01 Desember 2018

Kemhan Lakukan Uji USV Tahap 2

01 Desember 2018


Uji coba USV tahap 2 (photo :Kemhan)

Uji Dinamis Kegiatan Rancang Bangun Mission Control System Kapal Permukaan Air Tanpa Awak (Unmanned Surface Vehicle/USV) Tahap 2

Surabaya - Balitbang Kemhan dalam hal ini yang terkait Puslitbang Iptekhan melaksanakan uji dinamis rancang bangun mission control system kapal permukaan air tanpa awak (Unmanned Surface Vehicle/USV) tahap 2 di Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya, Jawa Timur. Uji dinamis rancang bangun mission control system kapal permukaan air tanpa awak (Unmanned Surface Vehicle/USV) tahap 2 disaksikan oleh Ses Balitbang Kemhan Laksma TNI Ir. A. Budiharja Raden, Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, Komandan STTAL Laksma TNI Ir. Avando Bastari, Kabid Dager Puslitbang Iptekhan Kolonel Chb Achmad Agung Santosa, S.E., M.Sc., Kabagdatin Set Balitbang Kolonel Inf Fatih El Amin, S.IP., M.Si., staf PT. Infoglobal Teknologi Semesta, para pejabat di lingkungan TNI dan Kemhan, serta tim uji dinamis dari PT. Infoglobal Teknologi Semesta dan personel yang terkait.

Kegiatan diawali sambutan oleh Ses Balitbang Kemhan Laksma TNI Ir. A. Budiharja Raden, pembacaan doa, dilanjutkan uji dinamis rancang bangun mission control system kapal permukaan air tanpa awak (Unmanned Surface Vehicle/USV) tahap 2 dari tim PT. Infoglobal Teknologi Semesta dan terakhir evaluasi hasil pelaksanaan uji dinamis rancang bangun mission control system kapal permukaan air tanpa awak (Unmanned Surface Vehicle/USV) tahap 2.


USV yang duji coba tahap 1 skala 1:10 (photo : Kemhan)

Pelaksanaan uji dinamis rancang bangun mission control system kapal permukaan air tanpa awak (Unmanned Surface Vehicle/USV) tahap 2 ini adalah hasil kerjasama antara Balitbang kemhan dengan PT. Infoglobal Teknologi Semesta yang telah melaksanakan uji dinamis rancang bangun mission control system kapal permukaan air tanpa awak yang ke-2. 

Uji fungsi rancang bangun mission control system kapal permukaan air tanpa awak telah dilaksanakan pada tanggal 5 Nopember 2018 dan uji partial telah dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2018. USV merupakan sebuah wahana tanpa awak yang dioperasikan pada permukaan air. USV dikendalikan otomatis dengan memberikan perintah-perintah seperti waypoint melalui ground control.

Tujuan dari uji dinamis ini untuk mengetahui seberapa jauh fungsi dari peralatan yang sudah dipasangkan di dalam wahana maupun yang berada di dalam sistem kontrol kapal permukaan air tanpa awak (USV). USV dapat dikendalikan dan dipersenjatai dengan rudal, senapan mesin ataupun torpedo. USV bergerak secara autonomous dengan menggunakan sistem navigasi yang menggunakan algoritma waypoint dan dengan menggunakan remote control. 

USV selain sebagai pengawasan juga dapat digunakan untuk kapal riset, pertahanan dan pencegahan. Pemanfaatan USV untuk menjadi kapal riset sudah dilakukan di beberapa negara, sebagian besar melakukan penelitian di sungai maupun laut lepas secara otomatis sehingga mereka hanya mengolah data yang dikirim dari USV ke ground control.

(Kemhan)

70 komentar:

  1. Pasti nanti ada yang komentar plastik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. "Pindah kene: woalaaaaah, temenan to ujare mas @PS wingi, yen mesir kuciwo mundut helikopter alligator seko rusia....👇👇👇"

      https://www.jejaktapak.com/2018/11/29/amerika-setuju-jual-10-apache-ke-mesir-ada-apa-dengan-k-52-rusia/

      Hapus
    3. Pindah akting..?
      Hwekekekekek..😂😂😂

      Hapus
    4. Gimana mau beli part semua perusahaan ruski kena embalgo capcay akhirnya gado2 juga

      Hapus
  2. Plastik mesin tong tong..imaginasinya cuma nyampe segituan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Level isi otak beruk semenanjung memang cuma sampai segitu broo...

      😁😁😁

      Hapus
    2. Mereka seperti itu kerana mereka iri dan dengki bro

      Hapus
    3. mereka tuh biasa tukang pamer harta dan kekayaan. eh sekarang dah tahu negaranya bangkrut dan tak punya kepakaran apa apa. jd pada stres sendiri. disisi lain jiranya sudah bergerak maju dan banyak pamer prestasi...😁

      Hapus
  3. Disini ada yg tau ngk KS Nuklir Amerika dengan penggerak pump jet dari kelas apa ya..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bwahhahahaa.. serius ini om smili...😂😂

      Hapus
    2. tadi iseng2 mata2in Amerika dari google maps..😂😂.. ternyata galangan kapal Amerika Bath Iron Works, yg sudah menciptakan ratusan kapal perang dari berbagai jenis untuk US NAVY sejak PD I.. termasuk Belasan penjelajah ticonderoga class, puluhan destroyer Arleigh burke, dan terakhir membuat 3 destroyer zumwalt class.. tidak lebih besar dari PT PAL.. ini salahnya dimana ya PT PAL..?? wkwkwk.. ayo dong ciptakan destroyer.. 😁😁

      Hapus
    3. Dan satu lagi yg membuat saya penasaran.. k3napa kebanyakan pangkalan AL amerika dibuat di hulu sungai..?? pangkalan Norfolk di Virgina.. pangkalan kapal selam Kings bay dan New London semuanya dibangun dialur sungai. apakah air tawar bisa berpengaruh terhadap body atau baja kapal.?? semisal menghambat korosi atau mencegah karang2 laut nempel..?

      Hapus
    4. Disono atau dibelahan eropa lainnya, alur sungai dan muaranya cukup dalam mase...jadi mereka ga perlu ngurug laut kalo mo bikin galangan atau pelabuhan, seperti di negara2 litoral yg perairan dan alur pelayarannya dangkal.

      Ini juga membuktikkan kalo laju erosi yg terbawa arus sungai hingga muara, di negara2 yg umur batuannya tua, tingkat erosinya cukup rendah...tidak seperti di negara2 yg umur batuannya masih tergolong muda, seperti di asia tenggara

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Kita bisa bandingkan delta (muara) sungai, spt di surabaya atau muara2 sungai di india (vs muara sungai dibenua eropa, amrik) yg laju pendangkalannya sangat tinggi...dadi nak repot, yen delo2 kudu nyedot lumpur, kamongko ragate larang bro 😫😫😫

      Hapus
    7. dlu bapake saya ampir saja menang tender nguruk selat sunda. bayangin klo ampe menang.. udh sugihhh bneraann syaa🤣🤣😎😎

      Hapus
    8. Tujune luput yo mas....😂😂😂

      # eeeh, smapeyan digoleki @kaliboy mas, rep dijak ngedrop neng mbulak rante

      Hapus
    9. ohh.. weess kapok ak om @hari, wedi d angkut garnizum maneh, mklum lahh komplek kono "wingite" koyo opoo.. pangkat pundak kabeh😱😱😵😵

      Hapus
    10. Eitsss ojo kliru mase...iki ngedrop sembako pesenane ibu-ibu komplek kono 😂😂😂

      Hapus
    11. pantes kok sungai di amerika lebar2...kalau di Indonesia mirip seperti Teluk Balikpapan sampai pesisir timur kalimantan dan papua bagian selatan dari merauke sampai sorong mase.. sungainya lebar2 dan dlm..

      Btw...di pangkalan KS US NAVY di Kings bay.. saya melihat ada gundukan tanah seperti rumah teletubbies mas smili.. apakah itu tempat penyimpanan hulu ledak nuklir atau rudal antar benua berbasis kapal selam SLBM Trident ya..??? karena ditata sedemikian rupa..

      Hapus
    12. Sabar mas...sesuk tak tilikane mrono 😂😂😂

      Hapus
    13. haaah.. mana bisa mase..?? wkwkwkwk...google street view saja ngk bisa masuk ke sono.. 😅😅😅

      Hapus
    14. jika terjadi perang dengan Rusia dan China.. mungkin t3mpat itu menjadi salah satu sasaran pertama yg wajib dihancurkan.. 😁😁..

      Hapus
    15. Gmn mau bikin pangkalan d sungai mas bro, lawong sungaine d ttup waring iso iso nyantol

      Hapus
  4. Kalau aku akan komen fiber glass lebih drpd plastik pak, baru keras mendunia seperti klewang.haha.gurau aja.

    Btw aku dr dulu mengikuti berita ttg kehilangan jatah satelit oleh militer indon akibat tidak bayar sewa sehingga boleh memudaratkan abiliti NCW (komunikasi dan perang eletronik) terutamanya kapal2 tni al.takkan la kamu mahu lihat tni al makin jauh ketingalan (LAGI) dgn tetangga2 kerana angkatan tentera singapore,malaysia dan thailand sudah lama membangunkan kebolehan NCW.malah kapal2 angkatan laut singapore,malaysia dan thailand jauh lg bnyk dan moden dgn pembangunan terkini (order dan dlm pembinaan) dibanding dgn tni al yg masih guna kapal usang dan ompong yg bnyk nk dipensiun tp masih tiada pengganti.

    Source:

    https://m.detik.com/inet/telecommunication/d-4062120/lalai-bayar-sewa-satelit-indonesia-didenda-rp-278-miliar

    Rupanya bnyk daj satelit indon yg tk bisa beroperasi dan dampaknya kapal2 tni al buta.ok kd sifirnya mudah:

    Kapal tni al buta+usang+ompong= jauhhhhh ketinggalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bwahahhahahaaaa...saudaraku setanah air.. silahkan kubur hidup2 beruk malons satu ini.. 👆👆

      Hapus
    2. Biarin aja mas, ntar ada berita pas tau-tau udah operasional kan mencret sampek pingsan dia...😂😂😂

      Hapus
    3. Terserah muntung munyok malon aja dah yang bego loe-loe juga

      Hapus
    4. Silakan hantar kapal malon yg modern dan canggih itu lon,kedah class ompong keh,handalan class tua keh,Scorpene yg tak boleh selam keh,kapal peti kemas KD BUNGA LIMA lapok or KD MERAJALELA ompong tiada sensor dan Missile itu keh,itu keh yang ko kata kapal2 ompong malon dan lapuk tuh ada NCWnya wkwkwk...melancap dan mimpi sahaje kerja ko tuh lon,sana makan dedak lg wkwkwk

      Hapus
    5. Malaysian defence assets worst in Southeast Asia, says Mat Sabu

      In terms of our navy, air force and others in Southeast Asia, we are at the bottom.

      “Vietnam is far ahead, Indonesia is on top while Malaysia is the lowest.

      “It is embarrassing right now for us (on the international stage), but I will work to make Malaysia great again, number one again,” said Mohamad during the Ministers’ Question Time in the Dewan Rakyat, on Thursday.

      However, it remains unknown for now as to whether Mohamad was referring to the quality of the assets, quantity or service level.

      Globalfirepower, a website which assesses the military strengths of countries, in its ‘2018 Military Strength Ranking’ ranked Malaysia in fifth out of nine countries in Southeast Asia, ahead of Philippines, Singapore, Cambodia and Laos.

      https://www.nst.com.my/news/nation/2018/08/399753/malaysian-defence-assets-worst-southeast-asia-says-mat-sabu

      Poor malon..

      Hapus
    6. Berita yang sangat memalukan.. Karena kapal banyak yang sudah lapuk dan usang askar malaysial kalah dengan nelayan vietnam.

      Insiden “kehilangan” kapal ronda pihak penguatkuasa Maritim Malaysia di Sedili tempoh hari semasa cuba menahan nelayan Vietnam yg mencerobohi perairan Malaysial menimbulkan banyak tanda tanya.

      Bagaimana bila berhadapan dengan hanya nelayan Vietnam mereka boleh “hilang” ?



      Tidak mungkin mereka begitu lemah. Berita dari sumber “dalaman” yang bolih dipercayai menyatakan kebanyakan kapal serta boat ronda Malaysia begitu usang berusia lebih dari 40 tahun sehinggakan senang rosak.

      Sudahlah kapal usang selalu bermasalah, radio alat komunikasi pun senang rosak hingga tidak bolih memanggil bantuan dalam situasi kecemasan. Itu lah sebabnya mereka dilaporkan hilang.

      Bagaimana pula jika mereka berhadapan dengan Navy tentera negara asing yang bersenjata dan beralatan canggih ?

      Inilah realiti yg sudah lama di hadapi pihak keselamatan Maritim Malaysial. Berita yg sudah lama kita ketahui adalah peruntukan minyak untuk rondaan pun tidak cukup



      https://malaysiadateline.com/kelemahan-penguatkuasa-maritim-di-lautan-negara/

      Malon sangat memalukan..

      Hapus
    7. Wakakak...malon makin ngaco dan kalap komentnya...tiada pembelian sampek 2055

      Hapus
    8. mereka tuh biasa tukang pamer harta dan kekayaan. eh sekarang dah tahu negaranya bangkrut dan tak punya kepakaran apa apa. jd pada stres sendiri. disisi lain jiranya sudah bergerak maju dan banyak pamer prestasi...😁

      Hapus
  5. Skala 1:10 kalo proto 1 m berarti jadinya bakal 10 m pas aja muat di cargo kri tinggal pasang remotenya. Yang lain makin ketinggalan....

    BalasHapus
  6. tolong masukin sistem gyro, penempatan pergerakan bobot dan desain (agar kapal mudah berputar spt semula).. kalau kapal terbalik, otomatis balik lagi spt semula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo model trimaran gitu justru sangat susah (gak mungkin) utk dipasang fitur yg bisa membalik sendiri saat terbalik mas kun...🤗

      Hapus
    2. ohh jangan model trimaran. ada kapal desain khusus dan ada teknoloi terbalik kembali semula. ada youtube..

      Hapus
    3. https://www.youtube.com/watch?v=Y2i1fOJ-itw

      Hapus
    4. Iku rak usv ne model trimaran mase....coba di zoom.

      Kalo yg bisa balik sendiri biasane diangge karo tim SAR pantai

      Hapus
  7. sistem membalik semula, otomatis bisa melaju menembus ombak besar di laut luas tanpa rintangan. tidak perlu menggunakan kapal lebih besar untuk menembus ombak besar/death..

    BalasHapus
  8. https://www.youtube.com/watch?v=Y2i1fOJ-itw

    BalasHapus
  9. Hebat Indonesia tidak cuma UAV tetapi USV pun di kembangkan karena perang masa depan tidak harus dengan kapal besar, dengan USV inipun sudah cukup menenggelamkan KD Maharajalela yang ompong karatan😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahkan untuk melubangi Scorpane malon supaya bisa tenggelam hihihihi..

      Hapus
    2. "Yoi bro....tiap pagi berlatih tenaga dalam, biar gak tenggelam kalo dilubangi 😎😎😎"

      https://youtu.be/2bsIdD_-Ulw

      Hapus
    3. Wkwkwk...putrajayapun boleh diletupkan dari USV nih bro

      Hapus
  10. "Ono sing wes gak sabaran ketemu bojo...isih gelantungan neng parasut, wes pesen gojek 😂😂😂"

    https://youtu.be/peJYohM2NbU

    BalasHapus
  11. Malaysia juga segera uji kapal tanpa awak sejenis. Tiada yang berkesan teknologi ni. Banyak negara ada kepakaran termasuk malaysia. Tak patut lah dibanggakan. Wkwkwkwkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cakap bolrh lon...bukti takde...mulut bencong lu lon 😂😂😂

      Hapus
    2. "Mulut besar kau lon, mana ada wargamu yg terbiasa latihan tenaga dalam seperti ini 👇👇👇"

      https://youtu.be/2bsIdD_-Ulw

      Hapus
    3. malon dungu tuh biasa tukang pamer harta dan kekayaan. eh sekarang dah tahu negaranya bangkrut dan tak punya kepakaran apa apa. jd pada stres sendiri. disisi lain jiranya sudah bergerak maju dan banyak pamer prestasi...😁

      Hapus
    4. Yang lagi trending di malon sekarang pamer bini muda mantan model lagi. Ayo laki2 malon kawin lagi sudah di contohin maharaja tuh....

      Hapus
    5. Itu org indon lah.. Tutur malaysia bkn camtu.

      Hapus
  12. "Kakehan cangkem sirait
    kae...😤😤😤"

    https://m.dream.co.id/amp/news/knkt-lion-air-jt610-pakai-aoa-hasil-perbaikan-bukan-baru-181130e.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. lion sama boeing lg cari salah2an.. moga2 semua janji santunannya bener2 terealisasi lah yaa.. amienn.
      Btw itu B 737 max 8 rencana yg akan menjadi nex platform pesawat maritim P8 Posidon, mengantikan seri yg lama.

      Hapus
    2. Bukane 737-700 series mase...🤔

      Btw, soal jt-610 kemarin emang kompleks masalahe, tapi gak layak juga lion mau nuntut knkt segala...wong rekomendasi itu sifate utk perbaikan, bukan menghukum

      Hapus
    3. nek yg skrg yaa memang pke platform 737 700 klo yg rencana kedepannya yg pke seri Max.. lupa sy baca d mna. klo ngasih link aq ga iso, amergo kurang gaptek digital/IT ga iso ambil link.
      klo pribadi sih aq lebih senang pke platform Airbus A320 Neo MPA, jeroannya eropa/Thales yg saya rasa lbh familier sm TNI

      Hapus
    4. Tapi rak saiki, radare cn-235 mpa lan 737 surveiller ganti pake buatan telephonics...mungkin bagian komitmene amrik ndukung posisine RI neng natuna

      Hapus
    5. Lion itu tolol banget. .Kerosakan tidak dibaiki, tp kata dibaiki.. Pesawat tidak fit untuk terbang,dipaksa juga untuk terbang..

      Hapus
    6. Malaysia air maskapai paling tolol sedunia, pesawat hilang tanpa jejak karena menjadikan teroris asal malon sebagai kapten kapal dan jadi mangsa misil dari pada rusia malon tak bisa berbuat apa2 raja tololnya malah kawini miss rusia bahahahaha...

      Hapus
    7. lebih tolol mana hina barang plastik tp di beli jg...ketololannya ge belah sonoan lagi...dasar beruk malon😁

      Hapus
  13. usv bonefish made in Lundin mantap banget.. kok tak ada kabar lagiiiiii

    BalasHapus
  14. Bonus cashback setiap hari jumat bersama Anapoker
    agen judi online terbesar dan terpecaya di indonesia
    dengan minimal deposit hanya 10 dan proses cepat paling lama 3 menit!
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang!!

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus