20 Februari 2020
Suasana pabrik kapal Damen di Gorinchem, Belanda. Perusahaan menyelesaikan pesanan 160 kapal setiap tahun dengan kontributor pendapatan terbesar berasal dari Eropa yakni 32 persen dan Asia Pasifik 28 persen (photo : Bisnis)
Bisnis.com, THE HAGUE - Damen, perusahaan pembuat kapal asal Belanda menjajaki order baja dari PT Krakatau Steel Tbk sehingga kebutuhan baja bisa dipenuhi dari Tanah Air.
Regional Sales Director Indonesia dan Malaysia Damen, Gysbert Boersma mengatakan pihaknya telah menggandeng Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan Kementerian Pertahanan untuk menyelesaikan pesanan kapal. Pesanan terbaru selesai pada Desember 2019 dan April 2020.
Adapun, sebagian proses pembangunan kapal dilakukan di Indonesia dengan menggandeng pabrikan kapal lokal termasuk PT PAL. Menurutnya, selain melakukan kemitraan dengan produsen kapal dalam negeri, pihaknya menjajaki kerja sama dengan mitra lokal seperti Krakatau Steel untuk memasok baja dengan spesifikasi khusus.
Kemitraan lain yang turut dijajaki yakni dengan PT LEN dan PT Pindad sehingga pembuatan kapal bisa melibatkan industri lokal.
“Kami sudah bicara dengan PT Pindad, Krakatau Steel. Saat ini Krakatau Steel enggak punya baja khusus. Kami sedang membicarakan apakah mereka bisa membuat baja sesuai spesifikasi kami," katanya saat mengunjungi kantor pusat Damen di Gorinchem, Belanda, Senin (19/2/2020).
Dia menilai pesanan kapal dari TNI AL dan Kementerian Pertahanan dengan skema ini bisa membuka peluang ekspor produk kapal dari Indonesia. Hal itu, katanya, telah dilakukan di Vietnam. Di Vietnam, dia berujar, ekspor kapal dimulai dari pesanan kapal Pemerintah.
Lalu, pada 15 tahun lalu pengiriman kapal yang dibuat sepenuhnya. Hingga kini, setidaknya 300 kapal telah dibuat dan dikirim. “Model ini juga yang akan dilakukan di Indonesia,” katanya.
Damen mengumpulkan pendapatan sebesar 2 miliar euro sepanjang 2019. Kontribusi terbesar penjualan kapal berasal dari Eropa dengan porsi 32 persen dan Asia Pasifik dengan 28 persen. Pesanan kapal terbanyak yang telah diselesaikan jenis work boat dan tug serta kapal cepat.
(Bisnis)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Lihat lon lndonesia bukan kaleng-kaleng seperti kerajaan korang 😁😁😁
BalasHapusjgn lufa ALAT FOTONG, gred khusus harus punyak haha!💪💪💪
Hapusperusahaan baja kita tak hanya satu.
Hapusdi cilegon masih ada KRAKATAU-POSCO(INDO-KORYO)
kapal BAKAMLA 80m ituw spek bajanya dari KRAKATAU-POSCO jenis Steel grade A / AH36
mantul kan manteb gan, KL mana punya cem ini hore haha!👏👏👏
Tahap pengerjaan pembangunan tiga unit kapal ini, material menggunakan Plat Karakatau Posco, produck dalam negeri yang diproduksi dari Jawa Barat dengan menggunakan material yang sudah terferifikasi dengan kualitas sesuai standar klas Grade AH 36 yang disertifikasi oleh Klas Registro Italiano Navale
Hapusbahan baja yg sama percis ama kepunyaan KRI RE Martadinata uhuuyy setronk haha!💪💪💪
https://en.wikipedia.org/wiki/Martadinata-class_frigate
klo jenis baja HY 100 buat kapal selam, kita bikin klo produksi massal kasel selepas teote uhuyy, lgs 32 bijik gaesz haha!💪💪💪
HapusMalon mana punya perusahaan pembuatan baja tempatan, orderan kapal PT.PAL semakin banyak dari negara Asean malon pesan tak? kualiti bagus Belanda pon pesan belbanding dengan Bastard yang terlalu sering salah potong membuat delay kapal bertahun-tahun dan tak pernah cecah air 😁😁😁
BalasHapusSaat ini Krakatau Steel enggak punya baja khusus. Kami sedang membicarakan apakah mereka bisa membuat baja sesuai spesifikasi kami," katanya saat mengunjungi kantor pusat Damen di Gorinchem, Belanda
BalasHapus--------------------------------------
Ini salah satu permasalahan terkait TOT antara Damen dan PT. PAL pakle smilikity.
Gmn mau dpt porsi besr klo ketersediaan baja aja gak punya itu kata damen.
Sementara mbuletnya TOT dng Damen ini sejak jaman kapal Sigma 90 mtr.
Tp kok meksiko gak ada masalah ya paklek TOT dng Damen...🤔🤔🤔
Meksiko deal crot => 8 kapal full arm, cost-nya tau sendiri.
HapusKita deal crit =>... kapal?arm?
Masalahnya deal duite 😛
"Nyooooh.....ket wingi wes dirembug bab kui 😪"
Hapus>>> smilinghari21219 Februari 2020 13.50
"Mbokmenowo masalahe rikolo iku meh podo karo kendala pembangunan kasel baru Ostrali 🤔"
>>>Kata kuncinya muncul ketika Kemneterian Pertahanan dan Mabes TNI menemui Duta Besar Belanda di Jakarta, Tjeerd F. De Zwaan. “Ya, kami meminta dukungan Belanda untuk lebih konsisten dalam supervisi pembangunan kapal tersebut, karena ada beberapa hal yang tidak bisa dikerjakan PT PAL,” ujar juru bicara TNI Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul.
Hal ini bisa menunjukkan PT PAL memang belum siap secara teknologi ditambah lagi dengan Damen Schelde yang juga tidak mau terbuka untuk membagi teknologi Light Frigate Sigma<<<
Hapus
smilinghari21219 Februari 2020 13.59
Sekedar informasi, nanggapi link soko @mang cek .....lokal konten gawean pt. PAL utowo vendor swasta nasional ing bab PKR ki isih terbatas banget, lha wong "rolling door alumunium lan nako jendela" wae durung ono vendor nasional sing memenuhi syarat 🤷<<<
"Pancen lidah ki tak bertulang.....rumangsane kabeh uwong iso diakali 😏"
Hapus>>> Choko (Ahlinya ahli)19 Februari 2020 11.00
Niku mbahas minta pertanggung jawaban perkoro TOT Sigma Martadinata<<<
smilinghari21219 Februari 2020 12.22
Hapus"Ono masalah opo iki mas rusky....opo kagungan link seko media mainstream, opo gor jare sumber anonim 🤔"
"..Damen Schelde yang juga tidak mau terbuka untuk membagi teknologi Light Frigate.."
Hapus=====
Ndi ono pabrik sing gelem ditelikung mantan customere..😛
Tuku=>njaluk=>iso/ra?=>wani piro..?
Bisnis laah, Haki, tapi dho nge-cap medhit/ra medhit..😂😂😂
😂😂😂😂😂
HapusWonge mberot.
Lek ne njenenga urut permasalahanne, muarane kui masalah TOT ne seng rung rampung. Amergo kui Damen mbujuk kerjasama krakatau stell paklek...😂😂😂😂
Yen lidak enek tulange, njenwngan pelo no...😂😂😂
Rupane gampang lek mancing wong kae metu komwne...🏃🏃🏃🏃
HapusSampeyan kui.....nitik seko komene, mengesankan yen damene sing bermasalah 😂😂😂
HapusWingi rak komen....."menuntut pertanggungjawaban bab tot PKR" to 😪
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapus"..Kandani pak wowo ngalih wae sweden..... Lagian apik an iver kok...."
Hapus=====
Sweden => iver..?
Sampeyan mbahas sing endi tho?
Cobo sampeyan kek'i conto kaprang sweden sing nduwure 130meter...😁
denmark tentangaan sama swedia...kang...😜😁
HapusUdaaaah ra usah dibahas.... Londo emang ra iso diporcoyo, okeh wae alasane ngeles....
HapusKandani pak wowo ngalih wae sweden..... Lagian apik an iver kok....
Ralat maksute denmark... Maklum aku rodo emosi karo kelakuane londo, iki.....
Nek rondo yo aku demen.....
Nek babagan iki aku sepakat ro mang cek.. endingnya kalo sama damen mungkin bakal mirip2 helikopter pt di dengan airbus. Oke kita dapet produk2 bagus dan terlibat pembuatannya. Tpi kita akan sulit punya produk sendiri. Adakah yang bisa ngasih contoh negara mana yg kerja sama ama damen belanda trus dari teote itu dia bisa bikin produk sendiri ?? Serius pengin tau 🙏🏾🙏🏾🙏🏾
HapusPancen damenne seng bermasalah niku paklek. Kule mung ngutip alasan damen bade ngelak mawon ndamel alasan kemampuan krakatau steel memproduksi plat baja marine.
HapusPemerintah RI niku mempertanyakan keseriusan Damen dalam hal TOT kapal korvet sigma 90 mtr nganti martadinata class. Ndek mbiyen perjanjian korvet sigma 90 mtr niku bade digarap 2 wonten belanda lan 2 ten PT PAL namung mbelest. Lha seng ingkang PKR rencanaipun sakeng damen 4, setunggal digarap wonten belanda lan 3 wonten PT. PAL. Pemerintah mboten purun paklek. Sedoyo digarap wonten PAL.lha terus muncul sisitem pembagian jatah garap modul niku Mergo ngoten ceritanepun paklek. Kulo mboten ngarang2, nggeh mboten nambah2 riwayat...😊
Kalo dibalik (kaprang kombatan yak) :
Hapus"..kasih contoh negara mana yg kerja sama ama negara lain trus dari teote itu dia bisa bikin sendiri ??"
====
Pasti urutan pertama Rusia dengan Talwar class-nya ke Indihe...😂😂
Tapi ya itu :
duit yg dia gelontorkan berapaaaaaa.....😂😂😂
Kita semua sigma class (dari corvete sampai PKR) udah keluar duit berapa banyak ya??? Hehe jadi penasaran kan..
HapusIku cara gampange, UU TOT menehi syarat kadar TOT lan konten lokal sing gede ning industri pendukung dalam negri durung siap nyerap peluang iku mau 🤷
HapusKan ,mending kerja sama ama Jerman atau eropa lainnya...kalau ama damen dr jama sigma aja ud bermasalah,asal tau aja malahn beberapa tenaga ahli kita disana cm sebatas liat dan terkadang lbh sering baca buku doank disana....
HapusKenapa PkR blh di buat disini ,itu krn kita ngomel kemereka perihal sigma,makanya dulu di timbulin dr ruski,turki,beberapa lagi...dr negara lain..akhirnya belanda mau bangun disini.
Kita mau beli 5 atau 6 full arm ttp ga bakalan kalau sama damen dpt TOT,salah satu nya faktor history...liat betapa ribet nya dl mau ambil leo belanda.
Ud saran mah ambil dr lain ,bs dr perancis,rusia,turki,jerman...mna aja yg nguntungin...asal jangan kerja sama ama beruk malon aja...wahahaha
@mas PS
HapusTalwar class .....🤔
Iku rancangan wutuhe seko desainer kapal asal ukraine, sakdurunge meletup krisis karo rusia....yen india wektu kui durung due pengalaman mendesain kaprang sekompleks kui
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://jdih.bpk.go.id/%3Fp%3D42731&ved=2ahUKEwiH9NiQhd_nAhVhzjgGHUtMCqsQFjABegQIBhAI&usg=AOvVaw3tsWjbDU9C5iWfM-tR2g2D
HapusBerita lama
Liat tuh FPB-57 sama Jerman,cenderung ga ada masalah kan...atau ama italia,
HapusSaran ane sih mending ke jerman dah sekalian...
FPB-57
Torpedo AEG
mBO 105
Itu contoh nya ja om...hehee
Lho iyo tho..ukraine?
HapusTumbenan ente paham barang rusia'an mas..😂😁
Mas rian, coba dijlentrehke neng kene pola TOT FPB 57 ...aku dadi kepengin ngerti 🤔
HapusLursen yang sekelas 130an meter apaan bro..?
HapusUkraine rak dudu rusia mas 😂😂😂
HapusF124, F125..?
Hapus😱😱😱
FPB 57 kii lak lisensi tho..
HapusMk1,2,3,4...mandeg, njur gawe desain KCR60 seko ngangsu kawruh ing FPB kuwi mau..😁
Yg diminta Indonesia itu, bukan perkara industri pendukung dalam negeri siap atau tidak siap utk memasok lokal konten paklek.
HapusYg lebih diutamakan di kita adalah kapal itu dibangun di Indonesia.
Sama dng contoh kasel changbogo. Yg penting PT.PAL bisa membuat/merakit kasel makanya infrastrukturnya disiapkan. Wong pemerintah sadar kok bahwa industri dalam negeri blom bisa mendukung pemenuhan lokal konten.
Kita coba tarik ke industri otomotif jaman tahun 1978. Saat pertama kali mobil toyota kijang diproduksi dalam negeri. Blom ada industri dalam negeri yg bisa pasok suku cadangnya. Tp skrng lokal konten toyota kijang berapa.? Spt itu ilustrasinya paklek.
Bagi Indonesia barang itu bisa dibuat/dirakit didalam negeri dan pihak luar negeri setuju, itu dulu yg ditangkap pemerintah. Lokal konten pasti menyusul berjalannya waktu.
Hahaha...bs aja om harri ngelock nya...pd hal dia ud tau FPB-57 dl kaya gmn...
Hapusom PS,banyak om..ada Rheinland-Pfalz class
Ada sachsen class
Tinggal pilih
Mending beralih dari damen deh.. klo niatnya pengin bisa bikin dan bisnis kapal.. klo ga niat bisnis kapal ya monggo.. 😋
HapusAwla mulanya kita membeli berpaa unit tuh FPB-57 dr sana,kemudian di barengin ama pembelian lisensi FPB-57, ahli pt pal disana di ajrin untuk proses manajemen produksi,4 FPB-57 PT PAL hanya sebatas merakit diindonesia, sampai seri NAV III
HapusDan FPB-28 bacth dua sudah full PT PAL.om itu kalau ga salah...hehehe
Maklum awam
Tak kiro wes ra relevan mbandingke TOT FPB-57 karo generasi PKR....tur wektu kui jumlahe FPB-28/57 sing dipesan sakal lumayan akeh 🤷
HapusTak kiro korvet K130 gawean jerman sekelas PKR inferior dibanding PKR....mergo dirancang ora gotong heli lan ora due VLS
Sementara yen frigate jerman.....jelas ora kejangkau regane 🤷
Berarti ke depan mending iver nggih mbah dibanding omega? 😁😁😁 murah tur gak ribett.. pripunn.. hehe
HapusPembelina FPB-57 sama FPB 28 nda bareng om....kalau ga salah malahan FBP-28 ada unsur dr belgia...jd ad 3 negara terlibat,Indonesia,Jerman,belgia.kontrak ny jg terpisah om...lbh dulu FPB-57
HapusDamen Tot nya masih setengah hati.
HapusMasih lebih terbuka koryo.
😁 kan emang bawaan dna voc. Hasrat monopolinya tak terbantahkan 😋😋 padahal galangan kapal ga cuma damen (kalo niatnya belajar bikin kapal)
HapusYen nganggo coro wong bakulan....
HapusDamen durung menehi ijin kabeh modul diproduksi neng Indonesia mergo nuntut komitmen piro jumlah kapal sing arep dipesen.....(rikolo FPB-57 kae wes jelas komitmene dadi pihak lurssen yo kepenak le nularke ilmu)
Wes akeh conto komitmen TOT sing meleset....koyo contone kedah class kanti alasan krismon (komitmene gawe 27 unit, realisasine gor 6).
C-295 kae yo nggono, komimene 1 skadron (16 unit) ning rikolo semono lagi sanggup nebus 9 unit
"..mergo nuntut komitmen piro jumlah kapal sing arep dipesen....."
Hapus====
Lha..ikiiii...
Mamulo rasah nyandak Meksiko mau
😂😂😂😂😂
Iku jenenge nawari TOT akal2ane gaya kompeni.
HapusJaman saiki opo tumon negoro berkembang bangun kapal type seng podo nganti puluhan jumlahe. Nganggo logika wae lah.
Timbangane mbangun 27 kapal seng setype, yo luweh becek danane mbangun seng type diatase maneh. Masio negara berkembang yo mikir ngoleksi kapal setype jumlahe sak arat2 ngono. Watek kompeni yo tetap nganti kapanpun yo tetep ngakal tok.
Padakno tuku gedang goreng mbeknenowo...😂😂😂😂
Lon kami ada 4 perusahaan steel plate tempatan. 😂😂😂
BalasHapusMega steel Malon malah bangkrap 😂😂😂😂
Baja khusus bisa aja buat,asal ada niat,industri baja nasional kalah dengan cina karena mereka kerjasama dengan pihak partai,hingga akhirnya krakatau tak bisa berkembang,kenapa baja cina murah?mereka sudah over kapasity untuk keperluan dalam negeri cina sendiri,akhirnya sisa stock mereka jual murah ke luar,tujuan akhir selain memenangkan perang harga baja,juga bisa hancurkan pabrik baja local indonesia,kalau pabrik baja local hancur,cina akan berusaha masuk take over krakatau untuk jadi cabang mereka
BalasHapusMasalahnya bukan bisa/gak bisanya itu pabrik bikin.
HapusTapi kontinuitas kebutuhan pasarnya bisa bikin lini produksinya hidup/gak?
Cost bikin barang borongan/banyak itu lebih murah dibandingin kalo bikin sak uprit.
Sebelum omong untung, gimana modal mau BEP kalo orderan seret.
😑😛
😛
Macam kilang protol itu ke? beza lon tak mungkin kena ambik cina, hutang kerajaan korang teruk sangat, jual kilang protol cuma bisa bayar bunganya saja lon, tinggal dikit lagi kerajaan korang akan hilang dari peta 😁😁😁
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusMenurut saya karena KS kurang fokus...
HapusUtamain dulu pada industri baja.
Jangan kebanyakan anak perusahaan...terlalu membebani induk perusahaan...jadi susah untung..yg ada buntung.
malaysia juga punya tapi untuk pengetinan makanan sama besi pembinaan bangunan or pembuatan kereta hahaha
BalasHapusContoh,kenapa besi baja untuk rel kereta api krakatau tidak buat?karen potensi serap rel kereta api kecil setiap tahun,sedang invest mesin sangat mahal,akhirnya malah lebih murah import,...apapun tergantung niatan pemerintah,kalau krakatau ilmunya bisa aja buat
BalasHapusMembuat baja spesifikasi khusus => tergantung resep formula campurannya agar bisa mendukung sifat siluman kapal yg diinginkan, ya kalau demen mau kasih resep formula campurannya kerakatau steel pasti bisa' tapi pertanyaannya kenapa baru sekarang demen ungkapkan hal ini dan melakukan kordinasi dengan kerakatau steel???? Oh nunggu biar dapet proyek berikutnya 🤔
BalasHapus"..Damen punya resep formula campuran baja..?"
Hapus=====
Lho, itu pabrik baja atau pabrik kapal tho bro? 😑
padahal krakatau stell dah kerja sama sama korea....kok masih engak berkembang yaa baik kwalitas maupun kwantitasnya...???
Hapusxixixi...lupa tawa gue...
Hapusdah kir terus aja walah salah salah dikit...jangan hirauin...xixixixi
Mas ps@ ya pabrik kapal lah mas, tp apakah pabrik kapal gk boleh punya resep tuk baja yg mereka inginkan????
HapusPabrik kapal hanya ngerti kontruksi,bukan mengerti ilmu metalurgi ramuan baja
Hapusengak kir...mereka inport tuh baja...!!!
Hapussama kayak pal engak ngurusin baja...cuma pilih dengan spesifikasinya aja...!!!
Iku sing dikarepke bab kebutuhan baja marine grade lae, ora ono sangkutane karo siluman .....wong londo ora percoyo demit lan siluman
Hapus"..tp apakah pabrik kapal gk boleh punya resep tuk baja yg mereka inginkan????.."
Hapus==
Boleh lah bro...
Cuman ane aja yang baru "tuing" soal Damen => baja tadi..
😊
Sing percoyo siluman ki koyone mbah gono...😂😂😂
HapusSiluman-silumun-selamet
😂
Fix, istilah anyar....."Baja Siluman", tungkir 20 februari 2020
Hapuskir tungkir pagi pagi dah buat perut mules ae...xixixi...
HapusGini lae....
HapusSaat ini KS sudah membuat "marine grade steel" entah kelas 316 atau 316L yg sudah dipakai di KCR-60 dan LPD, tapi standar baja marine grade utk tipe PKR adalah baja marine grade kelas A/AH-36 yang sampai saat ini belum diproduksi oleh KS....masalahnya ada disitu 🤷
pepet terus kir...jangan kwatir aku ya dukung kamu kok...xixixi....
HapusA36 mah gampang om Smiling, kalo KS ga bisa, order ke KS Posco, GG atau Gunawan.
HapusTapi sifat siluman itu bukan dari bajanya. Sifat siluman itu didapat dari bentuk design dan coating yang melapisi body kapal tersebut. Makanya alutsista siluman, harus di maintain coatingnya itu. Sedangkan bentuknya penting untuk membuyarkan emisi radar supaya tidak balik ke pemancarnya.
berarti bagus tuh baja buat golok apa pisau dapur...xixixixiii
Hapusberapa persen kadar karbonya dek...???
HapusSy setuju sama tulang tungkir, kekuatan baja itu ada di komposisi campuran unsur unsur logam yg disatu padukan pada saat bijih besi dimasak/dipanaskan.... Saya yakin ahli metalurgi krakatau stell pun bisa membuat baja sesuai kebutuhan industri kapal,..
HapusMasalahnya ini bukan di kemampuan kita.... Masalahnya, nanti kalo baja itu sudah diproduksi dia mau apa tidak untuk jujur mengakui bahwa baja kita itu sudah memenuhi syarat....
Dan lagian kalo memang baja buatan industri kita belum memadai, kenapa dia tidak bilang dari awal sebelum kontrak proyek dia setujui... Karena sy yakin dlm kontrak sudah ada kewajiban berapa besar kandungan lokal yg harus dia gunakan selaku pembuat kapal..
Intinya belanda gak bisa dipercaya....
Yen posco sing neng korea mbonowo gawe baja A36....ning yen pabrikan baja sing neng Indonesia katone isih fokus produksi baja konstruksi mas @bocor alus
HapusKlo grade AH-36 sdh diproduksi PT.PAL paklek. Yg diminta Damen itu sebenarnya plat dng grade brp.? Itu masalahnya. Yg dijadikan alasan grade yg kurang diserap pasar. Masa hanya krn bagian plat saja dijadikan alasan utk ngelak produksi di PAL. Plat itu brp persen dr rangkaian kesepakatan TOT. Apakah jtu signifikan.? Toh bukan masalah platnya paklek tp proses rancang bangun kapal dan elemen diluar plat yg besar pengaruhnya yg dibutuhkan PAL.
HapusLha judulnya "SPESIFIKASI KHUSUS" siapa bilang gk ada sangkut pautnya spesifikasi baja khusus ame mendukung kemampuan siluman kapal??? Bukan berarti pabrik kapal kagak tau urusan spesifikasi baja, biasanya pabrik kapallah yg mengajukan spesifikasi plat baja yg mereka inginkan lalu pabrik baja memproduksi spesifikasi baja yg diinginkan produsen kapal' antara produsen kapal dan produsen baja bekolaborasi sehingga mendapatkan resep tertentu untuk plat baja yg diinginkan, kalau hanya pabrik baja yg jalan sendiri gimana bisa nyambung agar sesuai spesifikasi yg diinginkan produsen kapal yg artiannya demen sudah tau resep baja contohnya plat baja untuk sigma class, sigma class
HapusKlo urusan resep formula campurannya agar bisa mendukung sifat siluman kapal....saya gak ikutan ya. Aku mantau aja....🏃🏃🏃
Hapus.. mungkin selain level kekuatan baja, si damen ingin plat baja yg sudah setengah jadi bentuknya (pabrikasi) jadi pas ngrakit kapal jadi cepet, lebih kuat+ringan karena minim sambungan.. tapi setuju, intinya damen rempong
HapusYa udah kalau emang bukan karena ada spesifikasi khusus yg artian untuk mendukung kemampuan kapal tempur dr ketahanan sampai kemampuan agar sulit dideteksi buat aja sigma class menggunakan plat baja yg digunakan kapal pada umumnya, kan pt.pal udah buat kapal 50.000 ton,,,gitu aje kok repot 😂😜😝
HapusIntinya demen incar proyek berikutnya, ya strategi demen jelas gk akan langsung tuntas kasih tot yg diminta/diinginkan indonesia,,cari aje produsen kapal lain, mending korsel atau turki aje' eropa diluar turki emang sulit dipercaya.
HapusLawak
HapusMukamu yg lawak 😂😜😝
HapusKalau ente bener2 nyimak sebenarnya ane lg nyentil demen, demen yg lawak pakai blagu baja spesifikasi khusus' indonesia dah eksport kapal 50.000 ton' dasar demen penipu gk tepati janji malah blagu bla bla bla bla, eropa tu emang kagak bisa dipercaya 😂😜😝
HapusKalau untuk plat baja kapal kerakatau steel udah mampu, hanya di harga kalah bersaing dengan plat baja china tp kalau kwalitas plat baja untuk kapal kita gk kalah kok,,,banyak kali cincong demen ni, dah nipu masih aje berani bla bla bla pakai muka batu.
HapusWong iki asline ora ngerti opo2 bro, lawak,wkwkw..
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapus
HapusNdasmu iku ora ngerti opo2, otak lawak2 di tipu2 demen 😂😜😝
Eh dr dulu pemasok plat baja untuk pt.pal ntu kerakatau stell' kapal 50.000 ton itu plat bajanya disuplai kerakatau steel' dan australia jg ambil dr kerakatau steel, maksud demen spesifikasi khusus yg gimana???? Oh Agar mendukung kemampuan siluman kah, ya mantaplah kwkwkwkwkkkk 😂😜😝 demen pasang muka batu 😜😝
Hapushttps://www.krakatausteel.com/%3Fpage%3Dviewnews%26action%3Dview%26id%3D1286&ved=2ahUKEwjhyfGw6t_nAhVqyDgGHVo1BDAQFjABegQIBBAC&usg=AOvVaw0dYin_8g6Qfu8X4JJVdLsj
https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20190725200107-85-415582/krakatau-steel-kerja-sama-pasok-baja-60-ribu-ton-ke-australia
Kerakatau steel juga suplai baja ke pt.barata yg pastinya membutuhkan baja berkwalitas tinggi agar mampu menahan tekanan sesuai tabung atau produksi lainnya yg mereka produksi yg wajib tahan tekanan tinggi.
Hapushttps://www.krakatausteel.com/?page=viewnews&action=view&id=2336
Ini capaian pt.barata 👇👇
https://barata.com/wp-content/uploads/2018/03/BOARD-MANUAL_BARATA-IND_2017_FINAL-SmallSize.pdf&ved=2ahUKEwizqYzh79_nAhX6zTgGHWqHA_4QFjADegQIBRAC&usg=AOvVaw3CSQmeIuFJwZvocbEBS1JT
http://www.enerlife.id/dev/barata/id/sepanjang-2017-bumn-pt-barata-indonesia-cetak-laba-rp-44-miliar/
https://www.google.com/amp/s/www.jawapos.com/ekonomi/bisnis/12/09/2019/pt-barata-pacu-ekspor-lewat-hmc/%3famp
https://radarmalang.id/pt-barata-pacu-ekspor-lewat-hmc/
Demen mau kasih tot plat baja spesifikasi khusus anti radar agar mendukung kemampuan siluman sigma class,,,kwkwkwkwkkkk demen penipu pasang muka batu, pakai jurus bla bla bla bla incer proyek pengadaan kapal lainnya, dasar penipu.
Kerakatau steel hanya tidak mampu bersaing harga dengan serbuan plat baja produk china yg lebih murah tp kalau kwalitas plat baja kerakatau steel boleh sainglah.
Catatan. Pt.barata lah yg akan memproduksi lambung kapal selam buatan pt.pal kedepannya.
HapusSkor 1:0 buat yg bilang lawak 😂😜😝
HapusContoh lain,baja khusus kapal selam...kenapa krakatau tidak buat?ya karena demand baja kapal selam rendah,..baja kapal selam menggunakan type plat hy steel,...berapa order kapal selam pertahun!sangat super kecil,makanya pasaran plat baja kapal selam sangat rendah,beda dengan baja kapal permukaan
BalasHapusBetul sekali om.
HapusJangankan baja untuk kapal selam, untuk otomotif saja masih belum bisa bikin. Karena untuk sekelas pabrik baja, industri otomotif kita masih tergolong kecil size nya.
Tuh kan mbulet nya tot dg damen antara lain soal baja KSteel.Nah Damen akan bagi ilmu (tot) cara bikin baja khusus sebelum pt pal buat kpl perang (lagi) tuk pkr105.Inilah tarik ulurnya,antara yg punya duit (pengen belajar) dengan yg punya produk (takut disaingi).
BalasHapusDamen bukan pabrik baja,mereka cuma ingin baja kualitas standart kapal mereka,nah krakatau mampu tidak buat baja standart damen?bukan damen mau ajari ramuan baja
HapusDamen ki yo dudu produsen baja (marine grade) mas.....oki maksute kanggo aplikasi neng kapal perang kudu migunakke baja marine grade sing wektu iku durung diproduksi karo KS
HapusKok tau @mbah?
HapusOh ngono toh ...
Aku ora melu rapate demen karo pal,meh baca tok...jadi isin aku😅😅😅
Nich, tissue basah.....😂😂😂
HapusOjo percoyo karo londo....
HapusNek arep percoyo yo karo rondo wae.... Utomo ne sing isih nom yo....
Makanya krakatau focus paling pada baja2 kontruksi,baja2 yg daya serap tingggi di masyarakat,contoh baja rel kereta api aja import dari jepang,karena KAI order tiap tahun sangat sedikit
BalasHapusMalondog hanya bisa cakap sembang, beza dengan kita orang dah berjaya buat panser, kapal perang, pesawat, kapal selam masih banyak yang lain lon kenapa kerajaan korang berjalan mundur? 🤣😂🤣😂
BalasHapusCina punya rencana rahasia untuk terus menekan industri baja indonesia,sama konsepnya dengan pabrik semen indonesia yg tertekan pabrik semen cina ygbfibangun disini,itulah kenapa kenapa cina selalu mencari proxy
BalasHapusyaa kalo baja rrc diembargo di eropa misalnye,
Hapuspabrik2 mrk disini tetep lancar jaya ekspor, buat dpt cuan byk om suwandaruw, masa gt aja kagak ngarti sich, ini sistem lama sejak djaman toyota masuk amrik, eh lexus denk haha!😅😅😅
Ah yang bilng siapa. Malah baja dan semen impor dari china kurang lakū. Kecuali kalo yamg pemgen fee gedhe.
HapusMalon hanya bisa iri hati tengok Indonesia dah berjaya buat peralatan perang 😂🤣😂🤣
BalasHapusItulah yg disebut Buying Time!
BalasHapusProses tot satu produk membutuhkan waktu yg setara dengan munculnya produk terbaru yg jauh lebih baik dari produk yg di tot kan.
---Teorema Asalgores---
So jika suatu negara dah mau memberikan tot berarti duit yg kita bayarkan dah sangat2 cukup tuk menghasilkan sebuah produk Alutsista canggih terbaru!
So kesimpulannya,jual beli dibungkus tot ini persis koyo jualbeli di pasar tradisional,hrs cerewet,akal2an dan sedikit licik.😁😁😂
Iyo, ning masalahe iki ora nggono kui 🤷
HapusPihak Indonesia menuntut lokal konten sing duwur kanggo nyerap TOT ....ning jebul lokal konten sing tersedia neng dalam negri isih terbatas banget
Jadi berita ini bukan masalah ToT, cuman damen tanya ke kita "bisa buat ndak" gitu kah?
HapusIku hubungane karo besaran TOT lan lokal konten pembelian kaprang sing dibahas wingi kae mas helmy....🤷
Hapus(Dalam kasus PKR), Indonesia menuntut TOT lan konten lokal sing gede ning jebule perusahaan lokal durung akeh sing iso nyerap peluang kui mau, termasuk bab baja marine grade iki 🤗
Sakumpamane KS iso nyediani baja marine grade sing dikarepke, tak kiro bakal ono hubungan karo potensi pembelian kapal perang 🤔
Kata kuncinya lokal ini tidak mampu membuat atau, bisa tapi tidak layak secara ekonomi sbgmana komen2 di atas.
HapusTak mampu : belajar ndisek
Tak layak : di layak2 ke toh,hrs berani berkorban.Katanya mo mandiri.Mungkin secara ekonomi kurang menguntungkan,tapi...dr segi manfaat jangka panjang lebih besar. Mungkin lho mbah..
Mulane suwi..
HapusPadahal wes dho ngimpi iver..😛
pembenahan industri hulu kehilir nampaknya masih jauh api dari pangang...padahal ks adalah hulunya industri logam...bagai mana turunanya baik wong hulunya juga kurang memadai...!!!
Hapuslalu join dengan korsel apa aja yang sudah dicapai...kok malah ada permasalahan seperti ini...jangan jangan...inport semua bahan baja untuk inhan kita...macam tank harimau hitam dan kasel...!!!
Berarti kita belum siap ya buat real frigate? Terus pabrik baja belanda ada yang mau ngasih ToT gitu?
HapusAtau kita sama belanda disuruh keluar uang lagi buat marine grade steel?
Mestinya ga perlu disuruh mas'e, secara yang butuh kan kita, dengan regulasi tot-nya...😛
Hapus*ambekan gedhe*
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusYen ora kakehan nuntut kadar TOT lan konten lokal sing gede yo cepet mas helmy.....mulo wiwit saiki wiwit nyederhanakke tipe alutsista, supoyo ragame sithik ning jumlahe akeh, dadi pabrikan komponen pendukung gampang le ngitung kapasitas produksine 🤷
HapusToT ndak harus lokal konten harusnya, bisa desain atau apalah. Pikirku KS wis siap nggawe bajane lho.
HapusMbuh sing salah sopo ki..
Yen saiki wes gawe mas.....ning wektu iku (saat ndisikan TOT sing alot kae) KS durung gawe baja A36 🤷
HapusDadi ing mongso sakteruse tak kiro tantangane wes bedo maneh
memang seharus ks mulai kerja sama dengan banyak produsen baja atau bahasa kasar nya beli satu dua rumusan komposisi baja berkwalited...!!!
Hapuslebih memungkinkan memang dengan negara eropa yang notabe kapasitas produksi mereka kecil karna ketersedian bahan mentah nya...!!!
jadi sudah betul pemerintah untuk mengambil keputusan mengurangi export nikel keluar terutama eropa...kalou mau kerja sama yaa saling meunguntungkan dan jangan monopoly...!!!
sorry yaa...!!!
Itu karena KS gak pernah salah potong plat, makanya damen mau beli..
