21 September 2023

Latihan Bersama ASEX-01 N Digelar di Laut Natuna Utara

21 September 2023

Latihan Bersama ASEX-01 N di Laut Natuna Utara (photo : Antara)

KRI John Lie-358 pimpin latma ASEX-01 N 2023 di Natuna Utara

Jakarta (ANTARA) - Kepala perang RI (KRI) John Lie-358 memimpin rangkaian latihan maritim dan SAR di Laut Natuna Utara dalam sesi latihan bersama (latma) ASEAN Solidarity Exercise (ASEX-01 N) Natuna pada 22–23 September 2023.

Dalam rangkaian latihan itu, KRI John Lie, kapal perang RI yang berada di bawah kendali Komando Armada (Koarmada) I TNI Angkatan Laut, menjadi pusat komando untuk sesi latihan patroli bersama (Manex), latihan pengisian bahan bakar di tengah laut (RAS), latihan pencarian dan penyelamatan (SAR) korban (Trackex/Sarex), latihan pendaratan dan lepas landas helikopter di atas kapal (DLQ), dan pertukaran kru kapal di tengah laut.

Dalam sesi simulasi taktik (TFG) di Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV di Batam, Kepulauan Riau, Rabu, Staf Deputy Commander Task Group (DCTG) Kapten Laut Kamberu Awoy memaparkan rencana rangkaian latihan.

Sesi simulasi dipimpin oleh Komandan Satuan Tugas Laut (Dansatgasla) ASEX-01 N Kolonel Laut (P) Awang Bawono, yang saat ini menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Eskorta (Dansatkor) Koarmada I.

Latihan Bersama ASEX-01 N di Laut Natuna Utara (photo : OkeBung)

Rangkaian latihan

Rangkaian latihan diawali dengan pengecekan jalur komunikasi yang dimulai pada pukul 06.00 WIB, Jumat (22/9), saat kapal-kapal melintas di Laut Natuna. KRI John Lie menjadi pusat komando untuk sesi pengecekan jalur komunikasi tersebut.

Dalam rangkaian latihan, kapal-kapal yang berpartisipasi yaitu KRI John Lie (Indonesia), KRI Karel Satsuit Tubun-356 (Indonesia), KRI Silas Papare-386 (Indonesia), KRI Sutedi Senoputra-378, KN Purworejo (Indonesia), RSS Vigour (Singapura), KD Terengganu (Malaysia), dan KDB Darulehsan (Brunei Darussalam).

Berikutnya, sesi latihan berlanjut patroli bersama, kapal-kapal tersebut membentuk formasi yang disebut Orion. Dalam sesi itu, Helikopter Panther AS 565 lepas landas dari KRI John Lie, dan sementara proses itu berlangsung komando diambil alih oleh KD Terengganu.

Kegiatan di Natuna Utara itu diikuti dengan sesi pencarian (trackex). Masing-masing bertugas mengaktifkan sensornya di daerah-daerah tertentu dan melaporkan hasilnya ke KRI John Lie.

Latihan Bersama ASEX-01 N di Laut Natuna Utara (photo : Koran Progresif)

Selanjutnya, latihan masih di perairan Natuna, sesi latihan berlanjut dengan pertukaran kru kapal. Beberapa kru kapal di KRI John Lie naik ke KD Terengganu, dan begitu juga sebaliknya. Sementara itu, beberapa kru KRI Silas Papare naik ke KRI Sutedi Senoputra, dan KDB Darulehsan dalam sesi itu mengerahkan perahu karetnya (RHIB) untuk latihan penggeledahan di atas kapal (VBSS).

Rangkaian latihan berlanjut pada sesi pendaratan dan lepas landas helikopter. Latihan itu berlangsung saat kapal-kapal berlayar melintas di selatan Pulau Tobong, Natuna.

Sesi latihan masuk ke tahap pengisian bahan bakar di tengah laut (RAS). Kegiatan itu menjadi penutup rangkaian latihan bersama pada hari pertama latihan maritim ASEX-01 N 2023 di Natuna.

Berlanjut ke hari kedua, sesi latihan fokus pada kegiatan pencarian dan penyelamatan. Kapal-kapal yang terlibat dalam aksi penyelamatan yaitu KRI John Lie, KN Sasikirana, dan KDB Darulehsan.

Terakhir, kapal-kapal termasuk kapal SAR KN Sasikirana lego jangkar di titik-titik yang ditentukan di Selat Lampa. Kegiatan itu menjadi penutup latihan bersama di Natuna Utara ASEX-01 N pada Sabtu (23/9).

44 komentar:

  1. OPV DIAMBIL ALIH MOF = He said the finance ministry (MoF) had taken over the OPV project from Tabung Haji (TH) subsidiary, Destini Sdn Bhd, after it was found to be facing major problems.
    ---
    LCS DIAMBIL ALIH MOF = Kementerian Kewangan (MOF) telah menubuhkan syarikat bertujuan khas (SPV) bagi mengambil alih syarikat yang bertanggungjawab terhadap projek pembinaan kapal tempur pesisir (LCS) iaitu Boustead Naval Shipyard Sdn Bhd (BNS) sebagai anak syarikat kepada MOF
    🤣BNS MANGKRAK = DESTINI MANGKRAK🤣

    BalasHapus
  2. "..Masing-masing bertugas mengaktifkan sensornya di daerah-daerah tertentu dan melaporkan hasilnya ke KRI John Lie..."

    =====
    Sebagai boss tinggal terima laporan & beri perintah..

    Jaga-jaga si KD minta minyak..

    Hhhhhhahhha

    BalasHapus
    Balasan
    1. 🤣🤣🤣🤣🤣 minyaaaaakk....Lon..minyak nihhhh 🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  3. BRAVO TNI AL
    BRAVO INDONESIA
    BRAVO ASEAN SOLIDARITY EXERCISE 01 NATUNA 2023

    BalasHapus
  4. HATI-HATI HUTANG MINYAK =
    The supplementary funds will pay for utility bills – electricity, internet, and sewage – (RM115 million); Maritime Security Operations (RM139 million) and Air Defence Operations (RM49 million).
    Air defence operations costs also went up as the average cost of aviation fuel was RM3.70 per liter for 2022....
    🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  5. HATI-HATI HUTANG MINYAK =
    The supplementary funds will pay for utility bills – electricity, internet, and sewage – (RM115 million); Maritime Security Operations (RM139 million) and Air Defence Operations (RM49 million).
    Adly attributed the increase for maritime security operations due to higher fuel costs, new assets namely the four LMS and three Maritime Operations Helicopters and overseas exercises.
    🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  6. GEMPURWIRA 20 September 2023 pukul 12.35
    STM Dari Turkiye “Semakin Pasti” Jadi Pilihan Program LMS Batch 2 TLDM

    Semakin pasti MEMBUALNYA !
    😁😁😁😂😂😂🙄🙄🙄

    BalasHapus
  7. Laut Natuna Utara bukan lcs haha!💪💪💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepatnya :
      LCS masih MANGKRAK di dock Boustead oom, bukan di laot..

      Ahahahahaaaaiy...

      Btw kapal peserta :
      KRI John Lie : Exo B3
      KRI Karel Satsuit : C802
      RSS Vigour : Harpoon
      KDB Darulehsan : Harpoon

      Daaaaaannnn....yaaak

      KD Terengganu : OMPONG

      Hwakakakakakkak

      Hapus
  8. Laut Natuna Utara milik CHINA... HAHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha ha ha ha


      https://www.zonajakarta.com/nasional/67310002721/indonesia-keras-tanggapi-klaim-china-pakai-fregat-merah-putih-malaysia-cuma-kirim-nota-protes

      Ayam sayur

      Hapus
  9. Beting Ali milik siapa lon?

    Wakakkkklkk

    KD Terengganu :
    1 × 76 mm Oto Melara
    1 × 30 mm Breda-Mauser

    Gun boat macam WW2

    WAKAKAKKKKK

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg punyak forest city johor om pedang haha!😅😅😅

      Hapus
  10. Laut Natuna Utara tiada CCG berkampung 315 hari sperti di BPA KL, kesian di jajah lagi jiran haha!😆😆😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. BPA dihuni "Monster" 12 ribu ton oom..

      Hahahahahahahaaa..

      Hapus
    2. ngeriiihhh...teringat si LeMeS kaburrrrr...padahal abangnya datang dari utara pengen cipika cipiki doank om pedang, kangen sebagai sesama ploduk WuHaN haha!🤪🤪🤪

      Hapus
    3. Baper ooom, ntar abis cipika cipiki ditagih cicilan bulanan...

      Ahahahahahaaaaiy

      Hapus
  11. HAHAHAHAHA.....turunkan kapal NELAYAN penangkap ikan saat Latihan di Natuna, bagaimana cina bisa takut dengan kapal Nelayan 😛😛🤪🤪😝

    BalasHapus
  12. LOOOON....yang benar saja, kirim kapal nelayan yaaa 😁😄😄🤣🤣😂

    BalasHapus
  13. Jadi Beting Ali milik siapa LON?

    HAHAHAHAHA...

    ====
    "....Selepas beberapa minggu meninggalkan Beting Patinggi Ali, kapal pengawal pantai terbesar dunia, CCG 5901 milik China atau dikenali dengan gelaran “The Monster” berikutan saiz dan beratnya yang mencecah 12,000 tan, telah kembali ke perairan Zon Ekonomi Eksklusif (ZEE) negara.

    Kapal pengawal pantai China daripada kelas-Zhaotou itu dilaporkan kembali ke perairan Beting Patinggi Ali, bagi menggantikan rakannya, kapal pengawal pantai China, CCG 5303..."

    BalasHapus
  14. jiran kesayangkuh memberi nama frigat gowing LCS,
    sesuai nama laut, pemilik BPA yg baruw gaesz haha!👏👏👏

    BalasHapus
  15. AWAS !!! namti ada yg minta MINYAK 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣 Malooonnn....minyak nih lon....🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  16. Haaaaaah.....mau menghadapi CINA di BETING PATINGGI ALI dengan kapal nelayan model begini ?......yaaaaah LEMAAAH 😛😛🤪🤪😝

    BalasHapus
  17. Pppssssttt....
    Kapal peserta ASEX01N :

    KRI John Lie : Exo B3
    KRI Karel Satsuit : C802
    RSS Vigour : Harpoon
    KDB Darulehsan : Harpoon
    KD Terengganu : 2x Gun...

    Yaa ampuuuuunnn

    Hwakakakakakkak

    BalasHapus
  18. Apakah tidak MALU kirim Gun boat...?

    Ya ampuuuuuuun

    Hahaha...hahahahahah

    BalasHapus
  19. mana nih kapal TUA malon yang senjatanya Expired apakah sudah tidak layak berlayar ?.....kami tau statusnya sudah GUNBOAT 🙂🙂

    BalasHapus
  20. H ha ha ha ha ha ha ha

    https://www.zonajakarta.com/nasional/67310002721/indonesia-keras-tanggapi-klaim-china-pakai-fregat-merah-putih-malaysia-cuma-kirim-nota-protes

    BalasHapus
  21. Ayam sayur

    https://www.zonajakarta.com/nasional/67310002721/indonesia-keras-tanggapi-klaim-china-pakai-fregat-merah-putih-malaysia-cuma-kirim-nota-protes

    BalasHapus
  22. LOOOON.....kapal elo kalau mau terlihat bergengsi coba pasang KEMBANG API ROKET/JANGWE sehingga muka Malon masih terjaga 😛😛🤪🤪😝😝

    BalasHapus
  23. YAAAAA AMPUUUN......Malon pakai kapal nelayan hadapi Cina di Natuna ?.....MEMALUKAAAN !!!!!! 😁😄😄😆😆

    BalasHapus
  24. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://www.zonajakarta.com/internasional/amp/6738043095/ccg-5901-merambah-wilayah-perairan-malaysia-siap-negoisasi- dengan china%3Fpage%3D2&ved=2ahUKEwi1x9u-iruBAxViyDgGHQrdDzMQFnoECA0QAQ&usg=AOvVaw2bBsN6wrbQOHNmJepQCT6T

    AJAK PERANG WOOOOIII..BUKAN MALAH DI AJAK NEGOISASI

    AYAM SAYUR....


    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣


    WKWKWKWKWWKWKWKWKWKWKWWKWKWKKWWKWKWKWKWKWKKWWK

    BalasHapus
  25. Latihan Mulu nih. Sementara sebelah bercocok tanam mulu

    BalasHapus
  26. LOOON....status KD TRENGGANU dilatihan sebagai apa ?.....kapal angkut logistik atau UMPAN SASARAN TEMBAK MUSUH ? 🙂🙂

    BalasHapus
  27. Kalau Cina protes BOLEH SAJA.....mereka mau apa ?......NKRI di Natuna Utara tidak ada Negosiasi dengan Cina 🙂

    BalasHapus
  28. LOOOON.....tidak perlu banyak MEMBUAAL karena ini bukti kesiapan kapal perang Malon sebatas kapal Nelayan.....uuppss 🤭🤭......maksudnya kapal GUNBOAT 😛😛🤪🤪😝😝

    BalasHapus
  29. LOOOON.....elo mau MEMBUAAL apapun tidak ada arti karena KD TRENGGANU ini sudah bukti kuat 🙂

    BalasHapus
  30. LOOOON.....padahal BUZZER MALAYA sudah katakan TLDM terkuat di ASIA kaaan 🙂

    BalasHapus
  31. Gue heran ya.....USA, JEPANG, CINA, RUSIA itu banyak hutang koq bisa jadi negara Super Power dan Maju ?......jadi kesimpulannya negara bisa besar dan maju bukan masalah hutang tapi SUMBER DAYA MANUSIA yang unggul, sedangkan kualiatas Sumber Daya Manusia MALON RENDAH sehingga tidak bisa maju 🙂

    BalasHapus
  32. HAHAHAHAHAHA 😁😄😆🤣🤣.......malon LEMAAAH !!!!......hanya modal GUNBOAT 😛🤪🤪😝

    BalasHapus
  33. KUCING OMPONG MALAYA mau menghadapi sang NAGA CINA ....bagaimana mungkiiin ? 🤔🤔😛🤪🤪😝

    BalasHapus
  34. Karena kami melawan. Nggak takut sama cina. Nggak kayak malon si ayam sayur

    BalasHapus
  35. Tolong awasi KD terengganu barangkali mogok.

    BalasHapus