12 Juli 2020

Rencana Pembelian 8 Unit Osprey untuk Jawab Tuntutan Kebutuhan Alutsista

12 Juli 2020


MV-22 Osprey block C (image : Bell)

JAKARTA - Rencana Pemerintah Indonesia membeli delapan unit pesawat militer jenis MV-22 Block C Osprey dari Amerika Serikat (AS) dinilai untuk menjawab tuntutan kebutuhan alat utama sistem persenjataan (Alutsista). Maka itu, anggota Komisi I DPR Yan Permenas Mandenas mendukungnya.

"Terkait rencana pembelian 8 helikopter angkut MV-22 Osprey saya pikir untuk menjawab tuntutan kebutuhan alutsista kita yang sangat mendesak, karena kita tahu di beberapa wilayah itu sudah beberapa kali terjadi kecelakaan helikopter," ujar Yan Permenas Mandenas kepada SINDOnews, Jumat (10/7/2020).

Yan mengatakan, jumlah helikopter yang beroperasi saat ini pun sangat terbatas. "Jadi kalau sewaktu-waktu kita membutuhkan untuk mobilisasi dan lain-lain untuk menangani berbagai macam gejolak sosial maupun gejolak politik, apalagi menyangkut dengan pertahanan wilayah, itu kita sangat susah untuk bermanuver," ujar politikus Partai Gerindra ini.

Apalagi, helikopter milik TNI angkatan udara, laut dan darat saat ini harus diganti atau diperbarui dari segi operasionalnya. "Karena sampai dengan saat ini kita bisa mengambil sampel Komisi I bertemu dengan Pangkoopsau II di Makassar, rata-rata di beberapa wilayah yang kami temui itu semua meminta untuk memodernisasi alutsista, termasuk helikopter, pesawat tempur dan persenjataan, itu baru di Pangkoopsau II, belum lagi di Pangkoopsau III di Papua itu sama sekali enggak ada pesawat tempur," katanya.

Dia mengatakan, Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau) di Papua tidak memiliki helikopter. "Apalagi kita bicara ini sudah sekelas bukan lagi Lanud, bukan lagi Pangkosek, ini sudah Pangkoopsau, Pangkoopsau otomatis harus seimbang dong dengan ketersediaan alutsista sesuai dengan standar organisasi yang dikembangkan oleh Panglima TNI," ujar legislator asal daerah pemilihan Papua ini.

Akan tetapi, kata dia, kenyataannya saat ini Koopsau maupun Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) terbentuk dimana-mana. "Itu dari segi sarana prasarana pun terbatas apalagi menjawab pemenuhan alutsista, masih jauh sekali dari harapan kita," katanya.

Indonesia, kata Yan, merupakan negara kepulauan yang sangat luas. Sehingga, paling efektif menggunakan pesawat, dan helikopter untuk jarak dekat sekaligus untuk melakukan manuver dalam memantau situasi dan keamanan. Dia menambahkan, helikopter juga dibutuhkan untuk mengidentifikasi gerakan terorisme maupun separatisme.

"Contohnya saja di Papua, di Papua itu helikopter yang layak dipakai Kodam aja enggak ada sama sekali. Padahal ini wilayahnya memang sangat krusial sekali dari gangguan ancaman keamanan tetapi helikopter yang dimiliki Kodam saja enggak ada, yang dimiliki malah ada helikopter satgas yang di Timika, itu angkatan darat punya dua unit. Lain daripada itu enggak ada," imbuhnya.

Dia pun mengingatkan belum lama ini helikopter milik angkatan darat jatuh di Nduga, Papua. "Sampai sekarang enggak ada lagi stok yang ditambahkan ke Papua untuk beroperasi. Nah ini belum kita bicara soal di Poso, di Aceh, dan lain-lain daerah-daerah yang rawan misalnya, tapi kita juga bicara soal patroli rutin kapal perang dilengkapi dengan helikopter dan lain-lain untuk bisa memonitor wilayah perairan laut kita, itu sangat minim sekali," tuturnya.

Maka itu, menurut dia, kebutuhan alutsista yang sangat mendesak seperti pesawat tempur, helikopter dan kapal perang harus terus ditingkatkan untuk pertahanan negara. Sehingga, lanjut dia, pemenuhan alutsista harus menjadi kebutuhan prioritas yang harus diselesaikan Pemerintahan Jokowi - Ma'ruf Amin.

Apalagi, dengan visi besar Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto untuk membenahi kekurangan alutsista yang tersedia di dalam negeri. Karena, sambung dia, kemampuan alutsista Indonesia tidak mampu mengimbangi negara tetangga.

"Jadi langkah-langkah yang dilakukan menteri pertahanan itu merupakan bagian dari memperkuat pertahanan kita, sehingga kita tidak dianggap sebelah mata oleh negara-negara sahabat apalagi negara tetangga kita yang selalu melakukan manuver dalam latihan militer memasuki wilayah udara kita. Jadi saya pikir apapun kebijakan pemerintah hari ini melalui Menteri Pertahanan itulah yang terbaik untuk menjawab kebutuhan kita ke depan," katanya.

(SindoNews)

233 komentar:

  1. Hahahaha , kasian malonsss di Prank Najib dan Rosmah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pasukan gabungan TNI ni osprey mungkin biar mobilitas tinggi

      Hapus
  2. Talking about OSPREY.

    FACT #1,
    Men-han adalah BOSS dari kementrian-pertahanan.

    Men-han adalah Prabowo.

    Prabowo tidak memberikan statement apapun.

    FACT #2,
    DSCA AMERiKA announcement adalah VALiD dan CREDiBLE.

    FACT #3,
    LOR (Letter of Request) official (resmi) dari PEMERiNTAH Republik IndONEsia.

    Simple and CLEAR don't they..?
    Hehehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sepertinya gk jadi. Jokowi perintahkan menhan untuk ngerem belanja alutsista dari luar negri wkwk

      Hapus
    2. Dengan catatan ada alutsista sejenis yang bisa diproduksi dalam negeri. Sekarang pertanyyaannya si kisprey sejenis apa? 😁

      Hapus
    3. Makanya pilih osprey, biar ga beli CN series..πŸ˜πŸ˜‚

      CN series ada jatahnya sendiri ntar..πŸ˜πŸ‘

      Hapus
    4. Ooooooo ini to biang lobsternya 😏

      Narasinya bilang kebutuhan helikopeter, tapi solusinya......loncat ke osprey 😫😫😫

      Pantas saja dimarahi Pak Jokowi ☝️

      Itu perbanyak beli H-225 aka EC-725....bila perlu ditambahi spoonson/belalai utk air refueling, mudeng ora kowe son 😀😀😀

      Hapus
    5. 2 mleyar dollar ki yen diblanjakke produk dalam negri entuk : 20 LPD Makasar class plus 30-an heli H-225M.......iku duite muter neng dalam negri.....kopet 😀😀😀

      Hapus
    6. Hehehee... Sabar pak@hari.

      Inilah beruntungnya negara demokrasi.
      Nampak Transparan yang pro dan kontra.
      Bebas.

      Masih ada proses sebelum pengambilan keputusan-akhir.

      Yang jelas,
      1) Indonesia mampu beli (budget ada)
      2) amerika sudah green-light persetujuan.
      3) kalaupun tidak jadi osprey.... pasti insyaALLOH ada alternatif alutsista LAiN yang TERBAiK.

      Amiin....
      Hehehee...

      Hapus
    7. Iki negara Indonesia mas @IB ...dudu istana hambalang, tur tentara butuh sarana tranaport sing esensial....dudu "KUDA PERSIA" ☝️

      Hapus
    8. Benar Indonesia satu
      Ga jadi osprey... chinook ga masalah, ato 20 bjik bell
      Sing penting MEF terpenuhi
      Yg paling penting sih mnurut ane superiority jet fighter
      Jet tempur bermesin ganda
      Yg bawa rudal sekarung
      Ane ga terlalu ngeh sama f 16
      Soalnya nanti tugas patroli bakal tergantikan MALE UAP

      Tapi ya tergantung pemerintah.... asal jangan berhenti belanja..


      Hapus
    9. Apalah arti kata2 politis,ucapan beliau hanya utk menenangkan publik @jarian

      Hapus
    10. 2 milyar dollar memang sangat banyak & bisa dibelikan berbagai alutsista TNI yg lain ,tapi jangan lupa ,duit segitu sudah sekalian sama paket senjata,sparepart dll ,sangat jarang kemenhan membuat kontrak alutsista dengan paket lengkap ,walaupun harus mengeluarkan uang lebih banyak di awal tapi kedepannya utk urusan suku cadang diharapkan bisa lebih murah & lebih mudah didapatkan, lagipula sistem pembayaran biasanya dilakukan secara multiyears sehingga tdk terlalu memberatkan keuangan negara selain itu pembelian osprey juga kayaknya sarat dgn kepentingan politis indo demi mendapatkan dukungan AS di konflik natuna dgn china.

      Hapus
  3. Osprey ibarat cewek kayak Anya Geraldine dan Pevita Pearce 😱😱😱😱

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Apalah menhan, beliau hanya sbtas pembamtu presden. Lau majikan ndag beri lmpu hijau ya cuma pngin2 tog. Beda lagi pas Mef 1 presden + menhan purnomo seirama, ya terwujud contoh kapal selamt 3 Yang sudah jdi smua itu
      .martadinata class. Tank leopard, 6 su 30 mk2, jet TA 50 KORSEL, Tank Harimau yg kontrak dg turky 2013, dll

      Hapus
    2. Seharusx lanjutan kontrak bact 2 martadinata class, nagapsa class, su 35, jet tengker, cinok, aiwekk, smuax itu Mef tahan 2 kemarin

      Hapus
    3. Presidennya gk paham bos wkwkw

      Hapus
    4. Kenapa sih harus bawa2 su35 mulu ,osprey kan pengadaan utk TNI AD

      Hapus
    5. Paham lah. Khan menhannya bisa kasih gambaran. Satulagi, itulah bedanya menhan asal sipil ketimbang yamg asal militer. Out of the box pemikirannya.

      Hapus
    6. Bukan gak paham.
      ya pengadaannya terlalu mengada2 $2M billion bos..hanya untuk angkut personil aja.
      Kalau di beli yg lain anggarannya :

      Bisa buat beli 5 Kapal selam + terpedo

      Bisa buat beli 1 skadron viper 16 bijik + spare part + rudal

      Bisa buat beli 5 bijik iver.

      Hapus
    7. Lagipula buat apa maksa Su-35? Ancaman terbesar Indonesia sekarang itu RRC. Bandingin kelakuan RRC sama Aussie jaman sekarang lebih parah siapa?

      Mereka itu udah tau semua kelebihan dan kekurangan Su-35, termasuk radar signaturenya, secara mereka udah beli lebih banyak dan udah upgrade fleet Su-35 mereka. Apa bijak beli senjata yang semua kelebihan dan kekurangannya udah dikuasai lawan? Apalagi setelah tau lawan punya versi lebih bagus dari senjata itu dan dalam jumlah yang lebih besar?

      Kalau ada apa2 dengan RRC di masa depan, terutama di Natuna, yang bakal jadi sekutu kita siapa? AS, Aussie, Jepang, Korsel, Taiwan, Singapore, negara2 ASEAN, dst. Mayoritas alutsista mereka dari blok mana? Barat. Bonus RRC ga paham kelebihan dan kekurangan alutsista blok barat sedalam Su-35 dan barang blok timur. Efek deterennya juga bakal lebih gede dibanding Su-35 karena alasan itu.

      Kalo emang kita perlu heavy, double engine fighter, ya yang paling masuk akal beli buatan barat. Ga harus AS, Eropa juga oke. Yang penting jangan barang yang RRC udah pasti bisa counter dengan sangat mudah.

      Hapus
    8. @Tupez 01 ,2 milyar dollar gak cuma osprey tok ,tapi juga sama jaminan suku cadang & paket senjata ,jangan lupa TNI belum pernah mengoperasikan osprey sebelumnya ,program pelatihan pilot & ground crew juga kemungkinan dimasukkan oleh DSCA sbg bagian dari kontrak senilai 2 milyar dollar tsb. (Koreksi bila saya salah)

      Hapus
  5. cuma bisa bilang kasian malon... ga dapet berita sampe bikin berita sendiri, wkwkwk

    BalasHapus
  6. INDON BANGSA TOLOL TOLOL TOLOL 🀣🀣🀣

    RAKYAT MISKIN, TNI SUSAH, MAHU BELI HELI MAHAL, TOLOL 🀣

    BalasHapus
    Balasan

    1. Lah....?

      Budget IndONEsia.
      Militer IndONEsia.
      Marwah & Kedaulatan IndONEsia.

      Kok... malah kamu malaysia yang comel ribut...?
      Lawak berulang-kali malaysia ini...!!!

      Heheheheee...

      Hapus
    2. Wkwkwkwkwkwkwk...kita yg beli kenafa lu yg sewot tong??..wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    3. Tolol..tolol..tolol..
      Kenapa bukan Malay yang beli Osprey..

      Nuri udah lapuk, tapi malah TNI yang beli Osprey...

      Sewa heli aja tak mampu, eeh malah TNI beli osprey.

      Tolol..sunggguh tolol.

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
      Mbwahahahahahaa....

      Hapus
  7. Dulu ada yg bilang viver akan didatangkan Januari 2020, ini mungkin jg hanya 11-12

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang jadi gempoor kadang jadi sikandar.. Malunyer beruk beruk malays kat sini..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘Ž


      πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

      Hapus
    2. Mas ps ganti logo ikiπŸ™„πŸ€”πŸ€­πŸ€­πŸ€­πŸ€­

      Hapus
    3. ☝️ Partai Blandong(tukang potong pohon) Raya 😎😎😎

      Hapus
    4. Lobster apa udang itu mas @PS ?

      Hapus
    5. Iku dudu lobster opo udang ....ning kui maskot "kolo-kolo njengking πŸ¦‚"

      Hapus
    6. Orong-orong kok mas'e...πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
    7. 😁🀣🀣🀭🀭

      Hapus
    8. Yang bilang siapa toh ndar...

      Hapus
  8. Fuuuuuuuuurrrrrr...ada salam dari osprey..wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  9. Ini baru barang fremium fuuuurrr...wkwkwkwkwkwkwkwkwk..gemfur lagi menangis di jamban..meratapi malon yg puasa sampe 2055...wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  10. Bhuahahahaha ada negara tolol kebelinger ngaku2 grade A dikawasan tp SEWA HELIKOPTER ANGKUT PON TAK MAMPU, WHAT' NGAKU2 GRADE A DIKAWASAN TAPI SEWA HELIKOPTER TAK MAMPU????? Malon itu bener TIDAK TAU MALU' mereka saat ini berburu jet pejuang hibah agar bisa punya jet pejuang sebab mau beli pun emang tak mampu lg, yg ane gk habis pikir tu para beruk2 malon mau cari hibah cari jet pejuang milih lg harus f18 hornet, bener lah para beruk malon ntu tololnya sampai ke ubun sehingga rasa malu pon tak punya lg, pantaslah malon tak mampu bina peluru sebab bodohnya emang sudah karatan, pantaslah malon salah potong bina kapal sebab akibat bodohnya yg karatan tak bisa lg membedakan kepantasan πŸ€§πŸ˜œπŸ˜πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  11. Kadang jadi gempoor kadang jadi sikandar.. Malunyer beruk beruk malays kat sini..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘Ž


    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  12. Ker ker ker... Gempoor mana gempoor mana gempoor maaaaanaaaaa... Dimaaaanaaaaa???... Di manaaaa????


    Di jonggoooooll...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Wakkkwaaaaaaw.... Beruk malays semuanya wakwaaaaawww...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ’―πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘Ž


    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  13. Ker ker ker... Gempoor mana gempoor mana gempoor maaaaanaaaaa... Dimaaaanaaaaa???... Di manaaaa????


    Di jonggoooooll...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Wakkkwaaaaaaw.... Beruk malays semuanya wakwaaaaawww...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ’―πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘Ž


    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  14. Kalo kementerian pertahanan dan komisi DPR sudah seirama mungkin ibaratnya persentase kepastian udah lebih dari 50% hehehehe tinggal gocek sana gocek sini supaya bener2 jadi dan clear 😁

    BalasHapus
  15. Kata gua juga mending beruk beruk malays semua gantung diri massal.. Malu woyyyy maluuuuu...

    Pada punya malu keh beruk beruk malays ni...???

    Malays miskin tak punya malu pulak... Mending gantung diri masal je...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘ŽπŸ’―


    Dasar kerajaan monyet miskin tak tahu malu kalian semua..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  16. Kata gua juga mending beruk beruk malays semua gantung diri massal.. Malu woyyyy maluuuuu...

    Pada punya malu keh beruk beruk malays ni...???

    Malays miskin tak punya malu pulak... Mending gantung diri masal je...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘ŽπŸ’―


    Dasar kerajaan monyet miskin tak tahu malu kalian semua..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  17. Kata gua juga mending beruk beruk malays semua gantung diri massal.. Malu woyyyy maluuuuu...

    Pada punya malu keh beruk beruk malays ni...???

    Malays miskin tak punya malu pulak... Mending gantung diri masal je...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘ŽπŸ’―


    Dasar kerajaan monyet miskin tak tahu malu kalian semua..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  18. Kata gua juga mending beruk beruk malays semua gantung diri massal.. Malu woyyyy maluuuuu...

    Pada punya malu keh beruk beruk malays ni...???

    Malays miskin tak punya malu pulak... Mending gantung diri masal je...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘ŽπŸ’―


    Dasar kerajaan monyet miskin tak tahu malu kalian semua..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  19. Kadang jadi gempoor kadang jadi sikandar.. Malunyer beruk beruk malays kat sini..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘Ž


    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  20. Kadang jadi gempoor kadang jadi sikandar.. Malunyer beruk beruk malays kat sini..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘Ž


    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  21. Ker ker ker... Gempoor mana gempoor mana gempoor maaaaanaaaaa... Dimaaaanaaaaa???... Di manaaaa????


    Di jonggoooooll...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Wakkkwaaaaaaw.... Beruk malays semuanya wakwaaaaawww...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ’―πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘Ž


    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  22. semua perlu visi jauh kedepanya,bahkan kepala desa sekalipun bila punya visi yang baik serta didukung oleh politik angaran dan segenap warganya,bukan mustahil akan mencapai pencapaian revolusional.
    bangsa kita besar banyak orang pandai dan berpendidikan tapi akan sulit mencapai pencapain yang spektaculer bila hanya mengandalakan kerja keras semata.
    liat lamanya dan mandeknya perkembangan segala sesuatu akan menjadi jenuh tanpa ada terobosan atau pengembangan yang cerdas,.dalam bahasa jawanya "keluar dari textual(kebiasaan/pikiran lama)".

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan liat hanya dari kaca mata konsumen semata,bila punya visi yang baik maka segala sesuatu dilihat dari peluang kedepan nya.
      jangan juga seperti malon beli A400 engak sesuai kegunaan hanya mengejar prestice agar diliat orang atau dibilang layak menjadi negara hibat.
      segala sesuatu investasi harus selangkah didepan pemikiran orang lainya,maka itu besar kemungkinan keberhasilan dan kesuksesanya.




      Hapus
    2. ah om,pangil aja adek,saya masih muda kok.

      Hapus
    3. Hehehee....
      Pemikiran anda cukup dewasa kok.

      ".....jangan juga seperti malon beli A400 engak sesuai kegunaan hanya mengejar prestice agar diliat orang atau dibilang layak menjadi negara hibat. ....."

      Hapus
  23. Gempoor malu malu monyer rupanyer... Tak nongol sampe tajuk tajuk berikutnya...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘Ž

    Poor gempoor... Kesihan lo poor..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚


    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  24. Balasan
    1. Wkwkwkwkwkwkwkekwk jealous ya lon..wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Tenang tenang poor.. Ini janji gua nih.. Kalo barangnya dah dateng semua.. Gua bakal bikin video di youtube bendera malays sia gua berakin poor... Biar si gempoor tambah tambah panas nanti... πŸ˜ πŸ˜ πŸ˜ πŸ˜ πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

      πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

      Hapus
    3. Nih kaya gini nih..πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ’©

      πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ΅πŸ’πŸ¦

      πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜‚


      Hapus
    4. Fanas fanas.... air cond mana air cond...

      Hapus
  25. Gempoor malu malu monyet rupanyer... Tak nongol sampe tajuk tajuk berikutnya...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘ŽπŸ’πŸ’πŸ’

    Poor gempoor... Kesihan lo poor..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Tawa gempoor mirip emot ini nih sekarang..πŸ΅πŸ΅πŸ΅πŸ΅πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’

    Tapi hatinya geram sangat mirip ini,🦍🦍🦍🦍🦍

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  26. Gempoor malu malu monyet rupanyer... Tak nongol sampe tajuk tajuk berikutnya...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘ŽπŸ’πŸ’πŸ’

    Poor gempoor... Kesihan lo poor..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Tawa gempoor mirip emot ini nih sekarang..πŸ΅πŸ΅πŸ΅πŸ΅πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’

    Tapi hatinya geram sangat mirip ini,🦍🦍🦍🦍🦍

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  27. Gempoor malu malu monyet rupanyer... Tak nongol sampe tajuk tajuk berikutnya...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘ŽπŸ’πŸ’πŸ’

    Poor gempoor... Kesihan lo poor..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Tawa gempoor mirip emot ini nih sekarang..πŸ΅πŸ΅πŸ΅πŸ΅πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’

    Tapi hatinya geram sangat mirip ini,🦍🦍🦍🦍🦍

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  28. Tenang tenang poor.. Ini janji gua nih.. Kalo barangnya dah dateng semua.. Gua bakal bikin video di youtube bendera malays sia gua berakin poor... Biar si gempoor tambah tambah panas nanti... πŸ˜ πŸ˜ πŸ˜ πŸ˜ πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  29. Mimin jahat...kenafa beritanya osprey..mulu..wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk...tar ada genk malon yang kefanasan..wkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwlwkwkwkwlwk

    BalasHapus
  30. Tenang tenang poor.. Ini janji gua nih.. Kalo barangnya dah dateng semua.. Gua bakal bikin video di youtube bendera malays sia gua berakin poor... Biar si gempoor tambah tambah panas nanti... πŸ˜ πŸ˜ πŸ˜ πŸ˜ πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  31. Tenang tenang poor.. Ini janji gua nih.. Kalo barangnya dah dateng semua.. Gua bakal bikin video di youtube bendera malays sia gua berakin poor... Biar si gempoor tambah tambah panas nanti... πŸ˜ πŸ˜ πŸ˜ πŸ˜ πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  32. Min angkat berita pembelian alutsista malon min..(kalo ada)..wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  33. Chinook lg nunggu antrian, osprey lg proses loby,,,,malon sewa pon tak mampu tp ngaku2 grade A, kasian malon tak mampu sewa helikopter angkut dan tak punya jet pejuang duble engine yg boleh terbang, cuman punya 4 unit hawk yg boleh terbang =>>> MALON JATUH MISKIN πŸ€§πŸ˜œπŸ˜πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ni khusus buat gempoor nih...

      Nih kaya gini nih..πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ’©πŸ‘πŸ‘

      πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ΅πŸ’πŸ¦

      πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜‚


      πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

      Hapus
    2. Kenafa boss????jealous y boss????wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
  34. Fuuuuuuuuuurrrr...where are u fuuuuuuuur...ini ada berita osprey lagi fuuuuuuurrrr..wkwkwkwkwkwkwk..salam dari osprey fuuuuurrr....wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  35. Ni khusus buat gempoor nih...

    Nih kaya gini nih..πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ’©πŸ‘πŸ‘

    πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ΅πŸ’πŸ¦

    πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜‚


    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  36. Ni khusus buat gempoor nih...

    Nih kaya gini nih..πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ’©πŸ‘πŸ‘

    πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ΅πŸ’πŸ¦

    πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜‚


    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  37. Ni khusus buat gempoor nih...

    Nih kaya gini nih..πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ’©πŸ‘πŸ‘

    πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ΅πŸ’πŸ¦

    πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜‚


    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  38. Para beruk...keluarlah!!!! Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ni khusus buat gempoor nih...

      Nih kaya gini nih..πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ’©πŸ‘πŸ‘

      πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ΅πŸ’πŸ¦

      πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜‚


      πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

      Hapus
  39. Salam osprey poor...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ’©πŸ”₯πŸ‘

    BalasHapus
  40. Fuuuuuuuuurrrr...ko sembunyi dimana fuuuuuuuuurrrr..wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  41. Ni macam melancap miyabi hakikat only have ayam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ni khusus buat gempoor nih...

      Nih kaya gini nih..πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ’©πŸ‘πŸ‘

      πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ΅πŸ’πŸ¦

      πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜‚


      πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

      Hapus
  42. Kalau helikopter angkut medium indonesia tak perlu lg import karena mampu bina sendiri, lon kalau emang butuh helikopter angkut medium boleh kok ngemis2 ke pt.di agar boleh hutang 25 tahun tp bunganya 50%,,,kalau mau silahkan datang ke pt.di πŸ€§πŸ˜œπŸ˜πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  43. Indon tri sila apa nak harap?mundur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ni khusus buat gempoor nih...

      Nih kaya gini nih..πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ’©πŸ‘πŸ‘

      πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ΅πŸ’πŸ¦

      πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜‚


      πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

      Hapus
    2. Koe ngomong opo toh??wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    3. Fanas ya lon. Mandi dulu sana.

      Hapus
  44. Procurement kali Ini adalah tindak lanjut dari persiapan pengambil alihan hak hak Indonesia di tanah Kalimantan. Pertama kuasai choking point Natuna dan Lautnya, kemudian putus arul laut logistik semenanjung dan kalimantan. Lakukan kegiatan kegiatan provokasi semisal latihan gabungan, buat mereka melakukan triger dahulu. Lalu kemudian aneksasi territorial. Dan terakhir pengerahan kekuatan tempur.

    Sapras Antara lain Pangkalan Terpadu, pemindahan Ibukota dan penguatan infrastruktur masif diperbatasan. Target perkiraan 10-15 tahun kelar...

    Gak sabar tunggu saat saat menentukan itu...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Ingat ingat doktrin pertahanan kita sudah berubah lo. Dari sebelumnya Defensif Murni menjadi Preemtive strike. Makanya butuh perluasan lahan baru di kalimantan Utara untuk buffer zone lawan Sonora yg sebenarnya.. Indonesia gak bisa mengandalkan Malays lembik untuk melawan the real Sonora di LCS..

    Salah satu cara ampuh memudahkan pengambil alihan Serawak sabah adalah mendukung segala kegiatan masyarakat lokal SSKM, sebagai salah satu Anggota Tetap DK PBB indonesia harus bisa mengambil inisiatif dan improvisasi segala hal yang mendukung kegiatan mereka.. Mengambil hati rakyat yang Pro SSKM harus segera di lakukan yg berfungsi untuk mendukung persiapan awal dari pwngambil alihan kawasan ini...

    Hal ini penting dilakukan dimasa datang guna mempersiapkan perlawanan hegemoni Raksasa Naga.

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  45. Fuuuuuuurr....aku sudah habis menyan 1kg nih fuuuuur...kenafa ko tak keluar2 fuuuuuuurrr...wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ni khusus buat gempoor nih...

      Nih kaya gini nih..πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ’©πŸ‘πŸ‘

      πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ΅πŸ’πŸ¦

      πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜‚


      πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

      Hapus
  46. Kata gua juga mending beruk beruk malays semua gantung diri massal.. Malu woyyyy maluuuuu...

    Pada punya malu keh beruk beruk malays ni...???

    Malays miskin tak punya malu pulak... Mending gantung diri masal je...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘ŽπŸ’―


    Dasar kerajaan monyet miskin tak tahu malu kalian semua..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  47. Warga keberatan rapid test harus bayar...kih..kih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ker ker ker... Gempoor mana gempoor mana gempoor maaaaanaaaaa... Dimaaaanaaaaa???... Di manaaaa????


      Di jonggoooooll...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Wakkkwaaaaaaw.... Beruk malays semuanya wakwaaaaawww...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ’―πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘Ž


      πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

      Hapus
  48. Ker ker ker... Gempoor mana gempoor mana gempoor maaaaanaaaaa... Dimaaaanaaaaa???... Di manaaaa????


    Di jonggoooooll...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Wakkkwaaaaaaw.... Beruk malays semuanya wakwaaaaawww...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ’―πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘Ž


    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  49. Ni khusus buat gempoor nih...

    Nih kaya gini nih..πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ’©πŸ‘πŸ‘

    πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ΅πŸ’πŸ¦

    πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜‚


    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  50. Wooooooooyyyy...beruk!!!keluar ko!!!!wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  51. Tenang tenang poor.. Ini janji gua nih.. Kalo barangnya dah dateng semua.. Gua bakal bikin video di youtube bendera malays sia gua berakin poor... Biar si gempoor tambah tambah panas nanti... πŸ˜ πŸ˜ πŸ˜ πŸ˜ πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  52. Indon berjaya print gambar osprey ngan miyabi kat warnet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake akun Gempoor dong beruk!!!

      πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ’©πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Knfa boss???iri y boss..wkwkwkwkwkwkwkwlwkwkwkwkwkwk

      Hapus
  53. Gempoor malu malu monyet rupanyer... Tak nongol sampe tajuk tajuk berikutnya...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘ŽπŸ’πŸ’πŸ’

    Poor gempoor... Kesihan lo poor..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Tawa gempoor mirip emot ini nih sekarang..πŸ΅πŸ΅πŸ΅πŸ΅πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’

    Tapi hatinya geram sangat mirip ini,🦍🦍🦍🦍🦍

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  54. Balasan
    1. Pake akun gempoor dong berukkk!!!πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ’©πŸ’πŸ΅πŸ¦πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  55. Ini blog isinya komentar-komentar saling bully dan caci maki. Sangat tidak berkelas sekali. Kekanak kanakan. Seharusnya, kita bisa saling bertukar informasi tentang Alutsista. Kasihan banyak newbie yang ingin mendapat ilmu, tapi malah mendapat sampah di kolom komentar. Gak ada manfaatnya sama sekali. Kalau yang seperti ini saja sikap kalian masih Kekanak kanakan, kapan sikap kalian menjadi dewasa. Harusnya punya pemikiran visioner ke depan. Tirulah channel channel militer berkualitas yang anggotanya saling bertukar informasi tentang teknologi. Itu baru channel militer berkelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakkkk.. Lo gak tau ngoceh aja lo...😁😁

      Hapus
    2. Ya gampang aja, tinggal pindah web/blog lain, beres.

      Kalo situ masih datang kemari, padahal dibilang ga berkelas, artinya situ emang butuh. πŸ˜πŸ˜‚

      Blog ini bebas bicara apapun, lha wong adminnya aja santuy, ngapain situ yang baper.

      😁

      Hapus
    3. πŸ˜‡Ibarat kata pepatah yo mase @PSTS......"Ambune koyo.peceren, ning rasane koyo duren (legit nan menggigit πŸ‘™)" πŸ€—

      Hapus
  56. Indon RENCANA makan sembako kah kah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake akun gempoor dong ruk..!!!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  57. Gempoor malu malu monyet rupanyer... Tak nongol sampe tajuk tajuk berikutnya...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘ŽπŸ’πŸ’πŸ’

    Poor gempoor... Kesihan lo poor..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Tawa gempoor mirip emot ini nih sekarang..πŸ΅πŸ΅πŸ΅πŸ΅πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’

    Tapi hatinya geram sangat mirip ini,🦍🦍🦍🦍🦍

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
  58. Indon supir truck demo tolak bayar rapid test masuk bali kah kab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempoor malu malu monyet rupanyer... Tak nongol sampe tajuk tajuk berikutnya...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘ŽπŸ’πŸ’πŸ’

      Poor gempoor... Kesihan lo poor..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Tawa gempoor mirip emot ini nih sekarang..πŸ΅πŸ΅πŸ΅πŸ΅πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’

      Tapi hatinya geram sangat mirip ini,🦍🦍🦍🦍🦍

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

      Hapus
    2. Ini curiga daruw agen cendana itu wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk...ruw nasi bungkusnya udah dapet belum???wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    3. Si gempoor orang malon asli itu.. Tenang aja.. Bantai aja kalau ada dia.. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  59. Mohon senyap senyap je, takut tetangga sebelah yg miskin tolol bangkraps iri dengki jealous jantungan lalu mati


    🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  60. Indon RENCANA pakai s2luar dalam kah kah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempoor malu malu monyet rupanyer... Tak nongol sampe tajuk tajuk berikutnya...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‘ŽπŸ’πŸ’πŸ’

      Poor gempoor... Kesihan lo poor..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Tawa gempoor mirip emot ini nih sekarang..πŸ΅πŸ΅πŸ΅πŸ΅πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’

      Tapi hatinya geram sangat mirip ini,🦍🦍🦍🦍🦍

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

      Hapus
    2. Knafa lon????fanas??? Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwlwkwkwkwkwk

      Hapus
  61. Pake akun Gempoor dong beruk!!!

    πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ’©πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  62. Kami senang geng malon yg tolol ada di sini , karena kalau tak ada geng malon yg muncul adalah geng swandaru antek HTI
    tiada hari tanpa bully malon yg miskin bangkraps idiot jealous...jangan kemana2 ya lon. 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  63. Pake akun Gempoor dong beruk!!!

    πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ’©πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  64. Pengecutnya malays kami se Asean tahu lah..😁😁😁😁

    BalasHapus
  65. Kepada menteri Corona sembako Opm Gempurgila silakan di permulakan hoax nya


    🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  66. Ingat Indonesia Ingat Osprey
    Ingat Bangla Ingat Apache


    Ingat Malasial Ingat SEWA


    Kah kah kah kah 🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  67. Akan nya indonesia adalah Osprey

    Akan nya Malasial adalah CESSNA Tempur

    Jauh Bagai Bumi dan langit, bagai si kaya dan si miskin. Kah kah kah kah 🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  68. Malon idiot tak sadar kita perkuat otot militer untuk tumpuk kekuatan di kalimamtan ibu kota baru, dan kalimamtan seluruhnya termasuk sabah dan serawak harus masuk kontrol indonesia, Ganyang dan Dwikora jilid II ... cukup 1 hari je lah



    Kah kah kah kah 🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  69. Ooooooo ini to biang lobsternya 😏

    Narasinya bilang kebutuhan helikopeter, tapi solusinya......osprey 😫😫😫

    Pantas saja dimarahi Pak Jokowi ☝️

    Itu perbanyak beli H-225 aka EC-725....bila perlu ditambahi spoonson/belalai utk air refueling, mudeng ora kowe son 😀😀😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. 2 mleyar dollar ki yen diblanjakke produk dalam negri entuk : 20 LPD Makasar class plus 30-an heli H-225M.......iku duite muter neng dalam negri.....son 😀😀😀

      Hapus
    3. Hehehee... Sabar pak.

      Inilah beruntungnya negara demokrasi.
      Nampak Transparan yang pro dan kontra.
      Bebas.

      Masih ada proses sebelum pengmbilan keputusan-akhir.

      Yang jelas,
      1) Indonesia mampu beli (budget ada)
      2) amerika sudah green-light persetujuan.
      3) kalaupun tidak jadi osprey.... pasti insyaALLOH ada alternatif alutsista LAiN yang TERBAiK.

      Amiin....
      Hehehee...

      Hapus
  70. Lon susah keh nerima realiti???? Miskin tu sakitnya di dubor keh lon??? πŸ€§πŸ˜œπŸ˜πŸ˜‚πŸ˜‚
    Sudah saatnya malon tu sadar dr mimpi2 tololnya dan terima realiti, coba pikir pakai otak yg bener apa lg yg diharap dr realiti keadaan malon saat ini' mau bayar bunga hutang pon harus ngutang lg, mental rakyat malon itu sudah rusak karena taunya berharap dr subsidi pemerintah sehingga kerja pon malas' saat keadaan negara seperti apa yg mau diharap??? Kepakaran tak punya sehingga membuat alat militer yg ada jd barang rongsokan sebelum waktunya pensiun, mau pengadaan alat militer baru pun tak mampu lg karena tak punya budget' mau ngutang beli alatan militer negara produsen alatan militer pun ragu kasih utang disebabkan utang malon yg mencapai 87% dr PDB,,,bukan cakap bual para pakar katakan malon ntu boleh shoping2 20 tahun lg itu pon kalau malon bener2 mau merubah tabiat pemerintahnya yg hoby rasuah bejemaah, merubah tabiat rakyatnya yg pemalas yg taunya berharap subsidi, merubah rakyatnya bener2 serius dalam proses pendidikan agar boleh punya kepakaran untuk bener2 bisa memulai untuk mandiri bukan pura2 bisa berusaha mandiri ujungnya malah salah potong, kalau malon tidak merubah tabiat buruknya aku ramalkan paling lama 4 - 5 tahun lg malon bubar,,,kasian rakyat beruk malon tak mampu terima realiti πŸ€§πŸ˜œπŸ˜πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melon Macam mana berfikir pake otak...otaknya aja ga ada πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  71. Sebenarnya aneh jg sih kenapa harus osprey, kalau dana osprey itu dialihkan agar bisa nambah unit chinook kan bisa jd lumayan banyak unit chinook indonesia' ini efek terlalu banyak sales2 goib dibelakang wowo yg taunya ngejar fee tanpa pikir panjang manfaatnya apa, aku rasa indonesia belum bener2 butuh untuk osprey ini, kalau chinook indonesia emang sangat membutuhkannya dengan jumlah unit yg besar karena indonesia memilik 5 pulau besar yg membutuhkan heli angkut berat yg banyak agar kebutuhan heli angkut berat tiap pulau besar indonesia terpenuhi, nambah unit chinook kan jg bisa dapat fee terus kenapa harus osprey???? Osprey ini bukan harganya saja yg mahal tp perawatannya jg mahal, pola pikirnya gimana ya kok jd milih beli osprey dan bukannya nambah unit chinook, ada yg bisa jelaskan???? πŸ€”πŸ§πŸ§

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4 sampai 5 tahun lagi, genk beruk malon yang cari kerja haram ke luar negara.

      Seperti sudah nampak saat sekarang ini, banyak beruk beruk pribumi malassial yang cari kerja di singapore, seol korea, dan sudah ada pula yg cari kerja di indonesia tapi semua kalah bersaing dengan tenaga kerja indonesia.
      Ada pula sebagian yg jadi mengedar dadah, rampok, dan menjadi lanun di indonesia

      Hapus
  72. Baca berita ini, pasti genk beruk asal malassial panas dan dengki.

    Kesian, tapi aku senang liat genk beruk malon panas

    🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  73. Bingung cara mikirnya gimana, osprey = 68 jt dolar, chinook = 30 jt dolar,,,seharusnya mikirnya kwantitas kebutuhan dan perawatan yg lebih mudah bukannya asal pilih 🀦‍♂️πŸ˜”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya 8 unit osprey bisa 16 unit chinook nambah, pantaslah pak de kolestrolnya naik belakangan ini' untuk apa beli osprey yg harganya mahal dan perawatannya ribet??? Ni siapa yg bisikin si wowo, pentungin aja kepalanya pakai palu πŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨

      Hapus
    2. Ane juga awalnya sedikit kolestrol naik baca berita itu tulang.

      Tapi biarlah, karena mereka pun sudah memikirkan baik buruknya.

      Ane sih senang senang aja πŸ€£πŸ‘πŸ½πŸ’ͺ

      Hapus
    3. Apa mungkin syarat untuk boleh datangin su35 indonesia harus beli osprey 8 unit dan 32 unit f16v???? Harga 8 unit osprey itu 20 unit su35, 32 f16v itu emang sudah rencana awal untuk gantiin hawk' pemulusnya/pelicin agar su35 boleh datang ya osprey ini, aku sempat baca artikel bahwa us, perancis dan rusia sepakat memberi india lampu hijau untuk mempercepat kedatangan alutsista pesanannya jenis apa pun karena ketegangan yg berujung bentrok dengan china diperbatasan, apa mungkin indonesia jg bernasib sama disebabkan sengketa batas laut natuna dengan china di lcs πŸ€”πŸ§πŸ§

      Hapus
    4. Bisa jadi tulang.
      Dengan adanya konflik dengan chinese di LCS maupun perbatasan india, dagangan alutsista mereka menjadi laku.

      Fulus fulus akan mengalir ke kantong kantong mereka.

      Indonesia di izinkan beli senjata gahar dari rusia tanpa CATSA.
      dengan syarat indonesia harus beli senjata USA dengan nilai minimal 3x lipat harga senjata yang dibeli dari rusia.

      Mungkin karena itu pula prabowo sempat tertarik membeli pesawat rafale prancis

      Hapus
    5. Sisi baiknya.

      Indonesia memiliki persenjataan yang lengkap dan gahar. Gado2 dari blok timur dan barat.

      Su35
      F16V
      Rafale
      Osprey
      Apache
      MI35 Hind
      Chinook
      Amram
      Nasam
      Bastion P
      Yakhont
      Dlll

      Hapus
    6. aku rasa indonesia belum bener2 butuh untuk osprey ini, kalau chinook indonesia emang sangat membutuhkannya dengan jumlah unit yg besar...

      Setuju (Kalau aku lebih setuju dengan Chinook) ... Tapi pembelian itu sekalian dengan mesin 20 unit ga salah...nah bisa belajar bikin dari n 219...sorry ini hanya pendapat pribadi aja

      Hapus
  74. BLAH BLAH BLAH πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
    Balasan
    1. πŸ–•πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ–•

      Malon tak bisa cakap lagi πŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘Ž

      Hapus
  75. kita jugak dukung...

    suara rakyat ini....

    SALAM 8 Osprey uhuyy SUPERIOR...haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³


    Jom salam shopping soping tim elit 3 MATRA tempur se ASEAN: Vietnam, Myanmar, Singapur, Indonesia, Thailand dan Filipina, Xlalu shoping bersama okeh oceh πŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ




    πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

    JAKARTA - Rencana Pemerintah Indonesia membeli delapan unit pesawat militer jenis MV-22 Block C Osprey dari Amerika Serikat (AS) dinilai untuk menjawab tuntutan kebutuhan alat utama sistem persenjataan (Alutsista). Maka itu, anggota Komisi I DPR Yan Permenas Mandenas mendukungnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha DPRnya aja mendukung kok, sekjennya sungkan ngakuin ya oom..

      πŸ˜‚

      Hapus
    2. coba perhatikan gerak gerik kudanya menhan om, itulohh kuda nil haha!🀭🀭🀭

      akhir2 ini keknya sumringah bgt, pertanda SEMUANYA POSITIP

      JOM SULTAN LANJUT SHOPPING SOPING haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

      Hapus
    3. Kalau menurutku sih kalau emang murni menjawab tuntutan kebutuhan alutsista pasti kwantitasnya diperhatikan jg dong, lebih efektif mana kwantitasnya dengan harga 8 unit osprey bisa beli 16 unit chinook??? Kalau alasannya beli osprey itu bisa masuk akal ya pasti didukung penuha. πŸ€”πŸ§

      Hapus
  76. Pelancar mamarika buat su 35 rusia

    BalasHapus
  77. Kl menurut saya antara Presiden SBY-Jokowi berbeda visi pertahanan dgn Menhan yg sekarang. Bukankah pernyataan Menhan yg menginginkan Gowind, Scorpen dan Rafale adalah bentuk dr ketidak setujuannya thd proyek Martadinata class, Changbogo dan IFX? Krn Menhan sekarang visinya seperti presiden Soekarno yg cenderung mau instant, prestise vs Visi SBY-Jokowi yg maunya alon2 asal kelakon, yg penting mandiri. Saya tdk mau menilai visi mana yg benar, yg jelas pemerintahan skrg sedang tidak seirama dlm visi pertahan negara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. POKONYA OSPREY dapet ijin, teng...kita BAYAR, JOM SHOPPING SOPING haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

      gak usa REFOT2 cem sebelah...delay, last last kensel...haha!πŸ€₯πŸ€₯πŸ€₯

      Hapus
  78. INDON TOLOL, BANGSA BUDAK, MISKIN 🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, terimakasih atas kritiknya.

      Hapus
    2. Malondog goblok, bangsa homo, gembel
      🀭🀭🀭

      Hapus
  79. inget gak imej OSPREY livery tni-ad yg sangat djelas, pas muncul dulu gaesz,
    sempet terjadi gosip sana-sini yg "CHUKUP" mendalam haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—

    padahal seblomnya malah ada heli laen cuman pake bendera kita doank...tp dianggap angin laluw

    πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

    https://www.bellflight.com/products/bell-boeing-v-22/idn?fbclid=IwAR0LfGl9qldegsXnz_ULQ6Hlb591pyFZ44a75jD_su1NeUNNIod1oP3FLqk


    dulu sempet guwe tulis, sbenernya kita rada pasif ama alusista amrik. bukan afa2 gaesz.
    kalo kita yg minta duluan rata2 ditolak haha!🀭🀭🀭

    apalagi soal barang pertalite eh premium haha!🀣🀣🀣

    dari hasil analisa guwe kalo pemerintah amrik nawarin pertama, uda dech lgs buru2 samber dach tuw barang,
    kalo gak, dipastikan lewat lagi dan mulai dari nol.

    kemudahan yg kita dapat, contohnya masanya "ANAK MENTENG" berkuasa.
    minta barang PREMIUM cem APACHE, HELLFIRE dll adalah hal yg super sulit, apalagi dijaman embargo.

    banyak contoh kasus embargo amrik, tak hanya dikita. pakistan, turki bahkan isroil pon.
    mrk suka borong barang amrik duluan buat jangka waktuw panjang. kalo terjadi "sesuatuw" dlm geopolitik duniya, mrk uda siyap.

    jadi inget yak..kalo keran amrik dibuka sikat ampe polll...
    kalo keran amrik ditutup,
    JOM mari SHOPPING SOPING KE RUSKIYAH ame toko KOKOH PANDA, tentuw pake SAWITLAH haha!🌴🌴🌴

    BalasHapus
  80. KASIHAN.... RINTIHAN yang sangat MENDALAM...
    Tapi sayang KEMHAN takde pun minta Osprey...wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau negara kau hobi sewa ya 🀭🀭🀭

      Hapus
  81. OSPREY kirim SALAM....wkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  82. SUara RAKYAT mereka mahu SEMBAKO.... takan masih tak nampak.... ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau rakyat malon ngemis ya 🀭🀭🀭

      Hapus
  83. Kasihan.... Dah kata US Klaim sepihak... Geng INDON masih lagi tak boleh MOVE ON.... Wkwkwkwkwkwkwkw

    dari korang bising pasal OSPREY baik korang bagi bantuan SEMBAKO ke banyak kawasan di INDON yang belum dapat bantuan MAKANAN...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting nggak kayak malondog hobi sewa 🀭🀭🀭

      Hapus
  84. Aku gelak je pasal OSPREY ni....wkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita lebih ngakak lihat kelakuan kau
      🀭🀭🀭

      Hapus
  85. Belum ada rakyat indonesia teriak2 karena kelaparan karena rakyat indonesia itu pekerja keras' selama kita masih mau berfikir selalu siap untuk kerja apa pun gk bakal kelaparan, lha malon rakyat pinggirannya teriak2 kelaparan karena efek malasnya yg sudah terbiasa di subsidi, tiba2 situasi seperti saat ini bingung karena gk ngerti kerja dan cari duit,,,pur terima realiti ya meski realiti jatuh miskin itu menyakitkan sehingga nak sewa helikopter angkut pon tak mampu lg πŸ€§πŸ˜πŸ˜œπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. mereka memang tak teriak bro pasal mereka bakar kantor terus....

      Warga Bakar Kantor Desa Gegara Kecewa BLT Tak Tepat Sasaran

      Kantor Desa Air Batu, Kecamatan Sungai Manau, Kabupaten Merangin, Jambi dirusak dan dibakar warga yang kecewa pembagian bantuan langsung tunai (BLT) tak tepat sasaran. Bupati Merangin, Alharis, akan menindaklanjuti persoalan tersebut.
      "Kita akan menindaklanjuti persoalan ini, tentu semua ada solusinya, jika ada warga yang merasa tak terima BLT ya ada solusinya. Tetapi tidak dengan cara merusak kantor desa maupun membakarnya," kata Haris kepada wartawan, Kamis (21/5/2020).


      linknya
      https://news.detik.com/berita/d-5024242/warga-bakar-kantor-desa-gegara-kecewa-blt-tak-tepat-sasaran

      Hapus
    2. ada lagi... mereka tak teriak..mereka rusuh terus...wkwkwkwkwk


      Massa Bakar Mobil dan Motor gara-gara Rusuh Bansos di Mandailing Natal

      Sekelompok massa membakar sejumlah sepeda motor dan mobil di Desa Mompang Julu, Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Senin, 29 Juni 2020.

      Kericuhan yang berbuntut perusakan hingga pembakaran kendaraan bermotor itu menyusul aksi unjuk rasa warga setempat yang menuntut kepala desa mereka mengundurkan diri. Massa mencurigai sang kepala desa tidak transparan dalam membagikan bantuan sosial tunai (BST).

      Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Sumatera Utara Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, ?kepada wartawan di Medan, Senin malam, mengatakan ada sejumlah personil kepolisian mengalami luka ringan dalam kejadian itu.

      "Mereka (massa) minta kepala desa mengundurkan diri. Tuntutan warga berkaitan degan BST. Beberapa warga yang belum dapat BST. Cuma keributan berkaitan dengan BST," kata Tatan.


      linknya
      https://www.vivanews.com/berita/nasional/54333-massa-bakar-mobil-dan-motor-gara-gara-rusuh-bansos-di-mandailing-natal?medium=autonext

      Hapus
  86. Kemhan Bantah Berencana Beli Pesawat Osprey Rp28,8 T Milik AS


    kasihan move on je le.... KASIHAN aku tengok dah macam MEROYAN... Maklumlah MALU diketawakan negara JIRAN rupanya mereka kena PRANK oelh US..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo semangat pur jangan kasih kendor tunjukan kalau kamu jago lawak 🀭🀭🀭

      Hapus
  87. Terkesima dg si Osprey.. coba lihat dg jeli juga out of the box di balik osprey yg SDH ok boleh di beli itu apa? Ada apa dg osprey? Bagaimana dg request AD utk utilitas helicopters (small-medium-heavy) juga assault komposit strike helikopter nya. Dg budget khusus AD saja sebetulnya puluhan item impian para komandan satuan di AD akan terwujud 1-2tahun kedepannya. Yah intrik politik dan ekonomi bermain dg seru juga . Kita lihat apa yg sdg di mainkan AS dg "OSPREY"

    BalasHapus
  88. nah hingga BAKU HANTAM.... siapa kata rakyat INDON tidak teriak teriak....



    Kisruh Bansos, Bantuan Salah Sasaran Hingga Baku Hantam Ketua RT dan Warga karena Salah Paham


    Bantuan sosial dan pembagian sembako menjadi warna lain selama pandemi corona.

    Banyak warga jatuh miskin dan korban PHK akibat roda ekonomi tersendat kasus covid-19.

    Nah, terkait pembagian sembako dan bansos baik oleh pemerintah maupun pemerintah pusat, selain diwarnai berita salah sasaran, penyunatan, bahkan hingga baku hantam.



    Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Kisruh Bansos, Bantuan Salah Sasaran Hingga Baku Hantam Ketua RT dan Warga karena Salah Paham, https://wartakota.tribunnews.com/2020/04/22/kisruh-bansos-bantuan-salah-sasaran-hingga-baku-hantam-ketua-rt-dan-warga-karena-salah-paham?page=all.

    Editor: Wito Karyono

    BalasHapus
  89. Penyaluran Sembako di Medan Berakhir Ricuh

    Penyaluran sembako bantuan pemerintah kepada warga terdampak wabah corona (Covid-19) di Kantor Kelurahan Kenangan Baru Jalan Cicak Rawa kawasan Perumnas Mandala, Kecamatan Percut Sei Tuan, Sumatera Utara (Sumut), akhirnya ricuh, Senin (20/4/2020).

    Kericuhan ini terjadi karena masih banyak warga yang merasa dari keluarga tidak mampu dan bukan bagian dari pendamping keluarga harapan (PKH), tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sembako. Bantuan yang disalurkan itu meliputi beras, telur maupun lainnya.

    "Kami sudah membawa kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP) sebagai persyaratan, tetapi mereka tidak mau membagi bantuan sembako. Saya warga Walet 6 Perumnas Mandala," ujar seorang warga, Elina Lase (38).

    Menurutnya, pembagian sembako bantuan pemerintah itu tidak adil karena dilakukan secara tidak merata. Pendataan oleh pihak lingkungan pun dianggap tidak jelas. Sehingga, warga mencurigai kepala lingkungan melakukan diskriminasi.


    linknya
    https://www.beritasatu.com/nasional/622903-penyaluran-sembako-di-medan-berakhir-ricuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat biasa ajah 🀭🀭🀭

      Hapus
    2. ohhhh biasa... ini menunjukkan Rakyat di sana memang biasa TERABAI la kan....

      Hapus
  90. itu yang kamu kata belum ada rakyat indonesia teriak2 karena kelaparan...apa kamu buta...???

    BalasHapus
  91. Emang di negara kamu kaya semua ??? Pikir pakai otak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami tak KAYA tapi Kerajaan KAMI JAGA RAKYATNYA DENGAN BAIK dan menjaga kebajikan warganya....

      dengki le tu.... wkwkkwkwkwkkw

      Hapus
    2. Masak itu kata loe. Ngapain dengki sama negara beruk 🀭🀭🀭

      Hapus
    3. saya dengki dengan negara BERUK...??? aneh....

      Hapus
    4. Lu yang aneh 🀭🀭🀭

      Hapus
  92. Nak tanya Osprey yang di Order INDON tu VERSI HALIMUNAN ya... mungkin sama jenis dengan Su-35... wkwkwkwkwkw

    Pasal hingga kini Su-35 INDON tak nampak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih halimun pesawat gen 6 buatan malon
      🀭🀭🀭

      Hapus
  93. Donny bahkan menyebut tidak menutup kemungkinan rencana pembelian itu hanya klaim dari AS.

    "Mungkin bisa seperti itu ya, saya belum tahu, tapi intinya kita belum ada mengarah ke pembelian ke sana," ujarnya.

    BalasHapus
  94. tapi pak jokowi bilang belinya di pt di, pt pal ataw pindad.

    BalasHapus