30 Maret 2017

Teknologi Baterai Kapal Selam, BPPT Berguru ke Prancis

30 Maret 2017


Baterai kapal selam (image : MarineBio)

VIVA.co.id – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menjadi salah satu lembaga pemerintah yang akan bekerja sama dengan institusi penelitian dan pengembangan (litbang) Prancis. Rangkaian kerja sama ini menjadi rangkaian lawatan Presiden Prancis, Francois Hollande ke Indonesia.

Dua institusi litbang Prancis yang hari ini mengadakan pertemuan dengan BPPT, yakni INSA dan CEA.

Kepala BPPT, Unggul Priyanto, menyampaikan bahwa Prancis cukup maju dalam hal riset di bidang energi serta informasi dan teknologi komunikasi (ICT). Dalam hal energi misalnya, Unggul menjelaskan, seperti energi terbarukan seperti solar cell, fuel cell, dan teknologi baterai. Sementara itu, di bidang ICT, seperti security dan micro electronic.

"Atau teknologi lain, seperti manufakturing, kapal selam kalau mungkin (dikerjasamakan)," ujar Unggul usai courtesy call BPPT dengan CEA dan INSA Prancis di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Rabu 29 Maret 2017.

Terkait kapal selam, Unggul mengatakan, erat kaitannya dengan teknologi baterai. Sebab, kualitas kapal selam tergantung sekali dengan kualitas baterainya.

"Jadi, kapal selam ketika menyelam, energi mengandalkan baterai, semakin qualified baterainya, semakin lama bisa menyelam," kata Unggul.

Sementara itu, kapal selam bisa menyelam juga karena beban dari baterai. Sekitar 60 persen berat kapal selam adalah berat baterai.

Kapal selam yang dikembangkan BPPT, baterainya terbuat dari lithium ion. Saat ini, kekuatan durasi menyelamkan kapal selama empat hari.

Sementara itu, Prancis, telah mengembangkan baterai sodium-ion. Diklaim, baterai pengganti lithium ini lebih murah dan memiliki kerapatan penyimpanan energi sangat tinggi, ketersediaan sodium pun melimpah.

"Kami masih lihat (hasil riset Prancis) baterai sodium ion ini," tutur Unggul.

See full article Viva

4 komentar:

  1. kapal selam jepang pakai batere litium tanpa aip

    BalasHapus
    Balasan
    1. guwe nunggu yg tanpa aib om haha!

      Hapus
    2. @suwandaru ,ini yang dibicarakan sumber tenaga untuk menggerakkan KS kalo lagi nyelam baik pakai AIP maupun tidak .AIP itukan cuma tambahan agar kapal tetap bisa jalan selagi nyelam saat battery habis. Cara kerjanya kebalikan dari battery yaitu mengubah energi kimia menjadi listrik dengan menggunakan fuel cells .
      https://www.jejaktapak.com/2016/11/27/apa-sebenarnya-air-independent-propulsion-bagaimana-dia-bekerja/3/

      Hapus
  2. Segera mainkan permainan baru Vivo slot hanya bersama kami agens128
    Banyak bonus yang bisa kalian dapatkan setiap harinya dan ada juga bonus mingguannya
    Selain itu kalian bisa melakukan deposit menggunakan ovo dan dilayani oleh customer service kami yang ramah :)
    Ada juga permainan menarik seperti poker online dengan minimal deposit hanya 10rb dan bisa melakukan depositnya via pulsa :)
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang juga !!

    Contact Kami :
    WhatsApp : 0852-2255-5128
    Line id : agens1288
    Telegram : AgenS128
    Poker Deposit Pulsa
    Poker Pulsa
    Sabung Ayam Online
    link sbobet

    BalasHapus