20 Desember 2016

AW101 Helicopter for Indonesia

20 Desember 2016

AW101 for Indonesian Air Force (photo: Rich Pittman)


The Leonardo AW101 is a medium-lift helicopter used by both military and civil operators Worldwide. It was developed in the 1980s, a joint venture between Westland Helicopter UK and Agusta, Italy in response to National requirements for a modern naval utility helicopter. The AW101 has developed into a milti role platform.

Prior to 2007, the aircraft had been marketed under designation EH101. The original designation was EH101 but a transcription error of a handwritten note  changed this to EH101 and the designation stuck.

In 2000, Westland Helicpters and Agusta merged to form AgustaWestland leading to the type's re designation as AW101. The AW101 first flew in 1987, and entered into service in 1999. Since the AW101's introduction, it has replaced several older helicopter types, such as the Sikorsky S-61 performing roles such as medium-sized transport, anti Submarine Warfare, and ship-based utility operating.


AW101 for Indonesian Air Force (photo : Rotorblur)

The AW 101 continues to adapt and develop. The latest upgrade being to HC4 standard for the Royal Navy. This include a folding tail rotor and should enter service by 2018.

AW101 for Indonesia

C/N 50248 ZR343 for Indonesia, 1st flight with Westland 07 at the controls. Part of the Indian complement that fell through, then converted to AW101 VVIP for In house work with Westland.

(Rotorblur)

42 komentar:

  1. Senang melihat dan mendegarnya...uda bungkus trz...bwa ke tanah air....

    BalasHapus
  2. kaget ane bro,
    katanya dibatalin tapi itu kok udah test flight?
    jadi beneran dibeli sm TNI AU kah?
    katanya presiden sm wapres gk setuju?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita liat aje nanti pas dtg.
      mau versi militer/vvip.
      kita liat itu niat baiknya tni au, jgn terlalu dipolitisir utk hal2 negatif. wlo kita jg jgn mnutup mata terhadap kasus korupsi yg muncul akhir2 ini. diminimalislah kemungkinan tsb

      akhir kata, guwe sich oke2 aje, heli cakep soalnye, mesin rolls rtm322 persis sm apache.

      Hapus
    2. @PG

      Tuh kan....mule bingung dia, xixixi

      Hapus
    3. @PG

      Tuh kan....mule bingung dia, xixixi

      Hapus
  3. Yg di batalin utk vvip...yg ini utk pasukan..aw 101 nanti jd heli angkut berat tni au...

    BalasHapus
  4. Heli aw 101 sudah lama numpuk di gudang tidak laku di pasaran . Ada pembeli dari asia tenggara asal ada bonus besar pasti langsung di borong .

    BalasHapus
  5. heli cakep, 3 mesin, pintu ramp, 5 jam daya tahan.
    Sudah sepantasnya tni au dpt yg terbaik.

    pt di jgn berkecil ati, tambahan ilmu kan lbh baik drpd ribut2 mlulu. terlalu dipolitisir malah ga maju2 negeri ini.

    konon heli ini bisa jalan 2 mesin, yg satu digunakan saat tertentu aje, teknisnya operasinya bgm yah? apa mirip mesin mobil vvti yg valvenya otomatis kerja penuh saat dibutuhkan? ada input, silaken

    BalasHapus
    Balasan
    1. @palu gada

      Heli ini punya 3 mesin tapi mesin yang ke-3 (mesin yang tengah) sebenarnya hanya berfungsi memberi tambahan daya angkat waktu take-off/landing dan setelah heli dalam kondisi cruise, mesin ini dapat dimatikan. Tanpa mesin-tengah tsb, dipastikan heli ini tidak bisa melakukan take-off/landing, yang berarti aerodinamis heli ini kurang efisien.

      Konsekuensi punya 3 mesin ini tidak seindah yang didengung2kan selama ini...dari mulai waktu sinkronisasi 3 mesin yang makan waktu lebih lama dibanding heli bermesin 2, penggunaan 3 mesin juga berarti konsumsi bbm yang lebih banyak shg ujung2nya endurannya/jelajahnya lebih pendek dibanding caracal

      Hapus
    2. AU pernah mengoperasikan heli bermesin 3 (super frelon/aerospatiale), hibah dari pertamina/pelita...tapi akhirnya dipensiun dini dg alasan cost yang tak tertanggung

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. trims masukannya om hari. yah kita liat sj nanti om, krn guwe cmn penikmat alutsista, masalah teknis gak ngarti abies haha. klo soal ekonomis, msk akal jg. tp mungkin gak sich dgn design dan mesin rolls kan beda dng frelon/aerospatiale, kaliaja nasibnya tdk sama, krn first flightnya sj beda jau antara teknologi 60an sm 90an, mungkin ada perbaikan2 sana sini.

      di video ini guwe liat, mesin jln tanpa rotor berputar, bisa yah?sori baru liat soalnye haha!
      https://www.youtube.com/watch?v=ZFXgXM5mwEg

      Hapus
    5. @palu gada

      Super puma juga bisa kok...search aja video manasin mesin puma milik AU swiss.

      Mengenai komen diatas, dikutip dari asesmen heli aw-101 yang dilakukan oleh salah satu test pilot andal PT. DI...jauh2 hari sebelum ada kontroversi aw vs caracal. Selayaknya AU menggunakan evaluasi tsb sbg pertimbangan dlm memilih heli.

      Beliau memberi note akhir :Negara yang mampu secara finansial dan mumpuni sah2 saja mengakuisi heli ini...bagaiman dg kita, silahkan diukur sendiri.

      Karena yang akan menanggung segala konsekuensinya adalah negara...bukan yang pesen heli ini.

      Hapus
    6. Kalo diadu perfomanya, heli aw hanya lebih unggul dalam daya angkut yang lebih besar (beda 1~2 ton), terbangnya lebih cepat dan memiliki volume kabin yang lebih besar. Sementara caracal unggul pd enduran dan daya jelajah, irit bbm, biaya operasi&perawatan lebih ekonomis, service ceilingnya lebih tinggi (cocok beroperasi dipegunungan papua) serta populasinya yang tersebar merata dikawasan asia-pasifik (sementara aw hanya dioperasikan oleh jepang).

      Satu lagi...ketika caracal sdh take-off, si-aw ini masih sibuk mensinkronkan ketiga mesinnya.

      Sayang informasi seperti ini (yang mengandung konsekuensi luas) sering disajikan tidak utuh oleh yang empunya hajat....

      Hapus
    7. om hari, guwe uda coba liat bbrp puma start enjin, spertinya beda, lebih cepat muter rotornye ketika mesin bunyi.
      si blackhawk sama lama apa mungkin krn enjinnya sama GE tp blackhawk dgn 2 mesin.

      kekhwatiran guwe justru kalu lama gini malah buang2 wkt pd saat scramble.

      Hapus
    8. soal performa, sperti yg om hari sajikan, tp di bbrp sumber beda2 gt jd kebalik2 infonya jd puyenk haha.
      misal di wiki daya jelajah aw 833km/ec725 857km, di situs militaryfactory.com aw101 1389km/ec725 860.
      mungkin suatu saat nanti ada sumber baru yg dpt dipercaya buat bikin perbandingan yg lbh detail.
      koreksi indo uda pst piara 1 ekor jd nemenin jepun nich kita haha.

      soal "Selayaknya AU menggunakan evaluasi tsb sbg pertimbangan dlm memilih heli".
      guwe rasa au pst mempertimbangkan matang2. makanya mrk tetap memesan byk heli dari pt di, namun ada faktor lain yg spertinya dilanggar bagian produksi. yaitu..lamaaa ajahh haha!

      sedangkan tni au ckp bersabar mnrt guwe liat. kalu bgini terus kesiapan terbang heli tempur kita krng baik dimata guwe.
      silakan baca bbrp berita terakhir ato ada di wiki id ada yg dari taun 98 pesen cmn msk 7 dr 16.

      yg bikin guwe bingung, kenapa pt di bereaksi keras pd saat au pesan aw 101 ini. sedangkan instansi lain macam polri pesan bkn dari pt di kok adem ayem ajeh aplg klo dr matra darat yg dr wish listnya serem2 smua, eropa timur-barat smpe amrik hajar haha!





