18 Maret 2015

Anggaran Pertahanan Akan Dinaikkan Menjadi Rp 200 Trilyun Tahun 2017

18 Maret 2015


Dalam dua tahun ke depan, anggaran pertahanan akan naik 2X lipat (photo : Kaskus Militer)

Saat Makan Siang, Presiden dan Panglima TNI Bahas Kenaikan Anggaran Pertahanan

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo membahas rencana peningkatan anggaran pertahanan dan kesejahteraan prajurit TNI dengan Panglima TNI Jenderal Moeldoko. Pembicaraan itu dilakukan sambil makan siang bersama di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (17/3/2015).

"Berbicara soal anggaran pertahanan yang akan ditingkatkan," kata Sekretaris Kabinet, Andi Widjajanto.

Andi mengungkapkan, peningkatan anggaran pertahanan direncanakan naik menjadi Rp 200 triliun. Saat ini, anggaran pertahanan masih di kisaran Rp 102 triliun. Ia melanjutkan, peningkatan anggaran pertahanan dan kesejahteraan akan dilakukan ketika pertumbuhan ekonomi nasional telah mencapai 7 persen.

Presiden mematok target rencana ini bisa terealisasi pada 2017. "Intinya mengenai anggaran pertahanan, peningkatan kesejahteraan," ujarnya.

Sebagai informasi, dalam pembicaraan Jokowi dengan Panglima dihadiri juga seluruh staf dari Mabes TNI.

Saat kampanye Pilpres 2014, Jokowi menjanjikan peningkatan anggaran pertahanan. Hal itu disampaikan Jokowi menjawab pertanyaan calon presiden Prabowo Subianto mengenai tidak adanya tentara di 300 kabupaten di Indonesia.

Jokowi menjelaskan, anggaran untuk pertahanan Indonesia saat ini mencapai Rp 80 triliun. Jika pertumbuhan ekonomi di atas 7 persen, Jokowi yakin hingga lima tahun mendatang anggaran untuk pertahanan bisa mencapai tiga kali lipat

(Kompas)

1 komentar:

  1. trimakasih infonya,,,
    sangat bermanfaat,..
    mantap,,

    BalasHapus