18 Mei 2010

KSAU Tingkatkan Paskhas Biak Jadi Batalyon

18 Mei 2010
Paskhas TNI-AU (photo : TNI AU)

Biak (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Imam Sufaat menyatakan status Pasukan Khas (Paskhas) di Kabupaten Biak Numfor, Papua yang masih setingkat kompi akan ditingkatkan menjadi batalyon.

"Peningkatan status Paskhas Biak menjadi batalyon untuk memenuhi tuntutan tugas pasukan elit TNI AU itu dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya saat melakukan kunjungan kerja ke markas TNI AU Biak, Selasa.

Di sela-sela kunjungan kerja pada 17-20 Mei itu, KSAU Marsekal Imam Sufat mengharapkan pengembangan Paskhas Biak menjadi batalyon akan berdampak dengan penambahan personel dan sarana prasarana guna mewujudkan postur organisasi Paskhas ke depan.

"Saya selaku Kepala Staf TNI Angkatan Udara meminta dukungan pemkab dan masyarakat di daerah ini supaya kehadiran Paskhas bisa memberikan rasa aman serta menjaga kedaulatan NKRI," katanya di hadapan pejabat Pemkab Biak.

Ia menjelaskan kunjungan kerjanya ke Papua untuk melakukan serangkaian kegiatan, di antaranya melihat kesiapan prajurit TNI AU yang bertugas pada beberapa pangkalan udara di Biak, Jayapura, Merauke, dan Timika.

Selain itu, KSAU juga ingin melihat langsung rencana pengembangan satuan radar yang fasilitasnya kini dibangun secara bertahap tahun 2010 di Merauke, Jayapura, dan Timika.

"Kunjungan kerja saya ke beberapa pangkalan udara di wilayah Papua akan berlangsung hingga Kamis (20/5) mendatang," katanya saat jamuan makan dengan Wakil Bupati Biak Alimuddin Sabe.

Sementara itu, Wabup Alimuddin mengatakan Pemkab Biak sangat mendukung rencana TNI AU dalam memberikan rasa nyaman serta menjaga keamanan dan keutuhan NKRI dari berbagai ancaman.

Ikut dalam romnbongan KSAU di antaranya Asisten Logistik Marsda TNI Imam Wahyudi, Aspers Marsda TNI Rodi Suprasoedjo, Komandan Korps Paskhas Marsekal Pertama Ari Budiyono, dan sejumlah perwira tinggi lainnya.

Di Kabupaten Biak Numfor, rombongan KSAU Marsekal Imam Sufaat meninjau mako Lanud Manuhua, kompi Paskhas, Kosek Pertahanan Udara Nasional IV, dan satuan radar 242.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar