09 Februari 2023

TUDM Sukses Laksanakan Structural Inspection 33 Tahun (ST33) Pesawat C-130 (M30-08)

09 Februari 2023

Pelaksanaan Structural Inspection 33 Tahun (ST33) Pesawat C-130 (M30-08) TUDM (photos : TUDM)

Penyerahan Pesawat Charlie 130 Hercules TUDM (M30-08) Bukti Kejayaan Kejuruteraan TUDM Laksanakan Senggaraan  Structural Inspection 33 Years

LABUAN –Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) berjaya mengorak langkah mewujudkan kembali keupayaan Senggaraan Barisan Kedua (2nd Line Servicing) bagi Kejuruteraan TUDM. Ianya terbukti pada hari ini, dengan berlangsungnya Penyerahan Pesawat C130H (M30-08) yang sempurna menjalani senggaraan Structural Inspection 33 years (ST 33 years) daripada Cawangan Kejuruteraan Pangkalan Udara Labuan kepada No 14 Skuadron yang disaksikan oleh Panglima Tentera Udara, Jeneral Tan Sri Dato’ Sri Mohd Asghar Khan bin Goriman Khan TUDM.

Turut hadir menyaksikan peristiwa bersejarah ini ialah Panglima Operasi Udara, Leftenan Jeneral Dato' Mohd Shahada bin Ismail TUDM; Panglima Wilayah Udara 2, Mejar Jeneral Dato’ Hj Shamsudin bin Kassim TUDM; AKS P&P, Mejar Jeneral Dato’ Muhammad Tarminzi bin Hj Mustapha TUDM; AKS Materiel, Brigedier Jeneral Nor Azmi bin Abd Rahman TUDM dan beberapa Pegawai Kanan TUDM dan anggota TUDM khususnya Cawangan Kejuruteraan.

Ketibaan Panglima Tentera Udara disambut oleh Komander Pangkalan Udara Labuan, Brigadier Jeneral Hj Muhammad Taha bin Hamdan TUDM yang kemudiannya memperkenalkan Team Senggaraan Structural Inspection (ST 33 Years) yang terdiri daripada empat (4) pegawai dan 32 anggota Lain-lain Pangkat (LLP) daripada No 14 Skuadron, Cawangan Kejuruteraan serta Cawangan Materiel dari Pangkalan Udara Labuan diketuai oleh Mejar Mohd Hanafi bin Zaini TUDM serta Kapten Muhammad Syafiq bin Rossley TUDM yang merupakan Pegawai Kejuruteraan ST-33, Pangkalan Udara Labuan.

Panglima Tentera Udara seterusnya menyaksikan penyerahan pesawat C130H (M30-08) oleh Ketua Cawangan Kejuruteraan, Pangkalan Udara Labuan, Leftenan Kolonel Shahiful Akmar bin Abdul Karim TUDM kepada kepada Pegawai Memerintah No 14 Skuadron, Leftenan Kolonel Mohd Zulazri bin Ibrahim TUDM.

Untuk rekod, Cawangan Kejuruteraan Pangkalan Udara Labuan telah dipilih untuk melakukan penyelenggaraan pesawat di Barisan Ke-Dua (2nd Line Servicing) bagi pesawat C130H secara berperingkat dan progresif buat julung kalinya. Ini adalah satu amanah dan tanggungjawab yang amat penting diberikan oleh pucuk pimpinan TUDM supaya penyelenggaraan ini dapat direalisasikan dengan berjaya.

Pesawat C130H (M30-08) telah dipilih dan merupakan pesawat pertama yang menjalani rawatan Structural Inspection (ST 33 Years) di Cawangan Kejuruteraan PU Labuan. Pelaksanaan Rawatan ST 33 Years ini telah bermula pada tanggal 15 Mac 2021 dan pesawat telah berjaya disiapkan pada 22 Nov 2022 dan termeterai sejarah sebagai bukti kejayaan Kejuruteraan TUDM. Kejayaan ini juga adalah hasil kerjasama yang mampan daripada pihak Markas Tentera Udara, Markas Pemerintahan Bantuan Udara, Markas Wilayah Udara 2 dan juga Pangkalan Udara Labuan.

Pesawat berkenaan juga telah berjaya melaksanakan penerbangan pertama, 1st Functional Check Flight (FCF) pada 22 Oktober 2022 yang menunjukkan keberhasilan dan kejayaan projek ini sekaligus membuktikan bahawa pegawai dan anggota TUDM turut mempunyai kepakaran, kompeten serta mampu bersaing dengan industri luar.

Kejayaan Team ST-33 Years adalah suatu pengiktirafan oleh TUDM dan semoga menjadi pemangkin semangat kepada Bahagian Kejuruteraan TUDM dan anggota untuk terus maju dalam mempertingkatkan dan memperkasakan Cawangan Kejuruteraan TUDM menjadi lebih cemerlang dan terbaik.

(TUDM)

73 komentar:

  1. kok gak ke airod? No bajet keknya haha!🤑🤑🤑

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih lama dr bikin pesawat yaa haha!😜😜😜

      Hapus
  2. 👉SERIUS NANYA = MH370 MENHILANG KEMANA GEMPORN TOLOLLL = PUNYA RADAR TIDAK????👎

    BalasHapus
  3. Mantap.....

    AIROD lagi sibuk upgrade C130 negara MISKIN yang kuat NGUTANG.... hahahahhaha

    BalasHapus
  4. INDON sendiri Akui kepakaran MALAYSIA dalam servis pesawat C130.... HAHHAHAHA

    BalasHapus
  5. MALAYSIA saja servis C130 sebelah mulai 2021 hingga 2025.... Soalan GMF buat apa ya....? Hahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. FYI GMF
      Hanggar NO.4 nya aja hanggar terbesar di dunia pesawat narrow body in the world dengan kapasitas 16 unit pesawat.

      Jadi GMF tuh bukan levelnya Aircrod... Jauh banget...wkkwkwkk.

      Hapus
  6. Membual lagi servis c130 tni dari 2021 sd 2025. Lah kontraknya mana??????
    Hahahaha

    BalasHapus
  7. pesawat/kapal butuh apgred SLEP/MLU tiap 10-14 taon....
    nach gaesz tanyain tuch kapal herkules KL SLEP? airod uda nungguin tp gak masyuk2 haha!🤔🤔🤔

    klo kita jadwal slep herki kita kan uda djelas banget,
    dalam 15 taon terakhir...
    9 bijik di ST-singapur
    9 bijik di LM-ostrali
    5 bijik di MAIROD KL
    1 bijik di amrik

    yang terbaruw kontrak dari kementerian pertahanan untuk GMF buat SLEP dan apgred Flight2™ Avionics System 8 bijik c-130H

    dikawasan ASEAN c-130 singapur ama thailan uda...Flight2™ collins
    coba tanya warganyet KL charlie mereka uda kopkit gelas blom kayak super J? suruk kirim bukti poto
    eiitt mana mampu mrk kasi bukti haha!🤪🤪🤪

    kesian MAIROD nungguin gak dateng2...padahal deket tinggal tarik haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. ARINC Completes Work on C-130H for Indonesia
      By Tish Drake | March 20, 2012

      ARINC completed an extensive Programmed Depot Maintenance (PDM) project on a C-130H Hercules transport aircraft for the Indonesian Air Force, the company said Monday.

      Following months of significant structural and systems repair work at ARINC’s Aircraft Maintenance and Operations in Oklahoma City, the 30-year-old transport plane was flown back to Halim Air Force Base (AFB) in Jakarta, Indonesia. After arrival, a ceremony was held on Feb. 24 at which U.S. Ambassador Scot Marciel formally handed over the aircraft from the U.S. government to the Indonesian Air Force. Representatives from the U.S. Embassy, ARINC Aerospace, and the U.S. Air Force took part in the ceremony at Halim AFB.
      https://www.aviationtoday.com/2012/03/20/arinc-completes-work-on-c-130h-for-indonesia/
      -------------------------

      mao pamer ama warganyet KL aahh...
      bisa mach mampu bayar servis besar dimana ajah,
      ORANG KAYA MACH BEBAS haha!🤑🤑🤑

      ini berita 2012...uda berkali2 guwe pake linknya,
      ternyata bukan hanya ESYU aja yang harus perbaikan jauh ke BELARUS,

      jau sblomnya dr pesawat angkut ampe pespur negeri paman sam kudu balik kandang ato bengkel yg deket2 sini, termasyuk KL yg kecipratan $$$ haha!😝😝😝
      berita ini termasyuk buat netijen +62 jgk yg slama ini gak tau, ato pura2 gak tao..
      trus treak2 diluaran jet ruski MAHAL haha!😜😜😜

      yaa silakan mandi air kembang dolo sblom guwe fentung haha!🛀🛀🛀

      Hapus
    3. Banyak yg tidak mengetahui om pal Kenapa harus di kirim keluar negeri.
      Karena pengerjaan di Sathar 15 gak sanggup terlalu banyak.

      Kapasitas hanggar sebelum thn 2014 hanya bisa max 2 unit herky.

      Baru setelah direnovasi/diperbesar hanggar pada thn 2015 mulai kapasitas perawatan& perbaikan menjadi 4 unit herky.

      Sebenarnya kapasitas yg ada pun skrg masih kurang min dngn jumlah herky kita skrg yg banyak.. hanggar harusnya bisa menampung 6 sampai 8 unit herky.

      Sathar 15 perawatan tingkat sedang & berat
      Kalau perawatan ringan cukup di skadron teknik.

      Hapus
  8. Membusl GMF gak dapat kontrak servis c130.
    Faktanya GMF lagi sibuk upgrade 8 c130 tni
    Hahahaha

    BalasHapus
  9. wkwwkwk..
    lon, itu herky teknologi analog kan?

    wkwkwk

    BalasHapus
  10. si ANUW pst gak brani buka link2 ini gaeszz...
    maklum didikan TOP 5 universitih..klo kegep=kaburrrrrrrr haha!😅😅😅

    BalasHapus
  11. Xaxaxaxaxaxaxaxa ada yg bisa jelasin maksud dr structural inspection 33 years ini apa yah?????? Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa

    BalasHapus
  12. Malon nak beli Hercules tunggu 2055 , miskiiin wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  13. Om pal

    Berita ini kan cuma INSPEKSI STRUKTURAL or PERIKSA-PERIKSA BADAN PESAWAT...


    INSPECTIO/TENGOK-TENHOM yang perbaiki dikit lah

    BalasHapus
  14. Structural Inspection 33 Tahun (ST33)
    inspeksi ituw cuman pengecekan ato pemeriksaan bukan memperbaiki elemen bodi sperti apgred FALCON-STAR F-16 struktural bodi kita gaesz haha!🧐🧐🧐

    jadi mana ada yg dinaik tarafin lha cuman copot doank pasang...klo ada yg retak/crack lgs triak rosaaakkk haha!🤪🤪🤪

    ituw ngeceknya pasti pake itungan dr eyang habibie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma ngecek struktural doank.. perawatan biasa je... wkkwkwkk

      Kalau perbaikan struktural pasti seluruh cat akan dikelupas habis.
      Itu baru perawatan tingkat berat.

      Hapus
    2. https://youtu.be/ZpkJZMP57PI

      Kalau ini baru perbaikan struktural Hercules di Sathar 15

      Hapus
    3. nyooihhh mirip kyk link guwe kirim diatas, malah masyuk dalem kopkit..copot smua avionik om tupz haha!🤭🤭🤭

      cuman guwe heran dari dulu, kalo soal SLEP/MLU ato servis besar, negeri dari tetangga kesayangankuh "ALERGI" amat yak kluar duwit banyak buat apgred, ato kluar duwit banyak tapi hasil minim haha!🤣🤣🤣

      hasilnya yaa kliatan di kapal2 frigat f-2000 & korvet yg dongred cms ampe radar, korvet kasturi yg py biaya fantastis padahal kontraktor lokal,
      hasilnya gak ada perubahan berarti, smua masi sama malah senjata ada yg dikurangin dan hasil kanibal dr kapal lain haha!🤣🤣🤣

      trus EMKAEM ama KORNET jiran cuman perpanjang usia tanpa apgred total sperti herki, esyu dan falkon kita haha!😉😉😉

      ato pada TAMAT muda kyk mig-29 & MB339 haha!😆😆😆

      Hapus
    4. Karena menurut ku operasional mereka kurang jauh mainnya om pal.
      Paling cuma sekitar semenanjung.

      Kalau di kita Wilayah operasional dari Sabang sampai Merauke.

      Dan yg terakhir Kismin alias gak punya dana.. karena buat operasional ja sudah sulit.

      Hapus
    5. no bajet...jiran lgs MSA haha!😝😝😝

      herki kita angka meteran KM uda muter brp x yak haha!🤭🤭🤭

      Hapus
  15. @Gempurwaria...sekedar info..
    Hutang tapi jadi banyak alutsista ya purr...😂🇮🇩

    Indonesia seeks foreign lenders for UCAV programmes
    by Ridzwan Rahmat

    A Bayraktar TB2 UAV carrying Roketsan's MAM-L and smaller MAM-C laser-guided bombs. Indonesia has shown interest in acquiring similar UCAVs and weapons for its requirements and is seeking foreign lenders to finance the purchase. (Baykar)

    The Indonesian Ministry of Finance (MoF) has approved a request from the Indonesian Armed Forces (TNI) to procure unmanned combat aerial vehicles (UCAVs) with foreign loans, and the country is evaluating suitable lenders for this.

    The UCAVs are part of a list of 16 programmes for the year for which permission to take on foreign loans has been granted by the MoF, provided that the formal contracts are signed with the Ministry of Defense (MoD) by 31 December 2023, documents provided to Janes indicate.

    Approvals to procure the unmanned vehicles have been granted separately for each of the three armed services and include provision for UCAV-mounted munitions.

    For the Indonesian Air Force (TNI-AU), the MoF has allowed a loan quantum of up to USD200 million to procure UCAVs and a limit of USD38.115 million for UCAV-mounted munitions.

    There are no indications as to the type of unmanned aerial vehicles (UAVs) that can be acquired, but for the munition, the documents listed specifically that the TNI-AU should procure MAM-L lightweight smart missiles, in apparent reference to the Roketsan's line of small guided bombs that go by the same name.

    For the Indonesian Navy (TNI-AL), a loan quantum of up to USD100 million has been granted. The service has also been given permission to take on up to USD10.89 million to acquire UCAV-mounted munitions, and like the TNI-AU, these should be the MAM-L missiles.

    Already a Janes subscriber? Read the full article via the Client Login
    Interested in subscribing, see What we do

    Share

    Air vehicles Indonesia Turkey Unmanned aerial vehicles - military Unmanned aerial vehicles and targets
    Associated services
    Air
    Request Consultation

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin LTAT, destini ampe Tabung Haji jiran mao invest duwit disini daripada di KL,
      sebla yg ada klo gak proyek DELAY yaa TAMAT om meneer haha!🤣🤣🤣

      eeiittt warganyet FANAASSSsss tuch..cemburu ntar haha!🔥🔥🔥

      Hapus
  16. Jumlah Bayraktar 2 yg akan dibeli TNI jumlahnya puluhan unit utk ke 3 matra ya...purr. Jauh berbeda dengan yg mau beli 3 unit ANKA...wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anjay..smoga bner tuh,per matra dpt 6 ekor mayan lah😁

      Hapus
    2. Lebih sepertinya bro..TNIAU saja jatahnya usd.200 juta diluar rudalnya usd.38 juta...1 unit TB2 @usd.5jt

      Hapus
    3. Per matra dpt 6 unit aja bisa buat ketar ketir sebelah apalgi 30an 😁😅
      Jatah AU kebutuhan nya paling byk

      Hapus
    4. Kepinginnya sih TNIAU yg akusisi Arkinci atau ANKA yg payload lebih besar dan jarak lebih jauh...

      Hapus
  17. TNI AU punya 3 skadron Herky Pork.

    BalasHapus
  18. Herky kita tambah 5 unit lagi,hore

    BalasHapus
  19. MALON ini ngak lebih dari memeriksa struktur pesawat, apa ada masalah seperti Crack, jika ada di DEMPUL....terus terang aja ini ngak sulit, jadi KAMI TIDAK TERKESAN YAAA 😏.....jangan Sembang dulu 🙂

    BalasHapus
  20. Yaaaaa.....ini tentu OKEEE 👍🙂

    BalasHapus
  21. TUDM juga tambah C130J bukan hanya 5 tapi 55 iya kan Pur tunggu tahun 2055.lawak.

    BalasHapus
  22. Tni Au Upgrade 8 Herky dri analog ke Digital flight2 yg modern..lah sementara herky sebelah masih analog..basic

    Wekwekwekek

    BalasHapus
  23. nnyoooiihh om acno,
    buat perawatan pesawat C-130 Hercules, militer kita punyak Sathar 15, Depohar 10, yang berada di Pangkalan Udara Husein Sastranegara.

    disini utk tugas pokok
    -pemeliharaan SIP(struktural integrity program)
    SIP yg dilaksanakan tiap 6000 jam terbang ato 6 tahun jam kalender

    kemampuan melaksanakan
    OWR(outer wing replacment)

    kemampuan tambahan
    re-actived tanker
    avionik updating

    klo skedar copot pasang mesin, sayap dsb.
    sathar mampulah..lha ntuw vidionya ada bongkar sayap, ampe ganti bearing ini di vidio hanggar ini nich haha!👍👍👍

    https://www.youtube.com/watch?v=czAjgFUECrM

    BalasHapus
  24. bagian luar, idung herkules dicopot dan radar dilepas
    bagian dalam dilepas smua termasuk avionik di kopkit dicopot smua...pokonya tinggal kerangka haha!☠☠☠

    SIP(struktural integrity program) dikerjakan setingkat depo tiap 6000JT/6 taon,

    klo lebih dari ituw uda masyuk SLEP..utk perbaikan berat

    lha KL uda 33 taon cuman ditengok2 doank, gak dikirim ke mAIROD...takde bajetkah? haha!🧐🧐🧐

    BalasHapus
  25. ST33 itu cuma bongkar pasang dan pasang parfum dan lap permbersih kaca dan diberi minyak biar jalan lagi....wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  26. https://youtu.be/hg-CmJ-dcsQ

    Tempat MRO enjin propeller pesawat herky, NC212, grob

    Sathar 31

    BalasHapus
  27. Guyz...sambung halu gempur waria lagi mimpi aset baru

    BalasHapus
  28. Guyz...mari ketawa ...ada yg kabur setelah di beri data

    BalasHapus
  29. Cik rusli di tunggu kat bukan bintang ada acara gang bang grup bangla dan rohingya beli 1 percuma 3 x

    BalasHapus
  30. INDON minta kepakaran AIROD upgrade semua C130 versi sedekah mereka.... Hahahahha

    5 tahun upgradenya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. 👉SERIUS TANYA = MH370 MENGHILANG KEMANA GEMPORN TUKANG SEDOT WC = PUNYA RADAR TIDAK????👎

      Hapus
  31. Kasihan sebelah servis C130 saja tak mampu... Hahahhaha

    KUAT MEMBUAL...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 👉SERIUS TANYA = MH370 MENHILANG KEMANA GEMPORN TUKANG SEDOT WC = PUNYA RADAR TIDAK????👎

      Hapus
  32. GMF ganti CWB baru ternyata langsung om pal dari pabriknya Lockheed Martin.

    BalasHapus
  33. 👉SERIUS TANYA = MH370 MENGHILANG KEMANA GEMPORN TUKANG SEDOT WC = PUNYA RADAR TIDAK????DASAR .💩💩💩👎

    BalasHapus
  34. Pesawat dengan mobilitas tinggi ini akan ditingkatkan kemampuannya dengan perangkat avionik Flight2 Mobility Mission Application (MMA). Teknologi Flight2 MMA dipasang untuk menggantikan sistem kontrol analog pesawat dengan sistem digital yang lebih canggih.

    https://ipol.id/2021/11/biar-lebih-mumpuni-pesawat-c-130-hercules-tni-au-di-upgrade-avionik-flight2/

    Sebelah ketinggalan pake analog😅

    BalasHapus
  35. Baru MoU ada yg bilang sudah dikerjakan dari 2021 halu guys.

    Baru MoU blm tentu terlaksana pesan ja langsung CWB herky kaya GMF langsung dari Lockheed Martin

    BalasHapus
  36. Tunjuk lah lon,klo 12 herky c130 indonesia sudah dikerjakan upgrade di Airod.?
    MOU lon..baru akan 😅

    BalasHapus
  37. Sultan malay pergi ke turki
    Makan tidur dibayari pemerintah turki
    Jalan gagah bawa mentri seolah mau beli2
    Batal beli pulang minta di bayari

    Kasian turki

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Ini ngak lebih dari BENGKEL BODY REPAIR aja atau LAS KETOK.....Kerjaan Mudah alias CEMEN, ngak perlu kepakaran tinggi, hanya sebatas tukang body Repair pinggir jalan yaaa.....Malon ngak perlu SEMBANG 🙂

    BalasHapus
  40. Untuk proyek Hercules TNI AU yang di MALAS'YAAA itu hanya rasa belas kasihan NKRI kepada PM tetangga yang datang MENGEMIS minta proyek karena ngak punya Duiit 💰🙂

    BalasHapus
  41. Horee...shopping UCAV byk dri turky
    Yehuuu

    BalasHapus
  42. paket servis komplit, warganyet pst kaget om tupz haha!😉😉😉

    BalasHapus
  43. nyoiihh mungkin paket offset dr pembeliaan 5 c-130J super herkules jaman MEF 2, yg bentar lagi "akan" datang om tupz haha!😜😜😜

    GMF jgk uda bisa melaksanakan Structural Integrity Program (SIP) utk C-130, uda pasti smua bikin di lokal skrg

    BalasHapus
  44. bengkel mAEROD seblah 3 taon SEPI job,
    kita pake GMF utk kontrak 8 herki &
    fetedei kontrak 12 herki hore haha!🤗🤗🤗

    BalasHapus
  45. Keren ni foto rame2.. Kayak jaman aku SD di tahun 1980 an, culun2

    BalasHapus
  46. Malon sih gayanya aja senang foto ramai ramai agar kelihatan kerja 🙂

    BalasHapus
  47. INDON minta kepakaran AIROD upgrade 12 buah C130 mereka bermula 2021 hingga 2025....

    Mantap AIROD....

    BalasHapus
  48. Kesian INDON mereka tiada kepakaran servis dan upgrade C130....

    BalasHapus
  49. Wakkakakak..
    Si dengki reka cerita, tak bosan kee membual tiap hari..

    LoL

    BalasHapus