta latihan juruterbang melalui program Light Combat Aircraft (LCA),

“Walaupun perolehan jet pejuang baharu tiada dalam perancangan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM), Kementerian Pertahanan masih meneliti tawaran kerajaan Rusia dari pelbagai aspek termasuk aspek ekonomi dan kewangan yang perlu diteliti,” ujarnya

Selain daripada itu, beliau turut menegaskan aspek penyelenggaraan dan baikpulih (MRO) diambil kira dalam sebarang perolehan jet pejuang pada masa hadapan.

Pada masa yang sama, beliau menjelaskan bahawa pihaknya berusaha sebaik mungkin bagi memastikan pesawat sedia ada mempunyai penyelenggaraan yang baik bagi menjamin tahap kesiapsiagaan pesawat.

Beliau menambah, tahap kesiapsiagaan jet pejuang Sukhoi Su-30MKM telah mencapai tahap 75% dan diselenggarakan oleh syarikat tempatan, ATSC dengan perbelanjaan sebanyak RM 200 juta setahun.

Menyentuh tawaran oleh kerajaan Rusia, beliau menyatakan pihak kerajaan masih meneliti tawaran tersebut.

(AirTimes)

195 komentar:

  1. DO NOT SPEAK JAVANESE πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang mas.. Sebentar lgi bahasa tumbuh2 an kok😌😌

      Hapus
    2. INDONESIA DARURAT BAHASA INDONESIA TYPE DESTROYER

      Hapus
    3. Semuanya kok destroyer😡😡😡😁😁😁

      Hapus
    4. bhs tumbuh2an? cem di pilem LOTR donk, lamaaaa kelarrnya cem gred a haha!🍌🍌🍌

      Hapus
    5. Biar ada pemasukan royalti Patent untuk IBπŸƒ

      Hapus
    6. wkwkwk......
      maaf mat, di formil luar pun kalau bahas yg sensitif mesti makai bahasa jawa. wkwk

      Hapus
    7. Lha wong boso jowo ki adiluhung je mad....mosok arep mbok padakne karo boso pitikan model :"cem mana tu....", "rumah sakit korban lelaki...." 🀦🀦🀦

      Hapus
    8. lha boso Indonesia kui duduk boso Melayu murni. akeh"e soko boso arab lan boso arab yo mempengaruhi boso jowo , , ,


      wkwkwk....

      Hapus
    9. ga usah kebanyakan di teliti mat ..yang penting wang kopi dan untuk orang temgah lancar .. mhuehehehe ... 😎

      Hapus
  2. Kekal sampai Akhir Dunia πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lamma sekaleeee!!!......ih ih ih..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  3. Balasan
    1. Selama lama lama nyaπŸ™„πŸ€”

      Hapus
    2. abadi haha!🀭🀭🀭

      Hapus
    3. Sampai dajjal keluar dati PTM gen 6

      Hapus
    4. Again... Cuma bis gelak tengok tajuk ni..😁😁😁

      Hapus
  4. MKM & F-18 lapok malon tetap dipakai sampai tahun 2030 πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dipakai eksesais eject mat?

      😁

      Hapus
    2. MKM kelar SLEP/MLU = tahun 2035, itupon klo dana lancar om pit, 200 juta/tahun haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

      sedangkan 8 bijik kornet, blom perna SLEP dr baruw, batuk2 dach cem di langkawi maren haha!πŸ€’πŸ€’πŸ€’

      Hapus
    3. kornet 2 juta dolar per pesawat ituw cuman pasang sensor biar bisa pake rudal serang darat, lah ternyata dari baruw Kornet gred a ompong om pit haha!😜😜😜

      beda ama falkon gurun blok 52 kita, uda bisa pake jdam, paveway dari lahir haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

      Hapus
    4. dan falkon ocu 15 gress dari baruw kita uda dobel apgred,
      EMLU + FALCON STAR...
      radar baruw,
      komputer misi baruw,
      kopkit layar kaca,
      IFF bird slicer
      sampe cet baruw om pit haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    5. berharap dapet pesawat gurun lagiii ahhh πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    6. klo C-5 ato F-117, bolela haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

      Hapus
    7. Malon bangga sekali mkm cat baru itu pon cuma seekor..😁😁😁

      Ngakunya dah MRO..😁😁😁

      Hapus
    8. Kalau kadal gurun gimana?

