06 Desember 2023

Ini Rencana Penempatan Rafale TNI AU

06 Desember 2023

Pesawat tempur Rafale (photo : Wikipedia)

KSAU: Pembangunan Kekuatan TNI AU Semata untuk Menjaga Kedaulatan dan Keamanan di Kawasan

MYLESAT.COM – Pembangunan kekuatan TNI Angkatan Udara yang sedang dan akan terus berlangsung, bukan bermaksud untuk menimbulkan ancaman di Kawasan. Sebaliknya digunakan semata untuk menjaga kedaulatan negara dan pada saat bersamaan demi keamanan wilayah di Kawasan.

Menurut KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, komitmen tersebut sudah sangat dipahami di antara para perwira senior Angkatan Udara di Kawasan khususnya di antara sesama anggota Asean. Bahwa pembangunan kekuatan udara justru untuk menjaga stabilitas Kawasan.

Hal itu disampaikan KSAU disela-sela peluncuran Prangko Seri Pahlawan Nasional TNI AU di Auditorium I.G. Dewanto, Mabesau, Cilangkap, Senin, (4/12/2023). Peluncuran Prangko ini merupakan kerja sama TNI AU dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta PT Pos Indonesia.

Empat Pahlawan Nasional TNI AU yang dijadikan Prangko Seri Pahlawan adalah Marsekal Muda TNI Anumerta Prof. Dr. Abdulrachman Saleh, Marsekal Muda TNI Anumerta Agustinus Adisutjipto, Marsekal Muda TNI Anumerta Halim Perdanakusuma, dan Marsekal Pertama TNI Anumerta Iswahjudi.

Angkatan Udara yang Unggul
Seperti diketahui, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah menunjukkan komitmennya untuk memodernisasi dan membangun TNI AU menjadi angkatan Udara yang disegani. Berbagai upaya dilakukan Kemenhan, di antaranya dengan melakukan akuisisi atau rencana pembelian sejumlah besar pesawat tempur.

Sebelumnya saat penyerahan delapan unit helikopter H225M kepada TNI AU di Lanud Atang Sendjaja, Bogor, Menhan Prabowo mengatakan bahwa pembangunan kekuatan militer bukanlah dalam rangka untuk gagah-gagahan atau menimbulkan ketakutan bagi negara tetangga. “Pembangunan angkatan perang itu mahal, kemerdekaan itu mahal, kedaulatan itu mahal, namun memiliki angkatan perang (yang kuat) adalah mutlak untuk menjamin kemerdekaan kita,” ungkap Prabowo.

“Kita harus punya angkatan udara yang unggul, kita ingin damai tapi kita tetap ingin berdaulat,” tambahnya.

Hal ini disampaikan Prabowo terkait rencana pembelian total 42 jet tempur Dassault Rafale dari Perancis untuk TNI AU. Saat ini, seperti diberitakan, Kemenhan telah membukukan kontrak untuk 24 Rafale. Rencananya, paket akuisisi ini akan mencakup juga simulator Rafale.

Ketika ditanya wartawan, kapan Rafale akan tiba di tanah air, Prabowo mengatakan bahwa multirole fighter bermesin tunggal ini akan tiba pada 2026.

Hawk 100/200 TNI AU (photo : Harian Riau)

TNI AU sudah merencanakan bahwa 42 pesawat Rafale yang dibeli Pemerintah akan ditempatkan di Pekanbaru dan Pontianak. Kehadiran Rafale kelak akan menggantikan armada BAe Hawk 100/200 yang dioperasikan Skadron Udara 1, Lanud Supadio, Pontianak dan Skadron 12, Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Kepada media, KSAU mengatakan bahwa batch pertama Rafale yang tiba pada 2026 akan ditempatkan di  Skadron 12, Pekanbaru. Secara bertahap, kelompok kedatangan akan mengalir hingga mencapai jumlah satu skadron sesuai kontrak. Ketika jumlah pesawat yang ditetapkan sudah terpenuhi untuk Skadron 12, pesawat Hawk 100/200 akan digabungkan di satu tempat yaitu di Skadron 1.

Hawk 100/200

Batch selanjutnya berturut-turut akan tiba dan ditempatkan di Skadron 1. Hingga pada akhirnya, pesawat Hawk 100/200 yang telah menjaga wilayah udara Indonesia sejak awal 1990, akan dipensiunkan secara penuh.

Rencana penempatan Rafale di Pekanbaru, pun disinggung KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo saat berbincang dengan Chief of RSAF (Singapura) Mayjen Kelvin Kong Boon Leong pada saat penutupan JFWC ke-4 dan Latma Elang Indopura di Lanud Roesmin Nurjadin.

KSAU menjelaskan bahwa saat ini kondisi pesawat Hawk 100/200 sudah tidak lagi maksimal. Keterbatasan suku cadang dan usia komponen lainnya di pesawat, menjadi pertimbangan utama Mabesau untuk membatasi operasional jet serang darat mungil ini.

“Hawk 100/200 sulit untuk dipertahankan karena suku cadang mesinnya sudah sangat langka dan mahal. Maka dari itu kita ganti dengan Rafale,” jelas KSAU. Dalam kesempatan lain, Marsekal Fadjar juga pernah mengatakan bahwa Australia sekalipun cukup “repot” mengoperasikan Hawk karena masalah suku cadang.

Oleh Angkatan Udara Australia (RAAF), armada Hawk 127 digunakan sebagai lead-in fighter trainer (LIFT) oleh Skadron 76 di RAAF Base Williamtown, Newcastle, dan dan Skaron 79 di RAAF Base Pearce, Perth. Jebolan Hawk 127 selanjutnya akan terbang di F-35A Lightning II, F/A-18F Super Hornet, dan EA-18G Growler.

Dengan rendahnya kesiapan armada Hawk 100/200, menjadi pertanyaan publik adalah bagaimana TNI AU mempertahankan dan menjaga skill para penerbang di Skadron 1 dan 12, sementara mereka dalam masa menunggu kedatangan Rafale.

Untuk menghadapi persoalan sumber daya manusia dalam kaitan kesiapan alutsista, Marsekal Fadjar mengambil beberapa langkah. Seperti memberikan kesempatan sekolah kepada para penerbang, atau memindahkan mereka ke skadron lain yang paralel. Seperti ke Skadron 21, Skadron 16, dan skadron pendidikan terbang di Yogyakarta.

“Ini salah satu upaya kita untuk mempertahankan skill mereka, jangan sampai adik-adik itu tidak terbang karena mereka adalah aset yang sangat mahal bagi TNI AU,” ungkap Fadjar.

137 komentar:

  1. Di surat tempat dibjawa timur cocok digunakan bangun 1 lanud AU utk menggantikan posisi Lanudal Juanda mengingat lebih dekat ke ALKI drpd Iswahyudi, heheheeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.radarbogor.id/2023/11/28/banyak-diminati-ipb-university-bakal-buka-fakultas-kedokteran-hewan-di-malaysia-tahun-2025/

      Hapus
    2. Lanudal milik AL , kalau TNI AU di jati. Sudah ada 2 Iswahyudi Madiun tempur dan Abd. SALEH malang angkut dan super tucano

      Hapus
    3. Dua-duanya kejauhan dari ALKI.....tengok aja pertempuran laut Jawa antara sekutu dan armada jepang.

      Skadron udara sekutu pangkalannya di Juanda

      Hapus
  2. TNI AU sudah merencanakan bahwa 42 pesawat Rafale yang dibeli Pemerintah akan ditempatkan di Pekanbaru dan Pontianak. Kehadiran Rafale kelak akan menggantikan armada BAe Hawk 100/200 yang dioperasikan Skadron Udara 1, Lanud Supadio, Pontianak dan Skadron 12, Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.
    🤣KEPUNG TETANGGA THE REGIONS WEAKEST🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. RAFALE Take off dari Squadron 12 Pakanbaru SU 30 Mkm di Butterworth AFB sudah di lock...RAFALE Take off dari Squadron 1 Pontianak F18 hornet di Gong Kedak AFB sudah di lock... RMAF jadi tidur tak sleepy makan tak kenyang ..merenung di bucu katil ketakutan...

      Hapus
    2. Auto insomnia sebelah minum obat darah tinggi kurang tidur di lock pesawat di lock trisula di lock radar ...... Salting tidur miring kena lock beol kena lock intinya lock lock dan lock

      Hapus
  3. Cairrrr .. Rafale tinggal dtng bertahap.
    Cuma 1 kepikiran mirage di skuadron mana jadinya donk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mira buang ja...hawk 100/200 ja sulit suku cadangnya & mahal... apalagi Mira Santika yg lebih lawas.

      Hapus
    2. Dari pada beli MIRA's eman2 duit'e
      Tambah unit Rafale ja untuk batch 3.

      Hapus
    3. Buat latihan calon pilot Rafale👍😎

      Hapus
    4. Agak kurang bagus buat latih pilot Rafale. Satu single engine, sedangkan yg satu lagi twin, jadi minimal penggunaan throttle beda. Posisi joystick Mirage di tengah, sedangkan Rafale di samping. Joystick Rafale pakai F-16 style.

      Hapus
  4. Pespur Rafale sudah susul efektif batch 3 ,23 radar juga sudah di proses
    Tinggal peswat AEWC,MRTT 2024 gass polll

    BalasHapus
  5. KL dikepung RAFALE kita gaesz haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Butterworth AFB dan Gong Kedak AFB dalam jangkauan Radar Rafale ....bikin tidur tak sleepy dan makan tak hunger....RMAF harus ready rondaan ...Rafale Take off ...SU 30, F18 hornet dan Mig 29 RMAF sudah di lock....

      Hapus
    2. ntuw mig uda koit lama om haha!👻👻👻

      Hapus
    3. Mig 29 Uda masuk muzium... wkkkwkk

      Hapus
  6. "Ketika ditanya wartawan, kapan Rafale akan tiba di tanah air, Prabowo mengatakan bahwa multirole fighter bermesin tunggal ini akan tiba pada 2026."
    Ada kutipan aslinya? Masak mesin tunggal. Ini maksudnya Rafale atau Mirage?🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. typo keknya om irs, di media lain beda soalnya haha!🤭🤭🤭

      Hapus
  7. Rafale 2 skuadron di Sumatera
    Rafale 1 skuadron di Kalimantan
    F16 2 skuadron di Jawa
    F15EX 1 skuadron di Sulawesi
    F15EX 1 skuadron di Biak ( ??? )
    F15EX 1 skuadron di El Tari ( ??? )

    Total 8 skuadron

    Masih kurang 6 skuadron jet tempur lagi supaya bisa 14 skuadron. Apa akan diisi jet ringan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan ada boramae 48++ om woof2 masa lupa haha!🤭🤭🤭

      Hapus
    2. Reliable nambah armada F16 versi blok viper

      Hapus
    3. Masih anti Su-27/30 yah? 😅
      1 skadron Sukhoi, 1 skadron T50 dan 1 skadron EMB-314. Asal kode ekor pesawat TS atau TT, dianggap skadron tempur.

      Kalau kurang masih ada KF-X/IF-X.

      Hapus

    4. ✅rafale smua ke sumatera & pontianak
      ✅F-15ex prioritas di madiun, untuk 2028-29

      ✅f-16 secara bertahap digeser dari riau smua ke madiun

      kemaren terbesit f-15 ex ke makassar kalo ada masalah ama esyu
      klo ada yaa lgs ke madiun
      yg anehnya bapak ksau gak singgung si MIRA, apa mungkin kensel yak, klo iyak kabar bagus om irs haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    5. Boromae masih ngambang gak seh🤔

      Hapus
    6. ✅rafale smua ke sumatera & pontianak
      ✅F-15ex prioritas di madiun, untuk 2028-29

      ✅f-16 secara bertahap digeser dari riau smua ke madiun

      kemaren terbesit f-15 ex ke makassar kalo ada masalah ama esyu
      klo gak ada yaa EX lgs ke madiun

      yg anehnya bapak ksau gak singgung si MIRA, apa mungkin kensel yak, klo iyak kabar bagus om irs haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    7. The flanker tttp di makasar home base,biak el tari sama F16

      Hapus
    8. yaa penempatan ini kan masih proyeksi masa depan, semua tergantung keadaan geopolitek dunia 5-10 tahun kedepan
      apapun bisa brubah, yaa kaliaja negeri opa puting beliung berdamai ama sohibnya dibarat...

      klo berdasar perasaan,
      ksau dan menhan yg baruw kelak bakal puyenk dgn penggunaan jet tempur dobel enjin terlalu banyak dan beda merk
      persoalan logistik maintenans dgn bajet militer sgituw, awalnya mungkin blom berasa
      ntr pas uda 10 tahun operasional mulai dah megap2 haha!😆😆😆
      kalo mao mo maen kuantitas yaa banyakin pespur mesin 1 donk
      rumusnya jgn dibalik, amerika aja bgt...kcuali negeri petrodolar eh yuan yak sedjak brics haha!🤭🤭🤭

      Hapus
    9. Setuju kawan....lebih baik focus ke Rafale jadikan 60 unit gak usah F15 ex plus F16 viper dan TA50i Golden eagle sukur2 IFX jadi...

      Hapus
    10. dasaault prancis lagi kembangkan varian F5 yaitu super rafale,sapa tahu kita minat buat nambah jumlah armada rafale.nnti.
      F15ex >>>> 2 skudron FalconViper

      Hapus
    11. Kalau beli F 15 EX yg muat shelternya di skadron 14 Madiun
      & skadron 11 Makassar.
      sedang kan Shelter pangkalan aju ada di Kupang & Tarakan yg muat tampung pesawat tempur bongsor seperti Sukhoi & F 15.

      Hapus
    12. Om tupez
      Gampang om nnti tinggal di gedein sheltee nya bisa tampung bomber juga pokok e hehhe🤭

      Hapus
    13. Woooiiii janganlupakan Mirage. Masih memungkinkan lhooo....biarpun rongsok dan versi akan, tapi speknya masih jauh di atas FA-50 apalagi versi akan.

      Hapus
    14. Biak dan El Tari bukannya masih sempat bikin shelter ukuran besar? Pembangunannya belum selesai kan?

      Hapus
    15. Kalo ngejar kuantitas ya tambah lgi peswat Rafale 60 unit,yg 1 skudron lgi varian super Rafale yg lgi dikembngkn Prancis,skud Falcon musti di tambah lgi ambil itu 18-24 viper kita sudah bisa MRO Falcon sndri jdi mudah.

      Hapus
    16. Rafale 42 unit varian f3r/F4
      1 skuadron lgi masa dtng F5 super Rafale
      F-16 - 33 unit + 18-24 blok 72Boromae masih ambigu?
      F15ex Lbih baik jgn atau misal lanjut jdi cukup 1 skudron 16-18 unit.

      Hapus
  8. MSIA NEGARA KECIK LITLE MONEY 🍌🍌🍌

    BalasHapus
  9. MSIA sanggup beli Rafale di tahun 2070

    BalasHapus
  10. MSIA support terrorist group mulai dari Thailand selatan, Abu Sayyaf Philippines, Noordin M Top dan DR. Azhari di Indonesia, juga bantu GAM Aceh....memang MSIA ini negara kecil durjana....biarlah mampus dilahap China

    BalasHapus
  11. Mesin Ex. Hawk....bisa ngga di reserve engineering menjadi Rudal Balistik Made In Indonesia .....

    ======bikin ketar-ketir malon saja......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diameter berapa itu....gede banget pasti

      Hapus
    2. Kita masih punya banyak dan akan menerima hibah dari RAAF dalam kondisi sangat baik karena mereka ganti mesin. Kok nggak dikasih ke meloy ya kan FPDA padahal FPDA dibentuk untuk melindungi meloy kalau diserang...maklum negara paling lemah se kawasan

      Hapus
  12. “Hawk 100/200 sulit untuk dipertahankan karena suku cadang mesinnya sudah sangat langka dan mahal.
    ——————

    lha apalagi si Mira noceng yg uda tamat produksi 20 tahun laluw jugak haha!😋😋😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pusat mengabarkan:
      Kita masih punya banyak dan akan menerima hibah dari RAAF dalam kondisi sangat baik karena mereka ganti mesin. Konon jumlahnya lebih dari 25 unit. Kok nggak dikasih ke meloy ya? padahal FPDA dibentuk untuk melindungi meloy kalau diserang...maklum negara paling lemah se kawasan

      Hapus
  13. Strategi yg jitu, dengan digantinya Hawk dengan Rafale berarti memang TNI AU akan menghapus tipe pesawat tempur ringan, yg dipertahankan tipe latih lanjut T-50i sekaligus sebagai tempur ringan. Selanjutnya, jika ada pembentukan skadron baru pasti juga akan diisi tempur kelas berat.

    BalasHapus
  14. Yg hangat yg hangat..hilal S70M blackhwk makin hampir dekat ya gaes...😄

    https://www.facebook.com/groups/183021936698489/permalink/863561145311228/?app=fbl

    BalasHapus
  15. S70m ntar malam upload AP besok pagi min

    BalasHapus
  16. Min,BRS yang udah di kelir putih ya ditampilkan juga Min beritanya

    BalasHapus
  17. Sama ini min yang lagi latihan perawatan pengoperasian pandur di Pindad Min

    BalasHapus
  18. Sayang kalau Hawks 109 dipensiunkan ...kalau gak salah AU Uruguay minat dengan Hawks kita lumayan kalau dibeli duitnya bisa buat beli AE&WC/C130J/up grade F16 ke viper

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sparepat nya susah dan mahal katanya

      Hapus
    2. Makanya dijual aja jangan di jadikan monumen... masih banyak yg mau...

      Hapus
    3. klo hawk pespur murah aja dianggap mahal sucadnya gimana si MIRA yak haha!🤣🤣🤣
      dulu aja kita gak sanggup beli barunya krn pespur prancis gak ada yg murah unit dan sucadnya...eh skrg, rongsoknya disruput haha!🤭🤭🤭

      Hapus
    4. Sayangnya komponen Hawk series secara umum sudah discontinue, kalaupun ada, dapatnya susah dan harganya muuuuuahallll. Kalaupun dibeli negara lain, negara itu akan mengalami krisis. Kasihan juga. Menurut saya, dihibahkan ke lembaga² pendidikan dan pelatihan penerbangan untuk dipelajari atau dibongkar di lembaga2 riset. Ada juga yang diserahkan ke museum, Barangkali akan lebih bermanfaat

      Hapus
    5. Kasih buat R&D ke lembaga penelitian agak kurang bagus menurutku. Ini pesawat tempur kita yg, secara persentase, kecelakaannya salah satu yg paling tinggi. Mungkin hanya Mustang yg lebih parah.

      Hapus
  19. Sama uji kelaikan RBB Trimaran 9 unit ya min,sialnya akhir tahun Ampe Maret banyak berita kontrak efektif min

    BalasHapus
  20. INDON bila MEMBUAL...

    Sekejap 24...sekejap 42...🤣🤣🤣🤣🤣

    Padahal belum beli 42 tapi sudah MEMBUAL BELI 42.. Tunjuk saya dimana berita yang INDON sudah bayar 42 Rafale...AYuh INDON jawab... 🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kau nak tidor kongkek2 smaa bangla men

      Hapus

    2. Dassault Aviation

      @Dassault_OnAir

      Ikuti

      La deuxième tranche de 18 #Rafale pour l’Indonésie entre dans le carnet de commandes https://dassault-aviation.com/fr/groupe/presse/press-kits/la-deuxieme-tranche-de-18-rafale-pour-lindonesie-entre-dans-le-carnet-de-commandes/… Second tranche of 18 Rafale for Indonesia enters into the order backlog https://dassault-aviation.com/en/group/press/press-kits/second-tranche-of-18-rafale-for-indonesia-enters-into-the-order-backlog/…


      Hapus
    3. Santuy aja PUR .. yg sudah terbayar dan proses produksi hingga kirim 24 unit sisanya 18 Unit dibayar kalau 6 unit pertama Rafale Datang ...kami bukan bodoh kaya MALAYSIA BAYAR 6 MAHAROGOL LELE 1 UNIT PUN GAK ADA YG NONGOL....

      Hapus
    4. The effectiveness of this contract has been confirmed by the Indonesian Ministry of Defense. "Yes, it is effective. We hope it will run smoothly," said Head of the Defense Facilities Agency (Baranahan) of the Indonesian Ministry of Defense, Jusuf Jauhari, on Thursday (10/8/2023).

      https://www.kompas.id/baca/english/2023/08/10/en-pesawat-tempur-rafale-ri-bertambah-18

      Hapus
    5. Wirogempor, itu nanti jadi surprise aja buat kamu. Silakan tebak 24 atau 42 tetap tidak akan berpengaruh pada rankingmu di Global Firepower. Tetap kan semakin jauuuuuuuh tertinggal.

      Hapus
    6. Silahkan kerasukan dan ikuti prosesnya pork

      Hapus
  21. According to concordant sources, Indonesia has released a budget to acquire 18 new Rafales after the first six entered into force in 2022 (about 1.3 billion dollars) . 

    https://defense-studies.blogspot.com/2023/03/a-new-tranche-of-rafale-18-ccombat.html?m=1

    BalasHapus
  22. This is Indonesian Rafale Fighter jet.
    Real No GOIB.
    Batch 3 18 unit soon tahun depan kontrak efektif
    Biar makin kejang2 sebelah 😆

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. https://www.zonajakarta.com/nasional/67311107967/breaking-news-indonesia-sah-mendapatkan-transfer-of-technology-helikopter-s-70m-black-hawk
    Mantap ini mah

    BalasHapus
  25. 24 blekhok gaesz haha!💪💪💪
    SHOPPING HELI lagi kita bukan SEWA cem seblah haha!😆😆😆
    https://facebook.com/photo.php?fbid=758357666334272&set=a.226524436184267&type=3

    BalasHapus
    Balasan
    1. welcome home blekhok versi GFA bukan blekhok sewa bekas versi FMS

      Hapus
    2. Emang boleh dpt blekok ni hehehe
      Menanti RMP tahun depan lah

      Hapus
  26. Ini omongan kasal.... Bisa bikin beruk kejang2 nih

    OPV tetap jadi," jelas Ali dikutip dari Antara pada 5 Desember 2023.

    Selain itu proyek Fregat Merah Putih juga jalan terus.

    "Sekarang sudah pada tahap keel laying kalau tidak salah sampai sana dan ini kami harapkan bisa dalam waktu dekat bisa berjalan terus, kontraknya efektif, dan semuanya termasuk yang OPV bisa 2024," jelas Ali.

    Nampaknya sudah dipastikan bahwa TNI AL akan mendapat tambahan korvet Paolo Thaon di Revel class dari Italia dalam waktu dekat.*

    BalasHapus
    Balasan
    1. P433 ITS Marcantonio Collona dan P434 ITS Geovanni Delle Bande Nere siap kirim th 2024 begitu Masa Sea Trial selesai....nanti Uji Tempur di Laut Natuna dipersilahkan Petinggi TLDM lihat dari kejauhan...

      Hapus
  27. 3 PPA Paolo Class dan 3 FREMM sudah bikin ketar ketir TLDM....kalau masih usil bisa2 Lekiu dan Lekir jadi sasaran Ujicoba NESEO OTOMAT MK2....

