01 Juli 2023

TNI AL Berhasil Uji Penembakan Rudal SSM Exocet MM40 Block 3 Pada Latihan Armada Jaya XLI TA 2023

01 Juli 2023

Penembakan rudal Exocet MM40 Block 3 dari KRI I Gusti Ngurah Rai-332 (photo : TNI AL)

JAKARTA, KLIK7TV.CO.ID –  TNI Angkatan Laut (TNI AL) berhasil melaksanakan penembakan SSM Exocet MM40 Block 3 yang disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai Pimpinan Utama Latihan Armada Jaya XLI TA 2023 dari KRI Raden Eddy Martadinata-331, di perairan Laut Jawa, Jumat (30/06).

Penembakan dilaksanakan oleh Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yaitu KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dibawah pimpinan Dansatgas Kolonel Laut (P) Lukman Kharis, dengan sasaran eks. KRI Karang Tekok-982. Penembakan ini merupakan bagian dari Operational Live Firing Trial (OLFT) dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur terutama pada aspek Peperangan Anti Kapal Permukaan.

Rudal Exocet MM40 Block 3 meluncur dari KRI I Gusti Ngurah Rai-332 (photo : TNI AL)

SSM Exocet MM40 Block 3 merupakan rudal yang memiliki diameter 0,35 m dengan panjang 5,8 m dan kecepatan 0,9 mach. Kemampuan rudal ini yaitu fire and forget, all weather, high subsonic, sea-skimming, inertial navigation, active homing head, long range missile, 360 missile axes, no-go zone, coastal line, littoral attack, horizontal waypoints, vertical waypoints, angular manoeuvre, end manoeuvre, proximity function, re-attack, search mode, masking, target priority, and search criterion.

Kasal sangat mengapresiasi dan mengucapkan selamat serta sukses atas keberhasilan uji coba penembakan rudal exocet MM40 Block 3. “Saya sangat bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi atas kerja samanya, kerja kerasnya, dedikasi seluruh prajurit pada Latihan Armada Jaya Kali ini”, ungkap Kasal.

Rudal Exocet MM40 Block 3 meluncur dari KRI I Gusti Ngurah Rai-332 (photo : TNI AL)

Latihan Armada Jaya dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan unsur Pimpinan – Staf Komando Gabungan TNI dan Komando Tugas Gabungan dalam melaksanakan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) pada pelaksanaan Operasi Gabungan TNI, meningkatkan profesionalisme prajurit TNI Angkatan Laut dan kesiapan operasional serta keterpaduan komponen SSAT, dan menguji doktrin operasi gabungan TNI.

Kasal berpesan untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kesiapan prajurit serta kondisi alutsista TNI Angkatan Laut untuk menghadapi event latihan yang lebih besar yaitu Latihan Gabungan TNI, Latihan PPRC TNI, dan Latihan Super Garuda Shield.

Sasaran eks KRI Karang Tekok-982 berhasil dihancurkan (photo : TNI AL) 

Pelaksanaan kegiatan Latihan Armada Jaya XLI TA 2023 ini selaras dengan program prioritas Kasal yaitu TNI Angkatan Laut memfokuskan diri untuk mencapai kekuatan yang siap dioperasionalkan dalam bentuk kesiapan dan kesiagaan yang tinggi.

“TNI Angkatan Laut bertanggung jawab dalam melaksanakan kesiapan tempur matra laut yang dimilikinya, termasuk di dalamnya pembinaan kemampuan material dan personel pengawak alutsista, sebagai bagian penting dari upaya membangun TNI Angkatan Laut yang profesional, modern, dan tangguh”, ungkap Kasal.

KRI I Gusti Ngurah Rai-332 (photo : TNI AL)

Penembakan Rudal SSM Exocet MM40 Block 3 Kasal juga didampingi beberapa pejabat TNI AL yang lain yaitu Pangkoarmada RI, Dankodiklatal, Pangkoarmada I, Pangkoarmada II, Pangkoarmada III, Asops Kasal, Aspers Kasal, Asintel Kasal, KS Kogabwilhan II, Danpuspenerbal, Kadisopslatal, Kadiskomlekal, dan Kadispenal.

(Klik7TV)

68 komentar:

  1. GENG GORILLA MALAYA Lupa bahwa kapal salah potong MAHARAJA LELET masih NUNGGAK 🤣🤣🤣



    DEFENCE SECURITY ASIA) — Boustead Naval Shipyard Sdn Bhd (BNSSB) perlu menyegerakan pembayaran tunggakan kepada vendor sebelum meneruskan projek perolehan kapal Littoral Combat Ship (LCS), menurut Persatuan Strategik Maritim Malaysia (MASTRA).

    Pengerusi Jawatankuasa Pertahanan dan Keselamatan MASTRA Datuk Wan Othman Wan Ab Rahman berkata tunggakan hutang BNSSB dianggar berjumlah RM1 bilion kepada vendor di bawah naungannya sejak tiga tahun lalu.

    Tunggakan hutang itu telah menjejaskan kedudukan kewangan mereka manakala ramai pekerja terpaksa dibuang, menurut beliau sebagaimana dipetik oleh Berita Harian Online.

    https://defencesecurityasia.com/boustead-bayaran-tunggakan-lcs/

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. sembang halu guna hibur diri tula kesukaan mereka.

      Hapus
  3. Balasan
    1. jumlah pon berkurang dari 6 menjadi 5. tolol memanjang.

      Hapus
  4. Punya jiran sebelah malah exo block ll lamanya hampir expired. hanya 4 je yang berudal, kapal lainnya gun boat only.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klaim negeri kaya tp rudalnya pendek , ekspired pulak om but hahah!😆😆😆

      Hapus
    2. Nanti ada yg nanya foto sasaran nya mana... kalau nggak ada katanya rudalnya nyasar... wkkwkwkk

      Hapus
  5. Negara KORUP dan LAWAK... HAHAHAHA....

    1. BELI ASET PERTAHANAN TAK KUAT NGUTANG LAGI, LAST2 SEWA, WANG NEGARA DI ROGOL EKS PM 🤣🤣🤣

    2. IKUT PROGRAM NGEMIS FA18 HORNET, 3 X NGEMIS...DI TOLAK !

    3. SEWA TANAH LALAI DIBAYAR HINGGA DIDENDA RATUSAN JUTA Dollar DAN DI SITA ASET OLEH "SULU" !

    4. BUAT PROYEK LCS 13 TAHUN GAGAL, DISUNTIK, GAGAL LAGI..MATI AJA LU, MALAYDESH 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. lanjut halu jilid ke dua nak F-15 ex Japan or ex Saudi je. hahahahahaha,,,,

      Hapus
  6. ANWAR BERKATA .....
    Anwar said he had been astonished to see a navy frigate dating from the 1970s on display at the recent LIMA maritime and aerospace expo in Langkawi
    “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi.....
    🔥KAPAL USANG = TIDAK MEMBAYAR HUTANG🔥

    BalasHapus
  7. Wah beruk dan babi pada kepanasan baca ini. Karen mereka hanya punya gun boat. Ha ha h ha

    BalasHapus
  8. Malaysia Military Power
    22 July at 21:27 ·
    NEGARA MARITIM DENGAN GHETTO NAVY

    Bila angkatan laut kuat, perairan terpelihara dan kemakmuran akan datang dengan sendirinya.
    Ini adalah teras sebuah angkatan laut yang efisien dalam menangkis peperangan dan memakmurkan perdagangan.
    Ini benda yang kita semua kena faham. Bukan setakat laung jerit "kita negara maritim" tapi tak paham starang apabenda yang dijerit laung.
    "Kita negara maritim," jerit tok menteri.
    Tapi TLDM, APMM tercungap2 tak cukup kapal nak jaga perairan.
    Dah tak cukup kapal satu hal, kapal yang ada dah uzur. Tempah kapal baru sampai kesudah tak siap2. Sangkut atas batu, tak turun air, isi dalam kosong, tersadai dekat limbungan.

    Nak lindung dengan apa?
    Dengan Tentera Laut dan Pengawal Pantai lah! Itulah gunanya TLDM dan APMM. Penjaga perairan dan zon ekonomi eksklusif kita dan semua kepentingan maritim kita sebagai negara maritim. Inilah benda yg disebut dalam Bahasa inggeris dalam perenggan mula2 diatas.
    Tapi nak lindung macam mana kalau bila Panglima dan pegawai kanan berkali sebut tentang kekangan aset, keuzuran kapal untuk laksana tugas lindung sumber dan hasil yang nilainya billion Ringgit, yang jadi mata pencarian ratus ribu orang rakyat Malaysia tapi tak diambil kesah oleh tok menteri dan kementerian.
    Nelayan nak tangkap ikan dalam perairan sendiri takut, diganggu gugat nelayan asing, diasak agensi pengawal pantai asing. Nelayan tempatan dihalau dari negara sendiri, dari laut dia sendiri.
    Pelantar minyak, kapal2 sokongan pelantar diganggu, diekori oleh agensi asing. Sampai kacau dan ganggu gugat operasi carigali.
    Kalau ditanya kat Dewan Rakyat – dok ulang-ulang diplomasi dan nota bantahan. Diplomasi, kerjasama pertahanan dan bantahan.
    Benda ni kami hadap berpuluh tahun, tukar lah pattern macam mana pun – kami boleh baca, kami boleh lihat dan hadam. Kerap ulang statement dan main post post benda berulang sekadar penyedap jiwa, tak payah sebab realitinya indah khabar dari rupa.