BalasHapusBaca yg benar lon,Damen import baja dari Indonesia,berarti kapal NGPV mu yg dibuat Damen bajanya dari Indonesia dong 🤣😁😂
BalasHapusMalon jealous,pura2 bego setelah baca artikel 🤣😁😂
BalasHapusDamen Belanda beli plat baja dari PT Krakatau Steel Indonesia berarti kapal NGPV APMM Malon yg dibuat Damen bajanya dari PT Krakatau Steel dong 🤣😁😂...FACT,Kapal NGPV APMM malon bajanya dari Indonesia 😁🤣😂👍🇲🇨
BalasHapusJadi apa masalahnya..krakatau dpt bisnisnya apmm dpt kapalnya
HapusMasalahnya lw bilang steel made indo poor quality, tp negara lw pake... Stupid bastard.. 😁 😁
HapusMasalahnya malon tak boleh iri hati 😁😁😁
HapusITUJUGA BELUM TENTU APMM GUNA BAJA DARI KRAKATAU STEEL..BAGI LINK LOH HAHAA..ELU KN SUKA MINTA2 LINK HAHAHA
HapusLw kl diminta link jg kg ngasih ruk... 😁 😁
HapusBodo amat, cari sendiri sono... 😁 😁 😁
Dihantar pun linknya ko pun tak baca,ko pun nantinya pun pura2 dungu bila tau baja kapal APMM ko dari Indonesia dan tetap cakap sembang 😂🤣😁
Hapusada yg KEFANASAAN tembakin fisank om pit haha!🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌
HapusPT.PAL - DAPAT ORDER KAPAL TERUS SAMPAI 15 TAHN KE DEPAN..
BalasHapusMEANWHILE - BAUSTEAD, DESTINI BANKRAPA ..BUAT KAPAL MANGKRAK....ENGINER MALONDOGS IDIOT....SALAH POTONG...DELAY...
BLAH..BLAH..BLAH..BLAH..BLAH
MEGA STEEL BANGKRAP AND THEY WANT TO TEACH INDONESIA ABOUT STEEL?
BalasHapusGO TO BILIK JAMBAN LAH LON 😂😂😂
Malon pake steel buatan China ya, yg lu bilang jelek ugly itu 😂😂😂
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusIS THERE ANY COMPANY EQUAL WITH PT LEN IN MALON?
BalasHapusANSWER: NO
BECAUSE MONKEY GRADE COUNTRY KNOW NOTHING ABOUT M&E
Yeah? But got national car though..while indonesians only assembly other cars brand..
HapusNational cars...? . 😁 😁
HapusJapanese made tepatnya.. 😁 Stempel stiker at malon.. 😁
And then selled to chinesse.. 😁
Proton..sudah punya China @Xxavier....mobil proton enggak laku dan jadi sampah rongsokan di jakarta..
HapusHahahaha..
Protol punya cina itu ke? tak de malon punyer national car, only Chinese car low quality dengan body kaleng yang dapat rosak 🤣😂😂
HapusWKWKWW..PEMUNYA PROTON SEKARANG JUGA PUNYA VOLVO X70 JUGA GUNA ENGINE VOLVO..DI MANA LOW QUALITY NYA HAHAA
HapusLow Qualitynya adalah Proton hanya mobil untuk angkut Babi tak laku untuk angkut manusia 😂😂😂😂😂😂
Hapuswkwkwkw tak laku utk angkut manusia tapi total sales 2019 melebihi honda yang sudah mendunia wkwkwkw
HapusPalingan yg pesen taxi group lg.. 😁 😁
HapusBuat pribadi kg laku... 😁 😁
JANJI LAKU TERJUAL HAHA..ITULAH GUNANYA KERETA NASIONAL UNTUK MEMBANTU RAKYAT MEMILIKI MOBIL SESUAI KEMAMPUAN
HapusGeely jg beli Volvo dari Swedia bodoh...apa yg laku lon,saa kata kereta protolmu laku di malon 😂🤣😁
Hapusmesin lotus ditempel setiker om pit, maren guwe liat atu dijalan, apaan tuch yg 2 pintuw...timfukinn fisank ahh haha!🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌
HapusMana nih yang bilang kapal Indonesia dari baja murahan Cina? Udah terbukti kan bajanya sendiri hasil bumi dlm negeri dan berkualitas.
BalasHapusBAJA BERKUALITI TIDAK MENJAMIN MAMPU MENAHAN SEA STATE TINGGI SAMA ENDURANCE..BUKTINYA KCR60 HANYA 6 HARI ENDURANCE HAHAHA
Hapus👆 SATWA GOBLOK..
Hapusapa hubungan nya Baja berkualiti sama sea state n endurance..🤔
Sea state tergantung desain berat, panjang n tinggi, seeta keseimbangan kapal,
Endurance tergantung kapasitas bahan bakar, tp bisa di akalai dengan Engine yg bisa memacu kapal hingga 28-30 knot
biar loe kagak BEGO'
baja berquality agar bodi kapal tahan karat, tahan lama masa pemakaian nya
Ga konek ni monyet. Ini hubungan nya dgn volume bahan bakar yg dpt di bawa jga logistik air
HapusMana ada hubungan baja dgn sea state bodoh,apa2 pun ko tak tahu,ko nih cuma tin kosong je lon
Hapussi LeMeS cuman sanggup jalan 2000NM paling kecil diantara seluruh kapal sepanjang 68 meter di kawasan haha!😀😀😀
Hapusmasa kalah ama kapal 60 meter bisa 2400NM lho, ngebut lagi uhuuyyy haha!🏎🏎🏎
Positifnya urusan jual beli Alutsista vs kemandirian ini kita jadi tahu bolong2 kita di mana. Tapi yo kalo masalah besi khusus ini dah diketahui sejak proyek Sigma...yo kebangetan kalo muncul lagi jadi masalah sekarang.Trus apa yg kita lakukan hingga produk pkr105 plus renc tambahannya sekarang?.Jika memang "besi khusus" yg jadi masalah ToT,knapa ini gak diselesaikan oleh kita?
BalasHapusUntuk itu kita butuh pembuat keputusan type destroyer!
- Lokal konten dikorbankan dialihkan ke porsi transfer ilmu bikin kapal.
- KS "paksa" bikin besi khusus tsb. Dananya di talangin pemerintah!
Kalo salah satu dr dua ini gak dilakukan.....
bukan salah bunda mengandung,tapi pembuat keputusannya yg dipertanyakan kapabilitasnya!
Pemerintah tertutup sih, tak pikir udah bisa buat baja standar kaprang
HapusBro@HB,
HapusKalo saya pembuat keputusan "type destroyer" cuma ngomong singkat:
"SEJAK KAPAN BESI JADI MASALAH!"
Mungkin campuran besinya yang bisa menyerap atau memantulkan radar lawan? kualitas besi kurang memadai? entahlah yang tahu permasalahan hanya orang dalam 🤔
HapusMohon ijin kpd para sesepuh disini... Sy mau mengeluarkan sedikit pendapat, siapa tahu masuk akal....
BalasHapusSetahu saya dalam perjanjian sebuah kontrak yg ditanda tangani dan disetujui oleh kedua belah pihak itu sudah tercantum semua kewajiban yg harus dipenuhi....
Pemain internasional sekelas DAMEN pasti sudah membaca seluruh detail isi kontrak yg akan dia setujui jauh jauh hari sebelum disepakati dan ditanda tangani... Dan kemhan pun pasti sudah memberi tahu poin poin kewajiban yg harus dipenuhi DAMEN dlm perjanjian tersebut jauh hari agar bisa dipelajari DAMEN dan agar DAMEN pun bisa menyatakan mereka sanggup atau tidak...
NAH jika kita pelajari masalah kontrak ini... disinilah bakal ketemu dan terlihat jelas licik nya BELANDA, aka NETHERLANDS, aka KUMPENI,...!!
A. MASALAH TOT.
Salah satu permasalahan keberatan yg diprotes kemhan adalah masalah TOT damen yg tidak sesuai komitmen untuk serius melakukan supervisi pada proses produksi yg dilakukan PT.PAL, dan ini sudah terjadi sejak prmbuatan sigma 90M.
Dlm masalah TOT ini seharusnya PT. PAL melapor ke KEMHAN sejak dulu sewaktu pengerjaan sigma 90 m. Kalo saja PT.PAL melapor ke KEMHAN bahwa damen tidak serius menurunkan TOT nya sejak awal tentu kemhan bisa bertindak memberikan kartu kuning kpd DAMEN dan menuntut komitment TOT damen sesuai kontrak.. simple nya kira kira kemhan bisa bilang gini ke damen " KALO GAK MAU NGASIH TOT YA JANGAN SETUJUI KONTRAKNYA...."
B . TKDN
Jika memang isi dalam kontrak tsb mewajibkan TKDN yg tinggi ( semisal diatas 50% ) maka seharusnya damen melakukan survei pada industri baja lokal yg akan ditunjuk sbg pemasok bahan baku sebelum mereka menyetujui dan menandatangani kontraknya, dan jika berdasarkan pada hasil survei damen tidak ada industri lokal yg bisa menyediakan bahan baku sesuai kriteria mereka maka damen seharusnya melaporkan poin perjanjian TKDN ini ke kemhan dan minta untuk direvisi agar nilai TKDN didalm kontrak diturunkan.... Tapi nyatanya pada saat tanda tangan kontrak mereka diam saja dan menyanggupi....
Satu lagi indikasi kelicikan mereka bab masalah TKDN ini bisa kita pelajari dari rekam jejak aktivitas mereka,.. Apakah sebelum produksi mereka pernah melakukan pemesanan baja dg kategori khusus kepada PT.KS Kalo tidak pernah mesan kok mereka langsung memvonis industri baja kita tidak bisa memenuhi kriteria baja sesuai pesanan mereka...
Jika kita ingin ngebut untuk bisa mandiri dlm alutsista maka INHAN dlm negeri yg menyerap TOT dari INHAN luar negeri harus sering melaporkan progres penyerapan TOT yg mereka dapatkan dari INHAN luar negeri kepada KEMHAN sebagai tindakan... Dan jika tidak sesuai dg kontrak yg disepakati KEMHAN harus mengambil tindakan sebagai wujud pengawasan/supervisi untuk memastikan bahwa point point perjanjian yg disepakati dlm kontrak kerja benar benar dilaksanakan..
Wissss.... Pokok e londo ora iso dipercoyo.... Nek arep percoyo yo karo rondo wae... sing isih nom yo ojo sing tuo....
Hahahaha....
350 tahun menjajah kok masih percoyo 100%.
HapusWatek kompeni yo ngono kuwi....😂😂😂😂
Hahaha...bener om komoeni mah bisnis setengah hati kalau sama Indonesia...mulai Sigma,PKR ,samapai MBT leo dl aja ribetnya kaya gmn...maklum dia ga mau bekas jajahannya jd maju...hehehe
HapusMang cek,kalau ga salah wkt yg dikirim ke damen wkt sigma bkn dr PT PAL aja yg brkt,beberapa dr TNI AL ikut,jd kalau KEMENHAN ga tau saya rasa mustahil jg.saya yakin Kemenhan tau...cm ga bs berbuat banyak...pasti ada berbagai macam alasan dan cela yg di maanfaatkan damen buat kasih alasan...hehehe
Yen wes ngerti nggono kenopo mbiyen dibacutke......tekon temenan iki mas rian 🤔
HapusJadi kedepanya jika kita memang ingin ngebut dan mandiri dlm alutsista, ada beberapa usulan yg ingin saya sampaikan terkait permasalahan pemenuhan hak dan kewajiban oleh pihak 2 yg terikat dalam kontrak tersebut.
Hapus1. Dalam setiap kontrak alutsista yg mencantumkan kewajiban TKDN dan TOT wajib disertai dengan klausul kesepakatan pengikat yg mencantumkan SANKSI bagi pihak yg tidak memenuhi kewajiban mereka sebagaimana yg tercantum dlm kontrak yg telah disepakati.
2. Jika dalam kesepakatan kontrak kerja tersebut mencantumkan adanya kewajiban penggunaan TKDN yang tinggi maka pihak INHAN luar yg menyatakan berminat untuk menjadi kontraktor wajib mempelajari kelaikan kualitas produksi bahan baku industri dlm negeri apakah sudah sesuai dengan kriteria dan spesifikasi mereka sebelum mereka menyatakan setuju dan sanggup untuk menerima kontrak kerja dari pihak KEMHAN RI.
3. Pihak INHAN dalam negeri yg ditunjuk oleh KEMHAN RI wajib menyusun RUMUSAN target capaian TOT yang di inginkan dari pihak INHAN luar, agar TOT yg dibeikan oleh INHAN luar bukanlah bidang yg sebelumnya telah dikuasai oleh INHAN dlm negeri. ( benar benar cari ilmu yg belum dikuasai )
4. Pihak INHAN dlm negeri wajib melaporkan capaian TOT yg mereka dapatkan dari INHAN luar kepada KEMHAN RI secara berkala sebagai bentuk pengawasan pelaksanaan kesepakatan yg telah dibuat.
Note :
Kalo keempat rumusan tsb di implementasikan dan dilaksanakan sejak dulu saya yakin tidak akan ada permasalan seperti yang terjadi dengan DAMEN saat ini.
Belajar dari pengalaman saat ini yang mana kita lihat sendiri DAMEN terlalu licik dan pintar berkelit sehingga kedepanya kita harus memperbaiki isi kontrak kerja yg akan diberikan kpd pihak INHAN asing agar lebih mengikat.
KASARNYA DALAM USULAN SAYA TERSEBUT TERDAPAT PESAN YG ISINYA KIRA KIRA SEPERTI INI. "" KALO GAK SANGGUP YA GAK USAH MASUKIN PENAWARAN DALAM TENDER, APA LAGI SAMPAI MENANDATANGANI KONTRAK KERJA ""
Piye menurut mbah e sedoyo....???
Maap om hari arti nya apa...ak bs bahasa jawa cm sedikit sedikit aja....hehehe
Hapusbelajar dek bahasa jawa...kalou engak bisa bagai mana kamu mau nyalon presiden...si hari itu chino cuma pinter bahasa jawa...rencana th 3000 dia mau nyalon...wkwkwkw...
HapusKalau dilihat dari google Maps pabrik Krakatau lumayan gede, apalagi ditambah dengan pabrik milik Krakatau-Posco. Sedangkan tambang biji bajanya ada disebelah timur atau selatannya..
BalasHapusMungkin 50-100 tahun tdk akan habis sampai gunungnya krowak ke bawah mirip Freeport.. haha.. 😅😅. ajooooorr... ajoooorr...
Lagian sampai kapanpun Indonesia tdk akan kehabisan bahan2 tambang kek gini.. Karena sekali gunung meletus yg dikeluarkan tdk jauh2 dari Emas, nikel, baja, timah, tembaga, platinum, bahkan uranium.. wkwkwk..
BalasHapusNyimak
BalasHapustanda-tanda frigat Omega 6000
BalasHapusSpesifikasi khusus ya?
BalasHapusAku mau PT LEN dan Pindad merancang senjata elektromagnetik untuk lawan pesawat siluman
BalasHapusSeneng lihat diskusi di blog ini. Para suhu orangnya cerdas2. Mantaaaabbbb
BalasHapusUntung aku dudu suhu.
Hapus😛
Master.
Hapuskalau PS itu bukan Suhu tapi....Sifu.
Hapushhhh
Nek aku bar dadi temperatur,.. Urung dadi suhu....
HapusHa..ha..Efek dari pemerintah menutup kran export biji nikel.
BalasHapusbenua biru mulai memikirkan untuk menggunakan baja produk local Indonesia.Krakatau juga harus berbenah dengan tehnologi baru sehingga bisa menghasilkan baja yang sudah diperkaya dengan nikels sehingga lebih tahan karat.
secara gak langsung yurop, bakal INVEST besar2an kesini lho...yakk masuk lg EURO, Poundsterling, masak kalah ama RUBEL ROSNEFT haha!😎😎😎
Hapusitulah gunanya semelter, bentar lg yg di papua, wajib bikin!
Hapusbiar kliatan smua isi kerukannye, ya gak om823haha!🤣🤣🤣
Tajam juga scan om pal..he.he.
HapusBenua biru sudah nggak bisa lagi otak atik Indonesia,malah kick back nya makin membuat Benua biru kocar kacir...
Kamu band sawit kami ya nggak apa apa ,kami pake sendiri aja jadi BBM.
Kami stop biji nikel ..kamu bisa apa hai benua biru...60 persen biji nikel dunia selama ini di supply Indonesia.
Kalo bisa PT Pal sekalian TOT LPD Damen Enforcer 1000 dri belanda.
BalasHapusKAN SUDAH ADA MAKASSAR..ENFORCER ITU DIAJUKAN UTK MALAYSIA BUKAN UTK RI HAHAHA
HapusKIta kan udah bisa bikin LPD,ya desain itu aja di otak atik sesuai kemauan pasar.Tot lagi kapan majunya tot terus.
HapusEnggineers Pal harus di dorong untuk naik satu tingkat lagi bikin LHD...biar bisa menyamai selatan .
Unknown sedang diskusi dengan dirinya sendiri. He
Hapus@unknown 677
HapusEmang kebeli DAMEN ENFORCER AME MALON??
Nanti macam kes MPA yg nak ATR, jadinya convert CN235 ke MPA hasil hibah US pula 🤣
https://youtu.be/2sj5-yw9WiE
BalasHapusAnimal behave this way
@Malon sepi komen karena shock berat ternyata horny nya harus rapat inap ke Asutarila.
BalasHapus"Ape gue Aircrod kalo gitu???" rintih Malon dlm hati.😥😥😥
Kalo yg materi bahasanya sudah agak berbobot malon lansung diam om... Kapasitas otak mereka kgak sanggup untuk mencerna nya....
HapusHahahaha...
Airod guna utk mro herky sama commercial airliner..ohh tanker tni juga ke airod haha
HapusCuma 1 je,selepas tak nak lg sebab airod lembab cem siput 😂🤣😁
HapusPanggil Boeing ke airod kek. Ha ha....
Hapus#gune maksudnya!
BalasHapusRADAR MARCONI di GONG KEDAK AFA KABAR???
BalasHapusANWAR: menhan bilang sistem radar marconi top 5 duniya,
5 negeri dilalui, namun pesawat besa tak nampak di radar haha!🤣🤣🤣
MENHAN BARU: nanti kita beli radar baru...?
lha haha!🙄🙄🙄
kalo siang MARCONI..lepas malam MARKONAH haha!🍻🍻🍻
(MH370) Anwar Ibrahim: Kapal Terbang Masuk Langgar Ruang Udara 5 Negeri, Menteri Tak Jawab
https://www.youtube.com/watch?v=X0EMhdOTQEY
jom shopping soping, uda 2020 nich, skedar tanya om? gausa ngegas donk ah haha!😉😉😉
HapusPlat baja khusus destroyer anti radar bla bla bla,,,,dasar penipu ya penipu, masih punya muka pakai basa basi plat baja khusus' indonesia dah eksport kapal 50.000 ton dan yg beli ntu jerman dan perancis, kalau untuk plat baja kapal kaerakatau steel udah mampu cuman sulit bersaing harga dengan plat baja china,,,stop kerjasama ame demen penipu, ni modus basa basi busuk.
BalasHapusYang paling susah di ajak kompromi ya parlemen mereka sok peduli ham makanya sulit mereka mau kasih TOT KE KITA mayoritas parlemen Belanda (twede kamer) menolak penjualan tank Leopard ke Indonesia. Alasannya, Indonesia sampai saat ini pelanggaran HAM masih terus terjadi....hahahahah...MEREKA LUPA BAHWA MASALALU BELANDA YG MENJAJAH INDONESIA LEBIH PELANGAR HAM, MEMBUNUH MASYARAKAT SIPIL INDONESIA,PEMBUNUHAN RIBUAN DI BEKASI rawagede,PEMBUNUHAN MASYARAKAT SEBAGIAN JAWA,RIBUAN WARGA BANDA......MEREKA LUPA
BalasHapusPENJAJAH KOK DI PERCAYA....DEK KITA BUTUH RUDAL GEDE DEK, BUKAN HANYA KAPAL GEDE AJA DEK..🏃♀️🏃♀️🏃♀️🏃♀️🏃♀️
BalasHapusDan rudalnya type destro dek.
HapusPercum gede doang dek tapi cepet lemes dek
🏃♀️🏃♀️🏃♀️🏃♀️🏃♀️
Hahahahahah👍
Hapus😀😀😀😀😀
HapusKalau saya sih Hanya Punya Usul....
BalasHapusJika Permasalahan banyak di Metalurgi khususnya Baja...ada Baiknya Pemerintah Membuat Perusahaan tersendiri yang bukan Profit Oriented..Produksi Baja Khusus atau Bahan Metal Khusus lainnya....
Kalau Krakatau Steel membuat Pabrik Kedua dengan biaya sekitar US$ 381,8 juta ...itu investasi awal....
Pertanyaan nya mau apa tidak Pemerintah menggelontorkan dana sekian hanya untuk Pabrik Baja...yang Non-Profit ..?
Dengan Alasan :
1. Kemandirian
2. Kerahasiaan
3. Memacu UKM dalam negri
4. Pemenuhan Kebutuhan Proyek Strategis dan Non Strategi.
Saya kira bisa....tergantung..mau apa tidak.
===============sepurane wong koplak nulis essay...hehe
5.