01 Maret 2024

Teknologi Medium Tank Harimau Pindad

01 Maret 2024

Medium Tank Harimau Pindad (all photos: Pindad)

Medium Tank Harimau merupakan kendaraan tank kelas medium modern pertama di dunia, yang memiliki teknologi terkini yang tepat untuk pertempuran perang modern. Dengan bobot 30 ton, Harimau menggunakan senjata utama turret kaliber 105mm dan dilengkapi berbagai teknologi canggih di kelasnya.


Pengembangan Medium Tank Harimau diinisiasi oleh Kementerian Pertahanan RI tahun 2012 dan menjadi salah satu program prioritas industri pertahanan, yang merupakan bagian dari program Revitalisasi Industri Pertahanan Nasional. Pengembangan Medium Tank Harimau dimulai tahun 2015, bekerja sama dengan FNSS Turkiye berdasarkan perjanjian kerja sama Government to Government (G to G) antara pemerintah Indonesia dan Turkiye. Di tahun 2018 Medium Tank Harimau berhasil lulus sertifikasi Kelaikan Kemhan RI dan Dislitbang TNI AD, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak oleh Kementerian Pertahanan RI pada akhir tahun 2019 sebanyak 18 unit.


Medium Tank Harimau dirancang dan dikembangkan bersama Pussenkav selaku pengguna. Medium Tank Harimau menggunakan konfigurasi mesin belakang seperti Leopard 2 atau M1A2, namun dengan bobot yang jauh lebih ringan hingga setengahnya. Medium Tank Harimau memiliki desain dan teknologi terbaru yang dapat menghasilkan mobilitas tinggi, taktis serta strategis yang dibutuhkan setiap operasi pertahanan di masa depan.


Medium Tank Harimau menggunakan two-man turret C3150 yang merupakan satu-satunya kaliber 105mm di dunia dengan bobot ringan dan memiliki teknologi canggih, ditambah dengan senapan mesin kaliber 7,62mm yang unik (+42 derajat), dapat memudahkan saat pertempuran di lingkungan perkotaan maupun pegunungan. Harimau juga dilengkapi dengan proteksi balistik STANAG 4569 level 5, laser warning system, dan mampu menahan pedakan ranjau hingga 10 kg dibawah rantai.


Sebanyak 10 unit Medium Tank Harimau batch pertama telah diserahkan simbolik oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto yang disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali pada kegiatan Rapim TNI Polri 2024 (28/2).

46 komentar:

  1. READINESS 58.6% : This was stated during his New Year Message 2024 and One-Year Leadership Message. Currently, the RMN readiness stands at 58.6%, whereas the expected goal is 75%.
    ---
    4 MKM ABLE TO FLY = The Royal Malaysian Air Force (RMAF) bought a total of 18 Su-30MKMs from Russia last decade. Fourteen of those jets require repairs
    ---
    43 PENCEROBOHAN = Jumlah keseluruhan pesawat asing yang dikesan dan direkodkan menceroboh ruang udara negara dari bulan Januari 2023 sehingga Mei 2023 ialah berjumlah 43 kes pencerobohan.
    ---
    316 BTA = Bilangan hari di mana kapal-kapal pengawal pantai China melakukan rondaan di Beting Patinggi Ali berhampiran dengan operasi minyak dan gas penting Malaysia telah meningkat daripada 279 hari pada 2020 kepada 316 hari pada tahun lepas
    ---
    The supplementary funds will pay for utility bills – electricity, internet, and sewage – (RM115 million); Maritime Security Operations (RM139 million) and Air Defence Operations (RM49 million).

    BalasHapus
  2. READINESS 58.6% : This was stated during his New Year Message 2024 and One-Year Leadership Message. Currently, the RMN readiness stands at 58.6%, whereas the expected goal is 75%.
    ---
    4 MKM ABLE TO FLY = The Royal Malaysian Air Force (RMAF) bought a total of 18 Su-30MKMs from Russia last decade. Fourteen of those jets require repairs
    ---
    TANK BREAK DOWN = The Malaysian Army has apologised after a military vehicle broke down along a road in Kuala Lumpur

    BalasHapus
  3. AIRTIMES = Bernaung di bawah DEFEND ID ialah PT Len Industri (Persero) sebagai induk dengan anak syarikatnya termasuklah PT Pindad.
    Melihat pencapaian industri pertahanan negara jiran ini menimbulkan beribu persoalan, mengapakah perkara sama tidak berlaku di Malaysia.
    Bukan bermakna kita tiada syarikat pertahanan, tetapi untuk membandingkan pencapaian syarikat pertahanan negara kita dengan di sana begitu jauh kemampuannya.
    Mengapakah begitu?
    😝😝😝😝😝

    BalasHapus
  4. LAWAK SEKALI BABI TOLOL SEMAKIN TERLIHAT BUALAN NYA GUYS

    TADI NGOMONG 200 km.. Sekarang ngomong 400 km

    Asli tolol

    GEMPURWIRA 29 Februari 2024 pukul 23.47
    Perbandingan radar SUKHOI MALAYSIA dan INDON..😂😂😂

    MALAYSIA
    SU30MKM 400KM

    INDON
    SU30MK2 150KM


    GEMPURWIRA 29 Februari 2024 pukul 22.10
    MALAYSIA
    Radar SU30MKM - NIIP N011M has a search range of 400 km and a tracking range of 200 km,

    INDON
    Radar Su30 MK2 INDON - Zhuk-MSE offers detection performance up to 150 km

    BalasHapus
  5. Semoga segera dipesan lagi dalam jumlah banyak dan dibuat beberapa variannya

    BalasHapus
  6. Tipikal MALON => klaim & membual.

    Kalo cuma klaim macam tuu, Vanuatu juga bisa laah

    😂😂😂😂

    BalasHapus
  7. Ini tank harimau INDONESIA ya guys...

    Bukan TANK KW si MALON yang ROSAK di tengah jalan ... Wkwkwkwkw

    Belum berperang tank sudah pada ROSAK... Hahahah

    BalasHapus
  8. ok purr turut kata kau... eminem asam urat melakukan lock pada su-30 tni-au.... TAPI

    kalau mau bual yang benar la sikit



    GEMPURWIRA 1 Maret 2024 pukul 00.00
    Ada GORILLA klaim konon latihan.... Kalau latihan masa 2 hari DI LOCK MISSILE hingga TNI AU arah pesawat kesan pesawat YANG LOCK 2 BUAH SU30 INDON...? Latihan konon... 😂😂😂😂... Baca guys...

    Kedua pesawat Shukoi tersebut terbang latihan dengan membawa instruktur dari Rusia. Kedua instruktur inilah yang menyatakan bahwa alarm berbunyi karena pesawat di-lock missile. Putu Dunia menyatakan situasi ini adalah yang kedua kali karena hal yang sama juga terjadi sehari sebelumnya.




    ARTINYA APA... SU-30 MILIK INDONESIA MASIH BELUM READY OPERATION.. MASIH ADA INSTRUKTUR RUSSIA....


    LAWAK KALI PURRR

    BalasHapus
  9. MACAM MANA MAU LOCK.. 2X LONCAT INDAH DAPAT MARKA 100 PERATUS 😂😂😂



    A Su-30MKM’s Ejection Seat was accidentally ejected

    Kuala Lumpur, KLS: The Royal Malaysian Air Force confirmed a report that a Su-30MKM’s K-36 series ejection seat was accidentally ejected on the ground two years ago.

    “Yes, the incident happened on 8 September 2008,”Chief of Malaysian Air Force General Rodzali bin Daud told KLS.

    What KLS understood is there is different thoughts exist between the RMAF’s personnel and Sukhoi company in maintaining and operating Su-30MKMs that resulted in several damages and incidents happened.

    The RMAF admitted recently that two Su-30MKM’s engines were damaged by FOD. Apart from that, KLS understood that the FOD including birds.

    This ejection seat accidentally ejected incident has caused damages to the aircraft and certain amount of financial lost.

    Rodzali said the RMAF had carried out the Board of Inquiry (BOI) and several steps had been taken to get Rosoboronexport to compensate for damages incurred by the RMAF.

    https://www.klsreview.com/HTML/2010Jan_Jun/20100603_04.html


    BalasHapus
  10. Mana Tank kw geng BERUK MALON yang ROSAK dan MOGOK di jalan tuh .... Makanan mudah TANK HARIMAU dengan teknologi pemusnah canggih

    BalasHapus
  11. Tak perlu tank berat LEOPARD....

    hanya cukup pakai tank HARIMAU saja tank KW geng BERUKKK MALON yang ROSAK di JALAN sudah dapat di HANCURKAN...... HAHAHAHAHA

    BalasHapus
  12. TIDAK ADA KETERLIBATAN PUSSENKAV DALAM PROJECT INI MEREJA CUMA MENGUJI SAJA & TELAH LULUS SERTIFIKASI PINDAD SELAKU PENYEDIA , TIDAK ADA KETERLIBATAN PUSENKAV SEMUA DITENTUKAN PINDAD

    BalasHapus
    Balasan
    1. TIDAK ADA KETERLIBATAN PUSENKAV AH MENGADA² SAJA KEMHAN RI SEKARANG INI SEBAGAI PENGGUNA MEREKA HANYA DAMPINGI PINDAD DALAM UJI SERTIFIKASI & RANCANGAN ASLI YANG PERTAMA YANG LULUS DI ERA RYACUDU TIDAK BOLEH DI UBAH JADI KAMPUNGAN DARI USULAN KAPUSENKAV SEKALIPUN ATAUPUN DIRJEN POTHAN ANEH² SAJA ORANG ERA PRABOWO INI ,
      ITU TANK MODERN SEMUA TANK MODERN TERBARU MIRIP KAPLAN YANG AWAL BUKAN YG KAMPUNGAN HADIL KREASI KEMHAN ATAU OUSENKAVBTIBA² UNTUK DAPAT PROJECT ATAU UANG JASA.

      PANTASAN DESIGN JADI RUSAK INGIN CARI JASA DENGAN TIBA² JELEK SEPERTI MAUNG KAMPUNGAN , YG MODERN MIRIP MORINO 4X4 PINDAD ATAU TANK KAPLAN RI YG LULUS UJI DARI PINDAD AWAL.

      MERUSAK KEMANDIRIAN SAJA KEMENHAN SEKARANG UNTUK CARI JASA SEOLAH IKUT PUNYA JASA DI KEMAJUAN IDHAN & TNI.

      Hapus
    2. NAH INI APA????
      Mengubah desain yg sudah jadi itu mahal. Perbaikan desain pasti usulan dari user

      Desain akhir untuk produksi massal diputuskan dan produksi dimulai dengan studi kesempurnaan desain yang dilakukan di fasilitas FNSS dengan partisipasi insinyur PT Pindad dan pengguna akhir dari pihak TNI AD. Penerimaan dan pengiriman unit perdana Kapan MT akan dilakukan pada tahun 2021.

      Hapus
    3. Wah, TestoW lama2 bisa masuk level GEMPURWIRA nih.😅 Cek datanya. Yg anda sebut jelas2 salah. Berita uji coba dan perbaikan desain ada. Lokasi uji coba deket lagi. Tidak ada alasan Pusenkav tidak ikut.

      Hapus
    4. Ini antara 2 mahluk idiot antara si setoy dan gempork kalau ketemu bareng di jalan, tak suruh sodomi bareng.

      Hapus
    5. Dia hanya jablay & kuper..

      Sebenarnya dia tahu, tapi sengaja posting hal yang berlawanan dengan realita, biar dapat tanggapan..

      😂😂😂😂

      Hapus
    6. Modusnya :
      1. Pakai capslock > menarik perhatian.
      2. Omong kontradiktif > agar ditanggapi.

      Macam nii taknperlu diseriusin, langsung timpukin aja..

      😂😂😂😂

      Hapus
    7. Klo gak ada permintaan dan masukan dari user untuk perbaikan, langsung saja produksi selepas prototip lolos uji dan selesai dari kemarin2

      Hapus
    8. Masukan dari kavaleri yg terlihat minta masukan perubahan pada pandangan driver tank yg terbatas pada prototipe...kemudian di revisi & akhirnya masuk tahap produksi.

      Hapus
  13. Tank KW MALON versi ROSAK dan MOGOK Vs 18 tank HARIMAU versi TERCANGGIH DI KELASNYA..... HAHAHAHHAHA

    Siapa menang guys...? HAHAHAHAHA

    BalasHapus
  14. Beda kasta...

    -INDONESIA
    TANK HARIMAU TEKNOLOGI TERBARU besutan PINDAD dan FNSS


    -MALON MALING
    TANK KW teknologi USANG belum perang sudah pada ROSAK dan MOGOK - HAHAHAHAHA

    BalasHapus
  15. Padahal di jalan mulus tanpa hambatan tapi malah ROSAK... Wkwkwkwkwkw

    MEMALUKAN woooiiii.... Hahahahaha

    Dikutip dari thevibes.com (7/10/2022), insiden mogoknya MBT PT-91M terjadi pada 26 Agustus lalu, dimana saat itu MBT modern pertama di Asia Tenggara itu akan dikerahkan untuk mengikuti parade militer di Hari Kemerdekaan Malaysia ke-65 di Kuala Lumpur pada 31 Agustus 2022. Seperti dilaporkan, dalam perjalanan, MBT yang tidak diangkut tank transporter ini mengalami kerusakan mesin di Jalan Damansara, saat itu posisi tank sedang bergerak menuju ke KL Sentral.


    Selain menyebabkan kemacetan di jalan raya, kejadian tersebut membuat bingung para netizen yang menyebut kejadian itu sebagai hal yang aneh dan seperti permainan. Komentar Twitter itu juga mempertanyakan kondisi angkatan bersenjata Malaysia.

    BalasHapus
  16. MT harimau lebih gagah dri tank pendekar malon WW2 😃😃

    BalasHapus
  17. Kosisten,berlanjut ternakin pesanan nya sampai ratusan 120- 160an unit lah di sebar ke kodam2 nusantara.
    🤟🇮🇩

    BalasHapus
  18. REQUEST MIN UP BERITA INI

    -PT PAL MULAI MEMBUAT LPD 163 M UAE NAVY.

    SAMA


    -LCS TERLEWAT OR DELAYED LAGI


    😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane salut soal si Mangkrak LCS sebelah tuu, selalu kontinu update berita.

      (berita delay)

      😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    2. OM PS AMPE PIHAK ASO dulu sempat bikin caption... Siap 1 saja dah cukup
      😂😂😂

      Hapus
    3. Rename KD Maharajalawak😃😁

      Hapus
  19. Berat dan desain tank di sesuaikan dimana kondisi geografis tank tsb dioperasikan.
    Seperti misal mbt rusia beratnya dibatasi antara 40 S/d 50 ton, karena Medan geografis Rusia kebanyak tundra yang berawa, lumpur dan berair.
    medium tank harimau disesuai dengan geografis Indonesia yang kebanyak perbukitan, hutan lebat dan berawa.
    Sedangkan mbt yang mempunyai berat lebih dari 60 ton cocok untuk daerah geografi gurun, bebatuan dan kering.
    Diantara ketiga jenis tank tersebut memang bisa ditugaskan ke semua kondisi geografis tsb, tetapi ada batasannya.

    Masa begitu saja si setoy tidak tau !!!

    BalasHapus
  20. salam loncat 2x di hanggar haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  21. mana MRSS KL?
    hanyalah impian sang pembual haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  22. MRCA gaesz jiran LOLOS teruusszzz haha!😄😄😄

    BalasHapus
  23. FIRST STEEL CUTTING LPD FILIPINA = Setelah penandatanganan kontrak penjualan dua unit LPD (Landing Platform Dock) atau SSV (Strategic Sealift Vessel) Tarlac Class (tambahan) antara PT PAL Indonesia dengan Departemen Pertahanan Filipina di Manila pada Juni 2022, kini ada kabar terbaru dari Surabaya Diwartakan bahwa pada hari ini, 10 Agustus 2023, telah dimulai tahapan pemotongan baja pertama – first steel cutting atas dua LPD tersebut.
    ---
    FIRST STEEL CUTTING LPD UEA = PT PAL melaksanakan upacara First Steel Cutting Landing Platform Dock (LPD) 163 M, yakni proyek Al Maryah milik Angkatan Laut Uni Emirat Arab, pada 28 Februari.
    ---
    PRANK PT PAL : "The contract with Malaysia’s Navy will be inked next August. There is a possibility that they will order more than one MRSS.

    BalasHapus
  24. FIRST STEEL CUTTING LPD FILIPINA = Setelah penandatanganan kontrak penjualan dua unit LPD (Landing Platform Dock) atau SSV (Strategic Sealift Vessel) Tarlac Class (tambahan) antara PT PAL Indonesia dengan Departemen Pertahanan Filipina di Manila pada Juni 2022, kini ada kabar terbaru dari Surabaya Diwartakan bahwa pada hari ini, 10 Agustus 2023, telah dimulai tahapan pemotongan baja pertama – first steel cutting atas dua LPD tersebut.
    ---
    FIRST STEEL CUTTING LPD UEA = PT PAL melaksanakan upacara First Steel Cutting Landing Platform Dock (LPD) 163 M, yakni proyek Al Maryah milik Angkatan Laut Uni Emirat Arab, pada 28 Februari.
    ---
    PRANK PT PAL : "The contract with Malaysia’s Navy will be inked next August. There is a possibility that they will order more than one MRSS.

    BalasHapus
  25. Bagus tu kalo najib di bikinin film super hero sama marvel,judulnya THE INVISIBLE MAN....jago ngilangin uang rakyat alias SONGLAP BIn KORUP




    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    WkKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKKWKWKWKWK

    BalasHapus
  26. Menunggu LAWAKAN HALU dari GEMPUR ah .....
    Supremo juga ditunggu LAWAKANNYA .... terutama kisah MALON MAHAWANGSA

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  27. Tank Harimau ini mudah je menepuk Tank Pendekar Mogok jerebu batu bara punya KERAjaan kucing malaya sebelah

    BalasHapus
  28. kerjasama tu cem ini pembagian hak jual tank harimau asia sedangkan kaplan di eropa
    banding dengan Gempita tampal Sticker cuma tayar bannya je yg di bina deftech

    BalasHapus
  29. KUALA LUMPUR, 29 FEB – Jawatankuasa Kira-kira Wang Negara (PAC) hari ini mendedahkan projek pembinaan Kapal Tempur Pesisir (LCS) Tentera Laut Diraja Malaysia mengalami kelewatan 86 hari.

    Perkara tersebut didedahkan oleh PAC dalam laporan yang dibentangkan ke Parlimen.

    Kelewatan LCS disahkan semasa prosiding yang dijalankan pada 24 Januari lalu.

    “Berdasarkan perancangan yang ditetapkan kemajuan kerja bagi projek LCS pada Disember 2023 adalah 66.78 peratus secara keseluruhan,

    “Walau bagaimanapun, berdasarkan verifikasi yang telah dilaksanakan oleh pasukan projek, kerja-kerja di limbungan hanya mencapai 67.28 peratus,

    “Ini menunjukkan terdapat varian sebanyak 1.49 peratus atau kelewatan sebanyak 86 hari,” kata laporan itu.

    Menurutnya, perkara tersebut telah dijelaskan oleh pihak Kementerian Pertahanan Malaysia (MINDEF), TLDM, dan Boustead Naval Shipyard (BNS) semasa prosiding pada 24 Januari 2024.


    BHUAHAHAHAAAA🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  30. Indonesia menargetkan akan memproduksi 412 medium tank hasil kerja sama dengan Turki dalam kurun waktu satu periode rencana strategis (Renstra).

    412×5,6= 2.307... Atau $2,3 billion dollar untuk 412 unit medium tank harimau...
    Butuh berapa tahun supaya tercapai target sebanyak itu..?? mengingat AD masih membutuhkan banyak helikopter angkut, helikopter serang, panser COBRA 8×8, MRAP SANCA, FSV BADAK, Komodo, dll.

    Jika setiap tahun dianggarkan $200 juta dollar/tahun.. berarti dibutuhkan waktu kira2 10 tahun untuk memenuhi target 412 unit tank harimau 😕

    Kemenhan masih menunggu turrret produksi lokal diproduksi baru berencana memesan secara gelombang, karena turret yang menyumbang komponen harga terbesar ☺️

    BalasHapus
  31. Modelnya keren dibanding sabrah

    BalasHapus