19 Juli 2022

Pesawat Kecelakaan di Blora, Ini Pernyataan Resmi TNI AU

19 Juli 2022

Pesawat tempur jenis T-50i Golden Eagle yang mengalami kecelakaan di Blora bagian selatan (photo :  dispenau)

Solopos.com, BLORA  — Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara atau Dispenau memberikan pernyataan resmi terkait kecelakaan pesawat latih tempur yang jatuh di Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah (Jateng), Senin (18/7/2022).

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com dari Kadispenau, Marsma TNI Indan Gilang B., pesawat yang mengalami kecelakaan tersebut merupakan pesawat tempur jenis T-50i Golden Eagle. Pesawat Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi, Madiun, yang diawaki satu penerbang itu dilaporkan mengalami kecelakaan saat latihan Night Tactical Intercep pada Senin, 18 Juli 2922.

“Pesawat tail number TT-5009 take off dari Lanud Iswahjudi pukul 18.24 WIB untuk melakukan latihan terbang malam. Selanjutnya pukul 19.25 WIB, pilot masih melakukan kontak dengan flight director. Namun setelah itu posisi pesawat tidak dapat dikontak,” tulis keterangan pers yang diterima Solopos.com, Senin tengah malam.

Informasi di lapangan, dari aparat kewilayahan dan masyarakat Nginggil, Kecamatan Kradenan Blora, Jawa Tengah, terkonfirmasi adanya sepihan logam yang diduga lokasi pesawat T-50i Golden Eagle jatuh. Guna mengamankan dan evakuasi lokasi pesawat latih tempur milik TNI AU yang jatuh di Blora itu, tim dari Lanud Iswahjudi pun langsung menuju lokasi.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, informasi pesawat jatuh di wilayah selatan Blora yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ngawi di Jawa Timur (Jatim) itu diketahui dari warga yang menemukan puing pesawat. Sebelumnya, warga juga sempat melihat ada kilatan yang diduga berasal dari pesawat yang jatuh tersebut.

Pihak aparat kepolisian Blora bersama dengan BPBD dan TNI telah menuju lokasi pesawat jatuh tersebut. Meski demikian, lokasi pesawat jatuh milik TNI AU di Blora itu dikabarkan cukup sulit diakses dan membutuhkan waktu berjalan kaki 45 menit hingga satu jam.

Kapolres Blora, AKBP Aan Hardiansyah, mengaku saat ini bersama dengan 30 personel gabungan dari BPBD dan TNI telah berjalan kaki menuju lokasi ditemukannya puing pesawat itu. Untuk menuju ke lokasi, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam.

Aan mengaku mendapat laporan dari anggotanya jika ada pesawat TNI AU yang jatuh di Blora itu pada pukul 19.20 WIB. “Kami mendapat informasi dari anggota kami di lapangan, Polsek Kradenan, bahwa ada pesawat jatuh di Desa Nginggil. Setelah mendapat laporan, kami perintahkan anggota mengecek langsung ke lokasi,” ujarnya dalam wawancara dengan Kompas TV, Senin (18/7/2022).


140 komentar:

  1. Balasan
    1. Heeeh.......BABI HUTAN 🐗 🤬semoga sebentar lagi ELO yang MATI yaaaa 😡😡🤬

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Budak Buckingham Tentara bersarung satpam Buckingham nyetor tiap bulan upeti sampai 999 tahun lemahhhhh......

      Hapus
    4. Ga usah emosi bro. Cukup laporkan saja URL blog nya plus kasih informasinya yg "bersinetron" nantinya ga sampai 5 menit di blog kok tuh blogger nya.

      Hapus
  2. Harus dicari tahu penyebabnya, kalau memang pesawatnya bermasalah mending dipensiunin aja daripada ngekill pilot sendiri. Nyawa pilot lebih berharga daripada pesawatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. BUKTINYA sudah ada..gempur dah DEDAHKAN..ALUTSISTA TNI banyak RUSAK dan USANG..SDM TNI pun lemah..hahahaha

      Hapus
    2. KONTOL BAPAK KAU USANG....



      MAYAT ATM YG HANYUT DAH KETEMU BELUM

      Hapus
    3. Belum separah Hawk. Jangan langsung suruh pensiun, apalagi pesawat sejenis yg masih produksi lumayan sedkit. Cepat ganti bisa2 memperparah situasi, karena training dan logistik berubah.

      Hapus
    4. Penyebab kecelakaan banyak faktor tidak bisa langsung tuduh pasti pesawat yg bermasalah..bisa pilot error',cuaca,teknis dll

      Pesawat T 50 telah di produksi kurang lebih 200unit..dengan negara pengguna Korea, Indonesia, Philippines, Thailand,Iraq.

      Daftar kecelakaan :
      Dimana kecelakaan 2 x oleh Korea
      1 jatuh total lost & 1 gagal take off

      Ditambah 3 x kecelakaan oleh indo
      2 jatuh total lost & 1 gagal take off tergelincir.

      Langkah yg pasti pertama grounded sementara waktu.

      Hapus
  3. Balasan
    1. JIWA KALIAN MEMANG SUDAH TERGANGGU PANTAS SAJA BANTAI WARGA SIPIL TANPA SEBAB BEBERAPA HARI LALU JUGA PEMUKA AGAMA.

      GAYA PKI SEKALI KALIAN & PERJELAS PELANGGAR HAM BERAT & KALIAN BUKTIKAN DARI AKSI TERBARU KALIAN SEBAGAI PELANGGAR HAM ,DASAR ORANG ASING ,RASIS TUKANG FITNAH SERTA PEMBUAT BERITA PALSU.

      HIDUP NKRI 🇮🇩
      HIDUP BANGSA INDONESIA YANG MERDEKA 🇮🇩
      TUHAN BERSAMA NKRI & BANGSA INDONESIA 🇮🇩

      Hapus
    2. Lihaaaat......BABI HUTAN seperti ini pasti ngak punya empaty....ngak apa apa, kalian sudah bantai 11 orang warga sipil ( 1 pendeta ) sekarang mengejek musibah.....semoga semakin banyak OPM yang MATI oleh TNImembusuk di hutan 🙂

      Hapus
    3. West Papua tuh rekening bank nya udh kosong sejak sebulan lalu Krn ga ada yg kirim lagi duit ke mereka.. nanti di Papua akan muncul berita pentolan OPM lokal dan ausAustra tewas

      Hapus
  4. Semoga ada evaluasi nih udah 2x jatuh, padahal digadang-gadang hampir setara F-16 ini pesawat, cuma musibah gak ada yang tau dan ini jelas-jelas lagi latihan taktikal jadi bisa segera di putuskan pesawat ini mampu atau tidak jika digeber dengan metode pertempuran jika hanya kelas latihan ringan maka tidak bisa dijadikan second fighter dan gak layak pakai kode TS (Tempur Serang).

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3 pesawat t50 yg sdh jatuh..sptnya blm layak nih pesawat

      Hapus
    2. Korea memang belum berpengalaman bikin jadi wajar aja kalau sering kecelakaan, cuma kita aja yang salah milih produk.

      Hapus
    3. T-50i fighter lapis 3 IIRC. Fighter lapis dua kita F-16.

      Hapus
    4. PESAWAT LATIH TYPE INI PESAWAT NO .2 PILIHAN UTAMA UNTUK PESAWAT LATIH LANJUT PILOT² AMERIKA.
      BERSAING KETAT DENGAN PESAWAT PRODUK GABUNGAN PABRIK AMERIKA & SAAB.

      Hapus
  5. WADUH KOK JATUH LAGI , T 50 I PADAHAL JELANG PELUNCURAN
    TERBANG PERDANA PESAWAT IFX / KFX
    INDONESIA 🇮🇩🇰🇷 KOREA SELATAN
    ADA APA LAGI YA ? , PESAWAT TANGGUH JADI SEPERTI ITU ?
    ? ? ?

    TURUT BERDUKA CITA UNTUK KELUARGA PILOTNYA YANG TELAH KEHILANGAN ANGGOTA KELUARGA YANG DICINTAINYA ,SEMOGA SELALU DIBERI KETABAHAN OLEH TUHAN YME DALAM MENERIMA COBAANNYA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ASET USANG masbro...RUSAK..hahahaa

      Hapus
    2. @unknown kaya Sukhoi MKM Malaysia ya yg usang itu. Wkwkwkw. Udh Rush aja url blogger nya pakai report susah susah amat

      Hapus
  6. T50i sudah 3 kali nahas, apa hasil penyelidikan dr kecelakaan sebelum2nya? Apa karena pilot error? Tidak boleh diabaikan begitu saja karena T50i masih pesawat baru.

    Anehnya, menambah 6 unit T50i lagi.

    BalasHapus
  7. Kualat nih kita kayanya suka hina negri jiran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan pernah berfikiran begitu, kita menghina karena JIRAN suka menghina dan merendahkan NKRI, musibah adalah kehendak ALLAH.....OKEEE 😟

      Hapus
  8. Sebaiknya T50i digrounded dulu, dan pemesanan 6 unit T50i ditangguhkan sementara sebelum ada hasil penyelidikan secara menyeluruh atas 3 insiden yg berdekatan.
    Tidak perlu terlalu menjaga perasaan Korsel, nyawa pilot kita lebih berharga.

    BalasHapus
  9. HAHAHAHAHA...HANCUR SEBELUM BERPERANG. BELUM BERPERANG SUDAH TERHEMPAS. DASSR TNI LEMAH.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang lemah itu yg tewas kena senjata sederhana senapang angin penyelundup di Perlis pork ngoahahaha

      Hapus
  10. SUDAH BANYAK ALUTSISTA TNI LEMAH HANCUR AN TERBAKAR SEBELUM BERPERANG. SEBUT SAJA KASEL, JET, HELIKOPTER DAN BANYAK LG. HAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxxa ada bani nasi bungkus yg coba jd provokentir gaess xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa kasihan sdh kena gencet n d babat aparat semarang koar2 kalau tdk benxi dgn PANCASILA xaxaxxaxaxaxxaxxaxaxa nyoh🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛😛

      Hapus
  11. Pelajaran ke depan, Indonesia sebaiknya menghindari sbg user perdana produk militer global, misalnya Changbogo dan T50i.

    BalasHapus
  12. INI BUKTINYA APA?!! SEPERTI KATANYA PAK MENHAN DAN KEPALA STAF TNI BAHAWA. ASET TNI SUDAH BANYAK SANGAT YG USANG DAN TIDAK BOLEH PAKAI. BANYAK SUDAH BERKARAT, TENGGELAM DAN TIDAK BERAT. HANYA TERSADAI DI HANGAR DAN DERMAGA. HAHAHAHAHAHA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hawk dan aw-139 baru terhempas cem mana pork ngoahahaha

      Hapus
    2. Itu peswat masih baru..yg usang siapa bilang

      Hapus
  13. LAGI APA KAH BUKTINYA?! SDM PERSONNEL TNI AMAT LEMAH DAN DUNGU. DIBERI ALUTSISTA DIHANCURKANNYA. DIHANTAR KE MEDAN PERANG KABUR KAYAK BANCI. DICABAR OPM UTK BERPERANG TEWAS DAN AJAK DAMAI. HAHAHAHAH. LEMAH AMAT TNI..LEMAH. HAHAHAHAJ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya buktinya tiada angin tiada perang komando GGK malon Mejar Zahid Armaya bisa tewas dalam demo....sangat lemah komando GGK malon pork ngoahahaha

      Hapus
    2. Semoga elo sebentar lagi kena musibah....Amiiin

      Hapus
    3. Ingat lon..masa konfrontasi sama TNI yg banci malon panggil temen2 inggris sama gurkha
      Siapa yg lemah ini hahha

      Hapus
  14. Gegaman sing kepetung canggih Seko Korsel kok ndrawasi Yo.....🤔

    Iki wes kaping 3 musibah pesawat T-50 i....ndisik kae F-5 sing di overhaul neng Korsel mesine kerep mati Dewe pas mebur, kapal selam sing di overhaul neng Korsel Yo ketaman musibah gede.

    Njur proyek kasel Nagapasa class jarene ofa memuaskan ....isih due PR meneh Karo proyek IFX sing ruwet bundet 🙄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yen nggono ki, Korsel ki Jane konco po mungsuh 🤔

      Hapus
    2. Mungkin gara-gara kesemsem kr BlackPink dadine kabeh tuku saka korsel

      Hapus
  15. DILINGKUNGAN TNI AL GEMPURWIRA SUDAH DEDAHKAN BAHAWA BANYAK KAPAL TNI USANG DAN RUSAK. TIDAK BOLEH BELAYAR. INI TERMASUK KASEL DAN KAPRANG UTAMA. MALAH ADA YG TENGGELAM DI DERMAGA. HAHAHAHA.. NAH..SKRG DILINGKUNGAN TNI AU SUDAH TERBUKTI JUGA BAHAWA BANYAK PESPUR USANG DAN RUSAK GARA GARA PERAWATAN YG LEMAH DAN SDM TNI YG LEMAH. HAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempork nyamar jadi unknown... padahal menhan Malon sendiri dedahkan pertahanan malon paling lemah di Asean ngoahahaha...gempork itu cuma pengangguran orang awam buzzer parti UMNO bukan menhan ngoahahaha

      Hapus
  16. SATU PERSATU ALUTSISTA TNI HANCUR MUSNAH SEBELUM BERPERANG. INI BERITA BAIK. INVENTORIS TNI SEMAKIN KURANG. HAHAHA. YG TINGGAK HANYA ALUTSISTA USANG. HAHAHAHA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga sebentar lagi elo kena Musibah.....Amiiin

      Hapus
    2. nyetor tiap bulan upeti sampai 999 tahun lemahhhhh......masih jadi budak Buckingham

      Hapus
  17. Eropa dan AS secara perlahan sudah mulai mengurangi peran pilot konvensional pada pesawat tempur krn beresiko tinggi. Pelatihan pilot juga sangat mahal dan menemukan kualifikasi menjadi pilot pespur itu sangat langka ditemukan.

    Akhirnya lahirlah ide drone dan loyal wingman. Sedihnya, proyel MALE elang hitam malah terkatung2

    BalasHapus
  18. Hati2 guys gempork nyamar jadi unknown

    BalasHapus
  19. Wahaai.....NITIZEN NKRI mari kita doakan bersama agar UNKNOWN ini kena musibah dan susah dalam menjalani hidupnya.....AMIIIN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin...semoga diorang dilaknat Allah SWT bro...btw unknown ini gempork yg lg nyamar bro

      Hapus
    2. Aamiin Yaa Roballallamin.............

      ========Hidup NKRI....Hidup TNI.....

      Hapus
  20. Gempork PEMBUAL cakap sendiri ngoahahaha..salam komando GGK malon tewas dalam demo ngoahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kopasus TEWAS ditangan papua OPM dan salam kopasus ditangkap UTK pdrm..wkwkwkwkw lemahhhhhhhhh

      Hapus
    2. TNI tewas wajar kerana OPM ada senjata modern,kalo ATM tewas kena senapang angin penyelundup di Perlis tuh buat malu jer...masa ATM tau taktikal militer bisa tewas kena senapang angin penyelundup cuma orang sipil ngoahahaha...beri bukti link internasional yg hantar berita kopassus ditangkap polis malon ngoahahaha

      Hapus
    3. Tentara bersarung satpam Buckingham nyetor tiap bulan upeti sampai 999 tahun lemahhhhh......

      Hapus
  21. MACAM INI KAN BABI


    1).ATM MATI dibedil SENAPAN ANGIN PENYELUNDUP PERLIS.


    2).ATM DITEMBAK RAKAN SENDIRI MASA DEMONSTRASI.


    3).ATM MATI HHANYUT MASA EKSESAIS.

    4).F-18 ENJIN MELETUP SETELAH UPGRADE.


    5).MOST RECORD IN THE WORLD HAWK JATUH/TERHEMPAS..


    6).ACV-15 TERGULING ATM MATI JADI BANGKAI TAK BERGUNA.


    7).GEMPITA LANGGAR MOBIL SIPIL...


    8).KAPAL TENGGELAM DI BASE


    LAWAK

    BalasHapus
  22. Ngguhno Yen pak bowo ki Ra rewel, AU rak malah wes mboyong F-16 V sing radare wes berteknologi AESA.....lha saiki Soyo dirende-rende pengen sing liyane malah reregan Soyo mundak 🤷🏻

    Opo ora suloyo Yen nggene Ki ☹️

    BalasHapus
  23. MACAM INI CARA MATI "BABI-BABI ATM"


    1).ATM MATI dibedil SENAPAN ANGIN PENYELUNDUP PERLIS.


    2).ATM DITEMBAK RAKAN SENDIRI MASA DEMONSTRASI.


    3).ATM MATI HHANYUT MASA EKSESAIS.

    4).F-18 ENJIN MELETUP SETELAH UPGRADE.


    5).MOST RECORD IN THE WORLD HAWK JATUH/TERHEMPAS..


    6).ACV-15 TERGULING ATM MATI JADI BANGKAI TAK BERGUNA.


    7).GEMPITA LANGGAR MOBIL SIPIL...


    8).KAPAL TENGGELAM DI BASE

    9).MATI OLEH BOMB RAKAN SENDIRI SEMASA MELAWAN SULU.
    ETC

    LAWAK

    BalasHapus
  24. KASEL ROSAK, KAPRANG friget korvet, KCR ompong, usang dan ada TENGGELAM, pesawat TNI banyak grounded KERANA ROSAK, pesawat TNI banyak TERHEMPAS, pesawat TNI banyak ompong, personnel TNI bnyk TEWAS di tgn teroris BERSENJATA RINGAN... INI apa maknanya...LEMAH. LEMAH..LEMAH..LEMAH..LEMAH..HAHAHHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mang AtM kerja nya tanam sayur sama tidor cong hahaha.

      Hapus
    2. Otak ko LEMAH wakakakakakakaka

      Hapus
  25. Evaluasi menyeluruh nih teman2 kemenhan dan tni,
    Headline utama alutsista asal negeri gingseng,
    Kalau memang nggak sesuai dengan spesifikasi atau dibawah standar jangan ditutupi lagi,
    Segera ganti dengan yang sesuai standar tni,
    Cbg, t50, sph, sampai mungkin proyek ambisius kfx/ifx,
    Coba ditelaah lagi tni sudah menetapkan standar tinggi alutsista bernilai strategis, jangan dikoreksi dengan alasan apapun,
    Langkah menhan sudah benar dengan membidik alutsista canggih dan proven dari pemegang paten masing2 matra, seperti prancis, jerman dan italy,
    Tapi kedepan harus didukung program autonomous dan ai karena pertempuran bukan sekedar tukar peluru dan rudal tapi perang hibrida.

    BalasHapus
  26. nyetor tiap bulan upeti sampai 999 tahun lemahhhhh......masih jadi budak Buckingham

    BalasHapus
  27. Kalau proyek ifx harus batal yaa batalkan saja deh,
    Alih2 lompat ke teknologi 4,5 malah kejevlos lagi kalau nggak komprehensive studinya,
    Mending alihkan ke pengadaan rafale,
    Minta tot full seperti india punya kontrak.
    Sambil terus mengembangkan teknologi ucav,
    Turkiye udah menyambut dengan tangan terbuka tuh buat tot dan joint produksi bayraktar yang battle proven di banyak laga.

    BalasHapus
  28. Khusus kasus kecelakaan ini point investigasi harus dicek kenapa ejection seat nggak dipake pilot (kalau benar kabarnya pilot tidak melontarkan diri)
    Karena kasus 2015 juga pilot gugur karena tidak memakai ejection seat,
    Atau jangan2 ada yg bermasalah dengan siatem pelontar emergencynya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk melakukan ejection, pilot harus sadar untuk melakukannya dan punya cukup waktu setelah menyadari dirinya dalam bahaya dan pesawat tidak terselamatkan. Ini terbang malam dan tidak lama setelah take off.

      Kalau tidak salah yg dipakai varian dari Mk. 16. Mirip sama yg di Rafale dan F-35.

      Hapus
  29. Unknown 19 Juli 2022 08.44
    KASEL ROSAK, KAPRANG friget korvet, KCR ompong, usang dan ada TENGGELAM, pesawat TNI banyak grounded KERANA ROSAK, pesawat TNI banyak TERHEMPAS, pesawat TNI banyak ompong, personnel TNI bnyk TEWAS di tgn teroris BERSENJATA RINGAN... INI apa maknanya...LEMAH. LEMAH..LEMAH..LEMAH..LEMAH..HAHAHHAHA

    ____________________________________
    MENGHINA NEGARA SENDIRI SECARA HALUS "BABI" SATU INI


    1).APAL SELAM ROSAK
    SCORING tak boleh selam... kena perbaiki dulu baru boleh SELAM.


    2).FRIGATE & KORVET OMPONG

    90% KAPAL PERANG TLDM... adalah "GUN BOAT WW2"... YG ADA MISSILE cuma 3 BIJI KAPAL itupun MISSILE EXPIRED dengan range 36 KM.


    3).KAPAL TENGGELAM

    KAPAL LST n KAPAL LAINYA TENGGELAM... Ada yg hampir HILANG oleh PUKAT NGUYEN



    4).ATM banyak mati KONYOL.... HANYUT MASA EKSESAIS, MATI OL H SENAPAN ANGIN.... MATI MASA DEMONSTRASI



    LAWAK... LEMAH... BODOH... TAK BERGUNA... IDIOT... ITULAH ATM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya hamba Buckingham ommm......belum merdeka, mindset jilad bukan jihad

      Hapus
  30. ORITE SEMUA...AKU NAK OUT DULU..INVENTORIS TNI LEMAH SEMAKIN BERKURANG NI..BERITA AMAT BAIK NI..AKU NAK BUAT KIRA KIRA DAN TOLAK TOLAK KUANTITI ALUTSISTA TNI LEMAH YG SUDAH TERHEMPAS, TERBAKAR, TENGGELAM, HANCUR..HAHAHAHA. INVENTORIS TNI SEMAKIN BERKURANGAN BAIK KAPAL, PESAWAT DAN TANK/IFV.
    SEJAK AKHIR NI HANCUR SELALU ALUTSISTA TNI..HAHAHAHAHA..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kareena dipakai latihan
      Klo gak mau kecelakaan ya sudah gudangkan saja.
      Oh lupa ATM gk pernah latihan ya.
      Makanya awet

      Hapus
  31. SHOPPING KONON..TP TETAP BERKURANG DAN GAK NAMBAH INVENTORISNYA..HAHAHAHA..BELI SEDIKIT..ROSAK TERHEMPAS HANCUR BUANYAKKK..HAHAHAH

    BalasHapus
  32. DI PAGE DAN FORUM BELAH MALAY SUDAH SAMPAI BERITA INI..RAMAI GEMBIRA, GELAK DAN MERENDAH RENDAHKAN SERTA MENJELEKAN TNI..HAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keluar dulu dri FPDA baru bilang gt.
      Konfrontasi sama TNI aja panggil temen2.
      Lemaahh

      Hapus
    2. Beruk malaya pergi jauh sana

      Hapus
  33. ATM = TENTARA TOLOL INILAH KETOLOLAN MEREKA... SEBAB MEREKA LEBIH BODOH DARI BABI


    1).KAPAL SELAM ROSAK
    SCOPUNG tak boleh selam... kena perbaiki dulu baru boleh SELAM.


    2).FRIGATE & KORVET OMPONG

    90% KAPAL PERANG TLDM... adalah "GUN BOAT WW2"... YG ADA MISSILE cuma 3 BIJI KAPAL itupun MISSILE EXPIRED dengan range 36 KM.


    3).KAPAL TENGGELAM

    KAPAL LST n KAPAL LAINYA TENGGELAM... Ada yg hampir HILANG oleh PUKAT NGUYEN



    4).ATM banyak mati KONYOL.... HANYUT MASA EKSESAIS, MATI OL H SENAPAN ANGIN.... MATI MASA DEMONSTRASI



    LAWAK... LEMAH... BODOH... TAK BERGUNA... IDIOT... ITULAH ATM

    BalasHapus
  34. Udah bayar upeti blm???

    Masih terjajah, upeti tiap bulan sampe kiamat baru merdeka....

    Berdasarkan perjanjian 999 tahun antara Inggris dan Malaysia dalam penyerahan kemerdekaan ke tangan Malaysia. Maka telah di tentukan beberapa syarat - syarat tertentu. Salah satu syaratnya Malaysia di haruskan bergabung dalam keanggotaan perserikatan inggris Commonwealth di mana sebagai anggota memiliki kewajiban untuk tunduk pada pimpinan tertinggi Commonwealth yaitu Inggris. Di mana tiap - tiap Anggota di wajibkan untuk menyediakan wilayahnya untuk keperluan pertahanan. Di wajibkan untuk membayar sejumlah uang tertentu dari hasil pendapatan negara. Celakanya Malaysia memiliki beberapa kerajaan daerah yang di kelola melalui dewan Raja di mana mereka terikat perjanjian dengan Kerajaan Inggris yang mengharuskan mereka membayar biaya perlindungan kepada Kerajaan Inggris. Hal ini di kelola secara khusus oleh pihak pemerintah Malaysia. Dengan ini Pemerintah bukan saja harus membayar sejumlah uang untuk keanggotaan Commonwealth tetapi juga membayar uang perlindungan untuk Inggris. Hal ini terjadi hampir tiap bulan di mana pemerintah Malaysia menyetor sejumlah uang upeti ke pihak Kerajaan Inggris.

    BalasHapus
  35. BANGKAI BABI ATM


    YG HANYUT DISUNGAI DAH KETEMU BELUM.....


    ATAU BINI ATN TUH DAH DIROGOL RAMAI-RAMAI OLEH RAKANNYA

    BalasHapus
  36. SAYA NAK BAGI SATU TIP UTK KAMU SEMUA DAN MANA MANA MALAY YG NAK TAU MASALAH TNI INDON LEMAH. FOLLOW SAJA ALMAN HELVAS DI TWITER. DIA SELALU MEMBANGKITKAN MASALAH MASALAH DAHULU DAN TERKINI TNI LEMAH BAIK KAPAL KAPAL USANG DAN ROSAK, PESAWAT PESAWAT GROUNDED DAN OMPONG, KENDERAAN KENDERAAN TEMPUR YG USANG DAN ROSAK, PROGRAM YANG DIANCAM KEGAGALAN ATAU SUDAH GAGAL DAN BUANYAKKK LAGI..HAHAHAHA..SELAMAT MEMBACA KALIAN SEMUA.. JANGAN MARAH, JANGAN SAKIT HATI, JANGAN SEDIH DAN JANGAN KOYAK MENTAL. LEPAS INI INDON AKAN TAUKAH BETAPA LEMAH YA DIORANG. MALAH DI PAGE DAN FORUM INDON SENDIRI RAMAI NETIZENYA SENDIRI KOMEN MERENDAHKAN DAN MENJELEKAN TNI. HAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...tip ape lon.
      Kapal LCS mangkrak karatan apa kabar?
      Tak usah sembang member FPDA tp semua aset sewa
      .

      Hapus
    2. Eject kat hanggar gimana lon? WAKAKAKAKAKAKAKA

      Hapus
  37. Pesawat kualitas rendah ngak perlu beli lagi, kasihan nyawa pilot

    BalasHapus
  38. Mang ATM kerjanya tanam sayur sma tidor aja.
    Latihan setahun sekali.

    BalasHapus
  39. Wkwkwkkw....

    https://zonajakarta.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-183034044/malaysia-berkabung-jet-tempur-hawk-miliknya-alami-kecelakaan-serius-hingga-sebabkan-korban-jiwa

    BalasHapus
  40. HERON ,KAN !

    INI PESAWAT TANGGUH LHO !
    PESAWAT LATIH TYPE INI (t 50 ) PESAWAT NO .2 PILIHAN UTAMA UNTUK PESAWAT LATIH LANJUT PILOT² AMERIKA.
    BERSAING KETAT DENGAN PESAWAT PRODUK GABUNGAN PABRIK AMERIKA & SAAB.
    PESAWAT INI CUKUP TANGGUH !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tejas aca aca nehi nehi ditawarkan kmn2 g laku om.....tapi ada yg mau juga? Sudah terhubung FA50 jadinya tejas aca aca nehi nehi

      Hapus
  41. Dopper TNI lsg kejang2 kencing2

    https://rakyatku.com/read/163270/peluru-tembus-rompi-tentara-malaysia-ini-tewas-tertembak-saat-sesi-latihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. INI SUNGGUH AKAN MENGHERONKAN !

      BENAR² MENGHERONKAN SEKALI !

      🤷‍♂️ HUH

      Hapus
  42. Salam takziah buat keluarga korban..

    Turut berduka..

    salam damai dari tetangga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam takziah jugak buat keluarga korban yg ditinggalkan
      serta keluarga besar angkatan udara RI

      makasi om JEPE, salam hangat semua tetangga kesayangankuh disebelah 🤝🤝🤝

      Hapus
  43. Ini daftar kecelakaan T-50 series golden eagle :

    On 15 November 2012, a South Korean air force pilot from the service's Black Eagles aerobatic display team was killed when his KAI T-50B trainer crashed in a mountainside in the area of Hoengsong, about 48 nm (90 km) east of Seoul,[186] due to human error during a maintenance operation.[187]
    On 20 December 2015, an Indonesian Air Force T-50i Golden Eagle crashed while performing a flight demonstration during an airshow at Adisutjipto Air base in Yogyakarta, killing its two pilots[188][189] possibly caused by pilot error.[190]
    On 6 February 2018, a South Korean aerobatic team's plane flipped over after one of its tires burst on takeoff at Changi Airport. It was taking off in preparation for a display at the Singapore Airshow.[191]
    On August 10, 2020, a 38-year-old Indonesian Air Force T-50i pilot died from injuries sustained during a training accident at the Iswahyudi Air Force Base.[192]
    On August 10, 2021, a part from T-50i fell down during flight in eastern Java, Indonesia. Pilots and the plane were safe.[193]
    Tambah 1 lagi yang tadi malam.

    Indonesia punya 16 unit, jatuh 3
    Korea Selatan punya 142 unit, jatuh 2 unit
    Filipina punya 12 unit belum ada yang jatuh
    Thailand punya 4 unit mau tambah 8 unit
    Irak punya 24 unit belum ada yang jatuh.

    Pertanyaannya : kenapa punya kita kok jatuh 3 sedangkan yang lain belum ada yang jatuh. Bahkan Korsel yang punya 142 hanya jatuh 2 unit? Jadi siapa yang patut dicurigai : Korsel atau dari pihak kita sendiri ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jatuh 2, yang 1 bukan jatuh.

      Makin banyak inventory, makin baik rotasi operasional-maintenance-standby'nya.

      Ane gak tau, kepadatan pemakaian T-50 di IWJ seperti apa.
      Jadi ane gak komen "mungkin-mungkin-mungkin...mestinya-mestinya-mestinya"

      Hapus
    2. Ngirim flight sampai Papua dengan pesawat ini aja sudah jauh diatas jangkauan operasional di negara asalnya..

      Itu sedikit menggambarkan...

      Hapus
    3. Yang penting bukan seperti kasus di Korea tahun 2012. Ada pola menarik bahwa sebagian besar terjadi di Asia Tenggara. Satu yg punya Korea Selatan saja terjadi di Singapura.

      Hapus
    4. "..Satu flight pesawat tempur T-50i Golden Eagle, Skadron Udara 15 menempuh rute dari Lanud Manuhua, Biak; dilanjutkan ke Lanud Patimura, Ambon; Lanud Hasanuddin, Makassar; dan berakhir Lanud Iswahjudi.

      T-50i Golden Eagle sukses menjalankan misi operasinya, hal yang sama juga dirasakan seluruh penerbang dan kru pesawat tempur F-16 Fighting Falcon, yang baru saja menjalankan tugas operasi udara mengamankan Alur Laut Kepulauan Indonesia III (ALKI III) di wilayah kepulauan Maluku.."

      =====
      Penjelajah negeri...

      Hapus
    5. T 50 kecelakaan 2 jatuh & 1 tergelincir gagal take off.

      Analisa pesawat 1 jatuh di Jogja air show pesawat manuver terlalu rendah telat untuk recovery..bisa di bilang pilot error'.

      Pesawat 2 tergelincir di lanud Iswahyudi gagal take off banyak faktor tapi paling utama adalah faktor teknis.

      Pesawat 3 ya tunggu di investigasi.

      Tapi benang merahnya dari 3 kecelakaan ini...kenapa tidak adanya prosedur melontar kan diri ejection seat...perlu di evaluasi mendalam.

      Hapus
    6. Tentu saja kita mempertanyakan kualitas/durabilitas alutsista buatan Korsel ini.....bukan tanpa alasan ☝️

      RI adalah pengguna pertama T-50 diluar Korsel dan dg jumlah yg terbatas diimbangi dg utilitas yg tinggi karena harus berbagi peran sbg jet latih dan jet tempur ringan maka pastinya tingkat utilitas T-50 yg dimiliki RI paling tinggi dibanding operator manapun, bahkan dibanding Korsel 🤷🏻

      Nah yg menjadi pertanyaan adalah durabilitas pespur Korsel ini terutama pada mesinnya yg sudah dilisensi oleh Korea (F-404 GE) 🧐

      Mesin F-404 lisensi Korsel yg mentenagai T-50i diketahui sudah bbrp kali mati mesin saat mengudara.....disini konsen nya thd pespur ini.

      Ditambah sudah ada pengalaman buruk dg bbrp F-5 yg masih tersisa saat itu, setelah di overhail di Korea justru sering mati mesin saat mengudara 🤷🏻

      Hapus
    7. F-16 yg dari segi usia jauh lebih bangkotan ketimbang T-50i justru memiliki reputasi keamanan penerbangan yg tinggi

      Hapus
    8. @tupez

      Tidak benar itu kalo dikatakan t-50 beamuver terlalu rendah......sudah ada prosedur ketinggian terbang yg disyaratkan utk bermanuver dg aman

      Hapus
    9. Selama ini kecelakaan pesawat tempur kita didominasi oleh pesawat low cost cpfh seperti Hawk, T50i, Super Tucano. Resiko pesawat yang punya biaya terbang rendah adalah sering digunakan.

      T50i kita sendiri pernah ditugaskan untuk ke Tarakan (Kalimantan Utara), Kupang bahkan sampai Papua. Suatu jarak yang lebih jauh dibanding T50 series milik ROKAF yang terbang di wilayah Korsel sendiri. Korsel negaranya sempit. Indonesia wilayahnya luas puluhan kali lebih luas dari Korsel. Jadi sebenarnya T50i kita yang hanya 1 skuadron itu melakukan kerja rodi dipaksa untuk lebih sering terbang dari pesawat lainnya dan juga lebih terbangnya daripada rekan2 t50 milik Korea. Ini mengakibatkan metal fatigue pada airframe maupun struktur pesawatnya. Bagian t50i yang lepas sendiri saat terbang di bulan Agustus 2021 itu sebenarnya menunjukkan kelemahan itu.

      Jadi apakah solusinya?

      Jika pesawat itu lebih sering digunakan tolong akuisisi lebih banyak jangan hanya 1 skuadron saja dipaksa ke mana2. Korsel punya sekitar 10 skuadron padahal wilayahnya sempit. Lha kita hanya punya 1 skuadron padahal wilayah kita jauh lebih luas. Minimal kita punya 8 atau 9 skuadron t50i series barulah kita bisa meminimalkan resiko metal fatigue ini.

      Hapus
    10. Salah satu faktor yg menentukan ketinggian terbang yg aman buat bermanuver adalah mesin pesawat.🤔

      Hapus
    11. Solusinya.....stop deh main itung-itung angka semata ☝️

      Hapus
    12. Intinya stop penggunaan jet yg dari awal didesain sbg jet latih utk fungsi ganda ....jet latih ya utk melatih pilot dan ga perlu tertalu canggih.....yg low cost aja.

      Sedang utk pespur gunakanlah pespur sungguhan yg perfomanya sudah teruji

      Hapus
    13. Setuju stop main itung-itung angka semata, tapi harus tahu penggunaan angka (data) buat menetukan batas kemampuan peralatan yg dimiliki.

      Penggunaan LIFT sebagai low cost fighter juga tidak apa2. Apalagi kalau hanya buat patroli (bukan CAP atau BARCAP). Penggunaan fighter beneran buat patroli yg sebenarnya berlebihan.😈

      Hapus
    14. Memang ada benarnya bro ntung.. pesawat T 50 ini di pisahkan saja operasional nya...khusus untuk pesawat LIFT melatih pilot transisi atau pesawat serang tempur ringan sekalian.. tentunya kalau untuk hanya latih varian TA 50 skrg sudah cukup...tapi kalau untuk serang sebaiknya varian FA 50.

      Tapi ujung2nya semua anggaran.
      Sudah seharusnya di Papua di bentuk skadron tempur biar CAP nya gak perlu jauh2 diambil dari Jawa.

      Hapus
  44. Sudah biasaleh ...memang buqt latihan setiap hari siang dan malam mesti ada barang yg eror...lihat India dan jepang f35 pun boleh jatuh di laut .india pula berapa jet tempur sukhoi yg ekciden . Klo pemerhatian lo itu lemah leh dia punya tentara.

    BalasHapus
  45. Prosedur pengguna ejection seat secara periodik dilatihkan....tapi tidak sesederhana itu dalam pelaksanaannya.

    Pespur yg mengalami masalah diudara sering kali masuk dalam kondisi stall yg mengakibatkan pilotnya mengalami disorientasi atau bahkan pingsan.

    Utk mengoperasikan ejection seat....pilot harus dalam kondisi sadar, memiliki orientasi yg baik dan masih bisa mengendalikan pesawat sampai batasan tertentu

    Dan dia baru bisa mengaktifkan ejectioj seat pada parameter yg aman..... kecepatan nya sudah tidak terlalu tinggi juga terbangnya tidak terlalu tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyaris semua kursi pelontar dengan suplai oksigen tidak ada batas atas ketinggian. Yang susah sebenarnya batas bawah. Zero-zero itu cap buat yg bisa di ketinggian 0 m dan kecepatan 0 km/j.

      Batas atas kecepatan kurang tahu, belum pernah lihat literaturnya. Yg pasti mach satu keatas risiko tinggi buat tubuh manusia.

      Hapus
    2. Mesin (ejection seatnya) memang tidak bermasalah tapi justru fisologis manusia yg bermasalah ketika bail out terlalu tinggi karena suhu eksternal yg terlalu dingin shg pilot akan mengalami kondisi seperti "orang gelagepan" karena perbedaan suhu yg ekstrem antara didalam kokpit dg diluar kokpit dan efeknya oksigen cadangan akan tersedot habis dg sangat cepat.

      Ini manual di kedokteran penerbangan USAF yg menjadi rujukan dimanapun

      Hapus
    3. Efek lain akibat perbedaan suhu yg ekstrem.....pilotnya justru bisa pengsan

      Hapus
    4. Masalah ketinggian setahuku hanya di beberapa high altitude bomber sama pesawat seperti U-2. Buat fighter biasa, mesin dan sayap biasanya kurang kuat buat mencapa ketinggian yg berbahaya.

      Hapus
    5. Kenapa sy bilang evaluasi ejection seat penting...karena ya ini cara terakhir pilot untuk menyelamatkan diri.

      kalau sudah dilatihkan secara periodik pun kalau tidak berfungsi nya ejection seat juga akan percuma.

      Hapus
    6. Justru sampai saat ini dari rangkaian kecelakaan pespur di Indonesia tidak ada bukti bahwa election seat nya mengalami malfungsi

      Hapus
    7. @IRS

      Kalo tak salah ingat batas ketinggian maksimal seorang pilot bisa melakukan baik out dg aman adalah 15.000 kaki pada kecepatan 250 knot

      Hapus
  46. Jangan berlebihan bung. Kalian bukan inspektorat kelaikan penerbangan TNI AU. Tunggu official report accident nya dulu jgn melebar berasumsi nya. Pilot dan pesawat serta teknisi itu sama-sama tinggi nilai asetnya. So,ngopi aja dulu bro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iki negara merdeka mas....komen kok dilarang, emang Bapake sampeyan durung pensiun neng kopkamtib

      Hapus
    2. Njur bagian mananya yg berlebihan dari komen-komen diatas

      Hapus
    3. Report accident pesawat militer itu berbeda dengan pesawat sipil yg hasilnya diumumkan ke publik..

      Untuk kecelakaan ke 3 ini gak bilang pasti penyebab karena masalah nya ini...ya tentu nya semua perlu di investigasi terlebih dahulu.

      Hapus
    4. Mase mesti weruh Pak Sudomo, Pangkopkamtib..

      Ngeri mazsseeeh....

      Hapus
    5. Marahi mbukak wadi wae lho 🙈🙈🙈

      Hapus
    6. Nek ngerti jamane Pangkopkamtib Laksamana Sudomo : Fix wis sepuh iki lebih dari 50 tahun umure.

      Hapus
    7. Rasah melu-melu....malah gor nambahi ruwet wae 😤😤😤

      Hapus
    8. Panglima Komando Pemulihan Keamanan dan Ketertiban, beeeghh...

      Nek jik ono, kabeh DS'er iso dikarungi..

      Njir, serem men jaman semono..

      Hapus
    9. Nek sing mbeling-mbeling dikarungi dadi siji amor gempur......🤣🤣🤣

      Hapus
    10. DISLAIK ,KALAU PESAWAT ADA DILINTASAN PASTI LAIK TERBANG ,KECUALI DIBUAT TIDAK LAIK TERBANG DI LINTASAN , INSPEKSI ITU ADA DI GROUND MINIMAL DIHANGGAR BUKAN DI TAXI RUN , BAGAIMANA BISA DITUKAR ² YANG LOGIS SAJA BERKOMENTAR ITU.

      Hapus
    11. Sebelum terbang pesawat itu pasti di cek dulu kan apakah layak atau tidak.klo gak layak misal ada suatu problem/trouble sama pesawat tsb pasti gak di ijin kan terbang.
      Malfungsi bisa jadi.
      Pointnya sih kursi lontar nya itu

      Hapus
    12. Perkembangan terbaru kontak terakhir pilot terhadap visual pesawat di depannya mengatakan 'Blind'.

      Bisa kemungkinan terjadi pilot mengalami disorientasi... sehingga pilot tidak eject.

      Hapus
    13. "Blind" itu menandakan pesawat tidak dilengkapi radar......jadi hanya mengandalkan visual thd pesawt tandemnya

      Hapus
  47. BERIKUT kronologi insiden melibatkan pesawat milik Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) termasuk yang terhempas dan mendarat cemas sejak 1991.

    * 22 Okt 1991 -- Jurulatih penerbangan terbunuh apabila pesawat Pilatus PC-7 yang dikendalikannya terhempas di Kepala Batas, Kedah.

    * 27 Feb 1992 -- Dua juruterbang terselamat semasa pesawat Pilatus PC-7 yang mereka naiki mendarat cemas di Padang Sekolah Menengah Sanglang, Kedah.

    * 11 Julai 1993 -- Juruterbang terbunuh apabila pesawat Pilatus PC-7 yang dikendalikannya terhempas dalam sawah padi Kampung Cemumar, Perlis

    * 15 April 1996 -- Pesawat Aermacchi MB-339 milik TUDM terhempas kira-kira 30 batu nautika dari Pantai Mersing, Johor, berhampiran dengan Pulau Yu. Juruterbang terselamat.

    * 17 April 1996 -- Juruterbang pesawat pejuang F-5E terselamat apabila pesawat itu terbakar dan merempuh halangan keselamatan di penghujung landasan Pangkalan Udara Kuantan, Pahang.

    * 18 Jun 1996 -- Pesawat Hawk 108 terhempas ketika membuat penerbangan latihan dekat Pangkalan TUDM, Butterworth, Pulau Pinang. Tiada kecederaan.

    * 23 Julai 1996 -- Pesawat pejuang Hawk terhempas dan meletup di sebuah gaung kecil di luar Lapangan Terbang Labuan, Labuan. Dua juruterbang terselamat.

    * 3 Sept 1998 -- Pesawat MiG-29N yang berpangkalan di Kuantan terhempas di selatan Kampung Jaya Gading, Kuantan, Pahang, kira-kira 6.4km dari pangkalannya, tetapi juruterbangnya terselamat.

    * 10 Sept 1998 -- Juruterbang terkorban apabila pesawat latihan Hawk 208 dikendalikannya terhempas di Kuala Betis, Gua Musang, kira-kira 200km dari Kota Bharu, Kelantan.

    * 24 Mei 1999 -- Pesawat Caribou terhempas sejurus berlepas dari Lapangan Terbang Antarabangsa Kuching, Sarawak, menyebabkan semua lima orang di dalamnya terbunuh.

    * 2 Okt 2000 -- Pesawat pejuang Hawk 108 terbabas semasa mendarat di Pangkalan TUDM Labuan selepas menjalani latihan penerbangan biasa. Juruterbang terselamat.

    * 10 April 2001 -- Juruterbang pelatih maut setelah pesawat Pilatus PC-7 yang dikendalikannya terhempas di sawah berhampiran Kampung Kepala Parit, Kedah.

    * 23 Jan 2002 -- Pesawat Aermacchi MB-339 terhempas di kawasan hutan Tasik Kenering berhampiran Empangan Air Kala di Gerik, Perak. Dua juruterbang terselamat.

    * 12 Ogos 2003 -- Juruterbang pelatih wanita terbunuh apabila pesawat Pilatus PC-& yang dikendalikannya terhempas di sebuah kebun getah dekat Kampung Lembah Keriang di Sintok, dekat Jitra, Kedah.

    * 18 Dis 2003 -- Dua juruterbang terbunuh apabila pesawat pejuang Hawk 100 terhempas di perairan Pantai Sepat, Kuantan, Pahang.

    * 27 Mei 2004 -- Juruterbang pelatih terbunuh apabila pesawat latihan Pilatus PC-7 terhempas berhampiran Kampung Padang Gelanggang, Sanglang, Kedah.

    * 9 Nov 2004 -- Pesawat MiG-29N terhempas di ladang kelapa sawit Ketengah Perwira, Kemaman, Terengganu. Juruterbang terselamat.

    * 16 Dis 2004 -- Juruterbang pelatih dan jurulatihnya terbunuh apabila pesawat Pilatus PC-7 dari Kolej Tentera Udara Diraja Malaysia, Kepala Batas, Kedah, terhempas.

    * 23 Jun 2005 -- Jet pejuang Hawk 208 terhempas di Pangkalan Udara TUDM Labuan, Labuan, mengorbankan juruterbangnya.

    * 11 Mei 2006 -- Pesawat latihan Pilatus PC-7 milik TUDM terhempas di kawasan sawah di Kampung Ujung Padang, Kedah. Dua juruterbang terselamat.
    * 4 Mei 2007 -- Pesawat Hawk 208 terhempas di Pangkalan Udara Kuantan, Pahang. Juruterbang terselamat.

    BalasHapus
    Balasan

    1. * 11 Sept 2009 -- Pesawat Pilatus PC-7 Mark II terhempas di landasan Lapangan Terbang Antarabangsa Langkawi, Kedah. Dua juruterbang terbunuh.

      *25 Mac 2010 -- Juruterbang terbunuh apabila pesawat Pilatus PC-7 Mark II yang dikendalikannya terhempas di kawasan hutan dekat Kompleks Sukan Universiti Utara Malaysia di Sintok, Kedah.
      * 26 Feb 2016 -- Pesawat CN235 mendarat cemas di pesisir pantai Kuala Selangor berikutan kerosakan enjin. Kesemua lapan anak kapal terselamat dengan bantuan nelayan.

      * 17 Mei 2016 -- Jurulatih dan pelatih terselamat selepas pesawat latihan Aermacchi MB-339CM terhempas di kawasan sawah padi di Kampung Serum, Pekan, Pahang.

      * 4 Okt 2016 -- Helikopter Nuri terhempas di atas bumbung Pusat Kemahiran Hidup, Sekolah Menengah Kebangsaan Balong, Tawau, Sabah. Sebanyak 14 anggota tentera cedera.

      * 21 Dis 2016 -- Juruterbang maut manakala tiga lagi cedera apabila pesawat Beechcraft B200T yang dinaiki mereka terhempas berhampiran Terminal Peluru Pangkalan Udara Butterworth, Pulau Pinang.

      * 15 Jun 2017 -- Sebuah pesawat pejuang Hawk 108 terhempas di Chukai, Terengganu. Dua juruterbang maut dalam kejadian berkenaan.

      * 16 November 2021 -- Sebuah pesawat pejuang Hawk 108 terhempas di Pangkalan Udara Butterworth. Seorang terkorban manakala seorang lagi cedera dalam kejadian itu.
      MB339A

      1 Jun – pesawat latihan MB339A dari Pulatibang 3 terhempas ke atas rumah penduduk di pengkalan Kuantan semasa persembahan aerobatik sempena Ulangtahun ke 27 TUDM mengorbankan pilot Mej Shubli bin Ismail TUDM dan pembantunya Kapt Kamaruzzaman TUDM .1986.

      14 Disember - MB339A (M34-09) terhempas (perlu pengesahan)1996

      15 April - MB339A (M34-08) terhempas di laut China Selatan dekat Kuantan akibat kegagalan rangka pesawat. pilot Kapt Sebastian A. William TUDM selamat

      27 Oktober - MB339A (perlu pengesahan)1999

      23 Jan - MB339 di Pulau Tiga Mersing dan pilot melenting keluar.



      1 Jun - pesawat F5E (22-13) terhempas berdekatan Pengkalan Butterworth e – j/terbang adalah Kapt Jusof Embong yg sempat melenting keluar dgn selamat (perlu pengesahan).1979

      6 Jun - F5E (29-06) terpaksa mendarat cemas di Pengkalan Udara Butterworth. J/terbang Mej Victor Emmanuel selamat dan pesawat rosak teruk.

      6 Jun - F5E (29-06) terpaksa mendarat cemas di Pengkalan Udara Butterworth. J/terbang Mej Victor Emmanuel selamat dan pesawat rosak teruk.1984

      sumber tidak rasmi mengatakan 3 pesawat F5E terhempas pd tahun ini - F5E (M29-06) terhempas (perlu maklumat lanjut)1985

      21 Oktober -F5E (29-15) terhempas dekat Kertih, Terengganu semasa latihan penerbangan. pilot Kapt Tengku Adli Shah berjaya melenting keluar tetapi co-pilot Lt Azman bin Jaafar TUDM tidak berjaya keluar lalu terbunuh.1987

      13 Oktober - F5E (29-07) terhempas (perlu maklumat lanjut) 1995

      30 Mei - F5E (M29-14) terhempas di Butterworth - pilot Kapt Lai Yit Fuen TUDM terbunuh

      17 April - F5E (M29-22) terhempas di Butterworth (perlu pengesahan)



      4 September - sebuah MiG29 (M43-17) terhempas di Jaya Gading, Kuantan- pilot Mej Mohd Fauzi bin Salleh TUDM melenting keluar.

      9 November - MiG 29 – terhempas di Ladang Perwira KETENGAH di Kemaman, pilot Mej Fajim Juffa Mohd berhasil melenting keluar.

      Hapus