23 Desember 2023

Skadron 104 Didik Calon Penerbang Andal TNI AU

23 Desember 2023

Seorang instruktur memberikan arahan uji coba terbang menggunakan simulator di Skadron 104 di Akademi Angkatan Udara Lanud Adisutjipto, Yogyakarta (photo : Liputan6)

Liputan6.com, Jakarta - TNI Angkatan Udara berusaha menciptakan pilot maupun penerbang andal untuk menjaga kesatuan Indonesia pada wilayah udara. Skadron 104 menjadi salah satu sekolah calon penerbang TNI AU.

Kepala Seksi Pemeliharaan Skadron 104, Kapten Mahfud mengatakan, Skadron 104 memiliki tugas sebagai sekolah penerbang untuk mendidik penerbang TNI AU. Terdapat lima, yakni Skadik 101 hingga 105 yang setiap skadiknya memiliki latihan berbeda. 

“Jadi Skadik 101 itu untuk pesawat Grob, Skadik 102 untuk pesawat latih lanjut, Skadik 103 pesawat tanpa awak, Skadik 104 untuk simulator, dan Skadik 105 helikopter,” ujar Mahfud kepada Liputan6.com, Kamis (21/12/2023).

Simulator pesawat latih Grob 120TP (photo : AURI)

Mahfud menjelaskan, seluruh calon penerbang sebelum terbang menggunakan pesawat aslinya, akan dididik terbang menggunakan simulator. Tujuan untuk mengenalkan pesawat yang akan digunakannya.

“Jadi simulator ini akan menunjukan seperti aslinya, biar nanti tidak kaget,” jelas Mahfud.

Terdapat dua tipe simulator pada Skadik 104, yakni simulator Grob dan simulator KT-1 Wong Bee. Para calon penerbang akan dididik terlebih dahulu mengenal sistem pesawat dan maupun bagian pesawat yang akan digunakannya.

Simulator pesawat latih Grob 120TP (photo : AURI)

“Jadi ini sama pesawat aslinya hampir sama atau 90 persen itu sama. Jadi, nanti tidak kaget atau sudah familiar dengan pesawat aslinya,” ucap Mahfud.

Mahfud mengungkapkan, pesawat Grob merupakan pesawat latih dasar pemula yang nantinya akan dilanjutkan dengan pesawat latih lanjut. Umumnya, Taruna pada tingkat 4 akan mengikuti Pendidikan di Skadik 104.

“Ada jam prodinya, jadi kita hitungannya dengan jam terbang. Misalkan berapa lama untuk jam terbang, nanti akan mengejar jam terbang tersebut untuk menentukan kelulusannya,” ungkap Mahfud.

Simulator pesawat latih KT-1B (photo : AURI)

Simulator Pesawat Terkoneksi dengan Lainnya

Pada Skadik 104 terdapat 10 simulator sedangkan untuk KT1 Wong Bee terdapat lima simulator. Alat simulator selain untuk memberikan pengetahuan sebelum terbang, simulator tersebut dapat digunakan untuk pelatihan lainnya.

“Ini bisa digunakan seluruhnya untuk latihan akrobatik,” terang Mahfud.

Mahfud menuturkan, simulator tersebut akan terkoneksi dengan simulator lain. Siswa penerbang saat menggunakan simulator dapat mengetahui keadaan siswa lain yang sedang menggunakan simulator.

Simulator pesawat latih KT-1B (photo : AURI)

“Bisa terkoneksi dengan simulator lain, jadi bisa terbang formasi juga terkoneksi semua sistemnya,” tutur Mahfud.

Namun untuk khusus pelatihan pesawat akrobatik, akan menggunakan pesawat lain atau bukan menggunakan pesawat Grob.

“Tapi rata-rata akrobatik menggunakan pesawat yang KT-1 Wong,” pungkas Mahfud.

15 komentar:

  1. Ambo nomer duo. diamankan dari si gempurgilo dari negeri kalis hutang tapi bohong haaaaa

    BalasHapus
  2. PESAWAT SEWA HELI SEWA SIMULATOR SEWA = .........
    2020 SEWA PESAWAT = ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario. ITTC operates a fleet of Aero Vodochody L-39 featuring upgraded avionics for the FLIT programme
    2023 SEWA HELI = Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
    2022 SEWA HELI = 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) yang akan ditempatkan di No.3 Skuadron, Pangkalan Udara Butterworth
    2022 SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
    2022 SEWA SIMULATOR = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
    ---
    CAP AYAM = Ahli Parlimen Tanah Merah, Datuk Seri Ikmal Hisham Abdul Aziz hari ini mendakwa anggota Angkatan Tentera Malaysia (ATM) dibekalkan dengan pakaian dan kasut sukan ‘cap ayam’ kerana tidak berjenama serta tiada kualiti.
    THE REGIONS WEAKEST = The Malaysian military is today the region’s weakest. It is riddled with corruption, poor planning, and interference by political leaders in procurement.......
    https://www.asiasentinel.com/p/malaysia-unready-armed-forces
    UNISEX CONDOM = A Malaysian gynaecologist has created what he says is the world's first unisex condom that can be worn by females or males and is made from a medical grade material usually used as a dressing for injuries and wounds

    BalasHapus
  3. "Skadik 103 pesawat tanpa awak"

    Iki maksute skadron pesawat siluman kae poyo.....lha Ra Ono pengawake πŸ€”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejenis Santet, banas Pati, kuyang, palasik dan sejenis siluman terbang lainnya
      πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ

      Hapus
    2. Koyok kisahe SIDENOK
      Ngerti" meteng/mbelenuk wetenge ,tapi ora ngerti sopo seng nyebull wetenge

      Iku termasuk santet OPO yooπŸ€”πŸ€”πŸ€”

      Hapus
    3. Nek curhat bab nggono kui ojok neng kene mas.....isin 🀫

      Hapus
    4. om..om...mana link data tageinya haha!πŸ€­πŸ˜‚πŸ€­

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. TUDM guna layang layang untuk latih pilot 33 hornet ex Kuwait

    BalasHapus
  6. simulator latih kita lengkap
    pesawat latih kita lengkap dr
    ✅grob
    ✅kt-1b
    ✅t-50 golden eagle
    ✅beechcraft
    dll.
    sementara KL, ngakunya kaya tp kok semua serba SEWA...jimat kos katanya haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedjak kapan kaya Jimat Kos?! Fiks ini mach dmiskinos haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Ada yang sewa simulator dan sewa pesawat om .....

      Hapus
    3. nyoiihh..sewa heli apalagi om pemburu..KL lengkap haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus