30 Januari 2010

LAPAN Analisis Hasil Peluncuran Roket Kendali Nasional

30 Januari 2010

Roket Kendali Nasional sebagai cikal bakal rudal (photo : ARC)

Ristek Selidiki Kegagalan Kinerja Sustainer Roket

Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Riset dan Teknologi (KRT) masih menyelidiki penyebab kegagalan terbang Roket Kendali Nasional (RKN) 200 double stage yang sempat mencelakai dua warga pada peluncurannya, Rabu lalu (27/1), terkait kinerja Fin, sistem separasi dan kinerja sustainer.

"Penyebab kegagalan terbang masih diselidiki, di antaranya terkait kinerja Fin (semacam sayap roket), sistem separasi dan kinerja sustainer," kata Menristek Suharna Surapranata kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Faktor tersebut cukup dimungkinkan selain faktor kecepatan angin yang tidak menentu, ujarnya yang saat itu didampingi Deputi Bidang Program Riptek, KRT, Teguh Raharjo, Deputi Teknologi Dirgantara LAPAN Soewarto Hardhienata, Direktur Teknologi dan Pengembangan Rekayasa PT Dirgantara Indonesia Andi Alisjahbana, dan Dirut PT Pindad Didik Avianto.

Suharna menyatakan pihaknya merasa prihatin atas musibah cideranya dua penduduk Dusun Rekesan, Desa Pandanwangi, Lumajang dan memohon maaf serta berjanji membantu meringankan beban korban selama di rumah sakit maupun setelah kembali.

"Musibah ini akan menjadi pelajaran sangat berharga bagi tim pengembang teknologi kedirgantaraan," ujarnya sambil meminta peristiwa nahas ini tidak menyurutkan semangat para pengembang roket untuk terus melakukan riset.
Dikatakan Menteri, pihaknya sudah meminta masyarakat agar keluar dari lokasi peluncuran yang luasnya sekitar 80 ribu hektare dengan panjang 13km dan lebar 1km, sejak sehari sebelumnya.

"Tapi rupanya kami tidak tahu kalau ternyata masih ada petani penggarap berada di sana, di salah satu saung, bukan rumah tinggal, berhubung daerah tersebut subur dan kabarnya ada yang sakit, sehingga terlewatkan untuk diungsikan," katanya.

Suharna mengatakan, pada 27 Januari itu, untuk kedua kalinya lokasi milik TNI AU di Lumajang itu digunakan untuk uji terbang dari roket tipe RX 1210 single stage dan RX 1213/1210 double stage serta RKN 200.

Rencana awal akan dilakukan pengujian 14 roket, tetapi hanya 10 roket yang sempat diterbangkan, sembilan di antaranya berhasil terbang dengan performa sangat baik, namun untuk RKN 200 double stage kinerja terbang tak seperti diharapkan, sehingga selongsong roket jatuh menimpa rumah singgah (saung) penduduk.

Menurut Menristek, kegiatan pengembangan roket ini bukan sesuatu yang baru, tetapi merupakan agenda riset nasional dan sejak 2006 telah dibentuk konsorsium penelitian dan pengembangannya.(*)

(Antara)

Baca Juga :

Program Komputer Roket "Nyasar" Dianalisis
30 Januari 2010


RKN-200 roket kendali nasional (photo : Antara)

Program perintah komputer yang disertakan pada roket nyasar dan mencederai dua korban saat uji coba di Lapangan Tembak Abdul Rachman Saleh TNI AU di Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Rabu (27/1) lalu, dianalisis.

"Ada kemungkinan program perintah komputer itu tidak menyambung," kata Deputi Teknologi Dirgantara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Soewarto, Jumat (29/1) malam, seusai penyampaian kronologis peristiwa kepada Menteri Riset dan Teknologi Suharna Surapranata di Jakarta.

Roket nyasar itu satu-satunya roket berpengendali, yaitu hasil program Roket Kendali Nasional (RKN) dengan muatan sensor aquator untuk sensor olah gerak, GPS (Global Positioning System), dan kamera.

(Kompas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar