16 Juli 2023

Singapura Mengintegrasikan "Python-5" Buatan Israel ke dalam F-16C/D-nya

16 Juli 2023

F-16C/D Angkatan Udara Singapura (photo : RSAF)

(DSA) – Sebagai bagian dari program Mid-Life Upgrade (MLU) dari jet tempur Lockheed Martin F-16 C/D/D+, Angkatan Udara Singapura telah mengkonfirmasi bahwa mereka telah mengintegrasikan pesawat tersebut dengan Python-5 rudal udara-ke-udara.

Demikian disampaikan Aviation Week dalam laporannya.

Rudal udara-ke-udara jarak pendek generasi kelima "Python-5" dikembangkan oleh perusahaan pertahanan Israel, Rafael Advanced Defense System dan dikatakan sebagai rudal udara-ke-udara paling mumpuni yang digunakan oleh Angkatan Udara Israel, dapat mencapai kecepatan hingga Mach 4 dan jarak 20km.

Angkatan Udara Israel juga dikatakan berencana untuk melengkapi jet tempur F-35 "Adir" dengan rudal "Python-5".

Pengembangan varian awal rudal udara-ke-udara "Python-5" dikatakan telah dimulai sekitar tahun 1990-an dan rudal tersebut secara resmi diluncurkan ke publik selama Paris Air Show pada tahun 2003.

Rudal udara ke udara Python-5 (photo : Rafael)

Rudal tersebut telah menunjukkan kemampuan deteksi dan pelacakan target yang baik selama fase pengembangan dan operasionalnya.

Rudal Python-5 menggabungkan desain badan pesawat aerodinamis dari rudal Python-4.

Itu juga mempertahankan sistem navigasi inersia (INS), motor roket, detonator dan proximity fuse dari varian rudal "Python" sebelumnya.

Python-5 adalah rudal penggunaan ganda, baik udara-ke-udara dan darat-ke-udara, selain mengintegrasikan imaging seeker, perangkat lunak modern,  advanced infrared counter-countermeasure (IRCCM) dan sistem kontrol penerbangan.

Berat total rudal Python-5 adalah 105kg, dengan kemampuan membawa 11kg bahan peledak jenis “high explosive fragmentation”  yang dilengkapi dengan sekering “active laser proximity.”

Seiring dengan rudal Derby, Python juga digunakan dalam sistem pertahanan udara "Spyder".

Selain Angkatan Udara Singapura, rudal udara-ke-udara "Python-5" juga digunakan oleh pesawat tempur Angkatan Udara India, Angkatan Udara Georgia, dan Angkatan Udara Peru.

Program upgrade pesawat F-16C/D/D+ Singapura dilakukan oleh Lockheed Martin dan ST Engineering Aerospace.

Angkatan Udara Singapura memiliki 62 pesawat tempur F-16C/D Block 52, dengan 14 pesawat ditempatkan di Pangkalan Angkatan Udara Luke di Arizona, Amerika Serikat sementara 48 pesawat ditempatkan di pangkalan udara domestik.

Penempatan sejumlah pesawat ditempatkan di Amerika Serikat untuk tujuan pelatihan.

Amerika Serikat memasok Singapura dengan 62 pesawat F-16 antara tahun 1998 dan 2003.

Pekerjaan untuk meningkatkan pesawat F-16 Singapura, yang diperkirakan bernilai US$2,4 miliar (RM10,8 miliar), juga termasuk melengkapi jet tempur Singapura dengan radar AESA AN/APG-83 SABR (Scalable Agile Beam Radar) yang dikembangkan oleh Northrop Grumann.

Selain dilengkapi dengan radar AESA baru, pesawat F-16C/D Block 52 Singapura juga akan menerima peralatan baru yang terdiri dari komputer misi baru, Joint Helmet Mounted-Cueing System (JHMCS) yang memungkinkannya diintegrasikan dengan radar udara. Rudal ke udara Rudal AIM-9X dan GBU-38 Joint Direct Attack Munition (JDAM).

Selain itu, pesawat F-16 Singapura yang ditingkatkan juga akan dapat membawa dan meluncurkan GBU-49/50 Enhanced Paveway II Dual-Mode Guided Bombs dan senjata CBU-105 Sensor-Fuzed.

Pesawat F-16 Angkatan Udara Republik Singapura juga disebut menggunakan sistem Electronic Warfare Suite buatan Israel namun hingga saat ini belum ada konfirmasi dari pihak manapun di Singapura.

(DSA)

71 komentar:

  1. Angkatan Udara Singapura memiliki 62 pesawat tempur F-16C/D Block 52, dengan 14 pesawat ditempatkan di Pangkalan Angkatan Udara Luke di Arizona, Amerika Serikat sementara 48 pesawat ditempatkan di pangkalan udara domestik.
    🀣 PENCEROBOHAN 43x DALAM 5 BULAN🀣

    BalasHapus
  2. Manakala malon gunakan poto buat MEMBUAL πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    BalasHapus
  3. BERHARAP GRATISAN=
    GEMPURWIRA 1 Juli 2022 08.49
    ini di panggil serampang 2 mata ya guys..... LCA dapat..... perawatan alat ganti SU30MKM pun dapat...
    ------
    🀣 TERNYATA MIG DAN SUKHOI = KURAMG PERAWATAN 🀣

    BalasHapus
  4. Nunggu komen tolol gempurwaria buat hiburan sore hahahaha

    BalasHapus
  5. Kalau kata gempork..

    AIM-9 old version milik TUDM lebih hebat dari PYTHON-5 ini.. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  6. F16 sedekah block 25 produksi tahun 1980 lagi hebat....

    Itu pun NGUTANG FMS.... HAHAHHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat jiran bekas bag Malon upgrade pesawat, Gempork makin kerasukan sampai ngamuk ke Indo gak karuan guys bikin gelak saja.

      Hapus
    2. Yg takde F.16 silahkan grounded permanen. Kasihan guys

      Hapus
  7. Manakala misil SU30 sebelah pula EXPIRED... HAHAHAHHAA

    BalasHapus
    Balasan
    1. GEMPURWIRA 1 Juli 2022 08.49
      ini di panggil serampang 2 mata ya guys..... LCA dapat..... perawatan alat ganti SU30MKM pun dapat...
      ------
      🀣 TERNYATA MIG DAN SUKHOI = KURAMG PERAWATAN 🀣

      Hapus
    2. Manakala SU30 MALON MESINNYA HILANG

      Hapus
  8. Manakal 1unit MKM crack body, 14 unit GROUNDED dan 3unit MKM je yg boleh terbang..

    BWAHAHAHAHAHA

    BalasHapus
  9. Saya sudah kata... F16 RONGSOK SEDEKAH INDON bukan block 52 ya guys... HAHAHAHAHAA

    BalasHapus
  10. ATM bile lalu kat Selat Singapura auto jadi KUCING OMPONG miaw miaw miaw, good job Singaporean PEDRA BRANCA / PULAU BATU PUTEH is yours...πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    BalasHapus
  11. TENTERA MELON selalu diayam ayamkan SINGAPURA ... SALAM KUCING OMPONG miaw miaw miaw πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  12. Sebanyak 43 pencerobohan ruang udara Malaysia direkodkan sepanjang 5 bulan pertama 2023. Perkara tersebut dinyatakan dalam penyata jawapan lisan oleh Menteri Pertahanan di Dewan Negara. Menurutnya angka tersebut merangkumi Pencerobohan Ruang Udara Berdaulat (dalam ruang udara wilayah Malaysia, MTA) dan Pencerobohan Ruang Udara Berkepentingan (di zon Zon Ekonomi Eksklusif).....
    🀣TUDM KEMANA 🀣

    BalasHapus
  13. Block 32 ya guys... Tapi di klaim block 52.. HAHAHHAHA

    Imam mengatakan, anggaran 6 pesawat block 52 akan lebih menguntungkan dengan mengambil 24 pesawat F16. Jika di upgrade ke block 32 akan lebih baik dari block 52. “Yang Program F16 tidak mengambil anggaran Sukhoi,” ujarnya.

    Dia menambahkan pesawat tempur F5 juga akan tetap diganti. Sukhoi pun yang enam belum ada alokasinya. “F16 yang kita punya pun akan diupgrade ke block 32. Untuk biaya pemeliharaan. Satu jam terbang hanya 70 juta. Sedangkan Sukhoi 500 juta dan peralatannya cukup rumit,” ungkapnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebanyak 43 pencerobohan ruang udara Malaysia direkodkan sepanjang 5 bulan pertama 2023. Perkara tersebut dinyatakan dalam penyata jawapan lisan oleh Menteri Pertahanan di Dewan Negara. Menurutnya angka tersebut merangkumi Pencerobohan Ruang Udara Berdaulat (dalam ruang udara wilayah Malaysia, MTA) dan Pencerobohan Ruang Udara Berkepentingan (di zon Zon Ekonomi Eksklusif).....
      🀣NO SCRAMBLE = TIADA MINYAK🀣

      Hapus
  14. Sebanyak 43 pencerobohan ruang udara Malaysia direkodkan sepanjang 5 bulan pertama 2023. Perkara tersebut dinyatakan dalam penyata jawapan lisan oleh Menteri Pertahanan di Dewan Negara. Menurutnya angka tersebut merangkumi Pencerobohan Ruang Udara Berdaulat (dalam ruang udara wilayah Malaysia, MTA) dan Pencerobohan Ruang Udara Berkepentingan (di zon Zon Ekonomi Eksklusif).....
    🀣NO SCRAMBLE = TIADA MINYAK🀣

    BalasHapus
  15. 16 F-16 Hibah AS Ditempatkan di Lanud Pekanbaru


    24 Agusts 2012, Jakarta: Enambelas dari 24 pesawat tempur F-16 block 32+ yang akan diterima Indonesia dari AS akan ditempatkan di Lanud Pekanbaru, Riau. Keenambelas pesawat ini akan mendiami skadron tersendiri disamping Skadron Udara 1 (markas Hawk 100/200) yang sudah ada sebelumnya. Di lain pihak, delapan unit lainnya akan ditempatkan di Lanud Iswahjudi, Madiun, digabung dengan F-16 A/B yang telah sejak 1990-an memperkuat Skadron Udara 3.

    Demikian ungkap Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Azman Yunus kepada Angkasa, Kamis (24/8) sore, terkait kepastian hibah yang telah disetujui DPR RI dan Parlemen AS.

    BalasHapus
  16. Malon kirim poto je di Super Garuda Shield
    πŸ˜₯ πŸ˜₯ πŸ˜₯ 😁 😁 😁 πŸ˜‚ πŸ˜‚ πŸ˜‚ πŸ˜… πŸ˜… πŸ˜…

    BalasHapus
  17. Berbanding :

    Malon AKAN Mengintegrasikan "Paithon-999" Buatan Namex Engineering ke dalam Mig-29-UZURnya

    Mbwahahahahahahaha

    BalasHapus
  18. Ternyata F16 hanya menghampiri block 52 je... Kiranya block 32+ je... HAHAHHAHAHA

    BalasHapus
  19. 23 UNIT F-16 BLOCK 52ID (dengan basis dari F-16 BLOCK 25 yg ditingkatkan menjadi BLOCK 52ID) sudah cukup untuk MENGHAPUS SELURUH armada HORNET (TUA, UDANG, QUEEN HANGAR) dan MIM (UGLY, TAK DE TELOR, TIDO KAT HANGAR).

    Dengan RUDAL AIM-120C7(100-120 KM) & AIM-9X-BLOCK II serta JDAM versi baru serta AGM-65K2 sudah cukup

    BalasHapus
  20. As for the trainers, they will replace the Aermacchi MB-339CM trainer jets that are currently grounded. The proportion would be 8 trainers for 10 light combat aircraft, according to an industry source quoted by Janes.
    Malaysia recently retired the MiG-29 Fulcrum due to its inability to maintain them. Since then, the RMAF has in dire need of aircraft capable of carrying out an interception...
    🀣GROUNDED = RETIRED🀣

    BalasHapus
  21. Hahahaha lumayan lah LAWAK dari gempur

    BalasHapus
  22. TNI AU Resmi Terima 24 Pesawat F-16 C/D Block 52ID

    Upgrade yang dilakukan terdiri dari upgrade avionics setara F-16 Block 52 yang mampu membawa smart weapon berkemampuan Beyond Visual Range/BVR, upgrade structure yang diperkuat hingga 10.800 equivalent flight hours atau usia pakai 40 tahun, dan overhaul engine hingga usia kembali menjadi zero atau seperti engine baru.

    https://tni-au.mil.id/tni-au-resmi-terima-24-pesawat-f-16-c-d-block-52id/

    Sorry ya guys, MKM sebelah hanya pajangan je tak sebanding f16 Indonesia ya guys πŸ€£πŸ˜‚πŸ”₯πŸ”₯

    BalasHapus
  23. Laah..
    Berbanding Mig Fulcrum malon, lebih brandnew tapi sekarang sudah RONGSOKAN semua

    Wakakakakak

    BalasHapus
  24. BLOCK 25 KE BLOCK 32...... HAHAHHAHAHHA

    JAKARTA - Kementerian Pertahanan memastikan tidak ada lagi masalah soal tawaran hibah 24 pesawat F16-A bekas dari Amerika Serikat (AS). "Sudah tidak ada masalah. DPR-RI sudah ke Kongres Amerika dan mereka sudah menyetujui," ujar Menteri Pertahanan Poernomo Yusgiantoro usai rapat tertutup dengan Komisi I DPR, Rabu (22/6).

    Ia menegaskan anggaran yang sebelumnya disiapkan untuk membeli pesawat baru kini dialihkan untuk meng-upgrade 24 pesawat F-16 block 25 ke block 32. Termasuk 10 pesawat yang kini dimiliki Indonesia. "DPR hanya menyarankan untuk kehati-hatian."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha ada yang mengarang cerita

      Hapus
    2. F18 sisa 4 yg terbang, Mig29 berdebu kat hanggar..🀣🀣🀣
      Sanggup SEWA Heli 4 je....

      MISKIN !!!πŸ€ͺ

      Hapus
  25. Hahahaha gempur mereka reka cerita F16 TNI hanya setara blok 32 .... hanya berdasar sepotong berita lama
    Proposal awal dephan upgrade ke blok 32, tapi atas permintaan DPR upgrade setara versi terbaru saat itu blok 52.
    Tanggal 17 Januari 2012 kontrak pengadaan ditandatangani.


    Dan, pada 17 Januari 2012 kepastian Indonesia memilih hibah 24 F-16 dari AS itu akhirnya dilakukan dengan penandatanganan kontrak pengadaannya. Pesawat ini dihibahkan oleh AS sebagai bagian dari Excessive Defense Articles (EDA), sehingga pihak Indonesia secara kuantitas mendapatkan 24 pesawat F-16C/D Block 25 secara cuma-cuma. Namun, secara kualitas Pemerintah Indonesia tetap harus mengeluarkan biaya untuk upgrade dan refurbishsemua sistem yang ada di pesawat agar memiliki kemampuan mutakhir setara kemampuan avionik pada F-16C/D Block 52.

    BalasHapus
  26. Ya ampun Block 32+ tu sudah di klaim BLOCK 52.... HAHAHHAAHA


    After carrying out this (EMLU-Falcon STAR) plane was able to use the new weapons that Indonesian Air Force F-16C/D Block 32+ (locally promoted as Block 52ID) already have.

    BalasHapus
    Balasan
    1. F16 kan memang bisa di up grade Pork. Heran yah TUDM gak ada up grade malah mangkrak permanen.Kasihan.

      Hapus
  27. Parahhhh..... Block 32+ tapi di klaim itu Block 52..? KAH.. KAH.. KAH.. KAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parah yg gak pernah di up grade otaknya cuma kerasukan saja isinya.

      Hapus
  28. Berbanding Mig Fulcrum malon, labih brandnew tapi jadi RONGSOK..
    Tak ada pengganti..

    Wakakakakakak

    Padahal Russia pun masih pakai

    Miskin

    BalasHapus
  29. Fulcrum RONGSOK si miskin..

    Wakakakakakakak

    Real RONGSOKAN

    BalasHapus
  30. Ingin lihat pesawat tempur RONGSOK?

    Lihatlah Fulcrum malon tuu

    Hahahahaaaaa

    BalasHapus
  31. Sebelumnya, Komisi I sempat menolak rencana Kementerian Pertahanan untuk menerima hibah pesawat tempur bekas ini. Komisi I menilai, meski harga 24 F-16 bekas itu setara dengan enam pesawat F-16 baru, namun biaya pemeliharaan pesawat bekas akan jauh lebih mahal.

    Baca juga: WANITA PEMELIHARA PERDAMAIAN (WOMEN PEACEKEEPERS)


    Selain itu, dalam proposal awalnya, Kementerian Pertahanan menginginkan pemutakhiran (upgrade) F-16 dari awalnya Block 25 menjadi Block 32. Sedangkan Komisi Pertahanan menginginkan pemutakhiran pesawat dari Block 25 menjadi edisi terbaru Block 52.



    Dan, pada 17 Januari 2012 kepastian Indonesia memilih hibah 24 F-16 dari AS itu akhirnya dilakukan dengan penandatanganan kontrak pengadaannya. Pesawat ini dihibahkan oleh AS sebagai bagian dari Excessive Defense Articles (EDA), sehingga pihak Indonesia secara kuantitas mendapatkan 24 pesawat F-16C/D Block 25 secara cuma-cuma. Namun, secara kualitas Pemerintah Indonesia tetap harus mengeluarkan biaya untuk upgrade dan refurbishsemua sistem yang ada di pesawat agar memiliki kemampuan mutakhir setara kemampuan avionik pada F-16C/D Block 52

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paket upgrade yang dilakukan antara lain:

      Pertama, Falcon Star atau Falcon Structural Augmentation Roadmap. Program ini terkait dengan penguatan struktur pesawat sehingga masa usia pakai pesawat bisa digunakan secara maksimal hingga mencapai 10.800 EFH. Ke-24 pesawat yang dihibahkan, telah disimpan selama 4-5 tahun di AMARG (Aerospace Maintenance & Regeneration Group), Davis Montana AFB. Pesawat kemudian di-re-assembly dan selanjutnya dikirimkan ke 309th Maintenance Wing, Hill AFB. Kegiatan yang dilaksanakan di tempat ini meliputi pengecekan, perbaikan, dan peningkatan kondisi struktur pesawat secara detail dan menyeluruh. Dengan demikian meskipun menggunakan rangka “bekas” namun pesawat-pesawat ini masih bisa digunakan untuk menjaga kedaulatan bangsa di udara dalam jangka waktu yang cukup lama.



      Kedua, Avionic Upgrade. Program ini mencakup penggantian semua sistem avionik F-16 Block 25 menjadi setara Block 52. Penggantian yang paling menonjol dan mampu meningkatkan kemampuan dalam hal air superiority secara signifikan adalah digunakannya Radar APG-68 yang memiliki cakupan hingga 184 nm (296 km) dan softwarepersenjataan yang mampu menembakkan rudal AMRAAM (Advanced Medium Range Air To Air Missile). Hal lain yang cukup penting adalah penggunaan Modular Mission Computer (MMC) sebagai sistem komputer yang mampu mengintegrasikan semua jenis senjata mutakhir pada F-16.

      Hapus
  32. Jika dikatakan RONGSOK, manalah mungkin bisa terbang..

    RONGSOK tuu macam Fulcrum Malon, jadi SAMPAH berkarat..

    Wakakakakaakakakakak

    Miskin

    BalasHapus
  33. TNI-AU signed a contract in January 2012 for the procurement of 24 ex-USAF F-16C/D Block 25 airframes. These were modified to Block 32 standards before being delivered to Indonesia.

    BalasHapus
  34. Psssttttttt..... BLOCK 32...HAHAHAHAHHA

    TNI-AU signed a contract in January 2012 for the procurement of 24 ex-USAF F-16C/D Block 25 airframes. These were modified to Block 32 standards before being delivered to Indonesia.

    BalasHapus
  35. Sukhoi sebelah.... HAHHAHAHAHAH

    Misil EXPIRED
    Sistem komunikasi bermasalah
    Sistem radar bermasalah
    Alat Peluncur misil CRACK

    BalasHapus
  36. MALU la tu mau mengaku BLOCK 32....HAHAHHAHAHHA

    BalasHapus
  37. MIG 39 = Malaysia recently retired the MiG-29 Fulcrum due to its inability to maintain them. Since then, the RMAF has in dire need of aircraft capable of carrying out an interception...
    Lynx = The other two are being kept in long term storage due to lack of maintenance funds
    🀣NO MAINTENANCE🀣

    BalasHapus
  38. MIG 39 = Malaysia recently retired the MiG-29 Fulcrum due to its inability to maintain them. Since then, the RMAF has in dire need of aircraft capable of carrying out an interception...
    Lynx = The other two are being kept in long term storage due to lack of maintenance funds
    🀣NO FUNDS = NO MAINTENANCE🀣

    BalasHapus
  39. Bangsa yang Berbeparadaban Tinggi adalah bangsa yang Bisa Hargai Kerjasama Pertahanan antara 2 Negara yang berdaulat seperti Hubungan USA dengan Indonesia untuk Project Pengadaan 24 unit F16 EDA untuk jalani refurbishedMLU dan Upgrade block 52 .

    Terbukti dengan Kemampuan Anggaran Negara INDONESIA SAAT ITU UNTUK PROCUREMENT ke 24 unit F16 telah Berstatus on Active Duty menjaga KEDAULATAN UDARA INDONESIA.

    SEKELAS NEGARA MAJU USA saja HARGAI DAN JAGAI KEPERCAYAAN INDONESIA ATAS PRODUK PREMIUM QUALITY F16 nya untuk dijual kepada INDONESIA.

    kalon malaysia ?
    Jawab: No Way...No Developed Countries TRUST with that country.

    KUWAIT SAJA TOLAK AKSI NGEMIS malaysia atas F18 ex-Kuwait Air Force.

    BalasHapus
  40. INI BARU LANGKAH BETOL.....DIBANYAKIN RUDALNYA, BUKAN DIBANYAKIN TIPE PESPURNYA ☝️

    BalasHapus
  41. Hahahaha gempur asyik dengan pikirannya sendiri ..... padahal jelas paket upgrade F16 tni ini menggunakan perangkat yg digunakan blok 50/52, tidak ada diblok 32. Banyak kok referensinya. Bukan hanya berita media

    BalasHapus
  42. Sementara F-18 tudm tersikit didunia..belum mro dan Ciksu 30mkm sebagian besar grounded karena kesulitan suku cadang dan belum di mro juga...wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  43. Berita basi kayak makanan Gempork guys

    BalasHapus
  44. Gempork komennya senang berita basi, gak up to date makanya Malon makin tertinggal jauh dikawasan juga gak tahu. Diayamkan jirannya kasihan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Otaknya juga basi bro....
      Nggak berkembang masih otak thn 80an...

      Hapus
  45. Ya ampun mig 29 dah jadi barang rongsokan semua guys, Gempork sampai lupa hornet usang pun takde yg bisa terbang juga yah...Kasihan diceroboh tak ada jet pejuang yg scramble.parah

    BalasHapus
  46. Sudah la pesawat RONGSOK.... Hanya block 32....HAHAHHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jet pejuang malon rongsokan semua guys dah jadi aset museum karatan takde perawatan.

      Hapus
  47. Pssst gempur halu ..... hahahaha

    BalasHapus
  48. Sudah la pesawat F18 TUDM tersikit di DUNIA, Tak pernah Upgrade, Masih Manual, ENGINE nya pula meletup di Pameran LIMA 2019........HAHAHHAHA

    BalasHapus
  49. LIHAT SAJA PUR, PAKET UPGRADE F16 TNI, BANYAK YANG SESUAI STANDAR BLOK 52 YA. INGAT TIDAK BISA SAMA PERSIS DENGAN BLOK 52 TAPI BANYAK MEMILIKI KEMAMPUAN SETARA BLOK 52. MAKANYA NAMANYA BLOK 52 ID


