19 Mei 2010

Sumba Dilengkapi Detasemen Udara dan Radar

19 Mei 2010

Tambolaka-Nusa Tenggara (image : GoogleMaps)

Sumba, Pelita-Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Imam Sufaat, SIP bersama rombongan melakukan kunjungan kerja untuk pertama kalinya ke wilayah Sumba Barat Daya Nusa Tenggara Timur (NTT). Kunjungan dalam rangka meninjau lokasi rencana pembentukan Detasemen Udara Tambolaka dan rencana pembangunan Radar untuk wilayah Nusa Tenggara Bagian Barat, Senin (17/5), kata Kapen Kodikau Mayor Sus Maliti dari Sumba, Selasa (18/5).

Dalam sambutan Kasau mengatakan bahwa wilayah Sumba sampai saat ini belum ada Satuan Radar yang mengkaver wilayah ini. Sumba merupakan wilayah yang strategis untuk pengamanan wilayah udara, rencana pembangunan Detasemen Udara dan pembangunan Satuan Radar sudah dalam program Mabes TNI Angkatan Udara dan Kementerian Pertahanan. Hal ini Pulau Sumba merupakan salah satu pulau terdepan yang memerlukan pengamanan, katanya.

Pada bagian lain dalam sambutan Bupati Sumba Barat Daya dr Kornelis Kodi Mete, menyambut baik kedatangan Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat beserta rombongan yang sudah meluangkan waktu dan tenaganya untuk melihat Kabupaten Sumba Barat Daya. Dalam kunjungan ini Bupati dan Muspida Sumba Barat bersama rombongan Kasau meninjau lokasi rencana pembangunan Detasemen Udara yang akan dibangun oleh Pemda Sumba Barat Daya.

Sebelum peninjauan lokasi, Kasau mendapat tanda kehormatan dan dinobatkan sebagai tokoh masyarakat Kabupaten Sumba Barat Daya. Sebagai seorang tokoh adat Sumba Barat Daya Kasau menerima seekor kuda jantan Sumba untuk dijadikan sebagai kuda tunggangan seperti yang menjadi kebiasaaan dan kebudayaan bagi seorang tokoh adat di wilayah ini. Selain itu, pemberian kuda tersebut mengingkat kenangan masa kecil Kasau ketika orangtuanya mendapat kuda Sumba sebagai hewan hewan piaraan dan kuda pacu.(be)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar