15 Juli 2009

KASAL : TNI AL Jajaki Pembuatan Kapal Perusak Kawal Rudal dan Kapal Selam di Dalam Negeri

15 Juli 2009

Kapal selam mini rancangan TNI-AL (photo : Defense Studies)

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno, S.H., mengungkapkan bahwa TNI AL tengah menjajaki kemungkinan pembuatan kapal perang jenis Perusak Kawal Rudal dan kapal selam mini produksi industri strategis di dalam negeri.

Hal tersebut diungkapkan Kasal Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno, S.H., Selasa (14/7) dalam sambutannya pada acara Bedah Buku Laksamana TNI (Purn) Sumardjono di salah satu hotel di Jakarta Pusat. Bedah Buku setebal 332 halaman tersebut berjudul ”Membangun Angkatan Laut Menuju Kemandirian” yang diterbitkan oleh Dinas Penerangan Angkatan Laut tahun 2009 dihadiri Menhan Prof. Dr. Juwono Sudarsono, M.A., Menneg PPN/Kepala Bappenas Kusmayanto Kadiman beserta sejumlah mantan Kasal dan pejabat TNI.

Kapal perusak kawal rudal rancangan PT PAL (photo : Defense Studies)

Menurut Kasal, TNI AL juga tengah membangun kapal patroli berukuran panjang 40 meter serta kapal cepat trimaran yang mempunyai panjang 60 meter dengan kecepatan 40 mil perjam yang akan dilengkapi persenjatan peluru kendali.

”Untuk mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap luar negeri, khususnya Alutsista, maka jalan satu-satunya dengan memberdayakan industri strategis dalam negeri yang diawali dengan alih teknologi atau transfer of technology ” jelas Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno, S.H.

Kapal patroli trimaran X-3K (image : Lundin)

Pandangan dan pemikiran tersebut, membuka tabir kemandirian Nasional dibidang industri pertahanan, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan Alutsista Angkatan Laut. ”Dengan kemandirian ini, gerbang menuju TNI AL yang kuat dan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia akan dapat terwujud,” tegasnya.

(Dispenal)

3 komentar:

  1. semoga cepat terealisasi
    saatnya lepaskan bangsa dari ketergantungan terhadap pihak asing

    BalasHapus
  2. Tapi saya pikir tidak akan cepat terwujud karena sepertinya pemerintah tidak sungguh-sungguh...tapi semoga cepat terealisasi

    BalasHapus
  3. Industry milliter adalah industry strategis nasional dan bersifat rahasia. Kemampuan mengembangkan industry tersebut juga akan membawa implikasi bagi keamanan nasional karena sifanya yang rahasia dan dikelola oleh kita sendiri. Tentu tidak mudah bagi pihak luar untuk mengetahui teknoligi persenjataan yang kita miliki jika pengadaannya bersumber dari kemandirian anak bangsa sendiri.

    BalasHapus