18 Desember 2018

Rusia Minta Indonesia Tunggu Produksi Pesawat Sukhoi-35

18 Desember 2018


Pesawat tempur Su-35 (photo : canacopegdl)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva meminta Indonesia untuk menunggu proses produksi pesawat Sukhoi-35. Sebelumnya, Indonesia telah menandatangani kontrak perundingan pembelian pesawat tempur Sukhoi-35 dengan Rusia.

"Saya tidak dapat memastikan kapan pesawat itu akan tiba di Indonesia karena perlu diproduksi lebih dulu. Akan tetapi semoga kontraknya dapat dipenuhi," kata Dubes Vorobieva di Jakarta, Senin (17/12).

Perundingan untuk membeli 11 pesawat tempur Sukhoi-35 dari Rusia telah selesai dan kontraknya ditandatangani kedua belah pihak pada Februari 2018. Dubes Vorobieva mengatakan ada beberapa masalah teknis yang menjadi kendala, namun kedua belah pihak sepakat hal itu dapat diselesaikan pada 2019.

Dubes yang menyerahkan surat kepercayaan pada Presiden Jokowi pertengahan 2018 itu juga optimistis kerja sama pertahanan kedua negara akan semakin kuat dan Rusia berkomitmen menjadi mitra yang setia bagi Indonesia. "Rusia memproduksi berbagai perlengkapan pertahanan yang apa pun Indonesia butuhkan akan kami sediakan dengan kualitas produk pertahanan Rusia sudah dikenal dunia," kata dia.

Rusia juga mendukung peran Indonesia untuk menjaga stabilitas dan perdamaian dunia yang ditunjukkan dengan memberikan suara bagi Indonesia dalam pemilihan anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB (UNSC) 2019-2020 pada Juni 2018.

Terkait hal itu, secara khusus Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan kampanye Indonesia sebagai anggota UNSC dalam kunjungan ke Rusia pada Maret 2018. "Saya yakin hubungan kita berkembang ke arah yang baik dan kita dapat melakukan lebih banyak lagi untuk meningkatkannya," kata Vorobieva.

(Republika)

141 komentar:

  1. mending upgrade f 16 saja agar jadi setara kayak f 16 viper seperti taiwan
    menghemat anggaran dan nggak ribet seperti pengadaan su 35 ini
    dan juga ada opsi lain untuk mengganti f 5
    bisa beli f 16 viper baru atau beli gripen E/F yang bisa dapet tot banyak, 85% tot bisa dapet tot radar juga, 6 unit bisa dirakit di dalam negeri. pihak saab juga mengijinkan delegasi indonesia untuk belajar membuat pesawat di swedia, dan pihak saab juga mengajak indonesia masuk dalam program gripen NG . nanti bisa bikin gripen E versi indonesia seperti gripen E/F versi brazil yang di buat berdasarkan program gripen NG

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keduanya beda kelas mas..
      Ibaratnya Ertiga 1.4L vs Innova 2.4L..😊

      Hapus
    2. mana yang Ertiga dan mana yang Innova?

      Hapus
    3. satu satunya kendala itu hanya soal pembiayaan
      indonesia maunya setengah itu pake barter komoditas dalam negeri

      Hapus
    4. gripen NG E/F sudah sekelas penempur sedang
      ada radar aesa, IRST dan lain lain, belum lagi kalau ikut program gripen NG yang nanti gripen E/F pesanan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan dalam negeri
      mending beli yang bisa memajukan industri dalam negeri
      dari pada si su 35 yang nggak jelas dan ribet, belum lagi totnya yang pelit

      Hapus
    5. Tettttt..DR detect...hahaha

      Hapus
    6. IFX arahnya bs majuin industri dalam negeri om...hahaha

      Hapus
    7. kan bisa sambil menunggu ifx yang datang tahun 2026, iti sangat lama
      apa harus menunggu ifx jadi Baru bisa memajukan industri dalam negeri
      mending beli yang sudah pasti dapat manfaat banyak
      bisa mempercepat pembangunan industri dalam negeri
      mending upgrade f 16 jadi setara f 16 V ataupun beli gripen E/F sambil ikut program Gripen NG

      Hapus
    8. Apa industri dalam negeri selama ini belum maju om...saya rasa semua berjalan sesuai dengan arahnya om...perihal IFX

      Kecuali kita ngga ada program pembuatan pespur.baru bs d katakan tidak memajukan industri dlm negeri...dr skr smp 2026 kita berproses om....menyiapkan segala hal.manfaat nanti di rasai pas IFX jadi.
      Klo musti beli ngapain beli gripen dpt nya yg E/F
      Mending ambil Viper jng jelas2 ud terbang...hahaha

      Hapus
    9. Eeeh..Gripen E/F kan udah terbang, Meteornya sukses pula...😁

      Hwihihi..

      Hapus
    10. gripen E/F sudah terbang dari dulu, bahkan bisa meluncurkan rudal MBDA Meteor
      f 16 viper masih belum ada kabar pemakaian aktif
      kalau bisa di percepat ngapain nunggu ifx jadi
      mending di persiapkan dari sekarang
      program kfx/ifx juga hanya sampai prototype saja
      nanti berbekal tot dari gripen E/F dan ikut pengembangan gripen NG hasilnya nanti bisa di aplikasikan bersama dengan program ifx yang menghasilkan prototype terus di sempurnakan di dalam negeri
      bayangkan saja hasil program gripen NG plus proyek ifx
      bisa bisa nggak usah nunggu 2030 indonesia jadi negara ekonomi yang sangat kuat
      malah nggak sampai 2026 kita jadi negara industri maju

      Hapus
    11. kalau beli viper mending nanti saja deh
      lagian pihak amerika pelit ngasih tot, terutama radar
      toh program kfx/ifx saja menggunakan radar buatan eropa bukan buatan amerika

      Hapus
    12. mending ngeupgrade f 16 indonesia yang sudah ada jadi setara f 16 viper seperti f 16 nya taiwan
      nanti bisa di upgrade dalam negeri buat nambah pengetahuan mengupgrade pesawat dan merakit pesawat

      Hapus
    13. Waduh...hahhaa
      Maap klo yg ini sy salah ga perhatiin Si gripen...hahaha

      Bahrain aama slovakia beli mas...
      Masa Us pelit mas soal Tot,wkt dl kita beli F16 A/B kita dpt offset loh mas...klo bicara TOT tergantung dr kita nya negosiasi...

      F16 A/B lagi d up tuh mas d dlm negeri,biarpun blom setara Viper,tp nambah pengetahuan...hehehe

      Hapus
    14. ya offsetnya mungkin dapet suku cadang + senjata full combat. tapi kalau tot saya sangat meragukan kalau amerika ngasih tot banyak seperti gripen yang mau ngasih tot radar.
      program kfx/ifx saja pake radar eropa, padahal korsel itu sekutu dekatnya amerika, bahkan hubungan mereka lebih dekat dengan korsel dari pada bahrain dan slovakia, dan akhirnya amrik enggak ngasih tot radar
      kalau disandingkan dengan bahrain dan Slovakia beda jauh dengan indonesia. kita dalam segi geografis saja sudah jauh berbeda.
      bahrain negara kecil tapi kaya, Slovakia emang dari dulu hanya punya mig 29 dan sekarang mau di pensiun kan. dan luas wilayah mereka jga nggak ada apa apanya dibandingkan dengan kita

      Hapus
    15. loh bukannya f 16 A/B di upgrade di amerika ya

      Hapus
    16. Bukannya proses upgrade di IWJ..? 😊

      Hapus
    17. Serius....😱😱😱😱😱

      Hapus
    18. smilinghari21218 Desember 2018 09.16
      Serius....😱😱😱😱😱

      =====
      Iyee...iyeee..
      Gak perlu usung-usung boyongan..
      Fuass....fuaaass..?

      Hwekekekekekek..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    19. Orang dah dibilang beda doktrin..
      Yang satu "mo mbingkil dimanapun hayuk.."
      Lainnya "mbingkilnya mudik sekaligus temu kangen.."

      Sama bagusnya thoo..?
      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    20. Yo bedo...sing kono bingkile wong liyo, sing kene ditandangi dewe πŸ™„

      Hapus
    21. Iwj om kayanya...hahaha
      Ga ko om...setahu saya dl dpt offset kurang lebi 35%
      ...hehehe

      Wujudnya PT Dirgantara Indonesia (PT IPTN) mendapat pesanan untuk memproduksi suku cadang pesawat F-16.

      Hasil produksi suku cadang tersebut kemudian di ekspor PT IPTN ke pihak AS.Ada sekitar lima jenis komponen suku cadang F-16 yang diproduksi PT IPTN kala itu.Total pesanan offset di atas merupakan bagian dari kontrak pembelian 12 unit F-16 A/B Fighting Falcon untuk Skadron Udara 3 senilai US$337 juta

      Pelit ga om Us ? Hehehe
      Yakin om korea cm alasan itu aja ga dikasih item yg lain?
      Bkn karena faktor yg lain...hehehe

      Klo buat geografis justru negara kita lebih vital om di mata Us buat nahan hegemoni china...hehehe

      Hapus
    22. bung @ps IWJ itu dimana ya? πŸ€”

      Hapus
    23. itu mah jamannya pak orde baru yang emang dulunya sangat dekat dengan amerika. dan sekarang semenjak sitrum datang maka semua berubah

      Hapus
    24. Madiun om....iswahjudi
      Hehehe

      Hapus
    25. Madiun mas'e (IsWahJudi)..😊

      Hapus
    26. Hahaha..bs wae om noone...

      Emang sekarang kita jauh ama Us ? Masa sih...hahhaa

      Hapus
    27. Ya jauh lah mas...naek pesawat bisa berapa jam πŸ™„πŸ™„πŸ™„

      Hapus
    28. Ngluluu....πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    29. Wakakkaa...bener om ,ud jauh mahal yak ongkos nya..hahhaa

      Hapus
  2. "..Akan tetapi semoga kontraknya dapat dipenuhi," kata Dubes Vorobieva di Jakarta, Senin (17/12).."

    Aamiin....πŸ˜‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2030 memang jadi dilema buat semua orang....sing arep invest yo mangu-mangu πŸ™„πŸ˜πŸ™„

      Hapus
    2. "piye to...kok rodok molor maneh...iso2 banting stir..poro "mbah2 neng nduwur"njikok gaman alternatif B..(Mbah2 biasane ngawe kejutan...neng tikungan akhir)...pantesan neng indodefence kemarin stand mbah rusia rodho sepi...(kewoco tenan sak iki...)

      Hapus
    3. Niku nek sing paham elmu firasat mbah.....πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      Hapus
    4. Nggih niku mbah...poro fansboy niku namung perhatian kaleh jarane, ning jokine malah mboten digagas πŸ˜₯

      Pak hadi tjahyanto rikolo tesih dados kasau pun mate ngendiko:

      "Niku mangke pesawat sing dipundut, kejawi komplit kalian senjata, asesoris lan simulator...kedah termasuk training ngantos tahap Advanced Weapons Course plus latihan air refueling.

      Supados mboten buang-buang waktu lan biaya...yen pesawate dugi niku pun bener-bener SIAP TEMPUR."

      Menawi sing riyen-riyen rak pilote namung diajari teknik BFM (basic fighter manuvering) thok...njur sanes wekdal mangke kirim pilot malih nggih tumut kursus advanced weapons course.

      Hapus
    5. aq tak koordinasi sek karo poro danyang2 lelembut...poro apikke piye,... ben poro fans ora kuciwo

      Hapus
    6. Nek fansboy niku waton estu enten barange, mboten masalah seje merek mbah πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      Hapus
    7. Jalarane, gadah program pengadaan 3 tipe pespur baru (IFX, SU-35, Viper) niku mboten rasional mbah....

      Hapus
  3. Go Go Su35.. 8 bulan kedepan InsyaAllah sudah mendarat di Indonesia.

    BalasHapus
  4. Drama yang panjang atau birokrasi di kemhan yang berbelit- belit? Jadi ingat drama sinetron " TEESANJUNG 10"

    BalasHapus
  5. Natuna itu kayane mau dibuat one stop fortress ya ? Dari mulai radar, tank, heli, jet tempur, kapal perang pada stay disana.

    Yg terbaru infonya hari ini mau meresmikan pembangunan markas kapal selam baru disana. Mantaappp TNI πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadi saya liht di google.. ternyata selain pelabuhan pelni yg lama selat lampa.. memang ada 2 pelabuhan baru om super disekitar situ.. yg satu mempunyai dermaga berbentuk letter "L" dengan panjang kira2 300 meter dari bibir pantai.. yg satunya lagi pelabuhan hasil reklamasi dengan dermaga berbentuk letter "T" dengan panjang kira2 100-200 meter.

      Kemungkinan kedua2nya milik TNI AL.. karena atapnya warna biru.. haha.. 😁😁

      Hapus
    2. Tadi saya liht di google.. ternyata selain pelabuhan pelni yg lama selat lampa.. memang ada 2 pelabuhan baru om super disekitar situ.. yg satu mempunyai dermaga berbentuk letter "L" dengan panjang kira2 300 meter dari bibir pantai.. yg satunya lagi pelabuhan hasil reklamasi dengan dermaga berbentuk letter "T" dengan panjang kira2 100-200 meter.

      Kemungkinan kedua2nya milik TNI AL.. karena atapnya warna biru.. haha.. 😁😁

      Hapus
  6. Rafale, eurofighter typhoon or F15 SE bisa menjadi opsi tambahan??? Terkadang drama sinetron bila jalan ceritanya menarik penonton akan setia menemani, namun bila drama sinetron episodenya terlalu berlebihan penonton akan merasa jenuh dan jengah juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Too Expensive mas..
      Kalau gak salah harga F15 itu bisa dapet 2 atau 2.5 X F16 makanya kudu tajir bener baru bisa kebeli.

      Hapus
    2. mahal amat
      f 15 se tahun 2010 saja $100 juta dolar satu unit, itupun awal awal peromosi
      dan konfigurasinya semi Stealth meskipun ada internal weapon bay tapi cuma 4 internal hard poin
      dan f 15 di desain nggak sepenuhnya Stealth
      mending beli f 35 lah dari pada beli f 15 SE
      atau kalau mau ya beli f 15 advance eagle

      Hapus
    3. Ooh gitu mas... soale saya lihat table dari defense aerospace ini F15 per unit 160 million USD dan mayan harganya.. malahan Typhoon paling muaaaahaal disini.

      https://qph.fs.quoracdn.net/main-qimg-d02d5dc1cfb0b5b1571b2088ede80bb4

      Hapus
    4. Xixixi...Bung Ss bs wae...
      Maaaa gedebug buk...hahaha

      Hapus
  7. Drama terus berlanjut..krm MoU'nya banyak klausula precedents alias persyaratan yg belum selesai2..he,he..

    Alamat Ada yg bakalan nikung di pengkolan nih..he,he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo su-35 jadi datang ke Indonesia agustus 2019 ada yg berani nadzar ga lari keliling monas setengah bugil😊

      Hapus
    2. Yang mo gerak jalan jogja-jakarta aja melintir terus kalo ditagih janjinya 😣😣😣

      Hapus
  8. Maaf oot,... Knpa ya akhir ini sya blom mndengar israel membombardir israel,... Smua pda tau kn dlu sblum pnmptan s300 hampir tiap minggu ada berita israel membombardir suriah,... Skrang stlah d aktipkn s300 beritanya mlah suriah yg berhasil melacak pswat israel,... Gag kayak bacotnya israel dulu mau mnghancurkn s300 sangat mudah mana bktinya,.. Pswat mau lewat aja sdah masuk jngkauan s300,,, mngkin dia lg hti hti soalnya jika rusia dpat sekali hit f 16 pun produk amerika bklan hancur pasarannta apa lagi yg ke srempet lontongnya s300 adalah f 35 hbis sdah pamor f 35,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener juga sih hehehe

      Gimana S400 yak ? Pantesan China Arab Saudi dan Turki ngebet beli meski infonya Turki diembargo pengiriman F35nya.

      Hapus
    2. Edan opo...."israel membombardir israel" πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Bisa aja bro kalo menurut teori konspirasi dgn tujuan yg lebih besar efeknya.

      Hapus
  9. Israel modelnya kayak malingsial banyak koar" tp faktanya nol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maklum om satu rahim dr fuckingham...hahaha

      Anak pertama Us,anak kedua Australi,anak ketiga israel

      Anak pembantu kerajaan beruk malon

      Itu silsilahnya om...hahaha

      Hapus
    2. What !!!? Kehkehkehkeh, bikin AQ dobel minum kopi di pagi iniπŸ˜€

      Hapus
    3. Ya mau ngatain Israel ompong silahkan. Faktanya Israel udah 2x menang perang padahal mereka di 2 perang itu dikeroyok 3 dan 9 negara Arab yang disokong Uni Soviet. Kalo emang ompong kok Israel masih eksis dan bikin semua tetangganya takut padahal semua tetangga Arabnya selalu koar-koar mau binasain Israel?

      Kalau Israel mau hancurin S-300 mungkin mereka bisa-bisa aja. Mereka punya beragam trik dan teknologi buat ngelakuin hal macam itu. Tapi terakhir kali SAM rusia dikerjain Israel Putin bete dan kirim S-300 karena ngerasa Israel bikin SAM Rusia keliatan jelek. Pertanyaannya apa Israel mau permaluin Rusia? Apa Israel mau resikoin S-400 dengan kru dari Rusia dikirim ke daerah sana? Apa Israel mau ngerusak hubungan baik mereka dengan Rusia?

      Hapus
  10. (ngopi & makan camilan sambil nonton show..)

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚..πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Singkong rebus ama kupi item,plus udud...mantab om....hahaha

      Hapus
    2. Rokoke model Klobot sisan.. biyuh biyuh... πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
    3. Mantaaap..

      Monggo dilanjut lho mas super, silahken...silahkeen..😁

      Qiqiqiqi...πŸ˜‚

      Hapus
    4. 🏳️🏳️🏳️🏳️🏳️🏳️.....🀧🀧🀧....😭😭😭😭😭

      Hapus
  11. Ini web udah sama seperti web legend jkrtgreater bro.. Cuma disini bedanya pro barat,berbanding di web sebelah

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Why Idiot INDONS need SU35 if they have their IFX that used TONG-TONG 400HP piston Type Engine?

    BalasHapus
    Balasan
    1. (ada bencong cari perhatian neeeh..)

      Hwakakakakakk..πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. gak tentaranya gak rakyatnya abis buat masalah kaborrr....wuuussssshhh...sambil tampang muka beruk mengkered...😁😁

      Hapus
  14. Masuk lagi Lady boy from beruk Malon πŸ˜€

    BalasHapus
  15. Hari ini peresmian pangkalan kapal selam d natuna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Man tull. Tapi armada ks kok tetap kurang ideal yaπŸ™„

      Hapus
    2. Idealnya emang gimana mas'e..?

      Hapus
    3. Armada ks plannya cuma 8 buah. Pengadaan srasa lambat Mase. Kurang greget gitu.

      Hapus
    4. Bikin KS emang lama lho mas'e..

      Plan KS 8 ekor itu kan sampai MEF-3.
      Setelah MEF rampung kan tetep dipatok 12 KS..😊

      Hapus
  16. Tambah pengadaan Mig 35 utk 4 skuadron lengkap dng persenjataan dan radar, pengadaan baby falcon utk 3 skuadron lengkap dng persenjataan dan radar,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gripong seri NG ? Pokoknya yg 1 engine mas lebih hemat biaya operasionalnya.

      Hapus
    2. mig 35 boros banget
      lagian cari suku cadang di Sukro agak susah juga
      dapet tot ya juga susah

      Hapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Kalau baca di Detik sih tahun depan rasanya bakalan beneran dibeli alutsista yg banyak karena :

    - Target setahun 2018 APBN dari penerimaan negara bukan pajak (PNBP) Rp 275 Trilyun, sementara Realitanya sampai Sept 2018 sudah Rp 281 Trilyun (masih ditambah Oktober - Dec 2018 yg belum dihitung).

    - Efek Export batubara, minyak, gas alam yang lagi booming (plus terakhir sawit juga dapet green light).

    Infonya menurut pengamat ekonomi dari total APBN (dari Pajak dan non Pajak) tahun 2018 diprediksi melebihi target Rp 45 Trilyun.

    Lumayan seng penting masih bisa bayar utangan,.. hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin buat beli tank harimau banyak sama bayar tagihan program kfx/ifx

      Hapus
    2. Tagihan lainnya banyak mister...😊
      Dan yang jelas bisa bayarnya, gak kayak yang gemborin grade A tapi ga bisa bayarin kontrak simulator kapal..

      Qwikikikikik..πŸ˜‚

      Hapus
    3. Iku simulatore yen merek TRANSAS...le tuku neng nggonku πŸ€”

      Hapus
    4. Pengamatnya salah ngamatin itu mas. Pengamat amatiran. Sampai saat ini kita masih defisit jauh kalo utk penerimaan negara dr pahak maupun bukan pajak.

      Hapus
  19. Jadi curiga....ini berita pasti setingan semacam vicky gerebeg rumah elga πŸ€”πŸ€”πŸ€”

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam "dunia abu2" semua bisa terjadi,...

      Hapus
  20. kuncinya ada pada rusia bukan di indonesia, indonesia pasti ya sabar2 aja sebab dengan sistem barter ya jelas sangat2 menguntungkan indonesia' trus apakah rusia mau kehilangan proyek pengadaan 11 unit su-35s indonesia???? dr 11 unit akan ada tambahan 5 unit menjadi 16 unit, rusia butuh proyek ini agar ekonomi mereka bisa bertahan dr tekanan2 negara yg anti rusia jd rusia tak akan lepaskan proyek ini, trus apakah indonesia takut sanksi catssa???? indonesia sudah terbiasa dengan sanksi asu jd apa yg ditakutkan??? asu jg membutuhkan proyek2 pengadaan alutsista indonesia yg jumlahnya menggiurkan jd indonesia tau bahwa asu tidak akan sebodoh itu untuk memberikan sanksi catssa kepada indonesia hanya karena pengadaan 11 unit su-35,,,,statemen dubes rusia ini hanya untuk menangkal provokasi2 media yg butuh berita panas untuk bahan tulisannya πŸ˜‰πŸ˜Ž

    BalasHapus
  21. INGAT TARGET PENCAPAIAN JUMLAH PESPUR MEF III 2019-2024 HARUS TERCAPAI 180 UNIT, REALISASI MEF II TERCAPAI SAMPAI SAAT INI HANYA 20% DARI TARGET YANG ADA ITUPUN F16 REFURBISHED!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. fix nambah FA 50 saja
      bisa sampe tumpeh tumpeh pespurnya

      Hapus
    2. Nggak usah nge gas, pakai hurup kapital semua, nanti tetangga pada denger

      Hapus
    3. sabar mas...😁😁.. nanti jg bakal indah pada waktunya...

      Hapus
  22. owwh ini sich hanya bunga2 berita sahaje haha!😍😍😍

    pada kenyataannya, isu diatas berbanding terbalik dan hasilnya sangat positip sekali haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    welkam su-35, hore haha!πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul om.. supaya tetangga selatan dan utara tidak rewel ngadu ke paman sam.. jadi pemberitaannya seolah2 batal atau berbelit2 padahal sudah tahap produksi.. πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
    2. iyo mogo2...ojo lali tetep nyuwun karo gusti allah,...

      Hapus
    3. aminn mawon
      semugo sido temen full kombat

      Hapus
    4. @PG ternyata masih banyak yg belum move on ya om..wkkwΔ·k

      Hapus
    5. salah satunya bisa dikatakan seperti ituw om bagaz haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      mnurut inpo a1, semua berjalan mulus taon ini. bahkan melebih ekspektasi guwe yg marenan. pokonya cem operasi alpha jaman baheula euy haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      Hapus
    6. nyoih om tupz, gpp biarin aza, kesian kan, guwe sich ckp tersenyum haha!😊😊😊

      Hapus
  23. kalau kontrak pembelian SU-35 itu debenarnya sudah ditandatangani, di dalam kontrak tersebut memuat pembayaran dengan sistem imbal beli komoditi Indonesia yg harus dibeli oleh Russia sebagai pembayaran, penawaran komoditi inilah yg belum disepakati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makan cabe ya bro? biar bisa masuk tentara..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. 2055 malon tempatan makan dedak...karna icerd bikin malon tempatan macam tikus tikus got di kl....😁😁

      Hapus
  24. hehehehehehe...Rusia enggak BUTUH beras dari poor Indon! Putin kasihan sama rakyat Indonesia yang tak cukup makan jika beras dijual ke Russia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang beli kita kenapa ente ikut urus? Iri huh...?

      Hwakakakakak..πŸ˜‚
      Urus tuh simulator kapal ente..πŸ˜›

      Hapus
    2. Hati2 aseng singapore mengadu domba indonesia dan malaysia, karna memang keinginan aseng2 itu orang indonesia dan malaysia tidak akur.. Kalau bisa pribumi Indonesia dan Malaysia itu bermusuhan.. Bodoh..miskin dan malas.. Itu mau nya aseng

      Hapus
    3. rusia jg gak bakal kasianin malon...manusia tampang beruk munafik gak bakal dapat mudah dr rusia...negri bangktaf pulak.. mkm malon bengap sudah... singapork mudah sangat bantai malon....😁😁😁

      Hapus
  25. Balasan
    1. Dadi uwong ki mbok pinter bersuyukur....sing momen wes tembus 100 mas 😏

      Hapus
    2. kata dia berasa pinter...pinter ditengah beruk beruk malon saya setuju...😁😁😁

      Hapus
  26. Balasan
    1. Iri lagi!!

      Simulator rosak..πŸ˜‚
      http://www.malaysiandefence.com/expired-simulators/

      Hapus
    2. Yaappps.. sabah serawak AKAN merdeka menyusul singapura dan Brunei.. !! sokong SSKM..!!!! πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

      https://m.facebook.com/sskm4borneo/

      Hapus
    3. Salam 4 Sukhoi mkm bro...queen hanggar abadi

      Hapus
    4. dan malon siap2 biasakan hidup kat rimba karna icerd bakal bikin malon tempatan makin terbelakang....😁😁😁

      Hapus
  27. F-16 V kans kuat pengganti su 35. Malon jgak akan lagi...akan lagi bankrup terus ATM nya, terbukti belanjawan berkurang terus, tak bisa berbuat banyak d usik Apache dan drone rsaf. Dasar Mental curut tetap 2055

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin...semoga lekas terwujud πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

      Hapus
    2. Ngamini sing bab opo kuwi..?
      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  28. Smiling dan tukang ngitung senang sama berita kaya ginian. F16Viper oke juga tuh utk menambah armada pespur tni au tp kalau su35 di batalin jelas skali bangsa dan negara ini mudah didikte dan tidak mempunyai kedaulatan dalam bidang pertahanan. Mau beli kok takut sama uncle sam? Inilah mental soeharto kalau bung besar sihh amerika ke neraka aja kalau main dikte mendikte

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menko ra pandak...njur keloro-loro πŸ™„πŸ™„πŸ™„

      Hapus
    2. Maaf mas hari.. artinya apa
      Menko ra pandak...njur keloro-loro ?

      Hapus
  29. Rusia Minta Indonesia Tunggu Produksi Pesawat Sukhoi-35 yang lain2 disini minta dibatalinlah beli f16V buat gantiiinlah beli gripen lah situ sehat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rusia gak minta kita nunggu produksi su35, melainkan, si ibu dubes om kapitang haha!🀣🀣🀣

      Hapus
  30. Antara Sukhoi-35 TNI AU dan Daya Gentar
    Su-35 diputuskan oleh Kemhan serta instansi terkait untuk menggantikan pesawat tempur F-5E Tiger II yang telah bertugas selama 33 tahun. Pemilihan pesawat sebagai kandidat pengganti F-5E TNI AU dimulai dengan menilai berbagai jenis pesawat tempur modern, diantaranya pesawat tempur Sukhoi Su-30 MKI, F-15 SE Silent Eagle, Eurofighter Typhoon, F-16 E/F Block 60/62, Rafale-B, F-18 E/F Super Hornet, Sukhoi SU-35 Flanker dan JAS-39 Gripen NG.
    Semuanya adalah pesawat tempur modern generasi terbaru generasi 4.5 yang secara kasar diperkirakan memenuhi kriteria sebagai pesawat tempur strategis TNI AU, baik karakteristik umum pesawat, performance, persenjataan, dan avionics pesawat tersebut. Semuanya melalui analisa mendalam terkait dengan aspek operasi, tehnis dan non tehnis.

    Kemudian dilakukan perbandingan kemampuan pesawat yang menjadi kandidat pesawat tempur strategis. Semuanya calon diukur, apakah memenuhi kriteria penilaian yaitu, pesawat jenis multi roleminimal generasi 4.5, mampu menjangkau sasaran strategis dengan radius of action jauh, baik sasaran permukaan dan bawah permukaan, mampu melaksanakan misi pertempuran siang dan malam hari segala cuaca, memiliki radar modern dengan jangkauan jauh, mampu melaksanakan network centric warfare, perawatan mudah, peralatan avionic, navigasi dan komunikasi modern yang tersandi, peralatan perang elektronika pasif dan aktif serta memiliki kemampuan meluncurkan senjata konvensional, senjata pintar dan senjata pertempuran udara jarak sedang atau beyond visual range.
    Juga dibandingkan kemampuan kandidat dalam hal kecepatan, ketinggian operasional, kemampuan tinggal landas, kemampuan jangkauan radar, kemampuan combat radius of action dan kemampuan agility pesawat (tingkat kelincahan manuver dan kecepatan reaksi pesawat untuk bertindak menyerang dan bertahan terhadap situasi baru tanpa penundaan waktu). Juga dilakukan analisa aspek aeronautic yang meliputi enam katagori yaitu ; usia perawatan air frame, engine, biaya perawatan, biaya operasi, dan perbandingan usia pakai.
    Dalam bidang avionic, konfigurasi yang human machine interface, ketersediaan dukungan suku cadang, tingkat kegagalan, publikasi pemeliharaan dan operasional, kehandalan, teknologi, populasi dan kemudahan pemeliharaan. Dari sisi aspek non tehnis meliputi : tinjauan politis terkait kebijakan pemerintah, transfer teknologi, tingkat ekonomis, perbandingan dengan kemampuan pesawat yang berpotensi menjadi calon lawan, perkiraan biaya operasional nyata, kesulitan dan kemudahan pengadaan serta yang terpenting kemampuan menghasilkan efek detterent atau penggentar.
    TNI AU mengajukan ke Mabes TNI dan kemudian pembahasan selanjutnya serta keputusan penentuan tentang pesawat yang dipilih masih berada di pihak pemerintah yang diwakili Kementerian Pertahanan. Dari beberapa jenis pesawat, kini sudah diputuskan pemerintah Indonesia aakan membeli Sukhoi-35BM.

    Proses pembelian sukhoi su35 ini panjang dan berliku dari masa pemerintahan sby sampai masa jokowi dan final sudah diputuskan pembelian su35 tp masih saja ada negara dan orang tertentu yg mau halang halangangi pembelian ini kontrak sudah di tanda tangani. Kalian mau menjegal atau mau apalagi? Jangan mendikte pemerintah lahh maha benar nitijen dan segala nyiyirannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bodrek ku edhi too yoo?...mbokkee obatku endhi!......

      Hapus
    2. Qiqiqiqi..
      Ngelu, kedawan mas'e..?πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Astaga...gak nyongko tenan aku, mas@PS jebul 😱😱😱

      Hapus
    4. nak komen ojo dhowo2 ...padat berisi sing penting...nak kedhawan...susah cernane...malah dadhi sembelit mengko

      Hapus
  31. ...intinya IFX dan F-16 Indonesia...kalau TANPA Su-35 Flanker E itu sama dengan RONGSOKAN
















    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  32. Bukannya SU35 udah nyampe IWJ? kemaren kan sampe ada suara2 aneh di langit pantura.

    BalasHapus
  33. Ternyata ada nitizen yang kampanye hitaam menjelek jelakan produk rusia apakah mereka bagian dari proxy war ataukah sales yang gagal move on ketika pemerintah memutuskan membeli su35 rusia. Dan segala upaya kampanye dan agitasi negatif utk akuisisi sukhoi family ternyata simpatisan barat dan use banyak di forum ini goreng trus utk berita dan informasi yg ngawur dri kalian. Semoga kepentingan nasional membuat kita semua bersatu atau jangan2 kalian bagian dari membela kepentingan barat di Republik ini. Dan juga Sadar mas mas yang egosentris kedaerahan yg ngomong bahasa jawa di forum ini forum nasional tolong lah bahasa indonesia di pakai biar ng salah paham.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini Indonesia bung, bukan Rusia!

      Pake ngomong bahasa jawa itu untuk kode supaya tidak dipahami oleh malon.

      Hapus
    2. Saya bukan fansboy tapi saya akan sedikit memberikan sedikit doktrin pagelaran alutsista TNI AU
      TNI AU menganut konsep first & second tier
      Second tier meliputi LIFT & COIN
      First tier meliputi hi & Lo
      Hi yaitu heavy fighter dengan role air superiority dimana dual engine walaupun light / medium fighter serta ground attack otomatis masuk hewhe fighter seperti F5 Tiger di eranya
      Lo yaitu light / medium fighter single engine role workhorse
      Dalam doktrin TNI AU jumlah workhorse wajib 3 kali lipat air superiority

      Hapus
    3. Berarti TNI AU sangat US minded dalam doktrinnya. Bisa bikin fansboy Rusia sakit hati

      Hapus
    4. Betul bumg
      Tempelengin aja si Ntung itu bung lek sek nganggo boso jowo...xicixicixi

      Hapus
  34. bukan kampanye hitam tp CIA kesiangan, bacotnya kagak laku2 πŸ˜„πŸ˜†πŸ˜‹πŸ˜›πŸ˜œπŸ˜

    BalasHapus
  35. ya CIA banyak merekrut orang pribumi indonesia untuk menjelekkan produk rusia, mengobok obok pengaruh rusia di indonesia trus jg mengobok obok keamanan indonesia agar memperlambat kemajuan dan kemandirian indonesia agar terus bergantung pada produk asu dan antek2nya' bila terus indonesia bergantung pada asu dan antek2nya otomatis asu dan antek2nya bisa terus membuat indonesia tunduk pada asu dan antek2nya, berbagai modus dilakukan untuk menjalankan misi mereka,,,ya namanya cari rejeki/uang menurutku sah2 aja jd kaki tangan CIA, tp kalau boleh aku bertanya apa kagak ada cara lain mencari rejeki selain jd kaki tangan CIA yg jelas2 dr dulu telah mengobok obok negara ini????
    dr dulu asu dan antek2nya hanya memberi penderitaan dan menggerogoti kekayaan indonesia,,,,Ya saat ini banyak CIA kesiangan alias kaki tangannya asu, tp sayang bacotnya kagak laku2 πŸ˜ƒπŸ˜‚πŸ€£πŸ˜†πŸ˜‹πŸ˜›πŸ˜œπŸ˜

    BalasHapus
  36. Bonus cashback setiap hari jumat bersama Anapoker
    agen judi online terbesar dan terpecaya di indonesia
    dengan minimal deposit hanya 10 dan proses cepat paling lama 3 menit!
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang!!

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  37. J P S P O K E R Menyediakan Permainan Poker Judi Online Seperti Berikut : (Poker, Capsa, DominoQQ, Ceme, Super Teen, Ceme Keliling, Omaha)

    - Bonus New Member Rp. 10.000
    - Minimal Deposit / Withdraw Rp. 15,000.-
    - Bonus Refferal 10%
    - Bonus Rollingan Mingguan 0.3% - 0,5%
    - Proses Deposit / Withdraw 3Menit

    Baca Juga Di Tonton Video jav dan Video Semi kami :
    http://jpsmovie,me (pakai titik yah )

    - Pelayanan Dari Customer Service Yang Cantik Tentunya Sopan Dan Ramah, Hanya di jpspoker dan , Online 24/7 Jam
    - Dijamin Tidak Ada Robot Di Dalamnya 1000% Player VS Player
    Kalau Ada Yang Bisa Berikan Lebih Kenapa Harus Cari Yang Lain!!

    Contact Us
    - Livechat : J P S POKER
    - LINE : jpspoker
    - Whatsapp : +82370836863
    - YM : JPSPOKER

    Support Bank J P S Poker :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    Posted by : J P S POKER . LIVE

    BalasHapus