05 November 2018

Eksesais Paradise Menguji Kesiagaan dan Keupayaan Aset TUDM

05 November 2018


Eksesais Paradise Siri 5/2018 (photos : TUDM)

Gong Kedak - Eksesais Para Drop Air Defence, Insertion, Strike, Search & Rescue and Extration (PARADISE) Siri 5/2018 Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang berakhir di Pangkalan Udara Gong Kedak, berjaya mencapai objektif latihan ditetapkan.

Eksesais yang telah berlangsung selama 14 hari bermula 21 Okt 18 hingga 2 Nov 18 ini merupakan eksesais TUDM berskala besar yang turut menyokong eksesais yang dilaksanakan Tentera Darat Malaysia (Eks Lion Storm siri 2/2018 & Eks Silver Spear siri 3/2018) dan Tentera Laut Diraja Malaysia (Eks OSTEX siri 2/18). Eksesais siri ini adalah pertama kali diadakan di Semenanjung Malaysia dan pertama kali penyertaan oleh TLDM.

Antara objektif ditetapkan dalam eksesais ini ialah meningkatkan tahap saling kendali dalam menjalankan operasi membabitkan angkatan besar, menilai kesediaan pertempuran, kemahiran serta kecekapan pegawai & anggota dan untuk menilai tahap keberkesanan peralatan, sistem serta persenjataan TUDM.



Seramai 3109 pegawai dan anggota lain-lain pangkat terlibat dalam eksesais kali ini yang meliputi 2000 dari TUDM, 759 dari TDM dan 350 dari TLDM. Secara keseluruhannya, Eksesais PARADISE siri 5/2018 telah berjaya dilaksanakan dengan baik dan sempurna tanpa sebarang insiden yang tidak diingini. Antara latihan yang dilaksanakan adalah Latihan Tembakan Udara ke Permukaan, Air to Air Refueling, Force Down Procedure, Mass Drop dan Special Operation Troop Insertion.

Sebanyak empat buah pangkalan udara terlibat secara langsung iaitu PU Gong Kedak sebagai pangkalan utama, PU Kuantan, PU Butterworth dan PU Subang. Untuk rekod, sebanyak 208 sortie dengan 400 jam penerbangan berjaya dilakukan membabitkan latihan guguran udara sebanyak 13.8 tan di empat zon penguguran. Sebanyak 50 buah aset ATM dan eleman sokongan telah terlibat secara langsung dalam eksesais kali ini.



YBhg Panglima Tentera Udara, Jen Tan Sri Dato’ Sri Hj Affendi bin Buang TUDM telah hadir bagi menyempurnakan majlis penutup eksesais ini. Turut hadir Timbalan Panglima Tentera Darat, Lt Jen Dato’ Hasagaya bin Abdullah, Panglima Operasi Udara, Lt Jen Dato’ Sri Hj Abdul Mutalib bin Datuk Hj Ab Wahab TUDM, Panglima Wilayah Laut 1, Laksamana Muda Abu Bakar bin Mohd Jais serta kesemua peserta eksesais.

Dalam aturcara penutup, satu demonstrasi keupayaan operasi atau tactical demonstration TUDM telah dipersembahkan meliputi demonstrasi terjun bebas & statik, offensive rescue, close air support, strike dan flypass pesawat-pesawat TUDM.

Aset ATM dan Elemen Sokongan yang Terlibat Secara Langsung

TUDM
1) SU30MKM
2) F/A-18D HORNET
3) HAWK MK 108/208
4) C130H
5) B 200T
6) SK 61 A44
7) EC 725
8) CN 235
9) A400M
10) PASKAU
11) GBAD
12) MRTES

DARAT
1) 361 RAD (ANZA MK II)
2) 18 RAMD-PARA
3) 73 RSD-EW
4) 9 RRD PARA
*10 BGD PARA-PENERJUN

TLDM
1) KD MAHAWANGSA (MPCSS)
2) KD LEKIU (FRIGATE)
3) KD KASTURI (CORVETTE
4) KD TEGUHSAMUDERA (TRV)
5) KD PENDEKAR (FAC)
6) KD PERDANA (FAC)
7) KD MAHAMIRU (MCMV)
8) PUSAT PERTAHANAN UDARA (PPU)

(TUDM)

147 komentar:

  1. Komentar apapun berkaitan dengan malaysia, bukan menjadi acuan MILITER INDONESIA, kompetisi kita sekarang adalah mengejar ketertinggalan dengan Militer CHINA dan INDIA

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah emang yg buat malon jd acuan siapa kang... beruk malon je hayal tak reti reti.. heg heg heg

      Hapus
    2. Betul bro,eksesais paradise ini pun cuma setaraf eksesais budak2 kecik

      Hapus
    3. Jauhlah bung jangan dibandingkan dengan malon malasial....

      Secara kekuatan global fire power 2018 negara malasial berada diperingkat 44.
      Jauh dibawah indonesia yg berada di urutan 15 dunia.

      https://www.globalfirepower.com/countries-listing.asp

      Hapus
    4. Sudahlh bro tak perlu kita selalu merendahkan mrk, apapun usaha latihan mrk itu yg terbaik..

      Hapus
    5. Bung didi
      Mereka memang rendah, bukannya merendahkan mereka.
      Karena mereka selalu menghina negara lain dan merasa mengaku paling hebat, paling kaya, palung maju.
      Coba kalau kamu tau beberapa tahun yang lalu sikap dan perilaku mereka terhadap negara RI.
      Jadi jangan asal menyalahkan mereka2 yg membuly balik negara sialan itu.

      Hapus
    6. bung didi gak pernah maen maen ke forum mereka.. dulu jaman topix beruk malon dah kaya apa hina hina negara jirannya.... otak mereka dah di cuci umno.... sekarang aja dah beberapa yg sadar.. nah beruk yg masih bercokol disini adalah sisa sisa beruk umno... halal di sembur bro.... wkwkwkk

      Hapus
    7. Rajin2 latihan ya malon...kalau mau se level dengan indo...jangan lupa shoping.

      Hapus
    8. Bro essen dan bigperry, saya setiap hari memantau perkembangan militer mrk sejak 2010 an lumayan lama,saya jga biasa nimbrung d blog mrk tentunya dg fakta, dan apa bila mrk bicara miring ttg indonesia tentu akan sya jawab sesuai realita,...toh ap yg dilakukan forumer indonesia jg sama dg mereka skrg,tentunya kita tdk ingin forum ini hanya diisi dg cacian tampa mamfaat, krn saya yakin diforum msh byk yg berpikir waras....

      Hapus
    9. Ya ,Didi junaidi ,sudah lama juga main di blok jiran ,Dulu saya b (Unknow) di MMP ,saya kena band duluan oleh GaGak MMP....sehingga tak bisa lagi koment.
      Memang kami walau tak ada kerjasama langung tapi cukup bisa meng counter berita miring tentang Indonesia malah menunjukkan pada mereka keadaan ATM yang sebenarnya...Yang selalu ditulis terbaik serantau ,dan ter ..ter lainnya.Mulai terbuka mata mereka tentang keadaan Indonesia yang dulu mereka anggap sebelah mata. Diskusi culup berbobot dengan fakta yang jelas seperti di sebut bro didi junaidi,.
      DI sini saya juga mengharapkan adu argumen yang baik ,dari dulu saya nggak pernah pakai kata kasar seperti beruk dll,paling malon itupun jarang saya biasa tulis Malaysia...

      Hapus
    10. Mkasih bro atas atensiny, klau ingat dlu mrk memang senang menjelekan indonesia disaat kondisi TNI Terpuruk, alutsista seadanya,namun kita cinta TNI wlaupun keadaanya lg susah, sbg sesana warga negara saling bahu membahu menjaga citra indonesia ttp baik,...

      Hapus
    11. Betul Bro,di MMP saya pake nick " unknow " tapi akhirnya GaGak jengah juga saya serang terus .Dia tak lagi bisa menulis Malaysia terbaik dan dst,karena selalu bisa saya patahkan dengan data dan fakta tentunya ..
      Di JKGR juga saya sudah lama malas nulis komen karena itu tadi ....sudah terlalu kasar dan tak berbobot lagi.

      Hapus
    12. bung didi...ok bro saya jg sdh pantau blog militer dr tahun segitu dan sdh faham bener dengan tabiat mereka. dulu saya hanya sr... kanngen jg komen komen mendidik dan debat substansi militer dr para sesepuh...

      Hapus
    13. Iy skrg malah blog MMP skrg sedang mati suri, jarang lgi megangkat artikel ...@bro brig pery, ok sip, mari kita berdiskusi sec sehat..buat sesepu warjag spt bro superstar selamat malam...hehehe

      Hapus
    14. Ya sy pernah liat om didi di blog MMP,klo ga salah pernah jg beliau dl ad d topix ya om...klo sy mah masi unyu2 bin imut....ga kaya d atas ane pd tuir2....wkwkwkkwk

      Piss just kidding

      Hapus
    15. ow, om kamerat ituw om unknow, perna baca blog sono om unknow serbu kandang macan sendirian haha!🐯🐯🐯

      kalo disini, om unknow dpet salam dari yg om yg dijerman, ditanyain kapan lagi balapannya haha!😋😋😋

      Hapus
    16. @palu gada ,yah giyulah tapi Didi junaidi ,belakangan ikut bantu juga...haha..salam balik aja...

      Hapus
    17. Husss
      ..sesama manula dilarang saling balap...hahahaha...@salam buat om palu gada..

      Hapus
  2. Masukkan komentar Anda...selamat para troopers malaysia...good job

    BalasHapus
    Balasan
    1. Para troopers malon berlumba cari pisanglah tuh wkwkwk

      Hapus
  3. Balasan
    1. Huahahahahaha
      Paham banget bung tentang negara malonesial.
      🤣🤣🤣
      Salut2....

      Hapus
  4. Eksesais.... Ini gegara latah bahasa english tapi mangane sego thok karo dedak. ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Betuuul
      Baru baca sedikit saja sudah jijik pengen muntah bahasa malonesial ini.
      Kampungan banget.

      Langsung loncat baca koment saja dah.

      🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  5. lah ada cn 235 itu dr mana ya... barang plsatik konon...keh keh keh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg suka cakap plastik tuh orangnya suka jealous n iri hati bro

      Hapus
    2. Yes, that one would be a nice shooting practice and the reasons why KL is very dissapoint with the quality and performance.

      Beggining this year, KL would no longer make any transactions in any Indons Company who sells plastic plane because of the very poor quality. An ugly design too wer previous government intended to buy for a cause.
      Well, today I may say that another practice of KL that Indons cant make it into reality. Sad to say that today is the day were Indons make a big JEALOUS.
      KL can help Indons improve living situation which currently bring a sophisticated system to detect tsunami and sooner KL will also help Indons forces to be more competent and war ready nation.

      Hapus
    3. sila lagi ruk... pisang masih banyak nih ruk.... bakul angkat trus lon... waakakakk

      Hapus
    4. Unknown@ yuhuu,ada beruk iri hati wkwkwk...ko cakap apa pun boleh lon yg penting Malon telah beli 6 biji CN-235 plastik indonesia guna angkut ternak babi,ayam dan kambing cem mat sabu,mahathir dan dipertuan agung Malon wkwkwk...fact wkwkwk

      Hapus
    5. Tak reti reti si unknown malon bodoh satu ini.
      Idiot

      Hapus
    6. KL = Tempat beruk beruk moron.... konon dah di gondol tiongkok... 2055 beruk malay moron hidup kat rimba.... fact link menyusul..

      Hapus
  6. silakan beruk malon udik bakul angkat kat sini.... pisang di tebar sudah...wakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat para beruk Malon sila dimakan pisangnya wkwkwk

      Hapus
  7. And this is a real one. Not unlike Indons good only for parade and taking picture. Next month Indons Forces will going to have this kind of exeecises to eat also their jealousy.Kikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. sila lagi lon... eksesais angkut aer je bangga konon....

      Hapus
    2. Kalo ada wang banyak2 nonton eksesais TNI di youtube lon,kl eksesais cem nih manalah menggerunkan lon,anak kecik pun boleh lakukan eksesais cem nih wkwkwk

      Hapus
    3. kasih link bro.... tambah pisang sesisir biar selese nontonya..

      Hapus
    4. Bigperry@ itu tugas ompal yg kasi link bro,sekali ompal kasi link para beruk2 jadi tiarap semua wkwkwk

      Hapus
    5. siap om pit, ini baru latgab TNI AL & Korps Marinir yihhaaa haha!💪💪💪

      daratkan pasukan pendarat
      daratkan pasukan pendarat

      serbuuuuuu....pantai kolo


      KSATRIA | KSATRIA LAUT INDONESIA (28/02/18) 1-3
      https://www.youtube.com/watch?v=sli1JTMpepg

      KSATRIA | KSATRIA LAUT INDONESIA (28/02/18) 2-3
      https://www.youtube.com/watch?v=ENCBEht-YWk

      KSATRIA | KSATRIA LAUT INDONESIA (28/02/18) 1-3
      https://www.youtube.com/watch?v=sDpoyYl-fpg

      Hapus
    6. Komodo Eks, MNEK 2018
      internasional ini, cakep dech haha!😎😎😎

      KSATRIA | KSATRIA LAUT INDONESIA (01/07/18) 1-3
      https://www.youtube.com/watch?v=C13nfOrYnnk

      KSATRIA | KSATRIA LAUT INDONESIA (01/07/18) 2-3
      https://www.youtube.com/watch?v=9G_e6I6S-dY

      KSATRIA | KSATRIA LAUT INDONESIA (01/07/18) 3-3
      https://www.youtube.com/watch?v=qHEj2kTeay4

      Hapus
    7. Koarmada I (ex koarmabar)+ Pasmar I 2018, dabo singkep kepulauan riau haha!👍👍👍

      Hantu Laut...
      daratkan pasukan pendarat
      daratkan pasukan pendarat

      Glagaspur Tingkat III Koarmada I - CERITA MILITER (1)
      https://www.youtube.com/watch?v=bE2A74Bw4Z4

      Glagaspur Tingkat III Koarmada I - CERITA MILITER (2)
      https://www.youtube.com/watch?v=NYvZwMLn0SY

      Glagaspur Tingkat III Koarmada I - CERITA MILITER (3)
      https://www.youtube.com/watch?v=rUZNEl20pEE

      Glagaspur Tingkat III Koarmada I - CERITA MILITER (4)
      https://www.youtube.com/watch?v=o3MYZtPHF2U

      Hapus
    8. untuk wilayah barat latihan join tempur, antara Koarmada II & III serta Pasmar II & 3 di Sorong, Papua yipppii haha!💪💪💪

      LATIHAN TEMPUR PASUKAN MARINIR DI SORONG
      https://www.youtube.com/watch?v=nCoUUDrXZCI

      Hapus
    9. latihan marinir ama bule amrik haha!🤣🤣🤣

      Marinir Indonesia-Amerika latihan bersama di Situbondo | CARAT 2018
      https://www.youtube.com/watch?v=0yxS76YJW-Y

      TNI AL Kembali Ikuti Latihan RIMPAC 2018 di Hawaii
      https://www.youtube.com/watch?v=Z4wEV_xYCi8

      Hapus
    10. puncak latihan TNI AL, canggih cink haha!👍👍👍

      Latihan Armada Jaya Ke 36 TNI AL - NET. JATIM
      https://www.youtube.com/watch?v=xKqfgAXSNeY

      PASUKAN MARINIR TNI AL GELAR LATIHAN TEMPUR 2018, situbondo

      https://www.youtube.com/watch?v=oSzXUyxS6_8

      Hapus
    11. gaes, semua latihan ini hanya untuk TNI AL & Korps Marinir sahaje, khusus tahun 2018

      masi ada satu latihan besar lainnya yg ditunggu2..LATGAB TNI khusus 3 matra, begh manteb gan haha!👏👏👏

      kita latihan mach pake peluru betulan cink, pacu adrenalin bok haha!👊👊👊

      buat tukang huks cem om unknown370/tentera delay, sila isi kuota inet dolo dech, klo brani tonton, klo tak artinye situ bokek bneran haha!🤓🤓🤓

      Hapus
    12. mantab bro... ini baru eksesais lon...

      Hapus
  8. menguji kesiapan songlap dan start shopping 2055

    BalasHapus
  9. Do Indons have an expensive A400 and F18? Can they afford this kind of asset? I think NO.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...beruk yg satu ini ternyata wong ndeso,udik wkwkwk...cem katak dibawah tempurung wkwkwk...F-18 ko tuh dah lapok lon wkwkwk...australia sahajepun dah pancenkan F-18 lapoknya dan diganti dgn F-35,sementara Malon masih guna F-18 sampe thn 2055 wkwkwk...di indonesia A400 dibeli untuk di guna untuk angkut semen,ayam,babi,kambing,domba,sapi ect ke papua,sementara Malon guna A400 untuk angkut askar dan pemimpin Malon wkwkwk...

      Hapus
    2. gak ada jedar jedurnya gak asik...liat lah latihan kita orang.... peluru tajam bertebaran.... siap siap expanse soalnya... tunggu ya lon...hehee

      Hapus
    3. Mat@ australia bukan ada model f18 c/d hanya a/b

      Hapus
    4. Eligo@ banyak2 baca ko pakcik,australia tuh ada 2 type F-18 yaitu F-18 Hornet dan F-18 E/F Super Hornet...F-18 E/F Super Hornet cuma 2 negara yg punya australia dan USA...F-18 E/F Super Hornet lebih modern dari pada F-18 Hornet,sila ko search di google

      Hapus
    5. Bukanke f18 super hornet australia masih lama lagi hendak diguna pakai dan relevan, super hornet usa pun tak pencen lagi, bukannya macam f16 hibah indon, sekarangni f18 yang kerap dipencenkan dari model a/b yang sezaman f16 indo

      Hapus
    6. Hehehe....satu nongol
      Boeing EA-18G,
      F/A-18 Hornet (A and B), F/A-18F Super Hornet

      Australia jual 18 hornet type A/B ke kanada,F/A-18 A/B australia pensiun 2022 ,tuh bakalan di ganti F-35 lon...

      Hehehe....F-16 C/D indonesia ga gretong lon...kita ud setaraf blok 52

      Kasihan F-18 malon dipaksain hidup smp 2035...wkwkwkk...salam 55
      Plus 4 ekor MKM...wahahaa

      Hapus
    7. lah ngapaen pake a400m kalo uda punya aset banyaaakkkkkk cem c-130, boeing 737, c-295, cn-235, nc-212 haha!😅😅😅

      oiye ini baru angkatan udara kami, blom aset pesawat milik angkatan laut, darat dan kepolisian begh, tiarap om tiarap haha!😊😊😊

      oiya, angkatan udara kelian punya tak aset pesawat angkut jet? silakan tiarap om unknow370/tentera delay haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    8. EXPENSIVE ...????
      Nampak sangat bodohnya kamu nie ,semua alatan perang Malaysia di beli dengan harga tinggi dari sebenarnya ..dan kamu bangga...

      semua harga overpriced karena di mark up buat menyuap kaki tangan kerajaan ....dan kamu bangga ...haa..haa..karena rakyat Malaysia yang seperti kamu inilah Najib and the gang bisa menggondolin demikian teruk...

      Hapus
  10. lepas excesais enjin hilang camne?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo enjin hilang ganti congor najib pasti langsung melesat mach 100 kat matahari.

      Hapus
    2. Wkwkwk...engine hilang boleh diganti engine protol lah tuh wkwkwk

      Hapus
  11. latihan antar kecabangan aja lebih seru dari paradise eksesais ni. ini sih cuma tes engine je. mana yg lapok mana yg masih enak suaranya kata mat sabu...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...masa sih engine aset lapok masih sedap suaranya wkwkwk

      Hapus
  12. Wkwkwk....banyak aset lapok yg di guna pada eksesais nih wkwkwk

    BalasHapus
  13. Omaegot,Omaegot...fly pass pun ada dalam eksesais nih wkwkwk...no,no...begitulah kalo askar low quality cem malon nih sehingga aspek fly pass pun di latih wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. minyak mahal bro... jarang2 latihan cem ni.... mendunia sangat tudm...xixixi

      Hapus
    2. Kalo minyak mahal,malonkan bisa pake minyak pisang bro wkwkwk

      Hapus
  14. wooooowww...woooooowww.. gambar paling atas kiri bawah itu heli ASW Sikorsky SH-60/MH-60 Seahawk ker..??? haibat sangat... tahniaaaahhh malonsialan.. 😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. seumuran sama pt 76 marinir... eang copter....

      Hapus
    2. Yg di sebelah kiri itu nuri lapok bro bkn black hawk hibah dari brunei tuh

      Hapus
    3. Nuri ....? Wow hebat...
      Lawan nya apache sm Mi-35 TNI cm Nuri nih....
      Wkwkwkwkk

      Hapus
  15. Indons more talk and obvious JEALOUS.

    Kikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. What ? Indonesia jealous lihat eksesais low quality cem nih wkwkwk...fly pass pun ada dalam eksesais ini,nampak sekali ATM ko tuh low quality,fly pass pun di eksesaiskan wkwkwk

      Hapus
    2. lhaa dari pada koe?? silit'e Dobholl!!!😁😁🤣🤣🤣

      Hapus
    3. lon orang banyak bilang otak lo cam otak beruk... lah cakap ko menguatkan lah cam beruk...wakakakk

      Hapus
    4. EksesTai tak mutu.
      Low quality
      Tak menggerunkan

      Cuiiiih....

      Hapus
  16. malaysia jangan jeles....pusat penelitian dan pengembangan tni saat ini sudah menyelesaikan prototype III...manpad buatan sendiri,,,,roket lapan mana yang dijadikan manpad?sangat misterius

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl manpad nih dah jadi pastilah Malon makin stroke wkwkwk

      Hapus
  17. patutlah malaysie tak bershoping 100 tahun lagi...kerena suara nuri sedap pon

    BalasHapus
  18. Malaysian less brain but more sperm with a small dicks....

    BalasHapus
    Balasan
    1. And finally,beruk has idiot brain like Unknown,scan,paul,kangkong ect borned to world wkwkwk

      Hapus
  19. Bung Admin...
    Sepertinya dikau belum memberitakan kekuatan militer dunia 2018 / Global Firepower 2018.
    Supaya kita semua pada tau kekuatan masing2 negara. Terutama ditujukan kpd malonesial.

    Hatur nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap Malon no 1 dan paling jaguh di dunia bro...SIPRI,GLOBAL FIRE,JANES dll itu semua adalah media hoax dan media abal2 bagi Malon bro...media yg terpercaya bagi malon adalah media propaganda UMNO cem BERNAMA,TV3 dan RTM bro wkwkwk

      Hapus
  20. Pesawat Lapok, aset Lapok, PM Lapok, Kasian Malassia aset semua Sudah Lapok, mau shoping Tak da Wang Lagi Bangkrap...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tak de wang pasti makan dedaklah tuh bro wkwkwk

      Hapus
  21. Katanye produk low quality.Ada pun pesawat buatan Indonesia.CN 235.Kalo tak bisa buat jangan cakap low quality.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruk Unknown telan ludah sendiri bro,nyinyir CN235 low quality produk plastik tapi ternyata CN235 indonesia di pakai untuk transportasi pejabat2 malon cem perdana menteri,raja Malon dan para menteri2nya...Unknown cakap cem tuh kerana dia iri dan jealous melihat pencapaian indonesia bro,sementara negaranya tak punya kepakaran bina apa2,malon cuma ada kepakaran melancap dan kongkek sahaje bro wkwkwk

      Hapus
  22. Hadoiii admin,janganlah berita eksesais low quality cem nih di angkat min...fly pass pun di eksesaiskan wkwkwk...malu dunia melihat eksesais low quality cem nih min wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar jaguh bin songoong broooow...
      Wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. What ? Latihan fly pass aka parade udah di anggap malon jaguh bro wkwkwk...no,no !!!

      Hapus
  23. Tahniah Malaysia, your troops dah keringat dikit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...jadi selama ini mereka jarang latihan ya bro wkwkwk

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. ...bro rempit and bro ssen @



    hajaaaaar terus Malayon Beruk euy,...Uing mah rek nonton si JIRAYUT dari Thailand di D'Academy Asia 4 heula...by Akang Kaseph





    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  26. Sebentar brooo...

    Malon d atas ada yg bilang aset MAHAL a400 dan f-18 klasik jd kebanggann.

    😐😐😐

    Pdahal d mari beli a400 buat angkut sembako, semen, bbm etc.
    d malon buat angkut askar pemalas.

    Klasik hornet sudah d pensiunkan d beberapa negara diorang bangga kata MAHAL aset.

    Whattt the hell...😧😧😧😧

    Por malon...sini dh beli su-35 dan buat ifx diorang bangga sm aset ciputnya.

    tak bs berkata kata lagi akiuu...😴😴😴

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tabiat katak dalam tempurung bro..
      Ya mereka itulah si malon malasial dunguuuu

      Hapus
    2. Biasalah bro malon tuh kan hewan tak de otak guna berpikir wkwkwk

      Hapus
    3. F18 malaysia model D bukan A/B macam australia ngan negara arab

      Hapus
    4. Australia pun dah pancenkan F-18 E/Fnya di ganti dgn F-35 wkwkwk

      Hapus
    5. Jiah malon mau nya d aamain aama negara arab dan australi....2022 pesiun hornet ausi lon...sementara tentara udara dirogol malon masih pakai smp 2035...wkwkwkkwk

      Hapus
  27. Eksesais ni bukti kami malaysia jaguh. Negara mat rem tak de A 400, hanya class hercules lapok, beza benar dengan malaysia. Budget malaysia gergasi, mat rem tak de kerja, so iri sangat dengan malaysia. Komen komen lapok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyalah malay paling jago sedunia & akhirat...salam 4 bijik sukhoi.

      Hapus
    2. beruk detected.. angkat bakul nasi lagi.... bantu tebar pisang bro.......🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    3. Wkwkwk...A400 Malon di guna angkut askar dan pemimpin malon,sementara indonesia beli A400 guna angkut babi,ayam,kambing,sapi,semen ke papua wkwkwk...kalah ko lon wkwkwk

      Hapus
    4. Jaguh lah....cm pilot malon yg bs carpet bombing pohon pisang...wkwkwkwk

      Hapus
  28. Awak Tupez n bigpery ni rupanya berkongsi dengan mat rem pula. Tukang lawaklah. Tengoklah malaysia country rich. KL banyak supertall 300 m, 400 m, 500 m, n 600 m. Capital indo tak de supertall. So malaysia lebih jaguh very much money. Mat rem tak de kerja, so iri sangat, dengki sangat. Tukang lawak je

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo malon rich tak lah malon punya utang lebih RM 1000 Million wkwkwk...kalo Malon rich tak lah malon bila nak shopping weapon mesti tunggu thn 2055 wkwkwk...buat apa supertall bila rakyat malon banyak makan dedak wkwkwk

      Hapus
    2. Mana supertall 500/600??? supertall biasa2 saja tak perlu disombongkan, kota2 besar indonesia banyak.
      Tak macam malasial hanya punya KL saja, yang lain hanya kota kampung.

      Supertrain punya tak?
      Shinkansen punya tak?
      Bisa bikin riffle tak?
      Bisa bikin kapal tak
      Bisa bikin submarine tak?
      Bisa bikin kereta kebal tak?
      Bisa bikin panzer tak?
      Bisa bikin amunisi tak?
      Bisa bikin satelit tak?
      Bisa bikin roket tak?
      Bisa bikin drone tak?
      Bisa bikin seragam militer tak?
      Bisa bikin parasut tak?
      Bisa bikin misil tak?
      Bisa bikin cluster bomb tak?
      Bisa bikin pesawat tak?
      Bisa bikin radar tak?
      Bisa bikin CIWS tak?
      Bisa bikin sniper rifle tak?

      Bodoh kau tu unknown beruk, gua jitak juga loe.



      Hapus
    3. nah hutang ko melebihin building ko...dasar logika beruk....mikir lon

      Hapus
    4. jakarta banyak lon klo cuma bangunan tinggi sih... dasar beruk idiot

      Hapus
    5. bangunan tinggi di kl di indonesia itu sekelas kabupaten di bekasi jg kalah lon...apa lagi di jakarta sekelas capitol... jauh lon... wkakak...

      Hapus
    6. Utang malon pun tinggi macam menara petronas...wkwkwkkw

      Hapus
    7. Iya kan je lah malay paling kaya se antero dunia..biar puas uwak 1 nie...hehehee

      Hapus
  29. Kuala Lumpur - Musa Aman, politikus Malaysia yang juga sekutu mantan Perdana Menteri (PM) Najib Razak, dijerat dakwaan gratifikasi. Musa didakwa menerima suap sebesar 264 juta Ringgit (Rp 942,7 miliar).

    Seperti dilansir AFP dan The Star, Senin (5/11/2018), Musa (67) yang pernah menjabat Kepala Menteri Sabah ini dijerat 35 dakwaan gratifikasi dengan menerima suap sebesar 264 juta Ringgit atau US$ 63,3 juta saat memberikan izin untuk kontrak kayu gelondongan terhadap 16 perusahaan.

    Suap itu diduga diterima Musa di delapan lokasi di Singapura dan Hong Kong, antara 20 Desember 2004 hingga 6 November 2008.

    Baca juga: Selewengkan Uang Negara Rp 23,9 Triliun, Najib Kembali Didakwa


    Musa menjadi salah satu dari sekian banyak politikus Partai United Malays National Organisation (UMNO) yang kehilangan kursi dalam pemilu Mei lalu. Dia juga menjadi salah satu dari sejumlah pejabat era Najib yang terjerat kasus korupsi di era pemerintahan PM Mahathir Mohamad.

    Musa ditangkap oleh penyidik antigratifikasi Malaysia dan dibawa ke pengadilan Kuala Lumpur. Dalam sidang pembacaan dakwaan yang digelar pada Senin (5/11) waktu setempat, Musa menyatakan diri tidak bersalah atas seluruh dakwaan. 

    "Saya akan melawan kasus ini untuk membersihkan nama saya," tutur Musa kepada wartawan setempat.

    Baca juga: Eks Wakil PM Malaysia Dijerat 45 Dakwaan Pencucian Uang dan Suap


    Usai sidang pembacaan dakwaan selesai digelar, Musa dibebaskan dengan uang jaminan 2 juta Ringgit. 

    Musa diketahui pernah menjabat Ketua UMNO untuk wilayah Sabah, wilayah terbesar kedua di Malaysia yang kaya akan minyak, gas dan kayu gelondongan. Musa merupakan kakak laki-laki dari mantan Menteri Luar Negeri Malaysia, Anifah Aman. 

    BalasHapus
    Balasan
    1. Omaegot,Omaegot...teruknya rasuah di Malon nih

      Hapus
  30. Fauzi tak de hotakkah kau ni. Rasuah dimanapon. Indo jaguh rasuah. Tengoklah siaran televisyen indo. Tiap hari berita rasuah. Samepon kau ni dengan mat rem, iri sangat dengan malaysia. Komenpon tak de kepakaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beza rasuah indonesia dan malon adalah rasuah malon telah mendunia,jadi trending topic dunia,sampai2 FBI,polis australia,polis Francepun nak ikut usut case rasuah di malon wkwkwk

      Hapus
    2. Bedanya televishen Indonesia cerita tentang pemberantasan rasuah sementara rasuah di Malaysia di pelihara...dari kaki tangan kerajaan tingkat bawah sampai atas selalu cerita tentang wang kopi yang terus di biarkan sehingga boleh buat negara bangkrap....

      Hapus
  31. kata mas bro palu gada =>>>> MALON BERUK gk punya heli serang seperti apache dan mi-35, gk punya pesawat koin, gk punya pesawat latih baru, gk punya baracuda, gk punya pesawat MPA, gk punya medium SAM (NASAMS), gk punya tank medium buatan sendiri, gk punya oerlikon, gk punya mellenium gun, gk punya CIWS, gk punya kapal LPD, gk punya kapal hidro-oseanografi yg baru, gk punya kapal rumah sakit, gk punya LST, gk punya kapal komando (KMC), gk punya SPH, gk punya SU-35, gk punya tank amfibi, gk punya marinir, dan yg paling penting MALON BERUK emang KAGAK PUNYA MALU,,,,cocok baget kwkwkwkwkwkkkk
    #FAKTA_REALITIY ;)

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. om_pit@ nyoi om pit yg dikatakat mas bro palu gada emang realita,,,ni realita versi bukti nyata ketololan malon beruk =>>>> malon beruk gk bisa bikin senjata serbu juara seperti senapan serbu ss-2, malon beruk gk bisa bikin panser sekelas anoa yg di telah dipakai dan dipercaya PBB tuk armada ranpur pasukan PBB, malon beruk kagak bisa bikin kapal selam sendiri, malon beruk kagak bisa bikin sekelas panser badak, malon beruk kagak bisa bikin misil artileri roket, malon beruk kagak bisa bikin KCR, malon beruk kgak bisa bikin PKR, malon beruk kagak bisa bikin pesawat angkut ringan dan medium, malon beruk kagak bisa bikin helikopter, malon beruk kagak bisa bikin radar sendiri, malon beruk kagak bisa bikin ranpur 4×4, malon beruk kagak bisa bikin amunisi senjata ringan sampai amunisi howitzer 155mm,,,,MALON BERUK CUMAN BISA PAMER KETOLOLAN DAN BANGGA DENGAN KETOLOLANNYA.
    #Sesuai_fakta.

    BalasHapus
  36. https://international.sindonews.com/read/1350420/40/malaysia-mulai-lelang-kapal-pesiar-equanimity-1540885499

    Wkkwkw.. untuk tutupin hutang.. istilahnya.. sudah di ludah skrg di jilat lg ludahnya.. wkkwkwk

    BalasHapus
  37. ...SO SWEET by D'Academy Asia 4 ;

    Jamila Indonesia nyanyi lagu BUKAN TAK MAMPU...( sangat syahdu dan romantis )

    Jirayut Thailand nyanyi lagu YANG SEDANG2 SAJA...( sangat menghibur )



    ...peserta dari Malassia Beruk kena DAMPRAAAAAT, komentator dari negaranya sendiri






    ...Xixixixixixi :D

    BalasHapus
  38. cieeeeeeeee malon latihan tembak pokok pisang bluaaaaaaaarrr hihihi

    BalasHapus
  39. Bosan tidak punya penghasilan lebih? coba main di Àgens128
    banyak bonus dan keuntungan yang bisa didapatkan disini.
    dengan deposit minimal hanya 10rb untuk poker dan 50 untuk permainan menarik lainnya. bisa juga melalui aplikasi OVO serta banyak game menarik yang ada disini
    tunggu apa lagi, buruan join bersama kami sekarang juga.

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus