11 Juni 2014

Bakorkamla Programkan Pangkalan Kapal Patroli Setiap Satgas

11 Juni 2014


Badan Koordinasi Keamanan Laut RI metargetkan pembangunan dermaga pangkalan kapal patroli di setiap satuan tugas yang dimiliki (photo : kertaz krezex)

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Badan Koordinasi Keamanan Laut RI memprogramkan pembangunan dermaga pangkalan kapal patroli di setiap satuan tugas yang dimiliki.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Bakorlamla Laksda TNI Dr DA Mamahit di Minahasa Utara, Sabtu, mengatakan pada masing-masing satgas akan dibangun dermaga pangkalan dan kantornya.

"Untuk dermaga pangkalan kapal patroli di Serei, Minahasa Utara, merupakan yang kedua," kata Mamahit usai peresmian dermaga kapal patroli Satgas II Korkamla Manado di Serei.

Mamahit mengatakan sebelumnya telah melakukan peresmian dermaga kapal patroli di Batam yang merupakan Satgas I Korkamla.

Untuk dermaga pangkalan ketiga akan dilakukan di Ambon yang merupakan Satgas III Korkamla.

Dengan melihat luas wilayah Indonesia, ketiga dermaga atau pangkalan itu dinilai belum cukup, sehingga memprogramkan juga untuk membangun dermaga di pos-pos Bakorkamla lainnya.

Pembangunan dermaga pangkalan itu akan dilakukan secara bertahap.

"Karena selain Satgas, kami juga punya stasiun Radar yang berjumlah sekitar 18 buah. Program kedepan akan membangun dermaga, sehingga kapal-kapal yang dioperasikan Bakorkamla memiliki tempat sandar," katanya.

Menjawab pertanyaan, dia mengatakan, degan dibangunnya dermaga pangkalan kapal patroli di Serei, Minahasa Utara, akan memberikan dukungan logistik kepada kapal-kapal yang dioperasikan di wilayah ini.

"Kapal tidak selamanya di laut tetapi perlu sandar di dermaga yang antara lain mengisi bekal ulang, untuk logistiknya mulai dari bahan bakar, air tawar maupun bahan makanan," katanya.

Sementara itu hadir pada peresmian dermaga pangkalan kapal patroli di Serei, antara lain sejumlah pejabat Bakorkamla RI, Wadanlantamal VIII Manado Kolonel (Mar) Saud Tamba Tua, Dirpolair Polda Sulut Kombes Pol Hero Bachtiar.

(Republika)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar