06 Januari 2017

Uji Fungsi Flare Cartridge Pada Pesawat F-16

06 Januari 2017

Pengujian flare pada pesawat F-16C/D (photo : TNI AU)

Disaksikan langsung oleh Komandan Lanud Iswahjudi Marsekal Pertama TNI Andyawan M.P.,S.I.P.,M.Tr (Han), bersama Kasubdis Alpernika Diskomlekau Kolonel Lek Suyitno, Dandepohar 60 Kolonel Tek Dadan Supardan, Dandepohar 20 Kolonel Lek Teguh Dharmawan dalam pelaksanaan uji fungsi Flare Cartridge pada pesawat F-16 di main apron Lanud Iswahjudi, Kamis (5/1).

Pada pelaksanaan uji fungsi Flare CM 218 MK3 yang berlangsung aman tersebut diperagakan langsung oleh Komandan Skadron Udara 3 Letkol Pnb M. Anjar Legowo menggunakan pesawat F-16 dengan nomor 1631. 

Flare Chemring CM 218 MK3 type 1 (image : Chemring)

Flare CM 218 MK3 type 1 ini digunakan sebagai bagian dari counter meassure defence system pada pesawat untuk menangkal rudal pencari panas pada pertempuran udara. Flare CM 218 MK3 type 1 telah memenuhi syarat dan ketentuan dari UK MOD (United Kingdom
Ministry of Defence).

(TNI AU)

3 komentar:

  1. Wah tebaran flarenya kok masih ngekor, apa gak bahaya itu kan masih membentuk garis linier ke pesawat.
    😒

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang begitu cara pakainya. Secara spesifik, lepas flare lalu belok tajam sehingga rudal masih mengikuti flare dan bukan pesawat yang melepaskannya. Mumpung uji coba, belok tajamnya tidak dilakukan. Buat apa memberi stress berlebihan pada airframe?

      Hapus