16 Maret 2012

3 Boeing VIP/VVIP TNI AU Jalani Pemeriksaan Berkala

16 Maret 2012

Boeing 737 TNI AU (photo : Indoflyer)

itoday - Walau pemerintah memutuskan tetap membeli pesawat kepresidenan. TNI AU tetap merawat semaksimal mungkin pesawat angkut VIP/VIPnya yang berada di Skadron Udara 17 Halim Perdana Kusuma, agar tetap siap sedia ketika dibutuhkan.

Skadron Teknik 021 Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jumat (16/3), mengecek secara menyeluruh pesawat Boeing 737-400. Pengecekan ini adalah bagian dari perawatan rutin ayng dilakukan setiap empat bulan untuk tiga pesawat di Skadron Udara 17 yang bertugas sebagai skadron angkut VIP/VVIP.

Menurut Kepala Unit Ground Support Equipment (GSE) Lettu (Teknik) Puput Sindong AS, pemeriksaan menyeluruh secara rutin dibutuhkan untuk memastikan pesawat siap kapan saja diperlukan.

”Pemeriksaan ini bertujuan untuk merawat pesawat Boeing dalam tingkat sedang,” kata Puput.

Sasaran pemeriksaan, antara lain, sistem pembangkit, struktur pesawat, sistem hidrolik, sistem kelistrikan, sistem pembakaran, dan sistem avionik. ”Sistem pendukungnya pun tidak luput dari pemeriksaan, seperti GSE, pabrikasi, sheet metal, publikasi, dan painting,” jelas Puput yang alumnus Akademi Angkatan Udara tahun 2006.

Letda (Elektronika) Yoyo Sunarya selaku juru mudi udara (flight engineer) menambahkan, pemeriksaan tersebut berpedoman pada kartu kerja (job card) yang telah ditetapkan sebagai elemen penting setiap tahap pemeriksaan.*

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar