09 November 2016

Skuadron 32 Terima Lagi Pesawat Hercules Hibah dari Australia

09 November 2016


Pesawat C-130H Hercules A-1335 (photo : TNI AU)

Herky A-1335 Perkuat Operasi Skud 32

Kedatangan pesawat Hercules A-1335 dari hibah Royal Australian Air Force (RAAF) Australia di Skadron Udara 32 Wing 2 Lanud Abd Saleh Senin kemarin (7/11) menambah kekuatan Skud 32 untuk melakukan tugasnya di dalam menegakkan NKRI, setelah tujuh bulan sebelumnya telah hadir pesawat Hercules A-1334 dari negara yang sama. Dengan kehadiran armada A-1335 ini Skadron 32 telah dihuni 16 pesawat Herky. Bertempat di lapangan apel Skud 32, dilakukan apel tradisi kedatangan pesawat Hercules C-130 dengan registrasi A-1335 yang pimpin langsung oleh Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI H. RM. Djoko Senoputro, S.E., M.M., dan dihadiri Komandan Depohar 30, Komandan wing 2, Komandan Skadron 32, beserta para pejabat Lanud Abd lainnya.

Pesawat Hercules A-1335 ini telah datang di Indonesia sekitar 2 minggu yang lalu, yang terlebih dahulu di tempatkan di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta dan hari ini telah tiba di Lanud Abd Saleh yang diterbangkan oleh Letkol Pnb Agus Rohimat dan Lettu Pnb Andika dalam keadaan aman dan lancar, jelas Danlanud Abd dalam sambutannya. Sejarah telah membuktikan bahwa selama ini pesawat Hercules merupakan pesawat pendukung operasi dalam hal angkut personel dan logistik, telah menunjukkan keberhasilan dalam berbagai operasi. Tidak hanya memberikan kontribusi bagi kepentingan operasi militer namun juga memberi andil pada berbagai operasi kemanusiaan di seluruh wilayah NKRI bahkan internasional.

Mengingat kebutuhan operasional pesawat Hercules begitu besar, maka Danlanud Abd minta kepada jajaran Wing 2 Lanud Abd Saleh khususnya Skadron Udara 32 untuk lebih alert merawat secara berkala dan menyeluruh agar pesawat dapat beroperasi secara maksimal. Marsma TNI Djoko Senoputro berharap, Semoga dengan kedatangan pesawat ini, akan menambah kekuatan dan kesiapan pesawat Hercules di Skadorn Udara 32 dalam mendukung tugas-tugas operasi ke depan. Skadron Udara 32 Lanud Abd Saleh yang salah satunya memiliki tugas dan tanggung jawab mengoperasikan serta memelihara sampai tingkat sedang pesawat C-130 Hercules dalam mendukung tugas-tugas operasi TNI AU dituntut untuk menjaga kesiapan operasional pesawat yang dipercayakan Komando Atas kepadanya.

Danlanud Abd mengingatkan kepada air crew maupun non crew serta seluruh warga Lanud Abd Saleh untuk senantiasa mengedepankan budaya safety, laksanakan prosedur tetap sesuai sop (standard operasional procedure) dalam kondisi apapun. jangan pernah terjebak dalam budaya rutinitas, yang akan menimbulkan kerugian baik personel maupun materiil.

Acara tradisi ini ditandai dengan penyiraman air bunga oleh Danlanud Abd ke moncong pesawat Hercules A-1335 diikuti oleh Komandan Wing 2 Lanud Abd sebagai tanda bahwa pesawat tersebut resmi memperkuat jajaran Skadon Udara 32 Wing 2 Lanud Abd Saleh dan penyiraman bagi kedua orang penerbang yang membawa pesawat tersebut. Danlanud Abd juga membuka penutup badge Skadron Udara 32 yang berada di sebelah kiri pesawat.

(TNI AU)

4 komentar:

  1. semoga c-130H nya aman sentosa dan jauh dari celaka..

    BalasHapus
  2. Amin amin ...semooga tni au bisa belli pesawat angkut baru bukan pesawat tua di bilang masih kuat kuat kayak orang minum jamu hehe ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. .... lebih mengerikan lagi kalau membeli rongsokan "kommercheskiy" (versi export downgrade) yang dibilang "baru", tapi belum 10 tahun operasional sudah terjamin harus menjalani kewajiban "perbaikan mendalam".

      Hapus