31 Maret 2017

TNI AL Targetkan Memiliki 42 Kapal PC-40

31 Maret 2017


Kapal patroli kelas PC-40 (Patrol Craft - 40) (photo : Detik)

Metrotvnews.com, Batam: TNI Angkatan Laut (AL) menargetkan memiliki 42 kapal Patroli Cepat (PC)-40 untuk memperkuat pertahanan wilayah perairan Indonesia. Perairan itu di wilayah Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) maupun Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar). 

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Sopandi mengungkapkan, dari 42 KRI kelas PC-40 yang ditargetkan TNI AL, 16 kapal telah rampung pengerjaannya di awal 2017.

"Anggaran pembuatan seluruh kapal PC-40 ini berasal dari APBN 2015-2016. Diharapkan, pengerjaan seluruh kapal dapat rampung 2017 hingga 2018 sehingga dapat dioperasikan untuk memperkuat pertahanan wilayah perairan Indonesia," kata Ade usai meresmikan KRI Torani-860 dan KRI Lepu-861 di Pelabuhan Batuampar, Batam, Kamis 30 Maret 2017.

Ia menjelaskan, ke 42 kapal PC-40 tersebut nantinya disebar di Koarmatim dan Koarmabar. Khusus untuk wilayah Koarmabar, kapal-kapal PC-40 akan disebar di beberapa Markas Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal), seperti Lantamal di Pontianak (Kalbar), Tanjungpinang (Kepri), Medan (Sumut), dan Aceh.


Kapal tipe PC-40 (photo : defence.pk)

"Selain itu, ke depan, setiap Lanal (Pangkalan TNI AL) di kota/kabupaten akan disiagakan satu kapal PC-40 yang dapat mobile (beroperasi) secara rutin di wilayahnya," jelas Ade.


Kapal-kapal patroli cepat tersebut, ungkap Ade, diproyeksikan memperkuat Satuan Kapal Patroli (Satrol) di wilayah masing-masing. Sebagai wilayah kepulauan, sambung Ade, keberadaan kapal PC-40 di Kepri sangat penting untuk menjaga keamanan wilayah dari ancaman maupun tindak kejahatan. 

"Saya mendapatkan laporan bahwa tindak kejahatan di Selat Malaka menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Meski demikian pengamanan wilayah perairan tetap menjadi prioritas," tegasnya. 

Ade tak memungkiri bahwa wilayah perairan Kepri hingga Selat Malaka cukup rawan perompakan, namun berkat kesigapan TNI AL dan Tim WFQR, kejahatan itu dapat diatasi. "Jika tahun-tahun sebelumnya ada 10 kali perompakan, tahun lalu hanya ada dua kali perompakan dan berhasil kita ungkap," ujarnya.


Kapal tipe KCR-60 (photo : defence.pk)

Selain PC-40, sambung Ade, ke depan guna memperkuat pertahanan wilayah dan industri alutsista TNI, TNI AL memproyeksikan membuat kapal PC-60. Kapal ini ditargetkan memiliki kecepatan lebih tinggi dan daya jelajah lebih luas dibandingkan PC-40. 

"Bahkan target kami bisa membuat 6 kapal PC-60 tahun ini. Kita berharap pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat lebih baik lagi agar pembangunan KRI ini dapat terealisasi," pungkasnya. 

Sekadar diketahui, pemberian nama kapal Torani dan Lepu diambil dari nama-nama ikan yang ada di Indonesia. Torani diambil dari nama ikan terbang, sedangkan Lepu diambil dari spesies ikan laut yang dikenal beracun.

(MetroTVNews)

10 komentar:

  1. Ada PC40 ada PC60
    Ada KCR40 ada KCR 60

    PC40 mirip dengan KCR 40
    PC60 mirip dengan KCR 60

    Apakah PC bisa diubah jadi KCR???
    ğŸ˜Ž

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi hull nya sama ,perbedaannya hanya pada armament ,kalau KCR tentu lebih lengkap .ini hanya untuk patroli mengatasi kejahatan dilaut .Kalau hull nya sama dengan KCR,sangat memungkinkan untuk di robah jadi KCR ,tinggal nambah pasang alat perang saja toh.

      Hapus
    2. PC60 tak de lah pakcik yg ada cuma KCR 60,PC40 n KCR40

      Hapus
  2. Enduran kok cuma 6 hari...kalo dipake patroli sampai zee, baru dateng udah buru2 pengen pulang lagi.

    Kalo menurut standar org2 bule, utk patroli smp zee minimal kapalnya memiliki enduran 2 minggu

    BalasHapus
  3. mantap otmel 30mm lgs tersedia. pc 40 cakep makin mirip streamline sigma.

    ini kapal walopun kecil pasti istimewah, ksal aja hadir buat peresmiannya. senanglah artinya beliau yg gak mandang besar/kecil kapal yg ptg kapal tipe pc40 perannya jg sama vital buat jaga perairan luas milik kita.
    REM 331 gak seramai ini ssddih deech hikss hiikss

    tengok sikit proses bangun kapal ini sampe pasang otmel 30mm:https://www.youtube.com/watch?v=LnyAWoZX4-g&feature=youtu.be

    https://www.youtube.com/watch?v=gQTjU7vopUY

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kecil boleh kecil, tapi enduran tetap yg utama....bisa tahan sampe pagi, haahahahah

      #kelasi yang piket malem maksudnya

      Kapal patroli stan-patrol buatan damen contohnya

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. makloum dimensinya aja kecil. utk tipe pc 40m prasaan gak maen ke zee dech, fungsinya aje buat ngamanin laut teritorial aje.

      http://batam.tribunnews.com/2016/09/03/saat-diamankan-mt-angeline-2-bawa-300-ton-bbm-menuju-opl-tanpa-nakhoda-dan-jurnal-log-book

      Dipilih model begini biar lbh gampang akselerasi & manuver dilaut dangkal kan kepulauan kita yg jumlahnya ribuan ada yg gde ada yg cimot. mangkenya jenis kapal 40meter ini mangkal di lantamal, guna pertahanan pantai dari rampok dan penyelundup, seperti contoh di^^ pake kcr 40m, beda sikit senjatanye haha!

      Tp tnang kan ada kapal bantu cair(BCM) om, percuma dong kita punya banyak kapal tanker/replenis.
      Jadi kalo ada misi kusus tinggal samperin di titik tertentu. enduran itu kan bkn isi tengki aje, tp menyangkut perbekalan.

      Sebenernya kalo tugas patroli zee diserahkan ame kapal yg lbh gde, spesialisnya sich pake tipe kapal OPV yg punya enduran lama sm jangkauan lbh luas. sayangnya kita blom punya, skrg seadanya, kapal kombatan ini terlalu serem dan biaya operasinya besar. makanya ksal perna ngemenk lg mau akusisi tipe opv ini.

      Inget kelas nahkoda ragamkan?Brunei batalin kontrak karna spek yg salah pengen opv dikasi kapal kombatan, kalo ditelusuri jangkauan beda jau antara 5000-7500nm dan operatornya pun lbh dikit. Tp kalo soal senjata, nahkoda ragam alias bung tomo kelas juaralah dibanding kelas opv, krn habitatnya emang buat tempur.

      Kembali ke zee, jgn lupa pengamanan area ini jg dipegang dua badan bakamla & kplp. Jadi kapal mrk pun di disain lbh tahan lama. Bakamla sebentar lagi mao punya yg 110m.

      Guwe gak tau stan patrol mana yg enduran 2 minggu coba tunjukin dech, tp coba si om liat ini dulu nich damen stan patrol, bedanya apa coba ame pc 40?guwe anggep apel to apel lah

      https://en.wikipedia.org/wiki/Damen_Stan_4100_patrol_vessel

      panjang: 40m, kecepatan: 26knots, enduran: 7hari
      Kalo uda slesai baca, kesini palu gada guwe uda kangen ame jidat om haha!

      Hapus
  4. 42?seriously, nice. news said that, pirates had heavy gun. so we should protect that straits and keep em safe. and they also should concerned with the safety of soldiers. now, i'm glad our navy fit up their patrol craft with otomelara gun.

    BalasHapus