26 Mei 2019

Pesawat N219 Akan Dorong Industri Komponen Dalam Negeri

26 Mei 2019


Prototipe ke-2 pesawat N219 Nurtanio (photo : Bambang Haryanta)

JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengatakan pengembangan pesawat N219 makin mendorong industri dalam negeri untuk memasok komponen-komponen pembuatan pesawat. Pesawat ini dikembangkan PT Dirgantara Indonesia (Persero) bersama Lapan.

"Pesawat N219 ditargetkan tahun ini selesai sertifikasinya, supaya tahun depan bisa masuk produksi. Sementara jam terbang yang ditargetkan sekitar 340 jam terbang, Saat ini sebagian sudah dilakukan, mudah-mudahan target itu bisa tercapai," kata Kepala Lapan Thomas Djamaluddin, seperti dikutip dari Antaranews, Jakarta.

Di samping pengembangan pesawat N219, pesawat N219 Amfibi juga sudah mulai dikembangkan. Jika tidak segera dikembangkan, kebutuhan dalam negeri akan direbut oleh pihak asing yang memasok pesawat asing.

Konsep pesawat N219 amfibi (image : Kompas)

"Pesawat N219 Amfibi juga sudah dimulai karena kalau tidak segera dimulai kita bisa terlambat karena Indonesia juga membutuhkan untuk destinasi wisata tertentu untuk penerbangan yang di sana tidak ada landasan sehingga perlu pesawat amfibi kalau pihak kita belum siap maka nanti bisa masuk pesawat asing, karenanya itu (pesawat amfibi) juga harus segera diselesaikan," ujarnya.

Saat ini, pesawat N219 sedang dalam tahap sertifikasi untuk memastikan nantinya keandalan dan keberfungsian dalam operasional pesawat. "Proses sertifikasi untuk sesuatu yang memang dalam pengembangan itu wajar saja ketika dalam pengujian-pengujian dijumpai masih ada yang harus disempurnakan," katanya.

Dalam proses pengembangan, katanya, ada yang harus ditingkatkan lagi setelah melalui proses pengujian. Dari diskusi dengan industri pesawat internasional, Thomas mendapat informasi bahwa jangka waktu 3-4 tahun merupakan waktu yang terlalu pendek untuk proses pengembangan sampai sertifikasi. Namun, Lapan optimistis mencapai target percepatan pengembangan pesawat N219.

Potensi pasar N219 dan amfibi (photo : IMF)

"Kami membina juga industri komponen yang nantinya akan mendukung untuk TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) dari pesawat N219, seperti industri untuk kaca, untuk 'landing gear', diupayakan dari industri dalam negeri," ujarnya.

Purwarupa Pertama Pesawat N219 itu memiliki kecepatan maksimum mencapai 210 knot dan minimum 59 knot sehingga dengan kecepatan rendah pun pesawat masih bisa terkontrol. Hal itu, penting terutama saat memasuki wilayah yang bertebing dan pegunungan.

(Okezone)

89 komentar:

  1. Diproduksi->dijual keluar->pabrik untung.

    vs

    Diproduksi->dimahalin->dirasuah->distiker->dipakai sendiri->pabrik rugi->bangkrut.

    ๐Ÿ˜›

    -๐Ÿ„๐Ÿ„๐Ÿ„ datanglah..๐Ÿฎ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yen nggono ๐Ÿ‘†๐Ÿป iki, jenenge bawuk....niate gor arep ngenthit ๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ฅ

      Hapus
    2. Macam proton, di korupsi bangkrut Dan Mobil kelas vanutu

      Hapus
  2. Gini ini yg bener....๐Ÿ‘

    BalasHapus
  3. Berdebat sama "bawuk" aka "intinya songlap", seperti anak kecil(anak bawang) adu suit dengan orang gede, kalau kalah harus diulang terus sampai anak kecilnya menang. Kalau ngak mau diulang langsung mewek ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo bawuk...kalo mau komen ngantri disini, gak usah pake malu ๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น

      Hapus
    2. Qiqiqi...๐Ÿ…ฑa๐Ÿ”ฑuk..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
      Inisial pak pengacara sing kae..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    3. aq melok antrian komen lah yoo mas@hari,. sopoo tau entuk parcel lebaran 32 viper plus 130J๐Ÿค—๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

      Hapus
    4. Yowes....ning toto sing rapih yo mas boy ๐Ÿค—

      Hapus
    5. Ayoooo,mas PS pacak baris mburi kene wae....ora ilok nglangkahi sing luweh sepuh ๐Ÿ˜‡

      Hapus
    6. Sepuh isih melu ngantri???๐Ÿ˜ฑ

      Mestine lak beliaunya sing mbagi galakgampil...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    7. Galak gampil....hmmmm kayaknya ini peninggalan kesusastraan nan adiluhung ๐Ÿค”

      Hapus
    8. Wuih... Sepuh tenan ki om PS n om hari ngerti "galakgampil" ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜€

      Hapus
    9. Sampeyan yo ngerti ngono..berarti sesama sepuh mas'e...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    10. yang generasi "mellenial' mungkin cumaa aq yoo koyoe..๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    11. #edisibarisberbaris๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
  4. Pur....Gempurwaria....masih pingsan dng kenyataan hidup kah pur.? Bangun pur hadapi kenyataan walau sangat memalukan dan sepahit apapun yg kau hadapi dinegaramu pur....hikhikhik

    Ini lho pur...pesawat asli buatan negara kami. Ini dibuat dari plastik pur.....engine nya cuma pake engine tong tong pur. Tapi beneran bisa terbang pur, sdh terbukti dan sdh antri yg mau pesan pur. Di malon ada bisa buat gini pur.?

    Minum dulu obat jantungnya ya pur ...sebelum kumat jantungmu baca komen2 kami....hikhikhik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon bersabar ya pur....ini ujian pur
      Mohon bersabar ....ini ujian
      Mohon tenang.....ini ujian
      Ini ujian....mohon bersabar
      Tabah ya pur....hikhikhik

      Hapus
  5. Pesawat ini bukti pengembangan dari lisensi. Tak macam yang sebelah sono konon lisensi banyak tapi tak ada ilmu yang didapat.
    Habis kontrak berhenti pula projec songlap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Juga tak ada export pun dalam semua produk industri pertahanan malangsial, terkecuali senapan Steyr yg masih pakai merk dari principal.

      Hapus
  6. Again... Lepas Tengok berita ini tampak sekali negeri Grade A sudah banyak tertinggal dari kemajuan Jiran jirannya. Untuk itu wajar saja ada wacana menghapus keanggotaan negeri Grade A dari ASEAN dan FPDA. Karena Negeri Grade A sudah tidak sesuai dengan Prinsip Prinsip negara Berkembang di ASEAN dan lebih cocok masuk ke persemakmuran Vanuatu dan Ghana...๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  7. Haiyaa... ๐Ÿท๐Ÿท Aseng pendukung mukidi si laja culang? Kapan kalian mau balik ke negeli? kalian Kalian disini hanya ngelusak NKRI aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksutnya bang toyib yg udah 2 kali lebaran gak pulang-pulang itu, wuk....pewuk ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. Wong iki piye tho?
      Osang-aseng..osang-aseng, tapi nganggo jeneng Tai...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Sing ngrusak yo sing ngerusuh kae dull....๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    3. lagi nyidam oseng2 tempe karo kulit mblinjo koyoe kui..๐Ÿค”๐Ÿ˜Š

      Hapus
    4. Ono2 wae๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    5. Hairus baukaki makin stress Ganti nama jadi TAI.. ๐Ÿ˜

      Hapus
    6. Udu cino ngakune cino... Siluman

      Hapus
  8. Dan ternyata ini driver lokal Truk Pantsir yang sedang diuji dimari..๐Ÿ˜ฑ

    https://youtu.be/J-V-mt_uueM

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Ugly untumu๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    2. Your face more ugly from the dog n pig

      Malon senang digondolin umngok

      Kihkihkih

      Hapus
    3. Memang lawak giler negeri malondog gempurwaria sultan of Sodom kah kah kah

      Kotak kotak macam kotak sampah koh koh koh, meriam buluh runcing buat Sodom lgbt2 malondog cem gempurwaria kihkihkih

      Kah kah koh koh kih kih, kismin cakap sembang, pondan bin pongah, akan akan akan, Wang kopi Wang kopi

      Substansinya itu kenapa dibawah beruk2 malondogs idiot industri pertahanan malingsia tak pernah menjadi ...???

      Karena Babiputera ni kaum pundek, tiada kepakaran satu pun..

      Kasihan idiot malondogs, negara akan akan akan akan, RFI RFI RFI RFI, barter dengan minyak jelantah, aset ompong dan usang bengap dihanggar, Heli kecik nan comel tak datang habis Wang dirasuah umngok, maharogol takut air mirip kucing kurap macam babiputera rogol bin kurap kah kah kah

      Babiputera semakin terpuruk oleh bangla dan cino

      Kesultanan melayu digantikan kesultanan bangla dan cino

      Malon senang digondolin umngok

      Kihkihkih

      Hapus
    4. Malaydogs low IQ ugly Face ๐Ÿ˜

      Hapus
    5. Your face ugly design like mr oz face

      Hapus
  10. Looks very poor quality

    BalasHapus
    Balasan
    1. Like your brain very very poor quality

      Malon senang digondolin umngok

      Kihkihkih

      Hapus
    2. Memang lawak giler negeri malondog gempurwaria sultan of Sodom kah kah kah

      Kotak kotak macam kotak sampah koh koh koh, meriam buluh runcing buat Sodom lgbt2 malondog cem gempurwaria kihkihkih

      Kah kah koh koh kih kih, kismin cakap sembang, pondan bin pongah, akan akan akan, Wang kopi Wang kopi

      Substansinya itu kenapa dibawah beruk2 malondogs idiot industri pertahanan malingsia tak pernah menjadi ...???

      Karena Babiputera ni kaum pundek, tiada kepakaran satu pun..

      Kasihan idiot malondogs, negara akan akan akan akan, RFI RFI RFI RFI, barter dengan minyak jelantah, aset ompong dan usang bengap dihanggar, Heli kecik nan comel tak datang habis Wang dirasuah umngok, maharogol takut air mirip kucing kurap macam babiputera rogol bin kurap kah kah kah

      Babiputera semakin terpuruk oleh bangla dan cino

      Kesultanan melayu digantikan kesultanan bangla dan cino

      Malon senang digondolin umngok

      Kihkihkih

      Hapus
    3. Malaydogsial low IQ poor unproductif an shameless ๐Ÿ˜

      Hapus
    4. Your brain is low quality, your face poor design, and your mouth low sense

      Hapus
  11. Prof.Dr Salim Said

    - Kemerdekaan indon itu BUKAN BUKAN BUKAN di rebut pake senjata....

    -Tapi ada peran US di rundingan meja bundar...

    kohkohkohkoh...


    Merdeka kok ngemis ke US

    NKRI harga diskon !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemerdekaan malondog hasil kasihan Dari British

      Malon maid of London

      Malon senang digondolin umngok

      Kihkihkih

      Hapus
    2. Hadoh won, kliwon gimana kamu ini....cuma pegang bukti seupil kok lawannya minta didiskualifikasi ๐Ÿ™†๐Ÿ™†๐Ÿ™†

      Hapus
    3. Seng di sundul sopo tho iki?

      Hapus
    4. Mas hari, sabar yooo....๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    5. -Indonesia merdeka 1945.. belanda mau menguasai indonesia lagi lalu ngutang sama amerika peralatan tempur..

      -Sampe 1949 belanda ngga menang2 perang lawan indonesia.. Amerika udah nggak mau ngutangin belanda lagi lalu menekan belanda hentikan perang ๐Ÿ˜

      Jelas pemenang nya indonesia.. beda dengan negara merdeka hasil sedekah si jongos Malaydogsial yang rela 999 bayar upeti dan jadi anjing jaga istana britsh ๐Ÿ˜

      Kih kih kih

      Hapus
    6. Queen Elizabeth

      MALON merdeka hasil sedekah dari saya, MALON merdeka hasil dari kebaikan hati saya.... Dan imbal balik dari kebaikan hati saya MALON menjadi babu dan penjaga di istana saya dan tanah MALON bisa digunakan selama 999 tahun

      Hapus
    7. Jelas Amerika bakal milih indonesia merdeka lah... Secara dia gak mau trah orang puteh bakal di sikat abis sama orang orang Indonesia.. Amerika lakukan ini supaya hegemini kemenangan WW2 masih dipegang fihak barat... Padahal kenyataannya Indonesia memang sudah menjadi negara adidaya di selatan asia. Bahkan jepang kala itu masih membangun negerinya.. Sedang malaysia rajanya yang pengecut lebih memilih berlindung di bawah rok ratu elisabet... ๐Ÿ˜‚

      Hapus
    8. Eh gak mudik, mang diaku ama malay bo ong tuh tar diutang ongkos keindon lagi naek bagasi bayar mending cari modal di kandang ayam

      Hapus
  12. Memang lawak giler negeri malondog gempurwaria sultan of Sodom kah kah kah

    Kotak kotak macam kotak sampah koh koh koh, meriam buluh runcing buat Sodom lgbt2 malondog cem gempurwaria kihkihkih

    Kah kah koh koh kih kih, kismin cakap sembang, pondan bin pongah, akan akan akan, Wang kopi Wang kopi

    Substansinya itu kenapa dibawah beruk2 malondogs idiot industri pertahanan malingsia tak pernah menjadi ...???

    Karena Babiputera ni kaum pundek, tiada kepakaran satu pun..

    Kasihan idiot malondogs, negara akan akan akan akan, RFI RFI RFI RFI, barter dengan minyak jelantah, aset ompong dan usang bengap dihanggar, Heli kecik nan comel tak datang habis Wang dirasuah umngok, maharogol takut air mirip kucing kurap macam babiputera rogol bin kurap kah kah kah

    Babiputera semakin terpuruk oleh bangla dan cino

    Kesultanan melayu digantikan kesultanan bangla dan cino

    Malon senang digondolin umngok

    Kihkihkih

    BalasHapus
  13. Balasan
    1. Memang lawak giler negeri malondog gempurwaria sultan of Sodom kah kah kah

      Kotak kotak macam kotak sampah koh koh koh, meriam buluh runcing buat Sodom lgbt2 malondog cem gempurwaria kihkihkih

      Kah kah koh koh kih kih, kismin cakap sembang, pondan bin pongah, akan akan akan, Wang kopi Wang kopi

      Substansinya itu kenapa dibawah beruk2 malondogs idiot industri pertahanan malingsia tak pernah menjadi ...???

      Karena Babiputera ni kaum pundek, tiada kepakaran satu pun..

      Kasihan idiot malondogs, negara akan akan akan akan, RFI RFI RFI RFI, barter dengan minyak jelantah, aset ompong dan usang bengap dihanggar, Heli kecik nan comel tak datang habis Wang dirasuah umngok, maharogol takut air mirip kucing kurap macam babiputera rogol bin kurap kah kah kah

      Babiputera semakin terpuruk oleh bangla dan cino

      Kesultanan melayu digantikan kesultanan bangla dan cino

      Malon senang digondolin umngok

      Kihkihkih

      Hapus
    2. The following reasons why MALAYDOGSIAL IDIOT. 
      1. Their (IDIOT MALAYDOGSIAL) pilots are low IQ because eject in hanggar.
      2. IDIOT MALAYDOGSIAL are lazy, unproduktif and shameless.
      3. IDIOT MALAYDOGSIAL government are totally Garbage because makes bangkraps Their country.
      4. IDIOT MALAYDOGSIAL Airlines Because lost 2 big plane only 1 year. 
      5. They (IDIOT MALAYDOGSIAL) dont know what they are doing. 
      6. They (IDIOT MALAYDOGSIAL) has no directions in life. 
      7. IDIOT MALAYDOGSIAL are very talkative. 
      8. IDIOT MALAYDOGSIAL are Bad Muslim because licence of gabling that is why they are punish by Almighty Allah. 
      9. IDIOT MALAYDOGSIAL has limited knowledge to fly and bulilt sophisticated Airplane. 
      10. IDIOT MALAYDOGSIAL are still uncivilized people because bombing Female with C4.
      11.IDIOT LAZY MALAYDOGSIAL only smart raped,corrupt,thief and liar.
      12.IDIOT MALAYDOGSIAL are COWARD Because always run away from Cow, monkey,fisherman,even small number bangla.
      13,IDIOT MALAYDOGSIAL RACIST country because have Racist constitution.
      14. IDIOT MALAYDOGSIAL ONLY colonial slaves.
      15. IDIOT MALAYDOGSIAL sale country to China communist.
      16.IDIOT MALAYDOGSIAL lazy only slaves cina & bangla.
      17.IDIOT MALAYDOGSIAL no 1 terrorist producer in the world.
      18.IDIOT MALAYDOGSIAL most noob armed forces in asean.
      19.IDIOT MALAYDOGSIAL always cry like women because jealous looking all asean country make progres.

      Kih kih kih

      Hapus
    3. Jelas Amerika bakal milih indonesia merdeka lah... Secara dia gak mau trah orang puteh bakal di sikat abis sama orang orang Indonesia.. Amerika lakukan ini supaya hegemini kemenangan WW2 masih dipegang fihak barat... Padahal kenyataannya Indonesia memang sudah menjadi negara adidaya di selatan asia. Bahkan jepang kala itu masih membangun negerinya.. Sedang malaysia rajanya yang pengecut lebih memilih berlindung di bawah rok ratu elisabet... ๐Ÿ˜‚

      Hapus
  14. kualiti yang sangat miskin!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang lawak giler negeri malondog gempurwaria sultan of Sodom kah kah kah

      Kotak kotak macam kotak sampah koh koh koh, meriam buluh runcing buat Sodom lgbt2 malondog cem gempurwaria kihkihkih

      Kah kah koh koh kih kih, kismin cakap sembang, pondan bin pongah, akan akan akan, Wang kopi Wang kopi

      Substansinya itu kenapa dibawah beruk2 malondogs idiot industri pertahanan malingsia tak pernah menjadi ...???

      Karena Babiputera ni kaum pundek, tiada kepakaran satu pun..

      Kasihan idiot malondogs, negara akan akan akan akan, RFI RFI RFI RFI, barter dengan minyak jelantah, aset ompong dan usang bengap dihanggar, Heli kecik nan comel tak datang habis Wang dirasuah umngok, maharogol takut air mirip kucing kurap macam babiputera rogol bin kurap kah kah kah

      Babiputera semakin terpuruk oleh bangla dan cino

      Kesultanan melayu digantikan kesultanan bangla dan cino

      Malon senang digondolin umngok

      Kihkihkih

      Hapus
    2. Tapi Bukan negara miskin dan tiada kepakaran macam malaydogsial ๐Ÿ˜

      Malaydogsial selalu dibawah telapak kaki indonesia ๐Ÿ˜๐Ÿ‘‡

      Pemain industri pertahanan Malaysial perlu mencontohi kemajuan yang dicapai Indonesia dalam bidang tersebut.

      Itu saranan Menteri Pertahanan, Mohamad Sabu selepas melawat pameran dan Forum Pertahanan Indonesia 2018 (Indo Defence 2018)."

      https://m.youtube.com/watch?v=0rinprpn_4Q

      Hapus
    3. All MALON products are low quality

      Hapus
  15. Korps kebanggaan Indon...

    - Korps Marsose

    Di tubuhkan oleh Belanda.Personil Korps ini di rekrut dari kalangan pribumi indon utk membunuh saudara sendiri...

    Personil korps ini di bayar mahal oleh Belanda & salah 1 sebab Belanda bisa berkuasa lama di Indon..

    Indon genetically jongos !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hadoh won, kliwon gimana kamu ini....cuma pegang bukti seupil kok minta lawannya didiskualifikasi ๐Ÿ™†๐Ÿ™†๐Ÿ™†

      Hapus
    2. Maid of London

      Memang lawak giler negeri malondog gempurwaria sultan of Sodom kah kah kah

      Kotak kotak macam kotak sampah koh koh koh, meriam buluh runcing buat Sodom lgbt2 malondog cem gempurwaria kihkihkih

      Kah kah koh koh kih kih, kismin cakap sembang, pondan bin pongah, akan akan akan, Wang kopi Wang kopi

      Substansinya itu kenapa dibawah beruk2 malondogs idiot industri pertahanan malingsia tak pernah menjadi ...???

      Karena Babiputera ni kaum pundek, tiada kepakaran satu pun..

      Kasihan idiot malondogs, negara akan akan akan akan, RFI RFI RFI RFI, barter dengan minyak jelantah, aset ompong dan usang bengap dihanggar, Heli kecik nan comel tak datang habis Wang dirasuah umngok, maharogol takut air mirip kucing kurap macam babiputera rogol bin kurap kah kah kah

      Babiputera semakin terpuruk oleh bangla dan cino

      Kesultanan melayu digantikan kesultanan bangla dan cino

      Malon senang digondolin umngok

      Kihkihkih

      Hapus
    3. Beruk malon low IQ nyatanya marsose di bentuk tahun 1890 indonesia blm ada.. yang ada kerajaan nusantara ๐Ÿ˜

      Beda dengan pembentukan negara hasil sedekah malaydogsial yang harus jadi jongos ,bayar upeti dan jadi anjing jaga istana britsh sampai 999 tahun ๐Ÿ˜

      Hapus
    4. Memangnya Ranger MALON lawan KKO aja kalah pada digorok semua di kalabakan. Lawan perusuh pribumi di 13 mei aja kalah dibantai sama perusuh pribumi

      Hapus
    5. Jelas Amerika bakal milih indonesia merdeka lah... Secara dia gak mau trah orang puteh bakal di sikat abis sama orang orang Indonesia.. Amerika lakukan ini supaya hegemini kemenangan WW2 masih dipegang fihak barat... Padahal kenyataannya Indonesia memang sudah menjadi negara adidaya di selatan asia. Bahkan jepang kala itu masih membangun negerinya.. Sedang malaysia rajanya yang pengecut lebih memilih berlindung di bawah rok ratu elisabet... ๐Ÿ˜‚

      Hapus
  16. Di sisi lain negara beruk sangat bangga dengan MRO abal2 negaranya,

    Otak beruk kepakaraannya hanya sekedar MRO aja, itupun pekerjanya diambil dari luar semua

    BalasHapus
  17. Memang lawak giler negeri malondog gempurwaria sultan of Sodom kah kah kah

    Kotak kotak macam kotak sampah koh koh koh, meriam buluh runcing buat Sodom lgbt2 malondog cem gempurwaria kihkihkih

    Kah kah koh koh kih kih, kismin cakap sembang, pondan bin pongah, akan akan akan, Wang kopi Wang kopi

    Substansinya itu kenapa dibawah beruk2 malondogs idiot industri pertahanan malingsia tak pernah menjadi ...???

    Karena Babiputera ni kaum pundek, tiada kepakaran satu pun..

    Kasihan idiot malondogs, negara akan akan akan akan, RFI RFI RFI RFI, barter dengan minyak jelantah, aset ompong dan usang bengap dihanggar, Heli kecik nan comel tak datang habis Wang dirasuah umngok, maharogol takut air mirip kucing kurap macam babiputera rogol bin kurap kah kah kah

    Babiputera semakin terpuruk oleh bangla dan cino

    Kesultanan melayu digantikan kesultanan bangla dan cino

    Malon senang digondolin umngok

    Kihkihkih

    BalasHapus
  18. Memang lawak giler negeri malondog gempurwaria sultan of Sodom kah kah kah

    Kotak kotak macam kotak sampah koh koh koh, meriam buluh runcing buat Sodom lgbt2 malondog cem gempurwaria kihkihkih

    Kah kah koh koh kih kih, kismin cakap sembang, pondan bin pongah, akan akan akan, Wang kopi Wang kopi

    MRO abal abal, idiot malondog otak dungu, bodoh, bebal, tak ade kepakaran

    Substansinya itu kenapa dibawah beruk2 malondogs idiot industri pertahanan malingsia tak pernah menjadi ...???

    Karena Babiputera ni kaum pundek, tiada kepakaran satu pun..

    Kasihan idiot malondogs, negara akan akan akan akan, RFI RFI RFI RFI, barter dengan minyak jelantah, aset ompong dan usang bengap dihanggar, Heli kecik nan comel tak datang habis Wang dirasuah umngok, maharogol takut air mirip kucing kurap macam babiputera rogol bin kurap kah kah kah

    Babiputera semakin terpuruk oleh bangla dan cino

    Kesultanan melayu digantikan kesultanan bangla dan cino

    Malon senang digondolin umngok

    Kihkihkih

    BalasHapus
  19. Biar ko bilang ugly tapi ko pun tak mampu beli ya lon

    BalasHapus
  20. Ehh malingsial.. itu mksdnya PROTOTIPE..

    Elu? Mock up aja cacad, apalagi prototipe.. baru nyala engine.. dah meletup.. hahaha

    BalasHapus
  21. Keompongan TLDM
    CG China masuk teritori malon tapi TLDM tak bisa berbuat apa apa, karena
    A. kapal TLDM tua dan lapuk
    B. Kapal CG China lebih besar
    C. Malon masih punya hutang dengan China

    BalasHapus
  22. Akibat makan cukai judi halal banyak beruk malaydogsial low IQ mengalami Disfungsi otak ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  23. malondog low IQ low budget, marsose itu di bentuk pada tahun 1890 Dan indonesia blm ada pada saat itu.. yang ada kerajaan nusantara ๐Ÿ˜....bodoh bin dongo

    Berbeda dengan pembentukan negara hasil sedekah malondog dog dog pig yang harus jadi jongos dengan membayar upeti dan jadi anjing Babi penjaga istana britsh sampai 999 tahun ๐Ÿ˜ maid of London....kacung of British

    Memang lawak giler negeri malondog gempurwaria sultan of Sodom kah kah kah

    Kotak kotak macam kotak sampah koh koh koh, meriam buluh runcing buat Sodom lgbt2 malondog cem gempurwaria kihkihkih

    Kah kah koh koh kih kih, kismin cakap sembang, pondan bin pongah, akan akan akan, Wang kopi Wang kopi

    MRO abal abal, idiot malondog otak dungu, bodoh, bebal, tak ade kepakaran

    Substansinya itu kenapa dibawah beruk2 malondogs idiot industri pertahanan malingsia tak pernah menjadi ...???

    Karena Babiputera ni kaum pundek, tiada kepakaran satu pun..

    Kasihan idiot malondogs, negara akan akan akan akan, RFI RFI RFI RFI, barter dengan minyak jelantah, aset ompong dan usang bengap dihanggar, Heli kecik nan comel tak datang habis Wang dirasuah umngok, maharogol takut air mirip kucing kurap macam babiputera rogol bin kurap kah kah kah

    Babiputera semakin terpuruk oleh bangla dan cino

    Kesultanan melayu digantikan kesultanan bangla dan cino

    Malon senang digondolin umngok

    Kihkihkih

    BalasHapus
  24. For Malays dungu..!!!๐Ÿ˜

    Jelas Amerika bakal milih indonesia merdeka lah... Secara dia gak mau trah orang puteh bakal di sikat abis sama orang orang Indonesia.. Amerika lakukan ini supaya hegemoni kemenangan WW2 masih dipegang fihak barat... Padahal kenyataannya Indonesia memang sudah menjadi negara adidaya di selatan asia. Bahkan jepang kala itu masih membangun negerinya.. Sedang malaysia rajanya yang pengecut lebih memilih berlindung di bawah rok ratu elisabet... ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan ingat cuma dalam perang surabaya lah... 2 jenderal Inggris di bantai okeh laskar laskar Rakyat... Disisi lain raja raja malaya yang pengecut lebih memilih berlindung di bawah rok ratu eli...๐Ÿ˜

      Malays memang sudah pengecut dari sananya... Bahkan di tahun 1511 Malaka pon kalah dari portugis.. Sedangkan di Nusantara Portugis harus jauh sampe ke maluku karena di Banten dan Mataram mereka kalah telak dan di usir daru jawa... So jelas sekali bahwa malays people sdh pecundang dari dahulu kala...๐Ÿ˜‚

      Hapus
  25. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
    silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

    BalasHapus
  26. J P S P O K E R Menyediakan Permainan Poker Judi Online Seperti Berikut : (Poker, Capsa, DominoQQ, Ceme, Super Teen, Ceme Keliling, Omaha)

    - Bonus New Member Rp. 10.000
    - Minimal Deposit / Withdraw Rp. 15,000.-
    - Bonus Refferal 10%
    - Bonus Rollingan Mingguan 0.3% - 0,5%
    - Proses Deposit / Withdraw 3Menit

    Baca Juga Di Tonton Video jav dan Video Semi kami :
    http://jpsmovie,me (pakai titik yah )

    - Pelayanan Dari Customer Service Yang Cantik Tentunya Sopan Dan Ramah, Online 24/7 Jam
    - Dijamin Tidak Ada Robot Di Dalamnya 1000% Player VS Player
    Kalau Ada Yang Bisa Berikan Lebih Kenapa Harus Cari Yang Lain!!

    Contact Us
    - Livechat : J P S POKER
    - BBM : 559588CB
    - LINE : jpspoker
    - Whatsapp : +82370836863
    - YM : JPSPOKER

    Support Bank J P S Poker :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI

    Posted by : J P S POKER . ART

    BalasHapus
  27. SENTAPOKER . ONLINE Agen Bandar DominoQQ Bandar Poker Online Terpercaya

    Sentapoker Yang Merupakan Agen BandarQQ, Domino QQ, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di seluruh asia hadir untuk anda semua dengan game - game menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang akan di berikan oleh SENTAPOKER :

    Dapatkan Bonus New Member 10.000,-

    BONUS NEXT DEPOSIT 5%,-

    BONUS ROLLINGAN 0,3% - 0,5%,-

    BONUS REFERRAL 10%,-

    - Dan Masih Banyak Bonus Menarik Lainnya Yang Bisa Anda Dapatkan Di Sentapoker-

    Minimal Deposit dan Withdraw Di Sentapoker Hanya 15.000,-
    SENTAPOKER Menghadirkan 7 Permainan Dalam 1 User ID :

    * POKER *
    * DOMINO *
    * CEME *
    * CEME KELILING *
    * CAPSA *
    * SUPER 10 *
    * OMOHA *

    BBM : SENTA88
    WECHAT : SENTAPOKER
    WA : +6285921063064
    FACEBOOK : SENTAPOKER
    LINE : SENTAPOKER

    BalasHapus
  28. HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus Welcome Untuk New Member:
    - Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
    - Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
    - Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
    - Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
    - Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
    - Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    BalasHapus