03 Juli 2021

Malaysia to Set Up HQ Naval Region 4

03 Juli 2021

Headquarter Naval Region 1 to 4 (image : NST)

MALAYSIA has affirmed its status as a "maritime nation" in the 2019 Defence White Paper (DWP). Keeping this in mind, there is a convincing need for the Royal Malaysian Navy (RMN) to constantly construct its navy towards becoming a more resilient and forceful fleet.

Therefore, there is an urgent need for the government to inaugurate the Headquarters (HQ) Naval Region 4 in Bintulu, Sarawak, also referred to as Markas Wilayah Laut 4 (MAWILLA 4).

At the moment, the Sarawak coast and its Economic Exclusive Zone is overseen by HQ Eastern Fleet in Kota Kinabalu, Sabah.

With the length of the Sabah and Sarawak coastlines recorded at 1,743km and 1,035km, respectively, the navy is expected to face challenges in allocation of assets and personnel between these two points of contact.

A country that has extensive coastlines and access to sea but limited ports, harbour and base will lead to poor accessibility and response time during a crisis, exposing it to external threats.

Currently, RMN has five main naval bases at important maritime flashpoints.

HQ Western Fleet in Lumut, Perak, manages Peninsular Malaysia and HQ Eastern Fleet manages East Malaysia.

HQ Western Fleet and the HQ Naval Region 3 (MAWILLA 3) in Langkawi, Kedah, watch over the west of the peninsula, which is connected to the Bay of Bengal and Andaman sea, a hotspot for illegal seaborne threats, smuggling and trafficking activities. It also looks out over the Malacca Straits, the busiest international trading route.

HQ Naval Region 1 (MAWILLA 1) is located in Kuantan, Pahang, and shields the east coast of the peninsula, a common area for foreign fishermen encroachments.

HQ Eastern Fleet is cardinal to guard Malaysia's maritime interest in the South China Sea (SCS) and the HQ Naval Region 2 (MAWILLA 2) is pivotal for Sandakan to oversee the Sulu Sea. It also keeps an eye on the Celebes Sea in Indonesia.

With the construction of MAWILLA 4, the RMN can beef up its readiness to protect the nation's maritime interest in SCS. Beting Patinggi Ali (BPA) is a point to stress, a frequent area for China's maritime incursions. Its recent air intrusion demonstrates the challenges faced by RMN.

At the moment, RMN has a continuous presence in BPA and Spratly Islands. Setting up base will reduce the overstretched logistical support from Sabah to oversee these areas. Moreover, the physical existence of MAWILLA 4 will deny China's effort to persistently seek to the alter status quo there.

Although Indonesia adheres to its non-claimant status in SCS, the Badan Keamanan Laut Republik Indonesia, or Bakamla, has beefed up its efforts to prevent Chinese intrusions in the Natuna Islands, close to Sarawak waters. In this sense, MAWILLA 4 can better support the RMN in the area.

MAWILLA 4 can also be a supporting ground for economic activities. Geological provinces of Sarawak, namely West Baram Delta, Balingian, Central Luconia, Tinjar, Tatau, West Luconia, and North Luconia have fish stocks and hydrocarbons.

Oil and gas is abundant there. In enhanced oil recovery projects, predominant companies have invested heavily in Sabah and Sarawak, and the profit it can generate is enormous.

In 2019, Petronas paid RM2.95 billion in sales tax back to Sarawak, a five per cent profit from a total RM59 billion income generated from the state's oil production.

Hence, the RMN plays a significant role in ensuring security of the area and providing support for accessibility and continuity of offshore projects. It is worth noting that in many cities and towns, military bases serve as a driver for the local economy.

For these reasons, the MAWILLA 4 project must begin promptly. This base will affirm our claims in SCS, provide security assurance to the local maritime community and impact the socioeconomy of Bintulu positively in the long run.

(NST)

208 komentar:

  1. Balasan
    1. Mohd Adam Muhammad Farhan x cukup bajet. Leasing lebih jimat, tak payah ada staf maintanance, spare part x payah fikir. Tapi kereta Menteri semua tukar 5 tahun sekali.

      Hapus
    2. Btw baj*ngan kali malon berani relesed poto ambalat dimasukin wilayah mereka,
      Mau dirudal lu punya lcs ompong?

      Hapus
    3. Negara maritim? Lawak jerr

      Pulau hasil curi dari indonesia & philipine

      Hapus
    4. Ambalat jelas punya indonesia,
      Kalian itu udh alutsista ompong masih sok jaguh,
      Udh jelas garis perbatasan dari pulau sebatik membujur lurus ketimur,
      Gk ada ceritanya blok ambalat masuk wilayah kau,
      Tldm saja kencing berdiri kalau disuruh masuk ambalat.
      Bisa disembelih marinir kalian.

      Hapus
    5. Provokasi macam begini yg bikin tetangga kalian muak pada kalian beruk semenanjung,
      Faktanya di perairan ambalat membentang dari mercusuar kearah timur sampai 200 mil keutara sejak bertahun lalu gk pernah tldm berani masuk karena dijaga ketat marinir, dikawal korvet dan patroli berbagai unsur,
      Tapi yaa begitu kelakuan beruk semenanjung, main masukkan wilayah yg bukan haknya dijaga ketat marinir indonesia seakan itu wilayah mereka.
      Bodoh sangat.

      Hapus
    6. Terakhir kali berani masuk ambalat kapal malon rusak dilambung disruduk "parchim tua"
      Dan kapal patrolinya lari ketakutan hampir digranat marinir indonesia.
      Sejak itu nelayan yg nakal langsung ditenggelamkan, dan beruk nggak punya nyali menampakan batang hidungnya sampai sekarang.

      Hapus
  2. Malon claim sbg negara maritim tapi LST,LPD,frigate terbaharu,marine corps,tank amphibi,pesawat MPA dan helikopter ASW je pun tak ada...malon memang lawak dan suka berhalusinasi wkwkwk

    BalasHapus
  3. Titik kecil Natuna membelah 2 negara malon
    😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indon tak terbelah dah dikuasai cina pon kah kah

      Hapus
    2. Beting Patinggi Ali lah tuch sudah dikuasain Cina.. kah kah kah..

      Hapus
    3. Lon Malon dibelah sama Brunei pun kah kah .. sebentar lagi Sabah Milik Philipine .. πŸ€”πŸ€”

      Hapus
  4. Angkat beritanya min yaitu KAL SARUDIK dan KAL pandang sudah secara RESMI diserahkan KASAL Kepada TNI AL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk usah diangkat bro nanti ada yg kepanasan dan koyak bisa2 nanti yg koyak dan panas itu bawa2 pasal covid,hutang,OPM,kapal bekamla sangkin koyak dan panasnya πŸ€£πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    2. Jgn diangkat berat

      Hapus
  5. MAWILLA 4 guna menghadapi cina di LCS LCS,nak hadapi nelayan bersenjata sederhana jaring pukat je dibeting ali pun ATM tak de telor...ngohahahaha

    BalasHapus
  6. TNI Angkatan Laut (AL) akan mengoperasikan dua Kapal Angkatan Laut (KAL) tambahan di wilayah barat Indonesia khususnya di Perairan Pulau Sumatera dan Kepulauan Riau untuk menjaga kedaulatan dan melindungi kekayaan maritim serta keselamatan pelayaran di perairan Indonesia. Kedua KAL tersebut yakni, KAL Pandang I-1-72 dan KAL Sarudik I-2-18.

    Keduanya secara resmi diserahkan PT. Palindo Marine kepada Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, di Dermaga PT. Palindo Marine Shipyard, Batam Jumat (2/7/2021).

    Penyerahan kedua kapal itu ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima dari Direktur PT. Palindo Marine, Harmanto kepada TNI AL yang diwakili Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal) Laksamana Pertama TNI Budi Sulistyo. Selanjutnya dari Kadismatal diserahkan kepada Aslog KSAL Laksda TNI Puguh Santoso, yang kemudian diserahkan kepada Komandan Lanal Sibolga Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory dan Komandan Tanjung Balai Asahan Letkol Laut (P) Syaifudin Zuhri.

    KAL dengan spesifikasi panjang 28,98 meter, lebar 6,20 meter, tinggi 3,15 meter, kecepatan maksimum 28 knot, kemampuan berlayar selama 3 hari dan diawaki oleh 15 ABK, serta dilengkapi 1 Meriam kaliber 20 mm yang berada di Haluan dan 2 Mitraliur kaliber 12.7 mm di Geladak Anjungan ini selanjutnya akan dioperasikan di bawah Lanal Tanjung Balai Asahan dan Lanal Sibolga.

    https://pict-a.sindonews.net/dyn/620/pena/news/2021/07/03/14/472904/jaga-keamanan-maritim-di-perbatasan-tni-al-operasikan-dua-kapal-patroli-canggih-lhh.jpgKSAL Laksamana TNI Yudo Margono mengecek kesiapan dua Kapal Angkatan Laut (KAL) tambahan yang akan beroperasi di wilayah barat Indonesia khususnya di Perairan Pulau Sumatera dan Kepulauan Riau. Foto/Dispenal ☆

    Dalam sambutannya, Yudo mengatakan pengadaan kapal patroli jenis KAL-28 ini merupakan upaya TNI Angkatan Laut dalam rangka melaksanakan tugas pokok matra laut secara khusus dalam rangka mewujudkan keamanan maritim, sekaligus sebagai realisasi dari pembangunan kekuatan menuju TNI Angkatan Laut yang profesional, modern, dan tangguh.

    “Yang patut digarisbawahi dengan masuknya dua alutsista Jenis KAL-28 M ini ke dalam jajaran TNI Angkatan Laut adalah keamanan maritim, sehingga keberadaan kedua KAL ini harus dapat memberikan kontribusi positif berupa jaminan keamanan bagi para pengguna laut secara khusus di wilayah kerjanya,” ungkap Kasal.

    Menurut Yudo, kondisi perairan yang berbatasan langsung dengan sejumlah negara tetangga, tidak menutup kemungkinan dimanfaatkan untuk melakukan berbagai tindakan ilegal yang sangat merugikan negara sehingga diperlukan alutsista pendukung patroli yang handal dan diawaki prajurit-prajurit profesional yang memiliki integritas tinggi dalam melaksanakan tugasnya dan tidak mudah tergiur hal-hal yang dapat merusak citra positif TNI Angkatan Laut.

    Usai pelaksanaan serah terima kedua KAL tersebut, Yudo Margono mengukuhkan Kapten Laut (P) Juswan Simamora sebagai Komandan KAL Pandang I-1-72 yang bertugas dibawah komando Lanal Tanjung Balai Asahan dan Kapten Laut (P) Fidel Castro sebagai komandan KAL Sarudik I-2-18 yang bertugas di Lanal Sibolga.

    Sebelumnya, Yudo juga melaksanakan penandatanganan prasasti Menara Tinjau Pusat Latihan Pertempuran TNI AL Pantai Todak-Dabo Singkep dan Sasaran Bantuan Tembakan Kapal Pusat Latihan Pertempuran TNI AL Dabo Singkep. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono, Asrena KSAL Laksda TNI Muhammad Ali, Pangkoarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid K, Danlantamal IV Tanjung Pinang Laksma TNI Indarto Budiarto, Komandan Lanal Batam, serta Perwakilan Bureau Veritas – Batam. (cip)

    BalasHapus
  7. Ini Sangat Gawat! Rekor, Kasus Covid Hampir Tembus 28 Ribu


    Pertambahan kasus Covid-19 di Indonesia semakin hari semakin meroket. Rekor kasus harian baru tercipta setiap hari dan semakin menimbulkan kekhawatiran rumah sakit dan tenaga kesehatan yang kolaps.
    Berdasarkan data kementerian Kesehatan RI, Sabtu (3/7/2021) hingga pukul 12.00 WIB, terdapat 27.913 kasus baru Covid-19 pada hari ini. Hal ini membuat total kasus di Indonesia secara keseluruhan adalah 2,256 juta.

    Sama seperti hari sebelumnya, kasus harian Covid-19 pada hari ini merupakan rekor tertinggi sepanjang pandemi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg lockdown nasional sila angkat tangan wkwkwk

      Hapus
    2. Nah ini lebih PARAH.. wkwkwkwkwkwkwk

      Bendera Putih Berkibar Pertanda Jika di Rumah Tak Ada Makanan, Rakyat Malaysia Mulai Dilanda Kelaparan

      https://zonajakarta.pikiran-rakyat.com/internasional/amp/pr-182135366/bendera-putih-berkibar-pertanda-jika-di-rumah-tak-ada-makanan-rakyat-malaysia-mulai-dilanda-kelaparan

      Hapus
  8. Manakala sebelah semakin parah guys.... Seperti INDIA...

    Semoga MALAYSIA PERKETATkan lagi sempadan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. LAWAK ada yang bahas Corona guys di Blog militer Wkwkwkwkw

      Hapus
    2. Yg lockdown nasional angkat tangan guys wkwkwk

      Hapus
    3. 2 juta kasus 🀣🀣🀣🀣🀣 bro jumlah orang lansia aja lebih dari 20 juta lho di indonesia dari total 270 juta warga indonesia.

      Hapus
    4. Nah ini lebih PARAH guys.. wkwkwkwkwkwk

      3 Hari Cuma Makan Biskuit, Wanita Malaysia Kibarkan Bendera Putih

      Merasa tidak berdaya dan putus asa setelah tiga hari hanya bisa makan biskuit, seorang ibu tunggal di Malaysia mengibarkan bendera putih di depan rumahnya sebagai isyarat butuh bantuan di tengah lockdown terkait pandemi virus Corona (COVID-19), yang berdampak pada banyak orang.

      Mengibarkan atau memasang bendera putih diketahui menjadi bagian dari gerakan menolong sesama yang marak di media sosial Malaysia saat pandemi Corona kembali mengganas. Gerakan ini dilakukan sebagai isyarat praktis agar warga Malaysia tidak perlu mengemis dan memohon bantuan pada orang lain.

      Seperti dilansir Bernama, Kamis (1/7/2021), Rohayah Che Samah (50) menyatakan bahwa dirinya mengibarkan bendera putih karena keluarganya kehabisan persediaan beras sejak tiga hari lalu dan tabungannya hampir habis. Rohayah diketahui tinggal bersama anak bungsunya, Amalina Kamaraddin (14)

      Dia menuturkan bahwa dirinya dan anaknya hanya makan biskuit dan kue yang disumbangkan oleh tetangga-tetangganya.

      "Saya memasang bendera putih setelah diminta untuk melakukannya oleh adik perempuan saya setelah sering memberitahunya soal masalah saya, agar orang-orang datang membantu saya," tuturnya.

      "Saya sebenarnya tidak tahu soal (kampanye) bendera putih untuk meminta bantuan. Alhamdulillah setelah saya memasang bendera putih, orang-orang mendatangi kami dengan bantuan," imbuh Rohayah.

      Link :

      https://news.detik.com/internasional/d-5627348/3-hari-cuma-makan-biskuit-wanita-malaysia-kibarkan-bendera-putih/amp

      Hapus
  9. Pur tadi TNI AU terima PSU oerlikon skyshield 35 MM MK 2 dan disebar di tiga Denhanud paskhas TNI AU Kalau TUDM ada atau tidak Pur ......??? Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. MAlon terima ketapel MK2..lebih canggih konon dari oerlikon skyshield punya TNI...


      Wkwkwkwkwkkwkkkkwwkwwwwwkkwkkwwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwwkwkkwkkwwkwkkkwwkkwkwkwkkwkwwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkkwkwwkwkwkwkkwkwkwkkwwkkwkkwkwkwwkwwkkwkwwk

      Hapus
    2. @MALAYA

      Koyak, Iri dan Dengki lah tuch kesian.. wkwkwkwk

      Daripada Malon cuma mengandalkan Jernas Lapok.. wkwkwkwkwk

      Hapus
  10. Perolehan alutsista TNI hari ini :

    TNI AU : PSU oerlikon skyshield 35 MM MK 2

    TNI AL : 2 kapal KAL 28 Meter Yaitu KAL SARUDIK dan KAL PANDANG


    Kalau ATM dah peroleh aset berapa Pur pada hari ini......??? Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. ATM puasa shopping bro wkwkwk

      Hapus
    2. Bukan om pit mereka cuma TENDER je terus tapi Tidak Beli Wkwkwkwkw habis semua kena PRANK Wkwkwkwk

      Hapus
    3. Kesian hayalan menjadi kerena bangkrap

      Hapus
    4. @MALAYA

      Koyak, Iri dan Dengki lah tuch kesian.. wkwkwkwk

      Daripada Malon cuma mengandalkan Jernas Lapok.. wkwkwkwkwk

      Hapus

      Hapus
    5. Otak ko yg hayalan beruk malaya

      Hapus
  11. Warga malaysia kibarkan bendera putih kerana kelaparan akibat covid-19 malon mengganas,cekidot : www.cnnindonesia.com/warga Malaysia ramai-ramai pakai bendera putih saat lockdown/02-07-2021

    BalasHapus
  12. BREAKING NEWS !!!


    WARGA MALON BERAMAI-RAMAI PAKAI BENDERA PUTIH KERANA KELAPARAN AKIBAT COVID-19 MALON MAKIN MENGGANAS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon teruk...

      Wkwkwkwkwkwkwkkwkkwkkwwkwkwkkwkkwkwkwkwkwkwwkkwkwkwkkwkwkkkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwwkwkwkwkkwkkwkwkkwkwwkwkkwwkkwwkwkwkwkwkwkkwwkwk

      Hapus
    2. Tabiat malon tak pernah bercermin bro wkwkwk

      Hapus
  13. Kepulauan Spartly di LCS juga diklaim malon 🀣🀣🀣🀣🀣🀣 ternyata malon sama rakusnya dengan China,Filipina dan Vietnam. Padahal itu seharusnya jadi milik brunei,eh malah diklaim.

    BalasHapus
  14. Gempurgila hati tisu dan koyak,tajuk soal militer dia hantar pasal covid di Indonesia padahal covid-19 malon lebih ganas berbanding Indonesia sampai2 banyak rakyat malon pake bendera putih kerana kelaparan akibat covid-19 malon makin mengganas wkwkwk

    BalasHapus
  15. Malon teruuuuuuk...

    Shopping tidak kelaparan iya...

    Wkwkwkkwkwkwwkwkwkkwkwkwwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwwkwkwwkkwkwkwkwkwkwkwkwkkwwkwwkwwkwkwkkwkwkwkwkwwkwwkkwwkwkwkwkwkwkwkwkkkwkwkwkwkwkwkwkwwwkwkkwwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  16. Gempurgila@ di Indonesia tak de rakyat pake bendera putih minta bantuan ke government kerana kelaparan wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rakyat bendera putih goment tetap tolong, indon rakyat kecik kibar bendera putih goment tak pedulipon, songlap pon kah kah

      Hapus
    2. @MALAYA

      Bendera putih tandanya Goment kau tidak Tolong dan bantuan tidak merata dan di songlap.. Tolol.. kah kah kah

      Hapus
  17. Jom bantu rakyat malon yg kelaparan akibat covid-19 ganas dgn kirim bantuan beras,susu,indomie dan wang biar jiran kita tak kelaparan lg wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indon bisnis bangkrap lagi kesian

      Hapus
    2. Jom Malon The New Sickman Of South East Asia kesian.. wkwkwkwkwkwk

      Hapus
  18. Kempen kibarkan bendera putih tarik perhatian warganet
    29 Jun 2021

    SYAIRAH BINTI ABDUL LAJIS

    SHAH ALAM - Kesusahan dialami rakyat ketika berdepan pandemik Covid-19 membuatkan warganet sepakat menggunakan media sosial bersolidariti membantu golongan memerlukan menerusi kempen tanda pagar #RakyatJagaRakyat dengan mengibarkan bendera putih di halaman rumah sekiranya tiada makanan atau perlukan bantuan.

    Tanda pagar #RakyatJagaRakyat termasuk #BenderaPutih juga trending di Twitter berikutan ramai terpanggil untuk sama-sama menyebarkan kempen tersebut agar sampai kepada golongan sasaran.


    Menerusi ciapan warganet yang diulang siar oleh pelbagai akaun di semua platform media termasuk Instagram dan Facebook memaparkan kata-kata antaranya, "Kepada semua yang susah dan tiada makanan, naikkan bendera putih, kibarkannya di kediaman anda. Biar orang sekeliling pakat bantu sedikit sebanyak yang termampu. Tolong jangan ambil tindakan yang meremukkan hati orang yang tersayang. Tak perlu merayu, tak perlu malu. Kibar saja bendera. Semoga ada yang datang membantu".

    Kempen yang dipercayai bermula sejak Isnin dilihat berjaya apabila salah seorang pengguna media sosial telah bertindak awal menaikkan bendera putih di kediamannya sebagai simbolik mohon bantuan.

    Perkongsian yang dimuat naik di akaun Facebook dikenali Hambamu Seikhlas meluahkan kesusahan yang dialaminya.

    "Saya sudah penat da dan tak tahu nak buat apa, otak buntu, tapi bukan cari jalan singkat hanya harapan ada manusia yang berprihatin. Semoga ALLAH permudahkan urusan kita semua, anak-anak masih kecil lagi termasuk orang rumah sedang mengandung," tulisnya hingga menarik perhatian ramai.




    Warganet sebarkan kempen tanda pagar #BenderaPutih dan #RakyatJagaRakyat di media sosial.

    Susulan status tersebut tular, difahamkan @teammudajohor tampil segera menghulurkan bantuan kepada keluarga tersebut.

    Solidariti berkenaan juga disambut baik oleh pengguna Twitter dikenali @JamainKhairul yang prihatin dengan nasib mereka yang terjejas ketika ini.

    "Impactive Malaysia memang 'standby' dana untuk mereka yang memerlukan dari PKP1.0, 2.0 dan sekarang 3.0 kami dah kehabisan dana untuk mereka. Sesiapa yang nak bantu mereka kami boleh tolong untuk hubungkan mereka kepada penderma terutama di negeri Sabah.

    "Korang yang masih ada pekerjaan, masih mampu beli susu anak dan makan minum bersyukurlah sebab di luar sana sangat ramai rakyat Malaysia yang terdesak dan dihimpit dengan masalah kemiskinan. Aku doakan semoga semua dimurahkan rezeki dan kesihatan. Amin," ciapnya.

    Kata @projekhitam, kempen tersebut merupakan idea bernas dan salah satu alternatif untuk meminta bantuan.

    "I think this is one of the alternative untuk meminta bantuan. Manusia perlu makan dan minum untuk teruskan hidup tapi maruah masih ada untuk tidak meminta minta.

    "#BenderaPutih bukan bererti kalah, tapi jalan terakhir sebelum rebah," ujarnya.

    Warganet menggerakkan kempen berkenaan selepas kecewa dan sedih setelah melihat setiap hari berita mengenai kes bunuh diri semakin meningkat akibat tekanan hidup dan berharap kempen tersebut dapat mengurangkan bebanan mereka yang mengalami kesusahan, hilang pekerjaan dan tiada sumber pendapatan.

    Advertising

    Advertising



    BalasHapus
    Balasan
    1. Bendera Putih Berkibar Pertanda Jika di Rumah Tak Ada Makanan, Rakyat Malaysia Mulai Dilanda Kelaparan

      https://zonajakarta.pikiran-rakyat.com/internasional/amp/pr-182135366/bendera-putih-berkibar-pertanda-jika-di-rumah-tak-ada-makanan-rakyat-malaysia-mulai-dilanda-kelaparan

      Hapus
    2. Terus cukai yg dipungut kerajaan malon dan hutang samurai bond dan hutang dari cina tuh digunakan untuk beli tas HERMES ROSMAH,hand bag ROSMAH,necklace ROSMAH,jewelry ROSMAH keh dan tiada satupun cukai dari rakyat dan hutang dari Jepun dan cina tuh digunakan untuk memberi makan rakyat malon yg kelaparan akibat covid-19 tuh...malon memang BARBAR & SADIS guyssss... wkwkwk

      Hapus
    3. Hutang indon lagi besar, itupon peras rakyat kecik yg dah miskin, songlap bansos pulak

      Hapus
  19. PARAH guys LOCKDOWN tapi warganya kelaparan karena takde pendapatan wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesian warga Malon sudah kelaparan karena takde pendapatan ditambah beban dengan harga Petrol Naik, Case Covid Meroket, Ekonomi Merudum, Harga DEDAK naik, Harga Minyak Masak dan Sembako naik, jual Asset Negara, Gaji PNS dipotong, gali lubang tutup lubang HUTANG, dan Mayat mati pun kena pajak.. Wkwkwkwkwkwkwkwk

      Tahniah.. Lon.. Tahniah.. GOBLOK nya..

      πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

      πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘


      https://www.freemalaysiatoday.com/category/bahasa/tempatan/2021/06/08/kenapa-nak-ambil-duit-orang-mati-cuepacs-bidas-jpa-mengenai-potongan-elaun-perangi-covid-19/?fbclid=IwAR3ttZCKHBmvsCEImzsxcp8FxfqQJETcN-uo5OKq88RWLiDTh6qNBBSs4rI

      https://www.cnbcindonesia.com/news/20210609194159-4-251880/tok-harga-bbm-resmi-naik-di-malaysia

      https://www.utusan.com.my/berita/2021/06/harga-dedak-naik-lagi-penternak-makin-tertekan/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=harga-dedak-naik-lagi-penternak-makin-tertekan

      https://www.bharian.com.my/amp/berita/nasional/2021/06/825487/kpdnhep-siasat-kenaikan-harga-minyak-masak

      https://dunia.tempo.co/amp/1467846/pns-di-malaysia-sumbang-gaji-mereka-selama-3-bulan-untuk-dana-bantuan-covid-19

      Hapus
    2. Pur,krik krik...jgn sembunyi pur wkwkwk

      Hapus
    3. Kesian indon covid teramat besar

      Hapus
    4. Kesian Malon Lockdown dan penduduk kelaparan.. wkwkwkwkwk

      Hapus
  20. EDISI
    Ibu tunggal kibar bendera putih demi beras
    01 Jul 2021

    HAZELEN LIANA KAMARUDIN

    KOTA BHARU - Seorang ibu tunggal terpaksa mengibarkan bendera putih di hadapan rumahnya di Kampung Pantai Kundor di sini pada Rabu selepas tiga hari kehabisan bekalan beras.

    Ibu kepada enam cahaya mata itu, Rohaya Che Samah, 50, berkata, tindakan itu dilakukan selepas dia bersama anak bongsunya hanya bertahan dengan biskut kering.


    "Saya selalu berkongsi kehidupan harian dengan adik yang berada di Kuala Lumpur dan dia mencadangkan saya agar mengibarkan bendera putih sebagai tanda meminta bantuan.

    "Kebetulan saya baharu sahaja lima bulan menyewa di sini dan tidak mengenali sesiapa untuk meminta bantuan," katanya ketika ditemui Sinar Harian pada Rabu.

    Selepas beberapa jam mengibarkan bendera putih dan tular di laman sosial menerusi perkongsian jirannya di Facebook, Rohaya telah menerima sumbangan makanan daripada jiran tetangga.

    Bercerita lanjut, Rohaya berkata, dia kini menyewa satu ruangan kecil berserta kemudahan bilik air dengan sewa bulanan sebanyak RM150 selepas mendapat pekerjaan sebagai pewarna kain batik di kampung terbabit.

    Katanya, sebelum ini dia yang bekerja sebagai pembantu kedai terpaksa 'berhenti' susulan pandemik Covid-19 dan kini tinggal bersama anak bongsunya yang berusia 14 tahun serta masih bersekolah.




    Rohaya menunjukkan bekalan beras rumahnya yang sudah kehabisan sejak tiga hari lalu.

    "Empat lagi anak-anak saya tidak tinggal bersama, mereka sudah berhijrah dan bekerja di kilang dan juga yang bekerja sebagai sebagai pembantu kedai. Mereka juga terkesan dengan wabak Covid-19 ini serta Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) jadi sukar untuk mereka membantu saya di sini.

    "Malah ada di antara mereka yang positif Covid-19 sehingga tidak boleh bekerja, itu yang menyebabkan kehidupan kami dua beranak semakin tertekan," katanya.

    Dalam pada itu, Rohaya turut memberitahu bahawa dia juga tidak menerima sebarang bantuan walaupun sudah lima tahun bergelar ibu tunggal kerana masalah pendaftaran perkahwinan yang sebelum ini berlangsung di negara jiran.

    Katanya, dia hanya mendapat upah sekitar RM14 sehari bergantung kepada berapa banyak kain yang dapat disiapkan dengan upah mewarna batik RM2 bagi setiap helai kain.

    Sementara itu, Pegawai Khas Ahli Parlimen Pengkalan Chepa, Muhammad Abdul Munib Zakaria dan Penghulu Mukim Pulau Kundor, Rosli Mat Hussin turut hadir ke rumahnya menghulurkan bantuan wang tunai, barangan dapur dan bertanyakan khabar.

    Orang ramai yang ingin menghulurkan bantuan boleh berbuat demikian melalui CIMB 7050-96-8844 di atas nama Rohaya Che Samah.

    BalasHapus
  21. Oleh-oleh Menhan dari Jerman

    1. Pembelian Millennium Gun sejumlah 15 unit dipasang di FREMM, Maestrale dan Iver

    2. Pembelian Oerlikon Skyshield Batch 3 sejumlah 6 Baterai

    3. Pembelian Oerlikon Skyranger sejumlah 24 unit untuk Marinir

    4. Pembelian U214 sejumlah 3unit dan U218 sejumlah 2unit

    5. Pembelian MERAD sejumlah 2 Baterai

    6. Pembelian MBT Leopard 2A5 sejumlah 100unit dan di upgrade jadi Leopard 2RI

    7. Pembelian Heli ASW NH90 sejumlah 10 unit untuk FREMM, Maestrale dan Iver.

    8. Pembelian Marder second hand sejumlah 100unit

    BalasHapus
    Balasan
    1. πŸ‘πŸ‘... gempurgila makin koyak

      Hapus
    2. Dapat info darimana bro?

      Hapus
    3. Berita ga jelas ga akurat, sudah jelas pembelian barang bekas dilarang

      Hapus
    4. Hrusnya klo bner ambil MBT Leo tipe 2A6

      Hapus
    5. Tak de wang, kena songlap bansos

      Hapus
    6. @MALAYA

      Malon lah tuch takde wang.. wkwkwkwkwk

      Kesian cuma bisa koyak, iri dengki dan ngeces tengok negara jirannya belanja Alutsista.. wkwkwkwkwk

      Hapus
  22. Cukai yg dipungut kerajaan malon dan hutang dari samurai bond dan cina digunakan untuk beli tas HERMES ROSMAH, hand bag ROSMAH,necklace ROSMAH,jewelry ROSMAH dan tiada satupun dari cukai dan hutang dari Jepun dan cina tuh digunakan untuk bantu rakyat malon yg kelaparan akibat covid-19 ganas...kerajaan MALON memang PELAKON RASUAH GANAS,BARBAR DAN SI RAJA TEGA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati hati indon gawat hutang besar lock down

      Hapus
    2. Kesian warga Malon sudah kelaparan karena takde pendapatan ditambah beban dengan harga Petrol Naik, Case Covid Meroket, Ekonomi Merudum, Harga DEDAK naik, Harga Minyak Masak dan Sembako naik, jual Asset Negara, Gaji PNS dipotong, gali lubang tutup lubang HUTANG, dan Mayat mati pun kena pajak.. Wkwkwkwkwkwkwkwk

      Tahniah.. Lon.. Tahniah.. GOBLOK nya..

      πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

      πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘


      https://www.freemalaysiatoday.com/category/bahasa/tempatan/2021/06/08/kenapa-nak-ambil-duit-orang-mati-cuepacs-bidas-jpa-mengenai-potongan-elaun-perangi-covid-19/?fbclid=IwAR3ttZCKHBmvsCEImzsxcp8FxfqQJETcN-uo5OKq88RWLiDTh6qNBBSs4rI

      https://www.cnbcindonesia.com/news/20210609194159-4-251880/tok-harga-bbm-resmi-naik-di-malaysia

      https://www.utusan.com.my/berita/2021/06/harga-dedak-naik-lagi-penternak-makin-tertekan/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=harga-dedak-naik-lagi-penternak-makin-tertekan

      https://www.bharian.com.my/amp/berita/nasional/2021/06/825487/kpdnhep-siasat-kenaikan-harga-minyak-masak

      https://dunia.tempo.co/amp/1467846/pns-di-malaysia-sumbang-gaji-mereka-selama-3-bulan-untuk-dana-bantuan-covid-19

      Wkwkkkwkkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkwwkwkkkwkwkwkkwwkwkwkwkwkwk


      https://dunia.tempo.co/amp/1468309/pns-malaysia-kumpulkan-rp-90-miliar-untuk-dana-covid-19-dari-potong-gaji

      Hapus
    3. Indonesian mana ada lockdown nasional cem malon wkwkwk

      Hapus
  23. area antara Semanjung dan Serawak.....TERKOYAK...

    =====kapal Cheng Ho lewat.....ke Jamming semua ..

    BalasHapus
  24. Malon untuk patroli di lcs mengandalkan bakamla RI (Kepulauan natuna hingga dekat perbatasan serawak ) . Tak de nyali sama elder brother sama tak de wang buat beli minyak ya gempur gila πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indon tak de nyali bungkam bem mahasiswa

      Hapus
    2. Negara demokrasi harus mendengarkan aspirasi rakyatnya. Memangnya malon aspirasi tak didengar tetapi giliran uang pajak rakyat di songlap terus buat wang komisi πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒtahniah malonπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      Hapus
  25. Berita 2019, skrg 2021..hellooooooooooooooooow..ibu kota aja berhasil di ceroboh, lawak banget serumpun kita yg lebih mirip ky BERUK..tukang klaim, tukang tampal stiker, tukang geser patok perbatasan dan tukang cakap besar dan seram tp 0 besar🀣🀣🀣

    BalasHapus
  26. Kesian indon hibur diri, akan masa depan bangkrap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bankrap itu malon atau indonesia longor buka mata lo lebar lebar gajah di pelupuk mata tidak kelihatan tapi semut diseberang lautan bisa kelihutan. Tahniah malonπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ
      Utang sudah mencapai lebih dari 97% GDP dan banyak warga malon yang sudah mengibarkan bendera putih karena tak de wang.gempur waria, malon, mat cabul cs masih sombong kedengkut. Otak kalian ditaruh di kepala apa di duborπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ tahniah tahniah malon gilaπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      Hapus
    2. Yg bangkrap yg hutangnya cecah 93% wkwkwk

      Hapus
  27. Malah dengan nakes pun NUNGGAK BAYARAN... Parah sebelah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerena ade partai indon yg kijamii tak de nurani peras rakyat

      Hapus
    2. Rakyat malon tayang bendera putih minta makan kerana kelaparan...cukai yg dikutip kerajaan tuh kemana sehingga rakyat bisa kelaparan wkwkwk

      Hapus
  28. Nak tanya indon, songlap bansos tak bersidang lagi ke.. Kakakaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memangnya parti malon tak de songlap wang rakyat.
      Nasib dan rosmah kapan mau di sidang dan di masukin penjara ngorπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      Hapus
    2. ROSMAH dan the gank tak korupsi keh wkwkwk

      Hapus
  29. Malah SANGGUP ngutang beli aset.. Padahal dalam negeri NUNGGAK BAYARN...

    Lepas tu sembang GDP besar konon.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang hutang tu partai cina songlap

      Hapus
    2. Kita ngutang buat beli aset guna mempertahankan wilayah kita. Memangnya malon terbitkan hutang buat bayar utang sudah itu di potong buat wang komisi pulaπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      Hapus
    3. Rakyat malon tayang bendera putih minta makan kerana kelaparan...cukai yg dikutip kerajaan tuh mana sehingga rakyat bisa kelaparan wkwkwk

      Hapus
  30. Ko jangan macam tu indon, sembako pon kena pajak kih kih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk.... Sembako pun di pajak ya... Lepas tu sembang GDP mereka besar...


      Hapus
    2. Kerena hutang banyak, hutang tu yg suruh Partai cina, tapi suruh bayar rakyat Pribumi

      Hapus
    3. Memangnya parti malon tak de songlap wang rakyat.
      Nasib dan rosmah kapan mau di sidang dan di masukin penjara ngorπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      Hapus
    4. Rakyat malon tayang bendera putih minta makan kerana kelaparan... government malon mana wkwkwk

      Hapus
  31. Sudah 863 Nakes Meninggal, Pemerintah Masih Belum Bayar Insentif Rp1,48 Triliun


    Sejak Covid-19 menular luas di Indonesia, pemerintah berjanji akan memberi insentif bagi tenaga kesehatan (nakes) yang berjuang menghadapi virus corona baru. Namun, hingga kini pemerintah belum melunasi pembayaran insentif nakes.

    Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata mengungkapkan hal itu dalam konferensi pers APBN KITA, Selasa.

    “Untuk tunggakan insentif nakes yang dikelola rumah sakit di bawah Kemenkes langsung itu, menurut catatan kami, ada Rp1,48 triliun,” kata Isa.

    BalasHapus
  32. Tak payah sembang rafale dan Fremm segala... Insentif nakes saja NUNGGAK BAYARAN ya... Wkwkkwkwkwkw

    Geng PEMBUAL bikin seram ya... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. MDR MMP cuma bisa hoax aja ya pur hahaπŸ˜†πŸ˜…

      Hapus
    2. Tu la kejam nye partai indon pada rakyat nye

      Hapus
    3. UMNO Isi KORUPTOR SAMPAH dan penJilat brithis gk salah Gempur Dan sapa kau pny nama Malaya besar cakap tak tau diri, DUNGU IDIOT krn hasil doktrinisasi UMNO

      Hapus
  33. Dunia wisata dan restauran indon kibarkan bendera putih, kalau mereka sudah mati tak tertolong... Goment tolong tak

    BalasHapus
  34. Kasihan nakes... Insentif mereka saja di TUNGGAK BAYARAN...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tu la yang suruh tak bayar partai indon

      Hapus
    2. Kesian warga Malon sudah kelaparan karena takde pendapatan ditambah beban dengan harga Petrol Naik, Case Covid Meroket, Ekonomi Merudum, Harga DEDAK naik, Harga Minyak Masak dan Sembako naik, jual Asset Negara, Gaji PNS dipotong, gali lubang tutup lubang HUTANG, dan Mayat mati pun kena pajak.. Wkwkwkwkwkwkwkwk

      Tahniah.. Lon.. Tahniah.. GOBLOK nya..

      ������������

      ������������


      https://www.freemalaysiatoday.com/category/bahasa/tempatan/2021/06/08/kenapa-nak-ambil-duit-orang-mati-cuepacs-bidas-jpa-mengenai-potongan-elaun-perangi-covid-19/?fbclid=IwAR3ttZCKHBmvsCEImzsxcp8FxfqQJETcN-uo5OKq88RWLiDTh6qNBBSs4rI

      https://www.cnbcindonesia.com/news/20210609194159-4-251880/tok-harga-bbm-resmi-naik-di-malaysia

      https://www.utusan.com.my/berita/2021/06/harga-dedak-naik-lagi-penternak-makin-tertekan/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=harga-dedak-naik-lagi-penternak-makin-tertekan

      https://www.bharian.com.my/amp/berita/nasional/2021/06/825487/kpdnhep-siasat-kenaikan-harga-minyak-masak

      https://dunia.tempo.co/amp/1467846/pns-di-malaysia-sumbang-gaji-mereka-selama-3-bulan-untuk-dana-bantuan-covid-19

      Hapus
    3. Ada yang koyak ya karena negaranya miskin kedengkut alias bangkrap sehingga rakyatnya banyak yang mengibarkan bendera putih karena tak de wang buat beli beras dan lain lain sehingga hanya bisa makan biskuitπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒtahniah tahniah malonπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ masih ngantuk negara orang di Indonesia kita langsung di kasih paket sembako langsung 3 bulan lah malon rakyat sampai mengibarkan bendera putih. Parti di malon berebut uang komisi sedangkal rakyatnya di biarkan mengibarkan bendera putih.

      Hapus
  35. MDR MMP apa kabar pur admin tukang sebar hoax,

    πŸ”₯πŸ˜πŸ˜ƒ

    BalasHapus
  36. Nak tanya je, nape partai indon yg hutang gila gila tapi suruh rakyat kecik yg bayar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nak tanya juga parti di malon berebut wang komisi dan songlap wang rakyat kenapa rakyatnya di biarkan kibarkan bendera putih yaπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      Hapus
  37. Masa klaim GDP besar... Tapi Insentif nakes itu pun NUNGGAK BAYARAN....

    Ada ada je korang ni. Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tu dah petunjuk partai

      Hapus
    2. Malaya saye ndak tanya ke awak najib dan rosma sampai sekarang kok belum di tahan juga apakah itu petunjuk parti jugaπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      Hapus
    3. Rakyat malon tayang bendera putih minta makan kerana kelaparan wkwkwk

      Hapus
  38. Forum militer bicara covid,keliatan kau gwmpur ni tukang sebar hina negara jiran dri MMP MDR

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehhh.. Geng INDON sembang covid boleh pula... Kalau geng MALAYSIA tak boleh....? Wkwkwkkwwkwk

      Hapus
    2. Tolol kau gemput hahaha
      Cuma bisa copypaste

      Hapus
    3. Gempur buzzer UMNO..MAKANYA DUNGUNYA MENDARAH DAGING DIA GK BS BEDAIN FORUM MILITARY DGN FORUM KESEHATAN

      Hapus
  39. Malah beras yang ditanam rakyat pun dikenakan PAJAK..... Parah guys...

    Pasir dan batu pun di kenakan pajak... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haibat tak partai indon gondolin rakyat kecik

      Hapus
    2. Tayang bendera putih minta makan kerana kelaparan...kesian wkwkwk

      Hapus
    3. Tahniah parti malon berebut wang komisi dan songlap wang rakyatπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      Hapus
  40. Sebelum sembang rafale tu bayar dulu insentif nakes.... Kasihan mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa hubungan nya sama militer

      Hapus
    2. Teruk,masa pegawai gajinya kena potong,jom sumbamg koin..


      Wkwkkkwkkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkwwkwkkkwkwkwkkwwkwkwkwkwkwk


      https://dunia.tempo.co/amp/1468309/pns-malaysia-kumpulkan-rp-90-miliar-untuk-dana-covid-19-dari-potong-gaji

      Hapus
    3. Tayang bendera putih minta makan kerana kelaparan wkwkwk... rakyat malon teruk guys wkwkwk

      Hapus
  41. Pur.. Sdh mkn blm our,,, 😁 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dirumah w banyak nasi,,, mw sama lauknya gak... 😁

      Hapus
  42. Saya tengok Admin MDR MMP kebakaran πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯di karantina akibat forumer malon suka hina negra jiran2 suka hoax termasuk gempur.

    Bomba bomba

    BalasHapus
  43. Akun @ malaya
    Gonta ganti nik hahha

    Ketahuan kena popor koe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akun Malaya paling ASUwandaru atau ASUkandar..

      Mereka berdua provokator..

      Hapus
    2. Bawa ke kodamar bro..mau popor SS apa slang sakti trys disiram air panas, syukur² gk dihajar pake konblok jalan

      Hapus
  44. Pemerintah Masih Menunggak Pembayaran Insentif Nakes Rp 1,48 Triliun


    Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan, pemerintah pusat masih menunggak atau belum membayarkan insentif tenaga kesehatan (nakes) yang menangani pasien Covid-19 sebesar Rp 1,49 triliun.

    Insentif tersebut harusnya diberikan kepada tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit di bawah naungan Kementerian Kesehatan.

    "Untuk tunggakan insentif tenaga kesehatan yang dikelola rumah sakit di bawah Kemenkes langsung catatan kami Rp 1,48 triliun," ujar Direktur Jenderal Anggaran Isa Rachmatarwata dalam konferensi pers virtual APBN Kita,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg gunakan bendera putih kerana kelaparan minta makan tuh siapa keh wkwkwk

      Hapus
    2. Teruk,masa pegawai gajinya kena potong,jom sumbamg koin..


      Wkwkkkwkkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkwwkwkkkwkwkwkkwwkwkwkwkwkwk


      https://dunia.tempo.co/amp/1468309/pns-malaysia-kumpulkan-rp-90-miliar-untuk-dana-covid-19-dari-potong-gaj

      Hapus
  45. Pur pur..kau tuh cuma bisa copypaste di Sini

    HahaπŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan apa nanti kamu kata saya reka cerita ya... Wkwkkwkwkwkw

      Hapus
    2. Bendera putih minta makan tuh bkn reka2 cerita wkwkwk

      Hapus
  46. Nakes di Medan Unjuk Rasa Tagih Hak Insentif Covid-19


    Medan, CNN Indonesia -- Sejumlah tenaga kesehatan (Nakes) menggelar aksi unjuk rasa di kawasan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Pirngadi Kota Medan dengan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

    Aksi puluhan Nakes itu menyuarakan tuntutan agar manajemen rumah sakit segera melunasi 8 bulan insentif Covid-19 yang belum dibayarkan. Salah seorang Nakes, Buala Zebua mengungkapkan tunggakan insentif Covid-19 tercatat sejak Mei 2020 hingga Januari 2021.

    Persoalan ini telah berulang kali ditanyakan ke manajemen rumah sakit. Tapi respons yang didapat, para Nakes diminta untuk bersabar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. “I surrender.. i surrender.. 🏳️🏳️“

      Kata seorang warga Kuching Sarawak yg tak disebutkan namanya..

      Mungkinkah itu ko pur ? πŸ˜‚

      Hapus
    2. Guys.. Si Gempurwaria ambil berita basi Insentif Nakes yg meninggal sudah cair di Akhir Bulan Juni 2021..

      Nah beritanya.

      πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

      Akhir Juni 2021, Realisasi Insentif Tenaga Kesehatan Capai Rp2,65 T

      Merdeka.com - Kementerian Keuangan mencatat pembayaran insentif tenaga kesehatan (nakes) pusat hingga sudah mencapai Rp2,65 triliun hingga per 30 Juni 2021. Alokasi ini sudah 69,8 persen dari pagu 2021 yang sebesar Rp3,79 triliun.

      Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pembayaran insentif tersebut disalurkan untuk 323.486 nakes yang bekerja di 6.198 fasilitas kesehatan.

      "Untuk pembayaran insentif tahun 2021 sebesar 2,65 triliun itu adalah untuk 323.486 tenaga kesehatan," kata Sri Mulyani dalam video conference, Jumat (2/7).

      Sementara itu, untuk pembayaran santunan kematian sudah mencapai Rp49,8 miliar. Jumlah ini sudah setara 99,6 persen dari pagu yang diberikan sebesar Rp50 triliun. "Pembayaran santunan kematian yang sebesar Rp49,8 miliar adalah untuk 166 tenaga kesehatan yang wafat," jelas dia.

      Bendahara Negara itu melanjutkan, realisasi pemberian insentif bagi tenaga kesehatan daerah masih sangat minim. Hal ini bisa dilihat dari alokasi anggaran sebesar Rp8,15 yang disiapkan di dalam APBD melalui DAU/DBH baru terealisir Rp650 miliar. Di mana untuk alokasi pada provinsi sebesar Rp120 miliar dan pada kota kabupaten kota sebesar Rp53 miliar.

      Adapun pemberian insetif nakes daerah meliputi dokter spesialis, dokter umum dan dokter gigi, bidan dan perawat, hingga tenaga kesehatan lainnya.

      Link :

      https://m.merdeka.com/amp/uang/akhir-juni-2021-realisasi-insentif-tenaga-kesehatan-capai-rp265-t.html

      Hapus
  47. Malah nakes demo minta dibayar ya.... Kasihan nekas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg gunakan bendera putih kerana kelaparan minta makan tuh bkn malon keh wkwkwk

      Hapus
    2. Tayang bendera putih minta makan kerana kelaparan wkwkwk

      Hapus
  48. Itu belum lagi masuk RS SWASTA dan Hotel di TUNGGAK BAYARAN ya.... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rakyat malaysia terlilit hutang dan dikurung langsung stress🀣🀣🀣🀣

      🀣🀣🀣🀣 bro kalo mau lihat pinjaman warga suatu negara itu lihat pinjaman rumah tangga,kalo sudah 93% Aset ya berarti warganya sudah bobrok 🀣🀣🀣🀣🀣. Katanya maju grade A tapi kok Hutang Warganya 93% Aset 🀣🀣🀣🀣.

      Apalagi pemerintah malon sudah 67% 🀣🀣🀣🀣. Pantas Malon sudah darurat hutang baik warganya atau pemerintahnya. Warga Indonesia masih bagus cuma 10% dari Aset warga indonesia. Beda dengan sebelah 🀣🀣🀣🀣🀣

      Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Malaysia dilaporkan sebesar 93.2 % pada 2020. Rekor ini naik dibanding sebelumnya yaitu 82.7 % untuk 2019. Data Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Malaysia diperbarui tahunan, dengan rata-rata 76.1 % dari 2002 sampai 2020, dengan 19 observasi.

      Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Indonesia dilaporkan sebesar 10.4 % pada 2021-03. Rekor ini turun dibanding sebelumnya yaitu 10.8 % untuk 2020-12. Data Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Indonesia diperbarui triwulanan, dengan rata-rata 9.9 % dari 2010-12 sampai 2021-03, dengan 42 observasi. Data ini mencapai angka tertinggi sebesar 10.4 % pada 2020-12 dan rekor terendah sebesar 8.0 % pada 2010-12. Data Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Indonesia tetap berstatus aktif di CEIC dan dilaporkan oleh CEIC Data. Data dikategorikan dalam Global Economic Monitor World Trend Plus – Table: Household Debt: % of Nominal GDP: Quarterly: Asia.

      Hapus
    2. Yg gunakan bendera putih kerana kelaparan minta makan tuh bkn malon keh wkwkwk

      Hapus
  49. Teruk,masa pegawai gajinya kena potong,jom sumbamg koin..


    Wkwkkkwkkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkwwkwkkkwkwkwkkwwkwkwkwkwkwk


    https://dunia.tempo.co/amp/1468309/pns-malaysia-kumpulkan-rp-90-miliar-untuk-dana-covid-19-dari-potong-gaji

    BalasHapus
  50. Lepas tu sembang sudah sign beli rafale la... Fremm la... Wkwkkwkwkwkw

    Parah halunisasi geng pembual... Wkwkkwkwkwkw

    Bayar dulu nakes tu woi..... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang tak shopping2 marah2 tak karuan...


      Koyak..koyak..koyak


      Wkwkkwkwkwkwwkwkkwkwwkkkkwkwkkwwkkwkwkwkkwkwkkwkwkkwkwkwkkwkwkkwwwkwkwwkwkwwkwkkwkkwkwkkkwkwkwkwkwkwkwkwkwwkwkwkwwkkkwwkwkkwk

      Hapus
    2. Yg gunakan bendera putih jgn sembang wkwkwk

      Hapus
  51. Kesian tenaga kesehatan di malaysia,sudah lelah kerja,gajinya malah kena potong...


    Kerajaan memang jahanam..
    Wkwkwkwkkkwkwwkkwkkwwkwkwkwkkkwwkwkwkwkwkwkwwkkkwkkwkkwkkwkwkkwwkwkkkwkwkkwwkwkwkwkkwkwkkkwkwkwkwkkwkwwkwkwkkkkkwkwk

    https://dunia.tempo.co/amp/1468309/pns-malaysia-kumpulkan-rp-90-miliar-untuk-dana-covid-19-dari-potong-gaji

    BalasHapus
  52. MALON TERUK...RAKYAT SAMPAI KELAPARAN

    Wkwkwkwwwkkkwkwkwkwkkkkwkkwwkkwwkwkkwkwwkwkwwkkwkwwkwkwkwkkwkwwkwkwkwkwkwkwkwk
    Bendera Putih Berkibar Pertanda Jika di Rumah Tak Ada Makanan, Rakyat Malaysia Mulai Dilanda Kelaparan

    https://zonajakarta.pikiran-rakyat.com/internasional/amp/pr-182135366/bendera-putih-berkibar-pertanda-jika-di-rumah-tak-ada-makanan-rakyat-malaysia-mulai-dilanda-kelaparan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap2 buka bisnis baru di malingsia ,ekspor peti jenasah

      Hapus
  53. Parah guys rakyatnya sampai kibarkan bendera putih Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang afrika aja kelaparan ga pernah mereka kibarkan bendera putih,ya maklumlah mental bertahan hidup negeri beruk sangat rapuh

      Hapus
  54. Fuuuurr..ko sudah kibar bendera putih belum??...

    Malon teruuuuuuuuuuuk..

    Wkwkwkwkkwkwwkwkwkkwkwkwwkkkwwkwwwkwkkwwkkwkwkwkwwwwkwwkkwkwwkkwwkwkwkwkwwkwk

    BalasHapus
  55. Fuuuurr warga indo siap kirim bantuan buat warga malon yang kelaparan,dengan syarat cium dulu ni pantat aku fuuuuuurr..


    Wkwkwkwkkwkwwkwwkkwkwkwkkwwkwkwkwkkwwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwwkwkwkwkkwkwkkwk

    BalasHapus
  56. 🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳

    HELP...HELP....HELP...HELP


    Wkwkwkkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkkkwkwkwkwwkwkkwwkkwkkwkwkwkkwwkwkwwkwkwkwkwkwwkkwkwkkwkwwkwkwkwkwkwwkkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  57. Rakyat malaysia terlilit hutang dan dikurung langsung stress🀣🀣🀣🀣

    🀣🀣🀣🀣 bro kalo mau lihat pinjaman warga suatu negara itu lihat pinjaman rumah tangga,kalo sudah 93% Aset ya berarti warganya sudah bobrok 🀣🀣🀣🀣🀣. Katanya maju grade A tapi kok Hutang Warganya 93% Aset 🀣🀣🀣🀣.

    Apalagi pemerintah malon sudah 67% 🀣🀣🀣🀣. Pantas Malon sudah darurat hutang baik warganya atau pemerintahnya. Warga Indonesia masih bagus cuma 10% dari Aset warga indonesia. Beda dengan sebelah 🀣🀣🀣🀣🀣

    Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Malaysia dilaporkan sebesar 93.2 % pada 2020. Rekor ini naik dibanding sebelumnya yaitu 82.7 % untuk 2019. Data Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Malaysia diperbarui tahunan, dengan rata-rata 76.1 % dari 2002 sampai 2020, dengan 19 observasi.

    Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Indonesia dilaporkan sebesar 10.4 % pada 2021-03. Rekor ini turun dibanding sebelumnya yaitu 10.8 % untuk 2020-12. Data Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Indonesia diperbarui triwulanan, dengan rata-rata 9.9 % dari 2010-12 sampai 2021-03, dengan 42 observasi. Data ini mencapai angka tertinggi sebesar 10.4 % pada 2020-12 dan rekor terendah sebesar 8.0 % pada 2010-12. Data Hutang Rumah Tangga:% dari PDB Indonesia tetap berstatus aktif di CEIC dan dilaporkan oleh CEIC Data. Data dikategorikan dalam Global Economic Monitor World Trend Plus – Table: Household Debt: % of Nominal GDP: Quarterly: Asia.

    BalasHapus
  58. 🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳🏳


    Malon sudah kibarkan bendera putih..jom lempar pisang....


    🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌



    Wkwkwkwkwkkkwkkwkkwkwwkkkkwkkwkwkwkwkwwkwkkkkwkkkwkkwkwkkwkkwkkkwwkwkwkkkwkwk

    BalasHapus
  59. Selain reka3 cwrita gempur cuma pandai troll copypaste haha
    Pantas pur kau jadi pemghuni forum MMP MDR yg lagi koyak tuh

    BalasHapus
  60. Kajian Alpalhankam 2020-2024

    TNI Al

    Mengingat pesawat masuk dalam purna tugas dan di gantikan.

    Hawk
    Tiger

    2 skuadron F-16 akan beroperasi 10-15 thn ke depan

    1 skuadron su 27/30 akan beroperasi 10-15 thn ke depan

    1 skuadron T50 akan beroperasi 15-20 ke depan

    36 F-16 viper, sebagai jembatan antara
    36 RAFALE
    36 F-15 EX
    108 pesawat proyeksi 20-25 thn ke depan( pengunaan )

    2-3 skuadron ifx ( IF 21 Garuda muda )
    2 skuadron elang hitam jga akan menjadi opsi y sangat baik. Untuk pengembangan ke versi y lebih baik dan matang.


    Keberadaan IF 21 akan menjadi opsi yang baik untuk mengantikan .
    F-16
    Su 27/30.

    Dan untuk menyeimbangkan barat dan timur sembari terus menyempurnakan IF 21, akusisi 2-3 skuadron campuran.
    Su 35
    Su 57
    akan menjadi opsi yang sangat matang.

    Lalu bagaimana dengan TNI AL

    Mengingat akan ad 22 kapal eskor ( kapal utama ) y akan masuk purna tugas.
    Makan pengadaan kapal baru menjadi sebuah keniscayaan.

    Eskor AL y relatif baru
    Eskor utama
    3 bung Tomo
    4 sigma
    2 REM

    Eskor bantuan
    3-4 kcr 60 m
    3-4 kcr 40 M

    Mengingat 1 dari 2 ks dari Cakra tengelam dan sangat urgen untuk di ganti kan.
    Menelisik dari kebutuhan 12 KS baru ,dan akhirnya di kurangi menjadi 8 KS saja.
    3 di antara ny sudah masuk purna tugas
    Maka tersisa 5 opsi pengadaan ke baru.

    3 kapal selam CAMBOGO

    Campuran u214 / u216 dengan jumlah 5 unik akan menjadi opsi y baik untuk mengenapi, 8 KS y di butuhkan.

    Mengingat lg ad 22 eskor permukaan memasuki Purna tugas.

    9 di antara ny sudah di penuhi.
    Tersisa 13 eskor permukaan y harus di akuisisi .
    6 FREMM
    2 MIESTRALE mengingat kapal usia pakai kapal melebihi 40 thn, kapal miestrale tidak akan di akuisisi.
    2 IVER pengadaan 1
    2 IVER pengadaan 2
    3 REM pengadaan 2
    Makan akan genap menjadi 22 kapal eskor, sebagai pengganti 22 kapal y memasuki Purna tugas .

    Dan pengadaan

    10 kcr 60m
    10 kcr 40m
    Juga akan menjadi opsi yang akan sangat baik

    Lalu bagaimana dengan kebutuhan armada TNI AD.

    Pengadaan
    100-200 tank harimau hitam, akuisisi setiap
    5 tahun sekali akan sangat baik untuk pengembangan tank harimau hitam itu sendiri dan OPSI update

    Sedangkan untuk sektor pertahanan pertahanan udara.

    5-6 baterai NASAM
    7-8 baterai orlikon milenium
    Y sudah ad.

    Sedangkan akuisisi

    10 baterai NASAM
    15 baterai orlikon milenium

    Akan menjadi payung udara ya padat untuk melindungi dan mengawal Arma udara kita dan sembari meeliminasi target Uda y mencoba menganggu .

    Akuisisi rudal pertahanan pantai untuk melindungi dan memberikan bantuan tembakan untuk armada laut kita perlu untuk menjadi pertimbangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah..ada jenis KS baru ya?

      "..kapal selam CAMBOGO.."

      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚


      😌

      Hapus
    2. Kayak tulisan si ntung setelah disimak baik-baik, tapi agak yang ini (dikasih penjelasan)

      Hapus
    3. Pasti dpt dr liat baskom..Ilmunya tok bomoh dipake..lbh jago dr org kemenhan, Pakde PS dan Panglima plus para kepala staff..hebat ilmu lo bro @aktivis anti perang

      Hapus
    4. Ini yang buat list nya siapa? wkwkwk

      Hapus
    5. Padahal ada bau bau mogami yg menyengat

      Hapus
  61. Yg gunakan bendera putih kerana kelaparan terus minta makan tuh bkn malon keh wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si asrizal rusli aka gempur waria bila kelaparan nak makan apa ya??jangan jangan yang mengambang di jamban ikut dia makan pula

      Hapus
  62. Wilayah kok bisa keputus putus gitu sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah wilayah hasil maling dari wilayah negara lain

      Hapus
  63. @Gempurwaria aka Asrizal Rusli

    Guys.. Si Gempurwaria ambil berita basi Insentif Nakes yg meninggal sudah cair di Akhir Bulan Juni 2021..

    Nah beritanya.

    πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

    Akhir Juni 2021, Realisasi Insentif Tenaga Kesehatan Capai Rp2,65 T

    Merdeka.com - Kementerian Keuangan mencatat pembayaran insentif tenaga kesehatan (nakes) pusat hingga sudah mencapai Rp2,65 triliun hingga per 30 Juni 2021. Alokasi ini sudah 69,8 persen dari pagu 2021 yang sebesar Rp3,79 triliun.

    Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pembayaran insentif tersebut disalurkan untuk 323.486 nakes yang bekerja di 6.198 fasilitas kesehatan.

    "Untuk pembayaran insentif tahun 2021 sebesar 2,65 triliun itu adalah untuk 323.486 tenaga kesehatan," kata Sri Mulyani dalam video conference, Jumat (2/7).

    Sementara itu, untuk pembayaran santunan kematian sudah mencapai Rp49,8 miliar. Jumlah ini sudah setara 99,6 persen dari pagu yang diberikan sebesar Rp50 triliun. "Pembayaran santunan kematian yang sebesar Rp49,8 miliar adalah untuk 166 tenaga kesehatan yang wafat," jelas dia.

    Bendahara Negara itu melanjutkan, realisasi pemberian insentif bagi tenaga kesehatan daerah masih sangat minim. Hal ini bisa dilihat dari alokasi anggaran sebesar Rp8,15 yang disiapkan di dalam APBD melalui DAU/DBH baru terealisir Rp650 miliar. Di mana untuk alokasi pada provinsi sebesar Rp120 miliar dan pada kota kabupaten kota sebesar Rp53 miliar.

    Adapun pemberian insetif nakes daerah meliputi dokter spesialis, dokter umum dan dokter gigi, bidan dan perawat, hingga tenaga kesehatan lainnya.

    Link :

    https://m.merdeka.com/amp/uang/akhir-juni-2021-realisasi-insentif-tenaga-kesehatan-capai-rp265-t.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kira2 si gempur ini dapat bantuan tidak ya bro dari negaranya?

      Hapus
    2. @PAPA YUFI

      Pastinya si gempur dapat bantuan dari Gomentnya karena dia kan penjaga kedai runcit.. kihkihkih..

      Hapus
    3. @ANTI MALONDOG HALU BERAT & @PAPA YUFI
      Makin parah pola pikir segempur ya, bentar lg jg mati dia om..apa lg disumpahin 270jt sodara setanah air kita tambah cepat🀣🀣🀣

      Hapus
  64. Perlu sumbangan sembako nggak pur waria buat rakyat malon dari rakyat indonesia supaya rakyat malon tidak mengibarkan bendera putih lagi������������

    BalasHapus
  65. Kemenkes Bayar Klaim & Tunggakan ke RS Rp5,6 T
    Kementerian Kesehatan menyelesaikan pembayaran pelayanan Covid-19, termasuk tunggakan kepada sejumlah rumah sakit atau RS.

    Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Kesehatan menyelesaikan pembayaran tahap pertama pelayanan Covid-19 senilai Rp16,14 triliun kepada sejumlah rumah sakit. Sebanyak Rp5,6 triliun uang yang dicairkan Kemenkes tersebut diperuntukkan bagi pembayaran tunggakan klaim pelayanan ke RS pada 2020 periode Maret-Desember.

    Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Rita Roghayah mengatakan uang tersebut digunakan untuk membayar klaim kepada 1.373 rumah sakit. Dana itu dibagikan untuk 803 RS swasta, 415 RSUD, 58 RS TNI, 33 RS Polri, 30 RS Kemenkes, 23 RS BUMN dan 11 RS Kementerian lainnya.

    ''Paling besar dan paling banyak pembayarannya adalah RS Swasta, kemudian urutan kedua RSUD dan urutan ketiga RS Kemenkes, dan RS lainnya,'' kata Rita dalam keterangan resmi yang dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Minggu (27/6/2021).

    Rita menjelaskan, Kemenkes akan terus berupaya penuh untuk mempercepat pembayaran klaim dan tunggakan ke RS demi menjaga arus kas rumah sakit guna menjamin mutu kendali pelayanan. Adapun, uang senilai Rp5,6 triliun tersebut merupakan bagian dari dispute klaim tahun lalu yang mencapai Rp 22,08 triliun.

    Sementara itu, sisanya masih dalam proses penyelesaian yang dilakukan dalam empat tahap, antara lain; tahap ke-1 senilai Rp525 miliar. Sisa kewajiban tahap pertama tersebut sudah di-review oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pada 22 Mei 2021 dan sedang dalam proses transfer ke rumah sakit.

    Di-review BPKP
    Kemudian pembayaran tahap ke-2 senilai Rp489 miliar juga sudah dilakukan pengecekan ulang oleh BPKP pada 11 Juni 2021. Namun, masih dalam proses di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebelumnya kemdian dilakukan transfer ke rumah sakit.

    Pembayaran tahap ke-3 senilai Rp1,5 triliun sudah dilakukan review BPKP pada 17 Juni 2021 dan sedang dalam proses di Kementeian Keuangan. Tahap ke-4, lanjut Rita, dengan nilai Rp1,1 triliun; tahap ke-5 Rp5,8 triliun; dan tahap ke-6 Rp.6,9 triliun yang semuanya masih dalam proses review oleh BPKP.

    Link :

    https://m.solopos.com/kemenkes-bayar-klaim-tunggakan-ke-rs-rp56-t-1135245

    BalasHapus
  66. Balasan
    1. Malon dan indonesia sama2 kasihan jadi tak payahlah saling merhadik..

      Pukimah kau !!!

      Hapus
    2. Xaxxaxaxaxaxaxa ruw obate ndang d ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxa nyohπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

      Hapus
    3. Kesian lg orang tua lo, krn ngelahirin lo, pasti sedih anaknya ke napa goblok udh gedenya, kenapa gk dr kecil biar dibunuh lgsg

      Hapus
    4. Lebih kasian org tua lo..kasian krn tau lo goblok setelah besar, knp gk dr kecil lo gobloknya biar dibunuh lgsg sm orang tua lo jd gk nyusahin udh gede/tua begini

      Hapus
    5. Malon kesian banyak rakyatnya kibarkan bendera putih minta makan kerana kelaparan wkwkwk

      Hapus
    6. lah lebih kesian negaramu yg hanya berharap derma

      Hapus
  67. Kepada Beruk Malon bernama Gempurwira dan Malaya ini Forum Militer kl kalian tdk ada yg dibanggakan dr Militer Kalian jgn nyampah dg Trollan² bodoh tentang kesehatan dan pajak..krn ini bukan negara Korang dan Korang tdk membayar pajak ke Indonesia..lo aja org susah disono sadar diri njink🀣🀣🀣

    BalasHapus
  68. Lebih kasian org tua lo bro..kasian soalnya tau lo goblok setelah besar, cb lo goblok dr kecil pasti udh dibunuh lo krn nyusahin kedua orgtua lo

    BalasHapus
  69. Lbh kasian dan nyesal orgtua lo bro..krn tau lo goblok udh gede/tua begini, cb lo gobloknya dr kecil gw yakin pasti lo dah dibunuh sm orgtua lo krn kegoblokan lo pasti nyusahin dan buat malu

    BalasHapus
  70. Laut Ambalat milik Indonesia dooonk...claimed White Toilet Paper Malon...enggak dianggap oleh TNI...

    BalasHapus
  71. Warga negara miskin sembang pandai kat blog orang hanya menyampah.
    Typical beruk kurapan

    BalasHapus
  72. Aksi nyata kehebatan pasukan komando Malaysia PASKAL ...
    Jangan dengki dan iri ya ...

    https://www.youtube.com/watch?v=pv-0d1r-bf4&ab_channel=OnTheGadget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perwira Tentara Elite Malaysia Tewas Tertembak oleh Teman Sendiri saat Demonstrasi Militer

      TRIBUNBATAM.ID, KOTA KINABALU - Seorang perwira tentara elit Malaysia tewas tertembak dalam sebuah demonstrasi di sebuah kamp militer di Kota Kinabalu, Sabah, Rabu (4/9/2019) pagi.

      Mayor Mohd Zahir Armaya, ayah lima anak berusia 36 tahun tertembak dalam sebuah latihan oleh seorang prajurit Angkatan Darat.

      Hingga saat ini belum diketahui apa yang salah dalam kasus ini mengingat penggunaan senjata sebuah latihan militer biasanya dengan prosedur yang sangat ketat.

      Polisi mengatakan mereka sedang menyelidiki kasus ini karena kelalaian, sementara Angkatan Darat Malaysia mengatakan akan membentuk komite khusus untuk menyelidiki insiden tersebut.


      Mayor Zahir adalah putra dari komedian dan aktor veteran AR Badul (70) dari mantan istri keduanya yang berasal dari Sabah.

      Mayor Zahir adalah anggota komando elit yang akan bertugas menjadi pasukan penjaga perdamaian PBB di Lebanon, dalam waktu beberapa minggu.

      Mejar Zahir dinyatakan meninggal saat dilarikan ke unit gawat darurat Rumah Sakit Queen Elizabeth di sini pada jam 9.20 pagi kemarin, sekitar satu jam setelah dia tertembak di kamp tentara Lok Kawi.


      Demonstrasi militer tersebut menandai peluncuran Divisi Infanteri Kelima dan Brigade Infanteri ke-13 Malaysia.

      Dilansir The Star, dalam demonstrasi itu, Mayor Zahir mengambil peran sebagai "penjahat" yang hendak menembak seorang prajurit yang kemudian membalas tembakan.

      Namun, prajurit itu rupanya salah sasaran dan peluru itu mengenai Mayor Zahir yang tidak dilindungi oleh rompi antipeluru.

      https://www.google.com/amp/s/batam.tribunnews.com/amp/2019/09/05/perwira-tentara-elite-malaysia-tewas-tertembak-oleh-teman-sendiri-saat-demonstrasi-militer

      Hapus
    2. Uhhh hebatnya kalah Navy seal Wkwkwk

      Hapus
    3. Coba suruh PASKAL halau nelayan cina bersenjata sederhana jaring pukat di Beting patinggi ali,PASKAL berani tak wkwkwk

      Hapus
  73. PASKAL .. X terbantahkan adalah Tentera komando Laut terbaik di Asia Tenggara ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba suruh PASKAL halau nelayan cina bersenjata sederhana jaring pukat di Beting patinggi ali,PASKAL berani tak wkwkwk

      Hapus
    2. Indikatornya apa bs dibilang terbaik di asean...?? Kata siapa...?? Penilaian siapa...?? Kalo ngayal jgn tinggi2 loon...nanti makin GILAA...
      πŸ¦§πŸ¦§πŸ¦§πŸ–πŸ–πŸ–πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡ΎπŸ–πŸ–πŸ–πŸ¦§πŸ¦§πŸ¦§

      Hapus