19 Desember 2016

TNI AU Bakal Upgrade Seluruh Hercules Tipe B

19 Desember 2016


Pesawat Hercules tipe B dengan nomor registrasi A-1312 (photo : SmackBlueCar)

Liputan6.com, Jakarta TNI AU telah menerjunkan tim investigasi untuk mengetahui penyebab jatuhnya pesawat Hercules C-130. Selain itu, telah ada rencana upgrade terhadap seluruh pesawat Hercules terutama tipe B, sebagai salah satu pencegahan agar kejadian pesawat jatuh tak terulang kembali.

Kepala Staf TNI AU Marsekal Agus Supriatna mengatakan, investigasi langsung dilaksanakan mulai ke operator tingkat bawah seperti petugas tower sampai saksi mata di lapangan.

"Tim investigasi telah langsung berangkat. Kondisi pesawat itu sendiri layak terbang," kata Agus di Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh Malang, Jawa Timur, Minggu 18 Desember 2016.

Ia menambahkan, telah ada rencana strategis pada periode 2015-2019 untuk upgrade semua Hercules yang layak terbang. Peremajaan itu mulai dari kockpit sampai bodi pesawat yang dinilai perlu. Seluruh Hercules tipe B yang lama dan belum upgrade, bakal dikandangkan.

"Kalau sudah upgrade baik itu engine dan semuanya, maka bisa dihidupkan lagi. Anggaran masih diproses di Kementerian Pertahanan," ujar Agus.

Saat ini, lanjut dia, proses upgrade itu juga sedang berjalan dan dilakukan di Malaysia, Singapore Teknologi serta Depo Bandung, Jawa Barat. Upgrade untuk pesawat jenis lain juga telah diajukan di Kementerian Pertahanan.

"Pesawat Hercules yang jatuh ini sebenarnya lebih muda dari tipe B. Ini pesawat ke enam yang sudah datang," tegas Agus.

Pesawat Hercules C-130 jatuh di Wamena, Papua. Sebanyak 12 kru dan seorang penumpang jadi korban dalam peristiwa ini. Pesawat sedang menjalankan misi pengiriman logistik sesuai permintaan pemerintah daerah setempat. 

Saat ini, jenazah seluruh korban telah disemayamkan di Skadron 32 Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh Malang, Jawa Timur.

(Liputan6)

16 komentar:

  1. Gak perlu lagi seri B di upgrade...dikandangkan ja..gnti dgn seri terbaru Seri J..atw A400M...atw bila perlu C17 Globemaster...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duitnya kaga ada bos. Duitnya lagi ditabung buat pengganti F-5 dan IFX. A400M dan C17 tuh jauh lebih mahal. Kalo mau lu beliin dah buat TNI. Dikasih gratis pasti mereka mau.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. @anonymous gak update lu org...anggaran bwt pengganti F 5 uda tersedia..tgl deal kontrak ja msh bertele2...A400 atw C17 lbh mahal.. Tp lbh efisien..ingat kta ksau tni au btuh pswt 1 tngkt lbh maju dri pswt yg sdh pnya dri sblmya....nanti klw gw yg pny wewenang kebijakan anggaran tni di ksh 5% klw prlu dri apbn...jgn cm 1% ja di ksh...

      Hapus
    4. Ya anggaran buat F-5 emang udah ada. Tapi emang kalo dipake terus duitnya infinite gitu? Ya habis lah! Otak kaga dipake.

      Hapus
    5. Lu mau kasih anggaran TNI 5%? Ga bakal lolos dari DPR/MPR. Karena artinya lu mau menelantarkan program lain yang jauh lebih penting seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan lainnya.

      Hapus
    6. @ anonymous...nah lw tw noh... Anggrn pggnti F-5 uda ada...anggrn 5% kan bkn tiap thn bos..tidak 1 priode msa jbtn presiden...cm 1thn aje yg 5 %...beli alutsista gak kya kcng goreng bgtu pesan lgsng jd...ape musti kt perang dlu bru anggrn di naikin ampe 50%....klw da perang gak guna lgi...berpikir tu maju ke dpn..klw pola pikir lw sama..gak akan maju...akan ttp sama..

      Hapus
    7. mmg anggaran belanja tni tiap taun gak smua dipake buat alutsista, lbh banyak dipakai buat anggaran belanja pegawai dan operasional, sisanya br buat alutsista yg komposisinya pst rahasia.
      meski uda ditentukan anggaran pertahanan ini pun tdk absolut segitu, bisa naik/turun pd tahun berjalan tergantung sikon ekonomi dan keamanan.


      bukan selama 1 tahun aja pasti dpt 1% ato 5%deh mnurut presiden tupez haha! tp tetep tiap tahun ada buat alusista yg secara total 1 periode(5 thn) besarannya tentu naik turun.

      Hapus
  2. Buset..belagu banget minta a-400 sama globe master..orang kere mau minta yg gituan..org kere dapet modified barang tua udah bagus..gih sono mimpi basah lahi deh loe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mindset lw yg msh kere..indonesia negara kya...cm mental org2 nya ky loe..yg miskin..

      Hapus
    2. @antek barat....jdi malaysia itu negara kaya ya kan karena mereka mampu beli a400m...klw itu tolak ukurnya...indonesia pun mampu beli hnya mslh kemauan..jdi mindset mental miskin anda yg perlu di upgrade...sehingga menyadari betapa kyanya indonesia...cth ja liat hasil alam kt...kya bgt mas bro..klw benar di kelolanya..

      Hapus
  3. Bicara upgrade butuh duwit tidak sedikit ....asal ada kemauan yg kuat dari petinggi negara belli pesawat angkut baru pasti bisa . Masalah nya ke si tukang belli alutsista suka muter muter gak karuan , bertele tele bergaya saman orba .

    BalasHapus
  4. Lho belom diupgrade toh...
    Tak kira udah pada diupgrade dari jamannya papa nobita.

    Terlalaluuu....

    .

    BalasHapus
  5. Patutnya TNI-AU hentikan khidmat C130B....dah usang dan akan makan korban ramai pegawai terlatih TNI-AU jika terus digunaķan. A400M adalah ganti yg terbaik walaupun mahal. C17 pula sudah putus produksi, tiada lagi dikeluarkan oleh Boeing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut saya lebih realistis beli pesawat baru dari keluarga Hercules, personel TNI lebih familier dengan pesawat itu.

      Hapus
  6. What are the differences between B, H, and J, regarding the aerodynamic, besides the engines, avionics, and control systems?

    BalasHapus