12 Januari 2010

Skuadron 1/Bronco Malang akan Miliki Pesawat Super Tucano

12 Januari 2010

Pesawat Super Tucano buatan Brazil (photo : Airliners)

Mataram - Skuadron 1/Bronco Flight yang bermarkas di Lanud Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur akan memiliki pesawat baru, karena TNI AU akan membeli 16 pesawat Super Tucano buatan Embraer Brasil untuk menggantikan pesawat tempur taktis OV-10 Bronco North American Rockwell.

"Sudah diputuskan di Mabes TNI AU untuk mengganti pesawat yang tadinya menggunakan Bronco OV-10 dengan Super Tucano sebanyak 16 unit atau untuk kebutuhan satu skuadron tempur," kata Panglima Komando Operasional Angkatan Udara (Pangkoopsau) II Marsekal Muda TNI Yushan Sayuti, di Mataram, Selasa.

Ia mengemukakan hal itu setelah memimpin acara acara serah terima jabatan Danlanud Rembiga dari Letkol Pnb I Made Susila Adnyana kepada Letkol Pnb Antariksa Anondo.

Sayuti mengatakan pergantian pesawat itu sudah direncanakan sejak 2007, namun baru akan terealisasi tahun ini setelah pemerintah memberikan dukungan anggaran.

"Upaya pergantian OV-10 Bronco itu sedang dalam proses di Departemen Pertahanan, mudah-mudahan segera terealisasi sesuai jumlah yang ditetapkan," ujarnya.

Pesawat OV-10F (varian OV-10 khusus untuk TNI-AU) itu memang tergabung dalam Skadron 1/Bronco Flight yang bermarkas di Lanud Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

(Antara)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar