11 Desember 2018

Tiga Skadron Jet Tempur IFX Bakal Memperkuat TNI AU

11 Desember 2018


Pesawat tempur KFX (photo : BMPD)

Bila proses pengembangan jet tempur multiperan buatan Korea Selatan dan Indonesia KFX/IFX berjalan lancar, maka kelompok pertama jet tempur generasi 4.5 ini akan memasuki masa dinas aktif untuk AU Korea Selatan (ROKAF) pada 2026. Menyusul kemudian Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) juga akan mendapatkan IFX.

Saat jumpa pers sosialisasi hasil PDR (Preliminary Design Review) program jet tempur KFX/IFX yang diadakan PT Dirgantara Indonesia di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta hari Kamis lalu (6/12), redaksi AR sempat menanyakan jumlah yang akan dibeli TNI AU kepada Heri Yansyah yang menjabat sebagai Program Manager KFX/IFX PTDI.

“Berdasar MoU, TNI AU akan mendapatkan sebanyak tiga skadron,” ujar Heri.

Disebutkan, satu skadron jet tempur IFX akan berisi 16 pesawat, berarti total sebanyak 48 IFX akan memperkuat sayap TNI AU.

“Seluruh pesawat IFX nantinya akan di produksi oleh PTDI,” tambah Heri menandaskan.

Berdasar informasi yang beredar, pabrik Korea Aerospace Indonesia akan membangun sebanyak 120 KFX untuk ROKAF atau berkurang dari rencana sebelum yakni 130 unit. Jet tempur KFX didapuk untuk menggantikan posisi jet tempur gaek ROKAF yakni F-5E/F Tiger II dan F-4 Phantom II.


Pesawat tempur IFX (photo : BMPD)

Tiga skadron dan opsi dua skadron pengganti Hawk

Lalu bagaimana dengan TNI AU sendiri? Dikutip dari lama resmi tni-au.mil.id, disebutkan bahwa dalam program pembangunan kekuatan (Probangkuat), TNI AU berencana menambah tiga skadron tempur baru termasuk penambahan dua skadron pesawat angkut, satu skadron helikopter, dan dua skadron pesawat tanpa awak (PTTA).

Selain ada kebutuhan untuk mengisi tiga skadron jet tempur baru tersebut, saat ini TNI AU juga tengah mempertimbangkan untuk mencari pengganti armada jet tempur ringan multiperan keluarga Hawk 100/200 buatan BAE Systems, Inggris.

Sebagaimana diketahui, Hawk 100/200 saat ini masih menjadi andalan Skadron Udara 1 di Pontianak dan Skadron Udara 12 di Pekanbaru.

Pada 2026 nanti, jet tempur Hawk 100/200 akan memasuki masa dinas tiga dasawarsa. Tersiar kabar calon penerus yang ditimang-timang sebagai pengganti di antaranya adalah Saab Gripen dari Swedia, F-16 Viper dari AS, dan FA-50 dari Korea Selatan.

Tentunya, peluang ini juga juga terbuka besar untuk IFX bila jet generasi 4.5 ini tersedia tepat pada waktunya.

(AngkasaReview)

86 komentar:

  1. Video dogfight sukhoi sudah adakah πŸ˜ͺπŸ˜ͺπŸ˜ͺ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di pilem "steatth" ada mase...
      Ada aksi dogfight sama SU-37

      Kalo saya lebih suka lihat pilem "behind enemy lines" yg F18 dihajar SAM serbia.

      Hapus
    2. Yang real gitu lho...πŸ˜ͺπŸ˜ͺπŸ˜ͺ

      Hapus
    3. ada mas ini real dog fight
      https://www.youtube.com/watch?v=KspGI1TzXUY

      Hapus
    4. Ono mas..tpi ora tak sebar ah...untuk meredam situasi konflik lbh mendalam, antar fans..

      Hapus
    5. Tak simpen neng server mak lampir...ben aman

      Hapus
  2. "Minggirminggir, xpander mau lewat 😎😎😎"

    https://m.detik.com/oto/mobil/d-4338087/pramugari-garuda-diantar-xpander

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tumpakane enak yo mas...πŸ˜‹

      Hapus
    2. Mentul-mentul mase...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Fastinya mas'e..😘
      Enyak..enyak..πŸ˜‹

      Hapus
    4. Koyo wes tau nganter pramugari wae....😏😏😏

      Hapus
    5. #expander'e kok mas'e...πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

      πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    6. Perih mase yen kelingan rikolo semono...pendak ndarat tak antar jemput, jebul gor dianggep konco 🀧🀧🀧

      Hapus
    7. Cie...ciee...πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  3. jayalah indonesia..

    yg tidak suka sama kemajuan indonesia, silakan masuk tempurung saja.. hahahaha

    BalasHapus
  4. aduhhh viper bisa gagal dong,,,ckckckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Viper dkk bakal deal duluan sebelum KFX masuk inventory..😎

      Kerenan mana, kombo KFX-Viper atau KFX-Gripen E/F..

      Hwihihihi..😁

      Hapus
    2. Yen aku si ABS wae lah...πŸ˜ͺπŸ˜ͺπŸ˜ͺ

      Hapus
    3. (asal ra ono si kamerad)

      Qiqiqiqiqiqi..

      Hapus
    4. Paling sing dikirim blok 50/52

      Hapus
    5. Yo ra popo tho mas'e, asal 'setara Viper' => "F-16 Block 70ID" hweihihihi...😁

      Hapus
    6. Gw sih berharap Viper yah..
      Sudah familiar broh pilot2 kita pake enembelas.

      Tapi kalau mau grippen ya monggo aja.. yg jelas secara politik jadi lebih enak kedepannya kalau kita mau beli barang2 state of art amerika kalau akhirnya beli Viper... yg kodenya FNY kalo bisa Vipernya.

      Hapus
    7. Weeeee...wong FNY ki produk silangan jerman kok dibilang produk amrik 😏😏😏

      Hapus
    8. Weh beda yg ini mas.. FNY Froduction of New York.

      Amrik iki mas.. Amrik...

      Hapus
    9. Wah @rs baru nongol neh, sibuk panen sawit bang��

      Hapus
    10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    11. Sok grapyak πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†....ben ditepungke adine @RS πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Halah...Modus klasik πŸ˜ͺπŸ˜ͺπŸ˜ͺ

      Hapus
    12. Tak kiro adine RS wis mbok embat om hari

      Hapus
    13. Lha wong pendak ketemu gor gegeran wae karo kakange 😫😫😫

      Hapus
    14. F-16v di masa depan sudah ketinggalan zaman om om ....ganti design yg baru napa..... Promo viper canggih biar jalur produksinya jalan terus ...sekarang aja ngap ngap jalur produksi 16 viper

      Hapus
    15. Modele tinggal 2 oom
      Viper atau Grippen.. model Grippen yo sama rada jadul bentuknya meski keluaran baru oom.. typikal gen 4.

      Apa banyakin Sukhoi aja ? πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    16. Ya Pengganti hawk 100/200..iya IFX sudah...

      Hapus
    17. https://jakartagreater.com/kenapa-as-tak-bisa-lagi-andalkan-f-22-raptor/

      Hapus
    18. Ehem, lebih baik Indonesia pilih F-35 aja. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

      Hapus
  5. pesawat lapuk berbahan dasar plastik, PTM malassia gen 6 pun lebih canggih dari ifx plastik indonesia, bahkan USA pun siap mengimpor PTM Gen 6 untuk armada US Air Force

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, kalo emang benar mau diwujudkan sih gpp. Tapi kayakkay gak mungkin.

      Hapus
  6. sek.sek..sek...!!! saya pahami dulu tulisan diatas.. akan ada 3 skudron baru dan 2 skudron pengganti hawk.. jadi total 5 skuadron dong..?? πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€..

    3 skuadron baru isinya viper, 2 skuadron pengganti hawk tinggal milih gripen atau tipun atau si elang..?? haha.. atau malah viper semua yaa... biar mudah dlm perawatan.. jiiiiaaaaahhh.. 😁😁..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiga skuadron baru lak KFX 48 kuwi mas'e..
      Plus 2 skuadron pengganti Hawk dengan calon trio kwek-kwek itu..😁

      Hapus
    2. bukan mase.. 3 skuadron baru itu yg akan menghuni timur Indonesia. Krungu2 2020 tanda tangan kontrak 2024 semua pesawat terkirim semua. Laaahh kalau KFX/IFX ini kan baru mulai tahun 2026.. Jadi KFX/IFX ini skuadron baru lagi. jadi 3+2+3= 8 skuadron pesawat baru.. persis itung2annya mbah TN. 😁😁

      Hapus
    3. Banyak lhoo mas pesawat yg kita butuhkan.. πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      http://www.angkasareview.com/2018/10/10/menuju-ideal-essential-force-ief-indonesia-perlu-menambah-348-unit-pesawat-untuk-tni-au/

      Hapus
    4. 😱😱...
      Bakal terbanyak sekawasan..😨

      Hapus
    5. Chinuk piye kabare ? Kalau Blekok kayane gak perlu lah wong dah punya banyak Bell dan cougar.

      Hapus
    6. Kalo sinug pastilah...buat deploy ammo kal 155 yg paling optimal kan nyuruh2 sinug itu

      Hapus
    7. Kirain tekennya pas Indodef..
      Bakal senyap tau-tau barang dateng nihh..😁

      Hapus
    8. Sinug iku idamane pak RR ket rikolo tugas neng timtim ndisik je....yen ra percoyo takono kambi mas boy πŸ˜ͺπŸ˜ͺπŸ˜ͺ

      Hapus
    9. gue sih mending gripen
      mengincar totnya yang sangat mudah dan nanti bisa mengembangkan pesawat baru lagi dari hasil kerja sama proyek kfx/ifx dan hasil tot gripennya
      lumayan juga kalau beli lebih dari satu skuadron, satu skuadron saja bisa dapet 85% tot dari gripen + 6 pesawat bisa dirakit di dalam negeri. gimana nanti kalau 2 skuadron ya
      mungkin nanti bisa diajak ngembangin gripen NG sesuai pesanan dalam negeri kayak brazil

      Hapus
    10. Nama lengkapnya "Sonoan" ya mister....πŸ€”πŸ€”πŸ€”

      Hapus
    11. 2 ska pengganti Hawk kemungkinan dari F-16V, tapi akan lebih baik kalo Indonesia langsung pesen F-35 aja. Secara, LM udah kerjasama dalam proyek F-35 ini dan dari ToT 21 teknologi yg diberikan oleh LM hasil pembelian F-35 oleh Korsel itu berasal dari F-35. So, akan sangat baik bagi Indonesia juga beli F-35. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

      Hapus
  7. https://ukdefencejournal.org.uk/type-31e-frigate-competition-shortlist-announced/

    Tuh turunan Iver jadi salah satu kandidat Type 31 Frigates..
    Wah lagi Naik daun tuh Iver design..hayoo bisa ditelikung ngk sama 'jam' Omega..he,he..

    Untuk Viper..
    Hawk diganti Viper..3 SQ baru juga Viper..IFX batch 1 nanti ganti Flankers Dan F-16 A/B/C/D..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haah..kalo beneran gitu total Viper 80ekor dong... Falcon series terbanyak sekawasan..😱

      Hapus
    2. Seriusan nich...gak pake sukhoi, omaegooooot 😱😱😱

      Hapus
    3. Lha AURI memang kepingin Viper 80 ekor... πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      80 ekor itu cukuplah buat workhorse. Idealnya 144 ekor.

      Tapi yang kutunggu sebenarnya adalah skuadron buru sergap untuk kohanudnas, tapi mungkin ditunda sesudah mef.

      Hapus
    4. Yaaaaachhhh, alamat gagal nih nonton video dogfight sukhoi πŸ™†πŸ™†πŸ™†

      Hapus
    5. Sukhoi yg Mana ? Flankers yg skrg dipertahankan sampai IFX dtg (konon katanya)..Flankers yg barter dg karet..he,he..

      Hapus
    6. Uroong jelass..ojo debat..

      Hapus
  8. 2026 !!!
    Semoga Allah menyelamatkan kita semuanya.
    sebelum Dukhan muncul dan kembali ke jaman batu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Ngayal duel maut lawan FNY πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ πŸ‘‰πŸ‘‰πŸ‘‰ ://youtu.be/ArUKjfNKyUw

      Hapus
    3. Jiaaah
      Wkwkwkwkwkwk
      😁😁😁😁

      Hapus
    4. Yen mung ngono sing model jepangan mbiyen luweh parah mas'e..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. wakakak...bung essen sepikiran sama saya... kayaknya ifx keburu turun imam mahdi...gak kebayang perang pake pedang lagi bro.... anak saya dah saya ajarin cara berkuda umur 3 tahun...😁

      Hapus
    7. Biniku mas....wes ket prawan tak ajari cara berkuda "yg baek dan benar" 😎😎😎

      Hapus
    8. Saya juga umur 3 tahun main kuda-kudaan dari kayu...

      😎😎😎😎😎

      Hapus
    9. Itu kudane dikasi makan opo master πŸ€”

      Hapus
    10. (Iso ngajari mergo pernah 'belajar' sek) 😁

      Hapus
    11. Pandangan masa depan yg real...khusus untuk yg percaya..good for bro essen.jadi capcay 2055...sekedar angan2..wkkwkwk

      Hapus
    12. Iyaa bang@bigperry

      Belajar buat pespur butuh bertahun tahun, sangking lamanya kepikiran kaya bgitu jadinya.

      Lah ini ada negara tetangga kesanyangan,....
      NGAYAL bikin pespur gen6 hanya cukup 2 tahun saja

      🀣🀣🀣🀣🀣🀣
      Wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    13. Ngeri ya....
      mas@tupez

      Harus menunggu sampai capcay 2055

      Wkwkwkwkwk

      Hapus
    14. malon sungguh butuh kesabaran dan kesadaran ekstra bro...emang bener orang malon sangat kuat ya... kuat tegar dan kuat malu..😁😁

      Hapus
  9. https://m.detik.com/news/bbc-world/d-4338263/ditemukan-petunjuk-tsunami-palu-yang-mengejutkan-di-dasar-laut?_ga=2.15281074.506074878.1531541665-935833695.1526148982

    BalasHapus
  10. ...ach masih lama -+ 7 tahun lagi plus 5 tahun untuk produksi IFX nya...sudah lumutan donk nunggunya dan ini belum pasti BENAR

    ...tanpa Su-35 Flanker E...IFX dan F-16 Indonesia sama dengan RONGSOKAN, penyebabnya adalah perbedaan DOKTRIN Indonesia vs Amerika yang sangat mencolok dan rentan perseteruan















    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang doktrin sini apaan? 😊

      Hapus
    2. Yang bukan kaleng rongsokan ada video dogfightnya engga om...πŸ˜ͺπŸ˜ͺπŸ˜ͺ

      Hapus
    3. Goyaang digoyaaang geyooool
      Asiiiiik

      πŸ’ƒπŸ•ΊπŸ’ƒπŸ•Ί
      😁😁😁😁
      Wkwkwkwk

      Hapus
    4. Semua pespur Sukhoi bakal diganti karena selain menyusahkan dalam koordinasi, komunikasi juga sangat menyusahkan dalam manajemen logistik karena beda negara pembuat. Makanya kedepannya TNI mau pake yg sejenis dan udah banyak dipake yaitu dari Barat. Apalagi, kedepannya bakal ada IFX buatan dalam negeri. Makanya lebih baik gunakan produkpr dalam negeri aja biar lebih gampang maintenance, koordinasi dan manajemen logistik nya. Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhh

      Hapus
  11. Gak usah mikir mau beli ep enambelas lagi. Sekelas viper aja udah bukan lawan IFX. Buat bertahan cukuplah punya 32 biji F16, 16 biji Su27/30, plus 16 biji Su35. Fokus aja ke IFX. Punya TNI bakal pake meteor...seyeeeem.

    BalasHapus
  12. ...nich perbedaan DOKTRIN nya ;

    Indonesia = DEFENSIF AKTIV

    Amerika = OFENSIF IMPERIALISME

    dan tujuannya ;

    Indonesia ingin menciptakan PERDAMAIAN diseluruh penjuru Dunia

    Amerika ingin menguasai Dunia dengan tangan dingin DIKTATOR

    contoh ISU yang bisa membuat Indonesia dan Amerika BERMUSUHAN ;

    - kemerdekaan PALESTINA

    - Ausi yang sering memprovokasi Indonesia

    - dll



















    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doktrin macam apa itu? Kalo asbun yg intelek dong. Orang pernah invasi Timor Leste sama Malaysia juga kok mau nyebut Defensif Aktif. Kalo defensif aktif ya alutsista nya kebanyakan adalah hanud berbagai range dan kaprangnya lebih ke AAW desainnya. Indonesia punya Marinir dalam jumlah besar plus kapal angkut dan pesawat angkut dalam jumlah besar. Itu jelas menganut doktrin PRE EMTIVE STRIKE sama kayak USA. Kalo mau murni Defensif Aktif ya contohlah Jepang. Jepang itu marinir aja cuman punya 3000 orang. Destroyernya lebih banyak fungsinya sebagai AAW.

      Hapus
    2. betul kang agato. semenjak preaiden sby kita dah ubah doktrin pertahanan dr defensive menjadi pre emtive strike. dr rebut kawasan yg dikuasai musuh menjadi serang musuh di halaman depan..gitu kira2..😁😁😁

      Hapus
  13. Bonus cashback setiap hari jumat bersama Anapoker
    agen judi online terbesar dan terpecaya di indonesia
    dengan minimal deposit hanya 10 dan proses cepat paling lama 3 menit!
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang!!

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  14. J P S P O K E R Menyediakan Permainan Poker Judi Online Seperti Berikut : (Poker, Capsa, DominoQQ, Ceme, Super Teen, Ceme Keliling, Omaha)

    - Bonus New Member Rp. 10.000
    - Minimal Deposit / Withdraw Rp. 15,000.-
    - Bonus Refferal 10%
    - Bonus Rollingan Mingguan 0.3% - 0,5%
    - Proses Deposit / Withdraw 3Menit

    Baca Juga Di Tonton Video jav dan Video Semi kami :
    http://jpsmovie,me (pakai titik yah )

    - Pelayanan Dari Customer Service Yang Cantik Tentunya Sopan Dan Ramah, Hanya di jpspoker dan , Online 24/7 Jam
    - Dijamin Tidak Ada Robot Di Dalamnya 1000% Player VS Player
    Kalau Ada Yang Bisa Berikan Lebih Kenapa Harus Cari Yang Lain!!

    Contact Us
    - Livechat : J P S POKER
    - LINE : jpspoker
    - Whatsapp : +82370836863
    - YM : JPSPOKER

    Support Bank J P S Poker :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    Posted by : J P S POKER . LIVE

    BalasHapus