03 Agustus 2017

Ujicoba Radar Baru Satradar Congot, Pesawat Singapura Terpantau

03 Agustus 2017


Radar Weibel MR2 - primary radar Satradar 215 TNI AU (photo : RRI) 

KULONPROGO, suaramerdeka.com – Radar baru Weibel MR2 di Satradar TNI AU 215 Congot di Jangkaran, Temon, Kulonprogo dilakukan ujicoba, Selasa (1/8). Dalam ujicoba yang disaksikan oleh Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas), Marsda TNI Yuyu Sutisna tersebut, radar berfungsi baik. Bahkan berhasil memantau pesawat Singapura yang lewat.

Marsda TNI Yuyu Sutisna mengatakan, ujicoba sudah mulai dilakukan sejak seminggu lalu. Ada pun ujicoba Selasa (1/8), dilakukan dengan menuntun atau meng-guide pesawat tempur yang diterbangkan dari Lanud Iswahyudi, Magetan. Pesawat tersebut terbang sampai sejauh 150 naute mil ke selatan dan ternyata penangkapan radar baru tersebut masih bagus.

“Dua kali kami lakukan, pagi tadi dan siang ini. Hasilnya cukup memuaskan,” kata Marsda TNI Yuyu Sutisna.

Bahkan dalam ujicoba itu, juga berhasil memantau pesawat Singapura yang lewat.

“Tadi waktu ujicoba, di selatan ada tiga tadi pesawat Singapore lewat menuju Australia, semua bisa terpantau dengan baik,” ungkapnya.

Marsda TNI Yuyu Sutisna memaparkan, sejalan dengan pembangunan bandara internasional di Kulonprogo, Kepala Staf Angkatan Udara atas izin Panglima TNI memberikan kebijakan untuk mengganti radar lama yang ada di Satradar Congot. Radar yang lama merupakan buatan tahun 1960-an, sehingga sudah tidak begitu efektif.

“Pada intinya TNI Angkatan Udara siap memback-up dengan pembangunan bandara di Kulonprogo ini untuk mengawasi ruang udaranya,” tuturnya.


Radar MSSR 2000 - secondary radar Satradar 215 TNI AU (photo : RRI)

Radar baru juga digunakan untuk pemantauan sekolah penerbang, sekolah instruktur penerbang, serta sekolah navigator yang ada di Lanud Adisutjipto Yogyakarta, untuk melihat situasi ruang udara latihan mereka. Radar baru bahkan juga bisa mengcover tiga per empat daerah latihan Lanud Iswahyudi dan 50 persen daerah latihan Lanud Abdul Rahman Saleh, Malang.

“Kota-kota jelas, Semarang, Jogja, Bandung wilayah selatan, Cirebon ke selatan semua bisa tercover dari sini. Sejauh dari sini 240 nautical mill atau kurang lebih 450 km dari titik ini kami bisa memantau,” paparnya.

Terkait kerawanan infiltrasi di wilayah selatan Jawa, Yuyu Sutisna menambahkan, pihaknya melakukan antisipasi. Karena wilayah selatan merupakan perairan terbuka dan sering juga kapal induk lewat, serta kapal-kapal dagang yang membawa helicopter.

“Kami melakukan pengawasan seperti itu di wilayah selatan ini. Tapi kita tahu, wilayah selatan ini terbuka, kita harus betul-betul antisipasi adanya infiltrasi dan sebagainya, sejauh ini belum ada,” imbuhnya.

Di wilayah Jawa sendiri ada tiga radar, yakni di Pelabuhan Ratu, di Satradar Congot, serta di Ngliyep di selatan Malang.

Sebelumnya, Komandan Satradar TNI AU 215 Congot, Mayor Lek Joko Dwi Maryanto mengatakan, keberadaan radar baru tersebut sangat penting untuk pertahanan udara dan mengamankan perbatasan laut mau pun udara. Apalagi Indonesia di sisi selatan berbatasan dengan Australia. Radar tersebut bisa mendeteksi infiltrasi atau pesawat yang dengan sengaja terbang melewati batas wilayah udara NKRI dengan mematikan transponder.

(Suara Merdeka)

44 komentar:

  1. Hahahahah...@AP naruh jemuran aja kelihatan dr congot, wueeeeedan (AP sing wuedan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hish...english bro english..i cant understand you..

      Hapus
    2. Heeee...maklum ente rodo gendheng, aku yo ra mudeng boso londo

      Hapus
    3. hahaha..saiki jamane wong podo gendheng kabeh mas bro..yo wes..harus ikuti perkembangan jaman..jare pak jokowi..kalau lambat..ketinggal kita..

      Hapus
    4. (Blaik), kok iso coro jowo..

      Hapus
    5. ah masa gak tau om smili, om ap biasa kopi darat ame tkw,mayan kan ngelabaπŸ’‹gretongan haha!
      waks kabhhoorr dulu ach😝😝😝

      Hapus
  2. indonesia has one eye to watch singapore..singapore has 5 eyes to watch indonesia back...harharhar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ente salah wan @AP...kita udah lama punya 4 mata, ditambah 2-3 radar weibel, lewat tuh singapore

      Hapus
    2. 4 bro?? kok akeh tenan..kowe iku menungso opo genderuwo?? wakakakak

      Hapus
    3. Neng sebrang gak tau weruh acara "4 mata"ne thukul yo mas?

      Hapus
  3. Si Lem1 ketok ning radar gek kenthu karo makne... wkwkwk.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. A new fuc% pig in town is here.
      Hehehehe
      For the info. Of everyone here, this MIKAIL RAFAEL is a rapist..try to look at here profile and post, a lot of girl posing as nude.
      Hehehehe
      This is not the place for a criminal like Mikhail Rafale.

      Hapus
    2. Nopo panjenengan niku kesupen menawi panjenengan niku tasih sederek kalian segawon?

      Hapus
  4. Is this to support the airspace management once indonesia is ready to control their airspace which is managed by singapore?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya enggaklah om...kejauhan kalee

      Hapus
    2. nope, our radar coverage all singapore island but still need 2-3 radar again to retake SINGAPORE FIR ZONE from singapore

      Hapus
  5. Balasan
    1. Begitulah menurut kaum bumi datar...

      Hapus
  6. Pertarungan Sengit, Aksi Dogfight Sukhoi Su-30 VS F-16 TNI AU


    https://www.youtube.com/watch?v=ows77nyusQk&feature=youtu.be


    Pengan Liat dogfight ama pilot malon wkwkw..,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indon sembang je lebih.. goblok tul... keh keh keh.. baru beli radar pun dah eksen lebih puiiihhh

      Hapus
    2. bukannya negara yang sombong sok jaguh itu malon sejagat? wkwkwk,,

      Hapus
    3. Karena ngga bisa beli Malay jadi kepanasan.. hahaha

      Hapus
    4. Karena ngga bisa beli Malay jadi kepanasan.. hahaha

      Hapus
    5. Emang benar yg paling pinter Malon... Makanya jd negara paling jaguh, paling hebat, paling sukses dunia & akherat.

      Hapus
  7. Do they know how to used it really? A waste of money for sure.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh you again ke8kekekke ERTUIWAWA..what the name it is?_its hard to pronouns which seems a human waste.
      Hahhhhahha

      Hapus
    2. Gambibit gambibit....
      What is this?another name which sounds a human waste too.
      Hahahaha

      Hapus
  8. Suwangdaruru suwangdaruru the name above the name.
    Hehehehe
    Wekekekekek

    BalasHapus
  9. Mantablah... Satu per satu satradar dioptimalkan n ditambah. Belum masuk satelit pertahanan next year... Sabar wae alon2 yo ben, sek penting progress jalan terus.. NKRI harga mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah mati, kok masih ada harga?

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. INDONESIA : Kementerian Hukum dan HAM
      MALAYSIA : Kementerian Tuduh Menuduh

      INDONESIA : Kementerian Agama
      MALAYSIA : Kementerian Tak Berdosa ... (oh please...)
      [sok innocent banget deh]

      INDONESIA : Angkatan Darat
      MALAYSIA : Laskar Hentak-Hentak Bumi (Kalo Laut hentak2 aer kali ya?)

      INDONESIA : Angkatan Udara
      MALAYSIA : Laskar Angin-Angin [kayak judul pelem yang gue kenal]

      INDONESIA : 'Pasukaaan bubar jalan !!!'
      MALAYSIA : 'Pasukaaan cerai berai !!!'
      [hiyaaaa,,,cerai satu tumbuh serebuuu]

      INDONESIA : Merayap
      MALAYSIA : Bersetubuh dengan bumi (-__-)
      [najis, apa gak ada yang lebih vulgar??]

      INDONESIA : rumah sakit bersalin
      MALAYSIA : hospital korban lelaki (bener juga sih...)
      [soal yang ini, gue juga agak setuju...and for you boys, get over it, lol]

      INDONESIA : telepon selular
      MALAYSIA : talipon bimbit ( mwahahahahha )
      [can somebody tell me, what does bimbit mean? Itu bukannya personil-nya Slank ya?]

      INDONESIA : Pasukan terjung payung
      MALAYSIA : Aska begayut ( YOI! )
      [begelayut, maksudnya?]

      INDONESIA : belok kiri, belok kanan
      MALAYSIA : pusing kiri, pusing kanan ( kalo breakdance apaan? )
      [kalo belokan berarti 'pusingan' dong?]

      INDONESIA : Departemen Pertanian
      MALAYSIA : Departemen Cucuk Tanam ( cucoook lo boook! )
      [mantep lahhhh...cucok...kaya bahasa banci salon]

      INDONESIA : 6.30 = jam setengah tujuh
      MALAYSIA : 6.30 = jam enam setengah
      [ini sebenernya siapa yang bego sih?]

      INDONESIA : gratis bicara 30menit
      MALAYSIA : percuma berbual 30minit

      INDONESIA : tidak bisa
      MALAYSIA : tak boleh (bener2 gaul)
      [kacrut]

      INDONESIA : Satpam/sekuriti
      MALAYSIA : Penunggu Maling ( gaul abis kan..?! )
      [jahh...emang kerjaan satpam nungguin maling doang?]

      INDONESIA : Aduk
      MALAYSIA : Kacau (kacau emang dah)
      [kebayang kalo ada acara demo masak di malaysia, ntar presenternya ngomong: yak, sekarang mari kita kacaukan adonan kue-nya hingga asyik tuk datar, *apah si*]

      INDONESIA : Di aduk hingga merata
      MALAYSIA : kacaukan tuk datar (hahahahaha ngakak gua)

      INDONESIA : putar-putar
      MALAYSIA : pusing-pusing (lagian jgn muter2, pusing kan lo)

      INDONESIA : Imut-imut
      MALAYSIA : Comel benar (INI APAAN BANGET!!!)
      [itu maksudnya muji?]

      INDONESIA :bertengkar
      MALAYSIA : bertumbuk (emang sih kalo ribut numbuk2 muka lawan make bogem)

      INDONESIA : pemerkosaan
      MALAYSIA : perogolan (uwow)

      INDONESIA : Pencopet
      MALAYSIA : Penyeluk Saku (yihaaaaaaaa...!)

      INDONESIA : joystick
      MALAYSIA : batang senang (yang bener..??)
      [harfiah bener, bego deh]

      INDONESIA : Tidur siang
      MALAYSIA : Petang telentang ( kalo tidur malem "gelap tengkurep" dong)

      INDONESIA : remote
      MALAYSIA : kawalan jauh (tv nya dikawal dari jauh -__-)

      INDONESIA : kulkas
      MALAYSIA : peti sejuk (JACKPOT!)

      INDONESIA : rusak
      MALAYSIA : tak sihat ("iya emang rusak tuh org!" = baca: sakit!)

      INDONESIA : keliling kota
      MALAYSIA : pusing pusing ke bandar (DUARRRRRRR!)

      INDONESIA : Tank
      MALAYSIA : Kereta kebal (Contoh dialog :"Wah, di Gaza lagi banyak kereta kebal nih!")

      INDONESIA : Kedatangan
      MALAYSIA : ketibaan (untung bukan ketibanan)

      INDONESIA : bersenang-senang
      MALAYSIA : berseronok (HIAHAHAHAHAHAHAH!)

      INDONESIA : bioskop
      MALAYSIA : panggung wayang (WOY WAYANG DI KLAIM JUGA NIH?! hahaha)

      INDONESIA : rumah sakit jiwa
      MALAYSIA : gubuk gila (ehm ehm)

      INDONESIA : dokter ahli jiwa
      MALAYSIA : Dokter gila ( EHM EHM *lebih keras*)

      INDONESIA : narkoba
      MALAYSIA : dadah (lah, apasih)

      INDONESIA : pintu darurat
      MALAYSIA : Pintu kecemasan (AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAhahahahahha)

      INDONESIA : bola voli
      MALAYSIA : bola tampar (bener jg sih..)

      INDONESIA : pegawai sensus
      MALAYSIA : pejabat banci (siaaaan bgt nih anak2nya kalo ditanya "Eh2 jono, bapa kamu kerja jd apa?")

      PEMENANG HARI INI!
      INDONESIA : hantu Pocong
      MALAYSIA : hantu Bungkus (pesen atu donk bang, cabe nya dikit aje!!!)

      Hapus
    4. Adriana ian awakmu gendheng opo edhan...

      Hapus
    5. haha!lucu gan lucuuuwπŸ˜πŸ˜€πŸ˜¬πŸ˜πŸ˜‚πŸ˜ƒπŸ˜„πŸ˜…πŸ˜†

      Hapus
    6. Wkwkwkwkwkkkk....Korban lelaki yang seronok masuk gubuk gila kata pejabat banci.

      πŸ˜‚πŸ˜πŸ˜€πŸ˜΅πŸ˜·πŸ˜πŸ˜­πŸ™…

      Hapus
    7. Di negeri indon dipanggil indonesia.. di malaysia dipanggil indon... keh keh keh.. apapun indon lagi sedap disebut... indon suka sangat mencuri bahasa asing utk memperbanyakkan bahasanya... miskin sgt bahasa indon ni kan.. terpaksa maling dari bahasa org lain...ermmm

      Hapus
    8. ngemenk apaan sich mahlukling ling diatas^^guwe ini,pake gugel translate aje tetep kgk ngarti,kumur2 dong ach haha!πŸ˜ƒπŸ˜„πŸ˜…πŸ˜†

      nich pisangnya om deindeng, guwe doain tnang disana
      🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌haha!

      Hapus
  10. ini yg kliatan pesawat militer ape singapore airlines✈️?

    kalo militer, om antiembalgo kudu nyusul pake sapu terbang. tempel ketat kaliaja pswat mata2 om πŸ“ΈπŸ“ΈπŸ“Έ

    BalasHapus
  11. Singapore airlines employee the pilots and flight crew have a se% video and scandal.wkkkk

    BalasHapus
  12. Kekurangan dr radar ini ...kurang banyak

    BalasHapus
  13. Wo ohh..kamu ketahuAn...nice Radar..good job...

    BalasHapus
  14. more radar to come, open all those blank spots.
    after that u name it medium,long range missile and add more war ships,aircraft fighter.

    BalasHapus