21 Mei 2019

Indonesia Seeks American Arms

21 Mei 2019


F-16C/D and C-130 Hercules of the TNI AU (photo : Megah)

To pacify Trump, Indonesia seeks American arms

Jakarta is weighing big-ticket US weapons purchases to rebalance trade relations and maintain privileged access to US markets.

Indonesia is quietly talking to the United States about the purchase of 32 new Lockheed Martin F-16 Viper jets and six C-130J cargo aircraft in what may partly be an effort to remove the country from any possible sanctions as the US-China trade war returns to a boil.

Well-placed Washington sources speculate that the Indonesians are seeking to protect their Generalized Scheme of Preferences (GSP) access, as well as to ward off possible US congressional retaliation against friendly countries that have recently purchased Russian military hardware.
.........
On the military front, it is still not clear whether Indonesia’s plans to buy 11 advanced Su-35 FlankerE multi-role fighters from Russia will run into the Countering America’s Adversaries Through Sanctions Act (CAATSA), which penalizes procurers of Russian military systems.

The air force has said it will have no option but to terminate the deal if US sanctions are enforced, but as a spokesman has noted: “We need to operate a combination of East-made and West-made fighters. Politics is uncertain, and we need balance because if we have problems with the West, we can use aircraft made in the East.”

F-16V Viper (image : Lockheed Martin)

Ironically, the Indonesian military only went shopping in Russia in the early 2000s because of a US arms embargo which began with the Dili, East Timor, churchyard massacre by Indonesian troops in 1991 and was only strengthened following East Timor’s bloody separation from Indonesia eight years later.

Although Indonesia already has a squadron of twin-engine Sukhoi Su-27/30 jets, the subsequent lifting of the embargo has seen the delivery in the last two years of 24 refurbished US-made F-16s and eight Boeing AH-64E Apache attack helicopters worth an estimated $1.4 billion.

Indonesia’s intended purchases, including the $1.1 billion Su-35 deal, fit with an ambitious air force modernization plan, announced in June 2018, to bring its force level up to eight fighter squadrons and six refreshed transport squadrons by 2024.

It currently has six fighter squadrons spread across Java, Sumatra, Kalimantan and Sulawesi, with an inventory that includes 25 F-16C/Ds, 16 Su-27/30s and 24 British Aerospace BAE Hawk 200s.

Government sources say the C-130 workhorses are a higher priority than the costly, state-of-the-art Vipers because of the steady depletion of its current 18-strong fleet, invaluable in flying troops and relief supplies to remote parts of the archipelago.

C-130J Super Hercules (photo : Przemyslaw Burdzinski)

Apart from its normal transport role, the Super Hercules C-130 can also be quickly configured for prolonged maritime surveillance duties with belly-mounted radar and roll-on, roll-off sensor stations in place of cargo.

The Indonesians have yet to publicly announce their interest in the F-16V, which was first demonstrated at the Singapore Air Show in 2012 and only went into service with Taiwan’s Air Force this year.

Developed to inter-operate with Lockheed’s fifth-generation F-35 and F-22 fighters, the latest F-16 variant can be deployed against enemy air defenses and also in air-to-air, air-to-ground and deep interdiction and maritime missions.

US analysts advise Indonesia to continue conducting business as usual and say there is no need for Jakarta to make any major announcements on military procurements or highlight joint military exercises or other unilateral endeavors.

High-level US visits in the recent past by Pence and then Defense Secretary James Mattis went a long way, they say, to establishing Indonesia’s value to the US as a democracy of strategic importance. But whether that assessment extends to the mercurial and unpredictable Trump is a different matter.

See full article ATimes

169 komentar:

  1. Balasan
    1. Tumbas kakak😁😁

      Hapus
    2. TNI AU. Viper lanjut.. Su 35 lanjut


      TUDM.. Tejas lanjut... Raffale RFI lanjut...😁

      Hapus
    3. LANJUT ITU BILA UDAH SMPAI KALAU BELUM SAMA AJA ANGAN2 HAHAHA

      Hapus
    4. Angan angan tuh PTM 6 gen lon....😂

      Hapus
    5. Tak lupa bina dalam jangka 2 tahun pulak.... Kalian kaum stress rupanya..😂

      Hapus
  2. Jadi ceritanya fix nih, pake viper 2 ska?
    Biar mamarika nggak ngambek kita ambil super flanker 1 ska,

    BalasHapus
  3. DIGERTAK MAU DIBAN BARU BURU2 CARI AMERIKA..SEBELUM NI INDONESIA LOVE RUSSIA TP SU35 NGAK SAMPAI2 HAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. sok tau loh nyet, nih pisang

      🍌🍌🍌🍌🍌

      yah daripada elu, RFIRFIRFI

      Hapus
    2. Kalau negeri lu, digertak trus buruan cari ke India & Pakistan ya..? 😂😂

      Hapus
    3. Malon di gertak cina langsung RFI LMS dan JF-17

      Hapus
    4. Terus berani nggak malon beli dari rusia,, klo kalian memang berani ayo saya tantang pemerintah mu membeli pesawat tempur atau alat perang dari rusia...

      Hapus
    5. Bukan takut uknown, ini salah satu strategi diplomasi pemerintah indonesia ke US bgaimanapun indonesia msh membutuhkan US berakaitan kerjasama pembuata pespur IFX dg korsel...

      Hapus
  4. You know this kind of people are very IDIOT.

    For sure their Idiotism will lead to system integration conflict.


    Funny right???


    POOR INDONS! IDIOT

    BalasHapus
    Balasan
    1. habis Buang Tai lalu Memakan Tai

      typical Malon, tak tau malu


      wkwkwkwk

      Hapus
    2. Horang kaya... Sono sini beli... Malon sono sini hutang..😁

      Hapus
    3. yeah right dictated by a communist country regarding of your sovereignty, truly a smart people

      Hapus
  5. Pindah sini aaahh...haha..
    32 unit Viper enaknya taruh mana ya..?? haha...

    1 skuadron(16 unit) fix di Pontianak karena Hawk bakal ditaruh di Pekanbaru semua. Tinggal 1 skuadron lagi.. Berdasarkan berita2 yg sudah beredar.. kandidat skuadron baru ada di Kupang, NTT dan Biak, Papua barat.

    Kalau saya condong di Kupang.. Alesannya..:

    - Di Biak sedang fokus bangun skuadron angkut baru.

    - Letak Kupang/NTT yg strategis berbatasan langsung dengan 2 negara.

    - Di Bandara El Tari sedang ada pembangunan hanggar baru, selain hanggar lama yg mampu memuat 4 pesawat tempur.

    - Dari Kupang Viper bisa berpatroli Pulang Pergi Kupang-Saumlaki-Merauke menggunakan CFT dan tanki eksternal. Jika ditambah tanker udara bisa lebih jauh mungkin Kupang-Saumlaki-Merauke-Timika-Biak-Sorong dan kembali lagi ke Kupang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Natuna lah.. Jagain Malays serawak sabah.. Khawatir di caplok tiongkok..😁

      Hapus
    2. Om bkn nya hawk nanti justru di taruh semua di pontianak?

      Hapus
  6. Pokoknya 1 skadronnya f35 😁

    F35 dah turun tuh harganya nyentuh 80 juta/unit

    Ya meskipun cost/hour nya masi tinggi ntar juga turun 😁😁

    #F35FORTNIAU 😘😘
    #F35LOVERS

    🏃🏃🏃💨💨💨

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEKARANG F35? SU35 GIMANA SIH..KERUPUKNYA SUDAH DISIAPKN LOH HAHA

      Hapus
    2. Kerupuk?? LINK??

      😂😂

      Hapus
    3. kalo AU beli F35 1 skadron, pas 3 skadron

      Yups mudah2an sisanya yg 1 skadron F35 😁

      Hapus
    4. Tampak sekali beruk unknown grade A jealousy.... Tebar pisang for malon peoples...🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌😁

      Hapus
  7. Ada uang jgn ragu,,, borong, biasanya ada discount besar2an,,, swabuana paksa pokok e!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mumpung discount lebaran ambil 2 kodi... Malon cuma gigit jari..😂

      Hapus
  8. Balasan
    1. Malon beruk Low IQ and Low Cash
      ..😋

      Hapus
    2. hahaha indons ini bodoh yah..komunis itu selepas malaysia merdeka lah tolol..mau argumen tapi tolol..lagi pula apa di malaysia sahaja ada komunisnya di indons sana tiada komunis? setahu gue partai komunis indonesia itu lebih besar loo haha ???



      mau aku sebutkan kesemua nama pejuang melayu yang menantang british sebelum merdeka? mau?


      Komunis di indonesia cari tempat pelarian di malasia. Jadi kalo ko ponya moyang orang indonesia bisa jadi pelarian komunis indonesia ???

      Wwwoooyy beruk
      Coba jawab pertanyaanku d bawah !!!
      Coba sila dedahkan kapan tnggal pasti kalian merdeka dan dengan cara apa kalian merdeka ???
      Pahlawan ???? Siapa pahlawan kalian yng berjuang untuk memerdekakan bukan cuma sekedar mengiba dan mengemis kpda penjajah agar merdeka dan tidak menjadi babu dan membayar upeti kepda penjajah 999th ???
      Sejak kapan perusuh di indo lari k malon bkan ke para perusuh dan teroris malon yng dtang kat indo bnyak lah contoh nye tak perlu lah ku dedahkan,,bkan justru kalian yng menyokong perusuh tuh k indo (PPRI permesta)tak usah kau bicara sejarah perjuangan dengan kami kalo nyata kalian msih d jajah 999th ..

      Hapus
    3. Pahlawan singapura pun mereka klaim xixixixixi

      Hapus
  9. Moncong F-16 catnya beda, apa campuran dgn yg di upgrade.kenapa ya kok lebih srek ditempatkan di eltari hanya pendapat saya loh. Tks

    BalasHapus
  10. hahaha indons ini bodoh yah..komunis itu selepas malaysia merdeka lah tolol..mau argumen tapi tolol..lagi pula apa di malaysia sahaja ada komunisnya di indons sana tiada komunis? setahu gue partai komunis indonesia itu lebih besar loo haha ???



    mau aku sebutkan kesemua nama pejuang melayu yang menantang british sebelum merdeka? mau?


    Komunis di indonesia cari tempat pelarian di malasia. Jadi kalo ko ponya moyang orang indonesia bisa jadi pelarian komunis indonesia ???

    Wwwoooyy beruk
    Coba jawab pertanyaanku d bawah !!!
    Coba sila dedahkan kapan tnggal pasti kalian merdeka dan dengan cara apa kalian merdeka ???
    Pahlawan ???? Siapa pahlawan kalian yng berjuang untuk memerdekakan bukan cuma sekedar mengiba dan mengemis kpda penjajah agar merdeka dan tidak menjadi babu dan membayar upeti kepda penjajah 999th ???
    Sejak kapan perusuh di indo lari k malon bkan ke para perusuh dan teroris malon yng dtang kat indo bnyak lah contoh nye tak perlu lah ku dedahkan,,bkan justru kalian yng menyokong perusuh tuh k indo (PPRI permesta)tak usah kau bicara sejarah perjuangan dengan kami kalo nyata kalian msih d jajah 999th ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. DATO MAHARAJALELA DOL SAID TOK JANGGUT MAT KILAU HAJI ABDUL RAHMAN LIMBUNG

      Hapus
    2. MAU TAHU KESAH KEMERDEKAAN MALAYSIA AKU SARANKAN KAMU NONTON 1957 HATI MALAYA..

      Hapus
    3. Itu film kisah asli, tanpa propaganda kan?

      😁

      Hapus
    4. itu kan benar...hahaha..sama2 dijajah usah sok ngak pernah dijajah..toh juga aku sudah namai pejuang2 kami..itu pun baru dikitan

      Hapus
    5. "31 OGOS- KEMERDEKAAN MALAYSIA ( INDEPENDENCE DAY)"
      👆👆👆👆👆

      Merdeka dari siapa? 😁

      Hapus
    6. Hai bodoh kau simak tak pertanyaan ku bodoh sngat,,,maharalela itu thun 1857 itu pun bkan perang kemerdekaan tpi hnya pebunuhan jjw dan latar belakngnya pun hnya msalah kutip cukai itu pun terjadi pada thun 1875 arti hmpir 1abad seblum kmerdekaan / lebih tepat nya d merdekakan sebagai persekutuan/persemakmuran british sbgai negara boneka !!!!
      Kamu nih skolah atau tidak kau menjawab sprti ku tnya nama ibumu lalu kau jawab nama kakek moyangmu,,kamu tau tak arti kmerdekaan tuh ???
      Kau liat tak bngsa palestina yng smpai skrng msih berjuang untuk merdeka dan memperthankan tanah kelahiran nya dri penjajah,,,bkan macam kau yng rela serah kan bhkan bayar upeti dan menjadi babu aka budak slama 999th,,bngsa merdeka tidak dapat d dikte atau rela membayar upeti yng sharus nya mnjdi kekayaan negara justru dberikan kepda negara lain yng dlu nya adalah penjajah..

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    8. Kau nih berbicara layak nya anak sekolah dasar sahaje pdahal sudah berjembot..film itu bsa d rakayasa tetapi sejarah tidak bsa dbohongi jika kalian sudah merdeka 100% tidak akan ada penjaga istana dri tanah malayu dan tidak akan ada UMNO hngga saat ini yng notabane adalah sekutu british (penjajah) yng terakhir tidak akan ada upeti smpai tahun 2962..

      Hapus
    9. Kau bangga"kan maharajelela yng notabene berasal dri indo tepat nya suku bugis d luwu..lawak sangat kau nihh negri tnpa identitas..wkwkwk

      Hapus
  11. Brace yourself of incoming malas-sian. xixi.

    All hail the mightiest Tejas-M and JF17-M, the most advanced Tejas and JF-17 malas-sia version. Equipped with vita berapi main gun, and dildo-anwar missile. Featured with self ejection seat on hangar. xixixi.

    They will claim this fighter made by their own, and will be named "Rosmah MkM". xixixi. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampuudd, jeru nek iki....😂

      Hapus
  12. Kasihan idiot malondogs aset ompong dan usang bengap dihanggar, Heli kecik nan comel tak datang habis Wang dirasuah umngok, maharogol takut air mirip kucing kurap macam babiputera rogol bin kurap kah kah kah

    Babiputera semakin terpuruk oleh bangla dan cino

    Kesultanan melayu digantikan kesultanan bangla dan cino

    Malon senang digondolin umngok

    Kihkihkih

    BalasHapus
  13. Malon mana malon ? Baca nih lon !!! VIPER cuy VIPER sama hercules lah elu malah beli TEJAS anjing wkqkqkwkwkwkwkwk jomplang parah kelasnya, mampus je lah kau lonnnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. usah sakai dulu ada di indonesia baru bising ini toh baru rfi hahaa...mau dekatin ama trump pula

      Hapus
    2. Warga malon banyak jadi penjual kerupok dan minyak sayur... Karna negrinya banyak hutang..😁

      Hapus
  14. Malon bangsat baca ini langsung stroke,..
    Wkwkwkwkwk..

    Game change..pengadaan ini akan langsung membuat kita superioritas di atas segala2nya dari mereka.. XD

    BalasHapus
  15. gembar gembor berita barang gak muncul2... seharusnya pakai ilmu quietly but realized...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daripada malon kolek RFI je...😂

      Hapus
    2. Iyaa bener bro,, realisasi itu yg paling penting

      Hapus
    3. Siapa yg gembar gembor???

      Baca bego

      Indonesia is "QUIETLY" talking to the United States

      Cuma ketauan media aja jadi di beritain

      Medianya juga bukan media lokal

      Jadi siapa yg gembar gembor??

      Hapus
    4. kok ikut ikutan dungu sih indonesia bisa ini?


      gebrak meja dong biar greget.

      Hapus
  16. HAHAHAHAHAHA.... sembang INDON sama mcm kes SU-35... LASTnya tak sampai sampai..Rusia bengang ada bayar semua pakai KEROPOK... Kamu ingat Rusia tu mcm INDON...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahahahaha kerupuk kerupuk..kerpuk kerupuk kerupuk

      Hapus
    2. Tukang kerupuk malays ni..😂

      Hapus
    3. Kau hina2 krupuk padahal itu makanan sehari2 kau juga hahahahaaha ,dasar malon penjilat pantat brithis

      Hapus
  17. Harap berit ni betullah bukan cerita cerita sinetron mcm Su-35... Sembang lebih... Wkwkwkwwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahahaha.... Mana ada iri sembang saja kamu lebih...

      Hapus
    2. Kau kira pesan sekarang besok sdh jadi dan di kirim lon,, itu butuh waktu beruk malon.
      Tdk seperti kalian ptpm 6 jadi dalam dua tahun,, xixixixixxi

      Hapus
    3. Lebih baik sombong tapi nyata,lha dari pada negara lho.
      Yg disombongin apa, minyak goreng,atau kah rogol merogol seperti yg👆😂😂

      Hapus
  18. Viper konon.... selagi pesawat belum sampai korang tak payah sembang lebih la.... US pun tak kata apa lagi....korang ingat US tu terima ka bayar guna KEROPOK untuk ganti pesawat....Hahahahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus jf sulfur gmana kabarx lon,,,,,xixxiixi
      Blom bayar satu eh minat tejas lagi... Bayar dulu jf sulfurx lon

      Hapus
    2. Wkwkw gempurwaria jf sulfur mana,udah datang kah😂😂

      Hapus
  19. Ini title nya salah sikit...


    Yg betul nya...


    INDONESIA SEEK AMERICAN ARM PIT...


    Kohkohkohkohkohkoh

    BalasHapus
  20. untuk pembayaran kami ada memberi beberapa pilihan KEROPOK kepada firma penjual...antaranya KEROPOK perasa IKAN, KEROPOK UDANG, KEROPOK UBI KAYU, Bla...bla...Bla.... Wkwkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Faham benar tukang kerupuk malays ni rupanya..😂

      Hapus
    2. Minyak sawit dah laku belum?

      Hapus
    3. Keropok perasa apa pula kali ni....??? biar aku teka... Perasa Udang...??? Wkwkwkwkwkwkwkkw

      Hapus
    4. Tdk usah iri lon,,, minyak mu tdk laku tp krupuk kami laku xixixixixxii

      Hapus
    5. Kamu pikir, kerupuk ga ada nilainya ya?

      Hapus
  21. F-16 yang di HIBAH dari US tu pun dulu dari stok simpanan GURUN...lagi mau sembang... INDON dan SINETRON berpisah Tiada....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih boleh lawan MKM tak de roda la..😂

      Apalagi lawan hornet blow engine..😂

      Hapus
    2. Hahahahaha Viper konon...SU-35 tu bila nak sampai lagi mau sembang....

      Hapus
    3. https://www.hobbymiliter.com/10212/kisah-hilangnya-a-4-skyhawk-angkatan-udara-malaysia-di-amerika/#

      Baca ini lon biar kamu tdk ketinggalan berita

      Hapus
    4. Hahaha
      Gempur gila lupa...
      A4 Punya malon dl jg ambil dr stock gurun...malahan lbh pahit...ud ambil di gurun,dibangun kaga di ambil2 ama malon...d balikin lagi ke gurun...br deh di ambil lagi...


      Hahhaa...

      Hapus
  22. padahal berita belum beli lagi baru berencana saja tapi INDON melompat melompat mcm BERUK nak dapat pisang... Hahahahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artinya macam ente ya PUR?
      Paham sangat perangai BERUK..😂

      Hapus
    2. Bagaimana dng MRCA mu lon? Bila bila...
      15 to 5 TLDM pun tak sesuai rencana
      MRCA krik krik
      MPA krik krik
      LCA krik krik
      Heli MD krik krik

      Hapus
    3. Hanya orang iri dan dengki sepertimu yg pura2 tertawa diatas kebahagiaan orang lain xixixxii

      Hapus
    4. SILAKAN SILAKAN DILIAT PROTOTYPE LIGHT TANK MALONDOGSHIT


      https://www.facebook.com/groups/wot.indonesia/permalink/2689955327684545/?app=fbl


      Nb. syarat, ga boleh komen atau ketawa. nanti dikira kita sombong oleh beruk semenanjung

      Hapus
  23. Nanti kalau semuanya sudah datang monyet2 beruk malon ini akan mingkem sampai 2055 XD

    Sama kek era kita saat mau beli leopard & apache..mereka selalu hina hanya "akan",
    Ketika barang udah sampai...beruk2 idiot malon bengong...nggak berani lg comparasi monkey model MBT mereka dgn kita....bwahahahahahahahah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila datang tu ya....??? HAHahahahahaha INDON...INDON.... HAHahahahahaha

      Hapus
    2. Bila malon sudah mampu bina PTM 6 Gen dalam 2 tahun la..😁

      Hapus
    3. GEMPURWARIA, liat nanti sapa yg lebih dulu MRCA lu apa SU 35/ F 16V. Lu bisa jawab gak...

      Hapus
    4. Pasti gempur cakap duluan PTM 6 Gen la..😂

      Hapus
    5. SILAKAN SILAKAN DILIAT PROTOTYPE LIGHT TANK MALONDOGSHIT


      https://www.facebook.com/groups/wot.indonesia/permalink/2689955327684545/?app=fbl


      Nb. syarat, ga boleh komen atau ketawa. nanti dikira kita sombong oleh beruk semenanjung

      Hapus
  24. 32 viper...6 hercules j....8 tambahan apache guardian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambahan Apachenya bakal kelipatan 6, entah itu 6 atau 12 atau 18 atau 24 atau 30 atau 36 atau 42 atau 48 dst

      Hapus
    2. Kecuali ada perubahan doktrin, tambahan Apache bakal kelipatan 8. Jumlah tergantung berapa SkUAD 1x yg bakal pakai.

      Hapus
  25. SINETRON AGAIN.... Wkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sinetron tuh cem pengadaan Colin taik nya malon. Sampe ada scene ledak wanita oleh agen super malays..😂

      Hapus
    2. Sinetron dengan tajuk MRCA tertukar oleh tejas buahaha...

      Hapus
    3. Bhuahahahahaha mrca tertukar tejas ketemu saudara kembar jf sulfur bhahahahaha

      Hapus
    4. SILAKAN SILAKAN DILIAT PROTOTYPE LIGHT TANK MALONDOGSHIT


      https://www.facebook.com/groups/wot.indonesia/permalink/2689955327684545/?app=fbl


      Nb. syarat, ga boleh komen atau ketawa. nanti dikira kita sombong oleh beruk semenanjung

      Hapus
  26. Kesian malaysia kumpul brosur jer

    BalasHapus
  27. Kesian INDON baru berencana tapi melompatnya kalah Beruk macam dah beli... HAhahahahaha... SINETRON SIRI ke-1120 ke tu....???? HAHAHAHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesian malon warga kebanyakan iri dengki dengan jiran... Maklum warga dipaksa bantu bayar hutang negara..😂

      Hapus
    2. GEMPURWARIA sineteon TUDM sudah sampai mana sudah tamat ke...
      Sineteon TUDM dengan tajuk MRCA yang tertukar tejas wkwkwk...

      Hapus
    3. SILAKAN SILAKAN DILIAT PROTOTYPE LIGHT TANK MALONDOGSHIT


      https://www.facebook.com/groups/wot.indonesia/permalink/2689955327684545/?app=fbl


      Nb. syarat, ga boleh komen atau ketawa. nanti dikira kita sombong oleh beruk semenanjung

      Hapus
  28. Sekarang f35 harga turun jauh,hampir sama dengan f16 viper,..tapi mending pilih f15x temani su35

    BalasHapus
  29. Gempur rajin benar kat sini... Emang bikin iri ya pur banyak lihat kemajuan jiran... Habis itu merana lihat perkembangan malays sejauh ini...wakakakkk😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. PANAS KE TU....???? Hahahahahaha

      Hapus
    2. GEMPURWARIA TUDM harap pesawat lapuk wkwkwk...

      Hapus
    3. Gempur panas hati tapi mencoba tegar... Jelas tampak pur jealousy kalian...😁

      Hapus
    4. Jelas dia tdk puasa kali,,, atau lagi datang bulan xizizizzizzi

      Hapus
  30. SINETRON SIRI ke-1120 ke tu....???? HAHAHAHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panas ke bang...
      Sinetron TUDM sampai mana...

      Hapus
    2. Sinetron TUDM baru sampai blow engine hornet dan MKM patah roda..😂

      Hapus
    3. INGAT MALON DUNGU,,,NEGRI KAMI BISA SAJA MENJAJAJH DAN MENYERANG NEGRI KALIAN UNTUK MENGHANCUR KAN NEGRI MALON YANG SO JAGUH SEDONIA ITU

      Hapus
  31. Kepanasan boleh...goblok jangan...😁😁

    BalasHapus
  32. Hahahahhahahaha...ngak dapet su35 downgrade ke f16 viper haha..f16 viper ni makanan hornet malaysia je haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hornet blow engine je di banggakan... Hornet kalian cem kerupok bagi Falcon dan Flanker TNI AU.. Belum lagi mental TUDM yang dibawah rata rata..😁

      Hapus
    2. Flanker tni boleh lawan mkm malaysia kah haha..booo kalah telak..hornet malaysia udah upgrade om setara super hornet blok 1

      Hapus
    3. yelah yelah,
      biar korang senang lah tu

      SILAKAN SILAKAN DILIAT PROTOTYPE LIGHT TANK MALONDOGSHIT


      https://www.facebook.com/groups/wot.indonesia/permalink/2689955327684545/?app=fbl


      Nb. syarat, ga boleh komen atau ketawa. nanti dikira kita sombong oleh beruk semenanjung

      Hapus
    4. Itu untuk di pke merogol pantat malon xixixxiixi

      Hapus
  33. Kenapa malaysia always kesian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karna Pejabat banyak songlap dan penipu.. Rakyat banyak bodoh dan pemalas... Itu kata PM Mahatir ya.. Bukan kata aku..😁

      Hapus
    2. SILAKAN SILAKAN DILIAT PROTOTYPE LIGHT TANK MALONDOGSHIT


      https://www.facebook.com/groups/wot.indonesia/permalink/2689955327684545/?app=fbl


      Nb. syarat, ga boleh komen atau ketawa. nanti dikira kita sombong oleh beruk semenanjung

      Hapus
  34. Hebat tambah skadron VIVER,, BERUK BERSARONG TAMBAH SKADRON 🍌🍌🍌🍌 BUAT PERSIAPAN PACEKLIK... 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  35. SI GEMPURGILA DAN UNKNOWN BABI MALON NI BANYAK CAKAP KAU,,,,KAU TUNGGU SAJA KEDATANGAN NYA WEAPON TNI,,,BILA PERLU KAMI SIAP NAK MEN JAJAH MALON SAJA SEKALIAN PASTI HANCUR KORANG BANGSA BERUK NI

    BalasHapus
  36. BERANI TAK BANGSA MALON PERANG DENGAN INDONESIA,,JIKA KALIAN TAK BERANI PERANG LAWAN INDONESIA ,,SANA KORANG MINTA BANTUAN RATU BUKINGHAM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berani lah kata beruk unknown kan ada FPDA... Nanti yang maju askar FPDA yg lain.. Askar malays cukup basuh piring dan panti pijat askar puteh... 😂

      Hapus
    2. Paling heibat jadi juru mudi humvee..😂

      Hapus
    3. SILAKAN SILAKAN DILIAT PROTOTYPE LIGHT TANK MALONDOGSHIT


      https://www.facebook.com/groups/wot.indonesia/permalink/2689955327684545/?app=fbl


      Nb. syarat, ga boleh komen atau ketawa. nanti dikira kita sombong oleh beruk semenanjung

      Hapus
  37. INDONESIA ADALAH NEGRI PARA PEJUANG YANG TAK PERNAH PUTUS ASA UNTUK MENGHANCURKAN BANGSA MALAYSIA YANG CONGKAK BAK BABI BUTA YANG TAK TAHU MALU

    BalasHapus
  38. Kasihan idiot malondogs aset ompong dan usang bengap dihanggar, Heli kecik nan comel tak datang habis Wang dirasuah umngok, maharogol takut air mirip kucing kurap macam babiputera rogol bin kurap kah kah kah

    Babiputera semakin terpuruk oleh bangla dan cino

    Kesultanan melayu digantikan kesultanan bangla dan cino

    Malon senang digondolin umngok

    Kihkihkih

    BalasHapus
  39. Heran aku, malon cakap F-16V akan menyusahkan integration, bodoh kah kau hai beruk semenanjung!? justru F-16V & C130J itu memudahkan integration lah bodoh! Indonesia dah guna F-16 & Hercules, akan sangat mudah untuk akomodasi pesawat dengan basis airframe yang sama!

    Yang ada tuh TUDM beruk terbanglah yang kesusahan integration dengan memakai HAWK, F-18 eceran, MKM DAN JF_17 FULLPOOR! Terlihat sangat lah pemerintah korang semua nih TOLOL, tidak mampu untuk bina strategi pertahanan, bisa-bisanya pilih beli 2 unit FULLPOOR yang akan integrate dengan HAWK, bodoh sangat lah.

    BalasHapus
  40. Niscaya Malay akan mengalami paceklik dan kaum babiputeranya sedikit demi sedikit tergeser oleh Cina dan Bangla akibat kesombongan dan rasismenya.

    BalasHapus
  41. "Indonesia is quietly talking to the United States about the purchase of 32 new Lockheed Martin F-16 Viper jets and six C-130J cargo aircraft "

    quietly talking ituw diem2 bae, pokonya tiba2 muncul
    gaes coba cek kapan opa RR nanya2 harga vaiper, jgn2 taon depan nongol lagi haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  42. SILAKAN SILAKAN DILIAT PROTOTYPE LIGHT TANK MALONDOGSHIT


    https://www.facebook.com/groups/wot.indonesia/permalink/2689955327684545/?app=fbl


    Nb. syarat, ga boleh komen atau ketawa. nanti dikira kita sombong oleh beruk semenanjung

    BalasHapus
    Balasan
    1. klu gak bole ketawa guwe rada ngarti dach om mut, nach gak bole komeng bijimane urusannye om haha!😆😆😆

      Hapus
    2. wkwkwk, asli ngakak dalem ati gw.

      mana bentuknya kek amx 13 featuring kotak mayat eh, mana gaada gun elevation dan depressionnya 😂😂😂👌

      Hapus
  43. Fakta sebenar dari India menjual Tejas pada Malaysia sebenarnya adalah karena besarnya komunitas india di malay yg berangsur angsur mendominasi ekonomi malay setelah Cina. Hal itupula yg di alami Malay pada kasus LCS dimana malay memang tak MUNGKIN BERANI MELAWAN CINA.banyak serikat Cina dan komunitas cina di malay yg tak disadari kerajaan hingga Bisa dikatakan Bumiputra tak akan Berkembang tanpa Cina dan India. Disinilah kedua kekuatan besar mulai menekan secara ekonomi.
    Langkah Indonesia yg tidak menawarkan komunditas Ke India karene sadar betul India menginginkan Intervensi ekonomi.Sehingga produk" mereka bisa dibuat dan mengakar di Indonesia. Sikap Nasionalisme Indonesia tak memungkinkan itu terjadi.
    Silahkan amati.. berapa populasi Cina,India,Bangla di asean..maka memang malay adalah yg terbesar.
    Era setelah konfrontasi Kerajaan malay menyadari akan resiko menjadi eks Jajahan Inggris harus terbuka akan migrasi dari eks jajahan inggris yg lain. Karena itulah demi melestarikan budaya dan Penduduk asli ras Melayu mereka meminta Indo membuka Tenaga kerja untuk kerja di malay..dengan demikian ras melayu masih bisa bersaing.
    Cina secara Natural memang ada di seluruh asean tapi untuk kasus malay..keturunan Cina sudah ada di parlemen dan menjadi bagian penting yg bisa mempengaruhi keputusan kerajaan.
    Disinilah Kita Indonesia harus bersyukur.. Cina ada bukan sebagai Tuan atas 255 jt masyarakat Indonesia.Masih pribumi yg mengisi sebagian besar Sektor" mikro maupun makro
    Bahkan di malaysia..Kapal perang yg dibuatpun di serahkan pada Galangan kapal Cina.. Apa guna untuk kasus Malay di LCS ??
    Secara Malay memang aneh.. mereka suka beli produk yg di negara pembuatnya pun tak begitu di andalkan. Dari polandia beli Twardy yg polan pun enggan guna..dari India beli Tejas yg Indiapun belum sepenuhnya Guna..
    Bahkan Scorpen yg dibeli Malay bukan scorpen teknologi terkini seperti yg di gunakan India dan negara lain. Malay ingin sama seperti negara tetangga tapi sayang..Masyarakat malay setaraf Masyarakat Indo di era orde baru. Yg minim informasi dan di Tidurkan dengan berbagai Supsidi agar Tak melawan kerajaan. Untuk penduduk yg tak ada 50 jt ..serawak sabah ingin merdeka itu sangat memalukan..betapa malay sebenarnya tak bisa kelola Wilayah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nice insight. Though Chinese descendants in Indonesia case is not exactly the same as in Malaysia. China descendants in Indonesia actually cannot be called Chinese because, well, they're Indonesian, strictly speaking. But for sure they still keep contact with their family on China mainland.

      On another topic, even though Malaysia bumiputera concept sounds like a pain being racist to the full like that, in term of education they're still higher than Indonesia. That's why we should increase our capabilities in education ASAP if we don't want to become like the current Malaysian got trolled by corrupt politicians.

      Hapus
  44. Mantabb, semoga tambah mulus jalan ke IFX. Semulus paha janda tetangga xixixixixi

    BalasHapus
  45. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
    silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

    BalasHapus
  46. Lon ko baca ini , pengamat militer singapur bicara ... https://www.channelnewsasia.com/news/commentary/malaysia-palm-oil-for-fighter-jets-illusion-of-defence-deterren-11509950?cid=FBcna&fbclid=IwAR1S7lAU0xP835uKfZ3mXwPR4pT1_7VI-aiUsbML0oXQnIc6lgOh9GcBz6A

    BalasHapus
  47. MALOOOON....kamu ngak perlu bicara, kalian hanya iri dan dengki, karena kalian tidak mampu beli pesawat berkualitas alias Bangkruuut...wkwkwk 😅😂😂

    BalasHapus
  48. MALOON....MALAS,BODOH,TOLOL,SUKA ROGOL, PEDAGANG NARKOBA.....BANGKRUUT PULA, wkwkwkwk 😅😂😂😂

    BalasHapus
  49. Pur...Gempur...hebat ya Indonesia pur
    Beli pesawat tempur canggih aja bisa pake kerupuk. Semua barang yg ditawarkan laku keras.Biskuit pun laku ditukar dng pesawat tempur SU-35. Jd duitnya kami simpan aja pur.....hikhikhik

    Malon mau beli pesawat tempur low quality aja pake hadus jual minyak sawit, sdh gitu plus bonus Mig29. Tragis benar nasib malon ya pur...gak ada yg bisa dijual buat jd duit selain ngarep dari sawit doang plus Mig29 rongsok pur?....hikhikhik

    Malon punya heli Apache pur? Itu Heli Apache TNI dibeli dengan tukar mie Instan aja pur. Gak perlu ngeluarin duit. Makanya di amerika skrng banyak di toko2nya jual mie instan....hikhikhik

    BalasHapus
  50. PROTOTYPE LIGHT TANK MALAYSIA ITU BUKAN BUATAN MALAYSIA,,MALAYSIA MAH CUMA UPGRADE AJA ,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bro. Tipikal idiot. Gak ngarti

      Hapus
  51. Kah kah koh koh kih kih, kismin cakap sembang, pondan bin pongah, akan akan akan, Wang kopi Wang kopi

    Substansinya itu kenapa dibawah beruk2 malondogs idiot industri pertahanan malingsia tak pernah menjadi ...???

    Karena Babiputera ni kaum pundek, tiada kepakaran satu pun..

    Kasihan idiot malondogs, negara akan akan akan akan, RFI RFI RFI RFI, barter dengan minyak jelantah, aset ompong dan usang bengap dihanggar, Heli kecik nan comel tak datang habis Wang dirasuah umngok, maharogol takut air mirip kucing kurap macam babiputera rogol bin kurap kah kah kah

    Babiputera semakin terpuruk oleh bangla dan cino

    Kesultanan melayu digantikan kesultanan bangla dan cino

    Malon senang digondolin umngok

    BalasHapus
  52. Mumpung AS trum presidennya silakan malon beli pespur d sana pasti d kasih,
    Dng catatat harus ada uang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hornet klasik hanya 8 buah sahaja sudah berbangga sampai sentuh langit. Hahahaha....lon Malon��

      Hapus
  53. semoga cepat datang pesawatnya

    BalasHapus
  54. Bonus cashback setiap hari jumat bersama Anapoker
    agen judi online terbesar dan terpecaya di indonesia
    dengan minimal deposit hanya 10 dan proses cepat paling lama 3 menit!
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang!!

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  55. Incoming Malaya MONKEYSSS �� �� �� ��

    BalasHapus
  56. J P S P O K E R Menyediakan Permainan Poker Judi Online Seperti Berikut : (Poker, Capsa, DominoQQ, Ceme, Super Teen, Ceme Keliling, Omaha)

    - Bonus New Member Rp. 10.000
    - Minimal Deposit / Withdraw Rp. 15,000.-
    - Bonus Refferal 10%
    - Bonus Rollingan Mingguan 0.3% - 0,5%
    - Proses Deposit / Withdraw 3Menit

    Baca Juga Di Tonton Video jav dan Video Semi kami :
    http://jpsmovie,me (pakai titik yah )

    - Pelayanan Dari Customer Service Yang Cantik Tentunya Sopan Dan Ramah, Online 24/7 Jam
    - Dijamin Tidak Ada Robot Di Dalamnya 1000% Player VS Player
    Kalau Ada Yang Bisa Berikan Lebih Kenapa Harus Cari Yang Lain!!

    Contact Us
    - Livechat : J P S POKER
    - BBM : 559588CB
    - LINE : jpspoker
    - Whatsapp : +82370836863
    - YM : JPSPOKER

    Support Bank J P S Poker :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI

    Posted by : J P S POKER . ART

    BalasHapus