24 Juli 2009

Kendaraan Tempur Bawah Air Aseli Indonesia

24 Juli 2009

KTBA seri IV (photo : Inggil)

KENDARAAN Tempur Bawah Air (KTBA) Kopaska Angkatan Laut sering di gunakan dalam tugasnya melaksanakan sabotase bawah air terhadap instalasi musuh. Dengan KTBA buatan Satuan Komando Pasukan Katak Koarmatim ini, maka personil pasukan katak bergerak secara senyap, mudah, dan cepat menuju sasaran untuk menghancurkan instalasi tersebut.

KTBA adalah hasil inovasi kreatif dan konstruktif serta kerja keras Satuan Komando Pasukan Katak Koarmatim. KTBA merupakan ide dan hasil karya Komandan Satpaska Koarmatim Letkol Laut (E) M Faisal.

Dalam operasionalnya, KTBA berfungsi untuk meminimalkan faktor kesulitan yang tinggi yang diemban personil Kopaska saat menyelam dan berenang dengan jarak jauh menyusup ke daerah lawan dengan beban peralatan tempur yang cukup berat. KTBA yang panjangnya sekitar dua meter dan bobot 400 kilogram itu dilengkapi mesin pendorong Driver Propoltion Vehicle.

Mesin ini biasa digunakan Kopaska, antara lain, sebagai alat pendorong waktu menyelam. Bentuknya memang mirip ikan hiu agar gerakannya lebih lincah.
Meski demikian, alat itu dapat digunakan di atas permukaan air dengan kecepatan tiga knot per jam dan juga bisa melaju di bawah permukaan dengan kecepatan empat knot per jam.

Untuk menjaga kerahasiaan, KTBA dilengkapi peralatan selam closed circuit sehingga tidak mengeluarkan gelembung-gelembung udara. Selain itu, KTBA dibuat dari bahan fiber glass sehingga sulit terdeteksi oleh sonar yang digunakan kapal perang.
KTBA versi awal (photo : Paska Blues)

Komandan Kopaska Letkol Laut (E) M. Faisal yang menciptakan kendaraan aneh itu bersama lima orang anak buahnya mengaku awalnya hanya coba-coba. Dia mengombinasikan teknologi kapal selam dengan ilmu penyelaman yang telah dia kuasai. Bahannya pun dari barang bekas, yaitu DPV yang sudah tidak digunakan lagi oleh Kopaska.

Kelebihan KTBA ala Kopaska selain mampu menyusup pantai musuh di kedalaman yang dangkal juga mampu mengangkut personel serta bahan peledak yang cukup banyak. “Awalnya memang hanya coba-coba. Saya desain saat saya masih di Kopaska Koarmabar di Jakarta dan baru bisa diteruskan setelah menjadi komandan Kopaska Armatim,” kata alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) 1987 angkatan 32 tersebut.

Menurut ayah dua anak kelahiran Palembang yang suka utak-atik peralatan elektronik itu, uji coba KTBA tersebut ternyata mendapat perhatian KSAL. ”Sejak dibuat enam bulan lalu, Kopaska saat ini mempunyai tujuh unit.”

Dia mengakui, karya ciptaannya awalnya hanya diuji coba di kolam renang. Dari hasil uji coba, alat tersebut ternyata bisa digunakan untuk menyelam. Besar volume kantong udara depan dan belakang dibuat sesuai dengan volume udara di pelampung sehingga kendaraan itu bisa diparkir di dasar laut.

2 komentar:

  1. oyo kembangkan terus sampai menjadi m\benar-benar alat perang yang super kecil dan super canggih, tapi jangan lupa di patenkan, jamgam sampai di curi lagi oleh bangsa lain yang memang gemar mencuri budaya bangsa lain

    BalasHapus
  2. Betul Pak TNI, patenkan, buat lagi yang lebih canggih, kalau bisa Muatan personil lebih banyak lagi, usul saya setiap Pangkalan TNI AL diseluruh Propinsi di seluruh Indonesia punya Kendaraan Bawah Air paling tidak 10 kendaraan Bawah Air, Penghargaan Bagi sang Pencipta, Rahmadi Banjarmasin.

    BalasHapus