22 Desember 2018

Purwarupa Kedua N219 Sukses Uji Terbang Perdana

22 Desember 2018


Purwarupa pesawat kedua N219 melaksanakan flight test untuk pertama kalinya, Jumat (21/12/2018). (photos : PT DI)

BANDUNG, KOMPAS.com – Purwarupa pesawat kedua N219 melaksanakan flight test untuk pertama kalinya, Jumat (21/12/2018). 

Uji terbang dilakukan oleh pilot perempuan, Captain Esther Gayatri Saleh selaku Chief Test Pilot PT Dirgantara Indonesia (DI). Dia didampingi oleh Captain Ervan Gustanto sebagai first officer (FO). 

“(Uji terbang ini), jauh lebih baik dari sebelumnya. Ada improvement lebih besar di sini. Salah satunya flight control improvement”, ujar Esther dalam keterangan resmi, Jumat (21/12/2018). 

Purwarupa pesawat kedua N219 ini take off dari Bandara Husein Sastranegara pukul 07.50 WIB dengan lama penerbangan sekitar 20 menit. 

Pesawat terbang di atas Waduk Saguling, Kabupaten Bandung Barat menuju ke arah Sukabumi, kemudian mendarat dengan baik pada pukul 08.10 di Bandara Husein Sastranegara. 

Kepala Divisi Pusat Teknologi PT DI, Palmana Banandhi menyatakan, pihaknya menggunakan dua prototype pesawat untuk mempercepat proses sertifikasi uji terbang.



Kedua pesawat tersebut memiliki misinya masing-masing. Purwarupa pesawat pertama N219 Nurtanio akan menjalani serangkaian pengujian yakni menyelesaikan pengujian performance dan structure test. 

Sedangkan purwarupa pesawat kedua N219 Nurtanio akan digunakan untuk pengujian system test, seperti avionic system, electrical system, flight control dan propulsion. 

“Dengan penggunaan dua prototype sebagai wahana sertifikasi uji terbang, maka seluruh kegiatan flight test bisa dioptimalkan karena tidak hanya bertumpu pada satu pesawat. Ini memungkinkan bisa tercapai type certificated di 2019”, tutur Palmana. 

PT DI juga menyiapkan 2 purwarupa lainnya untuk fatigue test dan static test. PT DI akan melakukan 3000 cycle fatigue test untuk bisa mendapatkan type certificated di 2019. 

Setelah mendapatkan type certificate, dimulailah tahapan produksi untuk mendapatkan production certificate.



Dengan demikian, 2019 nanti, pesawat pertama N219 siap dan laik memasuki pasar. Hingga kini ada beberapa calon launch customer, salah satunya Pemerintah Daerah Kalimantan Utara. 

Pada awal produksi akan dibuat 6 unit pesawat N219 dengan menggunakan kapasitas produksi yang saat ini tersedia. 

Selanjutnya, PT DI akan melakukan upgrading fasilitas produksi dengan sistem automasi pada manufacturing, sehingga secara bertahap kemampuan delivery terus meningkat sampai mencapai 36 unit per tahun. 

Pesawat N219 Nurtanio diharapkan menjadi solusi distribusi logistik yang terintegrasi, efektif dan efisien, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Video Pilihan 

(Kompas)

52 komentar:

  1. yg sabar, jgn terburu2, utamakan keselamatan haha!😎😎😎

    BalasHapus
  2. Yang saya khawatirkan bukan pengembangan pesawatnya, sy lebih khawatir terhadap Regenerasi Test Pilot PT DI, sejauh ini keberhasilan pesawat2 buatan PT DI sukses d kawal oleh Test Pilot Ibu Ester Gayatri Saleh. Sebelumnya kita mengenal Alm Capt Erwin danuwinta yg jg test pilot PT DI.
    Selamat Hari Ibu utk ibu tangguh Capt Ester Gayatri Saleh semoga kemampuan ibu d turunkan ke srikandi2 udara Indonesia berikutnya. Amien..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ngga salah sdh dipersiapkan oleh PT DI regenerasi pilot tester, salah satunya anggota TNI AU

      Hapus
    2. Ohh.. sipp klo bgt, tq mas @jack bwt infonyaπŸ‘πŸ‘πŸ™πŸ™

      Hapus
  3. Ayo PT DI setelah N-245 persiapkan quantum leap N-2140 untuk tulang punggung dinas angkutan udara militer TNI AU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar.. Sabar.. Semua akan indah pada waktunya.. Mari kita dukung terus dengan doa dan upaya yang baik.

      Hapus
  4. beruk malon makin tersiksa je batinnya..😁😁 iri dan dengki sdh jadi bagian dr beruk malon.. seperti beruk malon dibawah ini..😁😁😁

    BalasHapus
  5. Setelah mendapatkan certificate dan masuk jalur produksi, berarti PT,DI harus meningkatkan kapasitas produksi dr yg ada skrng di tahun keduanya. Menambah tenaga kerja.
    PT. DI akan semakin sibuk lagi nantinya jika jalur produksi IFX sdh dimulai. 48 unit dpt diselesaikan dlm brp tahun.? Jng sampe begitu pesawat ke 40 yg lg proses produksi malah teknologinya sdh tertinggal karena lamanya jalur produksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 tahun yang akan datang si N 245 dan Rai R80 akan datang bro
      setelah itu si IFX juga akan datang

      Hapus
    2. semua itu butuh proses mas bro
      nggak bisa langsung

      Hapus
    3. ...kalau nggak ada halangan, KFX / IFX secara RESMI akan diproduksi massal pada tahun 2026















      ...Xixixixixixi :D

      Hapus
  6. Jayalah PTDI
    Jayalah TNI
    Jayalah NKRI..

    BalasHapus
  7. Saudara-saudaraku kaum muslimin waspadalah dengan babi-babi Aseng yang banyak berkeliaran di forum ini. Mereka kerjanya hanya berusaha untuk mengadu domba negara kita dengan Malaysia. Ini beberapa 🐷 Aseng yang pura-pura sok nasionalis
    1. 🐷 Aseng mat rempit
    2. Babi Aseng Bagas Amri
    3. Babi Aseng pembasmi beruk Malon
    dll

    Sedangkan 🐷 Aseng yang pura-pura jadi orang Malaysia diantaranya ialah babi Aseng unknown
    Hati-hati dengan mereka, jangan sampai kaum muslimin di Indonesia ini mengalami nasib seperti kaum muslimin uygUyg yang kini sedang dibantai bangsa babi cina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdh minum obatnya? Kl lagi kumat nggak usah koment😈

      Hapus
    2. Fansnya si hulaihi yg ternyata pro k Sono jg. Ketipu lu...babi schmidt πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    3. begitulah yg disebut penghianat bangsa....😁😁😁

      Hapus
  8. Tapi kok pesawat kita delay lama ya, harusnya masa orba itu sudah ada yang terbang dan dipakai militer maupun sipi 😭😭😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. dananya mas bro
      selain itu masa orba kita sudah bisa bikin si cn 235
      terus datang n 250 tapi nggak jadi karena ada krisis asia

      Hapus
    2. Karena dikebiri sama IMF om.
      IMF gak mau negara kita maju.

      Untungnya waktu massa tahun 2005an IMF sdh ditendang dari Indonesia.

      Hapus
    3. Ini mas azzariel kayaknya kelahiran 2000an.jd nggak tau sejarahnya PT DI

      Hapus
    4. "Karena kita dikebiri sama IMF om"

      Situ aja kale...gua mah ogah mase πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. Kita !!!
      Lo aja kaleeee.....

      Hakhakhak 🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  9. Very Ugly Design.

    Poor quality

    Flying Coffins

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruk malaysial ugly

      Stupid and idiot

      No capability to built plane

      Kih kih kih

      Hapus
    2. Beruk malon tak punya kecakapan dan kepandaian tuk buat pesawat, sebelum negara kau terbentuk kita sdh buat pesawat duluan, nyuk

      Hapus
    3. Awas kau, malu termakan omongan sendiri.
      pemerintah negara malaysia berminat beli pesawat N219 ini.

      Tank scorpion malon kaupun akan dipensiunkan, sebagai gantinya pemerintah malon akan beli tank harimau pindad.

      Hapus
    4. muka lo ugly like rosmah....😁😁😁

      Hapus
  10. Beruk malon sempat mau jebak IPTN untuk kerjasama pembiatan pesawat jet pribadi NMX, desain dibuat di IPTN tetapi pesawat dibuat di malasial. IPTN tidak mau karena itu sama saja ngasih blueprint ke malasial secara murah akhirnya rencana tsb gagal dan proyek NMX berakhir di prototype untuk uji angin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah berita menarik ini, bagi linknya om?

      Hapus
    2. Lanjut jendral..mari kita bahas..😁

      Hapus
    3. Linknya sdh mati om bersama web majalah angkasa, nanti saya ubek ubek dulu

      Hapus
    4. Cuma dapat ini linknya...http://angkasareaders.proboards.com/thread/617/pesawat2-buatan-pt-di

      Hapus
    5. Bang, kalau abang search di google dgn keyword iae nmx-1 disitus linkedln ada orang PT DI yg pernah megang proyek nmx-1 siapa tau bisa korek info

      Hapus
    6. soal NMX sih, terakhir saya tau batal bro proyeknya.
      Conflict of interest antara Malaysia selaku pendana dan PT DI selaku Designer.
      Malaysia ingin dibuatnya disana full, jadi itu seolah2 "Pesawat Malaysia".
      Sedangkan PT DI ingin dilibatkan lebih lanjut, pembuatan sparepart, serta perawatan juga ada yang dilempar ke Indonesia.
      Ada juga yang bilang investor malaysia nya bangkrut, dan nunggu investor Canada.

      kalo di websitenya aeronimbus sih katanya 2012 baru masuk production line
      http://www.aeronimbus.com/
      Jadi ga tau ini masih jalan atau ga. Mungkin sih lagi tahap prototyping dan sertifikasi FAA ini sumbernya http://m.forum.detik.com/dephan-mendapat-tawaran-pengadaan-ranpur-dan-pesawat-jet-buatan-dalam-t134605p2.html

      Hapus
    7. NMX..? Kok kaya bunyi merk sepeda motor

      Hapus
    8. Untung aja dinamain nmx kalau mmx lbh parah lagi bang

      Hapus
  11. Waktu gw naik krl-i sempat ketemu dan berbincang dgn satu beruk malon, dia bertanya ke gw apakah kereta ini ada masinisnya gw jawab ada dengan congkaknya dia berkata di malasial kereta mereka sdh tdk menggunakan masinis, mendapatkan jawaban yg songong akhirnya gw balikkin omongannya dia, di indonesia kereta yg tdk ada masinisnya ada di TMII buat mainan anak anak dan kereta yg anda naikki saat itu adalah kereta buatan inka indonesia, si beruk malon terdiam ngga bisa ngomong dan akhirnya turun di sebelum stasiun yg dia tuju.

    BalasHapus
  12. ...ada 3 PENJAJAHAN Indonesia terhadap Malayon Beruk ;

    1. Indonesia menjajah Ekonomi Malayon Beruk

    2. Indonesia menjajah Militer Malayon Beruk

    3. Indonesia menjajah Industri Musik Malayon Beruk




















    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  13. Ugly design. Not safe

    I may rather choose Douglas DC3 and Sherpa Short 23 plane than this Indons design. Poor quality and looks ABNORMAL which is for sure design by Mongoloid Idiot Indons!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ASEAN Tahu Malays satu ni adalah beruk tukang HOAX je... 😁😁😁

      Hapus
  14. Memangnya TUDM bisa apa nerbangin DC-3,TNI AU malah biasa nerbangin pesawat begituan di FASI. Malon goblok bisanya onani sama mabok doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mongoloid idiot ? Semoga akan menimpa anak turunmu nanti hai kaum malon pendengki.

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Poor Indon! buat kapal terbang plastic, tapi rakyat kelaparan sampai berjuta sanggup jadi Pendatang Haram untuk cari makan di Malaysia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Icerd jadi dihapus... Bagio dan keluarga jd pembantu dan pendatang jd tuannya..😁😁😁

      Hapus
  17. Poor Malon! buat kapal terbang plastic, tapi rakyat kelaparan sampai berjuta sanggup jadi Pendatang Haram untuk cari makan di Indonesia

    BalasHapus
  18. Good design. Very safe

    I not prefer to choose Douglas DC3 and Sherpa Short 23 plane than this Indons design. Very good quality and looks Recommended which is for sure design by Smart Master!

    BalasHapus
  19. Comfortable Design.

    High quality

    Flying like NASA plane

    BalasHapus
  20. sebagian malays yg simpaty Indonesia. sangat menentang komentar bodoh di buat unknown myms dan beruk bagio...sangat memalukan...

    ASEAN sangat prihatin dengan perilaku primata malon seperti itu..😁😁😁

    BalasHapus
  21. haloo saya mau memberi tau nih agens128 dan Anapoker
    adalah agen terbaik dengan pelayanan nya 24 setiap hari non stop , dan untuk deposit dan withdrawnya
    paling lama hanya butuh waktu 3 menit saja dan sekarang juga bisa menggunakan ovo dan juga go-pay tidak ada kan pelayanan seenak dan secepat ini hanya di sini loh
    buruann join agens128 dan mainkan permainan baru vivo slotnya

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus