10 November 2023

Harga Maung Akan Lebih Murah dan Content Lokalnya Naik Jadi 92 Persen

10 November 2023

Pindad Maung 4x4 (photo : Pindad)

Konten Lokal Mobil Maung 73 Persen, Tahun Depan Naik Jadi 92 Persen

Jakarta - Kendaraan taktis (rantis) Maung buatan PT Pindad dibangga-banggakan oleh Prabowo Subianto. Prabowo menilai Maung sudah menyerap banyak komponen dalam negeri.

Menurut Prabowo, saat ini Maung sudah menggunakan 73 persen komponen dalam negeri. Ratusan perusahaan lokal dilibatkan untuk membuat mobil Maung. Diharapkan, harga Maung ke depannya akan lebih murah.

"Ini sekarang local content-nya sudah 73 persen di Indonesia. Dan ini sudah mengikutsertakan kurang lebih 133 perusahaan (dalam negeri), yang buat kabel, yang buat jok, kursi, semuanya, sudah ada 133 perusahaan. Dan ke depan, bisa lebih murah, akan lebih murah (harga mobil Maung)," kata Prabowo dalam acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Menara Bank Mega, Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Tingkat komponen dalam negeri (TKDN) pada Maung buatan Pindad itu akan naik tahun depan. Nantinya, Prabowo menyebut Maung akan menggunakan mesin buatan dalam negeri.

"Mungkin tahun depan kita akan bikin-untuk pertama kali dalam sejarah Indonesia-pabrik mesin di Indonesia. Nanti ini kontennya (lokalnya) akan jadi 90 persen, 92 persen," ucap Prabowo.

Untuk saat ini, Maung dibekali mesin diesel yang berasal dari Toyota Hilux berkapasitas 2.494 cc. Pindad Maung bisa dipacu hingga kecepatan 120 km/jam.

Soal harga, Prabowo menyebut Maung memang masih relatif lebih mahal dibanding mobil asing. Meski begitu, ke depan harga Maung bisa lebih murah lagi.

"Memang belum bisa bersaing ekonomis, saya akui. Saya dihadapkan harus milih ada jip buatan negara lain harganya 20 ribu dolar, yang kita bikin sendiri harganya 59 ribu dolar. Kalau kita lihat efisiensi, kalau kita lihat hitungan bisnis, ya beli aja yang 20 ribu (dolar). Tapi ini tidak mendorong nation building, ini tidak mendorong Indonesia menuju negara makmur, ini tidak mendorong Indonesia berdiri di atas kaki kita sendiri. Jadi saya ambil keputusan, bikin, kasih kontrak yang 60 ribu dolar," ucap Prabowo. (Detik)

Pindad Maung 4x4 (photo : Pindad)

Tahun Depan Bangun Pabrik Mesin, Prabowo Sebut Maung Bakal Lebih Murah

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkap harga kendaraan taktis ringan (rantis) Maung buatan Pindad lebih mahal dari jip militer sejenis buatan luar negeri. Namun dia mengatakan hal itu akan berubah tahun depan seiring penambahan komponen lokal.

Prabowo saat berbicara di acara Sarasehan 100 Ekonom 2023 yang disiarkan online oleh INDEF di Youtube pada Rabu (8/11) mengatakan saat ini kandungan komponen lokal Maung 73 persen.

Produksi Maung disebut sudah melibatkan kurang lebih 133 perusahaan lokal. Mereka dikatakan penyedia komponen seperti kabel dan jok.

"Ke depan bisa lebih murah, akan lebih murah. Dan mungkin tahun depan kita akan bikin untuk pertama kali dalam sejarah Indonesia pabrik mesin di Indonesia," ujar Prabowo.

"Nanti ini kontennya akan 92 persen," ungkap dia.

Prabowo mengatakan memerintahkan pembuatan Maung atas petunjuk dari Presiden Joko Widodo. Saat ini Maung sudah diproduksi tetapi dia mengungkap harganya masih lebih tinggi ketimbang jip militer negara lain.

"Saya dihadapkan harus memilih, ini ada jip buatan negara lain, harganya 20 ribu dolar. Yang kita bikin sendiri harganya 59 ribu dolar," ungkap Prabowo.

"Kalau kita lihat efisiensi, kalau kita lihat hitungan bisnis, ya beli yang 20 ribu tapi ini tidak mendorong nation building. ini tidak mendorong Indonesia menuju negara makmur. Ini tidak mendorong Indonesia berdiri di atas kaki kita sendiri. Jadi saya ambil keputusan, bikin. Kasih kontrak yang 60 ribu dolar," lanjut dia.

Pindad, perusahaan pelat merah khusus persenjataan, pernah mengungkap pada September telah mendapat pesanan 5.000 unit Maung dari Kementerian Pertahanan.

Maung adalah kendaraan militer 4x4 yang didesain menyerupai SUV dengan perlengkapan persenjataan. Pindad juga sudah membuat prototipe Maung versi sipil dan listrik tetapi belum sampai ke tahap produksi.

(CNN)

92 komentar:

  1. Balasan
    1. eeiitt tidak hanya mesin, tapi chasis jugak haha!🤭🤭🤭

      Hapus
  2. Jauh lebih murah buatan luar ?
    Jangan bandingkan dengan produk China yang pasti memang jauh lebih murah...
    Percaya diri saja dengan buat mesin lokal.
    Pasti banyak peminat dari pasar dalam negeri.dan jangan lupa desain interior dibuat nyaman dan elegan, agar masyarakat sipil juga tertarik untuk membelinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak laah kalo china..

      ===
      "..Wrangler Rubicon has a base MSRP of $45,990 for the two-door version, $49,990 for the four-door model and $61,180 for the 4xe..."

      ===
      Land Rover, misalnya Defender mestinya juga kisaran itu

      Hapus
    2. Dengan catatan itu versi sipil, kalo versi tactical military vehicle jauh lebih mahal.

      Dan mestinya, Maung yang dipesan Kemhan kan spek militer, bukan sekedar di cat ijo doang, jelas aja lebih mahal.

      😅

      Hapus
    3. Mau dipasarkan utk masyarakat sipil.....🤔

      Langkahi dulu mayat totoya.....wong pake basis produk totoya tanpa ijin kok ☝️

      Nich 👇 link nya

      https://www.facebook.com/share/r/uNdgcjMRJyHG6Rmb/?mibextid=WONMBb

      Hapus
    4. Opo-opo ki waton iso cengli Karo purahe mesti aman......🙄

      Hapus
    5. eitttt soal produksi mesin, ini hal yg paling rumit.
      semua produsen kendaraan sperti: toyota, mitsubishi, isuzu, peugot, mercy, wuling pun tak mampu produksi 100% mesin sendiri.
      ada komponen laen yg diproduksi vendor rekanan mrk.
      semisal: alternator, karburator, radiator, pompa air, pompa bensin, fan motor, filter udara, filter oli, busi, kabel dan berbagai macam instrumen kelistrikan sampe ke batere.
      ini semua komponen yg uda jadi sbg pendukung mesin.
      tentang jeroan mesin, bagian part2nya lebih rumit lagi, dari baut, kabel sampe ke metal..ntuw suplayernya beda lagi.
      prinsipal mach enak tinggal asembling & cap merek trus bayar paten haha!🤭🤭🤭

      itu sebabnya kalo mao bikin 1 mesin ajah buat balik modal sangat mahal.
      supaya harga murah harus diproduksi massal.
      makanya produk militer biasanya lebih mahal drpd sipil.
      produksi sipil bisa jutaan unit, militer kan gak mungkin diangka ituw haha!😋😋😋

      Hapus
    6. Kata pak Jokowi sm pak Wowo berapa unit klu mesin sendiri maungnya 10000 tp batc 1 5000 unit setidaknya kapan lg Indo bikin pabrik mesin biar kemandirian maksimal

      Hapus
  3. Kadang Yen nyimak pekabaran neng negarane Dewe ki nyok marahi awang-awangen.....tingkat kesiapan operasional aset artileri lan roket cendek banget, opomeneh tumrape aset anyar lan modern koyoto Astros lan Caesar 🙄

    Lha kok mung RANDIS wae digedek-gedekke.....tur hi-spec 😞

    BalasHapus
  4. Bikin mesin mobil sendiri..?? Mantap kalau benar..soalnya ga kedengeran kabar tiba2 mau bikin pabrik mesin mobil sendiri...hasil RE atau lisensi..tp apapun itu kita dukung..👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa yg sifatnya janji/harapan harus terlaksana tahun depan.....kenapa ga sekarang aja, bukane lebih cepat lebih baik kata pak JK 🤔

      Hapus
  5. belum apa apa sudah ada masalah izin....HAHAHHAAH
    gorilla...gorilla....ada ada saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monyet gak akan mampu samai industri militer indonesia.
      LOl😂

      Hapus
    2. Tapi hatimu nangis jiwa orang Malon bergetar mendengar melihat Indonesia akan bikin pabrik mesin

      Hapus
  6. 60.000 USD sekitar Rp 900 juta. Mahal juga. Tapi klo spek nya lebih tinggi dari sipil ya wajar saja lah.
    Toyota hilux saja harganya antara 300 sd 800 juta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan speks militer om,
      Soal harga, Prabowo menyebut Maung memang masih relatif lebih mahal dibanding mobil asing. Meski begitu, ke depan harga Maung bisa lebih murah lagi.

      Hapus
    2. Beda spek militer sama sipil apa?

      Dalam dunia penerbangan, spek militer biasanya lebih mahal karena limited production. Selain itu, juga tidak cocok buat standar safety sipil atau masalah efisiensi bahan bakar.

      Masalah efisiensi bahan bakar kayaknya sama pada mobil. Sisanya kurang tahu.

      Hapus
    3. Yang jelas pengujiannya standar militer/Pindad..

      Tauk' tuuh, apaan aja itemnya

      Hapus
  7. HAHAHAHAH.... minta izin dulu la GORILLA

    BalasHapus


  8. Soal harga, Prabowo menyebut Maung memang masih relatif lebih mahal dibanding mobil asing. Meski begitu, ke depan harga Maung bisa lebih murah lagi.

    BalasHapus
  9. Lah ada monyet kepnasan.
    Industri malon tiada apa nya..
    Yg ada kapal mangkrak 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  10. Tuh lon..selesaikan dulu kapal mangkarak nya...
    IQ berukk wkwkwk

    BalasHapus
  11. Mang yg 20rb doller itu jip jenis apa to,?.

    BalasHapus
  12. Orang pake senjata yg pasti mahal to,yg penting kualitas nya,yg murah belum tentu kualitas nya bagus dan kira2 jip militer apa yg harganya 20rbun dollar

    BalasHapus
  13. Jip maung Morinio kerenn seh,Malon makin dengki kohkohkoh

    BalasHapus
  14. ternyata belum dapat izin TOYOTA...HAHAHAHAHAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. 100% TIDAK BAYAR HUTANG 2023 = “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      ---
      52,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2022 = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
      ---
      50,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2021 = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
      ---
      60% HUTANG BAYAR HUTANG 2020 = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang sedia ada pada tahun lalu, berbanding bagi perbelanjaan pembangunan.
      ---
      59% HUTANG BAYAR HUTANG 2019 = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
      ---
      OPEN DONASI 2018 = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang untuk membantu negara membayar utang yang mencapai 1 triliun ringgit (US$ 250,8 miliar) atau 80 persen dari PDB.
      🤣2023-2018 NEGARA BERHUTANG BAYAR HUTANG🤣

      Hapus
  15. PERASAAN ITU MAUNG DIBUAT TIDAK BERDASAR PERINTAH LHO , ANEH ?
    AWALNYA TIDAK SEPERTI ITU BERASAL DARI TENTARA PADAHAL ASING MESIN ITALI , MAKSA BUAT 5000 UNIT UNTUK APA MASIH BANYAK ALUTSISTA UTAMA DI PENTINGKAN TERLEBIH ANOA , BADAK TANK DSB.
    HARGA DI TENTUKAN IDEALNYA DITENTUKAN PABRIK JUGA MEMPERTIMBANGKAN TINGKAT KEMUTAKHIRAN ,INI BUAT APA AN TIDAK JELAS BEGINI DALAM PENENTUAN HARGA NYA, PRABOWO KESANNYA MAKSA MAUNG LAKU TIDAK SESUAI KEBUTUHAN ADA HAL MENCURIGAKAN INI ?
    SAMBIL HAMBAT PRODUK UTAMA PINDAD YANG ADA DI PERIODE SEBELUM SEKARANG TIDAK DI JUAL ATAU DI BELI ,TERMASUK MISAL SANCA KATANYA BUTUH KELAS BUSH MASTER , ANOA JUGA BADAK DSB HAL PRIMER DI ABAIKAN HAL BERSIFAT TERSIER DI JADIKAN UTAMA, INI KENAIKAN PENDAPATAN PALSU NAMANYA ,IBARAT ADA ORANG PUNYA RESTAURANT DIBELI SENDIRI & NGAKU LAKU KERAS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MOBIL JEEP LISTRIK BUKAN MAUNG SEENAKNYA SAJA AMBIL PRODUCT UNTUK SEOLAH PRODUCT PRABOWO , ITU MORINO JEEP 4X4 BUKAN MAUNG ! KOK JADI DI CLAIM MAUNG TIBA².
      BEDA YANG LISTRIK MORINO ITU ASLI BUATAN BANGSA INDONESIA DARI PT PINDAD.

      Hapus
    2. BEDA TAMPILANNYA JUGA MORINO & MAUNG LEBIH SANGGAR MORINO JELAS SEDANG TREND KELAS LISTRIK ITU , AMERIKA SERIKAT PUN BARU KELUARKAN JUGA 4X4 JEEP EV SETELAH MORINO.

      Hapus
    3. Bisa kasih penjelasan lebih simpel? Kalau bisa tanpa CapsLock.

      Hapus
    4. nach kan om tsotau uda nulis panjang ketauan 1cc haha!🤣🤣🤣
      jeep ituw brand/nama paten produk chrysler amerika haha!😉😉😉
      noh buktinya:https://www.jeep.com/

      Hapus
    5. OM PAL

      TUH TSOTO AMU PAKAI NAMA JEEP, SONO BELI DULU.

      😂😂😂

      Hapus
    6. AWALNYA TIDAK SEPERTI ITU BERASAL DARI TENTARA PADAHAL ASING MESIN ITALI ,
      --------------------------

      om irs, om acno..coba tanyaiin ke om tsotau apa nama mesin itali? apakah ferarri, masserati ato bahkan lambo..wahh bisa temenan ama hotman parise donk haha!🤣🤣🤣
      baca tulisan doi makin lama naek darah..arap makloum haha!🤪🤪🤪

      Hapus
    7. emang sengaja om acno, smua supercar..halunya doi parah bner haha!🤭🤭🤭

      Hapus
  16. Indonesia memanglah Indonesia selalu berinovasi mantaaap 👍👍👍, kalau sebelah hadeeeeh jauuuuuh 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  17. 100% TIDAK BAYAR HUTANG 2023 = “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ---
    52,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2022 = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    ---
    50,4% HUTANG BAYAR HUTANG 2021 = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    ---
    60% HUTANG BAYAR HUTANG 2020 = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang sedia ada pada tahun lalu, berbanding bagi perbelanjaan pembangunan.
    ---
    59% HUTANG BAYAR HUTANG 2019 = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    ---
    OPEN DONASI 2018 = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang untuk membantu negara membayar utang yang mencapai 1 triliun ringgit (US$ 250,8 miliar) atau 80 persen dari PDB.
    🤣2023-2018 NEGARA BERHUTANG BAYAR HUTANG🤣

    BalasHapus
  18. HARI PAHLAWAN/INDONESIAM HEROES DAY & JUM'AT BERKAH

    WAKTUNYA SHOPPING 5000 LIGHT ARMORED VEHICLE MAUNG 4x4


    MANTAP

    ELANG HITAM SIAP TERBANG GUYS.. UJI MESIN DAH HAMPIR SELESAI.. TINGGAL WAKTUNYA FLY


    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0r788o65RAvfUZ4fteyL65ac2fZAqFNxkDcfw6VBwNaWrsf6ub968ooNSGDkYx1zDl&id=100064152364677&mibextid=Nif5oz

    (GROUND RUNNING DAH HAMPIR SELESAI.. BULAN INI FLY)

    BalasHapus
  19. apakah maung akan jd hummernya Indonesia dan suatu saat akan dibuat versi sipilnya jg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau di HUMMER-kan, mesin 2500cc (standar) jauh dari kata cukup...😅😁

      Ini bandingannya :

      "...What engine is in a army Hummer?

      => 6500cc Diesel V8.."

      hampir 3x lipatnya bro...😁

      Hapus
    2. Lebih pas nya maung morino masuk Ranops para prajurit TNi

      Komodo 4x4 brp cc?

      Hapus
  20. Mesin bisa pakai mana ajak tolol...

    BalasHapus
  21. Tanda2 nih.... Semoga dipermudah

    https://www.zonajakarta.com/nasional/67310806283/pembelian-kapal-selam-untuk-jakarta-temui-titik-terang-setelah-dubes-prancis-kunjungi-kemhan-ini-bahasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.zonajakarta.com/nasional/67310806862/ceo-naval-group-sudah-bahas-pembayaran-scorpene-evolved-kapal-selam-tercanggih-prancis-jadi-indonesia-beli

      Hapus
  22. Apa2 yang Indonesia lakukan kamu hina Pur....seakan akan kamunpaling pinter dan sok tahu...padahal negaramu belum lakukan apapun selain impor...dan paling tinggi cuma assembly.....belum punya ilmu rancang bangun ....apalagi dirikunapa yang bisa kamu banggakan ....zonkntak ada ...hanya hina hina orang hidupnitu hendaknya bermanfaat bagi orang atau masyarakat jangan jadi benalu ...sampah masyarakat

    BalasHapus
  23. SELAMAT HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 1945.🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩

    Saat² 2 Jendral British MATI di tangan para Syuhada², para pejuang² kemerdekaan di Surabaya...

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. SELAMAT HARI PAHLAWAN
    PEMBUKAAN UUD 1945
    Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.
    ----
    KALO PERI-BERUKAN DI JAJAH 999 TAHUN 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  26. Hari dimana Jendral British junjungan negeri sebelah menemui ajalnya...😑

    BalasHapus
  27. SELAMAT HARI PAHLAWAN - PEMBUKAAN UUD 1945
    Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.
    ----
    KALO PERI-BERUKAN DAN PERI KERAAN SESUAI DI JAJAH 999 TAHUN 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruk semenanjung mana ada pahlawan pejuang kemerdekaan yang berjuang demi kemerdekaan,disana mana ada Tamam Pahlawan / heroes cemetary yang ada taman makam pesuruh ratu raja inggris...sangat tidak membanggakan sama sekali memalukan se kawasan

      Hapus
    2. Namany jug peri BERUKAN dan peri KERAAN

      Hapus
    3. Suruh buatin taman makam beruk bersarong saja cocok itu

      Hapus
  28. SELAMAT HARI PAHLAWAN - PEMBUKAAN UUD 1945
    Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.
    ----
    KALO PERI-BERUKAN DAN PERI KERAAN SESUAI DI JAJAH 999 TAHUN 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  29. Khan sesuai dengan peri BERUKAN dba peri KERAAN yaaa di jajah 999 tahun slebewwww

    BalasHapus
  30. https://www.zonajakarta.com/nasional/67310799482/malaysia-mendadak-linglung-tak-tahu-mesti-berbuat-apa-saat-militer-indonesia-memperkuat-barisan-tempurnya

    Daripada bingung askar beruk mau ngapain,Sepertinya TNI akan membuka lowongan bagi askar beruk bersarong untuk menjadi umpan peluru dan test kecanggihan tempur TNI...

    BalasHapus
  31. HARI PAHLAWAN/INDONESIAN HEROES DAY & JUM'AT BERKAH

    WAKTUNYA SHOPPING 5000 LIGHT ARMORED VEHICLE MAUNG 4x4


    MANTAP

    ELANG HITAM SIAP TERBANG GUYS.. UJI MESIN DAH HAMPIR SELESAI.. TINGGAL WAKTUNYA FLY


    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0r788o65RAvfUZ4fteyL65ac2fZAqFNxkDcfw6VBwNaWrsf6ub968ooNSGDkYx1zDl&id=100064152364677&mibextid=Nif5oz

    (GROUND RUNNING DAH HAMPIR SELESAI.. BULAN INI FLY)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe .. Saya berani bertaruh bahwa Helang HItam akan berakhir hingga prototype saja dan seterusnya masuk storage atau muzium ,,,,, Hehehehe

      Hapus
    2. Saya berani bertaruh, kalau Malon ituhanya jadi beban bagi FPDA. Karena Malin miskin, bodoh dan malas

      https://www.zonajakarta.com/nasional/6739933622/australia-mengeluh-alutsista-malaysia-usang-malah-jadi-beban-fpda-untuk-menghadapi-indonesia

      Hapus
    3. Nanti klu di produksi masal male Indonesia ini Nan..GIS..ss..

      Hapus
  32. Yang lain ada heroes day di setiap negara untuk memperingati perjuangan para pahlawannya hanya malon yang tidak punya heroes day yang ada hari peringatan kenaikan tahta raja dan ratu inggris saja...hahahaha kasihan mental babu negara ga punya kemerdekaan

    BalasHapus
  33. SELAMAT HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 1945 - 10 NOVEMBER 2023 .
    SIKAP TEGAS BANGSA, NEGARA, DAN RAKYAT INDONESIA ADALAH :

    Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

    BalasHapus
  34. Lawak betol Indin ini klaim local content Maung Pindad sudah 92% .... Hehehehe

    Hal ganjil itu juga akan sama lawaknya ketik KF-21 diklaim sebagai mahakarya anak bangsa Indo ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ....KACIAN DECH LO.....SLEBEWWWWW....

      HAHAHAHAHA....GAGAL TOTAL FRAMING NICH YEEEEE.........WKWKWKWKWKWKWK

      Hapus
    2. Kalah duit ? Bukan cuma kalah duit, bangsa Malon itu pemalas dan bodoh2.

      https://www.zonajakarta.com/nasional/67310793668/kalah-duit-dari-indonesia-anggaran-pertahanan-malaysia-jebol-gegara-operasikan-mig-29-dari-rusia?page=2

      Hapus
    3. Mahakarya malon kapal perang mampu berlayar di daratan selama bertahun tahun tahniah hebat guiness world record

      Hapus
    4. Melon Emang bangsa pelawak kelas kakap .. LCS gagal Total masih mau dipaksakan untuk.lanjut 😀😀..patutlah Wang di songlap besar besar oleh UMDOG

      Hapus
    5. Orang Indonesia realistis tidak seperti orang Malon seperti katak dalam tempurung

      Hapus
  35. VIDEO DOKUMENTER PERANG 10 NOVEMBER 1945 DI KOTA SURABAYA :

    SELAMAT HARI PAHLAWAN

    SIKAP TEGAS BANGSA, NEGARA, DAN RAKYAT INDONESIA ANTI KOLONIALISME DAN IMPERIALISME yang dilakukan oleh SEKUTU/BELANDA/NICA UNTUk MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA.

    https://www.youtube.com/watch?v=1NMn88jggDc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu-satunya jenderal yang mati di perang dunia ke 2 tuannya beruk

      Hapus
  36. VIDEO DOKUMENTER:
    PERANG TENTARA INDONESIA MELAWAN MARINIR BELANDA DI SURABAYA (1946)

    https://www.youtube.com/watch?v=quE7Ghu-PAM





    BalasHapus
  37. VIDEO DOKUMENTER:
    PERTEMPURAN PASUKAN PEJUANG INDONESIA DENGAN PASUKAN INGGRIS DI KOTA GRESIK (1946) PASCA PERANG SURABAYA

    https://www.youtube.com/watch?v=Vw6jktWGNpc&t=8s

    BalasHapus
  38. KLAIM SHOPPING =
    2023 SEWA 4x4 = Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula
    2023 SEWA HELI = Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
    2022 SEWA HELI = 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang akan ditempatkan di No.3 Skuadron, Pangkalan Udara Butterworth
    2022 SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
    2022 SEWA BOAT = sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
    2022 SEWA MOTOR = The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT Superbikes for the Enforcement Motorcycle Squad on December 22nd, 2022
    2020 SEWA PESAWAT = ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario. ITTC operates a fleet of Aero Vodochody L-39 featuring upgraded avionics for the FLIT programme
    2016 SEWA HIDROGRAFI = tugas pemetaan data batimetri bagi kawasan perairan negara akan dilakukan oleh sebuah kapal hidrografi moden, MV Aishah AIM 4, yang diperoleh menerusi kontrak sewaan dari syarikat Breitlink Engineering Services Sdn Bhd (BESSB)
    🤣2023-2016 LEASE SEWA🤣

    BalasHapus
  39. Om pal

    Tadi kelupaan atu mesin lagi daripada Itali MESIN IVECO

    😂😂😂

    BalasHapus