13 Desember 2018

KRI Nagapasa dan KRI Martadinata Akan Latihan Bersama

13 Desember 2018


KRI Nagapasa (photo : Indonesian Military)

Kaskoarmada II Tinjau Kesiapan Unsur dalam Latihan Kesiapsiagaan KRI

Kepala Staf Koarmada (Kaskoarmada) II Laksamana Pertama TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., didampingi Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada II Laksma TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc.. meninjau kesiapan latihan kesiapsiagan KRI bertempat di Dermaga Semampir Barat, Ujung, Surabaya pada Selasa (11/12/2018)

Dalam Latihan kesiapsiagaan KRI tersebut beberapa unsur KRI di jajaran Koarmada II turut terlibat.  Diantaranya KRI R.E. Martadinata- 331, KRI Sultan Iskandar Muda- 367 dan Kapal Selam KRI Nagapasa- 403.

Kedatangan Kaskoarmada II disambut langsung oleh Komandan KRI R.E.  Martadinata- 331 Kolonel Laut (P) Sandharianto, di geladak heli.


KRI RE Martadinata (photo : Damen)

Sementara dalam arahannya Kaskoarmada II menyampaikan kepada seluruh prajurit yang mengikuti latihan kesiapsiagaan KRI, bahwa mereka harus bersungguh-sungguh dalam melaksanakan latihan. Tetap selalu menjaga kesehatan dan keamanan baik personel maupun material.

Usai memberikan arahan selanjutnya Kaskoarmada II keliling kapal untuk mengecek beberapa ruangan kapal serta pos tempur prajurit KRI REM-331.

Kegiatan latihan kesiapsiagaan KRI ini merupakan pembinaan kemampuan prajurit pengawak alutsista KRI, guna meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan KRI Koarmada II, uji doktrin operasi dan penggunaan taktis KRI sesuai perkembangan teknologi dan taktik operasi laut.  Juga meningkatkan pemahaman dan kemampuan tentang taktik, prosedur operasional peralatan, sensor, senjata KRI serta mampu menyelenggarakan fungsi taktis dan operasional operasi laut.


KRI Sultan Iskandar Muda (photo : John Wilson)

Mengutip amanat Pangkoarmada II saat pembukaan Latihan Kesiapsiagaan KRI beberapa waktu yang lalu, mengungkapkan bahwa dalam memelihara dan meningkatkan keterampilan prajurit pengawak KRI di jajaran Koarmada II untuk mengawaki alutsista secara profesional perlu dilaksanakan latihan kesiapsiagaan KRI Koarmada II secara terus-menerus dan disesuaikan dengan dinamika tugas yang selalu berkembang.

“Karena itu pengawak Koarmada II harus memiliki kompetensi dan kapabilitas di bidang tugasnya, serta siap sewaktu-waktu untuk melaksanakan tugas operasi,” tegas orang nomor satu dijajaran Koarmada II.

Hadir dalam kegiatan tersebut para Asisten Pangkoarmada II, Dansatkor Koarmada II, Dansatsel Koarmada II serta Dankolat Koarmada II.

(TNI AL)

80 komentar:

  1. Balasan
    1. eeehh ada mbah ngitung... mbah satu peleton pasukan infantri idealnya bawa berapa SMR(Senapan Mesin Ringan)..?? Tadi ane lihat video polisi kontak tembak lawan KKB di Papua bawa SMR tipe M-239 SAW buatan AS..

      Senapan ini jadi andalan pasukan AS di Afghanistan dan Irak. Waktu marinir AS latihan di Banyuwangi juga dipakai disandingkan dengan SMR yg dipakai marinir kita bedanya kok kentara sekali ya dari rekoilnya..

      Hapus
    2. 1 tim 4 orang, 1 SMR
      1 squad 9 orang, 2 tim
      1 pleton 5 squad.

      Hitung sendiri ya.

      Hapus
    3. yg ada M-249

      mungkin varian Minimi bukan yg punya As

      Hapus
    4. Tapi kemarin liat brimob udah pake taktik baru...bawa kal 12,7 buat efek penekan ketika di ambush opm

      Hapus
    5. uda dech ini saatnye Polri pake ituw SAGL haha!👍👍👍
      senjata penggebuk utama infantri buat mledukin perkubuan, eeitt, buat nangkep org ini haha!🔥🔥🔥

      Hapus
  2. Saya masih penasaran.. bagaimana ya cara kapal selam berkomunikasi dengan pangkalan pusatnya atau dengan kapal2 temannya....?? apakah dari dlm lautan atau nongol dulu ke permukaaan..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan kasel kita udah dipasangi underwater telephon...jadi biar sembari nyelem didalam air tapi tetep masih bisa update status (koq jadi ingat yg distreaming itu, lagi "kerja" tapi nyambi pegang hp...kan ngeselin 😣😣😣).

      Kalo pengen update status, kaselnya ngapungin antene yg ada buoy nya. Nah begitu sampe permukaan, antena ini yg merilis informasi ke mabes/kaprang/pesawat/heli...tapi kalo jaraknya jauh ya direlai lg lewat satelit

      Hapus
    2. nnnnnaaaahh terJawab sudah penasaranku.. minta hadiah apa nih mas smili..?? No. WA Janda.. atau Twitter ayam kampung..?? 😂😂😂😁😁

      Hapus
    3. "Naah seperti ini contohnya 👇👇👇...ada lagi merek : callisto, wartsilla dll"

      http://www.ultra-os.com/underwater.php

      Hapus
  3. Wow..yang baru2.mulai beraksi...kalau.yg punya tetangga sebelah yg baru di celupin ke air sudah di keringkan lagi di dock..wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada masalah keknya om tupz, antara teknis ama hepeng haha!🤑🤑🤑

      turut iba, gimana engga target kelar bruba2 antara 2020-2023 maju munndur bubar haha!🙄🙄🙄
      taon segituw kita mungkin "AKAN" py pesanan iver ato gak si damen omega uuyyy haha!😱😱😱

      uda pasti negerinya om ben "bongkar celengan" lagi nich buat maenan baru truz si ompol alis bang ipul domdom keknya lg siyap2 minta suaka ke Vanuatuw bareng scantut haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    2. @PG...kapalnya takut kalau di sea trial..takut tenggelam..jadi di naikkan lagi ke dock..setelah itu mau di jadikan monumen...xiixii

      Hapus
  4. Yihaaaaa...dan diam-diam kasel kilo yg dititip di brunei ikut dalam latihan ini 😎😎😎

    Tapi ya gitu deh....gak boleh difoto 🙅🙅🙅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoax itu mbah..yg asli jones yg blasteran jerman di sembunyikan dmn mbah..wkkwkk

      Hapus
    2. Owa lah pake safe house segala...bilang ja ada di kamar sampeyan mbah...wkkwkk

      Hapus
  5. Freemalaysiatoday
    Teknologi tinggi: Pilihlah jalan yang sukar, Tun
    Timmy Say - November 19, 2018 8:48 AM
    Salam Tun,Baru-baru ini, negara dikejutkan oleh laporan sebuah akhbar tempatan mengenai kelemahan sistem imigresen Electronic Travel Registration & Informatian (eNTRI) yang meluluskan permohonan visa meskipun sekeping gambar beruk digunakan semasa permohonan dibuat.
    eNTRI adalah satu sistem saringan atau tapisan awal untuk rakyat China dan India memasuki Malaysia tanpa visa bagi tempoh 15 hari. Sistem ini tidak dikendalikan oleh Kementerian Dalam Negeri, sebaliknya hak esklusif dan akses penuh diamanahkan kepada Syarikat Ultra Kirana Sdn Bhd (UKSB) untuk mengurusnya.
    Insiden ini menunjukkan betapa lekanya kerajaan terhadap sistem teknologi tinggi, hatta yang digunakan dalam sistem sekuriti negara seperti Imigresen.
    Kelekaan kerajaan terhadap sistem teknologi tinggi selama ini juga terserlah apabila baru-baru ini, Tun meminta pertolongan Rusia bagi menyelenggara pesawat yang dibeli daripada Moscow.
    Tun dilaporkan berkata: “saya berpendapat kami perlu mempelajari lebih banyak tentang cara untuk menyelenggara dan membaiki pesawat berkenaan”.
    Alangkah baiknya kalau pemikiran Tun sebegini diterap dalam kerajaan 20 atau 30 tahun yang lalu. Hari ini mungkin Malaysia sudahpun boleh membina jet pesawat perang sendiri.
    Tun,
    Sebenarnya itulah sikap yang harus ada pada kerajaan mulai hari ini berhubung sistem berteknologi tinggi, terutamanya dalam bidang pertahanan, sekuriti negara, perubatan, internet of things (IoT) dan komunikasi.
    Kita harus belajar secepat mungkin cara menyelenggara, membuat “reverse engineering” dan menggalakkan pembinaan semula segala peralatan berteknologi tinggi yang diimport secara tempatan.
    Contohnya, apakah ada sesiapa yang menyemak peranti elektronik yang digunakan untuk membina sistem eNTRI dan peralatan pertahanan yang diimport? Negara manakah penciptanya? Siapakah pembekal cip IC di dalamnya? Apakah cip IC yang digunakan selamat digunakan tanpa sebarang unsur pengintipan?
    Apakah teknologi ini telah diuji sepenuhnya – contohnya dari aspek tiadanya jalan belakang yang dibina di dalam sistem ini untuk menghantar maklumat sulit kembali kepada pembekalnya tanpa diketahui pengguna – terutamanya peralatan pertahanan?
    Apakah pihak kerajaan telah mengambil inisiatif bersama-sama syarikat berteknologi tinggi tempatan untuk membuat “reverse engineering” secara rahsia terhadap teknologi yang diimport untuk memastikan kepentingan kerajaan dan keselamatan negara tidak terjejas?
    Apakah ada usaha untuk membina teknologi yang dibeli secara tempatan agar negara dapat menguasai teknologi dan ilmu baru serta penjimatan dapat dicapai melalui pengurangan import?
    Kerajaan perlu membuang sikap suka mengambil jalan mudah dalam bidang teknologi tinggi, terutamanya sikap bergantung sepenuhnya kepada pembekal untuk “menjaga” dan “menggunakan” peralatan tanpa sebarang inisiatif untuk menguasai teknologi tersebut, meskipun ia dibeli dengan berjuta-juta ringgit duit rakyat Malaysia.

    BalasHapus
  6. Berapa banyak lagikah projek berteknologi tinggi seperti eNTRI dan pembelian peralatan pertahanan seperti Sukhoi – dengan kerajaan bergantung sepenuhnya pada pihak ketiga untuk pemasangan, pengendalian dan pengoperasian sistem tersebut tanpa mengambil sebarang inisiatif untuk menguasai dan menggalakkan teknologi itu dibina secara tempatan?
    Sudah pasti tidak terkira banyaknya.
    Sikap negatif inilah yang merencatkan langkah negara ke arah menjadi negara maju dan membantutkan perubahan daripada negara yang berasaskan “manufacturing” ke negara yang berasaskan berteknologi tinggi.
    Tun, sebenarnya sikap negatif ini sama bahayanya dengan amalan rasuah yang berleluasa.
    Oleh sebab itu, sikap negatif ini perlu dikekang terlebih dahulu. Ini bermula daripada sikap dan polisi kerajaan terhadap teknologi tinggi. Apakah kerajaan mahu Malaysia kekal menjadi pengguna dan hamba teknologi orang lain atau kita mahu menjadi pembina teknologi sendiri?

    Jika sikap ini terus berleluasa, Tun boleh lupakan sahaja projek kereta nasional ketiga.

    Dengan meletakkan polisi kerajaan yang baik untuk menyuburkan industri teknologi tinggi, mikroelektronik dan IC Design sebelum Tun bersara, sekurang-kurangnya Tun telah meletakkan kompas dan kemudahan yang cukup untuk negara belayar ke arah yang betul untuk 20 ke 30 tahun akan datang dan memastikan nasib Malaysia tidak akan menjadi seperti nasib Cyberjaya hari ini.

    Konsep “beli dan guna” teknologi sememangnya jauh lebih mudah daripada “belajar, tiru, kaji, bina dan jual” teknologi – namun Tun, jalan sukar itulah jalan keluar untuk negara dan generasi akan datang selepas segala sumber asli negara habis digunakan.

    Ya, ia memerlukan duit, jalannya berliku dan mengambil masa – tapi yakinlah, ia akan berbaloi akhirnya untuk Malaysia.

    Artikel ini adalah pandangan penulis dan tidak semestinya mewakili FMT.

    BalasHapus
  7. "Mas-mas...mbok coba diabsen temen2 kita, siapa yg belum kelihatan dari pagi 🤔🤔🤔"

    https://m.detik.com/news/berita-jawa-tengah/d-4341807/polda-diy-gerebek-pesta-seks-di-kamar-hotel-belasan-orang-diamankan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho om hari panjenengan kena grebek tho....

      Hapus
    2. Oooh sukur-sukur...tiwas tas tak rasani ke dek royan 😂😂😂

      Hapus
    3. D boys, ada
      Tupez, ada
      Tungkir, ada
      PS, ada
      Superstar mana ya ?
      Bilal, ada
      Palugada, palugada mana ?
      Civil, ada
      Chocopoliplinplan mana ? Oh ya, sudah almarhum.
      Gono, hadir
      Agato, oh itu sedang main di sebelah.
      Bigperry ada
      Menyan ? Oh menyane lagi dibakar.

      Hapus
    4. Perasaaan...bidadari smith, kenarok sama darma belum kelihatan ya 🤔🤔🤔

      Hapus
    5. Beegghh..
      Sitaan sarung karet cek akehe..arep di enggo plembungan tha..?😂😂😂

      Hapus
    6. Bidadari smith, keanrok sama darma ketangkap sama satpol pp biasa mangkal di BKT

      Hapus
  8. Mas boy aman, master TN ada, mas PS hadir gitu juga mas bahas, mas tupez,mas situngkir, akang asep....ada yg tau mas palugada dan mas superstar kemana 🤔🤔🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Padune ming pengen lihat pasangan swinger be ndadak kakehan minyak bulus...😂😂😂

      Hapus
    3. mas hari.. om @ superstar ada, cuma lagi liputan "khusus' yaa di hotel ituu, lha wong dia yg mosting beritane, gor demok2 tok..!! aman lah dia,hahaha..🤣🤣🤣

      Hapus
    4. Sek, sek mas...itu di BB kok ada lingerie segala 🤔🤔🤔

      Itu lingerie yg dari bahan waring hitam bukan....🙆🙆🙆

      Hapus
    5. Wong jelas warnane gak ireng ngono kok...😂😂😂
      Ceria laah..pinky-pinky, wong skenario pesta-pesta kok...

      Hwekekekekek
      😂😂😂😂😂

      Hapus
    6. Nggih mas..
      Iki nembe ngising nganti durung cawik langsung mbales komenan mas 😊😊

      Hapus
    7. Kalo hitam nan temrawang rak luweh exotis...marakne rosa-rosa 😱😱😱

      Hapus
    8. Ajor-ajor...
      🤣🤣🤣, jebule mas superstar lagi nanggung

      Hapus
  9. INDONESIA DARURAT KAPAL PERANG TYPE DESTROYER!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mosoookkk 😲😲😲😲😲😲

      Hapus
  10. "Hayuh, yg suka brantem sama situngkir...nyembah-nyembah dah kalo udah liat adiknya 👉👉👉"https://www.instagram.com/situngkirwilda/?hl=id

    BalasHapus
    Balasan
    1. senengan muu lee..🤣🤣 ojo lali iki minyak buluse d sempatke d bloyoti.. ben tambah "nyempluk' hahahaha😁😁😁🏃‍♂️🏃‍♂️🏃‍♂️

      Hapus
    2. Jujur aja mas...sampeyan sing ngedrop tempo hari ya 🤷🤷🤷

      Hapus
    3. Ngedrop opo..?
      Ealaah..suplier minyak bulus tho..?😂😂😂😂😂

      Hapus
    4. mas boys ternyata nyambi bisnis gedhe(konglomerasi) bisnis ekspor minyak bulus...mbok kita2 di ajari bisnis...kethokkee kok untung gedhe...hehe

      Hapus
    5. Sing gede mboten ming untunge mbah....😂😂😂

      Hapus
    6. cakepp.. itu barang manjur mas, kabeh2 nek d bloyoti minyak bulusku dadi geede kabeh. kmrn tonggoku ndue omah cilik type 45, bar di bloyoti dadi lan melar type 90. luaarr biasaaa

      Hapus
    7. Niyate gor kukur-kukur....eyalah, lali yen mentas ngemek minyak bulus 😱😱😱

      Hapus
    8. simbah gemuyu sampek watuk2....loro wetngku

      Hapus
  11. "Teknologi EBT dibarter dengan IVER....gemana 🤷🤷🤷"

    https://m.detik.com/finance/energi/d-4341971/denmark-mau-terapkan-100-energi-baru-terbarukan-di-2030

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoke Iver Viper Forever mas... seng penting blesteran... 😙😙😙😙

      Hapus
    2. @superstar..termasuk jones juga blasterAn mas..xiixiii

      Hapus
    3. Duhh FNY... 😙😙😙😙
      Piroan sih ? Uppsss..😷

      Hapus
    4. setuju mas super...sesuai seleraku body monthok,bongsor,panco indrone gaweane thales,cakar2ee wis lumayan,turunan blasteran asli eropa..kurang opo to yoo

      Hapus
    5. Mas super,
      Mana neeh report dari Polda DIY tadi..😂😂😂😂

      Hapus
    6. FIX !!!....@PALUGADA ga bisa dikonfirmasi keberadaannya🙅🙅🙅

      Hapus
    7. mas hari ijek absen...ono sing ilang hahaha....

      Hapus
    8. Palugada wis absen nang ndhuwur kono lho..

      Hapus
    9. Ssst, ada yg baru aja dilepas...karena masih dibawah umur 🤵🤵🤵

      Hapus
    10. duch knafa sich cuma peduli yg mesum2 doank om2???
      gimana nasebbb "Gempiiiiiiiiiiiii oomm" hikss hhikkk😭😭😭 apalagi memonya uhuuyy haha!🤩🤩🤩

      Hapus
  12. tetap KD Lekiu & KD Tunku Abdul Rahman yang terbaik didunia. USS Gerald Ford & USS Los Angeles puntak mampu menandingi teknologinya kalah jauh dibanding malassia pny

    BalasHapus
    Balasan
    1. saking hebatnya hanya 2 KD itu yg selalu di pakai... lainnya bengap di dermaga... hahahaa😁😁

      Hapus
  13. nach gt donk latihan lagi haha!👍👍👍
    lenkali ajak jg donk kapal anti ranjau biar lbh mooij skenario latmanye.

    eh KRI GNR ame KRI BT lg zalan zalaann yak kliling tetangga, mana nich min liputannye haha!😊😊😊

    BalasHapus
  14. salah satu yg blm d publikasi d publik adalah kemampuan Torpedo acoustic counter measures (TACM) lansiran LIG Nex1 yg menjadi peralatan standar di CBG class..

    BalasHapus
  15. Para om om nih dak da yang niat ngasih ilmunya dengan membuat cerpen atau komik tentang TNI seperti hanya killer Tanggerang
    Sepertinya sepertinya asik akang akang

    BalasHapus
  16. Is that real or plastic?

    Weird design.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Plastiklah...macam punya rosma sama tu...😆😆😆😆

      Hapus
    2. malayshits scorpene real shits tak boleh selam wkwkwkwk

      Hapus
    3. Plastiklah...macam punya rosma sama tu...😆😆😆😆

      Hapus
    4. @unknown "We agree that the Defence Ministry has to defend the country, but with what lah? You had left behind a legacy of low morale, useless jet fighters, submarines that cannot dive, missile ships with no missiles. Actually, how many of our armaments are white elephants? Have these ever been serviced or been left aside to rot? A good worker needs tools, to work effectively. This is not a kamikaze situation. Until and unless we strengthen our defence, it is better to find a peaceful solution. If you realise the kind of budget Singapore puts aside each year for its defence, you will put up the white flag".

      xixixi

      xixixi

      xixixi

      Hapus
  17. Malon Udah pada terkencing dan terkagum liat Apache rsaf. Helly Nuri siap counter. balik

    BalasHapus
  18. Maaf out of topic...ada yg mwndengar suara pesawat terbang rendah jam 1. Malam lokasi saya di jawatengah, konfirmasi di fb wilayah jatim sampe pekalongan, suara seperti pesawat berat, mohon konfirm bila ada info

    BalasHapus
  19. Adakan lagi kapal selam minimal 45 unit medium size, 60 unit small size, 15 unit large size, supaya tdk dipandang remeh negara lain. Tentunya secara bertahap

    BalasHapus
  20. Adakan 120 unit real fregate, 50 unit destroyer, 250 unit KCR, 40 unit kapal pemburu ranjau

    BalasHapus
  21. Adakan 50 ribu MLRS, 3000 unit astros.

    BalasHapus
  22. Balasan
    1. adakan 100ribu boat engine thong thong tuk atm diraja beruk nak kaboorr...😁😁

      Hapus
  23. Bonus cashback setiap hari jumat bersama Anapoker
    agen judi online terbesar dan terpecaya di indonesia
    dengan minimal deposit hanya 10 dan proses cepat paling lama 3 menit!
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang!!

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus