14 November 2019

PT Dahana Siapkan Produksi Roket S8 Kom dan Bangun Pabrik di Timor Leste

14 November 2019


Roket S8 Kom (image : Yugoimport)

Prabowo Sebut Industri Pertahanan Banyak Kurangnya, Ini Kata BUMN

Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengunjungi pabrik PT Pindad (Persero) beberapa waktu lalu. Dari kunjungan itu, Prabowo berpandangan jika industri pertahanan nasional masih banyak kekurangannya.

Apa kata PT Dahana (Persero) sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di industri pertahanan?

Presiden Direktur Dahana Budi Antono memaparkan, saat ini sebenarnya sudah ada Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP). Kemudian, dia menyebut jika alat pertahanan sudah disertifikasi maka sudah bisa dibeli TNI.

Namun, dia bilang, ada sejumlah barang yang justru didatangkan dari luar negeri alias impor.

"Sebetulnya kita punya KKIP Komite Kebijakan Industri Pertahanan, barang siapa yang sudah tersertifikat, akreditasi itu boleh TNI beli ke industri lokal. Contohnya, Dahana, Pindad, DI (Dirgantara) PAL. Kadang-kadang belinya keluar," jelasnya di Kementerian BUMN Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Pihaknya tak menyebut barang-barang yang dimaksud. Namun, dia tak menepis untuk alat pertahanan dengan teknologi canggih Dahana belum bisa memproduksi. Dahana sendiri, kata dia, sudah bisa memproduksi bom dan roket.

"Teknologi canggih kita akui kita belum bisa. Kalau Dahana bisa bikin bom sudah ada sertifikatnya, terus nanti ada Roket S8 Kom tahun depan diuji dinamis pakai Sukhoi," ujarnya.


Pemakaian alat pertahanan yang dipasok oleh BUMN nasional ke Kementerian Pertahanan (Kemenhan) ataupun TNI pun masih minim. Menurut Budi, saat ini baru sekitar 13%. Terkait minimnya pemakaian alat pertahanan ini, ia meminta agar ditanyakan ke Kemenhan ataupun TNI.

"Kita tergabung holding National Defence and Hightech Industries (NDHI). Kita itung-itung yang dibeli TNI atau Kemhan itu 13%. Kita maunya 35% dengan produksi dalam negeri," ujarnya.

"(Kenapa?) Tanya deh ke sana. (Menurut Dahana?) Apa namanya saya nggak tahu, mungkin NDHI belum bisa buat macam-macam, mereka (untuk) kemampuan juga, jadi mereka belinya dari luar. Tapi kalau Dahana bisa bikin bom, roket bisa bikin S8 Kom harusnya dibeli," jelasnya.

Prabowo sebelumnya mengunjungi Pindad untuk mempersiapkan arah industri pertahanan ke depan. Menurutnya, industri pertahanan masih banyak masalah.

"Ya kekurangannya banyak sekali ya. Kehidupan kan selalu penuh kekurangan. Sekarang masalahnya adalah bagaimana kita cari solusi terhadap kekurangan-kekurangan tersebut," kata Prabowo di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/11/2019). Prabowo menjawab pertanyaan soal kekurangan industri pertahanan usai mengunjungi Pindad. (Detik)

PT Dahana Akan Bangun Pabrik Bahan Peledak di Timur Leste

Jakarta – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor bahan peledak, PT Dahana (Persero) akan membangun pabrik penghasil bahan peledak di Timor Leste. Pembangunan pabrik tersebut akan dimulai pada tahun 2020 mendatang.

Setelah bom menyusul roket pesawat Sukhoi akan dibikin di dalam negeri (photo : ngeair)

Presiden Direktur PT Dahana Budi Antono menerangkan, pembangunan pabrik bahan peledak di Timur Leste merupakan langkah ekspansi bisnis perseroan ke pasar ASEAN. Pembangunan pabrik itu juga menjadi langkah awal Dahana mengembangkan bisnisnya di Timur Leste karena negara tersebut punya potensi pasar yang besar.

“Awalnya, Timor Leste ingin mandiri dalam bidang bahan peledak. Jadi Dahana diundang untuk bikin pabrik di sana. Dahana langsung mengiyakan. Karena kalau tidak diambil maka perusahaan Australia yang akan masuk ke Timor Leste. Ini peluang bagus untuk Dahana,” kata Budi di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa, 12 November 2019.

Dari sisi kapasitas, lanjut Budi, pabrik di Timor Leste memang relatif kecil. Kapasitas produksinya hanya sekitar 1.000 ton per tahun. Investasi yang dibutuhkan sekitar Rp10-15 miliar. Namun dari sisi peluang bisnis, pabrik tersebut sangat menjanjikan. Timor Leste secara geografis dipenuhi pegunungan dan perbukitan, maka pembangunan terowongan untuk infrastruktur akan banyak dibutuhkan.

“Timor Leste bikin pelabuhan, Tibar Bay Port. Jadi yang tadinya gunung, dilakukan cut and field dan dijadikan pelabuhan. Prosesnya tentu butuh bahan peledak. Kami ekspor bahan peledak ke Timor Leste untuk mendukung proyek tersebut,” ujar Budi.

Pembangunan pabrik tersebut diproyeksi hanya membutuhkan waktu enam bulan untuk pengerjaan konstruksi. Dalam waktu dekat ini, Dahana akan menerima kunjungan dari pihak Timor Leste untuk mematangkan rencana pembangunan pabrik tersebut.

Dahana sendiri saat ini tengah menggarap dua proyek prioritas, yakni pembangunan pabrik ammonium nitrat di Bontang, dan pabrik propelan di Subang. Kedua proyek tersebut masing-masing membutuhkan investasi sebesar Rp1,1 triliun dan Rp2,3 triliun.

(InfoBank)

120 komentar:

  1. Buuummm....!
    Dan sarang beruk pun rata...😁

    BalasHapus
  2. Jarak jangkau roket s8 sampai berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. antara 2-4km bro,ini yang sering dipakai di peluncur mi 35,sekelas sih sama roket ffar,bedanya cuma versi barat dan timur

      Hapus
    2. itu bisa ngembangin senjata nuklir BRAMASTRA keg punya arjuna belum ga ya?

      😂😂😂😂😂, buat nurutin mas IB

      Hapus
    3. ps sama aja pada ekor ada sirip lipat

      Hapus
    4. http://roe.ru/eng/catalog/aerospace-systems/air-to-air-missile/s-8kom/

      Jangan2 hasil TOT Rusia yaa ?
      Karena sepertinya hasil licensi, biasa dipakai di Heli Mi35..

      Kalau RI sudah bisa buat beginian sih rasanya Heli TNI AL serang bakalan ada kans Mi28 Night Hunter Rusia nih yg nemplok di LPD Makassar Class ?

      Saya lupa kalau tidak salah RI juga sudah bisa bikin rocket sejenis Hellfire yg dipakai Apache kan ?

      Hapus
    5. Di ngApache itu roket Hydra mas'e..😁

      Hapus
    6. Sorry maksutnya Rocket Hydra.

      Hapus
    7. Baru revisi typo pas udah komen baru muncul komen njenengan mas PS.. maturnuwun saya salah...

      Hapus
    8. Ternyata memang roket kemampuan dasar seperti Hydra sudah bisa dibuat sendiri disini mas, tinggal izin saja ke OEM nya boleh gak peluncur roketnya pake punya Apache tapi dalemannya diganti roket bikinan Pindad.

      https://www.indomiliter.com/roket-hydra-70-satu-dari-tiga-kombinasi-senjata-maut-ah-64e-apache-guardian/

      Hapus
    9. Lumayan daripada Lumanyun, selain roket kecil juga bisa buat roket medium

      https://militermeter.com/pindad-dapat-lisensi-produksi-roket-astros-ii-dari-brasil/

      “Jadi mulai akhir tahun kita akan asembling roket ini di Turen. Dan kalau ini sudah jalan, kita juga coba masuk untuk buat sendiri transporternya,” kata Abraham

      WOW... bikin truk peluncur rocket sendiri maksutnya ?? Transporter teh naon ?

      Hapus
    10. Yup, bisa itu lebih mudah.

      Lebih mbulet urusan ama yg punya OEMnya, salah dikit bisa kena pasal mereka...😁

      Hapus
    11. kayaknya serai ku sih pengembangan sendiri mas @super contoh macam p100 ini,kemarin pod acmi untuk sukhoi,terus roket s kom,yang minta tot itu amunisi bmp 3f

      Hapus
    12. MantAB S8 kom juga sudah bisa di buat...

      Hapus
  3. 👆👆👆👆👆😂😂😂😂
    budjang lapok

    BalasHapus
  4. ☝☝☝😂😂😂

    Koyo kayu ae iso gapuk

    BalasHapus
  5. Bntr lg timor leste pny pabrik bahan peledak. Sementara malon pny pabrik dadah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pabrik dadah terbesar di dunia 😁😁

      Hapus
    2. Negara sekecil timorleste masih bisa bangun pabrik propelan,beruk kingdom malah memanjangkan mimpi basah kih kih kih dasar malon bodoh

      Hapus
    3. Malon sudah punya senjata canggih missile dick dengan seeker pencari panas jubor dalam kolor,bila tepat sasaran missile dick ini mampu meledakkan jutaan sel penyakit kelamin ke dalam jubor beruk semenanjung

      Hapus
  6. Malon is jealous to see Timor Leste 😁😁

    BalasHapus
  7. Iskandar,Indonesia hebat Yo !!! 👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih sarapan nasi bungkus bro iskandarnya

      Hapus
    2. Iskandar makin sakit hati lihat Indonesia bangun pabrik propelan di timorleste 😮😮😮😮

      Hapus
  8. Iskandar terpapar radikalisme.. aliran sesat khilafah dajjal sang penjajah negeri orang.

    Kwkwkwk...

    Dar, piye kabare tmn mu yg bunuh diri kmrn di medan?

    Dah dmn dia?

    Bersama bidadari kah? Surga atau neraka?

    Kapan habib gadungan ente plng? Bilangin ke dia, jgn buat fitnah lg.

    Kwkwkw..ok ndar

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayannya yang ngebom bodoh, dia matiga pake gaya.
      harusnya pas mau ngeledakin dia teriak.

      "DAI NIPPON, TENNO HEIKA BANZAIIII...!"

      😂😂

      Hapus
    2. Habib tukang fitnahnya ngumumin Jokowi presiden illegal tapi minta tolongnya sama Jokowi presiden illegal supaya bisa dibalikin ke tanah air...illegal,berarti gk ngakuin kepemimpinannya tapi minta tolongnya sama pemimpin yg gk diakuinnya...parah nih bibib,lawaknye jer 😁😁

      Hapus
    3. Tukang ambigu, selalu tak pernah salah ,lepas dari dosa kata pengkultusnya

      Hapus
    4. Contoh nyata efek kebanyakan ngelem aibon ya gitu.......🤣🤣🤣

      Hapus
    5. Kekultusannya sudah setingkat nabi padahal RASULLULLAH SAW tidak mau dikultuskan

      Hapus
  9. Baca berita hari ini akhir November pak Presiden mau ke Korsel karena Hyundai mau gelontorin duit 28 Trilyun buat bikin mobil listrik di Morowali RI, dia pengen mencuri start dengan membuat electric car manufacture terbesar in east asia. Kalau semua serba listrik nanti (boomingnya diprediksi thn 2025 - 2030 diseluruh dunia) maka konsumsi minyak dunia juga pasti turun lagi, bakalan lemes Saudi dan negara yg mengandalkan devisanya dari minyak.

    https://economy.okezone.com/read/2019/06/30/320/2072783/investasi-di-indonesia-hyundai-motor-mulai-produksi-di-2021

    Electric Car bahan bakarnya dari Lithium Battery, dan hebatnya lagi RI sudah mencuri start dengan progress membangun pabrik Lithium terbesar di dunia yang awalnya bekerjasama dengan China dgn investasi 56 Trilyun sekarang ketambahan investor baru dari LG, CATL, Volkswagen, Tesla hingga Mercedes. Target selesai pabrik Lithium ini di tahun 2021 dan target Hyundai mulai produksi mobil di akhir tahun 2021 juga.

    https://bisnis.tempo.co/read/1227883/luhut-tesla-bangun-pabrik-bahan-baku-baterai-lithium-di-morowali/full&view=ok

    https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190114120153-92-360603/luhut-klaim-ri-punya-pabrik-baterai-lithium-terbesar-di-dunia

    Info terakhir Jepang juga gak mau ketinggalan melihat China dan Tesla mau invest disini yang ternyata karena mutu kadar Lithiumnya termasuk paling bagus didunia.

    Feeling saya konsorsium asing yang investasi nanti totalnya bisa ratusan Trilyun.

    Battery -> Lithium
    Charging -> Electric based -> Coal, PLTU, PLTN, PLTA, Tenaga Surya

    Benar2 akan hilang suatu saat minyak nanti..

    Siapa tahu Tank2 atau army vehicle suatu saat nanti pakai Lithium semua ??? :-D

    -Just Intermezzo-

    BalasHapus
    Balasan
    1. AIP dipasang di nagapasa no mas 😂😂
      tinggal buatin satu segmen lagi. toh kasel kalau oerawatn berat itu dipotongin jadi beberapa bagian dan di ganti jeroannya.


      katanya insinyur kasel korea, kalau model gini sama aja si kasel lahir kembali. cuma hullnya tetep, hehe.


      kagak punya tetangga sebelah. heavy maintenance kok masih utuh., jejangan kagak mampu beli isian hehe

      Hapus
    2. Nahh iya AIP ya paling pas tuh hehehehe

      Kalau tetangga punya baca di forumnya selain memang ada defect di batch kaselnya sehingga tidak bisa menyelam (infonya sudah dibenerin skrg satunya yg gak bisa selam lagi), juga memang dari awal model kasel yg dipilihnya tidak sesuai dengan kedalaman geograpisnya. CMIIW

      Hapus
    3. Om PS,scoerpene tetangga memang sungguh lawak om,katanya kasel baru,sampe negaranya gk bs nyelam,bs nyelam kalo dah di MRO,mestinya kasel baru sampe negara pembeli langsung geal geol donk nyelam di lautan,ini mah kagak 😁😁

      Hapus
    4. AIP = Propulsi
      Lithium ion = baterai

      Bedain lho ya 😊

      Hapus
    5. Pertanyaan saya nih, itu kasel scorpen malon dibawa pakai apa? Kok nggak bisa nyilem, kalau Indonesia kan di naikin langsung sekaligus uji coba, kalau ada masalah kecil saja langsung bisa komplain ke pembuat dan diperbaiki gratis

      Hapus
    6. Berarti dari Perancis disetirin ngambang terus bro..😂😂😂😂

      Hapus
    7. Scorpene malon selama pelayaran dari france ke malaysia dikamuflase serupa tahi dicat kuning sealami warna tahi untuk mencegah hal tidak tidak selama perjalanan...jadi perjalanan mereka aman dan lancar melewati bqnyak negara karena dikira itu tahi mengambang beneran kiriman buang kotoran orang france

      Hapus
  10. weh, peraturan utama padepokan'e Mbah Gono itu mas

    BalasHapus
  11. aku yakin negri jiran IQ jongkok hanya bisa mimpi bina cem ini😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka mampu bina roket siluman taming sari saking silumannya sampai sekarang dicari di pasaran tidak ada

      Hapus
  12. GRED A DARURAT SCORPENE YG BISA GEAL GEOL NYELAM DALAM AIR !!!!🙊🙊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mat gue kuatir ada arwah penasaran/Mahluk halus Altantuya di scorpene...sebab belom terima komisi dr najib dia...😄😄

      Hapus
    2. bakar menyan yg banyak om biar bs silam2 haha!😇😇😇

      Hapus
  13. INDONESIA DARURAT BOM DESTROYER !!!
    INDONESIA DARURAT SUKHOI DESTROYER !!!
    INDONESIA DARURAT ROKET DESTROYER !!!
    INDONESIA DARURAT PRABOWO DESTROYER !!!
    INDONESIA DARURAT MENTRI PERTAHANAN DESTROYER !!!
    INDONESIA DARURAT PABRIK BOM DESTROYER !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bung INDONESIA BISA, ada yang nglanggar hak paten nih, cepet dikarungin

      Hapus
    2. Bisa kena UU hak paten dan kekayaan intelektual dari INDONESIA BISA,jangan gunakan kata DARURAT sembarangan

      Hapus
    3. "TYPE" nya kelewat

      TYPE Destroyer

      Hapus
    4. Bung IB itu penyalahgunaan hak paten DAruroot☝👆☝

      Hapus
  14. Gan Siang ini gue mau SemPro,
    mohon doanya eaa, eaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loalah skripsian ta mas, podo lak ngunu 🤭

      Hapus
    2. Beuh mantapp 🤟

      Jurusan apa mas ? Disini ada seniyor udah sepuh namanya pak Hari beliau baru lulus sidang tesis S3 juga tuh jujuran Kebidanan dan Tata Boga.

      🏃🏃🏃🏃🏃🏃

      Hapus
    3. Beuuhhh...👆👆pembunuhan karakter.

      😂😂😂😂

      Hapus
    4. Teknik Sipil, om SS.

      Lak sing pegang absen ae S3, lha mbah gono ki Profesor opo ya kira2 🤔

      Hapus
    5. Kuwi profesor "nganu" mas, sampun tersohor kok🤣

      Hapus
    6. Selamat bung helmy moga lancar sempronya ... doakan aku cepat nyusul 😅😅😅😅😅

      Hapus
    7. @fyykyyl amiin,
      Yang sempro D-fleet bro. Gw tinggal ngerjain bab 4 n 5 😚

      Hapus
  15. s8 kom, penetrasi armornya mayan lho 400mm, artinya ranpur, tank pon bs berguguran kena hujan roket haha!🚀🚀🚀

    BalasHapus
    Balasan
    1. serbuan yurop timur jd nyata
      yugoimpor masuk,
      Czechoslovak Group(eskalibur army) masuk,
      kamaz/sadko trak masuk,

      banyak lagi yg laen, cuco nech teote lokal haha!🤠🤠🤠

      Hapus
    2. Pt-91m pundekar ERA 800mm tembus gak 🤔

      Hapus
    3. yaa klo dr depan mulesz om, tp atasnya kagak tebel haha!😜😜😜
      ini roket bukan slt, eh senjata lawan tank gt haha!😛😛😛

      Hapus
    4. lha emang warheadnya shaped charged atau blast fragmentation sih mas palu ?

      400 mm itu udah cukup baik loh, apalagi serangannya dari atas(ketinhhian)

      Hapus
    5. Ya pendekar ya pasti tembus lah...nembak S8 kom kan pasti secara salvo bukan 1 bijik...pasti yg Hit target bukan hanya 1 roket mungkin bisa 3 roket dari sekian roket yg di tembakkan.
      Apalagi di tembakan dari atas heli..kena bagian atas tank salah satu bagian lemah.

      Hapus
  16. betewe promo bom p100L gak bawa patnernya pt sari bahari adem ayem yak.
    giliran kfx/ifx promo sendiri2 ada yg kefanasan, pdhl uda lama haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  17. Malob lebih miskin dan hina dari timur leste 😂😂😂

    BalasHapus
  18. “Awalnya, Timor Leste ingin mandiri dalam bidang bahan peledak. Jadi Dahana diundang untuk bikin pabrik di sana. Dahana langsung mengiyakan. Karena kalau tidak diambil maka perusahaan Australia yang akan masuk ke Timor Leste. Ini peluang bagus untuk Dahana,” kata Budi di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa, 12 November 2019.
    ----------------

    hmmn kyk pindad yg go internasional, bumnis gini uda dpt ijin yak, mengingat hasilnya kadang2 gak sembarangan dijual alias "NO" gt haha!🤠🤠🤠

    BalasHapus
  19. Platform baru untuk rocket R-han buatan karoseri delima udah kelihatan desainnya.
    Lebih bagus dari prototype 1 yg pakai hull anoa.

    Bayangkan seandainya proyek ini bener2 mulus, kita benar2 bisa swasembada MLRS buat rocket sekalian platformnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin mokapnya aja dolo, klo ntar jadinya pake ban trek engkel lagi, malesz ahh haha!🚛🚛🚛

      Hapus
    2. Iya ompal, mosok ban panser aja impor

      Hapus
    3. https://www.instagram.com/p/B4taU5PFsld/?hl=id

      Hapus
    4. Rodanya masih nggak asyik.

      Mestinya pakai roda berpenggerak 6x6 atau 8x8 jadi bisa off road, nggak hanya di jalan aspal saja.

      Hapus
  20. https://www.airspace-review.com/2019/11/13/beli-2-a400m-tawaran-airbus-untuk-hak-produksi-penuh-cn235-ptdi/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti selama ini belum kontrak kan?

      Wes ndang tuku lah. Ojo kesuwen selak aku rabi 🤣

      Hapus
    2. ah cuman sertipikat.
      kurang brani nodongnye, harusnya minta sluru produksi cn-235 dipindahin ke bandung sama cem nc-212.

      jd kedepan tinggal n-235 uhuuyy, ituw klo fetedei brani lho haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    3. Basis produksi nya yg kagak mampu om. Sdm dan logistik nya bisa senam jantung kl nc 212 & cn 235 di bandung.

      Hapus
    4. Bener industri maritim kita udah banyak shipyard, sementara industri kedirgantaraan cuman ada Fetedei.

      Tambah lagi manufakturnya, ini BUMN kan? Moso pemerintah gamau kasih duit

      Hapus
    5. Nah benar om pal tanggung nodongnya CN 235 full di buat di sini...karena mereka sudah buat C295...lagian buat C295 si airbus gak ngajak2 PT.DI pengembangannya padahal cuma versi CN 235 yg di tambah panjang & ganti mesin yg lebih powerfull.

      Hapus
  21. Dahana sendiri saat ini tengah menggarap dua proyek prioritas, yakni pembangunan pabrik ammonium nitrat di Bontang, dan pabrik propelan di Subang. Kedua proyek tersebut masing-masing membutuhkan investasi sebesar Rp1,1 triliun dan Rp2,3 triliun.
    ---------------------

    propelan fenting bingit ituw, konon terbesar haha!😉☝☝

    BalasHapus
  22. Balasan
    1. Contohnya apa yg di lakukan negara malondog sudah di kasi info sama yg di atas👆👆👆

      Hapus
    2. That's true, malysian are uneducated and idiot citizens.

      Hapus
    3. Malaysia memang tidak terpelajar baru keluar dari masa pra sejarah bisa baca tulis setelah Indonesia mengirimkan jutaan sukarelawan guru untuk membantu rakyat malaysia bisa baca di awal 1970 an

      Hapus
    4. Malays people uneducated.. Yes that's true...🤣🤣🤣

      Hapus
    5. Malon idiot can't do nothing except kongkek jubor 😁😁

      Hapus
  23. kl itu terjadi, mohon aturan dan penggunaan bahan peledak sangat ketat. kl disalahgunakan oleh teroris timtim utk meneror kota2 indonesia kayak ISIS..

    BalasHapus
    Balasan
    1. EAST TIMOR IS AT PEACE NATION NOT UNLIKE YOUR BASTARD AND UGLY INDONESIA A HOME OF TERORIST PEOPLE AND RADICAL MUSLIMS.

      Hapus
    2. Malays daulah terorist sampe warga US sangka bendera malays itu bendera teroris...😂😂😂

      Hapus
    3. Rocker Malon Sampai rela jadi tentera daesh dan tewas di Syiria kena serangan bom dari pesawat tempur Russia. Tahniah Maloners daesh fans....

      Hapus
    4. komen unknow, tuh pasukan bruder salib kambuh lagi... menfitnah masyarakat islam.. mau menguasai Indonesia..

      Hapus
  24. BIASALAH...MALINGSIA IRI HATI...NEGARA2 TETANGGA SUDAH MAJU...MEREKA MUNDUR...

    BalasHapus
  25. BACA KOMEN DISINI ISINYA CUMA MALON MALON DOANG, KALAU MAU MEMBANDINGKAN INDONESIA ITU KELASNYA SAMA AMERIKA ATAU CHINA, BUKAN SAMA MALAYSIA, MALAYSIA ITU NEGARA KECIL.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus ngapain situ baca???????? Kepo ya..... xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    2. 👈gua tembak pake ginian mampus loe👈

      Ciuuuw ciuuuuw ciuuuuuw

      Hapus
    3. Suka2 kita,mau olok2 malon 💩💩💩💩💩💩 makan nih

      Hapus
  26. HELLO TO ALL IN NEED OF FUNDS FOR BUSINESS OR PERSONAL REASONS.QUICK LOAN GIVE OUT FUNDS TO BUSINESS FIRMS AND INDIVIDUALS FOR JUST 1% INTEREST RATE. CONTACT US FOR MORE DETAIL EMAIL: Quickloan4343@outlook.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. 👈yg kek ginian laku gak di business korang👈

      Hapus
    2. Laku itu pistol destroyer khusus tentera pondan😍😍

      Hapus
    3. Pita birahi pistol andalan malon

      Hapus
  27. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical

    BalasHapus
  28. Totosite links to a betting site for online sports activities. Most private totos fall into this category and very good sites This is called security games or great sites. The list of recommended sports betting verification sites is useful when searching for Toto sites.
    토토사이트

    BalasHapus
  29. Totosite refers to betting sites for online sports programming. Many private Totos join this category, and the beautiful Toto site is called a playground or main site. List of betting site confirmation sites useful for finding Toto site.
    스포츠토토

    BalasHapus