28 November 2019

Kemhan Terus Sempurnakan Prototipe Kendaraan Peluncur Roket R-Han-122B

28 November 2019


Prototipe Kendaraan Peluncur Roket R-Han-122B (all photo-image : Delima Jaya)

Seminar Litbang Pengembangan Prototipe Kendaraan Peluncur Roket R-Han-122B Tahap II-II

Jakarta, Selasa (26/11/2019). Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan menyelenggarakan seminar litbang pengembangan prototipe kendaraan peluncur roket R-Han 122B tahap II – II dengan tema “Melalui Penelitian dan Pengembangan Prototipe Kendaraan Peluncur Roket R-Han 122B Tahap II – II TA. 2019, Kita Tingkatkan Kemampuan Industri Pertahanan Nasional Dalam Rangka Mewujudkan Kemandirian Alutsista TNI”, yang dilaksanakan di Rupatama Lantai V Gedung Ir. H. Djuanda Balitbang Kemhan, Jl. Jati No.1 Pondok Labu Jakarta Selatan. Seminar dihadiri oleh Kabalitbang Kemhan Dr. Anne Kusmayati, sekaligus membuka kegiatan tersebut, Staf Ahli Bidang Politik Kemhan Laksda TNI Ir. A. Budiharja Raden, Ses Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Bambang Wijanarko, S.E., S.T., M.Si (Han), Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Rosidin, M.Si (Han), M.Sc., Kabid Matra Darat Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Kolonel Kav R. Herdianto Nuringtyas, S.Sos., Kabagdatin Set Balitbang Kemhan Kolonel Inf Fatih El Amin, S.IP., M.Si., para pamen Itjen Kemhan, Ditpalad, Dislitbangad, Dislitbangal, Ditjen Kuathan Kemhan, Ops Marinir, Universitas Pertahanan, dan dari industri pertahanan PT. Dahana (Persero), PT. Delima Jaya Karoseri, PT. Smarta Aero Sishan, serta para pejabat di lingkungan Balitbang Kemhan. Sebagai narasumber adalah Direktur PT. Smarta Aero Sishan Bpk. Rasyid Ridha, S.T., Engineering PT. Delima Jaya Karoseri Bpk. Hendri Prasetiyo, dan Peneliti Pertama Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan PNS Zainal Asiqin, S.T., serta moderator Analis Pertahanan Negara Madya Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Darmawan H.P., S.IP., M.Si.


Kabalitbang Kemhan dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pengembangan prototipe kendaraan peluncur roket R-Han 122B ini, dibuat dalam rangka mendukung program pengembangan roket nasional. Pada tahun 2019 ini yang dikembangkan upgrade sistem senjata dengan penambahan tabung peluncur sebanyak 22 unit sehingga total menjadi 40 tabung launcher. Selain itu upgrade sistem otomatisasi dengan mengintegrasikan software balistik kalkulator sehingga terhubung dengan Programable Logic Control (PLC) sebagai pengontrol utama dengan feedback sensor. Mekanisme pengisian roket ke peluncur didesain sedemikian rupa supaya dicapai waktu operasi yang lebih singkat.

Lebih lanjut Kabalitbang menambahkan, program pengembangan prototipe kendaraan peluncur roket R-Han 122B tahap II tahun 2019 ini adalah kerjasama Balitbang Kemhan dengan PT. Dahana (Persero), PT. Delima Jaya dan PT. Smarta Aero Sishan serta PT. Mekar Teknik. Pada pengembangan prototipe kendaraan peluncur roket R-Han 122B tahap II ini juga terdapat perubahan lainnya yaitu perubahan desain mekanik meliputi moncong kabin, interior dan eksterior serta mekanik dan konstruksi. Diharapkan dengan pengembangan ini nantinya dapat menghasilkan kendaraan peluncur yang dapat berfungsi dengan baik dan stabil, sesuai spesifikasi yang diharapkan tanpa adanya kesalahan dan kerusakan baik saat endurance maupun penembakan.


Mengakhiri sambutannya, Kabalitbang Kemhan mengucapkan terima kasih dan penghargaan sedalam-dalamnya kepada narasumber, moderator dan undangan yang telah meluangkan waktunya. Beliau berharap dalam pelaksanaan seminar ini dapat memberi masukan dan saran untuk meningkatkan penguasaan teknologi yang nantinya dapat berfungsi sebagai alutsista TNI yang handal serta dalam rangka ikut mengurangi ketergantungan import produk alutsista dari luar negeri.

(Kemhan)

63 komentar:

  1. Balasan
    1. Kalau dah tua itu disebunyiin gimana pun pasti ketahuan, meski namanya diganti jd milenial 😁😁😂😂

      Hapus
  2. Balasan
    1. pake Ural dong om , wkwk.

      tapi saya suka sistem reloadnya yg di kerek kerek 😂

      Hapus
    2. Hidung Anoanya sudah di operasi...hehee
      Peluncurnya mantab sudah menjadi 40 tabung.

      Hapus
    3. Sepertinya PINDAD harus di dorong bisa membuat Truk militer yg khusus...karena kebutuhannya lumayan banyak & bisa di kembangkan platformnya salah satunya untuk MLRS ini.
      Atau gak paling cepat dengan kerjasama dgn produsen truk yg sudah ada URAL atau sapa gt...dan tinggal modif dikit biar ciri khas indo...terus di namain " KEBO "..hhaaahaay assikk.

      Hapus
    4. Sepertinya kita ga bisa terus"an maksa PINDAD deh bang Tupez, selain kuantitas produksi pindad yang masih rendah, sistem PINDAD biasanya berupa TOT jadi kalau untuk kebutuhan 5 tahun mendatang agaknya truk angkut masih akan di suplay dari luar.

      Hapus
    5. Mungkin bisa bagi2 tugas buat karoseri2 kita macam adi putra, tugas anda, laksana dsb om. Buat truk angkutnya biar ndak pindad aja soalnya yg lagi digarap pindad kan juga banyak ya.

      Hapus
    6. @Tupez 01 Mahesa aja bung, lebih bagus. Ntar seriesnya ada Mahesa Birawa, Mahesa Danu dll.😊😊😊

      Hapus
  3. Balasan
    1. Yakin, para engineernya bisa buat yang lebih hi spek, asal dana buat risetnya sepadan.

      Dengan dana yang dikasih sekarang, hasil ini dah bagus.

      Hapus
    2. dananya cupet om, tapi pagunya diketok gede 😂😂😂

      Hapus
    3. Owh sudah bagus banget ini om PS
      Malon mana bisa buat mainan beginian...wkwkwkk

      Hapus
  4. MLRS GUNA MEMULAKAN PROGRAM GANYANG MALASSIA PART TWO

    BalasHapus
  5. TNI AD membeli 9 helikopter Bell 412 EPI senilai US$ 283 juta atau setara dengan Rp 258 miliar. Helikopter ini diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI)  bekerja sama dengan Bell Textron.

    "US$ 183 juta itu komplit, untuk sembilan unit. Jadi kita kontrak dengan TNI, pertama ada paket helikopter, dua paket training untuk pilot dan mekanik. Kemudian ada teknikal publikasi dan ada suku cadang termasuk senjata, dan pelurunya dari Pindad," ujar Vice President Aircraft Sales PT Dirgantara Indonesia (PTDI) Ibnu Bintarto di Shangri-La, Jakarta Pusat, Rabu, 27 November 2019.

    Indonesia dan negara asean lainnya semakin melaju.....malon semakin melancap dalam jamban heli kecik pon canceled

    Malon senang digondolin umngok n ph

    Kihkihkih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bener $ 283 Million atau $ 183 Million atau Rp 258 Milyar ( $ 18 Million) bang ?

      Hapus
    2. Bismillah senang rasanya bisa dengar kontrak produk bell 412 tuk TNI.apakah tidak ada niat baik penerbad atau penerbal juga mengakuisisi KA.52 rusia?.Mi 28,atau pesawat tempur bomber su.24 m2,Su.34?.

      Hapus
  6. Bagusan yg ini, dibanding kamarin yang kepalanya pakai design anoa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, setuju mas..

      Makanya dikomen dulu sy pernah bilang gak sreg sama model kabin truknya terutama tampak depan.. kalau yg tahap dua ini lebih baik lah meski menurut saya bisa dibuat lebih sangar lagi seperti model Kamaz atau Tatra yg biasa dipakai angkut nuke bom rusia rodanya banyak tuh truk apa ya mas ? Itu cukup impresive look nya.

      Kita tunggu saja mas.. ciri negara mandiri itu konsepnya PDCA terus sampai final. Jadi kita tunggu siapa tahu ada tahap tiga yang jauh lebih perfect dari yg skrg.

      Keep Up Good Work !

      Hapus
    2. @Superstar yg biasa dipakai angkut nuke bom rusia yang rodanya banyak itu bukan kamaz sama tatara bung. Tapi Baz, Mzkt sama Maz series. Kalau kamaz sama tatra kelasnya ringan - medium, kayak pantsir series.😁😁😁

      Hapus
    3. Saya sih prepare bannya harus anti ranjau dan bullet.. Lucu aja kalo kena peluru trus gak bis kemana2..😁

      Hapus
  7. Felipe dan banyak warga brazil yg kenal agnes mo mengecam ulah kontroversial agnes mo yg lakukan downgrade negara sendiri tanpa pengakuan,orang brasil bilang sebagai tindakan kampungan yg ingin tenar di negara lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya udah loon beruk !
      Gak usah dengerin lagu2 karya acnes mo....

      Simple !!!

      Korang seperti beruk yg sedang merajuk cemburu sahaje

      Hapus
    2. Ini forum militer beruk
      Bukan forum artis, monyet !!!

      Hapus
    3. Biarin om Essen memang dianya sdh spt itu,cinta d tolak akhirnya dubor d hack xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih 🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    4. Malon pon di akui britsh sebagai beruk penjaga istana fuckingham place selama 999 😁

      Hapus
  8. Felipe yg sudah lama jadi fans agnes mo sejak lama,tahu betul dia orang indonesia,sebagai orang brasil felipe tak tau kenapa agnes mo lakukan tindakan rasis pada diri sendiri dan mendowngrade negara sendiri?ini ibarat penyakit mental star syndrome dan sebuah tindakan yang kampungan karena malu dengan negara sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya udah loon beruk !
      Gak usah dengerin lagu2 karya acnes mo....

      Simple !!!

      Korang seperti beruk yg sedang merajuk cemburu sahaje

      Hapus
    2. Felipe= Feli di PePe
      😂😂😂😕😁😁

      Hapus
    3. Kasih pisang aja biar tenang xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    4. Lha ni orang cinta bertepuk sebelah tangan otaknya jd konslet, agnes gk ada bilang bahwa dia bukan warga negara indonesia' dia hanya ungkapkan asal usul gen nya' lha salahnya dimana???? 🤔🤷‍♂️

      "I grew up in such diverse culture. Culture inclusivisty is what i stand for. Bhinneka tunggal ika means unity in diversity. Love it when i can share something about my roots and my country," kata Agnez.

      https://amp.kompas.com/hype/read/2019/11/27/102355466/agnez-mo-kalau-enggak-bangga-jadi-orang-indonesia-ngapain-aku-bawa-terus

      Hapus
    5. Beruk malon bersarong strees harus jaga istana ratu elie selama 999 tahun 😁

      Hapus
  9. Kalo suspensinya independen lebih mantap lg. Trus dilengkapi dng kendaraan auto loader utk pendamping. Klo isi manual 40 unit makan waktu mungkin. Kasian operatornya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, BM21 grad 6x6 aja gak pake hidrolis 👌🏼

      Hapus
    2. yang ini 10 menit langsung 40 peluncur isi semua kok mas, reloadnya model kerekan macam HIMARS kok

      Hapus
  10. Mantab....moncong udah bagus...isian 40 buah...bagus ya ndar

    BalasHapus
  11. Pernah lihat di YouTube ini peluncur rokety mirip pengisian y yg di pake China , auto loadery

    BalasHapus
  12. MALAYDOG JUGA PUNYA SUPER BOMOH 😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂🦍🦍🦍🦍💩💩💩💩💩💩💩💩💩💩💩💩💩💩💩💩💩💩💩💩💩

    BalasHapus
  13. Gambar CGI itu desain terbaru kah? Kalo iya desain kabin sudah bagus cuman masak sasisnya masih truk komersial? Ayolah Kemhan pakai truk yang lebih proven.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua truk yg dijadikan kendaraan angkut militer dasarnya dikembangkan dr truk komersial' justru casis rangka truk komersial itu sangat2 kuat karena lebih rutin digunakan dan sering mengangkut diluar batas tonase' tp bodynya truk kemersil yg tidak sesuai spesifikasi militer oleh sebab itu body dibongkar dan diupgrade agar body nya sesuai spesifikasi militer, desain gambar terbaru untuk peluncur roket RHAN aku rasa udah bagus dan body udah anti peluru dan memiliki senjata pertahanan diri, truk peluncur roket gk ada yg menggunakan anti ranjau dan hanya menggunakan body anti peluru jd ini sudah pas.

      Hapus
    2. Banyak yg ngeluhin masalah rodanya Raden wkkwkw, kelihatan "ngeden" gituloh 🤣

      Hapus
    3. Ya udah pasang roda traktor 😂😂
      Lha kalau udah kena sasaran arteliri atau rudal dr lawan pakai roda apa aje jg bonyok' kecuali pakai roda rantai, tetep aje body bonyok kalau udah kena serangan balasan dr lawan 🤔🤷‍♂️😂🤣

      Hapus
    4. Masalah roda gk perlu dipermasalahkan sebab itu ya tergantung permintaan user 😊

      Hapus
  14. saran semoga kedepan roket Rhan ini bisa dilengkapi hulu ledak Thermobaric.. kecil2 cili api..haha.. beruk2 KL biar sekalian gosong sampai paru2.. wkwkwkkwkwk.. 😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arahnya pasti kesana, kan ada om putin,,,yg penting main cantik aje, kagak usah fulgar2 biar tetep adem anyem.

      Hapus
    2. @Raden_situngkir Sekalian moga moga aja ada yang versi Cluster, biar bisa area damage.😁😁😁

      Hapus
  15. Roket ini bisa tembak tenggelam kd maharogolela dengan mata tertutup, malon tambah bengap je kat bilik termenung koh.. koh.. koh...

    BalasHapus
  16. dari kebanyakan kendaraan spt astros, cesar dll. ban kendaraan ini kok kecil. bagaimana kl diandalkan melibas tanjakan berbatu besar, tanah lumpur di pegunungan?

    BalasHapus
  17. AYO GABUNG DI MYPOKER899 .com !
    AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA DAN TERBAIK
    BANYAK BONUSNYA :
    Bonus New member 10.000 - 20.000
    BONUS REFERRAL 10%
    BONUS MINGGUAN 0.3 - 0.5 %
    BONUS NEXT DEPOSIT 5%
    BONUS BULANAN
    TUNGGU APA LAGI ? BURUAN BERGABUNG DI POKER899.VIP , AGEN JUDI POKER TERPERCAYA DAN AGEN RESMI POKER IDN , SIAP MELAYANI ANDA PECINTA POKER !
    CAPSA , DOMINO QQ , POKER , CEME dan masih banyak lagi
    UNTUK INFO DAN PENDAFTARAAN HUBUNGI :

    MYPOKER899.COM !! RAIH KEMENANGANMU SEKARANG JUGA !!
    UNTUK INFO DAN PENDAFTARAN :
    LIVE CHAT : http://mypoker899.com
    WHATSAPP : +855884660017
    LINE : POKER899

    AGEN JUDI POKER ONLINE INDONESIA TERBAIK
    DAFTAR IDN POKER ONLINE UANG ASLI
    Agen IDN Poker Online Terpercaya Indonesia
    AGEN POKER ONLINE
    DAFTAR JUDI ONLINE
    AGEN DOMINO TERAMAN DAN TERPERCAYA
    IDN POKER

    BalasHapus
  18. Hallo Semuanya, mau menikmati Jackpot tanpa batas ??? Mau Bonus new membernya ???
    Mau Kejutan specialnya ????
    join now sekarang di edensukses,club karena hanya di sini kamu bisa nikmati yang namanya
    kepuasan bermain Poker Online.

    Permainan Game judi online yaitu POKER , DOMINO , CEME , CEME KELILING , CAPSA , SUPER10 , OMAHAEDEN POKER HADIR MEMUDAH UNTUK BISA MENANG DAN GAMPANG MENDAPAT KAN JP..
    Promo edensukses,club diantaranya :
    ~ Minimal Deposit 15.000
    ~ Welcom Bonus New Member Rp. 10,000,-
    ~ Bonus Rollingan full 0,5% untuk semua permainan
    ~ Bonus referral 10%
    ~ Bonus Special Kejutan Yang Bisa Kamu Dapat Dari Turnover kamu

    Dan Setiap Bulannya akan UpDate Bonus Menarik lainnya
    edensukses,clubBekerja sama dengan Bank :
    ~ BCA
    ~ BNI
    ~ BRI
    ~ MANDIRI
    Jadi Mau Tunggu Apa Lagi Join Sekarang Dan Dapatkan Semua Bonusnya Hanya Di edenpoker,bet
    Email This
    Share to Twitter
    Share to Facebook
    UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI ::

    📱 WA : +855 17640528
    📱 LINE : EDENPOKER
    🌐 Website :edensukses,club
    edensukses,online
    edensukses,site

    ANDA MENANG KAMI SENANG BOSKU !!

    BalasHapus
  19. Jangan hanya basis ban, sekalian jg basis track untuk mendukung pergerakan personil dalam skenario peperangan hutan dan gunung.

    BalasHapus
  20. Hallo Semuanya, mau menikmati Jackpot tanpa batas ??? Mau Bonus new membernya ???
    Mau Kejutan specialnya ????
    join now sekarang di edensukses,club karena hanya di sini kamu bisa nikmati yang namanya
    kepuasan bermain Poker Online.

    Permainan Game judi online yaitu POKER , DOMINO , CEME , CEME KELILING , CAPSA , SUPER10 , OMAHAEDEN POKER HADIR MEMUDAH UNTUK BISA MENANG DAN GAMPANG MENDAPAT KAN JP..
    Promo edensukses,club diantaranya :
    ~ Minimal Deposit 15.000
    ~ Welcom Bonus New Member Rp. 10,000,-
    ~ Bonus Rollingan full 0,5% untuk semua permainan
    ~ Bonus referral 10%
    ~ Bonus Special Kejutan Yang Bisa Kamu Dapat Dari Turnover kamu

    Dan Setiap Bulannya akan UpDate Bonus Menarik lainnya
    edensukses,clubBekerja sama dengan Bank :
    ~ BCA
    ~ BNI
    ~ BRI
    ~ MANDIRI
    Jadi Mau Tunggu Apa Lagi Join Sekarang Dan Dapatkan Semua Bonusnya Hanya Di edenpoker,bet
    Email This
    Share to Twitter
    Share to Facebook
    UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI ::

    📱 WA : +855 17640528
    📱 LINE : EDENPOKER
    🌐 Website :edensukses,club
    edensukses,online
    edensukses,site

    ANDA MENANG KAMI SENANG BOSKU !!

    BalasHapus
  21. Versi roda rantai juga

    BalasHapus