      Hapus
  5. Teruk sangat TUDM nih tiada penambahan aset terbaharu πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. aset radio ama HT gak bole pamer yak om pit, apalagi cet pespur haha!🀫🀫🀫

      Hapus
    2. Krna pendapatan kerajaan lagi teruk. Export yg di andalkan minyak sawit baru masuk angin

      Hapus
  6. Salam 18 = 4 yang boleh terbang, jet meletup letup , jet hernia roda , jet gudig gatel gatel πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Salam KD Salah Potong Failure, LMS Ompong gerak siput πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam diayam2kan jaring nguyen,nelayan Cina & KKP INDONESIA πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    2. Mkm sdh di cat baru berasa sdh di MRO itu pon seekor je..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  7. Tahniah Mat Sabu, Menhan Rasa Juru Masak Menhan Paling jujur se SEA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua aset yg masih sedap tandanya masih kekal sampe bila bila..😁😁😁

      Hapus
  8. 15 tahun akan kena bully.....sabar ya, hari ini boleh dikatakan hari pertama kena bully. Yang kamaren itu pemanasan saja

    BalasHapus
  9. Kekal abadi selamanya.....
    .
    .
    .
    .
    .
    (di hanggar) 😌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di lap2
      Di elus2
      Di beri parfum deh pesawatnya di hanggar πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    2. hikss..hikkss 😒 jadi AWEWE di halim om pit haha!😭😭😭

      Hapus
  10. wong malesia reti asu tah ra yo?

    BalasHapus
  11. Siapa yg kemarin cakap malon nak beli Gripen untuk LCAnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ITU LCA PROYEKNYA LAIN DARI MRCA OM..BEDAKAN OM HAHAHA

      Hapus
    2. Yakin dibelikan Gripen πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    3. mentok J10 πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
      harusnya J 10 masuk itungan, wonh US saja jaga jarak.

      Hapus
    4. LCA dan UAV 3 tahun kehadapan kah? Sekarang baru pakai rumus di kaji, tapi belum RFI. Selamat tetangga tercayangπŸ˜‡

      Hapus
    5. Even j 10 pun gua terima jetnya cantik banget

      Hapus
    6. Xapier... Xapier... Layangan pon ko akan terima ruk.. Karna anggaran lo sanggupnya cuma segitu... Tak de pilihan....😁😁😁

      Hapus
    7. Harus lah pir. lebih rasional J 10 daripada JF 17, , ,

      basisnya Jet Israel itu, , , pilihan rudalnya juga banyak....
      duh Pemerintahmu bilangin gausah berharap tinggi", apalagi ke Gripen

      Hapus
  12. Salut, bakal diupgrade terus sampai 2030 yaa..?

    Haibat.. πŸ˜πŸ‘
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    (diupgrade => repainting doang) 😌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Painting sampai 100 lapis πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    2. 100 lapis = halimunan donk haha!πŸ‘»πŸ‘»πŸ‘»

      Hapus
    3. Di malays di cat baru artinya sdh di MRO broh..😁😁😁

      Hapus
  13. BIASA..TAPI HARUSNYA BEGITU NABUNG TUNGGU FIFTH GEN MATANG..HARAPNYA ADA TMBAHAN HORNET..KEDEPANNYA MPA,LCA DAN UAV..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooaahhmmmm......πŸ˜΄πŸ’€πŸ’€πŸ’€

      Hapus
    2. Matang....πŸ™„
      Bilang je miskin selesai..πŸ˜”

      Hapus
    3. Ko pikir F-35 tuh belum matang lon? Kihkihkih

      Hapus
    4. Boringlah...aq lebih percaya sama mat sabu berbanding opini rakyat malon yg suka mengkhayal dan mimpi πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    5. SU-57 mas....mimpinya. πŸ˜‚

      Ane doain kebeli itu, biar tambah tekor..πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
    6. HAHAHA MALAH OPINI FORUMER MALAYSIA LEBIH BAGUS DARI MAT SABU TUKANG MASAK WKWKWKW...

      Hapus
    7. Salahnya opini forumer malon itu wet dream semua πŸ˜†πŸ˜†...nafsu besar tenaga kurang,nak beli ini,nak beli itu tapi wang ciput πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    8. MUNGKIN TAPI MASUK HITUNGAN LA DARI MAT SABU WKWKW

      Hapus
    9. Masuk hitungan DIJANGKA-AKAN-KAJIAN-RFI-LAST2 CANCEL πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    10. JADI KITA TUNGGU AJA HAHA

      Hapus
    11. Miara MKM aja tekor, pengen miara SU-57....πŸ˜‚

      Otaknya di dengkul. πŸ˜›

      Hapus
    12. Iya,aq tunggu pun sampai tahun 2100 πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    13. Matang ?? Jet malon sudah pada busuk

      Hapus
    14. Gimana sih cara berfikir malon2 ini. Sdh ada statement yang lebih kredible masih aja di tolak. Bener2 sdh mabuk kecubung tingkat dewa.

      Hapus
    15. Efek banyakan hisab bau lem aibon.....halunya Menggerunkan πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ˜

      Hapus
    16. Sejelek jeleknya mat sabu, setiap perkataanya adalah keputusan penting yang akan dilaksanakan, karena beliau adalah mentri

      Sebaik baiknya unknown, paul, gempurwaria,hartarampasan itu cuma netizen mimpi basah yang setiap perkataan cuma angin kentut yang tak dianggap karena bukan pengambil kebijakan

      Hapus
    17. Yang dipertuan agong minister pembualan diraja beruk Mr.unknown BLAH BLAH BLAH

      Hapus
    18. Nabung beli g5..? Hutang noh bayar..!!¡

      Hapus
  14. Until 2030.

    .....very very long long times 😁😁..

    BalasHapus
  15. Meanwhile di tahun 2030 Su-30 Indonesia dah dipancenkan sementara malon masih gunakan MKM & HORNET lapok...di tahun 2030 Indonesia dah gunakan Su-57,F-35 & IFX πŸ‘πŸ‘πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. MKM masi mulus om pit, barang simpenan kilometer rendah haha!πŸ‘»πŸ‘»πŸ‘»

      Hapus
    2. eeiitt jgn lufa esyu-35 kita masi ngacenk taon segituw om pit, makloum blom puber haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    3. Viper 70 pon masih ABG,,,,

      Hapus
  16. PETI MATI TERBANG ⚰⚰⚰⚰

    BalasHapus
  17. HAHAHA BUT WE HAVE TO AGREE F18 MALAYSIA LOOKS GOOD IN BLACK AND RED LIVERY WKWKKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. ENGINE MELETUP...LOW QUALITY HORNET πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    2. YA2 TP FAR BETTER THAN F16 HIBAH TNI HAHA..HAHAA

      Hapus
    3. Again...repainting.

      Hhoooaaahhmm....😴

      Hapus
    4. Dgn hawk TNI-AU je pun hornet ko tuh bisa tewas πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    5. Tak pernah eksesais tak apa, yang penting repainting buat foto-foto...bangga πŸ˜‚

      Hapus
    6. SO TNI AJA ADA HAWK HAHAHA..TAK PERNAH? YANG BARU LEPAS DI LABUAN? HAHAHA

      Hapus
    7. HAWK ko bs release Maverick or sidwwinder tak πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    8. Repainting just untuk foto foto kat ramai ketika ada pameran, ramai awam pon terhibur ga paham problemnya tudm. Kihkihkih....😁

      Hapus
    9. Di malays repainting artinya MRO bro..
      😁😁😁

      Hapus
    10. πŸ‘ˆπŸ‘ˆ tong tong engine malon meletooop 😁

      Hapus
  18. IYALAH REPAINTING BIAR NAMPAK BARU WKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru tapi dalaman lapok πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    2. HORNET 25X NIGHT STRIKE FIGHTERLALALA

      Hapus
    3. Repainting buat membuai forumernya...😌

      Asal tiap tahun repainting, biar kekal selamanya..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Upgrade 2 juta dollar US cuma dapat apa,mimpi πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    5. Scorpene jangan lupa repainting warna kuning tahi,buat kamuflase sempurna penyamaran mengambang mirip tahi

      Hapus
    6. Membangun Mimpi Kat ramai dan termanipulasi pulak dianya kalo macan Asia masih Gagah, tak tahunya......?

      Hapus
    7. Di malays repainting artinya MRO bro..
      😁😁😁

      Hapus
  19. Natuna dijadiin First Class showroom TNI gimana guys ? setuju kah ?

    Coba tengok lokasinya guys... fortress tengah laut guys.. mana gede bener nihi pulau yaak...

    https://bidikdata.com/wp-content/uploads/2017/07/natuna-peta.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. versi 3D

      https://cdn-asset.jawapos.com/wp-content/uploads/2015/11/10721_28355_natuna-640x350.jpg

      Hapus
    2. seandainya kita dijadikan sekutu AS setara Inggris, Asutralia, Jepang untuk menghadapi hegemoni China dimasa depan barang premium pasti menghiasi Natuna seperti Okinawa jepang om.. hahaa..

      Barang2 Seperti THAAD, AEGIS ASHORE, pespur siluman, Pembom nukkir(beserta bom nuklirnyaπŸ˜‚πŸ˜‚),kapal selam nuklir SSN dan SSBN, destroyer, kapal induk,dll..

      Betapa dekatnya Natuna dengan teritory China di LCS atau daratannya.. Autralia kejauhan, Singapura masih terlalu jauh dan terlalu sempit untk manuver, Guam selain jauh juga rentan karena pulau terisolir/sendirian ditengah lautan.. haha..

      Hapus
    3. Mesti buat argumen yang keras dulu buat bikin DPR ketok palu : "OK..thok...thok..thok!"

      Berat...😁

      Ingat : 'bebas & aktif'

      Hapus
    4. Betul kata om PS Bebas dan aktif kita harus jalan terus,walau berat,sekarwng tinggal anggota dewan yang katanya terhormat untuk ketok palu membesarkan anggaran pertahanan kita dan pemerintah meng acc juga,sudah saatnya

      Hapus
  20. KEDEPANNYA HARAP DAPAT TAMBAHAN MKM 4-6 UNIT..HORNET HIBAH 10-16 UNIT..22 MKM + 22 HORNET UNTILL 2030..NOT THE BEST AND THE STRONGEST TAPI OKEYLAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. HARAP DAPAT HIBAH...SIAPA YG NAK HIBAH,OSTRALI SEKUTU DEKAT FPDA pun TAK NAK KASI HIBAH SUPER HORNETNYA PADA MALON,MALAH DIJUAL KE CANADA,BEGITUPUN KUWAIT MANA ADA HATI KASI HIBAH PADA MALON,MESTI BELI KATA EMIR KUWAIT

      Hapus
    2. AKAN...DIJANGKA....
      MALAYSIA DARUL AKAN

      Hapus
    3. Whatever...🚢🚢

      Hapus
    4. IYALAH BELI..BAYAR BUKAN GRATIS DARI KUWAIT

      Hapus
    5. Belilah jgn banyak cakap πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    6. Harap...


      (harapan palsu) πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    7. Ngarepnya langsung ke beli fighter generasi 5 atau 6, karena teknologi nya sudah di anggap mature. Kih kih kih ha ha....πŸ˜€πŸ‘…

      Hapus
    8. Siapa nak mau kasih hibah???ongkos kirim saja malon tak mahu bayarin

      Hapus
    9. M I S K I N..... POOR MALAYSπŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    10. Malon miskin pon mengharap hibah 😁

      Hapus
    11. Cian nye malon dah miskin merana pula

      Hapus
  21. The New Straits Times has reliably learnt that the two squadrons of 18 Sukhoi Su-30MKM, based at Gong Kedak in Terengganu, are being given a full refurbishment package to the tune of RM2.2 billion, until 2035.

    -----------------

    gimana gak kekal, lah serpis MKM aja baru kelar 2035 haha!🀣🀣🀣

    ATSC butuh RM 200 juta setahun.
    RM2.2 billion ituw sekitar $ 527 juta dolar
    527/18 = 29 juta dolar

    https://www.nst.com.my/news/nation/2019/03/473088/rm22bil-life-extension-rmafs-sukhois

    padahal su-30MKI milik india mnurut sumber HAL(stc-nya indihe) mengatakan:

    "HAL sources say overhauling a Su-30MKI costs Rs 110 crore. 110 crore = $ 15 juta dolar"

    https://www.business-standard.com/article/current-affairs/hal-gives-first-overhauled-sukhoi-30-to-iaf-115011000028_1.html

    29-15 = 14 juta dolar, selisih duwit gred a, lari kemenong haha!🀣🀣🀣

    waduuwww kementah gred a dikerjain lagi haha!πŸ€₯πŸ€₯πŸ€₯

    BalasHapus
    Balasan
    1. ITU ANU...BUKAN KORUPSI TAPI ANU PERUNTUKAN ANU....SEKIAN

      Hapus
    2. Biasalah buat Wang kopi2 ompal πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    3. Bongkar terus om pal... haha..

      Hapus
    4. pabrik kopi ama sewa pulau 99 tahun di VANUATUW bisa om, buat tanem puhun fisank🍌 haha!🏝🏝🏝

      14 juta dolar x 18 MKM = $ 252 juta dolar haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

      Hapus
    5. Itu harga kopinya bukan harga kopi luwak lagi,tapi harga kopi beruk terbuat daru fermentasi tahi beruk

      Hapus
  22. Pusing baca bahasa BeRuK BERSARONG,, Harusnya di terjemahkan dulu,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahasa hantu mas😁😁

      Hapus
    2. Itu bahasa primata beruk banci semenanjung mas. .

      Hapus
  23. Saing saingan ama Nuri, MKM dan Horny pasti tewas duluan, nuri pemenang khidmat sampai sangkakala di tiup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nuri itu barang KERAmat, ½ ghoib...ada sesajen khusus..jadi pasti kekal.

      😌

      Hapus
    2. Nanti yajuj dan majuj keluar setelah nuri terakhir pensiun

      Hapus
    3. Weee papa yufi jngn ngomong yajuj majuj dululah, belom nikahnih qw nh soalnya.ngeri atuh

      Hapus
    4. Di malays repainting artinya MRO bro..
      😁😁😁

      Hapus
  24. Wkwkkwkkw..memang teruk sangat ni malingsial..

    Wkkwkwwkwkw....

    Terlalu bnyk hirup dan makan lem aibon. Wkkwkwkkww..

    Kyk gabener jakarta.. wkwkkw

    Ada istilah untuk KADRUN KAMPRET..

    SELALU MELIHAT DUNIA DR SISI TERBALIK SAMBIL GULING2 DI PASIR BERALASKAN TINTA PENA PLUS AIBON..

    KYK GT LAH MALINGSIAL.. KWKWKWK

    BalasHapus
  25. HAHAHAHA HAHAHAHA HAHAHAHA HAHAHAHA MALUNYA RAKYAT MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG

    BalasHapus
  26. Breaking news " utusan khusus pbb lawakkan ide malaysia buat kereta terbang,kenapa?malaysia banyak terjadi angin,hujan dan petir mendadak juga banjir,ini tidak aman dan safety,..utusan pbb juga cakap,kereta terbang bukanlah hasil buatan malaysia,ini adalah drone penumpang china"......kih kih drone penumpang china cakap bina tempatan malaysia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di malays repainting artinya MRO bro..
      😁😁😁

      Hapus
  27. Rakyat malaysia juga ragu memakai kereta terbang ini,mereka takut banyak kemalangan dan accident...project tempek stiker ini,sebenarnya taktik jualan drone penumpang china untuk dijual di malaysia,sama sekali tak ada kepakaran tempatan malaysie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di malays repainting artinya MRO bro..
      😁😁😁

      Hapus
  28. dalam pandangan guwe 15 tahun kedepan:
    duwit gred a habis buat ginian gaes haha!πŸ€“πŸ€“πŸ€“

    perawatan mendalam jet2 tempur MKM + KORNET
    MLU kelas lekiu, dongred radar & CMS
    LCS - 6 bijik 2023, ituw pon tentative & ompong
    LMS - 4 sahaje, sisanya klo diterusken 66 juta dolar/bijik = bangkrut kementah haha!πŸ’ΈπŸ’ΈπŸ’Έ
    overhol kapal2 tuwa, sbg akibat penundaan LCS dan trancamnnya prog. CAPCUS 55 haha!πŸ’ΈπŸ’ΈπŸ’Έ
    A400M = cicilan.
    gempi = cicilan

    ---------------

    klo bajet tak naek ato disesuaikan, stagnan uda bertaon2, bahkan sampae 5 tahun kedepan, itungannya darimana mao shopping soping???
    MRCA,
    LCA/LIFT dsb.
    frigat tahap II?
    LMS tahap II
    OPV
    MRSS
    panser 6x6
    sila total nilai reshop2(rencana shopping soping haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘) bandingin ama bajet operasional, uda pasti gak balans.
    -------------------------------

    cara2 satu2nya wujudkan impian jangka pendek & panjang bila bajet stagnan, cuman 1, ambil pinjaman lunak.

    tapi klo beli dron pasti bisa, murmer cuy haha!🀭🀭🀭

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahhhsiyaaappp, pnyemangat tim hore2 haha!😬😬😬

      Hapus
  29. KEKAL SAMPAI DAJJAL KELUAR DARI PTM GEN 6 MALON

    BalasHapus
  30. Keyword " perolehan jet pejuang baru tiada dalam perancangan"...engine hornet sedap macam nuri

    BalasHapus
  31. Again...

    se SEA berita shoping.
    Yang ini berita bantingan..😌

    BalasHapus
  32. MKM tak de enjin semua, mau pelbaiki tak de kepakaran teruk sangat πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ

    BalasHapus
  33. Gaess,nanti pun ada forumer malon akan hantar pasal bola sepak,OPM,Papua dll untuk elakkan artikel yg penuh bully malon ini πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti kelompok lemah otak malon dibawah mr.unknown BLAH BLAH BLAH

      Hapus
  34. Makanya tempat judinya, pakai lonte - lonte muda, jangan kasih yg udah tua, biar orang orang british rajin main judi dan dapat duit kau dari itu,

    BalasHapus
  35. 25 minutes ago

     (Edited)

    First the flying car minister gave the impression that it is "Made in Malaysia flying car" like Proton cars "made in Malaysia". Later he claimed that the Malaysian flying car was made in Japan but not yet ready. Now it is public knowledge that his flying car is "Made in China"!!! This the mentality of PH minister selected by Dr. Mahathir.

    BalasHapus
  36. Malaysia flying car adalah drone penumpang china

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai TOT ga seh? πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
  37. ASKAR MELAYU DARURAT SENTER LED TUK RONDA MALAM DI ISTANA RATU ELI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di malays repainting artinya MRO bro..
      😁😁😁

      Hapus
  38. With no money allocated for the Su-30MKM and Hornets replacement in RMK13, it is likely that their replacements would only be commissioned into service, at the earliest, in the 2035 to 2040 period. I was told to ensure that the MKM remained in service until that time, the government planned to double the money for its MRO for the next two RMKs.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di malays repainting artinya MRO bro..
      😁😁😁

      Hapus
  39. Cabang Genting? πŸ˜‚πŸ˜

    https://m.detik.com/news/berita-jawa-timur/d-4794135/dua-judi-ketangkasan-di-surabaya-dikelola-wn-malaysia?tag_from=wpm_nhl_13

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pancen patohan yen perkoro siji iki.....mbah Gono be keteteran ngadepi tandange simalon πŸ˜–πŸ˜žπŸ˜Ÿ

      Hapus
    2. Byuh..byuh..jare tjantrikwati sing kae saiki gak 80jt mas'e, tapi 800jt!😱

      Gek koyo opooo..rasane.😡

      Hapus
    3. Byuh, byuh, byuh....durung ganti taun kok wes ndisiki ganti rego....opo saiki cokotane rapet banget, nganti marai pingget πŸ€”πŸ˜–πŸ˜¬

      Hapus
    4. Permainan ketangkasan adalah permainan judi. Bandar nya orang malingsial, tolong gempurwaria dan Paula bego meng advocatie bandar casino yg di tangkap itu.πŸ˜€

      Hapus
  40. Hello @FIFAcom can u see this? this is not humanity from malaysia supporter, we all indonesian suporter cant deserve this #GanyangMalaysia,"

    "#shameonyousaddiq Dear minister @SyedSaddiq. Hope ur people and media stop play as a victim. See wheres the flare coming from... #shameonyousaddiq #GanyangMalaysia,

    Malondog dongok keturunan PKI Paraku

    BalasHapus
  41. Yah sayang ya Hawk kita mau pensiun, padahal bisa dipake buat ngadepin horny tua malon.

    BalasHapus
  42. Salam dari chin peng di pengasingan secretary general malayan comunist party,komunis malaysia akan berjayavlagi dari tidur panjangnya

    BalasHapus
  43. "SUWI ORA MAIN, SEKALI MAIN ORA SUWI"

    BalasHapus
  44. Di malays repainting artinya MRO bro..
    😁😁😁

    BalasHapus
  45. Saran saya untuk Malaysia.
    sebaiknya lupakan Mig29 & SU30MKM. pesawat ini tidak cocok untuk Malaysia.
    Jika di MRO butuh banyak cost. Operational costnya juga besar.

    Sebaiknya Malaysia fokus di F/A18 Superhornet sebagai MRCA. Malaysia sdh punya hornet 8 unit, bisa diupgrade jadi superhornet + new order superhornet 28 unit (total jadi 2 ska).

    Untuk Pesawat LIFT/LCA bisa pakai FA50 atau JF17 (2 atau 3 ska) silahkan pilih yang cost MRO nya lebih murah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lupakan semuanya, Mahatir sudah bilang "Cessna", titik.

      πŸ˜‚πŸ˜

      Hapus
    2. iya juga sih om@PS. lebih hemat klo semuanya pakai cessna sahaja..😁😁

      Hapus
  46. aspek ekonomi dan keuangan harus diteliti..solusinya seluruh bangsa malon harus rela menjual dubornya untuk membantu negaranya yg lagi miskin

    BalasHapus
  47. LCA untuk ngeronda yaa...murah meriahlah, dari pada twin engine. Jet pejang Su30 MKM and F18 Corned yg 26 bijik baik simpan di hanggar biar awet sampai RMK13+++

    POOR TUDM...SALAM dari F-16 Block 52 id....HA..HA..HA..HA

    MALINGSIA SEMBANG MENDONIAA...

    BalasHapus
  48. INDONESIA DARURAT SABU2 TYPE DESTROYER

    BalasHapus
  49. Mahatir darurat sabu biar awet ampe 200 thn jdi pm

    BalasHapus
  50. YA IYA LAH.. KAN MALON GAG PUNYA DUIT

    BalasHapus
  51. Malays darurat cat type destroyer..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  52. Weeeehhh kekal abadi mkm cuman 4 biji yg bisa terbang sampai 2030,grade A gitu loh πŸ˜‚πŸ€£
    Kalau boleh kasih saran ya buat malon yg bebal yg masih songong, tu pespur mig29 ente dijual aje terus baikin tu mkm dan f18' terus jangan ada lg istilah uang kopi dengan anggaran yg ciput itu, dana yg ada difokuskan tu baikin mkm dan f18, dalam 4 - 5 tahun pasti tu mkm dan f18 sehat' paling tidak adalah jet pejuang malon sampai 2030,,,tp ane pesimis, kebiasaan rasuah malon udah sampai ke tulang sum2 ditambah lg tak ada proses hukum terhadap pelaku rasuah2 yg terjadi di malon sehingga tidak ada efek jera yg bisa menekan rasuah2 yg terjadi dimalon, rakyat dan pejabatnya sama2 goblok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saran ane...
      Jual semua jet pejuang malon, dari MKM, F18 atau Hawk

      Uang hasil jual jet pejuang dibagi bagi sebagai wang kopi

      Hapus
  53. tni au latihan sama tudm(tetangga yg lagi miskin)menggunakan pesawat hawk knp latihan tidak menggunakan pesawat f16 atau su30 karena tudm cuma punya hawk yang bisa terbang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena MKM lapuk tak boleh terbang
      Karena jubor F18 meletup letup
      Karena MIG19 sudah tewas

      KARENA BERUK MALON IDIOT MISKIN

      Hapus
    2. “Walaupun perolehan jet pejuang baharu tiada dalam perancangan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM),

      Hapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. malaysnya aku nak koment...

    BalasHapus
  56. Hallo Semuanya, mau menikmati Jackpot tanpa batas ??? Mau Bonus new membernya ???
    Mau Kejutan specialnya ????
    join now sekarang di edensukses,club karena hanya di sini kamu bisa nikmati yang namanya
    kepuasan bermain Poker Online.

    Permainan Game judi online yaitu POKER , DOMINO , CEME , CEME KELILING , CAPSA , SUPER10 , OMAHAEDEN POKER HADIR MEMUDAH UNTUK BISA MENANG DAN GAMPANG MENDAPAT KAN JP..
    Promo edensukses,club diantaranya :
    ~ Minimal Deposit 15.000
    ~ Welcom Bonus New Member Rp. 10,000,-
    ~ Bonus Rollingan full 0,5% untuk semua permainan
    ~ Bonus referral 10%
    ~ Bonus Special Kejutan Yang Bisa Kamu Dapat Dari Turnover kamu

    Dan Setiap Bulannya akan UpDate Bonus Menarik lainnya
    edensukses,clubBekerja sama dengan Bank :
    ~ BCA
    ~ BNI
    ~ BRI
    ~ MANDIRI
    Jadi Mau Tunggu Apa Lagi Join Sekarang Dan Dapatkan Semua Bonusnya Hanya Di edenpoker,bet
    Email This
    Share to Twitter
    Share to Facebook
    UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI ::

    πŸ“± WA : +855 17640528
    πŸ“± LINE : EDENPOKER
    🌐 Website :edensukses,club
    edensukses,online
    edensukses,site

    ANDA MENANG KAMI SENANG BOSKU !!

    BalasHapus