      Hapus
    9. @palu gada

      Memang terlihat ada upaya menggunakan peristiwa yang telah berlalu utk menjustifikasi pembelian aw-101...sementara telah terjadi dinamika perfoma PT.DI yang makin membaik belakangan ini.

      Ada 3~4 ulasan menarik seputar dinamika polemik heli aw ini..silahkan dibaca di: angkasa.co.id/angkatan udara. Disitu kita jadi tau kronologisnya dan masalah yang melatarbekanginya...bahkan tuduhan user bhw PT. DI tidak mampu menyediakan pasokan sparepart pesawat bisa dijelaskan dg baik bhw "user" tidak melakukan service aggrement shg PT. DI tdk berkewajiban utk menyediakan stoknya.Ibarat menepuk air, terpercik muka sendiri.

      Kemudian mengenai heli Aw-101...patut dipertanyakan aspek perencanaan pd pihak user. Bagaimana mungkin heli yang semula diajukan sbg heli VVIP...setelah ditolak tiba2 bisa berubah spesifikasi mjd heli SAR?

      Silahkan diperhatikan 2 gbr aw diatas...aslinya memang ini heli VVIP yang hanya memiliki 1 collapsible door disisi kiri-depan dan ramp door, sementara versi angkut/sar/multiguna memiliki collapsible door (dikir-depan), sliding door (kanan-tengah) dan ramp door.

      Bukankah ini pemaksaan spesifikasi demi "masuk tuh barang" heli ini dg konsekuensi mengurangi aksesibilitas personil dan muatan karena 1 pintu sliding door yang ditiadakan (krn sebenarnya ini heli VVIP)...?!!!!

      Hapus
    10. Satu hal lagi mengenai perbaikan kinerja PT. DI juga dimuat pd formil ini...edisi 25 november 2016, bahkan menhan mengucapkan terima kasih pd PT. DI atas komitmennya menyerahkan pesanan tepat waktu

      Hapus
    11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    12. om hari sori telat bls nich,
      dimajalah angkasa tsbt ada bbrp guwe perna baca, tp kalo tulisan "user" tidak melakukan service aggrement blom ketemu.

      bicara soal dukungan spare part, guwe liat ada kesalah pahaman. mungkin user gak mau service agreement krn py teknisi sendiri cmn butuh spare part. kalo bengkelin di pt di kan biaya bisa dobel, aplg beli spare part mau lgs ke airbus kt pak ucok enggak, hrs ke ptdi. nah kata "harus" ini pengertiannya apa yach?coba terka sendiri terlalu birokrat/politis gt buat spare part, bingungin nich.

      pdhl produk ptdi itu kan gak semuanya dihasilkan utuh oleh ptdi/airbus krn ada ribuan part yg disupply pleh byk supplier jg,

      misal utk mesin ajah uda ribet, krn utk merk katakanlah General Electric CT7 buat cn 235.
      nah mesin ct7 bulatnya aja milik GE, tp partnya blm tentu smua dibikin ge, percaya dech.
      jd kalo ada item yg ingin dipesan user, kebayang jalurnya uda sedemikian panjang, dan makan waktu pjg pula.

      pertnyaannya dr guwe apakah ptdi py jalur trading spare parts sendiri?

      karena, sperti di industri misalnya otomotif gt, mrk punya perusahaan khusus trading spare part buat supply ke manufaktur perakitan mobil. jd bagian produksi kerjanya bikin barang doang gak usah mikir lain2.

      nah sisa spare part bulat bisa dimasukan dlm layanan after sales market perush otomotif lwt bengkel resmi bisa jual spare part(oem)plus servis.

