28 Desember 2016

Indonesia Reconsiders Further Acquisition of BTR-4 APCs After Early Trials

28 Desember 2016


Indonesia has concluded a series of initial training activities on the BTR-4 amphibious vehicle from Ukraine. Plans to acquire further vehicles is now being reviewed after encountering a number of teething issues (photo : IMF)

The Indonesian Marine Corps (Korps Marinir: KORMAR) has concluded initial training activities on its BTR-4 8x8 amphibious wheeled armoured personnel carriers (APCs), but is now reconsidering further acquisitions of the vehicle, a service official told IHS Jane's on 27 December.

Trimmed by the bow (image : jakartans@defence.pk)

The reconsideration follows KORMAR personnel reporting a number of issues with the platform during its initial training activities.

These included situations in which the APC is trimmed excessively by the bow when operated at full speed in the water.

(Jane's)

26 komentar:

  1. beli BTR-82A aja lah, BTR-4 dulu juga dibeli Irak dibalikin lagi gara2 bermasalah, eh kejadian lagi wkwkwk..

    https://militarytechcooperations.wordpress.com/2013/08/05/iraq-refused-to-accept-the-rejected-ukrainian-btr-4/

    BalasHapus
  2. btr4 daya apung payah...kayak kapal selam....mending arisgator atau prototype apc buatan dalam negeri itu daya apung bagus....batas air dengan batas hull atas harus diatas 1 meter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya gue setuju sama ente bro..

      Hapus
    2. Liat di youtube yang lagi test di waduk kharkov itu emang serem ya bro, nyaris keliatan turret nya doang yang diatas permukaan air. Belum lagi kalo ngomongin penampilannya yang gimana gitu...

      Hapus
    3. eh itu rumusan dr mana lagi batas air harus diatas 1 meter cuy. pandur 2 yg nanti dtg jg gt, malah kelelep. bmp 3 yg cakep jg pake snorkel biar aman.
      buat apc/ifv amphibi mah yg penting ngapung n ngak bocor coorr..godam jg luh!haha
      nich liat https://www.youtube.com/watch?v=UDJGSya2kAU
      https://www.youtube.com/watch?v=_nbPiI0D7RY

      Hapus
    4. Bro palugada, ga usah bandingin sama barang yang punya snorkle kit.. Intinya menurutmu issue trimmed by the bow itu harusnya gak ada masalah gitu kan?

      Hapus
    5. pak raden..ahaii.

      coba perhatikan tulisan guwe reply om hari py dibawah.

      guwe ulangi yach, intinya ujicoba disini guwe blom liat videonya, jd mana bisa tau mana yg bner.
      makanya guwe tunggu rilis video lgs dri user bkn dr si janes, kdg2 tanpa video perbandingan guwe krg percaya, begitchu haha!

      kenapa guwe ragu? pak raden kan uda liat vid di yutub, perhatikan dech menit 2:50 & 3:14,
      tes waduk saltov https://www.youtube.com/watch?v=Qei9v52FhiY&feature=youtu.be&t=4

      mnrt guwe bokong btr 4 tes malah cenderung lbh rendah dari bag depn apalagi agak kelelep pas manuver, beda bgt sm isu tbb/nungging.

      tambahan btr 4m kite dilengkapi snorkel, spy lancar jaya kalo dilaut kan ombak pantainya lbh bahenol bkn??

      makanye guwe penasaran nich liat testing disini.
      kalo bner sperti sperti yg ditulis si janes, yach muup, gt aja repot haha!

      trs isu tbb/nungging mnurut guwe, pst masalah! tanya aja supirnya posisi nungging parah bisa naik gak btr4 misal dari laut ke ramp kapal lpd/lst/lct ato bibir pelabuhan yg curam. dan secara teori teknis kalo posisi gak seimbang gt akibatnye mungkin kecepatan di air berkurang

      Hapus
    6. Ahooi juga... Nah kan... Terlepas dr uji dimari yg gak nampak, dan kalau gak percaya ama sumbernya si janes ya kasih donk sumur lain yg lbh dipercaya supaya kita tahu dasarnya percaya gak percaya itu ada perbandingan sumber xyz.. Gitu lho mas bro.

      Hapus
    7. ahaaaiiiii met taun baru pak raden, sori bru bls nih.

      sumurnya utk sementara blom digali pak raden, gampang itu, tinggal tunggu ulasan lgs korps marinir/dephan, klo besedia tp?

      ato mungkin pihak yg berwenang masih mendiskusikan sm vendor pembuat mesin perang ini. istilahnya kalo ada barang rusak sblom setaun kan masih ada garansi. sapa tau diganti baru lagi!@#!@haha!

      Hapus
  3. Ini berita buruk dan paling buruk bobrok dalam sejarah pembelian alutsista ....hampir sejagat raya tahu btr 4 buatan ukraina berkualitas busuk di paksa di belli buat bank saku . Nasi sudah jadi bubur broker dansa dansa merampok uang negara di siang hari bolong ...kasar nya sampai kita harus hormat ama kruptor penjahat berlebel nasionalisme sejati .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alah mencla-mencle lu. Dulu waktu ada berita beli BTR-4 sebelum ada berita performanya buruk lu puji-puji habis karena bukan buatan barat. Sekarang lu hina-hina. Cupu lah ga gentleman.

      Hapus
    2. Kita konsisten menentang pembelian senjata dari hutang berkualitas bobrok dan mengutamakan bukan buat bangsaku tapi bank saku ...om ...omm

      Hapus
    3. om muarip lucu jg yach bikin jargon yg bner jg tuch..gemes dech, lama2 kirimin panci nich haha! buat masak bos masaakk

      Hapus
  4. Kalo hanya untuk keperluan uji coba, kenapa harus beli ranpurnya dulu...ada yang aneh?!!!

    Jaman orba saja, sebelum beli scorpion (walopun bermasalah dg harga), UK mengirimkan scorpionnya ke batujajar utk uji kemampuan...begitu juga dg caesar dan rafale.

    Emmmm....udah kebanyakan duit kali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang biasanya kalau buat evaluasi harus beli dulu tapi jumlah sedikit. Misalnya beli 2-4 dengan opsi beli lebih banyak lagi kalau puas dengan performanya. Perusahaan mana ada yang mau minjemin buat evaluasi. Kalau ga puas dan dibalikin mereka rugi ongkos kirim, reputasi barang jelek, dll. Kalau udah dibeli kan istilahnya masa bodo. Gitu.

      Hapus
    2. @anonynim

      Itu...barusan di aussy para produsen mengirimkan ranpur 8x8 utk dievaluasi....dan gak perlu beli dulu.

      Dulu waktu PT. DI ikut tender pesawat angkut medium di aussy juga juga mengirim cn-235 phoniex untuk dievaluasi disana...

      Hapus
    3. Ada yang mau ada yang ngga. US juga beli beberapa MiG-29 dan Sukhoi buat "evaluasi". Kemungkinan Ukraina ga mau karena duitnya lagi mepet karena perang.

      Hapus
    4. temans,
      malesia dpt kiriman t90 buat ujicoba..nih https://www.youtube.com/watch?v=W6KvCj7_bMk. taunya mala yg lain, haha kecele bgt yak ruski.

      kite juga perna kirim kri banjarmasin k pilipin kan, utgnya jadi haha!slamet..slamett

      sedangkan su35 & gipenk kontenstan tender aja gak pernah kirim pswt uji. rafale yg gagal aja kirim.

      kalo guwe pikir2 soal ujicoba ini ga masalah lah, mungkin tni uda kirim duluan kesono buat testing2 sperti beli paladin. gak mungkin kan liat brosur kucluk2 beli tanpa test.

      balik lagi ke soal btr4 ini guwe liat di youtube berkali2 gak ada masalah tbb sperti gbr diatas kl liat di menit 2:50 mala bokong kelelep https://www.youtube.com/watch?v=Qei9v52FhiY&feature=youtu.be&t=4

      yach guwe sich nunggu korps marinir & dephan aje dech yg buka suara lgs.

      apa jgn2 mau nunggu pandur2 taun depan. wah itu lbh asoy modelnya.

      Hapus
    5. @palu gada

      Uji fungsi bisa disini ato dinegara produsennya,tapi gimana bisa sampe gak ketahuan begini...

      Hapus
    6. itu dia om hari, ujicoba disini guwe blom liat, jd mana bisa gak tau mana yg bner.
      makanya guwe tunggu rilis berita lgs dri user bkn dri si janes, kdg2 guwe krg percaya, begituchu haha!

      tapi kalo soal pandur2 giman tuch om, model v hullnya uda masakini bgt ato kalo perlu terex2 biar klo reparasi tinggal sebrangin kesono haha!

      Hapus
  5. KPK harus harus diijinkan investigasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bettul sekali om ... penegak hukum dari kalangan sipil kpk harus di ijinkan masuk keruangan berduri lintah darat berlebel nasionalis . Sebap kalau tidak tni gak bakal maju maju sekalipun di kasih dana besar $$$ milyaran dolar hanya habis di jarah .

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. Kalua lihat gambar ilustasi waktu di air ,titik berat berada di depan sehingga tidak bisa dipaksa maju dengan kecepatan biasa ,apalagi dipaksa lari cepat . Masalahnya sudah jelas ,tidak bisa digunakan untuk menempuh rute tertentu ,hanya bisa ngapung saja . Jadi ini produk gagal kalau ternyata kemudian dipaksakan di beli ,harus di pertanyakan alasannya ?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi ga heran...lha wong heli batalan kontrak dari india aja, ada yang bilang dibeli anyar gres, sampe2 proses pengerjaannya diawasi langsung selama 3 shift...

      Kalo gak percaya, amatin aja belakangan ini petinggi mil yang makin ganteng lantaran hidungnya jadi mancung...xixixi

      Hapus
  7. mirip mobil calya kalo diisi penuh 7 orang cuman bedanya kalo calya sigra belakangnya yang ambles

    BalasHapus