19 Juni 2012

TNI AL Gandeng PT LEN Industri untuk Litbang Elektronika Pertahanan

19 Juni 2012

Kerja sama TNI AL dan PT LEN Industri dalam bidang penelitian dan pengembangan fokus pada Combat Management System, alat komunikasi militer, alat instruksi/alat penolong instruksi, serta peperangan elektronika (photo : Ristek)

TNI AL & PT LEN Industri (Persero) Adakan Kerja Sama


Guna mengembangkan kemampuan di bidang penelitian dan pembuatan rekayasa elektronika pertahanan di lingkungan TNI AL, TNI AL menggandeng PT LEN Industri (Persero) untuk bekerja sama saling menguntungkan. Kerja sama tersebut, Selasa (19/6), dilaksanakan dalam bentuk penandatanganan Piagam Kesepakatan Bersama (PKB)  yang dilakukan oleh kedua belah pihak, bertempat  di Gedung Utama,  Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur. 

Sebagai pihak pertama, PT LEN Industri (Persero) diwakili oleh Wahyuddin Bagenda selaku Direktur Utama (Dirut), sedangkan TNI AL sebagai pihak kedua diwakili oleh Asisten Perencanaan dan Anggaran Kepala Staf Angkatan Laut (Asrena Kasal) Laksamana Muda TNI Ade Supandi, S.E.

Kerja sama antara kedua instansi tersebut antara lain melingkupi, kerja sama dalam bidang penelitian, pengembangan Combat Management System, alat komunikasi militer, alat instruksi/alat penolong instruksi, serta peperangan elektronika (pernika). Selain itu dalam bidang peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang rekayasa elektronika pertahanan juga menjadi hal pokok pada kerja sama tersebut.

Menurut Asrena Kasal, kerja sama ini merupakan upaya untuk mensinergikan sumber daya yang dimiliki TNI AL dengan PT LEN Industri (Persero), sekaligus dalam rangka mendayagunakan kemampuan industri dalam negeri guna mendukung kemandirian pemenuhan kebutuhan Alutsista TNI AL dan penguasaan teknologi elektronika pertahanan.

Kerja sama antara  TNI AL dengan Industri dalam negeri PT LEN Industri (Persero) ini akan berjalan hingga lima tahun kedepan terhitung sejak 19 Juni 2012, diharapkan dengan adanya kerja sama tersebut dapat mensejajarkan industri pertahanan dalam negeri dengan industri pertahanan di dunia internasional, dan menumbuhkan kemandirian Indonesia akan pemenuhan kebutuhan Alutsista. “Saya harap seluruh pihak akan segera menindaklanjuti kesepakatan ini dengan penuh rasa tanggung jawab, sesuai dengan peran, fungsi, dan tugas masing-masing,” kata Asrena Kasal Laksda TNI Ade Supandi, S.E.

Dalam kesempatan yang sama, Dirut PT LEN INDUSTRI Wahyuddin Bagenda, berharap, kerja sama ini dapat terlaksana dengan baik, dan implementasinya dilapangan dapat diwujudkan secara nyata, tandasnya.

Turut hadir dalam acara penandatanganan kesepakatan antara lain: Wakil Asisten Perencanaan dan Anggaran (Waasrena) Kasal Laksamana Pertama TNI Desi Albert Mamahit, M.Sc., para pejabat teras di lingkungan Mabesal Jakarta, para pejabat teras PT LEN Industri (Persero), serta para tamu undangan dan pejabat terkait lainnya.

(TNI-AL)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar