30 Januari 2024

Tahap Kesiagaan TLDM di Bawah Sasaran, Hanya Capai 58.6 Peratus – Panglima

30 Januari 2024

Armada Angkatan Laut Malaysia (photo: Utusan Borneo)

KUALA LUMPUR – Panglima Tentera Laut, Laksamana Tan Sri Abdul Rahman Ayob hari ini menyatakan tahap kesiagaan armada Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) adalah di bawah sasaran.

Perkara tersebut dinyatakan oleh beliau semasa menyampaikan Perutusan Tahun Baharu 2024 dan Setahun Pemerintahan Panglima Tentera Laut di Wisma Pertahanan.

“Kesiagaan TLDM masih berada di bawah sasaran iaitu 58.6% berbanding sasaran 75%"

“Namun TLDM telah berjaya melaksanakan sebanyak 424 jumlah siri operasi melibatkan 6 operasi berterusan secara 24/7 dan 3 operasi berkala dengan memastikan kehadiran aset-aset TLDM di Kawasan Operasi Maritim (KOM) sebilang masa,"

“Pujian harus diberikan kepada setiap warga the Navy People yang telah berkorban masa, keringat dan tenaga untuk memenuhi keperluan operasi ini,” katanya.

Menurut Panglima Tentera Laut, pelbagai program dan tindakan kolektif telah diambil bagi memastikan kesiagaan Armada TLDM berada di tahap tertinggi.

Ini termasuklah pentauliahan semula kapal peronda (Patrol Craft, PC) KD SRI SABAH dan KD SRI SARAWAK pada 19 Januari lalu.

“Tujuan utama pindah milik ini adalah bagi memenuhi keperluan operasi semasa sementara TLDM memperolehi aset-aset yang baharu dalam armadanya,” ujar beliau.

Selain itu, TLDM sedang giat melaksanakan dua inisiatif dalam pengurusan senggaraan kapal iaitu Repowering Program dan Obsolescence Program.

Jelas Abdul Rahman, sehingga kini 10 buah kapal telah selesai menjalani Repowering Program yang merangkumi penukaran sepenuhnya sistem kuasa gerak kapal.

“Obsolescence Program yang melibatkan penukaran secara sepenuhnya hull kapal dan sebahagian besar peralatan utama kepada peralatan baharu dengan keupayaan terkini telah selesai dilaksanakan pada KD PERKASA dan kini sedang diteruskan bagi KD GANYANG,

“Kedua-dua program ini telah memberi impak yang positif di mana kapal kini berupaya melaksanakan operasi dengan lebih berkesan disamping memberi penjimatan yang besar kepada TLDM,” jelas Panglima Tentera Laut. 

161 komentar:

  1. Bwahaha ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚, bohong itu kapal yang meronda aja tak ada dia cakap 58.6% kalau di bawah 40% baru percaya, jelas bualnya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  2. Piro kui.....sewidak wae kok ndadak nganggo jujul Puuuur ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

    BalasHapus
  3. Candi Borobudur didakwa milik Melayu
    Melalui sebuah video dalam Youtube yang disiarkan hampir setahun yang lalu, seorang profesor sebuah universiti di Malaysia mendakwa, "Srivijaya telah membina sebuah candi besar yang bernama Borobudur........ Borobudur ialah salah satu pencapaian tinggi peradaban Melayu di zaman itu".
    Kemudiannya ia menjadi bahan kritikan pedas oleh segelintir netizen dari negara Indonesia yang menganggap orang Malaysia suka meng"claim" peradaban orang lain sebagai milik Melayu. Lebih-lebih lagi candi Borobudur didirikan oleh orang Jawa. Mereka hairan bagaimana dengan mudah meMelayukan milik orang Jawa.
    Borobudur terletak di desa Borobudur dalam Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Menurut ahli sejarah J.G. de Casparis dalam kajian PhD beliau di tahun 1950 menyatakan Borobudur adalah tempat pemujaan ugama Buddha. Dengan analogi prasasti Karangtengah dan Kahulunan, Borobudur dibina oleh raja dari Dinasti Sailendra yang bernama Samaratungga sekitar tahun 824 dan ianya siap 50 tahun kemudiannya.
    Persoalannya adakah benar yang Jawa Tengah pernah menjadi sebahagian daripada Srivijaya seterusnya mendakwa Borobudur adalah pencapaian peradaban tertinggi Melayu di zaman itu?
    Terdapat dua bentuk penulisan sejarah yang berbeza tentang Srivijaya. Dalam catatan barat yang diikuti oleh para ahli sejarah tempatan menyebut Srivijaya bermula dari pendiri kerajaan Srivijaya iaitu Dapunta Hyang Jayanasa dengan titik mula berkerajaan berasaskan prasasti Kedukan Bukit di tahun 683 sehinggalah ke akhir abad ke 14 ketika Palembang ditawan oleh Majapahit di tahun 1397.
    Dalam catatan China pula membahagikan Srivijaya kepada dua era iaitu Srivijaya yang bermula dari kerajaan Kantoli, kira-kira 300 tahun lebih awal dari Dapunta Hyang Jayanasa sehingga tahun 904 disebut ๅฎคๅˆฉไฝ›้€ Shilifoshi atau ไฝ›้ฝFoshi iaitu Srivijaya. Selepas itu dalam catatan China tidak lagi menyebut Shilifosi tetapi menyebutnya sebagai ไธ‰ไฝ›้ฝ Sanfoqi sehingga kejatuhan Sanfoqi di tangan Majapahit.
    Disebutkan pada ๅ”ๆ˜ญๅฎ—ๅคฉ็ฅๅ…ƒๅนด tahun pertama pemerintahan Tang Zhaozong (904) mengarahkan catatan tentang Shilifoshi ditukar kepada ไธ‰ไฝ›้ฝ Sanfoqi. Ini dipercayai kerana yang memerintah Srivijaya bukan lagi dari keturunan Dapunta Hyang Jayanasa tetapi dari keturunan Sailendra iaitu Balaputradewa.
    Beliau ketika itu adalah pewaris sah Dinasti Sailendra tetapi terpaksa melarikan ke Palembang kerana kalah dalam perebutan takhta kepada abang iparnya. Emak kepada Balaputradewa ialah puteri kepada kerajaan Srivijaya. Sebab itulah Balaputradewa juga merupakan cucu kepada raja Srivijaya.
    Ramai daripada peminat sejarah malah ahli sejarah tempatan agak keliru bagaimana wujudnya perkataan "Sanfoqi" dalam sejarah Srivijaya. Malah timbul beberapa tanggapan yang tidak benar seperti mentenjemahkannya sebagai "the three Vijayas" atau "three Buddha Kingdoms".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngomong apa supremo ? Sudahhh minum obat dulu sana. Biar gak halu

      Hapus
    2. Otak kebanyakan nonton porn movie nggak profesor dan Para beruk Melon otak nya pada error' ๐Ÿ˜€๐Ÿ‘Ž๐Ÿฅœ๐Ÿ’

      Hapus
    3. Bhua hahahaha hai supremo mahavabgsat mahaberuk.. suruh datang kemarilah nanti aku belikan tiket gratis si profesor beruk itu sambil kukasih pisang...biar dia tahu sejarah sebenarnya borobudur itu betapa hebatnya wangsa syailendra orang jawa kuno asli yangmembangun borobudur,bahkan kita juga punya yang lebih tua lagi piramida padang ,tertua di muka bumi...betapa hebatnya orang nusantara jaman dulu...

      Hapus
    4. Ehhh tolol... Dimana letak klaim sejarah bangsa kalian yg bangun Borobudur.... Tulisan diatas aja g ada yg sebut itu, tolol.....

      Hapus
  4. Begitu juga mereka hairan mengapa selama hampir 60 tahun Srivijaya tidak menghantar utusan ke China. Ini disebabkan di tahun 907 Dinasti Tang telah terbubar dan China memasuki era perpecahan dan peperangan yang disebut ไบ”ไปฃๅๅœ‹ iaitu "Lima dinasti sepuluh negara" selama lebih 50 tahun sehinggalah terbinanya Dinasti Sung di tahun 960. Ketika itu barulah terdapat utusan dari Srivijaya (Sanfoqi) ke China.
    Dalam catatan Melayu memasukkan Jawa Tengah di mana terdapatnya Borobudur sebagai sebahagian daripada Srivijaya. Maka dengan itu seorang profesor meng"claim" Borobudur sebagai milik Melayu. Ini kerana mereka memasukkan sekali Dinasti Sailendra yang merupakan dinasti kedua kerajaan Mataram Kuno sebagai sebahagian daripada Srivijaya.
    Catatan China pula berbeza tidak memasukkan Jawa Tengah sebagai sebahagian daripada Srivijaya. Dalam prasasti Kota Kapur ada menyebut yang Dapunta Hyang Jayanasa mahu menyerang Jawa. Namun kebanyakan ahli-ahli sejarah menyebut ia hanya sebagai peringatan kepada penentangnya supaya tidak berani melawan, bahkan jika mahu sehingga ke Jawa pun boleh dikuasainya.
    Dari buku ่ฏธ่•ƒๅฟ— Zhu fan zhi tulisan ่ตตๆฑ้€‚ Chau Ju-kua yang diterbitkan pada tahun 1225 ketika Dinasti Sung menyebut Sanfoqi mempunyai 4 buah negara naungan di Sumatera dan Jawa iaitu ๅทดๆž—้ฆฎ balin feng (Palembang)、ๆ–ฐๆ‹– xin tuo (ๅญซไป– sun ta) (Sunda)、็›ฃ็ฏฆ jian bi (Jambi) dan ่—็„ก่ฃ lan wu li (Lambri atau Lamuri) iaitu Aceh kemudiannya.
    Ini dengan jelas menunjukkan wilayah Srivijaya di Pulau Jawa hanya sampai ke Sunda saja iaitu kawasan Jawa Barat dan tidak termasuk Jawa Tengah. Kerana Jawa Tengah ketika itu dikuasai oleh kerajaan Mataran Kuno yang terdapat dua dinasti iaitu Dinasti Sanjaya dan Dinasti Sailendra.
    Semasa Dinasti Sailendra mencapai puncak kekuasaannya sehingga ke Champa dan Chenla (Kemboja sekarang). Dalam tahun 787 Chenla Air (Chenla terbahagi kepada Chenla Darat di utara dan Chenla Air di selatan) telah ditawan oleh Sailendra lalu menawan putera Chenla dan dibawa ke Jawa. Beliau ialah Jayavarman II yang kemudiannya kembali ke Chenla dan menyatukan Chenla Air dan Chenla Darat dengan mendirikan Empayar Angkor dalam tahun 802. Sebab itulah Angkor Wat yang didirikan pada abad ke 9 - 10 ada ciri-ciri senibina dari Borobudur.
    Ketika itu Srivijaya dan Sailendra adalah dua kuasa empayar yang berasingan tetapi berbaik-baik kerana merupakan pusat penyebaran ugama Buddha. Begitu juga terdapat hubungan kekeluargaan antara Srivijaya dengan Sailendra.
    Contohnya raja Sailendra, Samaratungga memperisterikan seorang puteri dari Srivijaya. Setelah kematian Samaratungga berlaku perebutan takhta antara putera Samaratungga iaitu Balaputradewa dengan abang iparnya. Ia berakhir dengan Balaputradewa terpaksa melarikan diri ke Palembang dan kemudiannya menjadi raja Srivijaya di tahun 860.
    Dalam catatan China begitu jelas direkodkan setiap peristiwa yang berlaku sehinggakan selepas Balaputradewa menjadi raja Srivijaya, rekod China diubah dari Shilifosi kepada Sanfoqi. Hanya catatan barat dan Melayu saja yang menggabungkan kerajaan Mataram Kuno sebagai sebahagian daripada Srivijaya.
    Dengan meng"claim" Borobudur sebagai khazanah Melayu era Srivijaya adalah tidak patut sama sekali. Ia seolah-olah memaksa meMelayukan hak orang Jawa yang pada dasarnya dan hakikinya Jawa Tengah tidak pernah dikuasai oleh Srivijaya.
    Ditulis oleh:
    Megat Hisemudin Megat Kasim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sehat supremo ? Jgn lupa minum obat biar tdk ngelantur di DS

      Hapus
    2. CANDI BUDHA TERTUA (MIRIP ANGKOR ATAU CANDI²MUARA TAKUS DAERAH IBUKOTA SRIWIJAYA KONTRUKSI NON ANDESIT BOROBUDUR ANDESIT) ADA DI SUNDA BERDIRI PRA BOROBUDUR ,
      MEMANG BOROBUDUR PUSAT PERIBADATAN AGAMA BUDHA SAMPAI SEKARANG.
      JIKA SUKA HADIRI SAJA SETIAP WAISAK ADA PERIBADATAN BESAR DI SANA.

      Hapus
    3. Kasihan malon sejarahnya hanya dari cerita² dongeng...macam HangTuah. Malon tidak ada bukti² peninggalan sejarahnya...wkwkwkwk

      Hapus
    4. Catatan Sriwijaya yg ada ditanah kalian itu ada 2 prasasti aja, namanya prasasti ligor, mana ada isinya bicara itu tolol..... Isinya cuma ancaman bagi melanggar aturan.... Kalian itu justru dibawah kendali kesatuan Sriwijaya.... Tolol kok sok tau

      Hapus
  5. “Kesiagaan TLDM masih berada di bawah sasaran iaitu 58.6% berbanding sasaran 75%"

    artinya:
    LOW BUDGET = LOW MONEY = LOW READINESS

    TIDAK SEBANDING DENGAN BUAL BESAR MALON DI FORUM DS TERHADAP REALITA KEKUATAN MILITER MALON.
    HAHAHAHAHAHAHAHAHA.....

    WKWKWKWKWKWKWKWKWK.....

    BalasHapus
  6. malon KLAIM DI FORUM DS BAHWA LCS DISERAHKAN PADA JUNI 2024.

    FAKTA BICARA LAIN :
    LCS AKAN DISERAHKAN PADA 2026 (JIKA TIDAK ADA KENDALA BUDGET)

    https://gbp.com.sg/regional_stories/malaysia-menjadwal-ulang-kapal-lcs-pertama-di-2026/?regional=indonesian

    WKWKWKWKWKWKWKWKWK....

    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA....

    BalasHapus
  7. ❌dulu menhan sebut 4 EMKAEM siap terbang
    ❌sekarang Panglima laut sebut 58% siaga
    ELDER BRADER gausa repot kirim intel, BOBOL sendiri gaez haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om pal

      Dari 58,6% itu hanya 4 biji yg ada missile itu pon EXPIRED.


      ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. ganbot smua om acno..paragh haha!๐Ÿ™„๐Ÿ™„๐Ÿ™„

      Hapus
    3. malon pakai kurikulum KAPAL PERANG era WW II - GUN BOAT ONLY, om acno

      Hapus
  8. ...akhirnya mucul juga 2 malon di artikel ini

    malon pertama : FRAMING HALUSINASI kerajaan malon yang SELALU KALAH DAN DIBAWAH KENDALI KERAJAAN BESAR NUSANTARA DAN BANGSA EROPA DAN TIDAK AKAN PERNAH MENGUBAH PERADABAN KEKINIAN, HANYA TONG KOSONG NYARING BUNYINYA

    malon kedua : FRAMING BUAL BESAR kekuatan milter laut kerajaan malon.

    FAKTA BICARA BERBEDA

    NETIZEN INDONESIA TERTAWA LEPAS.....

    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA....

    WKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWK....

    BalasHapus
  9. 58% pun gak ada yg percaya,
    buktinya si kapal darat LCS 100% tetap didarat haha!๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  10. Sekelas kapal perang dengan tonase dibawah 3000 ton harus pesan dari luar negeri?? Industri maritim Malaysia menyedihkan ๐Ÿฅฒ

    BalasHapus
  11. Membual apa lagi pork ? Kemaren membual NSM, LCS. Sekarang apa lagi. Ha ha ha ha ha... KD Maharajabual

    BalasHapus
  12. N⛔️ Aset Baruw
    N⛔️ Shopping
    ngakunya kaya, kapal WW2 aja rebutan, hadeeuu
    ya makin lama Habis TAMAT haha!๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
  13. Kesihan Malonesia sudah jumlah Armada Kapal Perang nya sedikit tingkat kesiapannya cuma +/- 50 % yg ada missile cuma 2 kapal usang lagi....exocet blok 2 ..yg membagongkan Gempur cakap besar...mrmbual persis penjual Jamu....

    BalasHapus
  14. Nak gelak baca berita ini , parade kapal usaang ompong semua wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  15. Wow bikin ketar ketir pejuang sulu tertawa

    BalasHapus
  16. Malon hebat. Kapal nelayan akan di pasang rudal NSM ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus

  17. LCS KL delay gaesz sebab:
    ❌UTANG ke DCNS/NAVAL GRUP
    ❌UTANG ke EMIR KUWAIT
    ❌UTANG ke MTU-JERMAN dan 13 entitas lainnya
    ❌UTANG ke BNS
    ❌UTANG ke BHIC
    ❌UTANG NGPV

    waahh PARAAAHHHHHH..ngakunya kalis utang haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  18. Kapal China betah di BTA tanpa diganggu malon

    BalasHapus
  19. Woiii...CCG China itu dibiarkan saja kah? Banyak bual....

    BalasHapus

  20. JANUARI 2024, Kasian warganyet KL diseblah langsung,
    ❌LCS delay tamat
    ❌OPV delay tamat
    ❌LCA gajebok
    ❌SPH kensel lagiiiiiii makin FANAS...haha!๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ

    BalasHapus
  21. Negara lemah banyak alasan... sudah langsung saja gabung jadi Malaychina...hohoho

    BalasHapus
  22. BTA DIANEKSASI CINA =
    43 PENCEROBOHAN = Jumlah keseluruhan pesawat asing yang dikesan dan direkodkan menceroboh ruang udara negara dari bulan Januari 2023 sehingga Mei 2023 ialah berjumlah 43 kes pencerobohan.
    316 BTA = Bilangan hari di mana kapal-kapal pengawal pantai China melakukan rondaan di Beting Patinggi Ali berhampiran dengan operasi minyak dan gas penting Malaysia telah meningkat daripada 279 hari pada 2020 kepada 316 hari pada tahun lepas
    ---
    SEMENANJUNG DIKUASAI ROHINGYA BANGLA = As of end November 2023, there are some 185,000 refugees and asylum-seekers registered with UNHCR in Malaysia. Some 162,040 are from Myanmar, comprising some 107,520 Rohingyas, 24,820 Chins, and 29,700 other ethnic groups from conflict-affected areas or fleeing persecution in Myanmar.
    ---
    SABAH MILIK FILIPINA = The Philippines, presenting itself as the successor state of the Sultanate of Sulu, retains a "dormant claim" on Eastern Sabah on the basis that the territory was only leased to the British North Borneo Company in 1878
    ๐ŸคฃDIANEKSASI CINA DIKUASAI ROHINGYA BANGLA > LEMAH SYAHWAT๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. DIBAYAR LUNAS 6 UNIT JADI NOL=
      Lumut Naval Shipyard Sdn Bhd (LUNAS), formerly known as Boustead Naval Shipyard Sdn Bhd (BNS), announces a significant rebranding activity
      ---
      BNS RUGI DIJUAL : BHIC menjual keseluruhan 20.77 peratus pegangannya dalam BNS yang mengalami kerugian kepada Ocean Sunshine Bhd, unit tidak langsung Menteri Kewangan (Diperbadankan) pada harga RM1. Penjualan 27 juta saham itu, yang dipegang oleh anak syarikat milik penuh tidak langsung BHIC Perstim Industries Sdn Bhd, adalah untuk memudahkan keputusan kerajaan memperoleh 100 peratus saham BNS bagi memastikan projek kapal tempur pesisir (LCS) siap.
      ---
      17 KREDITUR = Besides MTU Services, others include Contraves Sdn Bhd, Axima Concept SA, Contraves Advanced Devices Sdn Bhd, Contraves Electrodynamics Sdn Bhd and Tyco Fire, Security & Services Malaysia Sdn Bhd, as well as iXblue SAS, iXblue Sdn Bhd and Protank Mission Systems Sdn Bhd. Also included are Bank Pembangunan Malaysia Bhd, AmBank Islamic Bhd, AmBank (M) Bhd, MTU Services, Affin Hwang Investment Bank Bhd, Bank Muamalat Malaysia Bhd, Affin Bank Bhd, Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Bhd, Malayan Banking Bhd (Maybank) and Kuwait Finance House (Malaysia) Bhd.
      ๐ŸคฃLUNAS YANG BELUM LUNAS 17 KREDITUR DAN RUGI๐Ÿคฃ

      Hapus
  23. HAHAHAHA.... Sungguh MEMALUKAN..

    Selepas kapal RONGSOK LCS di undur undur akibat SALAH POTONG... Wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  24. Makin kasihan lihat geng BERUK MALON... Hahahahahahahaha

    BalasHapus
  25. ASET minimalis
    95% ganbot
    15-5= 10 haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

    BalasHapus
  26. Pujian harus diberikan kepada setiap pekerja di galangan kapal BNS MALON yang
    berkorban masa, keringat dan tenaga yang membuat kapal LCS Kualitas TERENDAH dan SALAH POTONG...


    warga the Navy People pun di PERMALUKAN dimata DUNIA... HAHAHAHAH

    BalasHapus
  27. INDON..... Lagi hebat.. Kapal kayu Rohingya BOLOS dengan mudah masuk INDON... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    Ribuan ROHINGYA masuk dengan mudah hingga warga Aceh MENGAMUK dengan pemerintahnya... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  28. WEAKEST READINESS 58.6% = Perkara tersebut dinyatakan oleh beliau semasa menyampaikan Perutusan Tahun Baharu 2024 dan Setahun Pemerintahan Panglima Tentera Laut di Wisma Pertahanan. “Kesiagaan TLDM masih berada di bawah sasaran iaitu 58.6% berbanding sasaran 75%"
    ---
    316 BTA DIANEKSASI = Bilangan hari di mana kapal-kapal pengawal pantai China melakukan rondaan di Beting Patinggi Ali berhampiran dengan operasi minyak dan gas penting Malaysia telah meningkat daripada 279 hari pada 2020 kepada 316 hari pada tahun lepas
    ---
    PMX KAPAL USANG = Anwar said he had been astonished to see a navy frigate dating from the 1970s on display at the recent LIMA maritime and aerospace expo in Langkawi. “I want to salute these ships but I don’t know where to put my face. The last frigate (on display at LIMA) was from 1998,” he said
    ๐ŸคฃLOW READINESS = GUNBOAT RUDAL EXIPRED KAPAL USANG๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  29. malon masih pakai STANDARD OLD NAVY = GUN BOAT ERA WW II


    HAHAHAHAHAHAHAAHAHAHAHA.....

    BalasHapus
  30. READINESS 58.6% = Perkara tersebut dinyatakan oleh beliau semasa menyampaikan Perutusan Tahun Baharu 2024 dan Setahun Pemerintahan Panglima Tentera Laut di Wisma Pertahanan. “Kesiagaan TLDM masih berada di bawah sasaran iaitu 58.6% berbanding sasaran 75%"
    ---
    316 BTA DIANEKSASI = Bilangan hari di mana kapal-kapal pengawal pantai China melakukan rondaan di Beting Patinggi Ali berhampiran dengan operasi minyak dan gas penting Malaysia telah meningkat daripada 279 hari pada 2020 kepada 316 hari pada tahun lepas
    ---
    PMX KAPAL USANG = Anwar said he had been astonished to see a navy frigate dating from the 1970s on display at the recent LIMA maritime and aerospace expo in Langkawi. “I want to salute these ships but I don’t know where to put my face. The last frigate (on display at LIMA) was from 1998,” he said
    ๐ŸคฃLOW READINESS = GUNBOAT RUDAL EXIPRED KAPAL USANG๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  31. lon malon....

    >>>> GUN BOAT NAVY WW II NICH YEEEEEE.......

    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHA......

    BalasHapus
  32. Ha ha ha ha ha maharajabual.mana ? Sudah pasang NSM ? Sudah cecah air ???? Ha ha ha ha raja bual kau pork

    BalasHapus
  33. Tiap 8 bulan 1 LCS jadi... Kata di raja bual. Ha ha ha ha ha..... Otak gemporkwaria emang error

    BalasHapus
  34. Tiap 8 bulan 1 LCS jadi... Kata di raja bual. Ha ha ha ha ha..... Otak gemporkwaria emang error. Jangan lupa minum obat anti ngibul

    BalasHapus
  35. Kapal Tentera INDON mana ya...? ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  36. Hahahahaha..... Kasihan si BERUK MALON makin TERENDAH..

    LCS akan siap 2024 kononya... hahahahahahaba


    Geli dengar PEMBUAL kalu sudah membual buat NGERI... Wkwkwkwk

    BalasHapus
  37. INDONESIA BELI 42 UNIT DASSAULT RAFALE F4 UNTUK TNI AU....

    Kelebihan lainnya, Rafale juga dapat dipasangkan berbagai jenis senjata, misalnya rudal udara-ke-udara jarak jauh beyond visual range (BVR) METEOR dan MICA, rudal stand-off jarak jauh SCALP, rudal anti-kapal AM39 EXOCET, bom berpemandu laser, bom klasik tanpa pemandu, dan meriam internal NEXTER 30M791 30 mm.

    https://www.antaranews.com/berita/3907494/kontrak-tahap-ke-3-efektif-ri-resmi-borong-42-jet-tempur-rafale

    BalasHapus
  38. Kapal INDO lagi di laut lagi tugas... Kapal LCS MALON mana???...

    Tak nampak di laut... Hahahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi dipasang ban utk di circuit Sepang dan parade

      Hapus
    2. Konon kata beruk di 2024 lsc bisa terbang selain hebat di darat... Wkwkwkw

      Hapus
  39. Pujian mesti di kasih kepada BNS.. Karna cuma BNS yang mampu membuat 6 kapal menjadi 5...

    Itu pun 5 kapal masih GHOIB... Hahahahahaba

    BalasHapus
  40. Pembetulan.... Rafale ya Bukan beli tapi NGUTANG.... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ
    Wang muka Rafale tu saja INDON TERPAKSA NGUTANG... ๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ.

    MISKIN....

    BalasHapus
  41. Ntar itu kapal kapal perang malon dikirim hadiah :

    >>>SMART HAMMER MK.82 PINDAD

    kita jadikan kapal perang malon sebagai LIVE FIRING TARGET UNTUK MEMBERIKAN CAP BATTLE PROVEN SMART HAMMER MK.82 PINDAD

    https://pindad.com/delegasi-safran-kunjungi-pindad-bahas-kerja-sama-smart-bomb-untuk-rafale

    BalasHapus
  42. Kapal LCS MALON mungkin di undur undur lagi di persiapkan untuk bisa TERBANG di udara.... Selain takut air... Hahahahahahahah

    Lcs produk hebat... Wkwkwkw

    BalasHapus
  43. Wakakakakakkk

    Kapal sikiit, rehull & tua, masih kena potong hanya 58,6..

    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  44. Rafale pun hanya mampu NGUTANG lagu GORILLA mau MEMBUAL... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  45. READINESS 58.6% = Perkara tersebut dinyatakan oleh beliau semasa menyampaikan Perutusan Tahun Baharu 2024 dan Setahun Pemerintahan Panglima Tentera Laut di Wisma Pertahanan. “Kesiagaan TLDM masih berada di bawah sasaran iaitu 58.6% berbanding sasaran 75%"
    ---
    316 BTA DIANEKSASI = Bilangan hari di mana kapal-kapal pengawal pantai China melakukan rondaan di Beting Patinggi Ali berhampiran dengan operasi minyak dan gas penting Malaysia telah meningkat daripada 279 hari pada 2020 kepada 316 hari pada tahun lepas
    ---
    PMX KAPAL USANG = Anwar said he had been astonished to see a navy frigate dating from the 1970s on display at the recent LIMA maritime and aerospace expo in Langkawi. “I want to salute these ships but I don’t know where to put my face. The last frigate (on display at LIMA) was from 1998,” he said
    ๐ŸคฃLOW READINESS = GUNBOAT RUDAL EXIPRED KAPAL USANG๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  46. Guys.... Jangan lupa bayar HUTANG KFX dan Hutang SEWA SATELIT... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    MISKIN....

    BalasHapus
  47. Ha ha ha ha gempork panassss. Gagal ngibul sekarang bahas hutang. Seperti kaset rusak. Ha ha ha

    BalasHapus
  48. LCS DIBAYAR 6 JADI NOL
    OPV DIBAYAR 3 JADI 1
    ---
    BNS RUGI DIJUAL : BHIC menjual keseluruhan 20.77 peratus pegangannya dalam BNS yang mengalami kerugian kepada Ocean Sunshine Bhd, unit tidak langsung Menteri Kewangan (Diperbadankan) pada harga RM1. Penjualan 27 juta saham itu, yang dipegang oleh anak syarikat milik penuh tidak langsung BHIC Perstim Industries Sdn Bhd, adalah untuk memudahkan keputusan kerajaan memperoleh 100 peratus saham BNS bagi memastikan projek kapal tempur pesisir (LCS) siap.
    ---
    THHE BANGKRUT : TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13.
    ๐ŸคฃAYAT UTAMA = RUGI BANGKRUT๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. EADINESS 58.6% = Perkara tersebut dinyatakan oleh beliau semasa menyampaikan Perutusan Tahun Baharu 2024 dan Setahun Pemerintahan Panglima Tentera Laut di Wisma Pertahanan. “Kesiagaan TLDM masih berada di bawah sasaran iaitu 58.6% berbanding sasaran 75%"
      ---
      316 BTA DIANEKSASI = Bilangan hari di mana kapal-kapal pengawal pantai China melakukan rondaan di Beting Patinggi Ali berhampiran dengan operasi minyak dan gas penting Malaysia telah meningkat daripada 279 hari pada 2020 kepada 316 hari pada tahun lepas
      ---
      PMX KAPAL USANG = Anwar said he had been astonished to see a navy frigate dating from the 1970s on display at the recent LIMA maritime and aerospace expo in Langkawi. “I want to salute these ships but I don’t know where to put my face. The last frigate (on display at LIMA) was from 1998,” he said
      ๐ŸคฃLOW READINESS = GUNBOAT RUDAL EXIPRED KAPAL USANG๐Ÿคฃ

      Hapus
  49. LCS DIBAYAR 6 JADI NOL
    OPV DIBAYAR 3 JADI 1
    ---
    BNS RUGI DIJUAL : BHIC menjual keseluruhan 20.77 peratus pegangannya dalam BNS yang mengalami kerugian kepada Ocean Sunshine Bhd, unit tidak langsung Menteri Kewangan (Diperbadankan) pada harga RM1. Penjualan 27 juta saham itu, yang dipegang oleh anak syarikat milik penuh tidak langsung BHIC Perstim Industries Sdn Bhd, adalah untuk memudahkan keputusan kerajaan memperoleh 100 peratus saham BNS bagi memastikan projek kapal tempur pesisir (LCS) siap.
    ---
    THHE BANGKRUT : TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13.
    ๐ŸคฃAYAT UTAMA = RUGI BANGKRUT๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  50. Kehebatan kapal LCS MALON memang di luar nalar....

    Selain bertahun tahun di DARAT sekarang kapal LCS RONGSOK sedang di proyeksikan untuk dapat MENGUDARA hingga ke ALAM GHOIB... Wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  51. Gemporkwaria aka rusli gembul lagi panas.... Ngoceh gak jelas dan diulang2. Tanda2 kegilaan mulai terlihat

    BalasHapus
  52. Aneh bahasa GORILLA..... Sukar difahami.... ๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajar kau tak paham puur..kami pake bahasa manusia...kalo kau pake bahasa hewan beruk jd mana paham kau....
      loon...maloon...

      Hapus
  53. Guys hanya dalam berapa minggu Ribuan ROHINGYA BOLOS DENGAN MUDAH MASUK INDON... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    Kapal TNI INDON MANA...?

    BalasHapus
  54. INDONESIA BELI SKEMA HUTANG DASSAULT RAFALE F4 DENGAN 42 UNIT DAPAT TRANSFER OF KNOWLEDGE DARI PRANCIS:

    >>>> SMART HAMMER : PINDAD - SAFRAN
    https://pindad.com/delegasi-safran-kunjungi-pindad-bahas-kerja-sama-smart-bomb-untuk-rafale

    >>>>AVIONICS : INFOGLOBAL - SAFRAN
    https://www.infoglobal.co.id/media/news_detail/64cb752a8def5

    >>>> MESIN JET : PT. NTP - SAFRAN
    https://www.instagram.com/p/CySHrBLrEFT/?next=%2Fvitanuov%2Ftagged%2F&hl=ja&img_index=1


    BalasHapus
  55. BTA ANEKSASI CINA =
    43 PENCEROBOHAN = Jumlah keseluruhan pesawat asing yang dikesan dan direkodkan menceroboh ruang udara negara dari bulan Januari 2023 sehingga Mei 2023 ialah berjumlah 43 kes pencerobohan.
    316 BTA = Bilangan hari di mana kapal-kapal pengawal pantai China melakukan rondaan di Beting Patinggi Ali berhampiran dengan operasi minyak dan gas penting Malaysia telah meningkat daripada 279 hari pada 2020 kepada 316 hari pada tahun lepas
    ---
    SEMENANJUNG DIKUASAI ROHINGYA = As of end November 2023, there are some 185,000 refugees and asylum-seekers registered with UNHCR in Malaysia. Some 162,040 are from Myanmar, comprising some 107,520 Rohingyas, 24,820 Chins, and 29,700 other ethnic groups from conflict-affected areas or fleeing persecution in Myanmar.
    ---
    SABAH MILIK FILIPINA = The Philippines, presenting itself as the successor state of the Sultanate of Sulu, retains a "dormant claim" on Eastern Sabah on the basis that the territory was only leased to the British North Borneo Company in 1878
    ๐ŸคฃANEKSASI DIKUASAI SEWA๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  56. Cuma raja bual Gempork yg banggakan TLDM dengan aset usang dan mangkrak nya. Kasihan diayamkan sekawasan.wk.wk.wk

    BalasHapus
  57. kalo malon ?
    udah bayar RM 9 billion + USD $ 430 juta hanya:

    >>> DAPAT KAPAL MANGKRAK DI DARATAN SEJAK 2014

    RM 9 BILLION ITU HUTANG KEPADA 17 LENDER.

    NETIZEN INDONESIA TERTAWA LEPASSSS....

    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHHAAAAA....

    BalasHapus
  58. Radar Leonardo RAT-31DL/M Satuan Radar 221 Ngliyep di Pacitan
    13 RADAR THALES
    12 RADAR CEKO
    Natuna Radar WEIBEL : 1000 KM
    Radar Vera NG Spesialis Perawat Siluman
    Natuna Sabah : 960 KM
    Natuna Kuala lumpur : 736 KM
    Natuna Kedah : 884 KM
    Natuna Johor : 589 KM
    ๐ŸคฃDIAWASI 24 JAM = KENTUT AJA KETAHUAN ..... CUAKSSS๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  59. Membual LMS batch2..
    Urus si MANGKRAK tuu woeeiiy..

    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  60. Percaya sama Panglima jangan percaya sama bualan beruk Gempurwaria munafik.yg tiap hari makin kerasukan.

    BalasHapus
  61. Kirain kapal Malon.... Tapi masa gun boat berani ya pork

    BalasHapus
  62. Kena PRANK Korsel yang ingin imbang..

    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  63. READINESS 58.6% = Perkara tersebut dinyatakan oleh beliau semasa menyampaikan Perutusan Tahun Baharu 2024 dan Setahun Pemerintahan Panglima Tentera Laut di Wisma Pertahanan. “Kesiagaan TLDM masih berada di bawah sasaran iaitu 58.6% berbanding sasaran 75%"
    ---
    316 BTA DIANEKSASI = Bilangan hari di mana kapal-kapal pengawal pantai China melakukan rondaan di Beting Patinggi Ali berhampiran dengan operasi minyak dan gas penting Malaysia telah meningkat daripada 279 hari pada 2020 kepada 316 hari pada tahun lepas
    ---
    UNHCR = As of end November 2023, there are some 185,000 refugees and asylum-seekers registered with UNHCR in Malaysia. Some 162,040 are from Myanmar, comprising some 107,520 Rohingyas, 24,820 Chins, and 29,700 other ethnic groups from conflict-affected areas or fleeing persecution in Myanmar.
    PMX KAPAL USANG = Anwar said he had been astonished to see a navy frigate dating from the 1970s on display at the recent LIMA maritime and aerospace expo in Langkawi. “I want to salute these ships but I don’t know where to put my face. The last frigate (on display at LIMA) was from 1998,” he said
    ๐ŸคฃPANTAS DI SERBU RATUSAN RIBU ROHINGYA๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  64. Nah benerkan Rusli mulai gila, mengulang2 berita lama. Ha ha ha ha.

    BalasHapus
  65. HAHAHAHAHA.....kesiapan TLDM dibawah standart ...... Gorilla Malaya sudah membual banyak lain dengan kenyataan ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿ˜

    BalasHapus
  66. Konon radar malon baru..
    Ternyata kapalnya sikiiiittt....๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    Buat tengok-tengok jeee...

    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  67. kalo malon ?

    Malaysia adds funds to "troubled littoral combat ship program".

    pahami makna arti yang diberikan TANDA PETIK DIATAS .

    NETIZEN INDONESIA TERTAWA LEPAS .....

    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA....

    malon udah bayar RM 9 billion + USD $ 430 dapat:

    >>> KAPAL MANGKRAK DI DARATAN SEJAK 2014

    >>> HARUS BAYAR TAMBAHAN USD $430 JUTA DENGAN RENCAN KIRIM 2026

    >>> HARUS TERIMA PERUBAHAN DARI 6 UNIT LCS MENJADI 5 UNIT LCS

    >>>HARUS BAYAR KEMBALI KEPADA 17 LENDER


    https://www.defensenews.com/naval/2023/05/30/malaysia-adds-funds-to-troubled-littoral-combat-ship-program/


    NETIZEN INDONESIA TERTAWA LEPASSSS,,,,,,

    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA

    BalasHapus
  68. MH370 LOST = Malaysia Airlines flight 370 disappearance, disappearance of a Malaysia Airlines passenger jet on March 8, 2014, during a flight from Kuala Lumpur to Beijing. The disappearance of the Boeing 777 with 227 passengers and 12 crew members on board led to a search effort stretching from the Indian Ocean west of Australia to Central Asia. The perplexing nature of the loss of flight 370 is such that it has become one of history’s most famous missing aircraft.
    ---
    43 PENCEROBOHAN = Jumlah keseluruhan pesawat asing yang dikesan dan direkodkan menceroboh ruang udara negara dari bulan Januari 2023 sehingga Mei 2023 ialah berjumlah 43 kes pencerobohan.
    ---
    43 PENCEROBOHAN = MELONGO
    BOEING 777 PESEAT BESAR = RADAR HIBAH TIDAK DETEKSI
    ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. READINESS 58.6% = Perkara tersebut dinyatakan oleh beliau semasa menyampaikan Perutusan Tahun Baharu 2024 dan Setahun Pemerintahan Panglima Tentera Laut di Wisma Pertahanan. “Kesiagaan TLDM masih berada di bawah sasaran iaitu 58.6% berbanding sasaran 75%"
      ---
      316 BTA DIANEKSASI = Bilangan hari di mana kapal-kapal pengawal pantai China melakukan rondaan di Beting Patinggi Ali berhampiran dengan operasi minyak dan gas penting Malaysia telah meningkat daripada 279 hari pada 2020 kepada 316 hari pada tahun lepas
      ---
      UNHCR = As of end November 2023, there are some 185,000 refugees and asylum-seekers registered with UNHCR in Malaysia. Some 162,040 are from Myanmar, comprising some 107,520 Rohingyas, 24,820 Chins, and 29,700 other ethnic groups from conflict-affected areas or fleeing persecution in Myanmar.
      PMX KAPAL USANG = Anwar said he had been astonished to see a navy frigate dating from the 1970s on display at the recent LIMA maritime and aerospace expo in Langkawi. “I want to salute these ships but I don’t know where to put my face. The last frigate (on display at LIMA) was from 1998,” he said
      ๐ŸคฃPANTAS DI SERBU RATUSAN RIBU ROHINGYA๐Ÿคฃ

      Hapus
  69. Berita kok kalau tentang Malon pasti bikin gelak saja. Beruk gempur memang raja bual dan pelawak yg nomor wahid.wk.wk.wk.

    BalasHapus
  70. 75% ternyata MEMBUAL

    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    Bukti sahih :
    "..Kesiagaan TLDM masih berada di bawah sasaran iaitu 58.6% berbanding sasaran 75%....."

    ====
    Nasib baik si MANGKRAK tak kena hitungan

    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  71. TLDM begitu mau lawan cina ?......yang benar saja, mana mungkiiiin ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿ˜

    BalasHapus
  72. Pakar ilmu re-hull kelas dunia :

    "....Obsolescence Program yang melibatkan penukaran secara sepenuhnya hull kapal dan sebahagian besar peralatan utama kepada peralatan baharu dengan keupayaan terkini telah selesai dilaksanakan pada KD PERKASA dan kini sedang diteruskan bagi KD GANYANG..."

    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  73. malon udah bayar RM 9 billion untuk 6 unit LCS gowind class 3.100 ton
    ternyata HANYA DAPAT KAPAL KARATAN MANGKRAK DI DARATAN SEJAK 2014

    UDAH GITU HARUS BAYAR TAMBAHAN USD $ 430 JUTA , APA YANG DIDAPAT?
    >>>PERUBAHAN JUMLAH PENYERAHAN LCS DARI 6 UNIT MENJADI 5 UNIT

    >>>DIRENCANAKAN AKAN DISERAHKAN PADA 2026 .


    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHA

    malon JAGO BUAL NGIBUL, RAKYAT MALON DIBOHONGI AMA REZIMNYA SAJA....

    AHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA

    https://www.defensenews.com/naval/2023/05/30/malaysia-adds-funds-to-troubled-littoral-combat-ship-program/

    BalasHapus
  74. MH370 LOST = Malaysia Airlines flight 370 disappearance, disappearance of a Malaysia Airlines passenger jet on March 8, 2014, during a flight from Kuala Lumpur to Beijing. The disappearance of the Boeing 777 with 227 passengers and 12 crew members on board led to a search effort stretching from the Indian Ocean west of Australia to Central Asia. The perplexing nature of the loss of flight 370 is such that it has become one of history’s most famous missing aircraft.
    ---
    43 PENCEROBOHAN = Jumlah keseluruhan pesawat asing yang dikesan dan direkodkan menceroboh ruang udara negara dari bulan Januari 2023 sehingga Mei 2023 ialah berjumlah 43 kes pencerobohan.
    ---
    43 PENCEROBOHAN = MELONGO
    BOEING 777 = RADAR HIBAH TIDAK DETEKSI
    ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Radar Leonardo RAT-31DL/M Satuan Radar 221 Ngliyep di Pacitan
      13 RADAR THALES
      12 RADAR CEKO
      Natuna Radar WEIBEL : 1000 KM
      Radar Vera NG Spesialis Perawat Siluman
      Natuna Sabah : 960 KM
      Natuna Kuala lumpur : 736 KM
      Natuna Kedah : 884 KM
      Natuna Johor : 589 KM
      ๐ŸคฃDIAWASI 24 JAM = KENTUT AJA KETAHUAN ..... CUAKSSS๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  75. dibawah sasaran ?......Memalukaan ๐Ÿ˜๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

    BalasHapus
  76. malon udah bayar RM 9 billion (SUMBER DANA: HUTANG) untuk 6 unit LCS gowind class 3.100 ton
    ternyata HANYA DAPAT KAPAL KARATAN MANGKRAK DI DARATAN SEJAK 2014

    UDAH GITU HARUS BAYAR TAMBAHAN USD $ 430 JUTA , APA YANG DIDAPAT?
    >>>PERUBAHAN JUMLAH PENYERAHAN LCS DARI 6 UNIT MENJADI 5 UNIT

    >>>DIRENCANAKAN AKAN DISERAHKAN PADA 2026 .


    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHA

    malon JAGO BUAL NGIBUL, RAKYAT MALON DIBOHONGI AMA REZIMNYA SAJA....

    AHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA

    https://www.defensenews.com/naval/2023/05/30/malaysia-adds-funds-to-troubled-littoral-combat-ship-program/

    BalasHapus
  77. READINESS 58.6% = Perkara tersebut dinyatakan oleh beliau semasa menyampaikan Perutusan Tahun Baharu 2024 dan Setahun Pemerintahan Panglima Tentera Laut di Wisma Pertahanan. “Kesiagaan TLDM masih berada di bawah sasaran iaitu 58.6% berbanding sasaran 75%"
    ---
    316 BTA DIANEKSASI = Bilangan hari di mana kapal-kapal pengawal pantai China melakukan rondaan di Beting Patinggi Ali berhampiran dengan operasi minyak dan gas penting Malaysia telah meningkat daripada 279 hari pada 2020 kepada 316 hari pada tahun lepas
    ---
    UNHCR = As of end November 2023, there are some 185,000 refugees and asylum-seekers registered with UNHCR in Malaysia. Some 162,040 are from Myanmar, comprising some 107,520 Rohingyas, 24,820 Chins, and 29,700 other ethnic groups from conflict-affected areas or fleeing persecution in Myanmar.
    ---
    PMX KAPAL USANG = Anwar said he had been astonished to see a navy frigate dating from the 1970s on display at the recent LIMA maritime and aerospace expo in Langkawi. “I want to salute these ships but I don’t know where to put my face. The last frigate (on display at LIMA) was from 1998,” he said
    ๐ŸคฃPANTAS DI SERBU RATUSAN RIBU ROHINGYA๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  78. KAPAL BUATAN 1960 GUNBOAT =
    BEKAS MARINE POLICE BEKAS MMEA = RMN informed us that they are getting a new boat – albeit a third hand one – courtesy of the MMEA. MMEA received from the Marine police back in 2011.
    BEKAS BEKAS = RMN has taken delivery of ex-Sundang on October 23 after the patrol craft completed its refit. She is the first of two ex-MMEA PC
    ---
    LYNX GROUNDED : The other two are being kept in long term storage due to lack of maintenance funds. Dari segi perolehan kata Panglima TLDM, terdapat kemungkinan angkatan itu mendapatkan helikopter itu menerusi kaedah sewa apabila perkhidmatan helikopter Super Lynx Mk300 yang kini menjangkau usia 20 tahun dihentikan secara berperingkat.
    --
    LAKSAMANA DI HAPUS = Anti-kapal selam : 2 × triple Eurotorp B515 dengan torpedo A244-S ASW (dihapus)
    ---
    KASTURI TORPEDO EXPIRED = 2 × torpedo berkembar tiga Eurotorp B515 with A244-S ASW
    ๐ŸคฃTORPEDO EXPIRED RUDAL EXPIRED = GUNBOAT๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  79. JIKA 60% SAHAJA DARI 75% KESIAGAANNYA DI BAWAH
    50 PERSERATUS YA (±45 % )SAHAJA,
    YA BEGITULAH ,
    SAMA SAJA RI PUN BUTUH ASET BAHARU YANG SEMOGA ASET YANG AKAN DI BARU²KAN ITU BISA BERUBAH JADI PROJECT UNTUK ASET BAHARU.

    BalasHapus
  80. YAAAAAH.......MALON besar MEMBUAAAL ternyata LEMAAAAAH ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿ˜

    BalasHapus
  81. MALON besar MEMBUAAAL.....kemampuan TLDM membuat tetangganya ketar ketir menahan ingin TERGELAAAK ๐Ÿ˜๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜†

    BalasHapus
  82. TLDM PENGGUNA GUN BOAT WW2.


    PENYUKA KAPAL TUA, USANG BEKAS


    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  83. Kalau KLAIM kaya, kenapa tak bikin boat sendiri lon...?

    Malah re-hull boat tua bangka..

    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    RONGSOKAN

    BalasHapus
  84. GORILLA MALAYA ingin MEMBUAAL seperti apapun.....ternyata TLDM Ayam Sayur ๐Ÿ”๐Ÿ”๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž

    BalasHapus
  85. Malon mana mampu macam nii..
    MANGKRAK jee bisanya..

    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    =====
    "...PT PAL Indonesia bergerak cepat dalam pembangunan dua LPD ini. Diperkirakan kapal pertama diluncurkan sebelum akhir tahun 2024, dan menyerahkan kapal tersebut ke Angkatan Laut Filipina pada tahun 2025.

    Sementara kapal kedua diperkirakan akan diluncurkan pada awal atau pertengahan tahun 2025 dan diserahkan pada akhir tahun 2025 atau awal tahun 2026..."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dijamin tepat waktu, sudah terbukti..

      Malon?
      Delay, delay, delay..
      Mangkrak, mangkrak, mangkrak

      ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  86. KAPAL BUATAN 1960 GUNBOAT =
    BEKAS MARINE POLICE BEKAS MMEA = RMN informed us that they are getting a new boat – albeit a third hand one – courtesy of the MMEA. MMEA received from the Marine police back in 2011.
    BEKAS BEKAS = RMN has taken delivery of ex-Sundang on October 23 after the patrol craft completed its refit. She is the first of two ex-MMEA PC
    ---
    LYNX GROUNDED : The other two are being kept in long term storage due to lack of maintenance funds. Dari segi perolehan kata Panglima TLDM, terdapat kemungkinan angkatan itu mendapatkan helikopter itu menerusi kaedah sewa apabila perkhidmatan helikopter Super Lynx Mk300 yang kini menjangkau usia 20 tahun dihentikan secara berperingkat.
    --
    LAKSAMANA DI HAPUS = Anti-kapal selam : 2 × triple Eurotorp B515 dengan torpedo A244-S ASW (dihapus)
    ---
    KASTURI TORPEDO EXPIRED = 2 × torpedo berkembar tiga Eurotorp B515 with A244-S ASW
    ๐ŸคฃTORPEDO EXPIRED RUDAL EXPIRED = GUNBOAT๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  87. SERIUS TANYA PUUR....
    Kalo malon kaya kok nggak mampu beli RAFALE....????
    terus kapal2 bekas kok jadi rebutan kenapa puur....
    Cuma nanya lho puur....

    BalasHapus
  88. Target 15 to 5
    NGPV 16 buah terbangun 6 ompong
    LMS 16 buah terbangun 4 ompong
    LCS 12 buah terbangun 0
    KS 4 buah terbangun 2
    MRSS 3 buah terbangun 0

    BalasHapus
  89. Malaysia tak mampu tolak Rohingya setegas Indonesia
    Sehingga November 2023, pelarian Rohingya di Malaysia telah berlipat ganda menjadi 107,520 orang.
    https://www.sinarharian.com.my/article/642222/berita/nasional/malaysia-tak-mampu-tolak-rohingya-setegas-indonesia
    ————————

    wakss KL juara KE BOBOLAN ratusan ribu pengungsi se kawasan...pertanda KL, LEMAH di laut haha!๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹
    kasian Tak mampu tahan
    N⛔️ Armada=Mini
    Sepiiiiiiiii

    BalasHapus
  90. https://www.astroawani.com/berita-malaysia/etnik-rohingya-pemohon-suaka-paling-tinggi-di-malaysia-413066?
    ————————

    KL paling tinggi tingkat KEBOBOLAN
    mudah saja....
    N⛔️Aset, Sepiiiii haha!๐Ÿฅด๐Ÿฅด๐Ÿฅด

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bolos dia bilang, oom...

      ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. nyoiiihh kok bolos?bahasa yg aneh haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ
      disini ituw mach cabutt yak haha!๐Ÿคซ๐Ÿคซ๐Ÿคซ

      Hapus
  91. Hundreds of Rohingya come ashore in Langkawi
    https://www.nst.com.my/news/nation/2020/06/599047/hundreds-rohingya-come-ashore-langkawi#google_vignette
    —————
    mendarat halimunan tiba2 KL di invasi
    lama2 jadi ratusan ribu haha!๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
    BOBOL lagiiiiiii...lemaahhhh

    BalasHapus
  92. READINESS 58.6% = Perkara tersebut dinyatakan oleh beliau semasa menyampaikan Perutusan Tahun Baharu 2024 dan Setahun Pemerintahan Panglima Tentera Laut di Wisma Pertahanan. “Kesiagaan TLDM masih berada di bawah sasaran iaitu 58.6% berbanding sasaran 75%"
    ---
    316 BTA DIANEKSASI = Bilangan hari di mana kapal-kapal pengawal pantai China melakukan rondaan di Beting Patinggi Ali berhampiran dengan operasi minyak dan gas penting Malaysia telah meningkat daripada 279 hari pada 2020 kepada 316 hari pada tahun lepas
    ---
    UNHCR = As of end November 2023, there are some 185,000 refugees and asylum-seekers registered with UNHCR in Malaysia. Some 162,040 are from Myanmar, comprising some 107,520 Rohingyas, 24,820 Chins, and 29,700 other ethnic groups from conflict-affected areas or fleeing persecution in Myanmar.
    PMX KAPAL USANG = Anwar said he had been astonished to see a navy frigate dating from the 1970s on display at the recent LIMA maritime and aerospace expo in Langkawi. “I want to salute these ships but I don’t know where to put my face. The last frigate (on display at LIMA) was from 1998,” he said
    ๐ŸคฃPANTAS DI SERBU RATUSAN RIBU ROHINGYA๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  93. READINESS 58.6% = Perkara tersebut dinyatakan oleh beliau semasa menyampaikan Perutusan Tahun Baharu 2024 dan Setahun Pemerintahan Panglima Tentera Laut di Wisma Pertahanan. “Kesiagaan TLDM masih berada di bawah sasaran iaitu 58.6% berbanding sasaran 75%"
    ---
    316 BTA DIANEKSASI = Bilangan hari di mana kapal-kapal pengawal pantai China melakukan rondaan di Beting Patinggi Ali berhampiran dengan operasi minyak dan gas penting Malaysia telah meningkat daripada 279 hari pada 2020 kepada 316 hari pada tahun lepas
    ---
    UNHCR = As of end November 2023, there are some 185,000 refugees and asylum-seekers registered with UNHCR in Malaysia. Some 162,040 are from Myanmar, comprising some 107,520 Rohingyas, 24,820 Chins, and 29,700 other ethnic groups from conflict-affected areas or fleeing persecution in Myanmar.
    ---
    PMX KAPAL USANG = Anwar said he had been astonished to see a navy frigate dating from the 1970s on display at the recent LIMA maritime and aerospace expo in Langkawi. “I want to salute these ships but I don’t know where to put my face. The last frigate (on display at LIMA) was from 1998,” he said
    ๐ŸคฃPANTAS DI SERBU RATUSAN RIBU ROHINGYA๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  94. Hanya 58% ..... pantasan CCG betah banget di perairan MALON
    ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  95. Ya gimana tak usang aset si malon....
    Malon Negara miskin, Wang tak ada, negara lender pun tak mau kasih hutang,

    Malon bisa punya aset baru beli cash, tapi syarat harus jual pulau dulu

    BalasHapus
  96. Kawalan laut INDON tak la ketat mana pun..... Kapal kayu Rohingya saja BOLOS dengan mudah tanpa terdeteksi...๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  97. HAHAHAHAHA......TLDM rupanya Ayam Sayur ๐Ÿ”๐Ÿ”๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž

    BalasHapus
  98. Lama tak ada aset baru, terima aset usang pun tak apa
    MALON .....MALON.....

    BalasHapus
  99. MALON sudah MEMBUAAAL macam macam.....ternyata hanya BUALAAAN ๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya MEMBUAL om kebisaan MALON ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  100. Penyusupan Pengungsi Rohingya di Laut, Kemana Saja Patroli TNI-AL?

    Netizen pertanyakan TNI AL Dalam Menjaga dan Mengawal Kelautan: Negara Beli Kapal Canggih Ratusan Miliar. TNI AL Ditakuti Dunia Tapi Kok Perahu Kayu Reyot Bisa Lolos? Padahal Pengungsi Rohingya Bisa Diusir Keamanan Thailand, Singapura dan Malaysia. Indonesia?

    BalasHapus
  101. 15 TO 5,
    55 KAPAL, BARU ADA 12 ITUPUN GAK SESUAI HARAPAN

    KASIHAN ...... MALON

    BalasHapus
  102. HAHAHHAHAH..... kapal TNI INDON MANA...? Masa kapal kayu Rohingya BOLOS dengan mudah.... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  103. HAHAHAHAHA..... masa kapal kayu RONGSOK pun GAGAL TERDETEKSI...? ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ.. Baca guys...

    “TNI AL bertanggung jawab menjaga kedaulatan NKRI, tidak boleh sedikitpun perahu atau kapal asing membawa orang asing masuk ke Indonesia kecuali memiliki dokumen ijin masuk, lahh ini kok malah terus berdatangan, kemana saja patroli Indonesia,” kata Edi Winarto di Jakarta, Sabtu (16/12/2023)

    Edi Winarto mempertanyakan peran TNI AL dalam menjaga kelautan Indonesia. “TNI AL punya kapal-kapal canggih yang dibeli dengan harga ratusan miliar dari pajak rakyat, selama ini kemana,” kata aktivis pemantau kinerja aparat negara ini.

    BalasHapus
  104. HALAAAAH.......ada yang angkatan lautnya dibawah sasaran ๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž.....mencoba membahas ROHINGYA yang sudah menguasai MALON ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿ˜

    BalasHapus
  105. APA 58 %??????
    12 dari 55 tuh gak sampai 30% .....
    ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  106. Ya... Bukti kapal kayu Rohingya BOLOS terus masuk INDON dengan mudah bukti operasi kapal INDON 100% penuh... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  107. MALON dikuasai ROHINGYAA dan BANGLAA ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿ˜

    BalasHapus
  108. Laaah..
    Yang RATUSAN RIBU orang Rohingya sudah rileks di Malon macam mana tuu...

    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  109. BUKTI KLO MALON HANYA MEMBUAL, NGPV KATANYA 27 buah, HANYA ADA 6

    BalasHapus
  110. HAHAHAHAHA.....mau bicara apapun ternyata dibawah sasaran 58 % dari 85 %......KASIHAAAN dan MEMALUKAAN ๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿ˜

    BalasHapus

  111. Rohingya berkuasa di Selayang | Kes Rohingya tak pernah selesai dekat ...
    Facebook · Suara Merdeka
    20 Feb 2023
    https://facebook.com/suaramer/videos/rohingya-berkuasa-di-selayang/750942606459932/
    -----

    kasihan wraganyet KL dibuli ratusan ribu rohingya haha!๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†
    akibat kebobolan terus
    warganyet LEMAH, selayang dikuasai rohingya
    yaa miriplah macam BPA haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

    BalasHapus
  112. Hahahaha TLDM LEMAH
    BUKTINYA HANYA 58%

    BalasHapus
  113. warganyet takut sm geng rohingya haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ
    lemaaahh

    BalasHapus
  114. HAAAAH.....58 % dari 75 % ?......tentulah kapalnya sudah LAPUK, TUA dan EXPIRED ......HAHAHAHAHAHA ๐Ÿ˜๐Ÿ˜„๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜›

    BalasHapus
  115. DIBAYAR LUNAS 6 UNIT JADI NOL=
    Lumut Naval Shipyard Sdn Bhd (LUNAS), formerly known as Boustead Naval Shipyard Sdn Bhd (BNS), announces a significant rebranding activity
    ---
    BNS RUGI DIJUAL : BHIC menjual keseluruhan 20.77 peratus pegangannya dalam BNS yang mengalami kerugian kepada Ocean Sunshine Bhd, unit tidak langsung Menteri Kewangan (Diperbadankan) pada harga RM1. Penjualan 27 juta saham itu, yang dipegang oleh anak syarikat milik penuh tidak langsung BHIC Perstim Industries Sdn Bhd, adalah untuk memudahkan keputusan kerajaan memperoleh 100 peratus saham BNS bagi memastikan projek kapal tempur pesisir (LCS) siap.
    ---
    17 KREDITUR = Besides MTU Services, others include Contraves Sdn Bhd, Axima Concept SA, Contraves Advanced Devices Sdn Bhd, Contraves Electrodynamics Sdn Bhd and Tyco Fire, Security & Services Malaysia Sdn Bhd, as well as iXblue SAS, iXblue Sdn Bhd and Protank Mission Systems Sdn Bhd. Also included are Bank Pembangunan Malaysia Bhd, AmBank Islamic Bhd, AmBank (M) Bhd, MTU Services, Affin Hwang Investment Bank Bhd, Bank Muamalat Malaysia Bhd, Affin Bank Bhd, Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Bhd, Malayan Banking Bhd (Maybank) and Kuwait Finance House (Malaysia) Bhd.
    ๐ŸคฃLUNAS YANG BELUM LUNAS 17 KREDITUR DAN RUGI๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  116. Ngamuuukkk takutt krn lemahhj haha!๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

    BalasHapus
  117. BTA DIANEKSASI CINA =
    43 PENCEROBOHAN = Jumlah keseluruhan pesawat asing yang dikesan dan direkodkan menceroboh ruang udara negara dari bulan Januari 2023 sehingga Mei 2023 ialah berjumlah 43 kes pencerobohan.
    316 BTA = Bilangan hari di mana kapal-kapal pengawal pantai China melakukan rondaan di Beting Patinggi Ali berhampiran dengan operasi minyak dan gas penting Malaysia telah meningkat daripada 279 hari pada 2020 kepada 316 hari pada tahun lepas
    ---
    SEMENANJUNG DIKUASAI ROHINGYA BANGLA = As of end November 2023, there are some 185,000 refugees and asylum-seekers registered with UNHCR in Malaysia. Some 162,040 are from Myanmar, comprising some 107,520 Rohingyas, 24,820 Chins, and 29,700 other ethnic groups from conflict-affected areas or fleeing persecution in Myanmar.
    ---
    SABAH MILIK FILIPINA = The Philippines, presenting itself as the successor state of the Sultanate of Sulu, retains a "dormant claim" on Eastern Sabah on the basis that the territory was only leased to the British North Borneo Company in 1878
    ๐ŸคฃDIANEKSASI CINA DIKUASAI ROHINGYA BANGLA > LEMAH SYAHWAT๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  118. OOOOOH.......ternyata TLDM Ayam Sayur serta LEMAAAH di kawasan yaaaaa ๐Ÿ”๐Ÿ”๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž

    BalasHapus
  119. panglima ini komplen hanya siaga 58%
    panglima lain sebut si LeMeS bukan kapal perang...lha apa donk? bot pancingkah haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

    BalasHapus
  120. Balasan
    1. Memang kerajaan2 Nusantara (ingat semenanjung bukan nusantara) telah mendunia, baik sriwijaya, mataram, majapahit

      Hapus
    2. BTA DIANEKSASI CINA =
      43 PENCEROBOHAN = Jumlah keseluruhan pesawat asing yang dikesan dan direkodkan menceroboh ruang udara negara dari bulan Januari 2023 sehingga Mei 2023 ialah berjumlah 43 kes pencerobohan.
      316 BTA = Bilangan hari di mana kapal-kapal pengawal pantai China melakukan rondaan di Beting Patinggi Ali berhampiran dengan operasi minyak dan gas penting Malaysia telah meningkat daripada 279 hari pada 2020 kepada 316 hari pada tahun lepas
      ---
      SEMENANJUNG DIKUASAI ROHINGYA BANGLA = As of end November 2023, there are some 185,000 refugees and asylum-seekers registered with UNHCR in Malaysia. Some 162,040 are from Myanmar, comprising some 107,520 Rohingyas, 24,820 Chins, and 29,700 other ethnic groups from conflict-affected areas or fleeing persecution in Myanmar.
      ---
      SABAH MILIK FILIPINA = The Philippines, presenting itself as the successor state of the Sultanate of Sulu, retains a "dormant claim" on Eastern Sabah on the basis that the territory was only leased to the British North Borneo Company in 1878
      ๐ŸคฃDIANEKSASI CINA DIKUASAI ROHINGYA BANGLA > LEMAH SYAHWAT๐Ÿคฃ

      Hapus
    3. Ini lagi supremo tukang ngibul....

      Hapus
    4. Mana bisa Sriwijaya, Mataram dan Majapahit dianggap Melayu Malaysia wkwkwk....halu mo supremo...

      Hapus
  121. Gempork NGAMUUUK ๐Ÿ˜ก๐Ÿคฌ๐Ÿคฌ๐Ÿคฌ saat melihat kenyataan TLDM tak ada daya atau LEMAAAH ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿ˜

    BalasHapus
  122. “Jangan sampai Nyai memasang wajah kusut saat bertemu Tuan Willem nanti.”
    Diju_4l Bapak Demi Jabatan (5)
    Surtinah melengos.
    “Tuan Willem orang yang baik. Dia tidak akan menyakiti Nyai. Hidup Nyai akan nyaman bersamanya.”
    Surtinah meremas tas kain di tangan lalu meraba salah satu cundrik yang ia simpan di balik stagen. Ingin rasanya ia menik4mkan cundrik itu ke dada Sukardi.
    “Nyai harus berterima kasih pada Tjokro karena sudah mengirim pada orang yang tepat.”
    Surtinah menggigit bibir. Sekuat tenaga ia menahan tangis. Ia tidak boleh terlihat kalah.
    “Ada yang ingin Nyai lakukan sebelum kita ke pergi ke kota?” Sukardi menatap Surtinah.
    Surtinah tergeragap. “Saya ingin bertemu Lanang dan Jaka,” sahutnya cepat.
    Sukardi menatap Surtinah penuh rasa curiga. Kabar tentang kaburnya gadis itu tempo hari belum tanggal dari ingatan.
    “Sa-saya hanya ingin memeluk Lanang dan Jaka untuk terakhir kalinya, Kang.” Surtinah memasang wajah memelas. Ia berusaha melibas amarah agar bisa bersikap baik pada Sukardi sehingga diizinkan untuk bertemu dengan Lanang dan Jaka walau sekejap.
    Permintaan Surtinah bersambut sunyi. Alih-alih menjawab, jongos Willem itu justru kembali menatap lurus ke depan seolah kata-kata Surtinah hanya butiran debu yang diterbangkan angin.
    Surtinah tertunduk lesu sembari diam-diam merapal doa semoga suatu hari Pemilik Kehidupan masih memberi kesempatan padanya untuk bertemu dengan Lanang dan Jaka. Keduanya dan simbok adalah penerang kala gelap dan pelepas dahaga di bawah tikaman sinar matahari yang terik. Hidupnya tanpa mereka seperti bunga yang tercerabut paksa dari tanah, perlahan layu, lalu mati.
    “Kita ke kebun kopi dulu, Kang.” Suara Sukardi menyelip di antara bising tapak kaki kuda dan putaran roda melintasi jalan ketika mereka tiba di persimpangan jalan di ujung desa.
    Suara Sukardi menarik Surtinah dari kubangan luka. Matanya menatap tak percaya tubuh tegap Sukardi yang tidak menoleh sedikit pun padanya. Buru-buru Surtinah mengusap wajah dengan selendang dan memasang mimik setenang mungkin. Ia tidak ingin terlihat sedih di depan Lanang dan Jaka.
    Kusir menghentikan delman di tepi perkebunan. Surtinah menatap pilu deretan robusta dengan biji-biji berwarna merah cerah yang menyembul di antara dedaunan yang lebar dan sedikit kasar. Hanya berbilang jam, hidupnya akan berubah.
    Salah satu mandor besar yang kebetulan berada di bibir kebun menghampiri Sukardi. Atas bantuan lelaki berkumis tebal itu, mandor besar mengizinkan Surtinah menemui Lanang dan Jaka.
    “Titip Simbok ya, Nang, Ka.” Surtinah memeluk kedua adiknya bergantian dengan mata berembun.
    Lanang dan Jaka membisu.
    “Doakan mbakyumu ini.” Surtinah tersekat di ujung kalimat. Kecewa, marah, sakit hati, berkelindan di dalam dada.
    Lanang dan Jaka membeku.
    “Aku pamit. Baik-baik di rumah, jaga Simbok.” Surtinah mengusap pucuk kepala kedua adiknya penuh kasih.
    Jaka menunduk. Mulutnya terkunci rapat. Ratusan kata ingin ia lontarkan, tetapi tenggorokannya seolah dipenuhi biji kopi sehingga sesak di dada tak pernah terucap.

    BalasHapus
  123. Surtinah terhempas. Hari ini, ia merasa hidupnya telah berakhir. Keterangan Sukardi mengakhiri segala kegaduhan di kepala dan hatinya. Sepertinya ia memang harus menerima dan menjalani takdir ini.
    Delman berhenti tak lama setelah Sukardi mengakhiri kalimat.
    “Aku bisa turun sendiri, Kang.” Suara Surtinah terdengar dingin ketika Sukardi menyediakan tangannya untuk membantu turun dari delman.
    Helaan napas berat Sukardi mengapung di udara. Ia menggeser tubuh agar Surtinah bisa turun.
    Sukardi memberi perintah pada Surtinah untuk memasuki mobil yang telah menunggu di halaman.
    Surtinah menghirup oksigen sebanyak mungkin lalu menyapukan pandangan ke halaman dan ke kebun kopi di kejauhan. Dalam hati, gadis berkebaya kuning itu mengucapkan selamat tinggal pada tanah kelahirannya.
    “Mari, Nyai. Perjalanan kita masih cukup panjang.” Sukardi sengaja berdiri tidak jauh dari Surtinah karena dua kali panggilan sebelumnya hanya bersambut sunyi. Gadis pilihan Willem itu hanya bergeming meski suaranya cukup keras.
    Perlahan, Surtinah melangkah mendekati mobil. Sejurus kemudian, sopir berkemeja putih yang duduk di balik kemudi menginjak pedal gas.
    Benar kata Sukardi, perjalanan menuju kota Malang ternyata cukup panjang. Meski disergap lelah dan kantuk, Surtinah berusaha tetap membuka mata. Ia tidak terlalu percaya pada dua lelaki yang ada di kursi depan. Mata gadis itu menatap keluar jendela seraya sesekali melirik Sukardi dan sopir utusan Willem. Salah satu tangannya yang memegang cundrik ia selipkan ke dalam tas agar tidak
    menimbulkan kecurigaan.
    Lewat tengah hari, mobil melewati alun-alun kota Malang. Surtinah menatap takjub pemandangan yang tersaji di depan mata. Ia belum pernah melihat bangunan-bangunan sebagus itu. Selama ini, gedung terbesar yang pernah ia lihat adalah pabrik kopi. Bekas rumah Willem yang konon paling bagus di antara rumah-rumah tuan londo lainnya pun tidak sebagus yang ada di kota.
    Bendera Kerajaan Belanda berkibar di halaman sebuah gedung megah dengan tiang-tiang penyangga yang kokoh. Deretan huruf yang tidak dimengerti Surtinah tersusun rapi di dinding gedung bagian depan.
    “Ini kantor Tuan Willem, Nyai.” Sukardi tersenyum bangga lalu menyebut istilah Belanda yang terdengar asing di telinga Surtinah.
    “Sayang, Tuan Willem sedang ada urusan di Surabaya. Mungkin akhir pekan baru kembali. Kalau dia ada, saya kira Nyai bisa mampir sebentar untuk bertemu.”
    Surtinah membiarkan kalimat Sukardi dipeluk angin.
    Membayangkan berada di antara meneer-meneer Belanda saja dia tidak pernah, apalagi nekad mendatangi tempat mereka berkumpul. Cari m4ti namanya.
    Mobil memasuki jalanan yang lebar dan lengang dengan deretan pohon trembesi di kiri dan kanannya. Sebuah kanal selebar dua meter mengalirkan air yang jernih di bagian kiri sementara deretan rumah bergaya Eropa berdiri di sisi kanan.
    Sesampainya di persimpangan, mobil berbelok ke kiri memasuki sebuah gang dengan plengkung di atasnya. Lagi-lagi Surtinah gagal memahami deretan huruf yang terpatri pada plengkung itu. Detik ini, ia menyesal tidak mengikuti ajakan Lanang untuk belajar pada Tuan Haji Ismail.
    Akhirnya, sopir menghentikan mobil di halaman sebuah rumah berukuran sedang, tetapi terlihat anggun. Surtinah mengerjapkan mata, serasa mimpi ia akan tinggal di rumah seindah itu.
    “Kita sudah sampai, Nyai.” Sukardi membuka pintu mobil dan memberi isyarat pada Surtinah untuk turun.
    ***
    Judul: Nyai Surtinah - (Bukan) Perempuan Simpanan
    Penulis: Anifah Setyawati Anifah Setyawati

    BalasHapus
    Balasan
    1. READINESS 58.6% = Perkara tersebut dinyatakan oleh beliau semasa menyampaikan Perutusan Tahun Baharu 2024 dan Setahun Pemerintahan Panglima Tentera Laut di Wisma Pertahanan. “Kesiagaan TLDM masih berada di bawah sasaran iaitu 58.6% berbanding sasaran 75%"
      ---
      316 BTA DIANEKSASI = Bilangan hari di mana kapal-kapal pengawal pantai China melakukan rondaan di Beting Patinggi Ali berhampiran dengan operasi minyak dan gas penting Malaysia telah meningkat daripada 279 hari pada 2020 kepada 316 hari pada tahun lepas
      ---
      UNHCR = As of end November 2023, there are some 185,000 refugees and asylum-seekers registered with UNHCR in Malaysia. Some 162,040 are from Myanmar, comprising some 107,520 Rohingyas, 24,820 Chins, and 29,700 other ethnic groups from conflict-affected areas or fleeing persecution in Myanmar.
      ---
      PMX KAPAL USANG = Anwar said he had been astonished to see a navy frigate dating from the 1970s on display at the recent LIMA maritime and aerospace expo in Langkawi. “I want to salute these ships but I don’t know where to put my face. The last frigate (on display at LIMA) was from 1998,” he said
      ๐ŸคฃPANTAS DI SERBU RATUSAN RIBU ROHINGYA๐Ÿคฃ

      Hapus
  124. Minum obat dulu supremo.... Biar gak gila

    BalasHapus
  125. BTA DIANEKSASI CINA =
    43 PENCEROBOHAN = Jumlah keseluruhan pesawat asing yang dikesan dan direkodkan menceroboh ruang udara negara dari bulan Januari 2023 sehingga Mei 2023 ialah berjumlah 43 kes pencerobohan.
    316 BTA = Bilangan hari di mana kapal-kapal pengawal pantai China melakukan rondaan di Beting Patinggi Ali berhampiran dengan operasi minyak dan gas penting Malaysia telah meningkat daripada 279 hari pada 2020 kepada 316 hari pada tahun lepas
    ---
    SEMENANJUNG DIKUASAI ROHINGYA BANGLA = As of end November 2023, there are some 185,000 refugees and asylum-seekers registered with UNHCR in Malaysia. Some 162,040 are from Myanmar, comprising some 107,520 Rohingyas, 24,820 Chins, and 29,700 other ethnic groups from conflict-affected areas or fleeing persecution in Myanmar.
    ---
    SABAH MILIK FILIPINA = The Philippines, presenting itself as the successor state of the Sultanate of Sulu, retains a "dormant claim" on Eastern Sabah on the basis that the territory was only leased to the British North Borneo Company in 1878
    ๐ŸคฃDIANEKSASI CINA DIKUASAI ROHINGYA BANGLA ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  126. Hahaha..,adoii
    Untung indo sudah mulai tingkatkan kesiapan kapal perang nya :
    41 kapal di ruberfish
    Pembelian 45 rudal Atmaca
    Penambhan kapal2 perang berbagai jenis dri dlm negeri.
    Mantap

    BalasHapus
  127. Hahahaha....setakat tldm hanya GUN BOAT NAVY....lemah dan OMPONG...

    BalasHapus
  128. Suatu hari di galangan LUNAS

    KD Syarif Masahor : "woi Maharogolele kenapa belum jga berenang ke air, padahal sudah wujud"

    KD Raja Mahadi : "iya nih gara gara lu takut air, gw jg jadi di tunda mana kepala masih separuh"

    KD Mat Saleh : " iya nih gara2 lu takut air gw di tunda jg, mana badan baru separuh gini

    KD Tok Janggut : " lu enak badan separo, lah gw baru tunggir doang

    KD Mat Kilau : " kalian semua berisik, gw nih kemudi doang sisanya Ghoib"

    BalasHapus
  129. Not bad, was expecting much lower readiness level lol

    BalasHapus