    Upgrade F-16 C/D 52ID tidak main-main karena mengejar kemampuan setara dengan Block 50/ 52, di antaranya memasang Mission Computer MMC-7000A versi M-5 yang dipakai Block 52+ dan bahkan digunakan F-22, dilengkapi komputer sistem kemudi (FLCS) digital, sepasang Multifunction Displays Berwarna block-52, HUD lebar block-52 dengan kemampuan night vision, digital terrain system & Digital Moving Map block 52, color cockpit camera block-52, throttle grip & side stick controller Block-52, countermeasures management switch to control ALE-47, voice message unit untuk collision avoidance system dan ground avoidance advisory function Block-52.

    Pemindahan landing/taxi lights ke nose landing gear door untuk memberi tempat pada targeting pod, improved data modem link 16 Block-52, embedded GPS INS (EGI) block-52 yang menggabungkan fungsi GPS dan INS, common data entry electronics unit Block-52, AN/ALQ-213 electronic warfare management system, ALR-69 Class IV radar warning receiver, ALE-47 countermeasures dispenser set untuk melepaskan chaff/flare serta pemasangan instalasi drag chute Block-52 yang akan dipasang di Indonesia.

    Baca juga: SAFETY FIRST
    Sementara radar AN/APG-68 (V) di-upgrade software agar meningkat kemampuannya sesuai mission computer 7000A. Prinsipnya F-16 C/D 52ID TNI AU menjalani program The Common Configuration Implementation Program (CCIP) seperti yang dilakukan pada F-16 CD Blok 40/42 AU AS agar meningkat menjadi standar Blok-50/52.

    BalasHapus
  50. MKM & F-18 lapok malon tetap dipakai sampai tahun 2030 πŸ˜†πŸ˜†

    F/A-18D, Su-30MKM Kekal Sehingga Tempoh RMK-13 (2030)

    KUALA LUMPUR – Menteri Pertahanan, Mohamad Sabu menyatakan perkhidmatan jet pejuang F/A-18D Hornet dan Sukhoi Su-30MKM akan dikekalkan sehingga tempoh Rancangan Malaysia Ke-13

    “TUDM akan terus mengekalkan pesawat pejuang F/A-18D Hornet dan Sukhoi Su-30MKM untuk tempoh RMK-12 dan RMK-13,” jelas Mohamad ketika sesi soal jawab di Dewan Rakyat.

    RMK merupakan rancangan pembangunan kerajaan Malaysia untuk tempoh 5 tahun. Tempoh RMK-12 adalah pada tahun 2021-2025 manakala RMK-13 adalah pada 2026-2030.

    http://defense-studies.blogspot.com/2019/11/fa-18d-su-30mkm-kekal-sehingga-tempoh.html?m=1

    BalasHapus
  51. MIG 39 = Malaysia recently retired the MiG-29 Fulcrum due to its inability to maintain them. Since then, the RMAF has in dire need of aircraft capable of carrying out an interception...
    Lynx = The other two are being kept in long term storage due to lack of maintenance funds
    🀣NO FUNDS = NO MAINTENANCE🀣

    BalasHapus
  52. Sebanyak 43 pencerobohan ruang udara Malaysia direkodkan sepanjang 5 bulan pertama 2023. Perkara tersebut dinyatakan dalam penyata jawapan lisan oleh Menteri Pertahanan di Dewan Negara.....
    🀣NO FUNDS = NO MAINTENANCE = NO SCRAMBLE🀣

    BalasHapus
  53. mana monyet malon satu itu? yg rela goblok demj sombong 🀣

    BalasHapus
  54. ✅blok c/d setara blok 52 uda
    ✅AM/BM eMLU lg proses
    ✅siap” apgred blok 72 VIPER full aesa

    wahh KL...kornet Ktinggalan Lagiiiiiiiii...juaahhh haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
  55. Tudm hanya punya 8 pesawat F-18 tua dan tersikit didunia....vs singapura 62 unit F-16 dan 40+ F-15 ..tudm di ayam² kan SAF....bebas menceroboh ruang udara malingCHIΓ€....πŸ˜‚πŸ€£

    BalasHapus