29 Desember 2018

Beli Sukhoi-35, Pemerintah Indonesia Incar Kuasai Teknologi Ini

29 Desember 2018


Lini produksi pesawat tempur Su-35 (all photos : Marina Lystseva)

Kronologi, Jakarta – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan telah memastikan pembelian pesawat tempur Sukhoi-35 untuk menggantikan F-5 Tiger milik TNI Angkatan Udara.

Salah satu yang ditekankan dalam kontrak pembelian pesawat canggih generasi 4,5 dari Rusia itu adalah terkait dengan transfer of technology (ToT) yang akan didapatkan oleh Indonesia.

Ketua Bidang Transfer Teknologi dan Offset Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP), Laksamana Muda (Purn) Rahmad Lubis, mengungkapkan, ada dua teknologi yang akan ditekankan oleh pemerintah Indonesia dari kesepakatan kontrak pembelian Sukhoi-35.

Dua teknologi itu, sebut Lubis, yakni di bidang pemeliharaan dan juga produksi komponen dari pesawat tempur Sukhoi-35 tersebut.

“Jadi untuk pengganti pesawat F-5 Tiger dalam hal ini Sukhoi-35, kita akan minta ToT untuk pemeliharaan, kemudian produksi komponen,” kata Lubis di kantor Kemhan, Jakarta, Jumat (28/12/2018).



Menurut Lubis, pihaknya akan terus mendorong dan memberikan pemahaman terhadap pihak Rusia untuk memberikan pengetahuan teknologi tersebut.

Pasalnya, menurut dia, kewajiban ToT dalam setiap pembelian alutsista dari luar negeri itu adalah perintah dari undang-undang.

“Kita harus pahamkam ke mereka bahwa itu undang-undang yang akan menjadi konsekuensi serius dari pemerintah kalau tidak menaati undang-undang itu,” tegasnya.

Dia menilai, dua teknologi itu sangat penting untuk didapatkan oleh pemerintah Indonesia dan industri pertahanan. Dengan begitu, menurutnya, pihak Rusia berkewajiban untuk memenuhi keinginan pemerintah Indonesia tersebut.

“Jadi kita tahu bagaimana cara memproduksi komponen dan bagaimana cara merawat Sukhoi-35,” tandasnya.

(Kronologi)

225 komentar:

  1. Oke ya...sekarang jelas dimana kendalanya 🀷🀷🀷

    BalasHapus
    Balasan
    1. QC dari indonesia kira2 dilibatkan gak? dalam proses produksi SU35 TNIAU ini ???

      Hapus
    2. Not so fast rudolfo πŸ™…πŸ™…πŸ™…

      Rusia harus sepakat dulu dg syarat yg kita minta...baru setelahnya progres bisa bergulir 🀷

      Hapus
    3. "..mendorong dan memberikan pemahaman terhadap pihak Rusia.."

      πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†
      Semoga mereka paham sesegera mungkin...πŸ˜‡

      Hapus
    4. Sing menangi "rudolfo", berarti saben minggu awan mesti nonton..

      Dan berarti sefuh...😁

      Hapus
    5. Berdasarkan sejarah pelitnya ToT Rusia, kok kayanya ini antara bakalan lama negonya atau dapet ToT tapi cuma ala kadarnya dan ga bener2 berguna buat RI ya? India aja sampe keluar dari JV mereka sama Rusia, China bisa kopi tapi mereka reverse engineer sendiri.

      Hapus
    6. Hahahahahaha.... jelas yg tau Tuan Rudolfo itu prod lawas, era TV masih byak yang Item Putih,. tull gak mas @PSπŸ€—πŸ˜

      Btw dapet salam tuh dari Little Missy ama bokapnya, Tuan BaronπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    7. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan telah memastikan pembelian pesawat tempur Sukhoi-35 untuk menggantikan F-5 Tiger milik TNI Angkatan Udara.
      Terjawab sudah smiling hari yg suka berburuk sangka dan tukang ngitung ngawur bin hoax.

      Hapus
    8. Kapitang,

      Coba kamu itu kalo baca yang teliti ya :

      ********

      Menurut Lubis, pihaknya akan terus mendorong dan memberikan pemahaman terhadap pihak Rusia untuk memberikan pengetahuan teknologi tersebut.

      Pasalnya, menurut dia, kewajiban ToT dalam setiap pembelian alutsista dari luar negeri itu adalah perintah dari undang-undang.

      “Kita harus pahamkam ke mereka bahwa itu undang-undang yang akan menjadi konsekuensi serius dari pemerintah kalau tidak menaati undang-undang itu,” tegasnya.

      *********

      Tuh, lihat, kesalahan ada di pihak RUSIA. Mereka nggak mau ngerti kalo di kita ada UU bahwa ada kewajiban bagi negara penyedia alutsista untuk memberikan TOT kepada Indonesia.

      Jadi yang lemot itu pihak Rusia.

      Kalo kau bilang saya hoax nyatanya nggak tuh, lha saya tiap hari kalo keluar rumah berkendara di jalan pasti ada petugas yang mengawal di depan saya, kadang paskhas, kadang pm, kadang kopasus, kadang brimob, kadang marinir, malah pernah ada mobil berlogo lingkaran merah putih dan ada gambar indonesia dan ada gambar burung garuda di depan saya, padahal saya hanya rakyat sipil biasa.

      Mereka bahkan berbaik hati sering ngasih saya kode angka2 untuk saya pecahkan.

      Angka itu saya tahu, tapi nggak akan kukasih tau ke kamu angka lambang apa itu, karena walo kamu kukasihtau pun, kamu nggak bakal menghargainya.

      Angka itu bukan nomor telepon.

      Hapus
    9. 😴😴😴😴......

      Hapus
    10. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    11. Si Ntung ngigau tingkat dewa, onanhi otaknya kumat lg.

      Tukang jual togel ngaku di kawal kopasus. Ngayal sampe stress...hahaha

      Hapus
    12. Hahhaa tukang ngitung kita udah beli ngeteng nyicil maunya pun banyak minta ini minta itu india yg beli bejibun aja ng tuntas tuh mro,suku cadang dll... Pembelian apache adakah TOT imbal balik atau apapun itu?

      lha saya tiap hari kalo keluar rumah berkendara di jalan pasti ada petugas yang mengawal di depan saya, kadang paskhas, kadang pm, kadang kopasus, kadang brimob, kadang marinir, malah pernah ada mobil berlogo lingkaran merah putih dan ada gambar indonesia dan ada gambar burung garuda di depan saya, padahal saya hanya rakyat sipil biasa.

      Mereka bahkan berbaik hati sering ngasih saya kode angka2 untuk saya pecahkan.

      Angka itu saya tahu, tapi nggak akan kukasih tau ke kamu angka lambang apa itu, karena walo kamu kukasihtau pun, kamu nggak bakal menghargainya.

      Angka itu bukan nomor telepon.

      Saya percaya kok... Hahahahhaa

      Hapus
    13. https://www.indonesian-aerospace.com/news/detail/511_boeing+dan+ptdi+perkuat+industri+dirgantara

      Link di atas adalah offset dari Boeing untuk apache dan Chinook.

      Hapus
    14. https://www.indonesian-aerospace.com/news/detail/511_boeing+dan+ptdi+perkuat+industri+dirgantara

      Link di atas adalah offset dari Boeing untuk apache dan Chinook.

      Hapus
    15. Jadi dealnya mirip yg diminta ke Rusia sekarang? Skill maintenance + manufaktur parts?

      Hapus
    16. Blog Walking https://pesan-iseng.blogspot.com/

      Hapus
  2. Kelakuan beruk pemuda malas malon malassial.
    PESTA SEX dan NARKOBA

    KUALA LUMPUR – Sebanyak 45 individu termasuk remaja bawah umur ditahan selepas didapati positif dadah ketika berpesta seks di sebuah kondominium mewah di Seri Kembangan, Selangor, kelmarin.

    Kesemua mereka yang berusia 14 hingga 26 tahun itu ditahan kira-kira pukul 3.45 pagi oleh Jabatan Siasatan Narkotik, Ibu Pejabat Polis Daerah Serdang hasil risikan dan maklumat.

    Ketua Polis Daerah Serdang, Asisten Komisioner Ismadi Borhan berkata, kesemua remaja itu dikatakan menyewa kondominium terbabit dengn harga RM390 semalam untuk mengadakan parti liar.

    Ujarnya, hasil risikan, kesemua mereka yang terdiri daripada pelajar institusi pengajian tinggi dan sekolah menengah itu dikatakan telah menerima undangan daripada penganjur yang menggunakan aplikasi Wechat dengan bayaran sebanyak RM60 bagi seorang.

    “Dengan bayaran tersebut, penganjur terlibat juga turut membekalkan dadah jenis methamphetamine dan ganja kepada kesemua pelajar terbabit.

    “Hasil ujian air kencing yang dilakukan, sebanyak 33 daripada mereka dipercayai positif dadah dan sehubungan itu, mereka kini ditahan reman sehinga Ahad ini bagi siasatan lanjut di bawah Seksyen 12 (2) Akta Dadah Berbahaya 1952,” katanya dalam sidang akhbar, di sini hari ini. – UTUSAN ONLINE

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.mynewshub.tv/utama-sensasi/45-individu-termasuk-remaja-bawah-umur-ditahan-terlibat-pesta-seks-dadah/

      Hapus
    2. Unknown ada tuh di situ bro wkwkwk

      Hapus
  3. https://youtu.be/JF_65Mh9yiY

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwakakakak..
      Gak akan ada yang sudi kau suruh buka link kau bro..

      Goblok amat sih.
      πŸ˜›

      Hapus
    2. Gakda upload berita malon selain pemotongan anggaran militer πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. https://www.mynewshub.tv/utama-sensasi/45-individu-termasuk-remaja-bawah-umur-ditahan-terlibat-pesta-seks-dadah/

      Hapus
    4. Dan berita maling plus tercirit dikejar polisi Sing....πŸ˜‚

      Hapus
    5. Emang klo penjajah selalu menang banyak ya.... Kesian malaysia harus menanggung sampe 999 tahun... Seluruh negeri merdeka malaysia masih jd negeri kolonial negara lain... Gimana kabar tionkok yg jg mo jajah malaysiad dapat apa ya?

      Hapus
    6. Kesian malon babak belur dihajar nelayan cina,vietnam dan polis singapura wkwkwk

      Hapus
  4. ...kalau bisa JOIN ajach sama Russia di sini ( Indonesia ) di bidang PERAWATAN dan SPAREPART Sukhoi khususnya untuk wilayah ASIA...lalu nanti bagi hasil dan sama2 untung














    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...dengan di Akuisisinya PT FREEPORT sebesar 51,2 % oleh Indonesia...maka,

      JOIN dengan Russia dibidang Perawatan dan Sparepart...akan lebih mudah tentunya














      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
  5. eeeiitts iklan dolo haha!πŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™Œ

    kesian tentra delay/unknown386/unknown370 gak punya yg baru cem heli atak, gak punya heli tercantik sekawasan AWEWE101, gak punya pesawat coin, gak punya pesawat jet latih baru, gak punya baracuda, gak punya panhard baru, gak punya pesawat MPA, gak punya medium SAM(NASSAMS), gak punya medium tank, gak punya oerlikon, gak py millenium gun, gak punya CIWS, gak punya LPD, gak py kapal Hidro-Oseanografi yg baru, gak punya kapal rumah sakit, gak punya LST baru, gak punya kapal komando(KMC), gak py SPH, gak punya kapal tiang tinggi yg baru, gak punya marinir, gak punya tank amfibi, gak punya PONTON, gak punya SU-35, gak punya UCAV Rainbow Ch-4, gak punya tivi banyak lagi dech gak punya haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    ama satu lagi, gak punya maluwww, baca brita tulalit huks mlulu salah lagi haha!πŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘Ž

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon punya aset lapok zaman jepun je ompal

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. nyoih om pit, padahal jepun uda kirim duwit banyak, pst dipake yg enggak2 haha!πŸ‘½πŸ‘½πŸ‘½

      Hapus
  6. sejatinya selama ini hanya jalan di tempat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maklumin aja lah mas..yg mau beli rewel permintaannya banyak..jadi ya sabar2..ngopi sek ae ben ra edan.

      Hapus
    2. aahh enggak jugak, mungkin si om bakul kurang gaul haha!😜😜😜

      "Gajah di pelupuk mata tidak terlihat, semut di seberang lautan terlihat"

      kira2 seperti diatas, jgn lufa ops alfa haha!😷😷😷

      Hapus
  7. katanya negara grade A, uppss...haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    "Only five countries in Asia and Oceania "Decreased" spending over the decade: Timor-Leste, Afghanistan, Fiji, Malaysia and Brunei Darussalam"

    selamat yak masuk tim bajet kat om unknown370/tentera delay/uknown386 haha!🍌🍌🍌

    LATEST: Southeast Asian Countries' Military Expenditure
    by Adelaida Salikha

    Published May 04, 2018 - 15:56 Jkt

    https://seasia.co/2018/05/04/latest-southeast-asian-countries-military-expenditure

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesian malon makin di belakang wkwkwk

      Hapus
    2. ditipisin LAOS skrg om pit, sediiiw dech haha!🀧🀧🀧

      Hapus
  8. Gw mau tau kalo sama US kita selain offset dapat gak ToT pemeliharaan?

    Malaysia yg punya hercules cuma 12 biji aja tapi AIROD mereka malah jadi ToT pemeliharaan lebih bagus dari kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya dapet donk herki kite kan 3 lipet py tetangga sebelah haha!🀣🀣🀣

      depohar kita jg mampu serpis2 gt doank, lah dari taon 60 kita maennya. dan RI adalah pemilik pertama herki diluar amrik haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

      "AIROD mereka malah jadi ToT pemeliharaan lebih bagus dari kita."

      owwh gampang jawabnya ini, AIROD itu perusahaan MRO om kolong, kelebihannya adalah dia punya stok sperpart jenis pesawat ini.
      sebab dulunya fasilitas ini milik LM(produsen herki) jd spesialis mrk emg herki doank, ente suru perbaikin CN 235 ato boeing 737, 1000% kagak bisa haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    2. dilaen pihak depohar kita itu milik tni au pribadi.
      bukan perusahaan MRO yg notabene milik swasta haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      knp kita kirim ke airod, cuman satu jawabannye, sebab depohar tak punya stok sucad/sperpart yg lengkap.
      pemilik sucad selain prinsipal yach perusahaan MRO gini. di kawasan selain airod, masi ada ostrali.
      masi ada 2 bijik c-130H milik tni au di apgred dr akusisi 9 bijik yg dolo haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      knp kita sampe gak py sperpart/sucad? sila baca2 lg brp lama kita kena embargo amrik.

      Hapus
    3. dan guwe yaqeen MRO2 gituan jugak gak bikin komponen
      cuman prinsipal beserta vendor2nya pasti gak ngijinin, ituw duwit soalnye haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  9. “Jadi kita tahu bagaimana cara memproduksi komponen dan bagaimana cara merawat Sukhoi-35,” tandasnya.

    ow tentuw, jom tamba lagi su-35nya donk biar dosen sebelah pengsan haha!πŸ€’πŸ€’πŸ€’

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebay ah....komponen apa sih? Beli cuma 11 biji doang.

      Hapus
    2. iyak sabar, 11 + 16 = 27 bijik haha!😜😜😜

      Hapus
  10. Salam 999 tahun plus salam 2055, bahagia selalu menyertaimu πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    BalasHapus
  11. Kalo di sebelah bikin komponen cuma di bawa ke tukang bubut berkedok perusahaan yg prestisius

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tau maksud anda....

      Xixixixixi
      HAHAHAHAHAHA

      Hapus
  12. bwahahahahaaa.. pasti panas nih para beruk malons melihat berita seperti ini.. soalnya nelihat nasib MKM yg sangat menyedihkan ditangan askar besarong yg Low IQ.. kahkahkahkah.. UGLY MALONS..

    BalasHapus
  13. Yes and it is Indons has made already their Own TONG-TONG 400HP Piston type engine.

    Kikikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bla...bla...bla...hoaks...xaxaxaxaxa

      Hapus
    2. Begini kalo knalpot dikasih nyawa, cuma bisa ngulang ngulang doang kayak kaset kusut. Ngga ada bahan lagi memang

      Hapus
  14. Korean already rejected Indons fake IFX because they find Indons as low IQ people and incapable for cooperation.

    Now, they are crazy already on this. And people of KL, Thailand, Singapore, Vietnam, Philipine, US and Russia are laughing on this.

    They cant even fix their own populous and poverty problem, now another failed crazy things to do.


    Kikikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bla...bla...bla...hoaks...xaxaxaxaxaxa

      Hapus
    2. MAS jual asset A-380 dan Boeing-777 buat nutup biaya operasional dan hutang, Petronas belum bayar hutang ke PT. PGN karena ngga punya wang, proton dijual ke Gelly karena mobilnya ngga laku laku.

      Hapus
  15. Indons are Beggars and Robbers.

    Kikikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bla...bla...bla...hoaks...xixixixixi

      Hapus
    2. Malingsialan king of thief, maling ternak rakyatnya, maling enjin pesawatnya sendiri, maling anak perawan buat dimakan sendiri, PM nya maling duit rakyatnya sendiri

      Hapus
  16. Their Airplane are the most Ugliest design and all their customers are not satisfied. Not safe and Ugly design.

    Kikikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bla...bla...bla...hoaks...xaxaxaxaxaxaxa

      Hapus
    2. Malasial buat pesawat cuma bisa di buku gambar doang

      Hapus
  17. Master this??????


    Bwhaaaaaaahahaha

    What do Indons think of themselves??????

    Feed your Idiot poor people first before you work on your crazy ambition. Kikikiki

    Your IFX is already garbage!

    Kikikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bla...bla...bla...hoaks...xixixixixixi

      Hapus
    2. Vita berapi sampah sampai ATM yg dungu saja ngga mau pakai

      Hapus
  18. Negeri beruk di larang Comment! Comment di sini Jadi tahi ayam

    BalasHapus
  19. Balasan
    1. salam lari tercirit2 mendunia.. kahkahkahkah.. Lawan nelayan china lari tercirit2.. lawan 2 KOPASKA 2 kapal malons lari tercirit2.. lawan singapura pun lari tercirit2 tuh para beruk2 maloners.. kahkahkahkahkah.. UGLY MALONS..

      Hapus
    2. WTF 999 years!!!!!!!!what a joke...🀣🀣🀣🀣🀣🀣..nih🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    3. Good. Malon wajib d rampok semua buat Indonesia.. hahaha

      Hapus
    4. Salam perampok kayu mendunia lonjing

      Hapus
    5. Salam maling ternak, salam maling enjine sendiri, dan salam maling anak perawan sendiri

      Hapus

  20. https://www.aljazeera.com/blogs/asia/2018/12/indonesia-poor-bear-brunt-deadly-tsunami-181229081508335.html

    AL Jazeera called Indons and Beggars in this article.


    Kikikiki

    Jokowi feed your people first before your crazy thinking.

    Kikikiki

    Poor!

    BalasHapus
    Balasan
    1. WTF 999 years as a British slave!!!!!what a joke.🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣...nih...🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    2. Malaysia mohon pinjaman dari Jepun untuk bayar hutang
      https://www.freemalaysiatoday.com/category/bahasa/2018/06/12/malaysia-mohon-pinjaman-dari-jepun-untuk-bayar-hutang/

      Jepun bilang malaysia miskin bangkrap

      Kikiki

      Mahatir feed your people first before your crazy thinking.

      Kikiki

      Poor bangkrap

      Kikiki

      Hapus
    3. PT DI Serahkan Pesawat CN-235 VIP Kepada Malaysia
      https://www.antaranews.com/berita/27895/pt-di-serahkan-pesawat-cn-235-vip-kepada-malaysia

      Malonjing CN 235 buat angkutan babi anjing
      Kikikiki
      Sultan sama PM nya babi sama anjing dong naik CN 235 VIP

      Kikikiki

      Hapus
    4. Indonesia akan selesaikan soal penangkapan WN Malaysia
      https://www.aa.com.tr/id/headline-hari/indonesia-akan-selesaikan-soal-penangkapan-wn-malaysia-/1349926

      Maling kayu jangan dikasih hati nanti ngelunjak kikiki
      Parah otaknya malonjing2 udah maling teriak2 diculik TNI...kikikiki
      Mau suap TNI ditolak dengan tegas....memang ATM sama Polis Diraja Malingsia gemar kutip wang kopi

      Kikikikiki

      Hapus
    5. Saat ini mahathir hanya bisa menyesali negaranya hancur karena program brainwashingnya makan tuan, melihat generasi mudanya hanya jadi penyebar hoax dan tukan fitnah se asia

      Hapus
  21. waahh, grade A gali lobang tutup lobang haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

    Malaysia mohon pinjaman dari Jepun untuk bayar hutang
    https://www.freemalaysiatoday.com/category/bahasa/2018/06/12/malaysia-mohon-pinjaman-dari-jepun-untuk-bayar-hutang/

    BalasHapus
  22. duwit jepun diputer2in haha!πŸŒͺπŸŒͺπŸŒͺ

    Jepun Beri Pinjaman Kepada Malaysia Selesaikan Hutang
    https://www.benarnews.org/malay/berita/my-jepun-anugerah-181106-11062018152251.html

    ex menhan ampe ngakak haha!🀣🀣🀣
    http://4.bp.blogspot.com/_HGBwHSC24S4/S5m7C5iBaVI/AAAAAAAAApM/nxdtTE4MfHc/s400/hishamuddin-tun-hussein.jpg

    BalasHapus
  23. ini salah satu loyal kastamer dr negeri grade A haha!πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›


    PT DI Serahkan Pesawat CN-235 VIP Kepada Malaysia
    https://www.antaranews.com/berita/27895/pt-di-serahkan-pesawat-cn-235-vip-kepada-malaysia

    BalasHapus
  24. akibat bajet kat, maen potong puhun urang haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    yach kite maklumin dech namanya jugak tetangga kesayangan haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—

    Indonesia akan selesaikan soal penangkapan WN Malaysia
    https://www.aa.com.tr/id/headline-hari/indonesia-akan-selesaikan-soal-penangkapan-wn-malaysia-/1349926

    BalasHapus
    Balasan
    1. eeitt tunggu dolo, itu bukan puhun pisank jek, kagak bisa dimakan cuy haha!🍌🍌🍌

      Hapus
    2. bwahahhahahaa... beruk2 malons langsung pura2 buta om pal.. πŸ˜…πŸ˜… UGLY MALONS..

      Hapus
  25. om ben pamer apache, tetangga kesayangan kaburrrr, tdk lufa bawak pisank haha!🍌🍌🍌

    Singaporean ships and helicopters patrol the waters around Sentosa Island in June: The city-state has a number of disputes with its northern neighbor, Malaysia. © Kyodo
    https://asia.nikkei.com/Politics/Malaysia-in-transition/Singapore-and-Malaysia-tangle-over-air-and-sea-sovereignty

    BalasHapus
  26. Sori out of topic ya :

    PKR mau dilanjutkan sampai PT PAL mahir menguasainya.

    Yang gede-gede nanti dulu ya, menyusul jika PT PAL udah mahir banget bikin PKR ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitu juga dengan kapal selam Changbogo, bakal dilanjutkan sampai PT PAL benar2 mahir.

      Hapus
    2. ngk pa2 om.. yg penting khatam dulu jngan dipaksain.. takutnya nanti kek tongkang merajalela Malons.. sudah ompong lapuk karena SDM Low IQ.. bongkar pasang sampai karatan di dock.. kahkahkahkah..

      Hapus
    3. Mas Bagaz,

      Saya malah lebih seneng kalo PKR, korvet Sigma dan OPV 80 meter Bakamla diperbanyak.

      Korvet Sigma bisa buat ganti Parchim, PKR buat ganti Van Speijk, Fatahilah Class dan Ki Hajar. OPV 80 meter buat cadangan.

      Lebih banyak unit lebih susah untuk menenggelamkannya.

      Hapus
    4. tetap saja heavy fregat/destroyer diperlukan om.. buat daya gentar.. minimal setiap armada ada 2-4 unit..

      kedepan PKR juga harus dikembangkan lagi semisal VLSnya ditambah menjadi 24-32 rudal. CIWS milenium juga ditambah menjadi dua belakang dan depan.. πŸ˜„πŸ˜„. semoga sylver dan isiannya Aster-30/15.. haha..

      Hapus
    5. Kalo VLSnya mending 16 aja om, pake Sylver 50 modul 8×2, terus jeroannya CAMM sama ASTER 30

      Hapus
    6. Kalo PKR dikembangkan bisa.

      Daripada tambah taruh milenium di belakang, taruh aja oto marlin di samping kiri dan kanan.

      Hangar helikopter dibabat habis diganti VLS.

      Atau hangar helikopter tetap ada tapi di atasnya dipasang RIM 162 essm launcher.

      Aster 30 terlalu panjang, sekitar 7-8 meteran tinggi VLSnya. Apa nggak ngalangi milenium gun yg di depan ?

      Hapus
    7. Atau, kalau mau, itu disain LPD 123-5 meter bisa dirombak.

      Dek untuk heli hanya untuk 1 heli di belakang.

      Hangar tepat di depan heli dek, trus ruang VLS bisa di depannya lagi.

      Hapus
    8. Eh sorry, kalau pakai VLS Sylver yang A50 bisa aja supaya bisa pasang Aster 30.

      Masalahnya adalah 1 cell VLS Sylver itu lebarnya 2,3 meter.

      Sedangkan harus ada ruang yang cukup di kanan kiri VLS itu karena kapalnya semakin ke bawah semakin miring masuk ke dalam. Jadi harus ada ruang sekitar 1-1,5 meter di kiri dan 1-1,5 meter di kanan, sehingga total ruang yang tidak terpakai VLS adalah 2-3 meter.

      Lebar PKR hanya 14 meter. Jika dikurang 2 meter jadi 14-2=12 meter.

      Lebar VLS Sylver 2,3 meter, jadi 12 meter dibagi 2,3 meter = 12/2,3 = 5,2 dibulatkan hanya 5 cell saja, trus 5 cell itu dikalikan 2 cell lagi dari arah belakang kanon ke superstructure.

      Jadi PKR 10514 hanya muat 10 Aster 30.

      Hapus
    9. Kasian org ini stress akut...hahaha

      Hapus
    10. Husss husss sudah tidur sana!!!

      Situ yang stres karena nggak bisa tidur khan,itu artinya situ udah bau tanah, udah mau expired, gue mesti harus pesen lubang dulu 0,5 meter x 2 meter buat situ karena situ udah mau expired.

      Kalo gue nggak bisa tidur karena siang tadi udah kebanyakan bobo ama yang cantik.

      Hapus
    11. 10 cell om? Gua kira sama aja kayak MICA atau malah lebih soalnya modulnya Sylver 8-8 beda sama MICA yang 6-6, kalaupun dipaksa buat 12 saja pun, lumayan kalo misalnya 6 cell diisi Quad pack Sea Ceptor/CAMM jadi missilenya 24 biji, ditambah Aster 30 6 biji,otal missile 30 biji. saling melengkapi antara kuantitas dan kualitas masing-masing. CAMM untuk intercept jarak dekat, Aster 30 untuk intercept jarak jauh.

      Hapus
    12. Nggak bisa 12 cell mas.

      Soalnya kotak 1 cell VLS Sylver itu ukurannya panjang 2,3 meter x lebar 2,3 meter x tinggi 5 meter.

      Kapal hullnya khan berbentuk huruf V dengan atas lebar dan semakin menyempit di bawah.

      Kalo 12 cell brarti 6 cell x 2 cell.

      Sedangkan kalau dihitung 6 cell x panjang 2,3 meter = 13,8 meter.

      Lebar PKR 14 meter.

      14 - 13,8 = 0,2 = 20 cm.

      Masa hanya sisa 20 centi saja ? Sisa 20 centi tidak masuk akal karena nggak akan bisa masuk ke hull dengan bentuk huruf V.

      Hapus
    13. Jadi jika mau diisi A50 di haluan paling hanya bisa 2 x 5 cell atau malah 2 x 4 cell saja.

      Atau korbankan hangar agar bisa diisi 5 x 4 cell.

      Hapus
    14. Indonesia itu pintar. Rakyatnya banyak Dan otaknya cerdas2. Gak Kaya d utara noh. Kebanyakan overdosis ekstasi

      Hapus
    15. solusinya benar kata om ngitung korbanin hanggar helikopter toh heli ASW kita dijatah 1 unit per kapal.. haha..

      atau solusi lain PKR dipanjangkan menjadi 120 meter lebar 16 meter. kalau ukuran segitu VLS 24 rudal pasti muat.. cocok diduetkan dengan calon destroyer masa depan Indonesia OMEGA.. haha..!!

      Dari ukurannya sekarang 105 meter menjadi 120 meter jadi ada tambahan 15 meter bagian baru. Panjangin helipad supaya muat ASW sekelas seahawk atau Romeo. dan menara kontrol digeser agak kebelakang supaya ada space untuk VLS Sylver yg 24 peluncur. mantaaaappp.. πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    16. Kalau Arleigh Burke ada versi flight 2 dan 3.. PKR kita juga harus ada pengembangan seperti itu.. 24 peluncur VLS komposisinya yg realistis.. 10 Aster30 dan 14 Aster15..

      Kenapa realistis.. mengingat sensor dikapal kita banyak buatan Thales prancis dan sistem senjata yg sudah ada juga buatan prancis sperti rudal exocet dan Mistral, sudah selayaknya keinginan untuk memiliki rudal SM-2 dan ESSM kita kubur dlm2.. hahaa.. 😁😁 Toh suatu saat SAM jarak jauh kita kemungkinan SAMP/T yg rudalnya sama Aster30/15..

      Hapus
    17. Kalo gua sih masih jagoin CAMM/Sea Ceptor, soalnya murah (lebih murah dari MICA), range lebih gede dari MICA (25km+), cold launch jadi gak perlu susah buat integrasi, bisa Quad pack, terus kita udah ditawarin sama MBDA. CAMM/Sea Ceptor nanti maunya gua duetin sama Aster 30, soalnya nanggung juga kalo cuma Aster 15, kombinasi CAMM sama Aster 30 nanti bisa fleksibel mau engage jarak jauh atau jarak dekat.

      Hapus
  27. Hari Hari gadoh je, Tak reti lar nak cakap ape....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malas berusaha merdeka dan memilih tetap dijajah.

      Menjijikkan.
      πŸ˜›

      Hapus
    2. Malonjing otak melancap gemar kutip wang kopi, pengekspor dadah dan teroris mendunia, perampok mendonia, tegar miskin bangkrap, pondan sedunia, kepakaran hanya tampal stiker, pemalas, tidak bisa bersaing dengan cina india dan bangla, icerd dihapus langsung bunuh diri

      Hapus
  28. ...mungkin kalau Indonesia beli 32 unit Su-35 Flanker E, Russia juga nggak akan memelitkan ILMU persukhoiannya,

    semua tau bahwa ILMU itu mahal harganya...bahkan Profesor2 Russia pun butuh waktu bertahun2 untuk merancang dan memproduksi semua Jet Tempurnya yang sangat menguras WAKTU, PIKIRAN dan TENAGA...

    jadi, jika Russia harus mengerti Indonesia...maka Indonesia pun harus mengerti Russia





















    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...mengingat Su-35 Flanker E ini adalah series Flanker yang TERAKHIR

      ...lalu Russia pun ingin meraup keuntungan yang sebesar2nya dari penjualan Su-35 Flanker E ini untuk membantu PEREKONOMIAN negaranya yang dipersulit oleh US Amerika

      begitulah kira2...












      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
  29. Konflik Wilayah! PM Malaysia: Kami Akui Militer Singapura Lebih Kuat, Tegas Tolak Perang

    Foto: thestar.com
    Aqillo - Sejak dulu hubungan diplomatik antara Singapura dan Malaysia sering naik turun. Kebanyakan penyebab hubungan keduanya memanas kerena perebutan wilayah perbatasan dan lebih condong dimenangkan oleh Singapura.

    Awalnya Malaysia mengklaim wilayah Batu Puteh merupakan kawasan yang masuk ke dalam kedaulatan Malaysia. Pemerintah Singapura kemudian mengadukan hal tersebut ke Dewan PBB dan berhasil mempertahankan wilayah Batu Puteh, seperti dilansir dari tribunnews.com, Kamis (04/10/2018).


    Foto: parstoday.com
    Pemerintah Malaysia tidak terima dan memberikan bukti baru pada tahun 2017 bahwa kawasan tersebut merupakan milik Malaysia, bukti diambil dari beberapa dokumen lama dari pemerintah nasional Inggris.

    Tetapi pada pertengahan tahun ini, Malaysia mencabut bukti-bukti baru tersebut. Sedangkan saat menghadiri acara di London akhir bulan September, Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad akan terus memperjuangkan kawasan Batu Puteh, Seperti dilansir dari nst.com.my, Kamis (04/10/2018).



    Mahathir Mohamad dalam menyelesaikan masalah tersebut lebih memilih cara negosiasi walau masih belum berhasil. Beliau juga mengatakan, Malaysia tidak berniat berperang dengan Singapura.


    Foto: scmp.com
    "Saya tidak melihat peperangan sebagai solusi terbaik mengatasi masalah tersebut, walaupun wilayah kecil, nyatanya militer Singapura lebih kuat dari kami",ujar Mahathir Mohamad.

    Selain itu Mahathir Mohamad ingin pihak pengadilan Internasional tidak berat sebelah dan mempertimbangkan kembali keputusan yang menyatakan kawasan Batu Puteh merupakan milik Singapura.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bilang aja takut, ogah berusaha, tidak berniat kok bikin gara-gara..πŸ˜›

      Sejarahnya aja milih dijajah daripada berusaha merdeka sendiri kok..

      Negeri yang menyedihkan.

      Hapus
    2. Negara boneka, boneka ipin upin

      Hapus
    3. Katanya Negara paling jaguh duniah akhirat, senjatanya paling canggih vitabirahi yg bisa nembak tupai dari planet namex kikiki sama singapore tak berdaya kikiki.....malonjing memang perampok mendonia

      Hapus
  30. Siapa yang punya posisi bargaining kuat? Russia ato Indonesia. Jelas Russia. Semua tahu Russia pengalaman cukup lama bidang High Tech Militer bisa saingi USA. Russia negara cerdas Tidak akan mudah minta ToT High Tech Su 35 ke Russia. Lihat sendiri. Gimana India, China, Vietnam, Korea Utara telah bersusah payah habis uang banyak dan mengerahkan begitu masif insinyur untuk High Tech Militer Persenjataan Russia. Tapi tidak dapat ToT dan harus berjuang kerja keras sendiri untuk mandiri High Tech Peralatan Militernya.Kalopun nanti Russia nanti mau kasih ToT Su 35 ke Indonesia. Dapat dipastikan High Tech yang diToT tidak akan signifikan. Russia adalah negara yang cerdas.Mereka tak akan memberikan High Tech Pespur yang mahal.Russia telah mengorbankan banyak nyawa rakyatnya demi kemandirian militer bangsanya.Maka tidak heran dan tidak kaget.Bersikeras tidak akan membagikan High Tech Militernya dengan negara lain walaupun itu sekutunya sekalipun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan cerdas bung.

      Lebih tepat disebut pelit.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Fansboy yg alibinya berbelit-belit πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  31. Indons are Rapist and Robbers.


    Kikikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malassia miskin ke?
      Maling pokok kayu ke?

      Konon negara grade A tapi maling ke?

      Hapus
    2. Malonjing perampok kayu mendonia, pengekspor teroris dan dadah nomor 1 didunia kikiki, miskin dan bangkrap kikiki

      Hapus
    3. Malonjing pandai maling kayu tetangga, maling ternak rakyatnya sendiri, maling enjin pesawat sendiri, sama maling anak perawan rakyatnya sendiri buat dirogol

      Hapus
    4. sekarang semakin hari semakin banyak negara kawasan yg tahu typical Malaysia :

      1. MALAYSIA negara maling di ASIA

      2. Malaysia Negara paling banyak Hutang di ASIA

      3. Malaysua negara paling bangkraf di ASIA

      4. Negara paling suka HoaX di ASIA.

      5. Negara terakhir dan satu satunya yg masih menerap kan sistem aperthaid di DUNIA.

      6. Negara yg paling banyak tipu tipu di ASIA.. maling teruak maling.

      7. Negara paling banyak bermasalah dengan tetangga jirannya di ASIA.

      8. Negara paling gak punya kepakaran di ASIA

      9. Negara Paling lemah militernya di ASIA.

      10. Negara pengekspor DADAH dan Teroris terbesar di ASIA.


      itulah Malonesia... Maid of London yg paling hina sampe detik ini di ASIA...😁😁😁

      Hapus
  32. malaysia nak tot curik balak kayu paling best

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. ya si lubis jg harus paham gk mungkin beli 11 minta Tot' lagian kan sudah dikasih kemudahan yg menguntungkan lewat sistem barter komoditi, amerika aje kagak mau barangnya di beli pakai sistem barter,,tp kalau beli 32 unit atau 48 unit masih masuk akal minta TOT, jd besar kemungkinan f16 viper gk jd dibeli sebab kan belum teken kontrak, seluruhnya dilimpahkan ke su-35 😊😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang siapa lo...belagu amat, pake ngajari tni, mikiiiir 😏😏😏

      Hapus
    2. Ojo ngono tho mas'e..
      Siapa tau aspirasinya didengar..

      Eeh, didengar atau dibaca yaak..?😌

      Hapus
    3. Aku cuma niruin gayanya bliau...ternyata asyik juga πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Bahhh.. bang tungkir pon marah2 pulaa sama bang lubis.. jangaann lahh bang, satu genk nya kitaa.. horas

      Hapus
  35. atau bisa jd ujungnya f16v dibeli cuman 2 skudron, biaya 1 skuadron dilimpahkan untuk nambah pesanan su-35 agar mencapai jumlah kewajaran dalam hal minta TOT,,,cocok 😊😎

    BalasHapus
  36. Makanya gw bilang juga lebay...lebay....lebay.
    Komponen apa yg mau dibikin? Bisa jadi MRO aja udah bagus.

    BalasHapus
  37. katanya 2 teknologi yg diminta, ya udah cocoklah 1 teknologi = 1 skuadron, 2 teknologi = 2 skuadron,,,waaahhhh bagus tu kalau beli 2 skuadron su-35, ya udah dikurangin aja f16v atau gk usah dibeli f16v bhuahahahaaa πŸ˜›πŸ˜œπŸ˜

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. sekarang sepi ya ambalat tdk ada tldm yg mengusik

    BalasHapus
  40. semenjak tldm bangkrut ambalat jd sepi

    BalasHapus
  41. Semenjak budget ATM di cut, akhirnya ATM mau K.O

    BalasHapus
  42. BHUAHAHAA yang ngajarin tni siapa???? ada kakek2 gk kesampaian balas dendamnya πŸ˜›πŸ˜œπŸ˜
    justru situ yg mikir, yg ane katakan realistis,,,moso belinya cuman 11 unit trus bayarnya pakai barter tp minta TOT, kalau 32 unit masih masuk akal, wajar dong kalau aku bilang yg belum teken kontrak yg dibatalkan ketimbang yg sudah teken kontrak, kagak mungkin dong kepala dikaki atau kaki dikepala πŸ˜›πŸ˜œπŸ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas situngkir 32 unit sukhoi itu sama yg lama yg sekarang di Makassar.. untuk selanjutnya mungkin hanya ada tambahan 5 unit untuk menggenapkan yg 11 unit SU-35.. kabarnya sih kandidatnya SU-30SM buat serangan maritim.

      Toh 2026 KFX/IFX sudah diproduksi massal. Rolenya itu masuk Air superiority lhooo.. kemungkinan ya menggantikan keluarga sukhoi.

      Kedepannya TNI AU mau menyederhanakan jenis pesawat tempur menjadi dua.. F-35 untuk deep strike, IFX untuk Air superiority.. haha.. 😁

      Hapus
    2. Baru jadi krani aja udah belagak manggil laksamana yg selevel jendral dg nama saja....emang bliau temen sepermainan situ, ngaca lo πŸ”πŸ”πŸ”

      Hapus
    3. Hmmm...mungkin dia kraninya ormas, pantas tak punya adat ferguso πŸ™…πŸ™…πŸ™…

      Hapus
    4. Padahal Pak Lubis ini sudah berpangkat Laksamana dan purnawirawan pula, umur pasti sekitar 60-an tahun, lho kok sijungkirbalik yang umurnya hanya 42 tahun brani kurang ajar pula sama orang yang lebih tua.

      Ckckck kasihan orang salah asuhan nih...

      Hapus
  43. sebenarnya aku sangat2 mendukung tentang transfer teknologi dalam hal pembelian alutsista, tp ya jangan sampai gk tau malu seperti inilah' ya 11 unit itu judulnya tetep beli tp kan kesannya itu loh beli 11 unit nuntutnya terlalu padahal sudah dibantu dengan sistem barter, gpp kita minta TOT dan itu emang harus tp ditambah dong unitnya biar posisi tawar kita untuk permintaan TOT di jalur kewajaran.😊😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Krani-kraninya KGB-kuminis ☝️πŸ‘‡ coba menego untuk kepentingan puannya, mother russia 🀦🀦🀦

      Hapus
  44. ...jadi SOLUSI terbaik untuk kedua belah pihak adalah ;

    1. Russia memberikan 2 Tot yang diinginkan Indonesia, syukur2 nantinya Full Tot...mengingat Su-35 Flanker E ini adalah series Flanker yang terakhir

    2. Indonesia membeli Su-35 Flanker E minimal 32 unit...

    ...pakai anggaran untuk MILITER tahun 2019 ajach mumpuni untuk membeli 32 unit Su-35 Flanker E...yang -+ Rp 35 Trilyun untuk Full Combat, dari TOTAL untuk belanja Alutsistanya doang Rp 75 Trilyun...












    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woi akang kasep aka jendul sipil

      75 triliun itu bukan untuk beli Sukhoi.

      Ini lho yang diutamakan di 2019 :

      1. Alutsista untuk SAR :
      a. 5 biji Herkules tipe Super J.
      b. Chinook
      c. Amfibi 1 biji.
      2. Apache 1 paket.
      3. 18 unit KRI termasuk PKR dan kapal selam.
      4. Radar 5 biji.
      5. Tank boat 1 paket.

      Hapus
    2. ...kalau nggak bisa pakai anggaran MILITER tahun 2019, mungkin bisa pakai tahun 2020

      dan seterusnya...













      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
  45. fillingku teknologi yg kita kejar salah satunya adalah teknologi membuat mesin pespur, dan ujungnya posisi tawarnya jatuhnya di lisensi mesin pespur su-30,,teknologi membuat mesin pespur bukan teknologi yg murahan, aku rasa rusia mau aja sebab tohnya teknologinya sudah dicuri china tp ya paling tidak harus ada imbalan yg cocok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah siang menjelang sore bro....bangun woe, di lap dulu ilernya 🀀🀀🀀

      Hapus
  46. bhuahaha kerani???
    ini bukan buat kepentingan rusia mas smilling, tp ini adalah bagian dr cara cerdik tuk dapatkan 2 teknologi yg kita kejar 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hentikan bualanmu rudolfo !!!

      Hal itu sudah ditulis di artikel ini 😀😀😀

      Hapus
  47. Ngomongin radar..Ini Ada artikel soal stealth..kembali seperti yg says sudah sebut beberapa waktu yg lalu. stealth today 'invicible' dari radar..ngk Ada itu..bahkan radar komersial di airport juga potensial bisa 'tracking' stealth fighter..

    Tapi apa bisa di 'lock-in' dg fire control..he,he..that's another thing..

    https://news.yahoo.com/stealth-no-more-china-claims-024700905.html

    Jadi jgn lah sok ngeremehin F-35, F-22 atau pesawat stealth lain..dg propaganda Rusia Dan China..bisa di tracking oleh radar dan bisa di 'lock-in' dg fire control untuk missile guidances..adalah Dua hal yg berbeda..he,he..

    BalasHapus
  48. bila lisensi mesin su-30 itu kita dapatkan maka ifx versi kita akan menggunakan mesin su-30,,,wowww rencana cerdik 😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa kau ini kebanyakan nenggak cap tikus...ferguso πŸ™†πŸ™†πŸ™†

      Hapus
  49. ...bro Bagaz, ingat target TNI AU adalah 180 unit Jet Tempur...rinciannya ;

    16 unit Su-57 / PAK FA

    32 unit Su-35 Flanker E

    16 unit Su-27/30 Flanker D

    48 unit IFX

    48 unit F-16 Falcon / Viper

    20 unit PesPur latih

    ...anggap ajach Hawk sudah pensiun dini

















    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  50. teorinya seperti ini, irst disatukan disatukan ke dalam layar monitor dengan sistem radar rudal pencari panas' yg ngelock on nya bukan irst tp sistem radar pencari panas sementara irst untuk menampilkan target yg menjadi target radar pencari panas, apakah api atau panas yg dikeluarkan dr mesin jet pespur f35 atau f22 adalah api atau panas yg di lindungin fitur siluman????? gimana ya caranya melapisin api atau hawa panas yg keluar dr mesin jet pespur f35 atau f22 dengan fitur siluman???? kasih tau dong gimana teorinya 😊

    BalasHapus
  51. Ga akan kuat maintaincenya kalo segambreng gtu

    BalasHapus
  52. bhuahahaha kakek2 stres gk kesampaian balas dendam,,,ente smilling kebanyakan minum air soptec bhuahahaaa πŸ˜›πŸ˜œπŸ˜

    BalasHapus
  53. ...bro Jewawut @ itu RESIKO yang harus diambil Indonesia kalau mau jadi POROS MARITIM DUNIA...terutama AU dan AL harus benar2 BERTAJI

    ...dan itu akan terasa mudah bila dibarengi dengan APBN kedepannya yang semakin melimpah


















    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  54. Untuk malon, Yang penting salam jaguh 999 tahun plus 2055

    BalasHapus
  55. ...gkgkgkgkgkgkgk

    si Ntung, benar2 kacung BARAT tulen nich...

    ...kepingin dia, TNI AU itu memakai Jet Tempur dari blok BARAT semua


















    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blok timur pun juga oke tapi bukan dari Rusia, dari China aja.

      Kalo beli dari China buat efek gentar untuk selatan. J31 cukup.

      Kalo beli Su-35 supaya bisa persiapan bagi F16 (dan bagi F15 kalo jadi beli) untuk menandingi Su-35 China.

      Pokoke ABR (Asal Bukan Rusia).

      Hapus
  56. kunci untuk membunuh pespur siluman =>>>> radar pengendus irst atau radar yg menggunakan sisten uhf/vhf + radar rudal pencari panas = disatukan dalam satu layar monitor, radar pengendus untuk menampilkan target dan radar rudal pencari panas untuk mengunci target,,,,kalau diluar rudal yg tidak menggunakan sistem radar pencari panas aku pastikan tidak akan bisa mengunci pespur siluman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya udah.. Profesor situngkir..amerika 100 tahun ketinggalan teknologi dr indon.

      Hapus
  57. Sssst

    Mau barat, mau rusia, mau china, mau arab.... semuanya puleen

    Asal jangan negro ajalah

    BalasHapus
  58. Otw bisa buat Pabrik Servis Sukhoi di Asia Tenggara, negara ketiga di dunia yang punya Su 35, sedangkan jiran hamba British masih sahaje tak boleh terbangkan Sukhoi nya kerene tak sanggup maintenance, cume 4 ekor je boleh terbang, sisanye berkarat kat hangar je, begini lah apabila cume beli, beli, beli tak tau cara gune, apalagi bine dan produksi pesawat, tak sanggup lah jiran tu, negara payah tak punya industri pesawat terbang.bilang ugly design tapi dia sendiri gak bisa buat pesawat.

    Seperti gelandangan yang menertawakan orang yang punya rumah,.jiran negara gembel

    BalasHapus
  59. Terbaik @ bung Agra. Untuk Malon peyot dan ompong, Salam 999 tahun plus salam 2055, bahagia selalu menyertaimu πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    BalasHapus
  60. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  61. Off topic.

    "As of 2019, RMAF is not getting any new aircraft, used or even leased ones. The upgrades of its Hercules, Hawks and Nuri fleet remained unclear despite what had been claimed by the previous minister.

    The Army is getting more Gempita like in the previous few years, trucks and 4X4 but not really new stuff. It is unclear whether it is getting the MD Helicopters MD530G light attack helicopter by year end or not despite what the new chief said.

    The navy is scheduled to take delivery of the first of its LMS from China next year. Though with our luck, it will be delayed as well.

    Maharaja Lela at the BNS facility in October, 2018. She is still missing her mast and other items. She is likely rusty after undergoing limited harbour trials.

    Hopefully by March, we will find out more the direction of the national security sector though the outlook is cloudy."

    http://www.malaysiandefence.com/2018-a-year-in-review/

    BalasHapus
    Balasan
    1. delayed, delayed, and...delayed.

      "Maharaja Lela at the BNS facility in October, 2018. She is still missing her mast and other items. She is likely rusty after undergoing limited harbour trials..." ==> huge delayed πŸ˜›

      Hapus
    2. lela..?? koyoo jeneng bakul pecel lelee wae jenenge😁😁

      Hapus
    3. Bukan lela mas, tapi Maharaja LELAH....LELAH menunggu lantaran delay melulu πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dihapus...hwakakkakak..
      Kenapa? Takut?

      Dungu.

      Hapus
    2. lhaa.. malu lahh ada Navy yg kabuurr karena cuma d usir sama police Singapore, waduhhh bebaaall mendunia broo🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  63. ...punya DENDAM apa loe Ntung sama Russia, sampai segitunya ???

    ...nggak ingat apa, ketika Indonesia di Embargo jilid I...dan yang jadi penyelamat untuk MILITER INDONESIA adalah Russia melalui perantara Bu Megawati dan Kabinetnya...

    belum lagi urusan perebutan Papua dari BELANDA, Russia punya andil besar














    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Mungkin akang asep punya jawabnya πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡....."

      http://militermeter.com/taktik-jitu-jet-tempur-israel-mengecoh-rudal-s-300-saat-menyerang-suriah/

      Hapus
    2. Tuh lihat whiskey class belum 20 tahun udah mreteli semua, dipreteli dipakai sparepart , hanya tinggal Kri Pasopati sampai 1990an.

      Tuh lihat Mig yang bejibun tapi sparepart nggak kompatibel satu sama lain, trus pesen sparepart dari sono juga nggak bisa.

      Tuh lihat Sukhoi dan heli Mi kita mesti harus ngungsi dulu ke Belarus.

      Semua alasannya sama : spare partna euweuh....

      Beda dengan F16, hawk maupun Herki kita walau diembargo masih bisa terbang sampai embargo dicabut.

      Hapus
    3. Seharusnya konsep pengembangan AL dan AU yang telah teruji dan terlaksanakan yang menghasilkan pengalaman yang provwn tidak harus kita buang semuanya seiring hilangnya alutsista utama penguji konsep itu dimasa lalu..jadi modernisasi alutsista kita sekarang tak bisa mengikuti konsep modernisasi alutsista philipina,malaysia,brunei,PNG dan negara negara kecil lainnya yang baru merdeka.. Alutsista boleh semuanya diisi dari barat..tapi konsepnya tak boleh bertolak belakang dari apa yang kita telah miliki di awal 60an..

      Hapus
    4. ...mas bro Smile, cuma ada 2 jawabannya ;

      1. Mungkin karena Isroheel telah mengetahui kelemahan S-300 Russia yang dipelajarinya dari S-300 Yunani

      2. Russia seharusnya menempatkan S-400 di Suriah...biar Isroheel nggak macem2

      ...hey Ntung, maka dari itu sekarang Indonesia meminta TOT dibidang PERAWATAN dan SPAREPART pada Russia...tapi Indonesia juga harus menyenangkan Russia, biar sama2 senang

















      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
    5. "Ooooow....maksutnya harus dipasang rudal yg ini ya biar israel gak bisa macam-macam πŸ™…πŸ™…πŸ™…"

      https://jakartagreater.com/jenderal-as-aktifnya-s-400-ancaman-bagi-as-dan-koalisi/

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. Udah dikasi link ☝️☝️☝️, malah gak dibaca sama akang asep
      πŸ™†πŸ™†πŸ™†

      Hapus
  64. Russia takut TNI merampok teknologi su35

    BalasHapus
  65. "As of 2019, RMAF is not getting any new aircraft, used or even leased ones. The upgrades of its Hercules, Hawks and Nuri fleet remained unclear despite what had been claimed by the previous minister."

    "Hopefully by March, we will find out more the direction of the national security sector though the outlook is cloudy."

    http://www.malaysiandefence.com/2018-a-year-in-review/

    BalasHapus
  66. "Seremnya kalo salto begini πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡"

    https://m.detik.com/20detik/detikflash/20181230-181230033/detik-detik-helikopter-penyelamat-jatuh-di-uea---

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...mirip helikopter US Amerika di BLACK HAWK DOWN...











      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
  67. currently SU-35 is the best fighter jet we can get.
    we should be happy because not all states can have it from russian

    BalasHapus