20 Januari 2017

TNI Dijanjikan Tambahan Anggaran 100% Jika Target Pajak Tercapai

20 Januari 2017

Jika pada tahun 2017 anggaran pertahanan Rp 108 triliun, maka tahun 2018 dapat naik menjadi Rp 216 triliun (photo : Kaskus Militer)

Jakarta - TNI akan membantu mengawal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengamakan penerimaan pajak. Jika target tercapai, TNI dijanjikan akan mendapat peningkatan anggaran belanja sebesar dua kali lipat tahun depan.

Bantuan TNI kepada Kemenkeu ini terkait dengan pengamanan penerimaan negara tertuang dalam nota kesepahaman yang baru saja diteken. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yakin pihaknya dapat memenuhi harapan Kemenkeu.

"Kemarin dilakukan MoU untuk meningkatkan perolehan pajak. Mudah-mudahan bersama TNI dan Kemenkeu bisa memperoleh sesuai target agar tercipta sentra-sentra ekonomi baru," ungkap Gatot.

Hal tersebut disampaikannya setelah menutup Rapim TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (19/1/2017) malam. TNI pun, menurut Gatot, siap menyukseskan program tax amnesty atau pengampunan pajak yang sedang digaungkan pemerintah.

"Kami yakin itu bisa karena tax amnesty. Bagi yang tidak ikut tax amnesty atau masih kurang 80 persen, kekayaannya bisa diambil," ujarnya.

Penerimaan negara yang bisa mencapai target juga akan berdampak bagi TNI. Menteri Keuangan Sri Mulyani berjanji akan meningkatkan anggaran belanja TNI pada 2018 jika target tercapai. Sayangnya, Panglima TNI tidak merinci target yang dimaksudnya itu.

"Menteri Keuangan berjanji kalau (mencapai) target, maka anggaran belanja untuk TNI bisa dinaikkan 100 persen. Jadi kalau sekarang (2017) Rp 108 T, tahun 2018 menjadi Rp 216 triliun," sebut Gatot.

"Itu akan jadi kenangan indah karena (tahun depan) saya pensiun. Itu kalau saya panjang umur, semoga," tambah jenderal bintang empat itu berharap.

Dilibatkannya TNI dalam proses pengamanan penerimaan negara bukan tanpa alasan. Pihak Kemenkeu mensinyalir adanya oknum-oknum TNI menjadi centeng alias melakukan backing untuk pihak-pihak yang ingin berbuat curang dalam pembayaran pajak kepada negara.

"Karena menteri keuangan mensinyalir ada tentara-tentara yang jadi backing, maka kita mengamankan. Ini penting karena penghasilan negara kan, maka kita amankan," terang Gatot.

Panglima TNI berjanji akan memproses anggotanya yang ketahuan melakukan penyimpangan demikian. Proses hukum militer akan diterapkan terkait dengan hal tersebut.

(Detik)

16 komentar:

  1. Hehehe kaya anak sekolahan. Anak: mak minta tambahan uang jajan dong. Emak: kalo target nilai tercapai emak naikin 100%. Anak: *breathes heavily*

    BalasHapus
  2. Wahh ...tahun depan dana dari apbn buat pertahanan meningkat 100% bisa tembus $ 17 milyar dolar pertahun ....tni tinggal menghitung hari pabrik senjata apa yg mau di belli tot yata mirip india dan china . Hehe ...ada real frigat terkuat dunia projeck 22350 panjang 136 meter . Or pabrik senjata super anti serangan udara missile and gin pantsir s2 .tehnologinya di belli .

    BalasHapus
  3. Wkwk... apa hubungannya TNI dengan pajak?


    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibaca lagi beritanya bung.
      Tni akan mengamankan aset negara dan melakukan pengambil alihan aset bagi yang tidak membayar pajak.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Ceng, cang, cing, cong,
      What are yout talking about ? 😁

      Hapus
  4. ternyata teknik menipu itu gak berubah.....dulu naik kalau pertumbuhan 7 persen (mustahil).....ini akan naik kalau pajak cukong masuk semua(ini juga mustahil...cukong itu antek para partai yg berlindung pajak dari partai)

    BalasHapus
    Balasan
    1. berak lancar bang suwandaru? ngga suka ama pemerintahan sekarang boleh,tapi GOBLOK jangan ye, 2019 tinggal 2 taun lagi lo coblos lagi tuh Prabowo kalo doi nyapres lagi ye

      Hapus
  5. Saya berdoa sepenuh hati semoga apa yg ditulis di artikel ini terwujud 😇 🙏

    BalasHapus
  6. kalau pajak para cukong miliader susah di tarik....ya gampang tho....malak rakyat kecil aja...naikin listrik,naikin bbm,naikin harga kebutuhan pokok'naikin tol,naikin kereta api dll.....kasihan cukong kalau dikejar pajak,mereka kan udah setor ke partai buat diamanin...masak dipalak lagi...enakan palak rakyat kecil dan miskin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa bro.. BLBI dana 120triliun lebih jadi asap... whusss ilang tanpa proses... siapa biang keroknyaaa..

      Hapus
  7. Ada tanda tangan perjanjiannya g ya? Ntr kemnkeu ingkar janji. 😂🧀

    BalasHapus
  8. Janji oh janji duit masih diangan2 sudah janji2

    BalasHapus