31 Mei 2016

Pesawat F-5 Sudah Di-grounded, Penerbang F-5 Dipindah ke Sukhoi dan F-16

31 Mei 2016


F-5 Tiger TNI AU satu demi satu di-grounded. Indonesia membeli 16 F-5E/F Tiger pada tahun 1980, yang terdiri dari 12 F-5E kursi tunggal dan 4 F-5F kursi ganda. (photo : Eddy Februanto)

Babel - TNI AU telah mempensiunkan pesawat tempur F5 dan akan segera membeli 8 pesawat jet Sukhoi Su-35 serta pesawat F16 dari Amerika. Pembelian kedua jenis pesawat tempur tersebut pernah diungkapkan oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu beberapa waktu yang lalu namun hingga saat ini belum ada kejelasan siapa pengganti alusista F5 dan apakah Sukhoi atau F16 yang akan menjadi penggantinya.

"Insya Allah ada pengganti F5 dan Insya Allah ada tambahan pesawat-pesawat angkut, helikopter dan semua sedang diproses oleh Kemhan," kata Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriyatna di AWR Buding, Bangka Belitung, Selasa (31/05/2016).

Meskipun telah rest in peace, namun TNI AU yang belum juga menanadatangi kontrak ke kedua pesawat yang rencana pembeliannya nanti akan disaksikan oleh Presiden Joko Widodo ini telah memastikan para penerbang akan siap ketika pesawat tersebut tiba di Indonesia.

"Kan para penerbang sudah kita latih terbang di Sukhoi, ada juga yang di F-16 untuk pesawat-pesawat pengganti F5 nanti, nah penerbang-peneebang di F5 nanti ikut latihan di Sukhoi dan F-16," terang Agus.

Agus menambahkan bahwa pilot yang dilatih ini disiapkan untuk melaksanakan konversi di pesawat-pesawat yang akan digunakan di masa mendatang. Dia juga memberi keterangan mengenai kondisi terakhir dari F-5.

"Untuk F-5 kita lihat situasi dan kondisinya, satu-satu udah kita grounded," tutup Agus.

(Detik)

3 komentar:

  1. dikiloin aja nih pesawat :D.

    BalasHapus
  2. f16 lagi?? pesawat rongsokan zaman pra sejarah gitu udah kebakaran kemarin masi belum belajar?

    BalasHapus
  3. SAAB Jas 39 Gripen juga oke banget tuh hihihihihi

    BalasHapus