12 September 2009

Hercules Eks Retrofit di Singapura Kembali Bertugas

12 September 2009

C-130 Hercules A-1305 TNI-AU (photo : TNI-AU)

Hercules TNI AU Kembali Beroperasi

MALANG (SI) – Kekuatan Skuadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang kembali mendapatkan suntikan tenaga baru, setelah satu unit pesawat Hercules A- 1305 yang sempat menjalani proses retrovet di Singapura kembali dapat dioperasikan.

Sebelumnya, pesawat ini menjalani penggantian mesin total yang sudah usang dan tidak layak beroperasi. Proses kedatangan pesawat Hercules di Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang ini kemarin disambut dengan upacara khusus yang dipimpin Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Malang Marsma TNI Ida Bagus Anom Manuaba. ”Skuadron Udara 32 yang mengoperasionalkan pesawat Hercules, memiliki tugas dan kewajiban mengoperasikan serta memelihara sampai tingkat sedang pesawat Hercules, untuk mendukung tugas-tugas operasi TNI AU,” terangnya.

Mengingat fungsinya yang sangat vital karena mampu menjadi pesawat angkut personel TNI dan logistik, Skuadron Udara 32 setiap saat dituntut selalu menjaga pesawat dalam kondisi siap beroperasi. Selain untuk kemiliteran, kata Ida Bagus,Hercules juga berperan penting dalam operasi kemanusiaan utamanya di daerah bencana di seluruh wilayah Indonesia.

Program retrovet pesawat Hercules ini sengaja dilakukan di Singapura. Ini merupakan perawatan berkala dan menyeluruh agar pesawat dapat beroperasi dengan maksimal, mengingat jam terbang pesawat Hercules cukup tinggi. Diharapkan, dengan perbaikan ini tidak ada lagi kecelakaan pesawat.

(Seputar Indonesia)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar