27 Juli 2009

India Luncurkan Kapal Selam Nuklir

27 Juli 2009

Kapal selam INS Arihant (photo : DefenceTalk)

NEW DELHI, -India meluncurkan kapal selam tenaga nuklir pertamanya pada hari Minggu (26/7). Kapal Selam itu menggunakan reaktor nuklir bekekuatan 85 megawatt dengan kemampuan 24 knot (44km/jam) saat menyelam.

Kantor berita AFP memberitakan bahwa Perdana Menteri Manmohan Singh menyebut kapal selam INS Arihant (penghancur musuh) sebagai "tonggak bersejarah dalam kesiapan pertahanan negara".

Kapal selam seberat 6.000 ton tersebut diluncurkan di kota Visakhapatnam dan merupakan produksi pertama dari lima yang direncanakan. Kapal selam itu juga akan dilengkapi dengan torpedo dan rudal balistik dengan awak sebanyak 95 orang. "Kami tidak punya tujuan agresif dan kami tidak bermaksud mengancam pihak manapun," kata Singh saat peluncuran.


Arihant mempunyai kemiripan dengan Akula class Russia (photo : Defencetalk)

India kini menjadi anggota dari negara pemilik kapal selam nuklir, selain China, Perancis, Amerika Serikat, Inggris, dan Rusia. Kapal itu akan memasuki masa uji coba selama dua tahun di Teluk Bengal sebelum bertugas penuh, tulis Press Trust of India.

Sebelumnya India punya perjanjian sewa beli dengan Rusia untuk satu kapal selam nuklir, selain telah menandatangani kontrak seharta 2,4 miliar euro untuk memiliki enam kapal selam Franco-Spanish Scorpene.

(Kompas)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar