10 Desember 2016

Indonesia Belum Sepakati Harga Sukhoi Su-35

10 Desember 2016


Pesawat tempur Sukhoi Su-35 (photo : Sputnik)

Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mengatakan Indonesia dan Rusia belum menyepakati harga pembelian pesawat tempur Sukhoi Su-35 buatan Rusia.

"Tunggu saja. Saya masih tawar," kata Menhan Ryamizard, Jakarta, Jumat (9/12).

Menhan Ryamizard mengatakan Indonesia berencana membeli delapan unit pesawat tempur Su-35 dari Rusia. Dia mengatakan proses tawar-menawar antara pemerintah Indonesia dengan Rusia masih berlangsung.

"Sekarang masih delapan dulu lah, ini masih nego (tawar-menawar harga)," tuturnya.

Ryamizard enggan memberitahukan nilai yang ditawarkan pemerintah Indonesia kepada Rusia untuk membeli pesawat tempur itu.

Menurutnya, pemerintah Indonesia seharusnya mendapatkan harga beli pesawat yang tidak mahal karena Indonesia banyak memasok alat persenjataan dari Rusia.

"Nggak mau dong kayak dulu dulu beli heli mahal dari Vietnam. Kita ada persenjataan dari mereka (Rusia), tapi mereka (Rusia) tidak ada, tapi kita beli mahal," ujarnya.

Sebelumnya, kepastian Sukhoi Su-35 akan hadir di hanggar TNI AU menggantikan F-5E/F Tiger II masih belum terjadi. Laman rbth.indonesia, Jumat (28/10), menyatakan, negosiasi harga dan transfer teknologi bisa menjadi faktor penghalang keputusan pembelian pesawat tempur Sukhoi Su-35.

Harga yang ditawarkan dan skema serta jenis transfer teknologi yang diberikan Rusia untuk membangun bersama pesawat tempur itu di Indonesia menjadi hal yang masih mengganjal.

Laman www.defenseworld.net, Selasa (27/10), melaporkan, pemerintah Indonesia saat ini menegaskan hanya membeli benda dan peralatan perang dari luar negeri jika ada transfer teknologi dan produksi bersama. Sumber Rusia yang dikutip pada Singapore Air Show 2016 lalu, menyatakan, jumlah unit Sukhoi Su-35 yang akan dibeli Indonesia masih sangat sedikit untuk memungkinkan mereka memberi kedua hal itu, yaitu transfer teknologi dan produksi bersama.

(BeritaSatu)

28 komentar:

  1. Belli senjata buat pertahanan nkri pak menhan harus cerdas bergerak cepat bukan mengulur gulur waktu mirip saman orba bisa cepat asal ada bonus besar bank saku .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah jelas alasannya apa. Yang ga cerdas tuh lu. Dikasih harga lebih mahal dari Vietnam, ToT setengah hati, tapi mau maksa dibeli juga karena cuma ngikutin emosi/perasaan dan bukan logika atau otak. Ini pemerintahan bukan jaman orba (beli Barat asal komisi) atau Mega (beli Sukhoi setengah jadi asal komisi). Jadi jangan tolol dan tinggal di masa lalu terus.

      Hapus
  2. su 35 itu sudah ada di indonesia dari tahun" kemarin , saya juga tahu dari mantan purnawirawan paskhas ketika ngobrol di dalam mobil, beliau ngomong su 35 itu sudah ada di indonesia, jumlah unity yg beliau tidak kasih tau su 35 di parkir di makasar sama di kepulauan natuna dia bilang, beliau bilang prajurit paskhas paling banyak di kirim ke natuna pesawat tempur juga banyak di situ di simpan tapi untuk jenis"y dia gak ngomong, untuk senjata strategis / senjata rahasia tidak semua prajurit TNI tahu karena itu ranahy petinggi" militer hanya pejabat" imliter tertentu yg tahu keberadaany + jumlahy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaa sebar aja hoax terus. Ga sekalian Indonesia punya Kilo plus Club-S missile atau Indonesia bakal beli Pak-Fa atau ide gila lainnya?

      Tinggal di kenyataan bukan impian.

      Hapus
    2. ko di bilang hoaks ,gw kan udah bilang yg ngomong itu mantan paskhas tni au yg sudah purnawirawan su 35 , kita ngobrol lama sekitar sejam , obrolan juga menyangkut masalah pki siapa dalang sebenary , waktu zaman soekarno tentara kita paling di takutin di asean , sekarang dia bilang malaysia ma singapura aja tidak ada rasa takuty sedikitpun alutsista kita itu lemah , tetus dia bilang zaman jokowi ini ada modernisassi alutsista ke arah yg lebih baik

      Hapus
    3. Rusia aja masi tergolong baru dapetnya, eh oknum (purn) yg lo bilang begono lu p'caya aja.
      Dah, cuci kaki dulu sanah...

      Hapus
    4. klw lo yang ngomong berhak gw kagak percaya seratus persen , percaya ma omongan su 35 ada menurut lo berarti gw musyrik soaly hanya sipil fansboy militer, wong ini yg ngomong mantan paskhas pernah jadi komandan paskhas lagi dia

      Hapus
    5. 1. Paskhas itu bukan ngurusin fighter. Bidangnya aja udah ga nyambung. Kalau yang ngomong mantan bos skadron Makassar nah mungkin gua percaya.
      2. Udah sering "purnawirawan" cuma ngomong hoax. Pakai tanda kutip karena sering banget orang ngaku purnawirawan aslinya bukan.
      3. Lebih parah lagi karena bukan bidang dia dan bentuk Sukhoi 11-12, besar kemungkinan dia ketuker Su-27/Su-30 sama Su-35 besar banget kalau cuma diliat dari jauh.
      4. Lebih aneh bin ajaib lagi, Rusia aja baru mulai dapet dan China baru mulai beli padahal yang satu yang bikin, yang lain duit tanpa batas. Masa Indonesia yang duit mepet, syarat pembelian ketat (ToT) udah punya secepat/lebih cepat 2 negara itu? Ga logis.

      Ga usah nyebar berita aneh-aneh/hoax lah. Yang realistis aja jadi orang.

      Hapus
    6. Purn paskhas ngawur...sy klrg besar paskhas alm.kakek sya pun org PGT bebasin irian barat,timor2 ..sepupu sya org bravo gak da SU-35 di makasar..jgn asal hoax ja...

      Hapus
    7. Hehehehe, di buly nih yeee, Gini aja deh mas su-35 itu pesawat baru walaupun pengembangan su-27...Di export aja belum itu diberita2 rusia baru deal dgn China 24 unit.

      Hapus
    8. jangankan su 35, Transpormer aja ada kita, bukan rahasia lage guwe pernah liat di mall kelapa gading. pokonye indonesia mah aman deh mas don, dijagain bumble bee dkk

      Hapus
  3. Udh batalin ajalah.. kelamaan nego!! Beli 8 biji aja ribet minta TOT, mw murah lg.. mending nungguin IFX aja ntar sklian mah klo mw pny pswt gen 4++ murah mah, bnyk lg smpe 50 pswt.

    BalasHapus
  4. Kalo aku yg punya barang dagangan mungkin sikapku akan sama seperti Rusia.
    Beli dikit kok minta murah...

    OMG.

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Beli dikit kok minta murah". Itu betul pak, tapi kenyataanya, Indonesia gak pernah beli dikit & murah.
      Sbg contoh su 27/30 total 16 ekor kita piara walo belinya ngeteng beda jumlanye & lbh mahal dr negeri jiran sperti malaysia & vietnam.

      Sudut pandang guwe begini teman2, kalau ditotal dgn adanya calon tambahan 8 su 35, total keseluruhan merk sukhoi keturunan kluarga su-27 ini bisa jadi 24 ekor.

      Guwe ngeliat kenapa kita masi dlm tahap menawar, spertinya proyek sukhoi ini akan menjadi ato sudah jadi proyek jangka panjang tni au. Kedepannya jika harga yg nego kita serta tot disetujui bukan tidak mungkin order su-35 dan keluarga lainnya akan terus berlanjut.
      Krn menhan bpk RR pernah mengatakan kita beli sedikit dulu, nanti kalau ada model baru dr su-35 ini baru ada penambahan untuk melengkapi satu squardon su 35, artinya nambah 8 lagi jadi total 16 su-35 dan total keselurahan klrga sukhoi jadi 32 ekor.
      Dr statement ini mnurut guwe ide brilian dlm menyiasati anggaran yg krng banyak, tp tetap up to date.
      Dan sangat WAJAR apabila dephan menawar untuk sesuatu proyek jangka panjang yg kali ini diharapkan tidak hanya pespur sj masih byk alusista yg ingin kita datangkan dr negeri beruang merah itu.

      Perlu di ingat taun depan kita akan kedatangan burung besi dr amrik. Seperti yg guwe tulis seblomnya, biarpun smpe 2020, tawar menawar begini bisa jadi terus berlanjut.
      toh niat beli baru 2014 tambah 10 taun 2024..ajegile@#!@#
      ini peritungan guwe, katanya 10 taun, klo liat dr cr hawk diganti kelak.

      Hapus
    2. Dan inget knp menhan RR kekeuh nawar, gossip diluaran sich, kali ini kita mau sikat yg namanya calo2 alutsista, sesuai amanat presiden.
      uda pernah dgr blom ttg gossip ini http://militermeter.com/ada-blantik-dibalik-molornya-pembelian-sukhoi-su-35/
      seru dan menegangkan, pantesan wkt itu di tipi sempat didatangin.
      pantesan pak RR skrg nawar lagi, ketauan tuch yg ada yg dompleng haha

      Hapus
  5. Setuju sama P Menhan.
    Kalau bener, belinya dikit,pembeli nggak prospek ngapain produsen masih mau nego.
    Gimana kalau belinya di bundel, beli beberapa produk dalam satu paket? Yang dinego tot teknologi sensitif dari salah satu alutsista. Bagi pembeli, jadi lompatan teknologi.
    Jangan lihat hanya beli 8 pespur.
    Kalau berani nawar kayak gitu, P RR, tentu punya analisa yang kuat....

    BalasHapus
  6. Wueh nggak usah pade ribut hoax kah tidak, yg jelas pesawat SU35 blm ada di Indonesia, china aja yg sdh bayar blm dapet..kecuali indonesia belinya 8 Su35, 6 Su34, 8 Kilo class, 4 Beriev2000, 2 heli Mi26, 30 BMP3F nah baru dikasih TOT...

    BalasHapus
  7. Udh beli f-16 gurun aja, atau cari second-nan Sukhoi 27/30. Sisa duitnya (kalau ada) biat beli radar ato awacs aja. Percuma pesawat canggih2 kl ngga ada supportnya, kaya punya android 4g tp cuma pakai gprs, lemot.

    BalasHapus
  8. Udh beli f-16 gurun aja, atau cari second-nan Sukhoi 27/30. Sisa duitnya (kalau ada) biat beli radar ato awacs aja. Percuma pesawat canggih2 kl ngga ada supportnya, kaya punya android 4g tp cuma pakai gprs, lemot.

    BalasHapus
  9. Heran kalau belli alutsita ke america barat sekutu pak menhan kroni gak bawel amat malah tidak casciscus langsung tnda tangan contoh : heli apache mahal nya berlipat ganda dari india belli heli apache .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeh kan tolol ngomong ga dipikir. Deal apache kita lebih mahal karena 1. kita beli Apache Guardian, versi terbaru dan tercanggih dari Apache dan 2. kita beli ngeteng sedangkan India grosir.

      Kita beli 8 sedangkan India 22 Apache PLUS 15 Chinook. Jelas mereka dikasih harga lebih murah lah. Dasar bego.

      Kalau kita beli 24 Su-35 mungkin Rusia juga ga rese langsung turutin ToT Indonesia dan kasih harga lebih murah dari Vietnam. Beli banyak pasti lebih murah satuannya daripada beli sedikit. Idiot.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Ehhh menhan yg mana nich, kan ada byk. Jgn asal ngomong, dijeblosin penjara gak bisa masak luh! guwe godem juge pala luh!haha dasar otak mapia muarippp mmuariip

      Hapus
  10. There is one question I don't understand.How come in the past,Indonesia have to use part of cash and Barter trade etc Palm oil to trade for Su27/30.Is Indonesia Govt going to do the same also this time for Su35?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake duwit dong...ah juragan hari gini masih becanda aje pake minyak kelapa sawit haha

      Hapus
    2. No. The russian govt gave us some sort of loan specifically to buy russian military hardware.

      Hapus
    3. yup russia gave indonesia soft loan to buy their equipment. the one that pay using palm oil is malaysia when they buy mig29 from russia and pt91m from poland.

      Hapus