    BalasHapus
  28. Ini yang betul ya GORILLA.... 🤭🤭🤭🤭... sejak bila INDON sudah beli 42 Rafale... 🤣🤣🤣🤣

    1. 6 buah RAFALE - Sudah bayar wang muka pakai HUTANG

    2. 18 buah RAFALE - Diklaim pihak Perancis INDON setuju beli tapi pembayaran wang muka belum jelas

    3. Sisa SELEBIHNYA RAFALE belum jelas... Hanya MEMBUAL KONON mau sign kontrak tapi hingga kini HANYA MEMBUAL je...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk Gempur Panas sampai Kepo urusan Rafale.....yang Jelas FA50 yg akan beli dan cuma 18 unit sikit sekali...sasaran Empuk dan makanan MUDAH bagi Rafale...kalau SU30 Mkm dan F18 hornet tambah lebih mudah lagi maklum Generasi 3 dan 4 sudah jadul masih analog dan USANG..

      Hapus
    2. Haduhhhh stok tololnya g habis2. Punya berapa gudang ketololan dan dengki pur

      Hapus
  29. Menilik Rata-rata IQ Orang Indonesia, Terendah di Asia Tenggara

    Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap negara umumnya memiliki angka rata-rata intelligence quotient (IQ) masing-masing. Berapa rata-rata IQ orang Indonesia?

    IQ atau intelligence quotient adalah suatu indikator untuk mengukur kecerdasan seseorang. Dikutip dari Very Well Mind, IQ menunjukkan kemampuan berpikir dan memecahkan masalah.

    Berdasarkan laman International IQ Test tahun 2022, Indonesia memiliki IQ rata-rata sebesar 94,04. Indonesia berada di urutan ke-88 dari 125 negara yang berkunjung ke situs tersebut untuk mengerjakan tes IQ.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa SOPAN menghina Negara Tetangga nya dengan IQ rendah sementara dirinya mengakuu dirinya lebih hebat ...sementara Industri Strategi berbasis tehnogi tidak punya produk yg bisa brsaing di LN.

      Hapus
    2. Yang benar itu Malaysia tergoblok se Asia

      Hapus
  30. Maklumlah IQ RATA-RATA LEVEL GORILLA.. 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. SIAPA RUS????MALON???
      PANAS YA RUS?


      🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔
      🤣🤣🤣🤣🤣🤣
      WKWKWKKWKWWKKWKWKKWKWKWKWKWKWKKWKKWKWKWK

      Hapus
    2. Kalau hitungannya rata2 berdasarkan jumlah penduduk

      Di Indonesia jumlah IQ yg tinggi pasti melebihi jumlah seluruh penduduk Malaysia.... artinya orang pintar di Indonesia lebih banyak dari seluruh rakyat Malaysia....hahahaha

      Hapus
    3. 1 Melon diatas adalah Level Keledai beruk 💩💩 .. semua tak dapat di cerna dengan baik

      Hapus
    4. Tiada tandingannya kegoblokan Malaysia....

      Hapus
    5. barometer IQ tinggi itu dari mana? masa bina kapal mangkrak itu krn IQnya yg kelewat tinggi? atau rasio utang dgn PDB yg jumbo?

      Hapus
  31. Pengadaan alutsista TNI AL masuk restra 2024 2029
    Masyuuukkkk pak eko
    1.Kapal selam.
    Naval group vs TKMs
    2.PPA Thaon
    3.UCav/uav
    4 Coastal defense
    Brahmos,exocet etc

    BalasHapus
  32. Tunjuk lon fa50 bayarcash haduhhh
    Panasss koyak malon

    BalasHapus

  33. Dassault Aviation

    @Dassault_OnAir

    Ikuti

    La deuxième tranche de 18 #Rafale pour l’Indonésie entre dans le carnet de commandes https://dassault-aviation.com/fr/groupe/presse/press-kits/la-deuxieme-tranche-de-18-rafale-pour-lindonesie-entre-dans-le-carnet-de-commandes/… Second tranche of 18 Rafale for Indonesia enters into the order backlog https://dassault-aviation.com/en/group/press/press-kits/second-tranche-of-18-rafale-for-indonesia-enters-into-the-order-backlog/…


    https://www.indomiliter.com/la-tribune-indonesia-lakukan-pembayaran-uang-muka-untuk-pengadaan-18-unit-rafale/

    https://defense-studies.blogspot.com/2023/03/a-new-tranche-of-rafale-18-ccombat.html?m=1

    BalasHapus
  34. www.rafalemalaysia.com


    RAFALE VERSI GHOIB

    🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣
    WKWKWKKWKWWKKWKWKKWKWKWKWKWKWKKWKKWKWKWK

    BalasHapus
  35. guwe perna nulis, KL adalah satu2 negeri di asean yg perna memiliki 4 jet tempur mesin dobel(mig+emkaem+tiger+kornet)
    dan 2 jet mesin satuw( mb-339+hawk)

    bandingkan sm thailen yg mayoritas mesin tunggal f-16 dan 1 dobel mesin si macan haha!👍👍👍

    liat hasilnya skrg cuman KL yg kembang kempis...tinggal 3 jenis, banyakan yg tamat⛔️ haha!🤭🤭🤭
    sementara thailen meski armadanya rata2 lebih tua tp jumlah stok unitnya banyak beud dr KL haha!😋😋😋

    nach kembali ke kite..pengen gaya2an kyk KL berakhir suram ato gimana nich haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena biaya perawatan & operasional pesawat double enjin sangat mahal.

      Serta readness akan sangat rendah jika anggaran terbatas... harus ready 2 Enjin baru pesawat tsb bisa terbang.

      Begitu jg dgn pesawat angkut banyak pengguna herky mulai beralih ke c 390 millenium Brazil.. karena masalah readnes & cost.

      Hapus
    2. Ada yg usul di atas pakai 60 Rafale. Kalau mau 60 Rafale dan 48 IF-X dengan mesin yg sama atau sekeluarga. 216+ mesin SNECMA bisa bikin operational cost jauh lebih murah.

      Hapus
    3. klo fenomena embraer mile berlanjut..pasar super herkules bakal goyah. C2. bisa naik jugak ini haha!👏👏😅

      Hapus
    4. ode bagus, apalagi klo pake ge 414 haha!👏👏👏

      Hapus
  36. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://www.zonajakarta.com/nasional/amp/67310490507/rafale-indonesia-hendak-jadi-malaysia-masih-bingung-cari-utangan-biayai-pembelian-fa-50%3Fpage%3D2&ved=2ahUKEwj35-WG2vqCAxXozjgGHakXBgMQFnoECBMQAQ&usg=AOvVaw2pF2knGPqEdy_vbViWU2lq



    SEKEDAR JET PEJUANG MURAHPUN TAK SANGGUP BELI...MASIH BINGUNG CARI HUTANG


    🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣
    WKWKWKKWKWWKKWKWKKWKWKWKWKWKWKKWKKWKWKWK

    BalasHapus
  37. FA50 VERSI BINGUNG CARI HUTANG


    🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣
    WKWKWKKWKWWKKWKWKKWKWKWKWKWKWKKWKKWKWKWK

    BalasHapus
  38. Konon IQ Malon tinggi university grad A tapi engginer Malon takde kepakaran, Melayu Malon jadi bangsa pemalas wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  39. NEGARA BINGUNG..

    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🐔🐔🐔🐔🐔
    🤣🤣🤣🤣🤣

    WKWKWKKWKKWKWKWKWKWKWKWKWK

    BalasHapus
  40. SHAH ALAM: Nasionalisasi Boustead Naval Shipyard (BNS) – pembuat LCS – kembali tertunda, untuk ketiga kalinya. Batas waktu baru sekarang adalah 31 Desember, diperpanjang dari batas waktu sebelumnya yaitu 1 Desember.

    Saya cukup yakin prosesnya akan tertunda untuk keempat kalinya karena tanggal 31 Desember akan tiba di akhir tahun 2023 dan kemungkinan besar ada orang yang ingin bekerja – setidaknya dengan kecepatan penuh – selama masa liburan. Saya bersedia dikoreksi, tentu saja.

    Pengumuman lengkap oleh Boustead Heavy Industries Corporation Bhd., Otak IQ Gorilla Lawaaak mondonia

    BalasHapus
  41. Rumus Forum DS:

    "semakin sering malon TERIAK TERIAK ALUTSISTA INDONESIA GHOIB/MERAGUKAN VALIDITAS RENCANA PROCUREMENT maka akan berujung pada KONTRAK EFEKTIF DAN DELIVERY KEPADA TNI 3 MATRA ."

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaliknya bilang nyata akhirnya goib alias cancel...........

      Hapus
    2. bener bangets, om pemburu....hehehe

      Hapus
    3. Dan si gempur ngetik sambil nangis😆

      Hapus
  42. GENK AYAM SAYUR KEPANASAN.....NO BUDGET NO SHOPPING. ....TABAH BERPUASA


    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🐔🐔🐔🐔🐔
    🤣🤣🤣🤣🤣


    WKWKWKWKKWWKWKKWKWKKWKWKWKKWKWKWKKWKWWK

    BalasHapus
  43. Ini yang betul ya GORILLA.... 🤭🤭🤭🤭... sejak bila IMALON sudah beli 36 Rafale... 🤣🤣🤣🤣

    www.rafalemalaysia.com

    INI SITUS NEGARA MISKIN SEBELAH Y GORILAAAA.. 🤣🤣🤣🤣

    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🐔🐔🐔🐔🐔
    🤣🤣🤣🤣🤣

    WKWKWKKWKKWKWKWKWKWKWKWKWK

    BalasHapus
  44. enjoy aja lon malon....INDONESIA TIDAK PEDULI DENGAN RANGKING IQ.

    INDONESIA HANYA PEDULI PADA KARYA MANUFACTURING INDUSTRI PERTAHANAN NASIONAL DENGAN SKEMA TRANSFER OF TECHNOLOGY DAN TRANSFER OF KNOWLEDGE.

    BalasHapus
  45. JATOSINT
    @Jatosint
    🇮🇩 Navy Chief of Staff:

    "We have given several suggestions to the MoD, on average European submarines are quite good. Hopefully, we will see an effective submarine procurement contract next year"​
    ___________
    Semua akan pada waktunya !!💥👌

    BalasHapus
  46. Apa PANTAS Gempur menanyakan Rafale Indonesia sementara RMAF baru mau akan beli FA50 Beda Level / Beda Kasta....Tahu diri dong....BuruknKuka cermin dibelah..

    BalasHapus
  47. Gempurwira, gorila itu salah satu hewan yang paling cerdas ,kalau kau bandingkan dengan hewan kau itu termasuk keledai paham hewan keledai...jangan kau bandingkan,samakan ciptaan Tuhan bernama manusia dengan seekor hewan.

    BalasHapus
  48. https://www.airtimes.my/2023/12/06/su-30mkm-jalani-senggaraan-berperingkat-khidmat-diteruskan-sehingga-2035/

    BalasHapus
  49. Paling tolol sedunia, beli kapal 6 buah, ditawar jadi 5 buah, masih minta tambah uang, dikasih pula....terus belum ada yg jadi pun.... negara mana yg bisa setolol itu...

    BalasHapus
  50. Mau 24 mau 42, terserah yang belilah. Pun tak ada effect kepada Ranking Globar Firepower

    BalasHapus
  51. Mau komen apapun orang Malaysia tetap yang tergoblok dan tertolol sedunia...

    BalasHapus
  52. 13. Indonesia
    19. Vietnam
    24. Thailand
    29. Singapura
    32. Philippina
    38. Myanmar
    40. Bangladesh
    42. Malaysia
    106. Cambodia
    115. Laos
    IQ rendahpun no 1 se ASEAN.
    YG KONON Hi-IQ minta belas kasihan FPDA minta perlindungan.

    BalasHapus
  53. Gpp kita dibilang Gorila yg gk punya iQ yg penting masih punya otak,ketimbang si gempork otak 1cc dan gak punya IQ
    Parah 😭

    BalasHapus
  54. Hello malaysia
    See this www.rafaleindonesia.com
    No fake no GOib the dream cometrue 🇮🇩

    BalasHapus
  55. WAH , BONEKA !

    RAFALE INI LEBIH MAHAL LHO , PERUNITNYA DARI PESAWAT SEJENIS YG DIPESAN UNI EMIRAT ARAB MALAH F4 YG UEA ,UEA 189 JUTA US $
    RAFALE RI +192 JT US $ , ANEH & MAKSA .


    BISA² JADI MAKANAN SU 35 CHINA (DI SEPERTI DI IRAQ OLEH SU RUSSIA )&
    J 20 CHINA (PESAWAT GENERASI SEKELAS IF 21 🇮🇩 INDONESIAN FIGHTER JET PRODUCT PT DIRGANTARA INDONESIA) SERTA TIDAK BISA IMBANGI F 35 SINGAPORE
    JIKA DI TIMUR TIDAK BISA IMBANGI F 35 AUSTRALIA REPOT SELAIN OPERASIONAL MAHAL & PERAWATAN HARUS DI MALAYSIA,FAKTANYA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mhal bukan kerana pesawatnya lebih canggih ... tetapi kerana markup harganya keterlaluan ...

      Bukankah hal ini biasa dalam pengadaan alutista di Indpn ... Bagi-bagi wang seagai bonus bagi yang terlibat dalam pengadaan itu ...

      Hapus
    2. Contoh jelas Mark Up itu yaa Kedah class mark up, Maharaja Lela class itu mark up, Tun Fatimah class itu mark up....masih banyak ....sebentar lagi FA50 mark up...

      Hapus
  56. MSIA NEGARA KECIK LITLE MONEY, merudum bin bangkrap 🍌🍌🍌

    BalasHapus
  57. Most Corrupt Country In The World | Countries Corruption Index 2023

    Ternyata Indonesia termasuk juaranya ...

    https://www.youtube.com/watch?v=LtPIasHLd0A

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha ha ha ha ha supremo otaknya udah ketemu ? Korupsi beruk saking parahnya membuat aset2 militer malon usang semua

      https://www.zonajakarta.com/regional/6739027152/korupsi-jadi-penyebab-malaysia-kesulitan-upgrade-armada-kapal-perang-usangnya

      Hapus
    2. SKANDAL 1 MDB Tun Najib Razak bukannmega korup yaa di Malaysia...

      Hapus
  58. tengok MAHAROGOL LELE Bukti sah Ketololan malon yg mendunia

    BalasHapus