    Negara Maritim apebende nye.
    Dasar Pertahanan Negara ada, Kertas Putih Pertahanan ada.... pastu cakap ada pelan strategik 15-to-5 lah, CAP55 lah – ada kah semua ni bakal terkubur macam kisah MRCA sebelum ni? Pelan kemain cantik, execution barai.

    Dengan aset yang semakin berusia dan purata aset angkatan laut kita sekitar 45 tahun, tak melampau kalau den kata Malaysia will have a ghetto navy seperti mana Filipina satu masa dulu.
    Dulu kita dah cakap pasal ghetto navy ni kalau TLDM dan pemerintah masih berbasa basi pasal pemodenan angkatan laut. Nampak gayanya dengan pemerintahan demi pemerintahan kerajaan yg bertukar tukar sekarang ni impian kearah ghetto navy itu lebih jelas.

    Ya budaya selengaraan yang diamalkan memang baik takdak sapa nafi tapi cost of maintaining a near obsolete assets in relation to funding constraint macam mana? Rencana pemodenan yang digariskan sebelum ni nampak lebih kos efektif tapi nampak gaya pemerintah lebih favor to keep old assets atas alasan penjimatan.
    Duit lagi penting dari nyawa anggota pasukan keselamatan kita la kot.
    sekain
    MMP

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebab miskin bajet ciput di makan curut...

      Hapus
  9. Manakala kapal Malon usang semua missile usang dan expired hanya ada meriam jadi kapal ww2 wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  10. APA INI LOOOOON MALOOON...BANGKRUT KAUUU 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    https://www.liputan6.com/global/read/5182355/utang-malaysia-capai-rp-52-kuadriliun-pm-anwar-ibrahim-perintahkan-hal-ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Menteri keuangan mengatakan bahwa warga Malaysia tidak boleh berpuas diri dan hidup "seolah-olah tidak ada masalah".

      Mana ni gempork

      Hapus
  11. Mantebbbb... exo blok 3duarrrrr !

    BalasHapus
  12. PKR class sudah full armament semua ya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berbanding Kedah class, dari lahir FBNW, sampai tua uzur usang pon masih FBNW..

      Wakakakakakakaak

      Hapus
    2. Sudah di test semua...yg belum di test kapal melon yg jadi targetnya.

      Hapus
  13. KD maharagel juga uji coba penembakan rudal exocet blok 4..
    Tapi di alam GOIB
    Heheh

    BalasHapus
  14. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://www.indomiliter.com/malaysia-resmi-order-18-unit-fa-50-fighting-eagle-separuh-pembayaran-via-barter-minyak-kelapa-sawit/&ved=2ahUKEwithPfQmO3_AhVmSGwGHVuiAMwQFnoECA4QAQ&usg=AOvVaw21yYDUmZXXFa3MSQrI1cVm


    KIRAIN FA50 NYA CASH..TERNYATA BARTER MINYAK SAWIT..50%NYA PEMBAYARAN GUNA MINYAK SAWIT.....MISKIIIIIIIIN


    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔

    WKWKWKWKWKWKWKKWKWKKWKWKKWWWKKWKWKWKWKWKWK

    BalasHapus
  15. BEDA KASTA WKWKWKWKWK

    INDONESIA
    42 RAFALE
    36 F15EX
    12 MIRAGE 2000-5
    12 MIRAGE 2000-9
    KFX BORAMAE

    MALONESIA
    32 RAFALE (VERSI MIMPI)
    33 F18 KUWAIT (VERSI DI TOLAK)
    18 FA50 (VERSI AKAN + BARTER SAWIT)
    4 BLACK HAWK (VERSI SEWA)

    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔

    WKWKWKWKWKWKKWKWWKWKWKWWKWKKWKWKKWKWK

    BalasHapus
  16. JET PEJUANG VERSI BARTER SAWIT...

    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔

    WKWKWKWKWKWKKWKWWKWKWKWWKWKKWKWKKWKWK

    BalasHapus
  17. Ini sasaran rudal kapal sesungguhnya, bukan jarak dekat & pakai ponton drum macam Malon guys


    Wakakakakkkkak

    BalasHapus
  18. Malon mana punya Exocet MM40 Block 3...

    Malon Block 2 pon habis & expired..
    Hahaaaaa...

    BalasHapus
  19. GEMPURWIRA1 Juli 2023 pukul 11.49
    BEDA KASTA.. Si kaya dan si miskin

    INDON KUAT HUTANG ..HAHAHAHAHHA
    6 RAFALE - WANG MUKA saja NGUTANG
    36 F15 EX - Belum ada MEMBUAL itu pun mau NGUTANG FMS
    12 MIRAGE 2000-5 - RONGSOK beli NGUTANG
    12 MIRAGE 2000-9- RONGSOK AKAN dan pasti versi NGUTANG
    KFX BORAMAE - KOREA TAGIH BAYAR HUTANG KFX

    MALAYSIA
    18 FA50 BLOCK 20 (CASH)
    2 BUAH LEONARDO ATR72 MPA (CASH)
    3 BUAH UAV TAI ANKA S (CASH)
    4 BUAH HELIKOPTER BLACK HAWK SEWA CASH


    NEGARA MISKIN MANA PUNYA CASH...BELI SIKIT SAJA MUSTI BARTER SAWIT...


    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔

    WKWKWKWKWKWKKWKWWKWKWKWWKWKKWKWKKWKWK

    BalasHapus
  20. Nampaknya setelah ini VL Mica kembali diujicoba..

    Berbanding malon sign VL Mica versi GHOIB

    Hahahaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya VL Mica sudah diuji....sekarang gongnya Exocet MM40 Blok 3...

      Hapus
    2. Bisa jadi om di tembakan lagi.. nanti pas Latgab TNI

      Hapus
  21. "..Republik Ceko telah mendapatkan persetujuan dari Departemen Luar Negeri AS untuk mendapatkan 24 unit jet F-35, mesin, suku cadang, serta persenjataannya.
    Pengumuman telah disampaikan oleh Badan Kerja Sama Pertahanan Keamanan (DSCA) AS pada 29 Juni 2023..."

    =====
    Langsung di acc, karena NATO..
    Padahal sebelumnya cuma pakai Gripen lawas sewaan...

    Wakakakakkkaak

    BalasHapus
  22. Beruk Gempurwaria gak ngetroll gak asyik. Ayo Pork tunjukan kerasukanmu buat bahan gelak tawa.wk.wk.wk

    BalasHapus
  23. Ceko bukan sekutu dekat US,tpi ceko sekutu nya Nato heheh

    BalasHapus
  24. Harganya muahal ..... USD 260 juta sebiji .....

    BalasHapus
  25. Andaikan PKR class di lanjutkan 2 lgi mungkin kita sudah punya 4 unit,

    BalasHapus
  26. Ini baru exercise yg menggerunkan boleh lancarkan misil anti kapal terbaharu, bukan cem negara miskin sebelah tuh exercise pun cuma sailing pass antar kapal GUN BOAT ngoahahaha 😀😂

    BalasHapus
  27. SELAMAT KRI GNR ATAS KESUKSESANNYA MENEMBAKAN
    EXC'T MM 40-3 JUGA UNTUK SEMUA ARMADA & UNSUR² YANG TERLIBAT YANG SUKSES DI LATIHAN ARMADA JAYA .

    "JALES VEVA JAYA MAHE "

    IGNR 🇮🇩

    BalasHapus
  28. Sesss... Sesss.. Tok mad semenanjung senggol dikit ngecesss...

    BalasHapus
  29. KRI.GNR....nembak rudal exocet MM40 B3....ke ex. kapal perang tepat sasaran....bukan nembak contàiner ya purr....Jalasveva Jayamahe...

    BalasHapus
  30. Negri Jiran jugak punyak kapal perang afkir yg bakal dijadikan target penembakan rudal otomat.....namanya KD KARANG PEKOK 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. KD YU, Laksamana Class, Lekiu, Handalan Class, Kedah Class, Keris Class semuanya ompong jadi sasaran latihan tembak bagus itu...

      Hapus
  31. Gank GORILLA longor sebelah tak berani ngetroll kat artikel ini ngoahahaha 😂😀

    BalasHapus
  32. Wuzzzz.....bllemmm !!! KD maharjele hncur
    Upss hihihi

    BalasHapus
  33. Perawatan nya mehong juga 😄

    BalasHapus
  34. Gank sebelah kicep setelah kemarin unjuk gigi Lekiu luncurkan rudal usang blok II dibalas dengan KRI Marthadinata MM 40 Blok III dengan sasaran kapal bukan contena....jarak jauh tanpa bantuan minyak dari NATO alias uang sendiri bukan nebeng....

    BalasHapus
  35. Maaf koreksi KRI I Gusti Ngurah Rai , lai kali latihannya di Laut Natuna Selatan, Selat Malaka atau Laut Sulawesi biar panas dingin jiran....sekali kali juga di Laut Aru biar Australia lihat...

    BalasHapus
  36. Ngomong2 maharalelah kok belum main air.....takut dingin yaa.....

    BalasHapus
  37. Kabar menggembirakan dari Arab Saudi untok Malaysia minggu ini ...

    Arab Saudi sudah konfirmasi nak menghibahkan secara FREE 36 unit F-15 mereka kepada Malaysia secara bertahap mulai 2004 ,,,,

    Malaysia menjajagi hal ini sejak 2021 sebagai option kegagalan Malaysia mendapatkan F/!* Hornet dari Luwait .....

    JIka hal ini terwujud mulai tahun dean .. maka TUDM akan kembali menjadi air forc terkuat di Asia TEnggara dan juga menjadi tlang punggug kekuatan udara bagi FPDA yang selama ini dipegang oleh Singapore dan Australia....

    BalasHapus
    Balasan
    1. LAWAK MENGGELIKAN HARI INI DARI MALON MAHAWANGSA
      HAHAHAHAHA

      Hapus
    2. Malo Pagi pagi sudah halu 🙂

      Hapus
    3. Kalau menghisap DADAH jangan kepagian....HALU deh tuuuh 😁😄😄

      Hapus
    4. Halunisasi Si Miskin kuat MEMBUAL & NGUTANG ngoahahaha

      Hapus
    5. ANWAR BERKATA .....
      Anwar said he had been astonished to see a navy frigate dating from the 1970s on display at the recent LIMA maritime and aerospace expo in Langkawi
      “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi.....
      🔥KAPAL USANG = TIDAK MEMBAYAR HUTANG🔥

      Hapus
    6. Lawakan usang dan berulang dari Malon mahadungu

      Hapus
  38. Ini link nya biar mantap 😂😂🔥🔥🔥

    https://youtu.be/LhnHnX8V4IY

    Seeeeessstthhh blaaamm 🔥🔥🔥🔥😂👍

    BalasHapus
  39. Beda memang dengan sebelah SEMBANG dengan Rudal EXOCET MM40 EXPIRED yang coba rudalnya haya separuh dari jarak semestinya ( 30 km ) kalau lebih dari itu ngak sampai sasaran Countainer ( maklum MISKIN, beda KASTA )......JIAHAHAHAHA 😁😄😂😂🤣🤣

    BalasHapus
  40. TIM ELIT 🇲🇨 ujicoba senjata baru dan TIM SULIT 🇲🇾 ujicoba senjata EXPIRED 😛😛🤪🤪😝

    BalasHapus
  41. Alhamdulillah,,Sukses penembakan Rudal nya langsung ke sasaran kapal sungguhan bukan kontainer apung,,,JAYA 3X TNI AL! 👍😎

    BalasHapus
  42. Rudal MICA VL sudah ujicoba lalu EXOCET MM40 B3.....selanjutnya rudal NSM dooong......JIAHAHAHAHA 😀😀

    BalasHapus
  43. Saya KIRA RUDAL TAMING SARI HOME MADE NEGARA MALAS YA,

    BalasHapus
  44. Lihat video penbakan rudak exocet MM40 B3....Gempurwària dan gank malingCHIA nangis di jamban...wkwkwkwk

    https://youtu.be/LhnHnX8V4IY

    BalasHapus
  45. ANWAR BERKATA =
    “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus....
    “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi....
    🔥BERUK KERASUKAN🔥

    BalasHapus
  46. Usul saja, mungkin perlu dicoba untuk penembakan semacam itu sekali-sekali memakai kapal yang lengkap sistim anti rudalnya.

    BalasHapus
  47. Coba Rudal nya diarahkan sikit ke KL .. disana banyak wargaNYET dan WargaBeruk hahahaha

    BalasHapus