      kedepaanya guwe harap jika ada pembelian alutsista udara gini hrs dilengkapi pembelian spare part yg byk sperti india, 5 tahun.
      guwe liat india belajar byk dari pembelian ke blok timur yg ribet haha!
      makanya harga pesawat/heli mrk akan melonjak tinggi krn hal ini. yah pilih mana terbang ato nangkring dihanggar tu pesawat/heli haha!

      nah kalo kita, hrs belajar dari kasus yg ada skr, matra udara hrs mencari jalan kluar secepatnya utk mengatasi lambatnya patner mrk

      kerjasama tni & pt di ini kn masi panjang kan masi ada n219 smpe ifx, kgk maju2 ntar klo muter2 di heli mulu haha!

      Hapus
    13. kembali ke aw101, guwe uda perhatiin mmg pintu kanan buat rel gak ada. guwe sempet baca heli emg mantan india kan?guwe lupa linknya, disitu jelas pembagian kemana sj sisa heli tsb. tp kalo disini membantah yach silakan buktikan.

      yg menjadi pertnyaan mendasar guwe, berapa sich biaya yg keluar dari pembelian heli ini, apakah masih sama sperti tahun lalu dgn spek vvip? ato beda dgn spek csar plus anti pluru?


      kalo soal kinerja, guwe rasa menhan lg menenangkan suasana, liat dech sekeliling beliau ada gak yg bintangnya byk dari matra udara haha!

      itu pesanan aselinya super telat hrsnya 2015 masuk 2 ekor.
      baca: http://www.cnnindonesia.com/nasional/20151202170557-20-95533/tni-heli-yang-kami-pesan-ke-ptdi-sampai-sekarang-belum-jadi/

      jd kira2 telat apa tdk mnurut sodara2?

      Hapus
    14. @PG

      Berhubung heli AWE-nya batal dibeli, saya balesnya singkat2 aja...heeee

      1. Soal servis agremen ada disekitar situ juga...coba discroll lagi kebawah (cukup lengkap&jelas)

      2. User komplen pesanannya telat datang...padahal yang pesen kan kemenhan? & pak RR pd artikel 25 nov 16(diblog ini) "mengucapkan terima kasih atas komitmen ptdi menyerahkan pesanan tepat waktu". Seingatnya, ketika pa RR baru menjabat, menyatakan "semua pemesanan alutsista harus dalam keadaan lengkap spy tidak menghambat dlm pengoperasiannya"...#stop beli kosongan, jd tampaknya faktor ini yang menunda penyerahan heli(utk heli ini, peralatan penunjang misi csar: flir, hoist, lampu sorot, emergency kit&life support,pod roket&kanon dll)

      3. Diblog garuda militer ada tulisan menarik dr pa Cappy Hakim "order is order"...yang menggambarkan ttg polemik ini scr obyektif, artinya semua pihak yang punya hajat harus berbenah, bisa dg mencontoh sistim pengadaan alutsista dinegara yang telah maju.

      Salam,

      Hapus
    15. @PG

      Nah ini ketemu artikelnya, 3 nov 16. "Dirut ptdi: Kami siap berdiskusi dengan...." (angkasa.co.id/mil/angkatan udara)

      Hapus
    16. met taun baru om hari...
      haha iya batal jilid 2 haduuhh gagal maning si awewe lenggak lenggok kesini haha!

      1. trims artikelnya, ternyata perna baca jg, tp gak nyantol dikepala guwe, harap maklum soalnya pt di gak dtg sich di FGD, jd guwe skip haha!

      uda guwe tulis kan, mslah anggaran lage.
      ya uda bli di luar ptdi gt aja kok repot.
      toh si andi bilang “Dengan tidak adanya maintenance agreement ini, maka tidak ada kewajiban bagi PTDI untuk menyediakan suku cadang yang diperlukan oleh TNI AU setelah penggunaan suku cadang sekian jam terbang di pesawat,”
      artinya si ucok gak perlu ragu2 dong bli dmn aja.

      mengkaji perkataan Direktur Teknologi dan Pengembangan PTDI bpk Andi Alisjahbana, kok aneh yah, masak produsen bisa berkata seperti itu???
      dimana2 produsen tuh wajib menyediakan spare parts utk masa tertentu per model. aplgi pswt dipake puluhan tahun. kalo enggak, sapa yg mao beli haha!

      sebagai contoh dlm dunia elektronik: tv samsung dukungan spare part utk model A misalnya, dijamin selama 7 thn. silakan deh konfirmasi ke cs service mrk.
      dan masi byk contoh lagi dari dunia otomotif.


      2. bkn tepat waktu om, tetapi menyelesaikan pesanan Kemenhan sesuai "waktu yang disepakati".
      guwe kasi tanda"" agaknya py makna beda.
      krn gak mungkinlah dia blng telat dlm acara resmi begitu.
      Yah sperti tulisan guwe sblomnya menhan berusaha menenangkan suasana aja, masa iya diperesmian yg bintangnya banyak gak hader, ktnye kokom sono haha!

      lucunya diacara yg sama, brita di sini judulnya jelas bgt menohok, http://angkasa.co.id/info/militer/tertunda-lama-ptdi-akhirnya-serahkan-heli-sarpur-cougar/
      dan kutipan menhan spertinya beda yah haha!

      maklum om, ini kan pesanan renstra 1, hrsnya selesai mei-juni taun 2015. konon krn lama selesainya, utk pemesanan vvip diserahkan k awewe yg uda direncanakan sblm renstra 2

      sori om, guwe jawabnya pjg sgt, biar batal tp blom tentu yak, sapa tau..kucluk kuclukk kayak btr 4m haha!


      sudahlah banyak org jg tau kinerja pt di, guwe support jg kok walo byk hal2 negatif yg ditutupi, jika mau berubah, pst ada jalan.

      kedepannya guwe harap tidak terjadi lagi.
      dan pemenuhan kebutuhan tni jd prioritas agar tdk terjadi polemik.

      oh yah tolong ptdi PR yg ini diselesaikan, kalo mau dikatakan sbg perusahan berkerja tepat waktu, trims.
      www.aktual.com/berpotensi-rugikan-negara-rp8-miliar-cba-pt-dirgantara-indonesia-menuju-kebangkrutan/

      Hapus
    17. Eya..sucad pesawat kok disamain spare part diglodok..

      Kalo prinsipal yang baik (airbus dlm kontek ini) ga mo nglayani operator yang ucluk2 datang mo belanja...pastinya diarahin ke distributor terdekat.

      Diartikel ini jg disebut, para operator yang lain (Luar negri) tidak mengalami masalah krn mereka menjalin maintenance agrement....cuma disini ternyata??????

      Bagaimana disini (katanya user terkendala dana)? kok buruk muka cermin dibelah(ibaratnya)...

      Hapus
    18. @PG

      Salah besar kalo menyamakan spare part heli/pesawat (yang harganya sangat mahal) dg sparepart sepeda motor/mobil yang populasinya ratusan ribu ato bahkan jutaan.

      Pernah baca AU teken kontrak maintenance sservis dg DMG tech holding utk sparepart&repair pespur dan herky?

      Dimana2 kalo pengen terjamin ketersediaan sparepart/repair memang harus bikin kontrak...siapa yang mau nyetok spare part dalam jumlah besar tanpa ada kepastian pembeli alias duit mati?

      Coba BACA...dinegara2 lain, mereka selalu bikin maintenance agrement, karena yang menjamin kesiapan alutsista bukan ditentukan semata2 oleh jumlah alutsistanya tapi justru ketersediaan servise dan sparepart memberi kontribusi yang signifikan

      Hapus
    19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    20. sori om hari, guwe sbnernya uda reply mgg lalu, tp ilang. uda pjg2 malah, jd males haha! tp guwe uda buat lg tnang

      Hapus
    21. eya jg...kan contoh om contoh ..
      glodok skr sepii, ahaauii

      guwe kasi cth yg ringan2 agar mudah dimengerti. krn bisa kita temui, kalo pesawat/heli kan gak py guwe, mungkin hy ada yg tau ato punya pswt disini bs kita interogasi haha!ato kalo si om py pesawat/heli bolelah berbagi .

      Toh alurnya logistik spare partsnya kan sama saja, industri otomotif jg mirip. percayalah haha!

      1.Soal maintenance aggrement. guwe sich blom tau kontrak maitenance agreement itu isinya sperti apa. apa logistik spareparts aja ato plus mekanik servis.
      Klo om hari py tlng tunjukan sumbernya dong?
      nah di dunia otomotif bengkel resmi py yg namanya servis kontrak, yg menjamin perbaikan & pergantian parts aseli sesuai buku servis berkala selama periode tertentu
      Namun ada juga servis biasa dan melayani pula penjualan hanya spare parts utk umum.

      2.Soal logistik spareparts.
      Logistik spare parts/komponen ini dijamin pengadaanya oleh prinsipal dalam masa aktif produksi suatu barang dan pada masa setelah barang stop produksi.
      Kemudian diukur masa penyimpanannya untuk otomotif spare parts mungkin belasan tahun ato lebih krn ada komponen biasanya bs dipakai pd model lain, kalo di elektronik sperti apple iphone 5thn samsung 7thn per model.
      Dan ini merupakan bentuk tanggung jawab prinsipal dalam menjaga daur hidup produk2 mrk di suatu tempat, setelah masa itu selesai, pelanggan biasanya dianjurkan agar mengganti model ato mencari spare parts diluar bengkel resmi dgn reksiko brg KW!
      Diatas utk otomotif & elektronik, utk dunia penerbangan, jujur guwe gak tau gimana teknis layanan logistik spare parts mrk. Makanya di tulisan sblom ini, guwe nanya apakah pt di punya divisi trading spare parts sendiri?krn mrk perusahan besar harusnya py gudang logistik utk menampung komponen dari seluruh vendor. masa iye jaminan dukungan spare parts pt di dibawah industri lain yg bisa ckp lama hiks hiks. Kan daur hidup pesawat lama, disamping itu ada bbrp spare parts yg common dgn model lain.

      balik ke matra udara, mrk sudah punya teknisi dibawah 3 skadron tehnik 021/024/045, salah satunya utk ini https://tni-au.mil.id/berita/kadispers-lanud-ats-buka-dikkualsus-ec-725
      buat apa menjalankan maintenance agreement, malah nambah biaya yg gak perlu. yg mrk perlukan spareparts bkn teknisinya gt loh. ini konteksnya perawatan berkala yah.
      kalo perawatan besar guwe rasa dimana2 sama. kudu rawat inap ato kirim teknisi dr bengkel resmi . jd inget sukoi yg pade mudik tuh haha!

      Kalo mrk blng operator lain diluar negeri gak mengalami masalah krn ikut maintenance agreement ya bgs dong, kalo ada masalah itu baru namenye berabe haha!
      dan sebagai perpanjangan tangan airbus ato yg lainnya, pt di kan bisa dibilang principal/produsen jg sekaligus distributor, masa iyah distributor gak mau melayani pelanggan yang gak ikut maintenance aggrement, padahal secara statistik mrk tau brp jumlah pelanggan yg beli di mrk dan jumlah barang yg aktif.
      mengutip lagi pernyataan bpk andi soal gak ada kewajiban utk menyediakan spare parts kalo enggak ikutan maintenance agreement, kesannya angkuh bgt yach?
      abis beli, masabodo gt, beli putus dong..haha!
      ini kan beli pesawat/heli yg harganya ratusan milyard rupiah masa layanan spare partsnya kalah sm yg harga jutaan rupiah haha!
      pantesan aja matra udara bersikeras cari alutsista baru diluar dukungan pt di.
      Perlu diketahui, dalam kebijakan procurement dimana2 jgn pernah tergantung dgn satu vendor., kcuali kefefet haha!

      Hapus
    22. @PG

      Ah lu kebanyakan argumen siy(ga gue baca ni)...kan dijelasin oleh dirut pt.di dan pihak AU sendiri(angkasa.co.id)masalahnya pd stok sucad bukan yang lain2, gara2 AU ga mau bikin maintenan agrimen, jadi tiap saat butuh maunya ada barangnya....(lama2 mirip bu koni juga ente xixixi).

      Emang belum tau barusan AU bikin agrimen dg DMG tech buat sucad dan repair F-16/sukhoi/herky...nah akhirnya kalo pengen lancar bikin maintenance agrimen juga toh?

      Masalahnya cuma satu..bukan yang lain2 yang panjang bertele-tubies..."waktu dulu kagak mau bikin agrimen krn ga ada kesadaran utk investasi sparepart"

      Hapus
    23. No dijelasin juga sama pihak pt.di tiap ada maintenen agrimen, pihak pt.di menempatkan personel diskadron pengguna utk memantau "jam terbangnya"..."bukan jumlah pesawatnya". spare part peswat gitu sgt kritikal, life time sparetnya ditentukan oleh jam terbang yang berbeda tingkat utilitasnya pd masing2 pengguna.

      Ahh...tanya lagi sama bu koni aja gih (tuh artikel ada di Indomiliter)!!!

      Hapus
    24. Petugas pt.di yang ditempatkan diskadron pengguna memantau tingkat utilitas pesawat shg bisa bikin prakiraan sucad yang harus tersedia/dikirmkan digudang sucad.

      Eya kalo sucad kendaraan komersil sih ga perlu sedetil itu...jadi cukup pake data statistik ajah

      Salam buat bu dosen cantik ya...

      Hapus
    25. Praktek "mirip MA/maintenen agrimen" spt ini juga diterapkan dibidang2 yang lain, contohnya di ritel hipermarket yang perputarannya sgt tinggi (carre4,hypermart, lotte dkk)...dimana vendor menempatkan. personel di masing2 hipermarket utk mengamati perilaku stok dan membuat statistik harian/bulanan shg memudahkan produsen dr vendor ybs utk menyiapkan stoknya shg tidak terjadi kekosongan barang.

      Tapi kalo ga ada agrimen ya jangan harap stoknya selalu tersedia

      Hapus
    26. Konsep just in time begini cocok diterapkan utk menekan biaya stok barang yang berlebih...cocok juga diterapkan utk organisasi lain yang bujetnya terbatas.

      Seperti kata diiklan "Hemat itu pilihan"

      Hapus
    27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    28. jiaahh kagak dibaca..lesma deh guwe haha!
      bsk2 yak guwe ngantuk, mana bsk wiken.
      bu koni/indomiliter segala, jd puyenk guwe om haha!

      Hapus
  6. pak supri syukuran potong mbek nih, proyeknya gol, wkwkwk

    BalasHapus
  7. Kalau alutsista buatan london tampa syarat tot dan imbal beli langsung di boyong ke tanah air .

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh chep kalo gosip yg bner duonk.
      nih tot nye:
      “FLIR 380HDc, trakka, defence aid system, window gun, 12 stretchers, trooper seats, pilot armor seat, double life raft kiri dan kanan, emergency water landing, semua infrastrukturnya sudah disiapkan dan akan dipasang di Indonesia sebagai bagian transfer teknologi. Untuk senjata akan digunakan buatan Pindad sebagai kandungan lokal,” ujar sumber Angkasa menjelaskan.

      makanya jgn kebanyakan om telolet om...godem jg lu!haha

      Hapus
    2. @PG

      Itumah cuma nyekrup2 doang (TOT AW)...soal heli, pt.di udah level bikin tailboom dan fuselage (disuplai ke airbus)

      Hapus
    3. iye tau om, kan beda satu bengkel satunya manufacturing..toolsnya kan beza aplg elmonya haha!

      ngemenk soal monopoli laen wkt ya om. thanks

      Hapus