14 Desember 2018

Bakamla Luncurkan 3 Kapal Patroli 80 Meter

14 Desember 2018


Ka[al patroli 80m Bakamla (photo : penanegeri)

Perkuat Kemanan Lalu Lintas di Perbatasan, Bakamla Luncurkan 3 Kapal Patroli

BATAM, KOMPAS.com - Badan Keamanan Laut ( Bakamla) RI kembali meluncurkan tiga kapal patroli karya anak bangsa yang dikerjakan PT Citra Shipyard, Tanjung Uncang, Batam, Kamis (13/12/2018). 

Menariknya, nama ketiga Kapal Negara (KN) ini diambil dari nama pulau terluar Indonesia, yakni KN Pulau Nipah 8001, KN Pulau Marore 8002, serta KN Pulau Dana 8003.



Kapal Patroli ini berspesifikasi panjang 80 meter, lebar 7,90 meter, tinggi 14,4 meter dengan kecepatan hingga mencapai 22 knot, dan memiliki mesin penggerak 2 unit MAN/18VP185TM.

Plt Deputi Operasi Laut Laksma Bakamla Guntur Wahyudi mengatakan, pembangunan tiga unit kapal patroli Bakamla kelas 80 meter ini tentunya memiliki makna yang sangat strategis bagi industri pertahanan dan keamanan nasional. 

Hal ini bertujuan untuk menjaga kedaulatan wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.



Tak hanya itu, hal ini juga membuktikan bahwa putra-putri bangsa Indonesia mampu melaksanakan tugas sesuai dengan fungsi penyelenggaraan industri pertahanan dan keamanan, yaitu mengembangkan teknologi industri perkapalan yang bermanfaat bagi pertahanan, keamanan, dan kepentingan nasional lainnya. 

"Keberhasilan pembangunan kapal ini juga menjadi bukti kemampuan putra-putri Indonesia untuk memberikan kontribusinya dalam penguasaan bidang teknologi perkapalan nasional," kata Guntur, Kamis (13/12/2018). 

"Sekaligus salah satu solusi konkret dalam mengurangi ketergantungan dari negara lain terkait dengan pengadaan kapal patroli di masa yang akan datang," kata dia menambahkan.


Desain kapal patri 80m (image : Terafulk)

Ketiga kapal ini, nantinya juga diharapkan mampu meningkatkan kekuatan dan kemampuan Bakamla RI, khususnya bagi kebutuhan unsur operasional dalam mengemban tugasnya melakukan patroli keamanan dan keselamatan. 

Selain itu, kehadiran kapal ini juga menjadi bagian penting dalam mendukung terwujudnya negara Indonesia sebagai poros maritim dunia. 

"Dengan penambahan tiga kapal ini, saat ini bakamla memiliki 10 kapal patroli," pungkas dia.

(Kompas)

37 komentar:

  1. Balasan
    1. desainer nya

      http://www.terafulk.com/index.php?r=project

      Hapus
    2. itu disainernye satu manajemen gak ama bang ipan gee(ndut)haha!😁😁😁

      Hapus
    3. Nice..biar lebih meladeni CG asing yg kurang di ajar..beraninya sama kapal yg kecik..nih hadapi yg Gede2...hehehhehee

      Hapus
  2. Balasan
    1. 50 ℅ boss saham ane.. πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    2. Penyelesaian kapal patroli OPV Bakamla 80 meter sebanyak 3 unit ini adalah termasuk Program Prioritas Pembangunan Pertahanan Wilayah Nasional.

      Yang termasuk Program Prioritas Pembangunan Pertahanan Wilayah Nasional lainnya adalah terlaksananya pembangunan 18 unit kapal oleh Kemenhan sebagai sarana deterrent.

      Hapus
    3. 18 unit di 2019 itu prediksi saya :
      2 light destroyer / heavy AAW fregat
      4 PKR Sigma
      4 korvet Sigma
      2 OPV
      2 MCM
      3 KCR 60
      1 Klewang

      Terlaksana berarti bukan semuanya selesai lho (hanya ada 4 yang selesai di 2019 : 3 KCR, 1 klewang)

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat dan sukses BAKAMLA mengawal perairan Indonesia..

      Hapus
  4. Kalo bakamla dibekali senjata apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pasti :
      Meriam air
      SMB 12,7 mm

      Ke depannya :
      Meriam 57 mm
      Rudal hanud point defense

      Dalam keadaan darurat perang :
      Ditambah rudal anti kapal dan torpedo

      Hapus
  5. Disawang sawang koyo kelas diponegoro(sigma) bentuke

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngarepe iyo mirip..body keblkng bedho mas...nak bakamla iki kurang mulus bodyne...ora clean akeh pernik2 bolongan...mungkin fungsinya ben iso nginjeen maling secara BVR..trus ben smilir angine

      Hapus
    2. menyesuaikan Tupoksi koyoe mas.
      gawe SAR kambe ngunduh maling, cuma lek didelok kok gaonok hanggar'e. sakne heli, kudanan karo kepanasan. hihihi


      Hapus
  6. KN PULAU NIPAH 8001 setronkkk haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    wowww, baru guwe singgung td om tupz, uda nongol lg haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    ini adalah pulau yg kita reklamasi dari 1 hektar jadi 50 hektar hore haha!

    cekidot: menit 4:20 πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

    Laptop SI Unyil - Pengamanan di Perbatasan RI
    https://www.youtube.com/watch?v=vKJ435RxhWw

    BalasHapus
  7. Semi Stealth design, radar dan meriam plannya pake apa kang sulur ?

    BalasHapus
  8. Aq cuma ngeri bhn lapisan lambung kpl iki...wis dilapisi baja tebel pora yaa? Amargo treen konflik antar kapal sak iki adu senggol.lan.cium2man...

    BalasHapus
  9. kali ini pt citra shipyard yg kebagian proyek bakamla oke ocehπŸ‘πŸ‘πŸ‘

    DPR RI - KOMISI I DPR RI DORONG PT CITRA SHIPYARD HASILKAN KAPAL
    NARSUM : MEUTYA VIADA HAFID / Wakil Ketua Komisi I DPR RI / FPG / Dapil SUMUT I, haha! 😍😍😍
    https://www.youtube.com/watch?v=H90GfVak75g


    setaon 3 bijik, nilai kontraknya mayanlah..615 milyar rupiah saja wooww haha!😱😱😱
    sapa yg mo ngikut tender mari masyuk dimari euy haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

    http://lpse.bakamla.go.id/eproc/lelang/view/75713;jsessionid=6RDKgcFbRbIHfaEx6Ky5mEV6A2YdvNYN89ZbR4E3

    BalasHapus
    Balasan
    1. gatau insiden apa enggak sih, semenjak pengejaran KIA oleh KRI dihadang oleh Coast Guard Cino & Viet yg gede gede. Bakamla mulai make kapal sekelas corvette buat tugas.

      Hapus
    2. Yoi, bakamla akan punya banyak kapal gede termasuk hibahan sekelas frigat dari AL nanti di tahun 2024.

      Hapus
    3. sukanya kok barang2 hibah.. daripada hibah mending buat yg 110 meter 6 unit lgi... yg 80 meter 6 unit lagi. Ini yg dimaksud VS kan hibahnya..?? model kapalnya jadul sudah waktunya dipurnatugaskan.. jngan dipaksa2 nanti tenggelam..

      Hapus
    4. kyknya ukuran segini lg tren, opv kosgart ostrali juga ukuran 80m, kelas arafura, haciimmmm kok kayak kenal ini nama yak haha!🀧🀧🀧

      makin gde buat ngimbangin kapal2 pelayaran umum yg lbh gde lg cem kapal pelayaran yg py tonase berkali2 lipet cem kapal kontener, tanker.
      kapal2 kosgart ukrn gini aja kliatan kecil, apalagi yg 40m, begh kesian loh liatinnya,destro aje ko disundul haha!😁😁😁

      Hapus
    5. taruhlah jika 3 unit 80 meter berharga RP 660 miliar kalau 6 unit berarti Rp 1,3 triliun..

      sedangkan jika 2 unit kapal 110 meter berharga 600-700 miliar, kalau 6 unit berarti kira2 Rp 2,1 trilliun.

      Jadi anggaran yg dibutuhkan BAKAMLA kurang lebih Rp 3,4 trilliun untuk 12 kapal tambahan ukuran 110 meter dan 80 meter.

      Hapus
    6. kalau kapal tanker dan kapal kontainer beri tembakan peringatan juga nurut.. belajar dari bajak laut somalia.. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜πŸ˜.

      Hapus
    7. 110 meter udah ada 1 biji
      80 meter udah ada 3 biji


      Gimana kalo hibahan VS 6 biji.

      Plus kapal ini yang mau dibangun 6-7 biji lagi, plus kapal 110 meter tambah 3 biji lagi.

      Jadi :

      1 + 3 + 6 + 6 + 3 = 19 biji

      Atau

      1 + 3 + 6 + 7 + 3 = 20 biji

      Hapus

    8. kalau menurut saya sih.. mantep mending dipensiunkan saja tuh VS.. jadikan museum di surabaya atau jakarta, atau Batam supaya masyarakat pada mengerti sejarah seluk beluk dan prestasi VS selama mengabdi menjaga laut Indonesia. Toh kita blm punya museum kapal perang seperti AS, Jepang,.. Umur tidak bisa dibohonhi mbaaahh.. ngk usah dipaksakan.. 😁😁

      Mantep tambah 6 unut 110 6 unit 80 meter.. haha.. !! ya.. yaaa... yaaaa...

      Hapus
  10. Mantap... saking banyaknya kapal yg dibeli.. sekali launching langsung 3 unit... mirip kapal training taruna AL lalu yg sekali launching ramean πŸ˜€

    BalasHapus
  11. kesian malaysia kena buli singapura

    BalasHapus
  12. Hati-hati dengan 🐷 Aseng unknown, dia cina yang tinggal di NKRI, tapi dia suka pura-pura menjadi orang Malaysia dan menghina NKRI.
    Dia suka bekerja sama dengan 🐷🐷 Aseng yang lain seperti mat rempit, agung sundawaru, Bagas Amri, si tua bangang dan 🐷 🐷 Aseng yang lain dengan pura-pura saling mem-bully.

    BalasHapus
  13. Dilengkapi ddengan peluncur roket dan drone yg dipersenjatai, bom laut antisipasi ada kapal selam dan jauh dari KRI supaya bisa hadapi kapal selam maupun kapal perang yang menyusup

    BalasHapus
  14. Ugly Design.

    Poor quality.

    Dont buy Indons made very poor quality.

    BalasHapus
    Balasan
    1. malon miskin..


      poor malon aka malay blo on...


      punyak hutang tp gak pernah bayar..

      malon people kebayakan munafik...😁😁😁

      Hapus
    2. oiya bner emg, jgn beli klo ga ada duwit haha!πŸ’ΈπŸ’ΈπŸ’Έ

      mending rajin PHP ama tempel stiker haha!πŸ“›πŸ“›πŸ“›

      Hapus
  15. Salam grade A yg tercirit, 4 mkm, 5 hawk, 6 horney. Senang lembik 2055.🀣

    BalasHapus
  16. Bonus cashback setiap hari jumat bersama Anapoker
    agen judi online terbesar dan terpecaya di indonesia
    dengan minimal deposit hanya 10 dan proses cepat paling lama 3 menit!
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang!!

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus